Cara Membuat Bolu Pandan Yang Enak Dan Praktis

cara membuat bolu pandan

Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana Cara Membuat Bolu Pandan yang enak.

Bolu atau biasa disebut kue bolu (dari bahasa Portugis: bolo; bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur.

Kue bolu dan cake biasanya dimapttangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake yang dihias menggunakan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pada pesta ulang tahun.

Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu bagian acara.

Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan fungsi cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan nasi tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau lingkaran yang dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan.

Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau berisi selai disebut bolu gulung.

Berbagai jenis  puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan pada dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

Mari simak bagaimana Cara Membuat Bolu Pandan, Manfaat Bolu, Manfaat Pandan di ulasan berikut.

Manfaat Kue Bolu bagi Kesehatan

Manfaat Kue Bolu bagi Kesehatan

Berbicara tentang makanan ini dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang mantap, sehingga membuat anda menjadi ketagihan untuk mencobanya.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual dimana-mana, namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat roti bolu ini, berikut inilah beberapa manfaatnya.

1. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Khasiat roti bolu yang pertama yaitu bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata. Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda.

Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknya anda mengonsumsi makanan ini yang bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata supaya lebih baik.

2. Membantu Program Diet

Jika anda mempunyai berat badan berlebihan, tentu anda ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun  caranya.

Dalam hal ini diet merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasikan sehingga tidak berdampak buruk bagi kesehtan.

Di dalam menurunkan kesehatan badan, ternyata dengan kita mengonsumsi roti bolu merupakan salah satu solusi bagi penurunan berat badan anda.

3. Bagus Bagi Kesehatan Tulang

Roti bolu di dalamnya memiliki kandungan vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk mebantu penyerapan kandungan kalsium bagi tulang.

Tidak heran jika maknanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Kekebalan Tubuh

Kandungan selenium yang ada di dalam roti bolu sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Perlu anda ketahui banyaknya beragam jenis penyakit, sebaiknya diantisipasi dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti makanan ini serta melakukan olahraga secara rutin.

5.Pembentukan Otot

Roti bolu memiliki senyawa protein cukup tinggi yang dapat digunakan di dalam menyehatkan dan membantu perkembangan otot.

Karena di dalam pengelolahan makananan ini banyak di fermentasikan dengan berbagai macam makanan yang bermanfaat, salah satunya telur yang ada di dalam makanan ini.

sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi anda yang sedang proses pembentukan otot.

6. Untuk Pemeliharaan Sel Tubuh

Roti bolu juga berguna untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa protein.

Sedangakan protein memiliki peranan yang sangat baik untuk memproduksi dan mengantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

7. Pemeliharan Sel Tubuh

Kandungan yang ada di dalam makanan ini dapat membantu anda di dalam proses metabolisme tubuh.

Metabolisme akan membentuk tubuh yang sehat karena semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi serta pengolahan berbagai zat yang masuk ke organ tubuh bisa di lakukan dengan baik.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Roti bulu juga dapat menjadi zat yang penting untuk meningkatakan kekebalan tubuh anda.

Sistem imunitas mendapat dukungan dan berbagai jenis organ tubuh yang sehat, tubuh mampu melindungi dari serangan parasit, kuman serta bakteri.

Selain itu, makanan ini juga bisa meningkatkan kemampuan sistem syaraf anda.

9. Menghasilkan Tenaga

Kandungan yang ada pada  roti bolu ini juga bisa menjadi zat yang sangat baik untuk membantu pembentukan tenaga.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa yang ada pada roti bolu ini mempunyai manfaat untuk membentuk perlindungan khusus untuk tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol di dalam tubuh.

Kemudian senyawa tersebut bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung.

Jadi, kandungan yang ada di dalam makanan ini sangat penting untuk membuat kesehatan jantung anda sehat.

Manfaat Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan

Daun pandan menjadi salah satu tanaman yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Daun pandan cukup mudah untuk ditemui. Banyak orang yang bisa menanam tanaman ini di rumahnya.

Daun pandan memiliki aroma yang sangat harum, tak jarang daun ini digunakan sebagai pengharum makanan agar makanan lebih terasa enak dan lezat untuk dimakan.

Tidak hanya itu, daun pandan juga sering kita jadikan pewarna dan penambah rasa untuk makanan.

Namun, kenyataannya daun pandan tidak hanya bermafaat sebagai pelengkap masakan saja, tapi juga untuk kesehatan.

Daun pandan mengandung tanin, glikosida dan alkaloid, yang membuat manfaat daun pandan untuk kesehatan begitu sayang jika kita lewatkan. Selengkapnya, simak informasi berikut ini.

1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian yang diluncurkan pada jurnal Pharmacognosy Magazine membuktikan bahwa ekstrak daun pandan mampu mengurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa puasa terlebih dahulu).

Ekstrak daun pandan juga mampu mendorong produksi insulin pada sel-sel pankreas kita. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik di tubuh kita.

2. Mengatasi Kanker

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, ekstrak akar dan daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis.

Semua efek ini baik untuk mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker pada tubuh kita.

Karena itu, pandan memang memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker, seperti yang telah digunakan sebelumnya dalam waktu yang cukup lama secara tradisional.

3. Menetralkan Racun

Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun ditubuh kita, tapi teh daun pandan juga bisa. Daun pandan sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh, terutama pada organ hati.

Tak hanya menetralkan, tapi daun ini juga membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh kita.

Daun pandan juga memiliki manfaat sebagai pencahar ringan dan benar-benar aman, serta bisa dianjurkan juga untuk anak-anak.

4. Mengatasi Rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi tulang kita. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun.

Yang paling sering terkena rematik yaitu dibagian tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Yang lebih jarang terkena rematik yaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf.

Beberapa orang menggunakan daun pandan untuk mengatasi rematik. Caranya dengan merebus daun pandan segar dengan ditambah minyak kelapa, diaduk hingga merata.

Setelah dingin, gunakan olahan daun pandan ini sebagai obat gosok untuk dioles pada bagian tubuh yang terkena rematik.

6. Meredakan Rasa Nyeri

Daun pandan mengandung sifat analgetik yang bisa bertindak sebagai pereda nyeri dari sakit kepala, nyeri dada, dan arthritis ditubuh kita.

Untuk menggunakan daun pandan sebagai pereda nyeri di tubuh kita, anda bisa minum teh pandan dua kali sehari. Daun pandan juga memiliki kemampuan untuk mengurangi keram perut kita.

7. Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Jangan salah, rambut juga bisa meraup manfaat dari daun pandan.

Ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang umum terjadi, menyebabkan serpihan kulit mati pada kulit kepala dan dapat beragam dari ringan sampai yang sangat parah.

Ketombe membuat kepala menjadi gatal dan bisa merusak kesehatan pada rambut kita.

Penyebab Rambut rontok adalah kondisi meluruhnya rambut dari kulit kepala atau area lain di tubuh anda.

Rambut rontok merupakan hasil dari faktor keturunan kita, perubahan hormon, kondisi medis, atau obat-obatan.

Penyebab Rambut rontok dapat terjadi dengan berbagai cara berbeda, tergantung dari apa yang menyebabkannya.

Rambut rontok dapat terjadi secara mendadak atau bertahap, dan memengaruhi pada kulit kepala atau seluruh tubuh Anda.

Kondisi ini bisa diobati salah satunya dengan cara menggunakan daun pandan. Cara pemakaiannya dengan menjadikan daun pandan untuk masker pada rambut kita.

Tumbuk halus daun pandan lalu tambahkan dengan air, aduk sampai rata. Oleskan pada rambut dan pijat kulit kepala dengan sangat lembut. Diamkan beberapa menit dan cuci rambut hingga bersih.

Resep dan Cara Membuat Bolu Pandan

Bolu pandan merupakan variasi dari kue bolu yang diberi sentuhan aroma pandan. Durasi untuk membuat bolu pandan berkisar 45 menit. Cara membuatnya cukup mudah.

1. Cara Membuat Bolu Pandan Biasa

Cara Membuat Bolu Pandan Biasa

Bahan untuk cara membuat bolu pandan biasa

  • 12 lembar daun pandan.
  • 250g margarin atau mentega.
  • 250g gula pasir.
  • 4 butir telur ayam.
  • 1 bungkus bubuk vanili.
  • 320g tepung terigu.
  • 1 bungkus baking powder
  • Susu kental secukupnya.

Cara membuat bolu pandan biasa

  1. Panaskan oven kira-kira 170°C
  2. Daun pandan ditumbuk atau diblender, diberi air lalu diperas hingga diperoleh larutan dari daun pandan 120ml.
  3. Margarin atau mentega dipanaskan hingga cair.
  4. Gula pasir, telur, dan vanili dikocok dengan mixer sampai rata tercampur semuanya.
  5. Masukkan tepung terigu dan mentega cair secara bergantian, kocok sampai rata.
  6. Masukkan baking powder
  7. Lalu,masukan susu kental dimasukkan ke larutan daun pandan, diaduk hingga rata, lalu campuran ini dituangkan ke adonan. Aduk sampai rata.
  8. Oleskan merata loyang dengan margarin lalu taburi tepung terigu sedikit,agar tidak lengket.
  9. Tuangkan adonan ke loyang (sebaiknya persegi yang memanjang), panggang dalam oven yang sudah panas selama kira-kira satu jam atau sampai matang.

2. Cara Membuat Bolu Pandan Gulung Keju

Cara Membuat Bolu Pandan Gulung Keju

bahan Untuk cara membuat bolu pandan gulung keju

  • Telur ayam 3 butir
  • Gula pasir 75 gram
  • Cake emulsifier/SP 1 sdt
  • Pasta pandan ½ sdt
  • Tepung tergiu protein rendah 75 gram
  • Tepung maizena 1 sdm
  • Susu bubuk 1 sdm
  • Santan kental 75 ml, ( Rebus dulu dengan di tambahisedikit garam )
  • Butter cream 100 gram, siap pakai
  • Keju cheddar 100 gram, ( silahkan di parut terlebih dahulu )

Cara Membuat Bolu Pandan Gulung Keju

  1. Siapkan wadah atau mangkok dan campur telur, gula, serta pasta pandan dan SP.
  2. Kocok sampai mengental Selanjutnya Anda masukan tepung terigu dan tepung maizena dan juga susu bubuk sambil terus di aduk secara perlahan sampai merata semuanya.
  3. Bila sudah tuang santan dan aduk lagi sampai merata semua. Berikutnya kamu siapkan loyang kotak berukuran 22×22 cm di alasi dengan kertas roti dan oleskan margarin seperlunya,supaya tindak lengket.
  4. Tuangkan hasil adonan ke Loyang tersebut dan ratakan, tahap selanjutnya panaskan panci pengukus selanjutnya kukus adonan sampai matang. kurang lebih membutuhkan waktu selama 20 menit.
  5. Setelah matang angkat dan dinginkan sebentar.
  6. Berikutnya tahap penyajian. Kamu bisa keluarkan bolu dari cetakan, oles dengan butter cream supaya lebih enak.
  7. kemudian gulung dan padatkan dengan yakin agar tidak patah kuenya. Taruh di atas piring dan olesi permukaan bolu dengan sisa butter cream tadi, taburi dengan keju sampai merata, kasih juga buah ceri untuk mempercantik penampilan

Bahaya Sering Makan Bolu/Roti untuk Kesehatan

Bahaya Sering Makan Bolu

Selain itu penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan roti putih dan biji-bijian olahan umumnya tidak mengandung banyak gizi bagi tubuh kita.

Rasanya yang enak ternyata menyimpan bahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh, berikut beberapa poin-poin yang menjadikan roti putih kurang baik bagi tubuh seperti dikutip dari laman Blodsky, Selasa 9 September 2014.

  • Nutrisi

Roti putih diketahui memiliki kandungan nutrisi yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.

Mengingat selembar roti putih tidak dapat memenuhi asupan protein dan vitamin yang banyak sekali.

  • Kadar Sodium Tinggi

Selain itu roti putih juga mengandung kadar sodium dan natrium yang sangat tinggi lho gengs.

Secara tidak langsung kandungan garam yang tinggi dalam tubuh berpotensi besar memicu timbulnya penyakit jantung.

  • Menambah Berat Badan

Sementara bagi anda yang sedang menjalani program diet dan berpikir menggantinya dengan roti, nampaknya keputusan tersebut salah sekali.

Mengingat roti memiliki jumlah asupan kalori yang lebih besar jika dikonsumsi setiap harinya lho.

  • Lebih Cepat Lapar

Bahkan rasa kenyang akibat mengkonsumsi roti tidak bertahan lama dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lainnya seperti nasi dll.

Mengkonsumsi roti putih saat sedang lapar justru akan membuat anda semakin cepat lapar.

Berbeda dengan roti coklat yang lebih padat dan mampu ‘mengganjal’ perut.

  • Masalah Protein Gluten

Roti putih juga diketahui mengandung kadar protein gluten yang cukup tinggi.

Protein ini dapat memicu penyakit seliaka atau penyakit di mana orang mengalami sakit perut setelah mengkonsumsi roti bolu.

  • Karbohidrat Tinggi

Para ahli menyebut roti putih memiliki kadar karbohidrat yang dominan lumayan tinggi, sehingga alasan inilah yang menjadikannya tidak baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Kelebihan kadar karbohidrat dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan fungsi kognitif hingga kabut otak jadi jangan terlalu sering.

  • Meningkatkan Kadar Gula Darah

Sistem pencernaan memang mudah mencerna roti itu sendiri dan memasuki aliran darah sebagai glukosa.

Namun ini  menyebabkan lonjakan yang cukup cepat dalam gula darah dan insulin.

  • Kandungan Zat Berbahaya Lain

Sebagian besar roti produksi perusahaan besar diketahui mengandung sejumlah gula atau sirup jagung fluktosa luamayan tinggi.Kedua jenis pemanis ini memiliki efek buruk bagi kesehatan anda.

Dari ulasan diatas, anda dapat mengetahui tentang cara membuatbolu pandan, manfaat bolu, manfaat pandan,dan bagaimana caranya membuat bolu pandan.

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari usaha rumahan  dan jika anda ingin mengetahui bagaimana resep es pisang ijo, resep daging sapi lada hitam dan cara membuat brownies kukus anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana Cara Membuat Bolu Pandan di atas? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Cara Membuat Bolu Pandan tersebut.