Cara Bikin Keripik Kentang Keju Yang Nikmat Untuk Kumpul Bersama

Siapa yang tidak kenal dengan keripik kentang. Makanan ringan yang satu ini berupa kentang yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga benar-benar garing. Cara bikin keripik kentang sebenarnya sama dengan cara bikin keripik pisang dan keripik-keripik lainnya.

Biasanya kripik kentang ini disajikan dengan rasa yang gurih. Camilan ringan satu ini memang sangat cocok disantap kapan saja. Baik dinikmati di rumah bersama keluarga, maupun disantap sebagai bekal camilan saat piknik.

Kripik Kentang adalah potongan tipis kentang yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang sampai kering. Keripik kentang umumnya disajikan sebagai makanan ringan atau pendamping makanan utama sebagai penutupnya.

Saat ini sudah banyak produk makanan keripik kentang yang dijual kemasan dalam berbagai merek. Mulai dari snack keripik kentang yang berasal luar negeri maupun produk keripik kentang industri rumahan khas Indonesia. Keduanya mempunyai rasa yang tidak kalah lezat. Bahkan saat ini sudah tersedia berbagai macam varian rasa yang bisa dinikmati

Bagi Anda yang tertarik, keripik kentang ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Cara bikin keripik kentang yang renyah dan lezat pun cukup mudah. Resep yang digunakan dalam pembuatannya cukup mudah, dan berikut beberapa resep camilan sehat cara bikin keripik kentang.

Cara Bikin Keripik Kentang Keju Yang Nikmat Untuk Kumpul Bersama

Bahan-bahan :

  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • ½ sendok teh garam dapur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan air es
  • 15 gram margarin
  • 1 butir telur ayam
  • 20 gram tepung maizena
  • 20 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 100 gram kentang kukus, haluskan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Bikin Keripik Kentang Keju :

  1. Campur tepung maizena, tepung terigu, kentang, baking powder, garam, kaldu ayam bubuk, dan keju cheddar parut hingga rata.
  2. Tambahkan air es, telur, dan margarin. Aduk-aduk adonan hingga menggumpal.
  3. Giling adonan kentang tersebut dengan menggunakan gilingan mie dan dengan ukuran yang paling tebal.
  4. Setelah digiling sekitar 2-3 kali, kecilkan lubang gilingan mi. Giling kembali 2-3 kali. Lakukan terus hingga ketebalan nomor 5. Selanjutnya cetak dengan diameter sekitar 4 cm.
  5. Panaskan minyak, goreng adonan tepung kentang yang telah digiling tersebut hingga kering dan matang.
  6. Keripik kentang keju siap untuk disajikan.

Tips Cara Bikin Keripik Kentang Supaya Tidak Gagal dan Tetap Enak

1. Perhatikan Pemilihan Kentang

Agar mendapatkan hasil gorengan kentang yang renyah, maka anda semua harus benar-benar memperhatikan pemilihan kentang yang cukup bagus. Pastikan anda menggunakan kentang yang benar-benar segar, dengan ciri keras saat akan ditekan.

Kentang yang masih sangat segar biasanya akan menghasilkan tekstur yang garing dan sangat renyah ketika akan digoreng, sehingga akan sangat cocok apabila diolah menjadi keripik kentang.

Pastikan juga anda memilih kentang berukuran agak besar dengan permukaan yang cukup mulus dan halus agar rasa kentang tidak pahit nantinya saat akan di buat keripik.

2. Iris Kentang Dengan Ukuran Sama Rata

Hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuat keripik kentang adalah ukuran irisan kentangnya hrus sesuai. Setelah dikupas dan dicuci dengan bersih, pastikan anda mengiris kentang dengan ukuran tipis yang sama rata agar matangnya pun bisa merata secara bersamaan.

Anda bisa mengiris kentang secara manual dengan bentuk korek api ataupun juga bisa dengan bentuk bulat tipis. Atau jika anda tidak punya cukup waktu, anda bisa memarutnya dengan  yang memiliki pengiris keripik berbahan stainless steel yang aman untuk digunakan.

Kalau menggunakan pengiris keripik ini, ukuran irisan kentang pasti akan sama rata besar dan juga tebalnya, anda pun bisa lebih mudah dalam menggorengnya nanti.

3. Rendam Kentang Dengan Larutan Air Garam

Meskipun anda sudah memilih kentang berkualitas cukup baik, anda tetap harus melakukan penanganan tambahan pada kentang, salah satunya adalah dengan cara merendam kentang yang sudah diiris tipis tadi kedalam air larutan garam.

Rendam kentang selama kurang lebih lima belas menit atau bisa lebih agar gentang nantinya saat digoreng tidak lengket, lalu cuci kembali kentang sampai bersih dan siap untuk digoreng.

4. Goreng Kentang Dalam Minyak Banyak

Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan keripik kentang adalah tekstur kentangnya yang tetap renyah sesudah digoreng. Agar anda bisa mendapatkan tesktur seperti itu, anda harus menggoreng kentang dalam minyak panas dengan emnggunakan teknik deep frying.

Selama menggoreng, hindari memasukkan kentang terlalu banyak, karena akan membuat kentang sulit matang secara vbersamaan dan merata semuanya. Hindari juga terlalu sering mengaduk kentang selama digoreng atau kentang tidak terlalu banyak menyerap banyak minyak.

5. Buat Bumbu Bertekstur Kasar

Saat anda membuat bumbu untuk keripik kentang, sebaiknya jangan terlalu halus. Karena justru bumbu yang terlalu halus akan mudah menggumpal dan juga membuat tekstur kentang jadi tidak renyah seperti sesudah di goreng sebelumnya.

Sebaiknya buat bumbu yang bertekstur agak kasar agar tidak menggumpal dan juga bisa menyebar ke seluruh bagian kentang. Pastikan juga anda menumis bumbu dahulu sampai benar-benar matang sebelum dicampur bersama keripik kentangnya.

 

Itulah cara bikin keripik kentang rasa keju yang tentunya dapat kalian nikmati bersama dengan keluarga, sahabat atau dengan orang terkasih. Selamat mencobanya, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Enjoyy ya frenn!

Cara Bikin Keripik Singkong Pedas Manis Yang Disukai Semua Orang!

Makanan ringan seperti keripik memang menjadi camilan yang banyak disukai orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak sangat menyukai camilan keripik singkong. Selain keripik pisang, keripik singkong menjadi andalan banyak orang. Tidak sulit untuk menemukan keripik singkong. Begitupun dengan cara buat keripik singkong yang mudah, yang bahkan sama dengan cara bikin keripik pisang.

Hampir di setiap minimarket dan pusat perbelanjaan lainnya menjual keripik singkong. Mulai dari yang dibuat dalam kemasan oleh pabrik besar hingga yang dijual di pinggir jalan. Keripik singkong biasa dijual dalam berbagai rasa. Meski banyak dijual, tak sedikit orang yang penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa mengkreasikan sesuai selera, orang juga bisa lebih menghemat.

Berdasarkan definisi keripik tersebut, keripik singkong bisa disebut sebagai panganan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Irisan singkong kemudian digoreng dengan rasa asli asin dengan beraroma bawang yang gurih. Keripik singkong banyak digemari karena rasanya renyah dan harganya murah.

Singkong atau ketela pohon merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Banyak resep olahan singkong lainnya, ada yang dijadikan sebagai makanan khas seperti getuk, tape, dan keripik menjadi salah satu camilan disukai banyak orang.

Semakin berkembangnya zaman juga kini rasa keripik singkong mulai bermacam-macam, seperti rasa original yang gurih dan renyah, keripik singkong manis, cokelat, keju, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan proses pembuatannya. Simak cara buat keripik singkong pedas manis yang banyak digemari oleh semua orang.

Cara Buat Keripik Singkong Pedas Manis Yang Disukai Banyak Orang!

Bahan-bahan cara buat keripik singkong pedas manis :

  • 2 singkong ukuran sedang
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air bersih
  • 5 sendok makan garam untuk rendaman
  • 5 siung bawah putih, dihaluskan sebagai campuran rendaman
  • 2 sendok makan gula pasir untuk bumbu
  • 4 cabai rawit
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir gula Jawa ukuran kecil
  • Minyak secukupnya

Cara Buat Keripik Singkong Pedas Manis :

  1. Singkong yang telah dipilih dikupas dan kemudian dicuci hingga bersih lalu iris tipis-tipis dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik.
  2. Campur air bersih dengan air kapur sirih, campurkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata. Kemudian rendam irisan singkong kedalamnya hingga 30 menit, angkat lalu tiriskan.
  3. Buat sambal gula Jawa (cabai + garam + gula Jawa).
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng singkong irisan hingga matang dan kering, angkat lalu tiriskan keripik singkong hingga dingin dan tidak berminyak. Tuangkan sambal gula Jawa & aduk-aduk.
  5. Masukkan keripik singkong, aduk-aduk sampai bumbu sambal hingga merata.
  6. Keripik singkong pedas manis siap dihidangkan.

Manfaat dan Kandungan Nutrisi pada Singkong

Singkong selain bisa dibuat Resep olahan singkong, ternyata mengandung beragam nutrisi dan manfaat loh. Selain itu, didalam 100 gram singkong rebus, terkandung 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak.

Bahkan, dalam takaran yang sama singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral. Maka dari itu, simak lebih jelasnya berikut ini.

1. Karbohidrat

Singkong setiap 100 gram mengandung 38 gram karbohidrat, inilah alasan mengapa singkong menjadi sumber energi yang baik untuk kamu, apalagi bagi kamu yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat. Biasanya, aktivitas fisik akan menguras glikogen yang merupakan bentuk gkukosa dan disimpan dalam otot.

Pada saat anda mengonsumsi singkong, kandungan karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang kemudian diubah lagi menjadi glikogen dan disimpan didalam otot tubuh. Maka dari itu, manfaat singkong untuk menambah energi tidak bisa disepelekan.

2. Serat

Jumlah kandungan serat pangan pada singkong juga cukup tinggi, bahkan mampu mencegah sembelit. Kandungan serat ini juga dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan, karena bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Kandungan serat juga bisa mendatangkan manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan obesitas, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Singkong ini juga bisa bisa dikonsumsi bagi kamu yang memiliki diabetes.

Dengan mengonsumsi singkong, dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena, serat mampu memperlambat penyerapan gula kedalam aliran darah.

3. Mineral

Selain mengandung serat dan karbohidrat, singkong juga mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti, zat besi, mangan, kalsium, fosfor dan kalium. Kandungan mineral ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan, menjalankan fungsi jaringan tubuh dan untuk perkembangan.

Kandungan kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gizi dan zat besi membantu dalam pembentukan protein (myoglobin dan hemoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh kamu.

Selain itu, mangan membantu dalam pembentukan tulang, hormon seks dan jaringan ikat, sedangkan kalium diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.

Sementara itu, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang cukup tinggi. Perlu diketahui, kandungan magnesium  dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko osteoporosis. Sedangkan tembaga menjaga fungsi saraf supaya tetap sehat.

4. Vitamin

Didalam singkong juga mengandung vitamin C, folat dan vitamin E yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan didalam singkong ini juga bisa melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi resiko komplikasi selama kehamilan. Bahkan,vitamin C juga melindungi kamu dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker lainnya.

 

Itulah cara buat keripik singkong pedas manis dan juga beberapa manfaat dan kandungan yang ada pada singkong. Selain bisa dijadikan camilan yang menemani waktu luang kalian, juga dapat dijadikan sebagai camilan yang sehat. Selamat menikmati dan mencobanya dirumah.

Enjoyyy!!

Cara Bikin Keripik Pisang Pedas Yang Enaknya Bikin Nagih!

Keripik pisang merupakan salah satu olahan pisang yang terkenal karena kenikmatannya. Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang belum tahu bagaimana cara bikin keripik pisang pedas atau rasa balado yang renyah. Beberapa pasti berpikiran bahwa cara pembuatannya itu susah, padahal sebenarnya mudah lho. Salah satu olahan keripik pisang ini terkenal dan banyak disukai orang karena rasa yang nikmat dan banyak variasinya. Cara pembuatannya tentunya berbeda dengan cara membuat nuget pisang.

Cara bikin keripik pisang pedas bisa dikatakan gampang karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim alias selalu ada setiap saat. Kita tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang. Sebenarnya kalau dibandingkan dengan olahan pisang yang lain, cara membuat keripik pisang bisa dikatakan sedikit rumit. Sedikit lho ya. Cuma sedikit kok. Olahan pisang lainnya yang jauh lebih mudah adalah pisang goreng yang tentu saja mudah ditemui terutama di penjual gorengan.

Eits, tapi jangan menyerah dulu. Meskipun cara pembuatannya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pisang goreng, rasanya tentu lebih enak dan lebih endul. Apalagi kriuk-kriuk renyahnya yang bikin mulut jadi termanjakan banget. Dan juga keripik pisang memiliki banyak variasi seperti keripik pisang asin, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, coba deh dipikir. Kalau kalian membuat keripik pisang sendiri di rumah, tentu kalian bisa memutuskan sendiri keripik pisang kalian akan disajikan dengan rasa apa dan bagaimana cara penyajiannya yang tentu saja bisa disesuaikan dengan selera kalian. Nggak perlu dipikir dulu kalau cara membuat keripik pisang itu susah, yang penting kalian bisa membuatnya terlebih dahulu. Dan kalau memang kalian pintar mengambil kesempatan, kalian bisa membuat hal ini menjadi ladang uang lho, sama seperti usaha keripik ubi yang kini semakin merajalela dimana-mana.

Bagaimana? Tertarik mencoba? Yuk, langsung saja simak cara bikin keripik pisang pedas di bawah ini.

Cara Bikin Keripik Pisang Pedas (Balado) :

Bahan-bahan :

  • 10 buah pisang ambon (atau bisa yang lainnya).
  • 1 liter air bersih.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • 1 sdt kapur sirih.
  • 2 sdm bumbu bubuk balado.
  • 1 sdt garam halus.

Cara Bikin Keripik Pisang Pedas (Balado) :

  1. Kupas kulit pisang lalu iris tipis.
  2. Tuang air ke dalam wadah. Beri kapur sirih, aduk rata.
  3. Masukkan pisang dan rendam hingga 1 jam.
  4. Taruh pisang ke dalam wadah kering, beri garam secukupnya. Aduk rata.
  5. Goreng pisang pada api sedang hingga berubah warna kecokelatan.
  6. Masukkan pisang ke dalam wadah, beri bubuk balado dan garam. Tutup dan aduk rata.

Tips Cara Bikin Keripik Pisang Pedas (Balado) :

  • Kamu bisa mengiris pisang berbentuk bulat atau memanjang sesuai selera.
  • Pastikan kamu menggunakan banyak minyak hingga seluruh bagian pisang terendam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerenyahan.
  • Selain itu, goreng pisang secara bertahap alias jangan sampai penggorengan terisi terlalu penuh.
  • Tuang gula dengan cara melingkar dan rata ke semua bagian, jangan berpusat di satu titik saja.
  • Biasanya akan ada bagian gula yang gosong dalam minyak setelah dua atau tiga kali menggoreng. Sebaiknya saring sisa gosong tersebut terlebih dahulu, baru lanjutkan menggoreng.
  • Tambahkan bubuk balado dalam sebuah wadah, kemudian masukkan keripik pisang yang baru saja matang kedalam wadah tersebut, aduk hingga merata.

Itulah bagaimana cara bikin keripik pisang pedas atau balado. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian yang mulai bosan di masa pandemi seperti ini. Tetap semangat dan enjoyy selalu!

Cara Membuat Puding Vla Oreo, Lembut dan Lumer Parah!

Hola halo sobat sekalian! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat puding vla oreo yang mudah dan lezat. Sajian berupa Vla atau yang biasa disebut dengan custard atau pastry cream ini memiliki rasa yang sangat manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Vla ini seringkali digunakan sebagai sajian pelengkap atau hiasan pada aneka jenis kue dan hidangan penutup lainnya, contohnya mulai dari kue, es krim, donat, gabin, roti, churos dan masih banyak lagi. Oh iya nih sobat, mungkin jika sobat ingin membuat donat dengan proses pembuatan yang cepat dan mudah, sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat karena sangat efektif dan efisien.

Vla ini dapat dibuat di rumah sobat sendiri, tapi sobat juga dapat membeli langsung vla instan di supermarket  dan biasanya terdiri dari varian rasa vanila, mocha, cokelat dan rhum. Kalau sobat ingin membuat vla sendiri di rumah sobat dapat mengikuti resep yang akan aku bagikan ini, yaudah tanpa lama lama langsung saja kita simak resepnya yuk!

Cara Membuat Puding Vla Oreo

Bahan Puding:

  • Nutrijel yang rasa coklat sebanyak 2 bungkus
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Tepung maizena dengan takaran 1 sendok makan
  • Coklat bubuk yang sudah disaring dengan takaran 1 sendok makan
  • Susu cair UHT full cream dengan takaran 1 liter, tambah dengan air 150ml
  • Dark cooking chocolate dengan takaran 100 gram, sobat iris halus terlebih dahulu
  • Garam dengan takaran 1/4 sendok teh

Bahan Vla Oreo:

  • Tepung maizena dengan takaran 2 sendok makan, larutkan dengan 2 sendok makan air
  • Susu kental manis yang putih sebanyak 2 bungkus sachet
  • Biskuit oreo sebanyak 6 keping, pisahkan lapisan creamnya dan hancurkan kasar
  • Margarin dengan takaran 1 sendok makan
  • Air dengan takaran 400ml
  • Garam sejumput

Langkah Cara Membuat Puding Vla Oreo:

  1. Pertama-tama sobat harus menyiapkan semua bahan, jangan sampai ada yang terlewat ya. Siapkan sebuah panci dan masukkan semua bahan kering pada bahan puding ke dalam panci kecuali dark cooking chocolate. Kemudian aduk-aduk sampai tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya, sobat ambil susu cair full cream lalu tambahkan ke dalam panci. Aduk-aduk kembali dengan menggunakan  whisk sampai tercampur dengan rata dan teksturnya tidak ada yang bergerindil.
  3. Nyalakan kompor dan masak adonan puding diatas nyala api yang kecil sambil diaduk aduk secara perlahan. Tunggu adonan puding sampai agak mendidih, jika sudah mendidih tambahkan dark cooking chocolate ke dalamnya dan aduk-aduk kembali secara terus menerus.
  4. Apabila adonan puding sudah mendidih, matikan kompor dan biarkan sebentar saja sampai uap panasnya menghilang.
  5. Setelah itu sobat siapkan sebuah cetakan puding, saat memasukkan puding ke dalam cetakan sobat jangan lupa untuk menyaringnya. Sisihkan dan biarkan sampai agak dingin, jika sudah dingin masukkan ke dalam freezer atau kulkas dan tunggu selama beberapa jam.
  6. Sambil menunggu puding set, kita akan buat vla oreonya dulu ya sobat. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni ambil semua bahan vla dan campur menjadi satu kecuali biskuit oreo yang sudah dihancurkan.
  7. Kemudian masak adonan vla dengan menggunakan panci kecil dan diatas nyala api yang sedang, aduk-aduk secara terus menerus sampai mendidih. Bila vla sudah mendidih, matikan kompor dan tunggu sampai agak dingin. Tambahkan oreo yang sudah dihancurkan ke dalamnya dan aduk-aduk sampai tercampur rata.
  8. Adonan puding yang sudah set, keluarkan dari dalam kulkas. Letakkan pada piring saji dan jangan lupa sirami dengan vla oreo yang super lumer dan lezat. Sobat juga dapat menambahkan topping lainnya, puding vla oreo siap disajikan, hmm yummy.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Nah, jadi begitu sobat cara membuat puding vla oreo yang super lembut dan tentunya dengan vla yang super lumer. Maka dari itu sobat jangan ragu untuk mencoba membuat puding vla oreo sendiri di rumah karena cara pembuatan puding vla oreo ini sangat mudah dan bahan bahan yang diperlukan untuk membuat puding vla oreo ini pun juga mudah.

Oh iya sob, kalau sobat ingin membuat vla dengan varian coklat dan cara pembuatan yang lain sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat vla coklat, selain terdapat resep artikel ini juga membahas beberap topik seputar vla. Oke sobat, mungkin sampai sini saja ya, terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya….bye bye 👋😊

Cara Membuat Chocolate Cake, Dijamin Nagih dan Lezat!

Halo halo sobat semuanya! Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan resep cara membuat chocolate cake yang pastinya mudah dan lezat. Hidangan cake coklat ini nih sobat memiliki rasa yang enak dan manis serta tekstur yang lembut. Sehingga cake coklat sangat digemari banyak orang dari berbagai kalangan baik anak-anak maupun dewasa.

Sobat dapat menemukan cake coklat ini di acara-acara penting seperti salah satu contohnya acara ulang tahun. Yap, cake coklat ini seringkali dijadikan sebagai kue ulang tahun. Untuk penyajiannya cake coklat yang memiliki rasa manis ini juga seringkali disajikan bersama hidangan penutup lainnya, salah satunya yakni donat. Hmm…jika sobat juga ingin membuat donat, sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat yang sangat praktis dan efisien. Yaudah langsung aja yuk kita simak resepnya!

Cara Membuat Chocolate Cake Moist

Bahan Adonan A:

  • Coklat bubuk dengan takaran 45 gram
  • Gula pasir dengan takaran 120 gram
  • Susu kental manis dengan takaran 60ml
  • Susu cair plain dengan takaran 120ml
  • Margarin yang sudah dicairkan dengan takaran 120ml

Bahan Adonan B:

  • Tepung terigu dengan takaran 100 gram
  • Baking powder dengan takaran 1/2 sendok teh
  • Soda kue dengan takaran 1/2 sendok teh

Bahan Adonan C:

  • Telur sebanyak 2 butir
  • Vanila bubuk atau essence dengan takaran 1/4 sendok teh

Bahan Ganache:

  • Susu cair plain dengan takaran 30ml
  • Margarin atau mentega dengan takaran 1/2 sendok makan
  • Susu kental manis dengan takaran 1/2 sendok makan
  • Dark cooking chocolate dengan takaran 75 gram

Topping:

  • Meses seres
  • Darak Cooking coklat yang sudah diserut

Langkah Cara Membuat Chocolate Cake Moist:

  1. Langkah pertama yang sobat lakukan yakni mengambil semua bahan adonan A dan mencampurkannya ke dalam panci. Campurkan bahan adonan A diatas air yang mendidih, aduk-aduk sampai adonan tercampur rata, larut, dan menjadi licin. Kemudian angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu ambil semua bahan adonan B dan masukkan ke dalam wadah. Campurkan bahan adonan B menjadi satu, aduk-aduk sampai merata lalu sisihkan. Ambil bahan C dan kocok lepas dengan menggunakan baloon wisk atau garfu sampai berbusa saja sudah cukup.
  3. Tuangkan kocokan telur tadi ke dalam bahan adonan A dan aduk kembali sampai merata. Jika sudah merata, tambahkan juga bahan adonan B ke dalam wadah yang berisi bahan adonan A, aduk kembali sampai tercampur rata dengan menggunakan baloon wisk hingga adonan licin dan tidak ada adonan yang bergerindil.
  4. Langkah selanjutnya, sobat siapkan sebuah loyang. Olesi seluruh permukaan loyang tersebut dengan margarin dan taburi dengan tepung sedikit saja. Adonan cake yang sudah siap untuk dikukus dituangkan ke dalam loyang dan ratakan.
  5. Sebelum dimasukkan ke dalam kukusan beri penutup dengan alumunium voil atau bisa juga menggunakan alas serbet. Setelah itu masukkan ke dalam kukusan dan kukus adonan cake dalam waktu selama kurang lebih 45 menit.
  6. Untuk memastikan kematangan adonan cake sobat dapat menggunakan tes tusuk, caranya dengan menusuk adonan menggunakan tusuk sate atau lidi, jika masih ada adonan cake yang menempel pada tusuk sate itu artinya adonan cake belum matang dengan sempurna. Jika adonan sudah dingin angkat dan diamkan sampai dingin terlebih dahulu, kalau sudah dingin sobat keluarkan dari dalam loyang.
  7. Panaskan semua bahan ganache, aduk secara terus menerus sampai mendidih dan benar-benar meleleh. Letakkan cake coklat yang sudah matang diatas piring saji dan sirami dengan ganache yang sudah dimasak sebelumnya. Beri topping dengan meses dan serutan coklat, sobat juga dapat memberi topping sesuai dengan selera sobat, yummy. 😋

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Gimana sobat, mudah dan sederhana kan? Selain cara pembuatan yang mudah dan sederhana, bahan-bahan yang digunakan pun juga sangat mudah untuk mudah didapatkan. Jadi sobat jangan ragu untuk mencoba membuat cake coklat sendiri di rumah, karena cake coklat homemade atau buatan rumah sendiri rasanya dijamin tidak kalah enak dengan cake coklat yang dijual di luaran.

Oh iya sobat, kalau sobat ingin membuat cake coklat dengan cara pembuatan yang lain dan lebih mengetahui cake coklat dengan mendetail, sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat cake coklat. Mungkin sampai disini dulu saja ya sobat, terimakasih sudah mengunjungi dan membaca artikel ini, selamat mencoba. 😉👌

Cara Membuat Bolu Panggang Coklat Super Lembut dan Mantap

Halo halo sobat semuanya! Ketemu lagi nih, kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat bolu panggang coklat lembut dan lezat. Sobat pasti sudah pernah mencoba hidangan yang satu ini kan? Yap, bolu coklat merupakan hidangan yang memiliki rasa yang lezat nan legit dengan paduan coklat yang manis, sehingga bolu coklat ini disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Bolu coklat ini menjadi salah satu hidangan penutup favorit banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Hidangan bolu coklat ini dapat sobat temukan di cafe atau restoran di sekitar, bahkan seringkali dijadikan sebagai menu utama dala acara-acara penting seperti hajatan, pernikahan, dan hari raya Idul Fitri atau saat lebaran.

Sobat dapat menyantap hidangan bolu coklat ini di tempat-tempat tersebut, tetapi bukannya lebih seru dan sehat jika membuat bolu coklat ini dirumah sendiri. Dari pada keluar rumah dan mengeluarkan uang untuk bolu coklat ini di luar lebih baik sobat membuat bolu coklat sendiri di rumah.

Bingung cara buatnya gimana? Jangan kahwatir sobat, karena pada artikel kali ini aku bagi resepnya dan juga sharing apa aja jenis kue bolu tradisional di Indonesia. Kalau sobat juga ingin membuat bolu dengan varian lainnya, sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat bolu coklat. Langsung aja yuk kita simak bareng bareng!

Cara Membuat Bolu Panggang Coklat

Bahan Adonan A:

  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Emulsifier atau sobat bisa pakai SP dengan takaran 1/2 sendok teh
  • Pasta moka dengan takaran 1/2 sendok teh, ini opsional ya
  • Gula pasir dengan takaran 80 gram

Bahan Adonan B:

  • Tepung terigu dengan takaran 75 gram
  • Baking powder dengan takaran 1/4 sendok teh
  • Coklat bubuk atau kakao powder dengan takaran 20 gram
  • Margarin atau mentega dengan takaran 75 gram, lelehkan terlebih dahulu ya sob

Topping Bolu Coklat:

  • Whipped cream sesuai dengan selera sobat
  • Keju cheddar sesuai selera, jangan lupa parut dan oven sampai garing sebelumnya

Langkah Cara Membuat Bolu Panggang Coklat:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu pastinya menyiapkan semua bahan terlebih dahulu, jangan sampai ada yang terlewat. Sobat siapkan sebuah wadah dan ambil semua bahan adonan B. Masukkan semua bahan B ke dalam wadah dan campur menjadi satu lalu aduk-aduk sampai tercampur dengan rata.
  2. Ambil semua bahan A dan masukkan ke dalam wadah yang lain. Campurkan semua bahan A menjadi satu dengan menggunakan mixer, setting mixer dengan kecepatan tinggi. Mixer adonan sampai berubah menjadi pucat, mengembang dan putih berjejak.
  3. Setelah itu masukkan bahan B ke dalam wadah yang berisi bahan A sambil diayak ya sob. Campur bahan B dan bahan A menggunakan mixer dengan kecepatan yang rendah, untuk memasukkan bahan B harus dengan 3 tahap supaya adonan bolu tidak kempes atau pun bantat. Jika sudah tercampur rata, matikan mixer.
  4. Tambahkan adonan dengan margarin yang sebelumnya sudah dicairkan. Aduk-aduk adonan kembali dengan menggunakan solet atau spatula sampai tercampur rata, jangan sampai over mix juga ya sobat.
  5. Panaskan oven yang akan digunakan, sambil menunggu oven panas sobat siapkan sebuah loyang terlebih dahulu. Olesi permukaan loyang tersebut dengan mentega atau margarin dan taburi juga dengan tepung ke seluruh permukaan loyang.
  6. Tuangkan adonan bolu ke dalam loyang dan ratakan lalu masukkan ke dalam oven. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius dalam waktu selama kurang lebih 30 menit dan pastikan bolu coklatnya benar-benar matang.
  7. Jika adonan bolu coklat sudah matang, angkat dan keluarkan dari dalam loyang. Sajikan dengan topping whipped cream dan taburi dengan keju yang sudah dipanggang, sobat juga dapat memberi topping lainnya sesuai dengan selera sobat. Tadaaa….bolu coklat panggang siap disajikan, nyam nyam.

5 Jenis Kue Bolu Tradisional Khas Indonesia

Bolu Klemben

Banyuwangi, Jawa Timur merupakan daerah asal dari bolu klemben ini. Ukuran dari bolu ini cukup kecil, dengan tekstur luar yang dimiliki bolu ini cukup keras tetapi jangan salah tekstur bagian dalam dari bolu klempeng ini sangat lembut.

Bolu Suri

Yap, Palembang, Sumatera Selatan adalah daerah asal dari bolu suri ini. Bolu suri khas Palembang ini memiliki yang mirip dengan bika ambon dan memiliki rongga-rongga di dalamnya, tentunya bolu suri ini memiliki tekstur yang lebih lembut. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat bolu suri ini juga lebih sederhana dibandingkan dengan bahan untuk membuat bika ambon.

Bolu Tiwul

Jenis kue bolu tiwul ini dapat sobat temukan di pulau Jawa, bolu tiwul juga merupakan salah satu kuliner masa kini yang dijadikan oleh-oleh khas daerah Jogja. Jika sobat ingin menikmati bolu tanpa menggunakan bahan berupa tepun terigu, bolu ini menjadi pilihan yang cocok karena terbuat dari singkong atau tiwul. Varian rasa dari bolu tiwul ini sekarang juga sudah banyak, muali dari keju, coklat, pandan, oreo, dan masih banyak lagi.

Bolu Koja

Hidangan kue bolu tradisional yang satu ini merupakan kuliner jadul yang khas yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Bolu koja ini sekarang cukup sulit untuk ditemukan, bolu ini umumnya memiliki bentuk bulat. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat bolu ini yaitu tepung terigu, santan, dan gula merah.

Bolu Kemojo

Makanan tradisional berupa kue bolu khas Melayu yang berasal dari Riau ini bernama bolu kemojo. Bolu kemojo ini memiliki tekstur yang lembut dan manis seperti kue bolu pada umunya. Tapi bolu kemojo ini memiliki bentuk yang unik yakni seperti bunga kamboja, bolu ini biasanya berwarna hijau kecoklatan. Varian rasa dari bolu kemojo ini juga cukup banyak lho sobat, ada rasa coklat, kacang merah, keju, pandan, dan yang paling populer yaitu rasa durian.

Selesai Sudah Resep Cara Membuat Bolu Panggang Coklatnya Sobat

Wahhh….ternyata mudah ya cara membuat bolu panggang coklat yang memiliki tekstur super lembut dan rasa yang manis nan enak. Selain mudah cara pembuatannya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu coklat ini cukup mudah untuk didapatkan sobat, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Oh iya, akau juga mau kenalin nih ke sobat, sebuah mesin yang bernama mesin pembuat donat. Mesin ini dapat membantu proses pembuatan donat lebih mudah dan cepat pastinya dan sangat direkomendasikan untuk sobat yang memiliki bisnis kuliner berupa donat. Sampai disini dulu ya sobat, terimakasih dan selamat mencoba. 😉

 

 

 

Cara Membuat Nasi Briyani Sederhana Tapi Komplit

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi goreng sederhana tapi istimewa kan? Nah kali ini adalah tutorial cara membuat nasi briyani sederhana tapi komplit.

Pada resep kali ini akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi briyani sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Sebelum ke resep nasi briyani yuk kita bahas apa itu nasi briyani?

Apa Itu Nasi Briyani?

Oh ya, sebelumnya ternyata nasi briyani juga punya julukan lain seperti nasi briyani, nasi briyani, nasi briani, dan nasi beriani.

Nasi briyani merupakan masakan berupa nasi (biasanya menggunakan nasi basmati) yang dimasak dengan berbagai macam bumbu kemudian ditambah dengan daging (bisa ayam, kambing, udang, sapi) atau aneka sayuran.

Hidangan yang satu ini berasal dari Asia Selatan (Pakistan dan India). Di Indonesia sendiri dan di Malaysia, hidangan ini disebut dengan nasi tambahan (nasi briyani, nasi briyani, nasi briani atau nasii beriani).

Nama hidangan nasi briyani ini berasal dari bahasa persia yaitu beryā (n) (بریان) yang artinya dibakar atau digoreng. Pada zaman dahulu, nasi digoreng dengan air bersama bumbu hingga setengah matang.

Cara Membuat Nasi Briyani Sederhana Tapi Komplit

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Briyani

  • 800 gr beras basmati
  • 8 cengkeh
  • 4 kapulaga
  • 1 kayu manis
  • acar sayur/acar nanas india

Bahan Bumbu Kari Ayam

  • 1 ekor ayam potong
  • 500 ml santan
  • 3 iris lemon
  • 5 kapulaga
  • 15 cengkeh
  • 2 kayu manis
  • 5 lembar salam koja / daun kari
  • 3 sdm bumbu curry baba’s
  • 4 cabai keriting merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 bawang bombay
  • 2 sdm margarine/mentega/wisman
  • secukupnya gula pasir
  • 2 sdm kunyit bubuk
  • secukupnya garam
  • bawang goreng
  • secukupnya kaldu bubuk

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Briyani

  1. Siapkan semua bahannya.
  2. Cuci bersih ayamnya dan peras pakai perasan lemon supaya tidak amis.
  3. Cuci beras basmatinya dan rendam dengan air selama kurang lebih 30 menit.
  4. Blender kasar (jangan pakai air) cabe keriting dan bawang putih.
  5. Potong dadu bawang bombaynya.
  6. Panaskan margarin, masukkan kapulaga, cengkeh dan kayu manisnya. masak sampai agak harum.
  7. Setelah agak harum masukkan bawang bombay, masak sampai bawang bombay setengah matang.
  8. Masukkan ayam, masak ayam sampai agak kecoklatan sampai setengah matang.
  9. Setelah suda setengah mateng, masukkan cabai dan bawang putih yg sudah diblender tadi.
  10. Aduk dan biarkan sampai cabai dan bawang putihnya agak mateng.
  11. Masukkan kunyit bubuk, daun kari, dan bumbu baba’s currynya. aduk lagi sampai merata ke ayamnya.
  12. Setelah itu masukkan santan, aduk aduk lalu tutup.
  13. Siapkan di kompor sebelahnya, air panas dan masukkan cengkeh, kapulaga dan kayu manis, di rebus ya.
  14. Setelah di rebus masukkan beras basmati yg tadi uda di rendem (berasnya aja ya, air saringannya jangan). masak beras basmati sampai setengah matang.
  15. Masak berasnya harus sambil diaduk, dan sambil ditengok juga karinya aduk sesekali.
  16. Masak berasnya jangan lama-lama, sekitar 10 menit.
  17. Setelah berasnya diaron, angkat dan tiriskan. lanjut lagi ke kari ayamnya.
  18. Aduk kari ayam, tambahkan gula, garam, dan kaldu secukupnya,
  19. Diamkan kari sampai ayamnya matang, lalu matikan, beras yg tadi taro di wadah lain yg agak besar.
  20. Nyalakan kompor (api yg paling kecil) sambil di siram dengan kuah kari ayamnya. siram dengan kuah karinya agak banyak ya gais biar nasinya mateng.
  21. Diemin aja sesekali aduk tapi jangan terlalu sering aduk, nanti nasinya patah patah, kalau ga diaduk bawahnya gosong
  22. Masak terus nasinya, emang agak lama apalagi kalau banyak, bisa sampe 30 menitan masak nasinya. gapapa kalau kuah karinya sampai habis, nanti bisa bikin lagi
  23. Setelah matang sajikan di piring ditambah dengan ayam karinya, bawang goreng dan acar nya!

Resep Nasi Briyani

Oh iya sobat bisa mengikuti resep diatas dengan menggunakan rice cooker, tapi ingat harus menggunakan rice cooker besar  karena resep diatas untuk porsi yang banyak.

Gimana mudah bukan resepnya? Pasti kalian sudah bersabar untuk mencoba resepnya hehehehe. Semoga berhasil, teman-teman

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Yang Istimewa

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi liwet kan? Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?

Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?  Kalau gak tau tenang aja karena kali ini kita akan bahas resep dan cara membuat nasi goreng sederhana yang istimewa

cara masak nasi goreng kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi goreng sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Yuk langsung saja ke filosofi nasi goreng.

Filosofi Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan sebuah makanan yang berupa nasi lalu digoreng dalam sebuah penggorengan atau wajan yang menghasilkan cita rasa berbeda karena nasi goreng juga dicampur dengan bumbu bumbu penyedap seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah dan merica.

Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap atau topping seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut seperti ikan, atau daging.

Hidangan nasi goreng tersebut sering kali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Nasi goreng merupakan komponen populer dari masakan Asia Timur, Tenggara dan Selatan pada wilayah tertentu.

Nasi goreng sering kita jumpai di pinggir jalan, tetapi nasi goreng juga termasuk hidangan rumahan juga loh, Nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas.

Beberapa jenis populer dari nasi goreng memiliki daftar bahan spesifik berbeda di setiap negara.

Di Tiongkok Raya, jenis nasi goreng yang paling terkenal adalah  nasi goreng Yangzhou dan nasi goreng Hokkien.

Chāhan Jepang atau nasi goreng versi Jepang dianggap sebuah sajian Tionghoa Jepang, yang berasal dari hidangan nasi goreng Tionghoa.

Di Asia Tenggara, nasi goreng Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang memiliki komposisi serupa dan khao phat Thai adalah hidangan populer.

Di negara bagian barat, kebanyakan restoran menyajikan hidangan untuk pelanggan Muslim atau juga vegetarian dengan cara  membuat jenis mereka sendiri dari nasi goreng contohnya termasuk nasi goreng telur.

Ternyata restoran di Amerika juga terdapat menu nasi goreng yang menawarkan masakan dengan tanpa tradisi asli dari hidangan tersebut.

Selain itu, terdapat jenis nasi goreng di negara-negara selatan Amerika Serikat. Salah satu contohnya yaitu arroz chaufa asal Peru, chaulafan asal Ekuador, arroz frito asal Kuba, dan arroz mamposteao asal Puerto Rico.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Tapi Istimewa

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng

  • 1 piring nasi dingin
  • 5 bh cabe rawit, iris
  • 1/2 sdt merica
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 bh bawang merah, iris
  • 1 sdm kecap asin
  • secukupnya Garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Kocok telur beri sedikit garam. Panaskan minyak di wajan. Masukkan telur, bikin orak arik. Sisihkan
  2. Dengan sisa minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga harum. Masukkan nasi dan telur orak arik. Beri kecap2an, garam, gula dan merica. Aduk rata
  3. Masak sambil terus diaduk hingga nasi agak kering. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan nasgor dg telur ceplok dan irisan timun

Tips Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Nasinya kalau bisa harus di kulkas dahulu semalaman
  2. Jumlah kecap bisa ditambah sesuai selera
  3. Jika ingin porsi banyak gunakan rice cooker besar untuk membuat nasi nya

Resep Nasi Goreng

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Sekian resep cara membuat nasi goreng sederhana tapi istimewa. Selamat mencoba ya

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi kebuli ayam yang super gampang kan? Nah kali ini kita akan membahas mengenai resep dan cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan sob.

Oh iya kalian udah tahu belum sih apa itu nasi liwet? Kalau belum tahu tenang aja aku bakal kasih tau sob.

Nasi liwet adalah salah satu makanan khas Jawa tepatnya Jawa Tengah yaitu dari Solo atau Surakarta.

Sejarah dan asal-usul riwayat kuliner yang satu ini kerap dikaitkan dengan tradisi masyarakat Jawa, termasuk untuk menolak bala ketika terjadi bencana.

Nah nasi liwet sendiri ada 2 macam nih, nasi liwet khas sunda dan nasi liwet khas solo. Nah kali ini kita akan membahas yang khas solo nya aja sob biar gak terlalu banyak. Mungkin next artikel lah ya kita akan bahas khas sunda.

Yuk langsung saja ke resep nasi liwet. Tunggu apa lagi siapkan peralatan kalian

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Liwet

  • 450 gram beras
  • lembar daun salam
  • batang serai
  • sdt Royco Kaldu Ayam

Bahan Bahan Untuk Lauk

Ayam Suwir
  • ekor (600 g) ayam, buang kulitnya, potong 8 bagian
  • lembar daun salam
  • cm lengkuas
  • batang serai
  • 200 ml air
  • sdt garam
  • 150 ml santan cair
  • sdt gula merah
  • 150 ml susu cair rendah lemak
Ayam Suwir Bumbu Halus
  • butir bawang merah
  • siung bawang putih
  • sdt ketumbar bubuk
  • butir kemiri
Sayur Labu Siam
  • 500 gram labu siam, potong korek api
  • lembar daun salam
  • butir bawang merah, iris tipis
  • batang serai, memarkan
  • 150 ml susu cair rendah lemak
  • sdt Royco Kaldu Ayam
  • sdm gula merah
  • buah cabai merah
  • 150 ml santan cair
  • siung bawang putih, iris tipis
  • sdt merica putih
  • sdm minyak
  • 400 ml air

Langkah Langkah Memasak Lauknya

Ayam Suwir

  1. Panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, garam, gula merah, dan santan cair serta susu cair rendah lemak.
  5. Masak hingga air menyusut dan ayam matang.
  6. Angkat dan suwir-suwir ayam.
  7. Sajikan dengan kuahnya.

Sayur Labu Siam

  1. Panaskan minyak
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serai dan cabai merah, tumis hingga harum.
  3. Masukkan labu siam dan cabai rawit utuh, lalu aduk.
  4. Tuang santan, susu cair rendah lemak, air, merica putih bubuk, gula merah, dan kaldu penyedap, kemudian aduk.
  5. Masak hingga labu siam matang.
  6. Angkat lalu Sisihkan.

Telur  Areh

  1. Kocok telur bersama garam dan santan.
  2. Masak hingga matang dan menggumpal.
  3. Angkat dan sisihkan.

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Liwet

  1. Masukkan santan, beras, daun salam, serai dan kaldu penyedap ke dalam panci liwet.
  2. Masak di atas api kecil hingga nasi matang sambal sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong.
  3. Angkat dan sisihkan.
  4. Sajikan nasi liwet beserta ayam suwir, sayur labu siam, telur areh dan bisa ditambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Saya yakin kalian pasti sudah tidak sabar untuk nyobain resep cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan diatas hehehe.

Oh iya kalian bisa banget lo mengikuti resep diatas menggunakan rice cooker besar jadi panci liwet nya diganti dengan rice cooker deh. Saya jamin pasti lebih praktis. Selamat mencoba ya sob, salam kuliner

 

 

Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk, Wajib Coba Nih!

Hai hai sobat semuanya! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk yang pasti enak dan mudah. Coklat memanglah digemari banyak orang dari anak-anak maupun orang dewasa. Coklat sendiri yang memiliki rasa manis agak gurih dan lezat menjadi salah satu makanan favorit banyak orang.

Coklat juga seringkali menjadi bahan pelengkap pada dessert lainnya, seperti contohnya pada kue, brownies, es krim, donat dan lain sebagainya. Oh iya nih sobat, kalau sobat juga ingin membuat donat atau mungkin memiliki bisnis donat sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat, karena mesin ini efektif dan efisien.

Kembali lagi ke laptop, eh, resep sob heheh…untuk mendapatkan coklat pun sekarang sudah mudah, sobat dapat membelinya di kedai-kedai terdekat. Sobat juga bisa membuatnya dirumah lho, penasaran kan, yuk simak resepnya!

Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk Sederhana

Bahan-bahan:

  • Mentega dengan takaran 170 gram, dilunakkan terlebih dahulu ya sob
  • Cacao powder atau bubuk kakao dengan takaran 220 gram
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Susu cair dengan takaran 100 ml, sesuai dengan kondisi suhu ruangan
  • Air putih biasa dengan takarang 235 ml
  • Gula halus dengan takaran 30 gram

Proses Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk Sederhana:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni menyiiapkan sebuah panci dan tuangkan air putih biasa ke dalam panci lalu panaskan. Atur nyala besar atau kecil nyala api agar tidak terlalu mendidih.
  2. Setelah itu, masukkan bubuk kakao dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam mangkuk. Jika kedua bahan sudah dimasukkan, aduk secara terus menerus sampai benar-benar tercampur rata dan menjadi pasta dengan tekstur yang lembut. Untuk menghilangkan gumpalan, sobat harus menggunakan garpu atau blender tangan (hand blender).
  3. Kemudian masukkan adonan yang sudah diaduk tadi ke dalam air, panaskan dan aduk kembali. Tunggu sampai suhu naik dan jangan biarkan sampai mendidih.
  4. Siapkan sebuah mangkuk, tuangkan adonan coklat yang sudah selesai di masak tadi ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan gula pasir dan gula halus ke dalam mangkuk. Gumpalan yang ada harus dihilangkan terlebih dahulu, jika sudah hilang masukkan gula yang sudah di campur ke dalam adonan coklat coklat yang masih panas dan aduk aduk sampai merata.
  5. Agar adonan memiliki tekstur yang lembut, sobat tambahkan susu ke dalam adonan.
  6. Setelah itu sobat tuangkan adonan ke dalam cetakan dengan bentuk sesuai selera sobat. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama satu malam.
  7. Jika adonan coklat batangan sudah set maka coklat batangan siap dihidangkan, selamat menikmati.

Tips Memilih Coklat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Pilih Coklat Hitam

Diambil dari beberapa riset kesehatan, coklat hitam memang memiliki manfaat untuk kesehatan lebih banyak daripada coklat putih. Pada coklat hitam terdapat kandungan flavanol yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Semakin gelap warna pada coklat, maka akan semakin baik coklat yang dipilih.

Pilih Coklat yang Memiliki Kandungan Kakao 60% atau Lebih

Sobat disarankan untuk memilih coklat hitam yang memiliki kandungan kalori 60% atau lebih. Meskipun kebanyakan orang beranggapan bahwa coklat  yang memiliki kandungan kakao 80% memiliki rasa yang pahit.

Manfaat yang kita dapatkan dari coklat, sebenarnya berasal dari biji kakao. Kandungan manfaatnya seperti anti-oksidan dan kandungan gizi lainnya yang terdapat pada biji kakao yang merupakan sumbernya coklat terbuat.

Lebih Baik Jangan Pilih Coklat yang Diproses dengan Alkali atau Dutch Chocolate

Dalam metode pengolahan biji kako mentah menjadi coklat sangat berpengaruh pada kandungan flavanol yang terdapat pada produk akhir coklat. Sedangkan coklat yang diolah dengan menggunakan flavanol sendiri memiliki kandungan flavanol yang rendah.

Pengolahan atau proses pembuatan coklat dengan menggunakan alkali ini juga disebut dengan “dutching”. Jadi sobat kalau bisa sebaiknya jangan memilih coklat yang metode pengolahannya menggunakan alkali ya.

Baca Nilai Informasi Gizi Pada Kemasan Coklat

Informasi nilai kandungan gizi pada coklat yang akan sobat beli sangatlah penting. Karena semakin baik nilai kandungan gizi pada coklat maka juga akan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita sob.

Selesai Sudah Resep dan Tips Seputar Coklat Sobat

Wih…..gimana nih sob, mudah dan sederhana kan? Jadi sobat jangan ragu-ragu membuat coklat batangan sendiri di rumah. Jika sobat ingin melihat detail tentang coklat dan pembuatan coklat batangan yang ain. sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat coklat batangan. Sampai disini dulu ya sob, terimakasih dan sampai jumpa🤗