Usaha Rumahan http://usaharumahan.id ide usaha rumahan terkini Sat, 16 Feb 2019 01:57:37 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.3 142175937 Cara Beternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Mudah Di Pahami http://usaharumahan.id/cara-beternak-ayam-potong/ Sat, 16 Feb 2019 01:54:16 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2443 Kali ini saya akan membahas cara Cara Beternak Ayam Potong Yang Mudah Di Pahami. Anda ingin membuka usaha ayam potong kebetulan saya akan membahas nya. Cara Beternak Ayam Potong  merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan. Tentu kita tidak asing dengan ayam potong. Pernahkah kalian berpikir bahwa ayam potong adalah salah satu peluang usaha yang cukup … Continue reading "Cara Beternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Mudah Di Pahami"

The post Cara Beternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Mudah Di Pahami appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Kali ini saya akan membahas cara Cara Beternak Ayam Potong Yang Mudah Di Pahami. Anda ingin membuka usaha ayam potong kebetulan saya akan membahas nya.

Cara Beternak Ayam Potong  merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan. Tentu kita tidak asing dengan ayam potong.

Pernahkah kalian berpikir bahwa ayam potong adalah salah satu peluang usaha yang cukup baik untuk di jalankan ? atau kalian sedang mencari informasi cara menjalankan bisnis ayam potong ? dimulai dari bagaimana cara merawatnya sampai panen.

Cukup berbeda dengan ayam potong yang bisa di jual atau memiliki daging kurang lebih 2 kg hanya dengan umur 30 hari. Cara Beternak Ayam Potong

Sudah banyak yang menjalankan ayam potong sebagai mata pencaharian utama sebagian kalangan pengusaha di Indonesia. Jatuh bangun dalam usaha ternak ayam pedaging bukan lagi pemandangan yang asing.

Adapun orang yang berhasil menjalankan usaha ini. Namun banyak pula yang gulung tikar. maka dari itu kalian perlu mengtahui tentang Cara Beternak Ayam Potong

Beternak ayam potong/ayam pedaging tidak sama seperti ayam kampung. Daya tahan tubuh ayam potong juga sangatlah rendah di bandingkan ayam lainnya. Ayam potong sangatlah  mudah terserang penyakit.

Dan ada banyak hal atau procedure yang sangat  perlu diperhatikan agar bisa sukses menjalankan usaha peternakan ayam pedaging. Cara Beternak Ayam Potong

Menentukan Lokasi Kandang

Menentukan Lokasi Kandang

  1. kandang yang baik adalah kandang yang harus lah jauh dari pemukiman penduduk, yang memiliki sumber air, memiliki akses jalan masuk minimal kendaraan roda 2, dan juga letaknya memanjang timur dan barat.
  2. Sirkulasi udara dalam kandang harus mencukup.
  3. Memperhatikan suhu udara di dalam kandang. Suhu di dalam kandang di sesuaikan dengan umur ayam, berikut skema suhu sesuai umur  1 – 7 hari suhunya 34-32 derajat Celsius, 8-14 hari suhunya 29-27, 15- 21 suhunya 26-25, umur 21-28 suhunya 24-23, umur 29-35 suhunya 23-21 derajat Celsius.

Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit

Sebagai peternak ayam potong, biasanya bibit diperoleh dari pihak supplier yang dibeli per Box dengan isi 100 ekor di tambah fee 2- 5 ekor per box. Adapun Cara Beternak Ayam Potong yaitu cara melihat dan mengetahui cirri-ciri bibit unggul bagi ayam broiler bentuk tubuh bulat, lincah dalam bergerak, memiliki mata jernih, hidung bersih, anus bersih, bulu-bulunyapun tidak cacat.Cara Beternak Ayam Potong

Tipe Kandang

Tipe Kandang

Biasanya kandang ayam potong yang sangat sering di temukan di dalam masyarakat adalah tipe panggung dan melantai atau litter. Masing-masing tipe kandang ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Misalnya saja tipe panggung, ayam akan lebih bersih dari kotoran karena kotoran langsung jatuh ketanah. Namun pembuatannya mungkin akan lebih susah dan membutuhkan biaya yang cukup banyak dibandingkan dengan tipe kandang yang melantai.

Tipe kandang litter/ lantai perawatannya akan lebih rumit sebab setiap masa satu kali panen, sekam yang merupakan alas perlu diganti atau di keringkan lagi untuk mendapatkan sekam yang baru. Dan dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang mengendap. Cara Beternak Ayam Potong

Belum ada bukti yang falid bahwa tipe kandang akan mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, maupun kesehatan ayam. Baik tipe kandang melantai ataupun kandang panggung sama-sama baiknya untuk ayam asalkan kebersihan dan struktur kandang yang bagus.

Pakan

Pakan yang sangat berkualitas haruslah memiliki zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk peternakan ayam potong, pemberian pakan tidak boleh terlalu dibatasi.  beda dengan ayam kampung, kita bisa memberi makan pada pagi dan sore hari. jika ayam potong makanan dan tempat air harus selalu terisi. Cara Beternak Ayam Potong

Namun untuk pemula, tidaklah perlu di repotkan dengan pemberian pakan, ataupun sibuk menemukan formula pakan, karena pakan ayam potong mudah di dapatkan di toko-toko penjual alat dan obat-obatan ternak.

Pakan merupakan bagian terpenting dalam pemeliharaan. Hampir 70% keberhasilan kita dalam memanen ayam dengan bobot yang ideal ada pada pemberian pakan yang berkualitas sangat bagus.

Untuk beternak ayam potong sendiri pemberian pakan di bagi menjadi 2 kategori berdasarkan atas pertumbuhan ayam. Cara Beternak Ayam Potong

1. Tahap pertama / starter

Hal ini merupakan pemberian pakan dari umur 1 – 20 hari atau 1 hari sampai umur 3 minggu Hendaknya kualitas atau kandungan zat gizi pakan meliputi protein 22-24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7-0,9%, ME: 2800-3500 kkal/kg makanan.

2. Tahap finisher

Pada bagian ini umur 21 – Panen. Kualitas pakan harus meliputi protein 18,1-21,2%; lemak 2,5%, serat kasar 4,5%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7-0,9%, dan energi (ME): 2900-3400 kkal/kg.Adapun kuantitas konsumsi pakan perminggu

  1. Minggu ke-1 (1-7 hari) 17 gram/ekor/hari
  2. Minggu ke-2 (8-14 hari) 43 gram/ekor/hari
  3. Minggu ke-3 (15-21 hari) 66 gram/ekor/hari
  4. Minggu ke-4 (22-28 hari) 91 gram/ekor/hari
  5. Minggu ke-5 (29-35 hari) 111 gram/ekor/hari
  6. Minggu ke-6 (36-42 hari) 129 gram/ekor/hari
  7. Minggu ke-7 (43-49 hari) 146 gram/ekor/hari
  8. Minggu ke-8 (50-56 hari) 161 gram/ekor/hari

Keseluruhan jumlah pakan per ekor pada umur 1-56 hari adalah sekitar 5349 gram pakan / ekor/hari.

Pelaksanaanuntuk  pemberian vaksin ayam potong umumnya di lakukan sekitar 2 kali dalam satu kali periode pemeliharaan. sekitar umur 4 atau 5 hari pertama dan yang kedua umur 21 hari. Pemberian vaksin paling pertama yang harus di lakukan dengan tetes mata. Sedangkan pada tahap kedua yang harus di lakukan dengan suntik di bagian dada.

Tujuan dari pemberian vaksin sendiri untuk melemahkan pertumbuhan atau membunuh bibit penyakit yang ada di ayam potong. Vaksinasi meliputi ND / tetelo, ND Strain B1 dan ND lasotta.

Pemeliharaan Ayam Potong / Broiler

DOC di masukkan dalam kandang yang sudah di hangatkan dengan lampu, kemudian di beri air hangat, 1-2 cc/liter di tambahkan ke air minum, dapat diberi obat, vitamin berupa VITERNA Plus untuk mengembalikan kondisi tubuh saat berada di dalam box dan kekurangan dari tenaga saat dalam perjalanan. Sedangkan pakan diberikan dalam bentuk butiran-butiran yang sebagian di taburkan ke seluruh permukaan lantai yang telah di alasi dengan karton atau kertas Koran.

Kertas Koran juga dapat diganti ketiak permukaan lembab atau basah, bisa 1 kali dalam 3 hari tergantung permukaan basah atau tidak. ini adalah salah satu Cara Beternak Ayam Potong

Peletakan tempat pakanharusnya meliputi atau dapatlah di jangkau dengan mudah oleh seluruh ayam potong. Umur 4 hari harus di berikan tetes mata.

Untuk ayam potong haruslah diperhatikan, jika ayam sering bergerombol kemungkinan suhu kandang terlalu dingin, berilah lampu pijar untuk menghangatkan, Jika ayam seketika menjauh dari lampu itu berarti suhu udara terlalu panas, hal inipun dapat di tekan dengan menaikkan sedikit lampu dari posisinya.

Kebersihan kandang perlu di jaga, untuk kandang panggung, kotoran yang menyengat dapat di hilangkan dengan kapur. Untuk kandang lantai kotoran dapat di hilangkan dengan menaburkan sekam/ampas gergaji.

Dan ada juga artikel yang lainya tentang Pemanfaatan Limbah Botol Plastik dan kalian boleh coba dirumah agar lingkungan kita bebas dari Limbah Botol Plastik

Penyakit

Inilah yang paling ditakutkan bagi seluruh petani mengenai cara ternak ayam potong.

  • Tetelo

Gejalanya yaitu megap-megap, nafsu makan akan menurun, diare dan sangat sering berkumpul pada tempat yang hangat. pada selang beberapa hari akan muncul gejala syaraf, kaki lumpuh, leher terkilir dan ayam berputar-putar dan kemudian mati.

Untuk Pencegahan : Jika ayam terserang sebaiknya dipisah dari yang lainnya , karena akan bisa menular melalui kotoran dan ayam yang berdekatan, sampai saat ini belum ada obat manjur untuk penyakit tetelo,  untuk mengurangi kematian, ayam yang masih sehat divaksin ulang dan dijaga agar lantai kandang tetap bersih dan kering.

  • Gumboro .

Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus golongan Reovirus akan menyerang sistem kekebalan dan daya tahan tubuh. Gejala ini sering diawali dengan menurunnya nafsu makan, akan terdapat luka di dubur, diare dan tubuh menggigil. penyakit ini akan mudah menular secara langsung melalui kotoran dan tidak langsung melalui pakan, air minum dan peralatan yang tercemar.

Untuk pencegahan :Menggunakan  vaksin Gumboro.

  • Penyakit Ngorok.

Penyakit infeksi saluran pernapasan ini sering disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum petama kali gejala yang akan muncul yaitu sering bersin dan ayam menguukarkan beringus dan ngorok saat bernapas. Jika pada ayam muda akan menyebabkan tubuh menjadi lemah, sayap akan terkulai, sering mengantuk dan diare dengan kotoran yang berwarna hijau, kuning keputih-keputihan. penyakit ini muda menular melalui pernapasan dan lendir ataupun melalui perantara seperti alat-alat. Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan obat-obatan yang sesuai.

Untuk Antisipasi : Pisahkan ayam yang terkena ngorok dan berikanlah minum yang sudah di berikan dosis obat

  • Berak Kapur.

Tanda dari penyakit berak kapur ayam diare dan setelah kering menjadi serbuk menyerupai kapur.  Disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum.

Membersihkan Kandang Setiap Hari

Membersihkan kandang ayam sangatlah penting dalam perawatannya karena dapat mencegah hama seperti kutu dan penyakit. Alas kandang perlu diganti dengan teratur dan anda perlu membersihkan kandang paling tidak satu kali dalam seminggu. Kondisi kandang yang bersih dapat menghindarkan ayam dari stress . Perlu diperhatikan juga bahwa jika anda memiliki banyak ayam maka anda perlu membersihkan kandang tersebut lebih sering lagi.

Memeriksa Keadaan Ayam Setiap Hari

Lakukan pemeriksaan secara rutin saat anda melakukan aktivitas seperti memberi makan, mengisi minum, mengumpulkan telur, dan lain – lain. Pada saat melakukan aktivitas ini lakukan juga observasi terhadap perubahan tampilan atau perilaku dari ayam anda untuk memastikan bahwa ayam-ayam anda dalam keadaan sehat dan baik – baik saja. Beberapa perubahan buruk yang dapat terjadi yaitu seperti ayam terengah-engah, mata yang berkabut, ayam tidak waspada, terdapat kebotakan, produksi telur yang menurun, hilangnya nafsu makan dan minum. Tanda-tanda ini dapat menunjukkan bahwa kesehatan ayam anda cukup bermasalah. dan anda harus melakukan Cara Beternak Ayam Petelur yang baik dan benar

Vaksinasi

Vaksinasi biasanya dijadikan sarana untuk memberikan ayam tambahan nutrisi dan vitamin yang biasanya berguna untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Ada cara lain untuk memberikan vitamin serta nutrisi tambahan untuk ayam, yaitu mencampurnya secara langsung pada makanan ayam tersebuut.

Selain pemberian vaksin yang harus dilakukan secara rutin setiap harinya, pemeriksaan kesehatan pada ayam juga harus dilakukan secara rutin. Cara budidaya ayam petelur ini biasanya dapat dilakukan untuk deteksi dini jika ada ayam yang terserang penyakit. Jika benar terdapat ayam yang sakit, yang harus anda lakukan dengan segera adalah memisahkan ayam tersebut dari ayam-ayam yang sehat agar penyakitnya tidak menular.

Setelah pemisahan dilakukan, lakukan perawatan yang itensif dalam Cara Beternak Ayam Petelur dengan pemberian vitamin dan nutrisi yang cukup sampai ayam kembali sehat seperti sedia kala.

Gunakan Tenaga Kerja Andal

Tenaga kerja (anak kandang) merupakan tulang punggung dari pemeliharaan ayam broiler. Pelaksanaan manajemen pemeliharaan ayam broiler yang baik tidak mungkin terlaksana jika anak kandang bekerja setengah hati. Anak kandang harus memiliki sifat “mengasuh” dan kasih sayang terhadap ayam secara intensif.

Suntik Penggemuk untuk Ayam Broiler

Ayam broiler, sering dikenal juga dengan sebutan ayam negeri, ayam potong,ataupun ayam ras,ayam ini  sudah ada sejak tahun 1920an, namun mulai populer di Indonesia sejak tahun 1950an. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, berbagai cara dilakukan agar ayam-ayam yang diternakkan mempunyai tubuh besar dengan masa panen yang relatif singkat. Hal ini dilakukan  dengan cara salah satunya dengan cara menyuntikkan growth promoter (pemacu pertumbuhan) ke tubuh ayam. Cairan yang disuntikkan ini mengandung bahan kimia dan obat-obatan tertentu yang bisa membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Biasanya cairan ini telah disuntikkan pada bagian leher atau sayap ayam. Pertumbuhan ayam broiler selalu saja mengalami perubahan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Hingga saat ini, ukuran ayam broiler telah mengalami perubahan bentuk berkali-kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan puluhan tahun silam pada awal-awal produksi ayam broiler.Cara Beternak Ayam Potong

 

Pertumbuhan ayam broiler lebih cepat jika di bandingkan dengan ayam kampung karena kandungan growth promoter yang saat ini dipakai mengandung hormon esterogen. Hormon ini digunakan untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, ayam broiler juga selalu disuplai makanan yang berupa konsentrat, aktivitasnya yang hanya makan dan tidur membuat ayam-ayam ini menimbun lemak. Hal ini membuat ayam broiler jadi lebih besar dan gemuk dibanding dengan ayam kampung.

Pada umumnya, ayam broiler baru dapat dipotong setelahumurnya mencapai lima sampai tujuh bulan, namun kenyataannya, perkembangan yang ada saat ini ayam broiler membutuhkan waktu yang lebih singkat, yaitu hanya 45 hari saja untuk dapat dipotong dan dikonsumsi. Hal ini tentu saja disebabkan oleh pemberian growth promoter yang pasti lebih banyak lagi kepada ayam-ayam yang diternakkan.

Bahaya Ayam Broiler

Hormon esterogen yang telah disuntikkan pada ayam broiler telah mendarah daging dan melekat pada ayam. Apabila seseorang terlalu sering mengonsumsi ayam broiler, akan mengakibatkan berlebihnya kadar hormon esterogen, sehingga hormon lain di dalam tubuh dapat terganggu bahkan berubah. Resistensi bakteri pun juga akan terjadi pada tubuh manusia yang telah terpapar residu antibiotik. Ini artinya bakteri tertentu akan kebal terhadap antibiotik sejenis, apabila seseorang mengobatinya maka bakteri tersebut tidak akan mati. Namun tidak hanya itu, berikut ini bahaya lainnya dari terlalu sering mengonsumsi ayam broiler.

  • Meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan asam urat, serta mempengaruhi hormon kortisol yang dapat mengakibatkan stres pada seseorang.
  • Memicu karsinogen (zat pemicu kanker) di dalam tubuh. Jika dibiarkan dapat menyebabkan resiko penyakit kanker apa saja. Jika sarang karsinogen berada pada bagian payudara, maka bisa menyebabkan tumbuhnya penyakit kanker payudara. Jika menyerang pada bagian nasofaring, maka akan menyebabkan kanker nasofaring.
  • Cukup banyak sekali bakteri yang terkandung di dalam ayam broiler, salah satunya adalah Staphylococcus aureus. Jika bakteri jenis ini masuk ke dalam tubuh manusia, bisa menyebabkan masalah gangguan pernapasan.
  • Resiko pubertas dini pada perempuan serta dapat mengganggu perubahan perkembangan organ dan sistem reproduksi, salah satunya dapat mengalami gangguan menstruasi. Selain itu dapat menambah sekresi hormon yang semakin lama akan terakumulasi menjadi toksin dan berakhir menjadi karsinogen. Sehingga wanita menjadi sangat rentan terkena kanker yang berhubungan dengan kelenjar hormonal seperti kanker rahim, kanker serviks, dan kanker payudara.
  • Bakteri dan virus lain yang terdapat dalam ayam broiler dapat membuat seseorang menjadi lebih rentan dan sensitif terhadap penyakit kulit. Gejala yang muncul antara lain memerah pada bagian kulit, ruam-ruam, dan bintil-bintil yang biasanya disertai rasa gatal dan panas.
  • Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa hampir 67% dari ayam broiler banyak mengandung bakteri E.Coli yang bisa membuat Anda keracunan, apalagi jika tempat untuk menyembelih ayam sangat tidak higienis. Sehingga daging ayam mentah ini bisa saja tercemar oleh ratusan kuman dan bakteri.

The post Cara Beternak Ayam Potong Untuk Pemula Yang Mudah Di Pahami appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2443
Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan http://usaharumahan.id/cara-beternak-ayam-petelur/ Sat, 16 Feb 2019 01:46:27 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2377 Kali ini saya akan membahas cara Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan. Anda ingin membuka usaha ayam petelur kebetulan saya akan membahas nya. Ayam petelur adalah termasuk komoditas peternakan yang sangat banyak diminati oleh masyarakat. Selain harga telurnya yang lumayan mahal, cara membudidaya ayam petelur termasuk cara yang termasuk cukup mudah dan sangat … Continue reading "Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan"

The post Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Kali ini saya akan membahas cara Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan. Anda ingin membuka usaha ayam petelur kebetulan saya akan membahas nya.

Ayam petelur adalah termasuk komoditas peternakan yang sangat banyak diminati oleh masyarakat. Selain harga telurnya yang lumayan mahal, cara membudidaya ayam petelur termasuk cara yang termasuk cukup mudah dan sangat sederhana untuk dilakukan.

Pada umumnya, ayam petelur yaitu ayam yang tujuan pemeliharaannya adalah untuk menghasilkan telur. Jika dihitung untuk rata rata seekor ayam petelur bisa menghasilkan 200 butir telur dalam pertahunnya.

Berbeda dengan ayam pedaging yang tujuan pemeliharaan utamanya yaitu hanya untuk diambil dagingnya.Dan jika anda ingin mencoba untuk membudidaya ayam petelur ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Berikut ini adalah beberapa Cara Beternak Ayam Petelur dalam membudidaya ayam petelur yang harus anda perhatikan:

1. Harus Memastikan Peraturan Di Daerah Lingkungan Kita Mengijinkan Memelihara Ayam Petelur

Harus Memastikan Peraturan Di Daerah Lingkungan Kita Mengijinkan Memelihara Ayam Petelur

Jika anda tinggal di daerah perkotaan Cara Beternak Ayam Petelur, pastikanlah bahwa di daerah sekitar anda tidak ada larangan untuk memelihara ayam. Ayam sangat mudah  mengeluarkan suara yang berisik sehingga dapat mengganggu tetangga dan juga dapat mengeluarkan bau yang cukup kurang sedap bagi sekitar anda, Dan oleh karena itu pastikan bahwa anda memiliki ijin dari lingkungan anda sebelum memulai untuk memelihara ayam petelur .

2. Pastikan Lahan Untuk Memelihara Ayam Petelur Cocok

Pastikan Lahan Untuk Memelihara Ayam Petelur Cocok

Sebelum anda memelihara ayam petelur, pastikan bahwa anda bisa menyiapkan lahan yang cukup untuk menaruh kandang ayam. Selain kandang, kita juga perlu menyiapkan area outdoor untuk ayam agar mereka tidak mudah menjadi bosan. Satu ekor ayam kira kira membutuhkan sekitar area outdoor seluas 1 meter persegi.Dan karena itu pastikanlah bahwa area tempat kita memelihara ayam petelur memang sangat layak untuk digunakan.

3. Memutuskan Jenis Ayam yang Ingin Dipelihara

Memutuskan Jenis Ayam yang Ingin Dipelihara

Setiap ayam juga memiliki tujuan atau manfaat yang berbeda beda. Untuk ayam petelur, kita juga bisa memilih ayam dari jenis Plymout rock, rhode island reds, atau leghorn chickens. Ayam ayam jenis ini cukup cenderung dapat menghasilkan telur dalam periode waktu yang cukup lama. Jika anda masih cukup baru dalam memelihara ayam, kami merekomendasikan anda untuk membeli ayam dewasa daripada anak ayam atau telur ayam yang terfertilisasi karena ayam dewasa tidak cukup membutuhkan perlakuan yang sangat susah.

4. Mendirikan Rumah yang Layak Bagi Ayam

Setiap ayam juga membutuhkan kandang yang dapat menjaga mereka dari cuaca ekstrim dan predator. Hal ini harus di perhatikan dalam Cara Beternak Ayam Petelur Pastikan kandang yang anda bangun memiliki ventilasi yang sangat baik, aman dari predator, dan memiliki luas yang cukup bagi sejumlah ayam yang anda ingin pelihara. Dan letakkan rumput rumput kering dan tanah di dasar kandang karena ayam kadang suka memakan rumput ataupun mandi di tanah. Selain itu letakkanlah jaring di sekeliling kandang agar ayam aman dari predator. Untuk ayam petelur, jangan lupa untuk meletakkan kotak berisi jerami di dalam kandang yang akan digunakan ayam untuk bertelur. Pastikan kotak tersebut cukup besar untuk ayam dapat masuk dan dengan nyaman bertelur di dalamnya.

5. Pastikan Ayam Aman dari Serangan Predator

Beberapa predator ayam seperti kucing, anjing, dan rakun yang dapat dengan mudah menyerang ayam dengan cara menggali tanah di bawah kandang. Oleh karena itu pastikan bahwa kandang ayam harus tertutup dan terbuat dari bahan yang cukup kuat. Tancapkan beberapa kawat disekitar kandang untuk mencegah predator penggali tanah dan masuk ke dalam kandang. Anda juga perlu menutup setiap celah yang ada dengan menggunakan kayu ataupun ubin.Jika perlu anda bisa membuat kandang yang diberi aliran listrik untuk mencegah predator masuk ke dalam kandang.

6. Membeli Perlengkapan Untuk Memelihara Ayam

Saat memelihara ayam, Dan anda akan sangat membutuhkan beberapa perlengkapan yang sangat diperlukan seperti peralatan makan dan minum, alat pembersih, beberapa peralatan untuk kandang, dan jenis makanan yang tepat.Maka dari itu kita perlu dengan jeli mendaftar apa saja peralatan yang sangat dibutuhkan agar ayam dapat terpelihara dan terawat dengan baik sehingga dapat menghasilkan telur dengan intensitas yang cukup rutin.

7. Memilih Jenis Makanan Ayam yang Tepat

Makanan ayam terdiri dari beberapa jenis yang memiliki kegunaan masing – masing. Untuk ayam petelur, makanan yang cocok adalah menggunakan pellet karena memiliki kalsium yang cukup tinggi. Jika makanan ini diberikan maka ayam akan menghasilkan telur dengan kualitas yang tinggi.

8. Memberikan Suplemen Tambahan

Selain makanan pokok, kita juga dapat memberikan jagung giling yang berstektur kasar yang dapat membantu ayam mencerna makanannya. Selain itu jagung giling juga merupakan sumber kalsium yang cocok untuk ayam petelur. Cangkang telur tersusun dari kalsium, oleh karena itu jika ingin mendapatkan telur ayam berkualitas baik kita perlu memberi tambahan kalsium bagi ayam. Ini adalah salah satu cara beternak ayam petelur

9. Menyediakan Air Untuk Ayam Sepanjang Waktu

Anda perlu untuk menyediakan sekitar 1 galon air untuk 3 sampai 4 ayam. Semakin banyak ayam yang anda miliki maka semakin banyak juga air yang anda butuhkan untuk kebutuhan mereka. Selalu pastikan juga bahwa air yang anda sediakan selalu segar dan juga bersih. Dan pastikan untuk selalu mengisi tempat air dan membersihkan nya setiap air agar tidak ada bakteri yang bertmbuh

10. Memastikan Makanan Segar dan Bersih

Selalu pastikan bahwa makanan ayam anda selalu segar dan juga selalu bersih. Hal ini harus di perhatikan dalam Cara Beternak Ayam Petelur Saat malam, anda dapat menutup wadah makanan ayam dengan tutup apaa saja untuk mencegah adanya kontaminasi dari hewan kecil seperti kutu. Selain itu hal ini dapat mencegah adanya sisa makanan ayam yang menjadi berlumut.

11. Membiarkan Ayam untuk Keluar Masuk Kandang

Pada saat pagi hari, kita dapat membiarkan ayam untuk bermain di luar dan ketika hari sudah mulai gelap pastikan mereka kembali ke kandang dan jangan lupa kunci kandang ayam tersebut. Saat ayam masih berada di luar kandang, jangan kunci kandang. Biarkan saja ayam keluar masuk kandang untuk makan, minum, atau pun bertelur. Hal ini dapat membuat ayam tidak stress dan bisa sering bertelur.

12. Kondisi yang Mempengaruhi Ayam dalam Bertelur

Ayam mampu berganti bulu selama musim panas. Pada saat ini maka frekuensi bertelur ayam akan cukup menurun. Tetapi kita tidak perlu khawatir, setelah ayam mengalami fase ini sekitar 2 bulan setelahnya ayam akan bertelur kembali seperti semula. Selain peristiwa ganti bulu, hal ini dapat terjadi saat mengalami stress, kepanasan, atau suplai air minum yang  agak kotor. Ayam juga dapat berhenti bertelur jika cuaca menjadi dingin dan suplai nutrisinya ikut menurun menurun. Untuk itu kita perlu memperhatikan keadaan  ayam agar ayam dapat terus menghasilkan telur dengan kualitas baik. ini adalah salah satu

13. Mengumpulkan Telur Ayam Setiap Hari

Setiap ayam akan bertelur sebanyak 1 telur setiap harinya jika ayam tersebut tidak mengalami stress.hal ini termasuk dalam Cara Beternak Ayam Petelur. Anda pun dapat mengumpulkan telur-telur ini pada saat pagi atau siang hari untuk memastikan bahwa anda mendapatkan telur yang segar. Saat cuaca yang panas anda dapat mengumpulkan ayam sebanyak 2 kali dalam sehari. Anda dapat mengumpulkan ayam ke dalam keranjang atau kotak container.

14. Membersihkan Kandang Setiap Hari

Membersihkan kandang ayam sangatlah penting dalam perawatannya karena dapat mencegah hama seperti kutu dan penyakit. Alas kandang perlu diganti dengan teratur dan anda perlu membersihkan kandang paling tidak satu kali dalam seminggu. Kondisi kandang yang bersih dapat menghindarkan ayam dari stress sehingga ayam akan lebih sering lagi untuk bertelur. Perlu diperhatikan juga bahwa jika anda memiliki banyak ayam maka anda perlu membersihkan kandang tersebut lebih sering lagi.

15. Memeriksa Keadaan Ayam Setiap Hari

Lakukan pemeriksaan secara rutin saat anda melakukan aktivitas seperti memberi makan, mengisi minum, mengumpulkan telur, dan lain – lain. Pada saat melakukan aktivitas ini lakukan juga observasi terhadap perubahan tampilan atau perilaku dari ayam anda untuk memastikan bahwa ayam-ayam anda dalam keadaan sehat dan baik – baik saja. Beberapa perubahan buruk yang dapat terjadi yaitu seperti ayam terengah-engah, mata yang berkabut, ayam tidak waspada, terdapat kebotakan, produksi telur yang menurun, hilangnya nafsu makan dan minum. Tanda-tanda ini dapat menunjukkan bahwa kesehatan ayam anda cukup bermasalah. dan anda harus melakukan Cara Beternak Ayam Petelur yang baik dan benar

16.  Vaksinasi

Vaksinasi biasanya dijadikan sarana untuk memberikan ayam tambahan nutrisi dan vitamin yang biasanya berguna untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Ada cara lain untuk memberikan vitamin serta nutrisi tambahan untuk ayam, yaitu mencampurnya secara langsung pada makanan ayam tersebuut.

Selain pemberian vaksin yang harus dilakukan secara rutin setiap harinya, pemeriksaan kesehatan pada ayam juga harus dilakukan secara rutin. Cara budidaya ayam petelur ini biasanya dapat dilakukan untuk deteksi dini jika ada ayam yang terserang penyakit. Jika benar terdapat ayam yang sakit, yang harus anda lakukan dengan segera adalah memisahkan ayam tersebut dari ayam-ayam yang sehat agar penyakitnya tidak menular.

Setelah pemisahan dilakukan, lakukan perawatan yang itensif dalam Cara Beternak Ayam Petelur dengan pemberian vitamin dan nutrisi yang cukup sampai ayam kembali sehat seperti sedia kala.

Manfaat Usaha Peternakan Ayam Petelur

Memelihara ayam petelur tujuan utamanya yaitu memanfaatkan telur dan dagingnya. Namun, ternyata selain telurnya Andapun dapat mengambil manfaat lain dari usaha peternakan ayam petelur ini.

Anda bisa memanfaatkan kotoran ayam petelur ini untuk dijadikan sebagai pupuk kandang ataupun bisa dimanfaatkan untuk makanan berbagai macam ikan, contohnya saja ikan lele.

Bulu-bulunya juag bisa Anda jual, sebab bulu-bulunya merupakan bahan dasar pembuat dari berbagai macam alat kebersihan dan kelut.

Selain itu, kotoran dari ayam petelor ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembauatan biogas.

Maka dari itu jika dilihat dari banyaknya manfaat saat melakukan usaha peternakan ayam petelor ini maka sangat pas kiranya jika Anda memilih usaha yang satu ini.

Manfaat Ayam Petelur Untuk Manusia

Mengkonsumsi daging ayam memanglah menjadi salah satu kebutuhan untuk memenuhi gizi yang ada di dalam tubuh. Ada berbagai macam jenis daging yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi yaitu daging ayam petelur atau bisa disebut juga ayam pedaging. Harganya yang cukup terjangkau dibandingkan jenis daging yang lainnya, membuat ayam petelur banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Selain terjangkau, mendapatkan daging ayam petelur cukuplah mudah, dan dapat dijadikan berbagai jenis olahan masakan dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk memasknya.

Dan ada juga artikel yang lainya tentang Cara Mengatasi Sampah Plastik dan kalian boleh coba dirumah agar lingkungan kita bebas dari sampah plastik.

Manfaat ayam petelur

Ayam petelur ini, meskipun tergolong memiliki harga yang cukup murah dan sangat terjangkau, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, diantaranya:

1. Memperbaiki Sel-sel Tubuh Yang Rusak

Sel yang terdapat dalam tubuh selalu melakukan regenerasi agar sel yang rusak dapat segera diperbarui lagi dengan sel yang baru. Sehingga aktivitas dan kerja sel dapat berjalan dengan baik lagi. Untuk memperbarui sel yang rusak, diperlukan zat asam amino esensial supaya proses penggantian sel berjalan dengan baik. Asam amino esensial ini dapat ditemukan pada daging jenis ayam petelur.  Dengan sering mengkonsumsi ayam petelur, maka asupan asam amino esensial dalam tubuh dapat terpenuhi dan tubuh akan mudah meregenerasi sel yang rusak.

2. Mudah Dicerna

Jika dibandingkan dengan jenis daging ayam dan jenis daging yang lain, ayam petelur memiliki daging yang seratnya lebih pendek dibanding dengan jenis daging lainnya. Pendeknya serat daging yang dimiliki oleh ayam petelur, membuat daging ayam petelur lebih mudah lagi dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga, sistem pencernaan tidak perlu usaha yang berat untuk mencerna zat gizi yang terdapat dalam daging ayam petelur.

3. Kandungan Protein Setara Dengan Daging Merah

Daging ayam petelur memiliki kandungan protein yang cukup lumayan tinggi tidak kalah lagi dengan daging merah seperti daging kambing dan daging sapi. Protein yang terdapat dalam ayam petelur mampu memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.

4. Rendah Kolesterol

Daging ayam petelur merupakan salah satu jenis daging yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Hampir semua bagian dari ayam petelur, mulai dari daging, kulit, jeroan dan bagian tubuh lainnya dapat dikonsumsi manusia. Semua bagian ayam petelur yang dapat dikonsumsi tidak memiliki kandungan kolesterol yang terlalu tinggi, sehingga tergolong aman untuk sering dikonsumsi. Daging ayam petelur tergolong jenis daging ayam putih yang memiliki lemak jenuh yang rendah dibandingkan dengan jenis daging merah lainnya.

5. Mengandung Zat Besi Haeme

Daging ayam pada umumnya memiliki kandungan zat besi di dalamnya sama seperti dengan makanan dari nabati. Namun, zat besi yang ada di dalam ayam petelur ini yaitu seperti zat besi haeme, atau jenis zat besi yang lebih mudah dicernna oleh tubuh kita. Zat besi haeme lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan jenis zat besi biasa yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari bahan nabati. Zat besi haeme yang terdapat di dalam ayam petelur ini juga baik untuk mencegah terjadinya penyakit anemia.

6. Rendah Lemak

Mengkonsumsi daging ayam petelur ini tidak sama seperti mengkonsumsi daging lainnya yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Ayam petelur memiliki kandungan lemak yang cukup rendah, sehingga tetap aman meskipun sering dikonsumsi oleh manusia.

Memenuhi kebutuhan gizi sangatlah penting untuk tubuh agar kesehatan tetap terjaga selalu.  Mengkonsumsi daging putih seperti daging ayam petelur dapat juga dijadikan salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh manusia. Selain gizinya yang cukup beragam, harga ayam petelur yang beragam membuat daging ayam petelur dapat sering dikonsumsi tanpa harus  merogoh kocek yang terlalu banyak.

Sekian artikel yang dapat saya tulis tentang Cara Beternak Ayam Petelur. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin tau bagaimana Cara Beternak Ayam Petelur

The post Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2377
Cara Membuat Pisang Goreng Yang Enak Dan Mudah Dibuat http://usaharumahan.id/cara-membuat-pisang-goreng/ Sat, 16 Feb 2019 01:42:35 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2277 Kali ini saya akan membahas cara membuat pisang goreng yang enak dan mudah di buat.Pisang goreng cocok menjadi pilihan untuk di nikmati saat santai Pisang goreng merupakan makanan ringan yang cukup banyak ditemui di indonesia, singapura dan malaysia . Makanan ini dibuat dari buah pisang , setelah di kupas kulitnya lalu dipotong-potong sesuai keinginan dan kemudian … Continue reading "Cara Membuat Pisang Goreng Yang Enak Dan Mudah Dibuat"

The post Cara Membuat Pisang Goreng Yang Enak Dan Mudah Dibuat appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Kali ini saya akan membahas cara membuat pisang goreng yang enak dan mudah di buat.Pisang goreng cocok menjadi pilihan untuk di nikmati saat santai

Pisang goreng merupakan makanan ringan yang cukup banyak ditemui di indonesia, singapura dan malaysia .

Makanan ini dibuat dari buah pisang , setelah di kupas kulitnya lalu dipotong-potong sesuai keinginan dan kemudian di lumuri bersama adonan kental yang terbuat dari campuran tepung, sedikit garam dan gula selanjutnya digoreng dalam minyak goreng.

Pisang goreng sangat sering ditemui dijual di warung atau warung kopi sebagai makanan pendamping teh ataupun kopi.

Saat ini pisang goreng merupakan makanan yang cukup terkenal di Indonesia.

Cara Membuat Pisang Goreng Yang Enak Dan Mudah Dibuat Menggunakan Toping

cara membuat pisang goreng toping

1. Cara Membuat Pisang Goreng Nugget keju

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang Goreng nugget keju

  • Pisang kepok 3 biji potong sesuai selera
  • 1/4 kilo terigu lalu cairkan
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml air
  • Tepung roti
  • Minyak goreng

Topping Cara Membuat Pisang Goreng nugget keju

  • Keju

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang Goreng nugget keju

  • Masukkan garam kedalam terigu cair lalu aduk-aduk hingga merata.
  • Kemudian masukkan pisang yang sudah dipotong 1 per satu.
  • Lalu selimuti pisang dengan terigu cair. Kemudian balut dengan tepung roti.
  • jangan lupa di kepal-kepal agar tepung rotinya nempel ke pisang.
  • Lalu panaskan minyak dan goreng pisangnya.
  • Setelah agak kuning, angkat lalu tiriskan. Simpan di piring kemudian parutkan keju di atas pisang nugget tadi

Dan ada juga artikel yang lainya tentang Resep Cemilan Goreng Yang Enak, Praktis Dan Bisa Dicoba Dirumah dan boleh kalian coba drumah siapa tahu bisa menjadi usaha kalian dirumah.

2. Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Tiramissu Oreo

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Tiramissu Oreo

  • 1 sisir Pisang (saya pakai pisang sanggar)
  • secukupnya Tepung terigu
  • Gula secukupnya (sesuai selera)
  • Vanili
  • Tepung roti (tepung panir)

Bahan topping Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Tiramissu Oreo

  • Tiramissu
  • Oreo yang sudah dihancurkan

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Tiramissu Oreo

  • Potong pisang menjadi 4 bagian. (1 buah pisang bisa menjadi jadi  4 bagian)
  • Siapkan wadah,masukan tepung terigu,gula dan vanili.
  • Lalu beri air dan aduk hingga rata sesuai selera kekentalannya
  • Setelah itu ambil satu persatu pisang dan baluti dengan tepung panir.
  • Siapkan penggorengan gunakan apinya sedang goreng sampai warnanya keemasan.
  • Angkat lalu tiriskan.
  • Siap diberi topping dan dihidangkan

3.Cara Membuat Pisang goreng madu kurma coklat keju

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang goreng madu kurma coklat keju

  • 2 buah pisang tanduk
  • 3 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt vanili cair
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm madu
  • 3 buah kurma potong kecil
  • minyak goreng

toping Cara Membuat Pisang goreng madu kurma coklat keju

  • coklat batang di serut
  • keju parut
  • skm

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang goreng madu kurma coklat keju

  • Potong dadu pisang
  • Campur tepung terigu, tepung beras,gula,susu bubuk dan air tambahkan madu dan vanili cair aduk hingga licin lalu masukan pisang yg sdh potong dan potongan kurma
  • Goreng dgn 1 sdm hingga matang
  • Sajikan dgn toping keju parut,coklat serut dan skm

4.Cara Membuat Pisang goreng Margarin susu meses keju

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang goreng Margarin susu meses keju

  • 6 buah pisang raja
  • 3 sendok makan margarin
  • 2 sendok makan gula pasir

toping Cara Membuat Pisang goreng Margarin susu meses keju

  • meses
  • keju

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang goreng Margarin susu meses keju

  • Bersihkan pisang, potong menjadi 4 bagian
  • Siapkan wajan anti lengket, masukan blue band,, setelah leleh masukan pisang
  • Beri gula, masak hingga berubah warna karamel
  • Angkat, sajikan dengan toping susu putih,keju dan meses

    5. Cara Membuat Pisang goreng extra brown sugar

    Bahan-bahan Cara Membuat Pisang goreng extra brown sugar

  • 3 buah pisang
  • 6 sdm tepung terigu
  • 3 sdm oatmeal
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sch brown sugar
  • 1 sch susu kental manis
  • secukupnya air
  • minyak goreng

    Langkah-langkah Cara Membuat Pisang goreng extra brown sugar

  • Kupas buah pisang, potong jadi 2 kemudian dibelah 3 (jangan sampai putus) seperti kipas.
  • Buat adonan dengan mencampurkan tepung terigu, oatmeal, gula pasir, sedikit susu kental manis dan air secukupnya
  • Celupkan pisang dalam adonan. Kemudian panaskan minyak untuk menggoreng.
  • Goreng pisang sampai kuning keemasan. Angkat tiriskan.
  • Pisang goreng disajikan dengan topping susu kental manis dan taburan brown sugar.

6. Cara Membuat Pisang Goreng Keju & Coklat

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang Goreng Keju & Coklat

  • Pisang Kepok (atau pisang apa saja)
  • Tepung Pisang Goreng siap pkai
  • Tepung Roti
  • secukupnya Minyak goreng

Topping Cara Membuat Pisang Goreng Keju & Coklat

  • Keju , parut
  • Coklat batang, parut
  • secukupnya Margarin
  • Susu kental manis coklat

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang Goreng Keju & Coklat

  • Buat adonan tepung utuk pisang goreng dengan air Aduk hingga rata sampai tidak menggumpal..
  • Kupas pisang, celupkan pisang dalam adonan tepung secara merata..
  • Kmdian gulingkan pada tepung roti smbil agak ditekan.. Jika smua pisang sudah dibaluri tepung, simpan ke dalam kulkas +/- 10 menit agar tepung menempel dengan baik..
  • Jika sudah, goreng pisang tadi dalam minyak panas (api sedang) hingga berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan
  • Susun pisang goreng dalam piring.. Olesi 1 sisi pisang goreng dengan margarin & susu kental manis secara bergantian, tujuannya adalah supaya topping keju & coklat dpt menempel diatasnya..
  • Beri topping keju parut & coklat parut

7. Cara Membuat Pisang goreng krispy blueberry

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang goreng krispy blueberry

  • 5 buah pisang kepok / raja, kupas dan belah jadi 2
  • 1,5 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung tapeoka
  • 50 ml air hangat
  • 1 butir telur ayam dikocok
  • secukupnya Tepur panir

Topping Cara Membuat Pisang goreng krispy blueberry

  • blueberry

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang goreng krispy blueberry

  • Campurkan tepung terigu, tapeoka, gula dan air hangat, aduk sampai lembut jgn terlalu encer, lalu tambahkan kocokan telur dan aduk lagi
  • Setelah itu masukkan pisang yg sudah di belah tadi ke dalam adonan tepung yg sudah diaduk tadi, lalu aduk pisang agar terbalur semua dgn tepungnya
  • Siapkan tepung panir di piring secukupnya, lalu balurkan pisang sudah diaduk dengan tepung basah tadi dgn tepung panir
  • Setelah tepung panir sudah melekat rata dipermukaan pisang, masukkan kedalam freezer kurang lebih selama 5-10menit
  • Jika sudah, sambil siapkan penggorengan minyak secukupnya dgn api sedang
  • Goreng pisang sampai berwarna coklat keemasan.
  • Sajikan dipiring dan topping dgn blueberry

8. Cara Membuat Pisang goreng madu

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang goreng madu


</div>
</li>
“>

  • 2 buah pisang tanduk
  • 1/4 kg tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 gelas air matang
  • 1/4 kg minyak untuk menggoreng

    Topping atau taburan Cara Membuat Pisang goreng madu

  • 3 sdm keju parut
  • 1 sdt bubuk cinamon
  • 1 sdm madu

Langkah-langkah CARA MEMBUAT Pisang goreng madu

  • Potong-potong pisang tanduk sesuai selera, sisihkan
  • Campurkan tepung terigu, dan garam dalam wadah mangkuk, beri air lalu aduk2 hingga menjadi adonan
  • Masukan pisang ke dalam adonan, goreng dalam minyak panas sampai ke’emasan
  • Sajikan pisang dengan taburan keju, cinamon dan madu

 9. Cara Membuat Pisang goreng pasir

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang goreng pasir

  • Pisang kepok matang

Adonan pencelup Cara Membuat Pisang goreng pasir

  • Tepung terigu
  • secukupnya Air
  • Tepung roti

Topping Cara Membuat Pisang goreng pasir

  • Gula palm
  • Susu kental manis
  • Keju

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang goreng pasir

  • Kupas pisang lalu belah dua memanjang.
  • Geprek pisang pakai telenan.
  • Campur terigu dan sedikit garam, tambahkan air secukupnya. Adonan tidak kental dan tidak terlalu encer (seperti adonan bikin pisang goreng umumnya). Celupkan pisang.
  • Balur tepung roti.
  • Goreng hingga matang.
  • Beri topping. Beri susu kental manis, taburi gula palm, taburi keju parut.

10. Cara Membuat Pisang goreng mentega

Bahan-bahan Cara Membuat Pisang goreng mentega

  • 3 buah pisang kepok
  • 5 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt mentega (blueband)
  • Air es
  • Vanili
  • Gula pasir

Topping Cara Membuat Pisang goreng mentega

  • Susu kental manis coklat
  • Keju

Langkah-langkah Cara Membuat Pisang goreng mentega

  • Campurkan semua tepung dalam wadah termasuk mentega, tuang air es, vanili dan gula pasir secukupnya. Jangan terlalu encer atau kental.
  • Celupkan pisang kepok yang sudah di belah jadi 2. Pastikan, seluruh bagian tercelup sempurna
  • Goreng pisang dalam minyak yang panas dan banyak
  • Goreng sampai, warnanya kuning keemasan. Angakat dan tiriskan. Pisang goreng mentega crunchy siap disajikan
  • Untuk anak anak, potong pisang kecil kecil, taburi skm coklat, dan keju parut lalu dilapisi susu kental manis coklat lagi

Jenis Pisang yang Cocok Untuk Digoreng

Tidak semua jenis pisang yang anda jumpai selama ini bisa digoreng . Pada faktanya memang hanya beberapa jenis pisang yang memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan tekstur pisang yang lezat pada saat digoreng.

pada saat anda hendak membuat sajian pisang goreng atau hidangan pisang yang akan digoreng maka tidak semua jenis pisang bisa anda gunakan. Nah, uuntuk menghadapi hal semacam ini maka penting untuk memahami jenis pisang seperti apa saja yang cocok untuk digoreng.

Pada umumnya kreteria yang memungkinkan sebuah pisang yang cukup baik untuk digoreng adalah jenis pisang dengan beberapa kreteria tertentu. Guna menghasilkan tekstur gorengan yang pas maka pisang yang digunakan haruslah pisang yang bertekstur padat dan agak keras.

Selain itu, pisang yang digunakan pun haruslah jenis pisang yang memiliki kadar air yang relatif rendah. Hal ini dikarenakan jika pisang yang digunakan adalah jenis pisang meja yang pada umumnya cenderung lembut dan lembab.

Maka mungkin pada saat anda menggorengnya,tekstur pisang akan melempem dan sulit untuk mendapatkan pisang yang krispi. pada hal inilah yang cukup mengurangi kenikmatan dari sajian menyantap pisang goreng.

1.Pisang Uli

Jenis pisang pertama yang akan cocok untuk anda jadikan sebagai pisang goreng adalah pisang uli. Jenis pisang yang satu ini adalah salah satu pilihan pisang paling cocok untuk digoreng.

Tak heran bila untuk beberapa pedagang pisang goreng, mereka akan cenderung menggunakan jenis pisang yang satu ini untuk bahan utama pilihan pisangnya.

Dikarenakan pisang uli adalah jenis pisang yang cukup memenehui kreteria pisang yang cocok untuk digoreng. Tekstur pisang yang lebih padat dan berpati memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan citarasa pisang yang lezat dan nikmat.

Selain itu, pisang uli dikenal dengan jenis pisang yang manis. Ukurannya pun tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sehingga ideal untuk dijadikan hidangan pisang goreng yang enak.

2. Pisang Tanduk

Jenis pisang selanjutnya yang akan dapat anda jadikan sebagai bahan untuk digoreng adalah pisang tanduk. Jenis pisang ini akan dapat dengan mudah anda jumpai di pasar.

Ukuran dari pisang tanduk layaknya seperti namanya sendiri. Yakni besar dan melengkung. Ukuran panjang dari pisang ini pun lebih besar dibandingkan dengan pisang lain pada umumnya.

Inilah pisang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan plantain atau pisang yang diperlukan untuk keperluan memasak. Pisang yang satu ini memiliki ciri khas rasa yang agak masam.

Namun seiring dengan pertumbuhannya yang lebih matang maka rasa masam tersebut akan menghilang dan berubah menjadi rasa manis yang nikmat. Karena ukuran pisang yang lebih besar maka pada umumnya untuk anda yang ingin mengolah pisang ini menjadi pisang goreng atau aneka masakan lainnya.

Maka sebaiknya anda perlu memotong-motongnya terlebih dahulu. Selain itu, untuk mendapatkan cita rasa pisang yang lebih lezat. Maka sebaiknya gunakan pisang yang sudah matang atau ripened. Jangan khawatir dengan bintik hitam pada pisang karena bisanya ini menandakan pisang sudah matang.

Tips Membuat Pisang Goreng yang Krispi dan Nikmat

Tips Membuat Pisang Goreng yang Krispi dan Nikmat

Nah, diatas kita sudah menyimak beberapa jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Selain itu, kali ini kami akan pula memberikan anda tips membuat pisang goreng yang krispi dan nikmat hanya untuk anda. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini.

Tentukan Pilihan Pisang Anda

Setelah memahami dan menentukan jenis pisang apa yang akan anda gunakan. Maka hal ini akan memudahkan anda untuk bisa menyajikan hidangan pisang goreng yang lezat dan nikmat.

Untuk itu, sebelum anda terburu menciptakan hidangan yang lezat dari masakan kalin ini. Maka terlebih dahulu tentukan jenis pisang apa yang akan anda gunakan pada resep pisang goreng yang akan anda buat.

Perhatikan Ketebalan Potongan Pisang

Guna menghasilkan sajian pisang dengan tekstur krispi yang enak. Maka penting sekali memperhatikan ketebalan pisang sewaktu anda memotongnya. Terutama untuk anda yang ingin menghasilkan tekstur yang benar-benar krispi dari sebuah pisang goreng.

Layaknya seperti membuat pisang kipas dimana potongan pisang dibuat dengan beberapa layer. Maka potongan pisang yang dibuat lebih tipis pun akan penting untuk anda perhatikan. Jangan buat potongan yang terlalu tebal dan besar agar nantinya pisang yang dihasilkan lebih renyah dan krispi.

Perhatikan Adonan Pisang

Selain hanya terfokus memperhatikan pisang pada pembuatan pisang goreng, factor lain yang akan menentukan kelezatan dari pisang goreng adalah bahan pencelup yang dibuatnya. Adonan yang terdiri dari tepung ini perlu anda racik sedemikian rupa agar dapat menghasilkan adonan yang lezat dan nikmat.

Nah, adapun kunci rahasia dari mendapatkan pisang krispi dengan adonan pencelup sendiri adalah dengan memberikan tambahan telur dan mentega kedalamnya. Selain itu, air yang digunakan untuk menambah adonan pun sebaiknya diambil dari air es.

Air es yang bersatu dengan adonan telur dan terigu akan dapat menghasilkan adonan yang lebih renyah dan keriting pada saat bersentuhan dengan minyak panas. Untuknya, maka perhatikan kunci keberhasilan membuat adonan pisang yang satu ini.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Buah pisang yang sudah matang sangatlah nikmat untuk disantap.Rasanya yang cukup manis, pisang juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang, nutrisi yang terkandung di dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A,vitamin B, vitamin C, serat ,ptasium(kalium), dan magnesium. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka sangat banyak pula manfaat pisang yang bisa diperoleh tubuh.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

nah disini saya memiliki sederet manfaat pisang bagi kesehatan tubuh Anda.

  • Sebagai sumber energi yang sangat baik saat beraktivitas fisik atau olahraga.
  • Membantu otot-otot bergerak dengan baik.
  • Dapat membantu mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Pisang juga bisa membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
  • Dapat menangkal efek rusaknya sel dan jaringan tubuh, manfaat pisang yang satu ini terkait dengan kandungan antioksidan pada pisang.
  • Meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal.

Manfaat Pisang Bagi Pencernaan

Manfaat pisang ternyata penting juga bagi pencernaan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

  • Anda sedang sakit perut? Cobalah dengan mengonsumsi pisang karena salah satu manfaatnya cukup membantu meredakan masalah pencernaan . Manfaat pisang mengandung serat dan berbagai nutrisi ini, sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Cocok sebagai pelengkap program diet. Pisang adalah buah yang mengandung serat. Makanan berserat bisa memperlambat proses pencernaan. Hasilnya, Anda akan merasa cukup kenyang lebih lama dan membuat Anda dapat makan lebih sedikit.
  • Mengatasi konstipasi Berlaku khusus untuk yang mengkonsumsi pisang sudah matang. Tapi anda harus berhati-hati karena efeknya akan berbalik jika Anda mengonsumsi pisang yang masih hijau atau belum matang.
  • Pisang yang belum matang adalah sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar, dan dengan demikian akan meningkatkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga terkait dengan kandungan serat dan antioksidan pada buah pisang.

The post Cara Membuat Pisang Goreng Yang Enak Dan Mudah Dibuat appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2277
Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil http://usaharumahan.id/cara-memulai-usaha-kuliner/ Sat, 16 Feb 2019 01:34:26 +0000 http://usaharumahan.id/?p=1638 Teman-teman mau tau tips cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil kebetulan saya memiliki contoh tips cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner dan salah satu Cara Memulai Usaha Kuliner sangat kaya di dunia, dan mempunyai cita rasa yang sangat beragam. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi nusantara … Continue reading "Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil"

The post Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Teman-teman mau tau tips cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil kebetulan saya memiliki contoh tips cara memulai usaha kuliner dengan modal kecil

Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner dan salah satu Cara Memulai Usaha Kuliner sangat kaya di dunia, dan mempunyai cita rasa yang sangat beragam.

Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau yang berpenghuni, dan menempati peran yang sangat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri ,cabai ,lengkuas, jahe,kencur, kunyit, kelapa dan gula aren

dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang kebanyakan berasal seperti dari india,tiongkok,timur tengah dan eropa.

Pada dasarnya tidak ada satu bentuk yang tunggal “masakan Indonesia”, tetapi terlebih kepada, keanekaragaman masakan daerah yang dipengaruhi secara lokal oleh kebudayaan di indonesia serta pengaruh dari asing.

Sebagai contoh,beras yang diolah menjadi nasi putih,kupat atau lontong (beras yang dikukus) sebagai makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia, namun untuk bagian timur lebih umum dikonsumsi sagu, jagung,singkong dan ubi jalar.

Bentuk penyajian umum sebagian besar makanan Indonesia terdiri atas makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging,ikan atausayur di sisi piring

Potensi bisnis kuliner di Indonesia mencadauu salah satu Cara Memulai Usaha Kuliner ke depan diyakini bakal terus meningkat. Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tetap menggiurkan bagi sejumlah kalangan.Di tahun 2010 jumlah pelaku usaha kuliner di Indonesia lebih dari 2,9 juta.

Angka ini meningkat di tahun 2013 menjadi 3,03 juta dan di tahun 2014 sudah mencapai 3,2 juta.

Penyebab lain bisnis kuliner bakal terus meningkat adalah karena saat ini kuliner dinilai tidak saja sebagai pemuas kebutuhan primer tetapi juga memberikan sebuah pengalaman yang baru bagi konsumen melalui berbagai ragam olahan makanan, tempat yang nyaman untuk melepas kejenuhan, tempat berkumpul dengan keluarga, dan sebagainya.

Kemudian variasi dari industri kuliner di dalam negeri juga sangat beragam. Indonesia menurutnya memiliki 300 lebih etnis yang tentu saja memiliki banyak variasi makanan.

Sayangnya makanan daerah yang ditawarkan ke pasar saat ini masih cukup terbatas seperti makanan Padang, Sunda, Jawa, dan sejenisnya.

Plus Dan Minusnya Dalam Usaha Kuliner

Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah pada akhir-akhir ini, banyak pengusaha yang mengalami kebangkrutan, namun terdapat sebuah bisnis yang terus menerus berkembang.

Bisnis apakah itu? BISNIS KULINER dan saya akan memberikan contoh Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil

Tidak peduli berapa sedikit uang yang diperoleh, setiap hari semua orang sangat membutuhkan makan. Dan karena itu, bisnis yang satu ini tidak pernah surut dan banyak yang ingin mendirikan usaha ini.

Bisnis kuliner merupakan sebuah lahan yang sering kali dianggap memberi banyak keuntungan. Dengan modal yang bisa di bilang cukup kecil, Anda bisa mengambil keuntung mencapai 100%

Namun disamping kelebihannya, pasti ada kelemahan dari bisnis ini.

Kelemahannya adalah banyak orang berlomba lomba membangun bisnis makanan, mulai dari warung kaki lima, warung sederhana, restoran cepat saji, restoran mewah dan lain sebagainya.

Dan akhirnya persaingan dalam bisnis kuliner ini cukup tinggi.Tentunya pada hal ini membuat banyak pebisnis pemula ragu untuk memulai sebuah bisnis kuliner?

Namun tidak perlu khawatir, sebenarnya tidak perlu peduli apapun jenis bisnis Anda, semuanya akan mudah selama Anda berusaha dan pantang menyerah.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kuliner?

Tentunya ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis kuliner Anda di tengah persaingan yang sangat sengit ini. Berikut beberapa contohnya:

1. Mengetahui Pasar Anda: Menjual  Nasi Goreng atau Menjual Makanan Khas Timur Tengah

Menjual  Nasi Goreng atau Menjual Makanan Khas Timur Tengah

Pasar adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Segmentasi pasar sendiri adalah kegiatan membagi sesuatu, pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang cukup berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang sangat berbeda dan mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Mengingat sangat lah penting segmen pasar dalam sebuah bisnis, tentunya Anda juga perlu mengenal dan menentukan pasar Anda sebelum memulai bisnis kuliner. Karena segmen pasar ini merupakan salah satu Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil

Sebagai contoh melihat perbandingan

  • Apabila Anda sudah memilih untuk menjual nasi goreng, sangat luas sekali pasarnya. Anda juga harus memikirkan bagaimana cara agar pasar bisa mengenal nasi goreng Anda dan mengetahui apa perbedaan nasi goreng Anda dari nasi goreng yang lainnya. Dengan kata lain, pasarnya lebih luas.
  • Apabila Anda lebih memilih untuk menjual makanan khas Timur Tengah dan menjualnya di Indonesia. Anda perlu menentukan kira kira siapa kah orang yang sangat suka makanan dengan khas Timur Tengah untuk menentukan segmen pasar, kemudian pertimbangkan juga bagaimana mereka bisa tahu kalau Anda memiliki rumah makan khas Timur Tengah. Dengan kata lain, pasarnya lebih segmented.

Sebelum saya melanjutkan pembahasan ini, kalian juga perlu membaca 13 Usaha Rumahan Yang Lagi Trend mungkin anda ingin mencobanya

2 Apa yang Beda dari Usaha Kuliner Anda?

Anda tentunya harus tahu setiap pebisnis harus memiliki faktor pembeda, disebut juga USP (Unique Selling Proposition) dan juga harus mengetahui tentang Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil. Jika tidak memilikinya, Anda tidak akan bisa bertahan dalam persaingan ini. Dan kira-kira apa USP pada bisnis yang Anda dirikan?

Menentukan faktor pembeda yang unik dan sesuai pada selera masyarakat

  • Berdiri sejak tahun 1920
  • Dibuat dari 11 rempah rahasia
  • Memiliki sambal 30 level
  • Memiliki ukuran bakso yang paling besar
  • Daging dari sapi kualitas nomor 1 di dunia
  • Kokinya diimpor langsung dari Timur Tengah
  • Usaha kuliner saya memiliki banyak stop kontak untuk mencharger hp atau yang lainnya dan free wifi yang internetnya berkecepatan 100 Mbps

3. Bagaimana Cara Anda Melayani Customer Anda?

Bagaimana Cara Anda Melayani Customer Anda

Apakah lokasi menjadikan faktor utama dalam bisnis? Bisa iya dan bisa tidak.

Pada zaman dahulu lokasi memang bisa dibilang cukup penting karena lokasi strategis berarti banyak calon konsumen. Maka orang berlomba lomba untuk mencari lokasi usaha yang strategis dan ramai.Namun seiring perkembangan teknologi, kini lokasi menjadi tidak cukup penting.Karena sudah sangat banyak fasilitas pesan antara dan ojek online yang siap membantu Anda.Misalnya saja, fasilitas Go Food, Grab Food dan penyedia jasa antar makanan, makacustomer tidak perlu repot repot berkendara ke rumah makan.

Cara melayani customer?

  • Lokasi Anda terdaftar di Google Business
  • Lokasi Anda mudah diakses
  • Lokasi Anda memiliki tempat parkir yang memadai

4.CaraMembangunRelasidengan Customer Anda

Apa yang di maksud dengan customer atau pelanggan? Untuk secara umum, pelanggan sering diartikan sebagai perseorangan atau pun kelompok yang sedang mencari atau memenuhi keperluan primer, sekunder, ataupun tersier dengan cara menggunakan produk ataupun jasa yang sudah disediakan oleh perseorangan atau kelompok lain melalui kegiatan transaksi jual ataupun beli.Tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak mungkin memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil dan membangun hubungan baik secara dua arah

Anda perlu mengetahui beberapa cara dalam membangun relasi dengan customer Anda.

  1. Transactionalpesan, membayar, makan dan customer Contoh: KFC.
  2. self service: warung makan yang menjual nasi rames, ambil sendiri, lalu tunjukkan ke kasir, dan bayar setelah selesai makan. Contoh: warung nasi
  3. Automated service: mengambil makanan/yang lainnya sendiri seperti beli makanan cepat saji di supermarket. Contoh: Indomaret.
  4. Communities: menjual tempat, membuat orang lebih menyukai hang out dan main di rumah makan tersebut. Contoh: Upnormal dan Starbucks.

Relasi seperti apa yang akan Anda pilih untuk mendirikan bisnis kuliner yang akan anda buat?

5 Sumber Pemasukan

Saat mendirikan bisnis, tentu tujuannya adalah mencari keuntungan. Dengan kata lain, Anda perlu merencanakan keuangannya dengan sangat baik dan juga mengetahui Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil . Dalam merencanakan keuangan, Anda pun perlu mengetahui sumber pemasukan bisnis kuliner anda tersebut. Apakah Anda akan mencoba mengandalkan produk sebagai sumber pemasukan? Atau iklan, komisi, dan lain sebagainya.  Misalnya saja seperti Anda menjual fried chicken, Anda harus bisa membuat paket plus nasi dan minum dengan harga lebih murah. Nah, pertimbangkanlah dari maka Anda akan memperoleh keuntungan.Jangan sampai Anda mementingkan harga yang murah namun gagal menutupi seluruh biaya (pengeluaran) bisnis kuliner Anda.

Mengerti apa yang di perlukan pelanggan

  • Ada pun juga kedai kopi dimana membukan hanya kopi yang dijual, namun juga menyedikan makanan ringan dan kue kue. Dengan menjual berbagai makanan ringan, mereka  jugamengincar tambahan pemasukan karena banyak konsumen yang merasa lapar saat nongkrong di kedai kopi.

6 Hal-Hal Penting, Seperti Perizinan

Setiap dalam struktur bisnis, memiliki prosedur untuk pengajuan izin usahanya. Karena ini sudah kewajiban Anda sebagai pebisnis untuk dapat memulai bisnis legal yang di Indonesia.

ketahuilah dahulu struktur bisnis Anda, lalu ajukan bisnis dan bereskan semua prosedur perizinan usahanya.

7 Aktivitas Bisnis

Harus mengetahui aktivitas bisnis Anda, yaitu aktivitas apapun yang diperlukan untuk menghasilkan produk atau layanan Anda. Setiap bisnis tanpa diirencanakan aktivitasnya akan hilang arah, dan Anda bisa tersesat jika berbuat demikian.

Dalam bisnis biasanya aktivitas bisnis dibedakan menjadi 5

  1. Strategi (Strategic Management): Berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan mrencanakan untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk diterapkan kebijakan dan merencanakan untuk pencapaian tujuan organisasi.
  2. Operasional (Operational Management): Aktivitas usaha yang berfokus pada proses produksi barang atau jasa, serta memastikan operasi usaha berlangsung secara efektif dan efisien.
  3. Pemasaran (Marketing Management): Salah satu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba.
  4. Keuangan (Financial Management): Kegiatan perencanaan,penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang hanya dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
  5. SDM (Human Resources Management): Manajemen SDM atau yang sering disingkat MSDM merupakan aktivitas dimana anda mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang hanya dimiliki oleh individu secara efisien dan sangat efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama.

Partner Utama

Dalam sebuah bisnis biasanya pasti anda akan berhubungan dengan yanng namanya vendor vendor yang akan menjadi partner Anda. Misalkan saja, saat membuat usaha kuliner, pasti anda akan berhubungan langsung dengan vendor gas, vendor air minum, vendor bahan baku dan lain sebagainya.

Jika anda ingin bisnis  lancar dan sukses, kuncinya yaitu mencari vendor terbaik yang menawarkan produk dengan kualitas yang cukup sepadan dengan harganya.Jangan asal cari yang murah, karena salah satu faktor penentu bisnis kuliner adalah dari rasa dan yang paling penting kualitasnya. Tidak perlu sebagus apapun strategi pemasaran yang dilakukan, tidak akan berhasil jika kualitas produk yang dijual sangat buruk. Biasanya pembeli akan membeli lebih dari sekali jika produk tersebut berkesan sangat baik. Oleh karena itu, sangat lah penting untuk menjaga kualitas makanan secara konstan.

Percuma jika menjual dengan harga yang murah dan nikmat jika bahan bakunya tidak segar, dan ujung-ujungnya konsumenpun akan complain. Jadi, selalu mempertimbangkan partner utama bisnis kuliner yang memang sudah terjamin dan sangat terpercaya.

9 Sumber Pengeluaran

Selain sumber pemasukan yang telah dibahas pada poin ke 5 tadi, Anda juga perlu mempertimbangkan lagi sumber pengeluaran. Biasanya strategi marketing juga terkait disini.

Sebagai contohnya yaitu:

  • Ada resto yang sering memberikan penawaran yang gratis refill minum, all you can drink. Artinya bisnis tersebut sudah memperhitungkan terlebih dahulu untuk merugi di bagian minuman. Artinya dia harus menambah keuntungan di bagian makanan.
  • Ada resto yang juga memberikan gratis refill nasi setiap pembelian makanan, all you can eat rice. Artinya dia sudah siap menerima kerugian di bagian nasi yang di buatnya. Umumnya dia akan menambah keuntungan dari bagian minuman atau menu utama yang tersedia di  sana.

Nah, di samping itu juga banyak biaya yang tercakup pada sebuah bisnis lho. Sebagai contohnya adalah:

  • Biaya operasional (seluruh biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan demi mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan itu sendiri).
  • Biaya pemasaran (seluruh biaya yang akan dikeluarkan perusahaan demi memasarkan atau mempromosikan produknya dan jasanya kepada masyarakat demi mempertahankan atau meningkatkan laba).
  • Biaya riset pada menu, dan lain sebagainya.

Membuat Business Model Canvas

Model bisnis merupakan sebuah gambaran dari bisnis seperti apa saja aktivitas yang dilakukan bisnisnya, nilai – nilainya, bagaimana relasi untuk konsumennya, dan sebagainya.

Model ini biasanya dituangkan untuk menggambarkan apa saja ide bisnis yang ada di kepala Anda, sehingga bisa dijalankan kelak selanjutnya.

Karena masih banyak lagi yang kebingungan dengan bagaimana membuat model bisnis, maka muncullah Business Model Canvas karya Alexander Osterwalder dan kawan-kawannya.

Sebenarnya, penjabaran 9 poin di atas mengarah pada penulisan Business Model Canvasini, dimana tadi Anda sudah menentukan bebberapa sembilan blok yang membantu Anda dalam merumuskan ide bisnis yang menjadi  salah satu Cara Memulai Usaha Kuliner model bisnis yang jauh lebih terstruktur. Adapun Business Model Canvas adalah sebagai berikut:

Singkatnya, Anda bisa membuat model bisnis dengan menggunakan Business Model Canvas di atas, dengan cara berikut ini:

  1. Tentukan customer segment.
  2. Tentukan produk, layanan atau value proposition.
  3. Bagaimana tentang cara menyampaikan produk kepada customer.
  4. Bagaimana tentang relasi yang akan dibentuk antara customer dan bisnis.
  5. Tentukan darimana sumber yang berpendapatan atau revenue streams.
  6. Tentukan mana sumber daya yang dibutuhkan atau key resources.
  7. Tentukan aktivitas utama yang dalam bisnis atau bisa di sebut juga key activities.
  8. Tentukan siapa partner utama yang diperlukan dalam bisnis atau bisa di sebut juga key partners.
  9. Terakhir darimana saja sumber pengeluaran atau nama lainnya cost structures.

The post Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
1638
Cara Membuat Keripik Pisang Untuk Usaha Dan Enak http://usaharumahan.id/cara-membuat-keripik-pisang/ Wed, 13 Feb 2019 14:31:08 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2360 hallo gengs saya akan membahas artikel tentang cara membuat keripik pisang untuk usaha yang enak dan pastinya mudah sekali. untuk mengetahui resep-resep keripik pisang yang pastinya tidak kalah enak dengan yang dibeli di toko atau supermarket yuk coba cek dibawah ini. Resep Keripik Pisang Enak dan Renyah Salah satu buah yang tidak mengenal musim di … Continue reading "Cara Membuat Keripik Pisang Untuk Usaha Dan Enak"

The post Cara Membuat Keripik Pisang Untuk Usaha Dan Enak appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
hallo gengs saya akan membahas artikel tentang cara membuat keripik pisang untuk usaha yang enak dan pastinya mudah sekali.

untuk mengetahui resep-resep keripik pisang yang pastinya tidak kalah enak dengan yang dibeli di toko atau supermarket yuk coba cek dibawah ini.

Resep Keripik Pisang Enak dan Renyah

keripik pisang

Salah satu buah yang tidak mengenal musim di Indonesia adalah pisang, kita bisa menemui buah pisang ini setiap tahun dan hampir di semua penjuru indonesia ada.

Pisang merupakan buah yang biasa dimakan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Kita bisa menemukan banyak olahan makanan yang enak berbahan dasar pisang ini.

Olahan pisang ini pun juga sangat banyak jenisnya, mulai dari yang mudah dibuat sampai yang sulit sekalipun.

Kamu tentu pernah makan pisang goreng, pisang molen, brownies kukus pisang,cake pisang, atau keripik pisang.

Beberapa olahan pisang tersebut sudah tidak asing lagi di Indonesia dan kita akan mudah menemukannya di beberapa daerah indonesia.

Tapi kita nggak akan ngomongin pisang goreng, saat ini kita akan mencari tahu cara membuat keripik pisang.

Salah satu olahan pisang ini ternyata juga memiliki banyak jenis nya lho gengs. Ada yang rasanya gurih, manis, original, bahkan ada yang ditambahi dengan taburan coklat dan keju.

Berikut ini ada resep cara membuat keripik pisang yang rasanya tentu lezat, dan kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Keripik Pisang Manis

Bahan Keripik Pisang Manis

  • 1/2 kg pisang yang masih setengah matang
  • 200 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Manis

  1. Kupas terlebih dahulu pisang yang masih setengah matang dan kemudian iris tipis-tipis.
  2. Setelah itu rendam pisang dengan air yang sudah dicampur air kapur sirih. Rendam selama kurang lebih 30 menit, kemudian tiriskan.
  3. Jika sudah tiris, masukkan pisang ke dalam wadah, taburi dengan garam, dan aduk sampai rata.
  4. Panaskan minyak ldan goreng pisang sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang, setelah itu angkat dan tiriskan.
  5. Rebus air secukupnya bersama gula lalu masak sampai gula larut. Kemudian masukkan daun pandan ke dalam rebusan gula sampai tercium bau wangi dan larutan gula mengental.
  6. Masukkan keripik pisang yang sudah digoreng ke dalam larutan gula setelah itu aduk sampai semua keripik pisang terselimuti larutan gula, kemudian angkat dan dinginkan.
  7. Keripik pisang manis siap dinikmati.

Selain keripik pisang, kacang telur juga bisa jadi camilan enak sehari-hari lho.

Keripik Pisang Gurih

Bahan Keripik Pisang Gurih

  • 10 buah pisang
  • 2 liter air
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Gurih

  1. Kupas terlebih dahulu pisangnya, lalu iris tipis dengan cara menyerong.
  2. Campur air dan kapur sirih ke dalam wadahlalu aduk sampai kapur sirih larut semua.
  3. Rendam pisang yang sudah dipotong ke dalam air kapur sirih selama 30 menit atau lebih.
  4. Setelah itu angkat dan bilas menggunakan air bersih, lalu tiriskan.
  5. Goreng pisang pada minyak yang banyak dan panas. Goreng sampai warnanya kuning kecoklatan, lalu tiriskan.
  6. Setelah tiris, taburi keripik pisang dengan sedikit garam.
  7. Keripik pisang gurih siap disantap bersama keluarga.

Keripik Pisang Coklat

Bahan Keripik Pisang Coklat

  • 1 kg keripik pisang
  • 50 gram gula halus
  • 30 gram coklat bubuk
  • 30 gram maizena yang sudah disangrai
  • Kapur sirih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Coklat

  1. Kupas pisang terlebih dahulusetelah itu rendam dalam air yang sudah diberi garam selama kurang lebih 1 jam.
  2. Iris tipis pisang yang sudah direndam dan lalu rendam lagi ke dalam air garam yang tadi digunakan.
  3. Kemudian masukkan irisan-irisan pisang yang sudah direndam di dalam air garam ke dalam air yang sudah ditambahkan kapur sirih selama sekitar 30 menit lebih.
  4. Setelah 30 menit lalu pindahkan irisan buah pisang ke air garam lagi, diamkan sambil menunggu untuk digoreng.
  5. Panaskan minyak dan goreng pisang menggunakan api yang sedang sampai warnanya kuning kecoklatan.
  6. Setelah matang angkat dan tiriskan.

Membuat Lapisan Coklat

  1. Campurkan coklat bubuk, maizena yang sudah disangrai, dan gula halus.
  2. Masukkan lapisang coklat ke dalam wadah yang ada tutupnya, lalu masukkan juga keripik pisang yang sudah dingin. Kocok wadah sampai seluruh permukaan pisang terlapisi dengan lapisan coklat.
  3. Keripik pisang coklat siap dinikmati.

Ada sedikit catatan, ketika merendam menggunakan air garam, jangan menggunakan garam yang banyak. Biar rasa keripiknya tidak terlalu asin.

Selain itu, simpan keripik pisang dalam wadah tertutup agar tidak mudah melempem atau tidak renyah lagi.

Kalau kamu suka coklat, cobain resep kue ulang tahun, kan biasanya banyak tuh coklatnya.

Keripik Pisang Keju

Bahan Keripik Pisang Keju

  • 5 sisir pisang kepok
  • 2 liter minyak goreng

Bahan Larutan Pencelup

  • 1 liter air hangat
  • 10 gram kaldu ayam bubuk
  • 20 gram garam

Bahan Taburan

  • 400 gram keju yang sudah diparut halus

Cara Membuat Keripik Pisang Keju

  1. Kupas pisang kepok dan kemudian cuci sampai bersih menggunakan air mengalir.
  2. Pastikan pisang benar bersih, kira-kira cuci sebanyak tiga kali sampai getah-getahnya hilang, lalu tiriskan.
  3. Potong tipis pisang dengan menyerong.
  4. Goreng pisang yang sudah dipotong-potong ke dalam minyak yang sudah panas dengan api sedang sampai warnanya menjadi kuning kecoklatan dan matangsetelah itu tiriskan sampai dingin.
  5. Campurkan air hangat, kaldu ayam bubuk dan garam, aduk rata sampai semua larut di dalam air.
  6. Celupkan keripik pisang pada campuran larutan pencelup dan tiriskan.
  7. Setelah itu taburkan keju di atas keripik pisang.
  8. Goreng kembali dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang dan kering renyah lalu angkat dan tiriskan.
  9. Keripik pisang keju siap disajikan.

Itu tadi beberapa resep cara membuat keripik pisang yang bisa kamu coba. Tapi ada beberapa tips biar keripik yang dibuat makin mantab rasanya.

Tips Cara Membuat Keripik Pisang

cara membuat keripik pisang

  • Sebaiknya gunakan pisang yang hampir matang dan bukan yang terlalu matang, selain hasilnya kurang bagus jika pisang terlalu matang, keripik pisang nantinya tidak akan renyah saat digoreng.
  • Simpan kerpik pisang di dalam wadah yang tertutup agar tidak mudah melempem.
  • Usahakan untuk merendam dalam air kapur sirih terlebih dahulu untuk menghindari pisang berubah warna menjadi kehitaman, dan supaya hasilnya lebih renyah.

Setelah membahas tips cara membuat keripik pisang mari kita ulas tentang mamfaatnya.

Mamfaat Pisang Untuk Kesehatan

keripik pisang

Hampir di setiap pelosok daerah di negeri, terdapat berbagai macam pisang. Bahkan disetiap kebun-kebun terdapat setidaknya ada 1 buah pohon pisang atau lebih biasanya lebih dari satu.
Buah yang satu ini memang multi guna, berbagai jenis makanan menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendampingnya.

Kandungan Gizi Pisang

Manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dari mengkonsumsi pisang termasuk menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan  meningkatkan kesehatan jantung.

Rincian gizi pisang ukuran yang sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi. Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein dan itu mencukupi kebutuhan gizi manusia.

Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral :Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia untuk alasan yang baik dan untuk kesehatan.

Buah kuning berbentuk melengkung yang dibungkus dengan segudang gizi yang sangat besar.

Pisang tumbuh setidaknya disekitar 109 lebih negara dan menempati peringkat keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter oleh dunia.

  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg

Asupan pisang yang direkomendasikan atau dianjurkan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari nya.

Manfaat Pisang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Menambahkan pisang dalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh manusia.

Pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat dan menjaga perut tetap sehat serta memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.

1. Melancarkan peredaran darah

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah di dalam tubuh. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah.

Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung ppada manusia.

2. Membantu pencernaan pada usus

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik sekali untuk mengurangi resiko masalah sembelit.

Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang satu atau dua buah saja.

Mencampur pisang dengan segelas susu akan membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar.

Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses-proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pada pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut di dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata manusia.

Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea mata manusia.

Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan pada mata dan sangat penting untuk pengelihatan sehari-hari.

Wanita sendiri membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari sedangkan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A.

Pisang juga mengandung alpha karoten serta beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata anda.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung di dalam tubuh.

Pisang kaya sekali dengan mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus.

Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel-sel dalam tubuh.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh manusia, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak normal.

Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat berdampak mematikan pada manusia.

Manfaat Pisang Untuk Pengobatan

Kandungan buah pisang yang kaya nutrisi ini, juga memberikan manfaat sebagai media pengobatan untuk manusia seperti berikut ini :

1. Anemia

Kandungan FE ( zat besi)  menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah sekalipun. Konsumsi 3 buah pisang perhari itu cukup untuk membantu.

2. Asma

Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak kecil yang makan satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.

3. Liver

Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever dan pisang lumayan membantu.

4. Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah serta meningkatkan lipid dan insulin.

Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat yang terserap oleh tubuh.

5. Diare

Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare pada manusia.

Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah dan lemas.

Manfaat Lain Pisang

  1. Pisang adalah salah satu buah tropis berkalori sangat tinggi. 100 gram dagingnya mengandung 90 kalori cukup besar.
  2. Selain itu, pisang ini mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin lainya.
  3. Buah pisang terdiri dari daging lembut dan mudah dicerna yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga pada saat konsumsi langsung mengisi energi dan merevitalisasi tubuh manusia.
  4. Jadi, untuk kualitas ini, ini adalah salah satu gigitan cepat favorit di kalangan atlet untuk mendapatkan energi instan dan cukup.
  5. Ini juga merupakan salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk dalam rencana perawatan untuk anak-anak yang kurang gizi.
  6. Buah pisang memiliki jumlah serat makanan yang larut (7% DRA per 100 gram) yang membantu dalam buang air besar secara teratur dan  sehingga mengurangi masalah sembelit pada tubuh manusia.
  7. Pisang mengandung kesehatan yang mempromosikan antioksidan poli-fenolik flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten meskipun itu dalam jumlah yang kecil.
  8. Bersama-sama, senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  9. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang baik (pyridoxine) yang menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang direkomendasikan oleh dokter.
  10. Pyridoxine adalah vitamin B kompleks yang penting yang memiliki peran menguntungkan dalam pengobatan neuritis, dan anemia pada manusia.
  11. Selanjutnya, ini membantu menurunkan homosistein di dalam tubuh (salah satu faktor pemicu penyakit arteri koroner (PJK) dan episode stroke) .

Pisang sebagai sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menu sarapan. Campurkan potongan pisang pada sereal, memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

sebuah penelitian yang diikuti 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menjadikan menu pisang pada sarapan pagi.

Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulun pada otak manusia.

Manfaat Pisang Baik Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang sangat baik untuk dirinya dan janin yang dikandungnya.

Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin.

Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu yang hamil.

Untuk lebih menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kacang hijaudan manfaat kacang merah.

Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, seperti pisang menjadi pilihan baik karena pisang bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi .

Manfaat pisang mencakup banyak hal, mulai pada kebutuhan asupan makanan sehari-hari, media pengobatan hingga untuk ibu hamil.

Mulailah menjadikan pisang sebagai salah satu menu makanan anda. jika suka durian maka menu cara membuat pancake durian ini sangat membantu ibu ibu sekalian untuk membuat makanan sehat.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang cara membuat keripik pisang untuk usaha anda semoga artikel ini membantu.

The post Cara Membuat Keripik Pisang Untuk Usaha Dan Enak appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2360
Pemanfaatan Limbah Botol Plastik http://usaharumahan.id/pemanfaatan-limbah-botol-plastik/ Tue, 12 Feb 2019 08:40:41 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2394 Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Pemanfaatan Limbah Botol Plastik merupakan hasil suatu buangan dari aktifitas atau proses produksi. Dalam kegiatan sehari-hari ini yang pada konsentrasi tertentu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Pada dasarnya limbah dibagi atas sebuah limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik adalah suatu limbah dapat membusuk karena mampu diolah oleh tanah dan diuraikan. Sedangkan  sebuah … Continue reading "Pemanfaatan Limbah Botol Plastik"

The post Pemanfaatan Limbah Botol Plastik appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Pemanfaatan Limbah Botol Plastik

pemanfaatan limbah botol plastik

Pemanfaatan Limbah Botol Plastik merupakan hasil suatu buangan dari aktifitas atau proses produksi. Dalam kegiatan sehari-hari ini yang pada konsentrasi tertentu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Pada dasarnya limbah dibagi atas sebuah limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik adalah suatu limbah dapat membusuk karena mampu diolah oleh tanah dan diuraikan.

Sedangkan  sebuah limbah anorganik merupakan limbah yang tidak dapat membusuk dan tidak dapat diolah sempurna oleh tanah. Contoh dari suatu limbah organik yaitu suatu sisa-sisa makhluk hidup, serta daun-daunan.

 Plastik merupakan bahan anorganik buatan yang tersusun dari sebuah bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya bagi lingkungan. Limbah  plastik ini sangat sulit untuk diuraikan secara lebih alami.

Untuk menguraikan suatu sampah plastik itu sendiri membutuhkan kurang lebih 80 tahun agar dapat terdegradasi secara sempurna. Oleh karena itu penggunaan dari bahan plastik dapat dikatakan tidak bersahabat.

Sedangkan pada di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya kita yang berada di Indonesia. Penggunaan dari bahan plastik, misal botol minuman dan kantong belanjaan bisa kita temukan hampir  pada seluruh aktivitas.

 Seiring dengan perkembangan suatu teknologi, kebutuhan akan plastik terus meningkat drastis. Buktinya adalah semakin banyak jumlah makanan dan minuman konsumsi kita menggunakan bahan pembungkus plastik.

Sebagai konsekuensinya itu, peningkatan suatu limbah plastik pun tidak terelakkan. Komposisi suatu sampah atau limbah plastik yang dibuang oleh setiap rumah tangga adalah sekitar 9,3% dari total sampah rumah tangga.

Jika limbah botol plastik ini yang berada di lingkungan terus bertambah. Sedangkan dalam tindakan untuk penanggulangan limbah tersebut belum ada. Apa yang akan terjadi dengan bumi beberapa tahun yang mendatang?

Dalam hal inilah dibutuhkan suatu daya pikir kreatif. Bagaimanakah cara dalam mengolah limbah plastik yang berada di lingkungan kita menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai yang ekonomis.

Limbah  Suatu Botol Plastik

pemanfaatan limbah botol plastik

Sebuah Limbah adalah suatu buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Sampah padat ini lebih dikenal sebagai suatu sampah.

 Yang seringkali tidak dikehendaki atas kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara lebih kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia yang Senyawa organik dan Senyawa anorganik.

Dengan suatu konsentrasi dan kuantitas tertentu. Kehadiran limbah itu  dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia. Sehingga perlu dilakukan suatu penanganan terhadap limbah.

Tingkat bahaya dari keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah. Serta ini pemanfaatan limbah botol plastik di lingkungan.

Limbah botol plastik dari merupakan hasil buangan berupa botol plastik yang tidak digunakan lagi. Berdasarkan sifatnya suatu limbah botol plastik merupakan sampah anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk.

Berdasarkan dari bentuknya libah botol plastik merupakan sampah padat Non-biodegradable, yaitu suatu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Dan ini pemanfaatan limbah botol plastik.

Dilain hal ini , limbah botol plastik ini dapat diolah dan digunakan kembali karena memiliki suatu nilai secara ekonomi. Sehingga disebut sebagai suatu bagian dari Non-biodegradable Recyclable.

Usaha Kerajinan Kreatif yang Bernilai Sangat Ekonomis

Usaha merupakan suatu kegiatan dengan mengerahkan tenaga atau badan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan itu, kerajinan ini merupakan sebutan bagi suatu benda hasil karya seni dari manusia.

Kata sebuah “kerajinan” berasal dari kata ‘rajin’ yang artinya adalah barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan ini terbuat dari berbagai bahan.

Dari kerajinan ini menghasilkan suatu hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Dan kreatif atau daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan suatu pemunculan gagasan.

Dengan demikian sebuah usaha kerajinan kreatif adalah serangkaian kegiatan untuk menghasilkan suatu benda hasil karya seni manusia. Dengan melibatkan pemunculan suatu gagasan atau anggitan.

Nilai ekonomis yang dimaksud adalah benda hasil karya seni tersebut memiliki nilai jual yang tinggi  dipasaran. Tidak hanya menarik serta hanya seni, tetapi bisa membatu manusia dalam suatu kehidupan sehari-hari.

Itulah ulasan mengenai sebuah pemanfaatan limbah botol plastik dalam kehidupan. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Serta menjadi pembelajaran anda. Sekian Dan Terima Kasih.

The post Pemanfaatan Limbah Botol Plastik appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2394
Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik http://usaharumahan.id/cara-penanganan-limbah-padat-anorganik/ Tue, 12 Feb 2019 07:33:26 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2390 Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik adalah suatu sisa limbah atau sampah yang sudah tidak dapat diuraikan kembali oleh sebuah Bakteri. Beberapa Contoh dari Limbah Anorganik itu sendiri yaitu Sisa Sabun Cuci. Sampah Kantong Plastik ini, Sisa Kain yang sudah tidak digunakan lagi. Limbah Hasil dari Pabrik, Limbah Minyak. Serta kemudian … Continue reading "Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik"

The post Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik

Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik

Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik adalah suatu sisa limbah atau sampah yang sudah tidak dapat diuraikan kembali oleh sebuah Bakteri. Beberapa Contoh dari Limbah Anorganik itu sendiri yaitu Sisa Sabun Cuci.

Sampah Kantong Plastik ini, Sisa Kain yang sudah tidak digunakan lagi. Limbah Hasil dari Pabrik, Limbah Minyak. Serta kemudian Sampah Botol Plastik berbagai macam minuman,serta juga sampah

Dari Macam – Macam Contoh suatu Limbah Anorganik tersebut. Bisa diperoleh kembali dan untuk suatu Pengolahan Limbah Anorganik ini sendiri dapat dilakukan dengan cara daur ulang.

Beberapa Contoh hasil Sisa Limbah Anorganik yang dapat di  daur ulang ialah sisa botol plastik. Yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi berbagai macam kerajinan tangan, hiasan di sebuah dinding,serta alat rumah tangga.

Selain itu Contoh dari Limbah Anorganik lainnya yang dapat didaur ulang lagi. Selain suatu Plastik adalah sisa logam seperti baja, besi,serta logam lainnya yang dapat dilebur kembali.

Akan tetapi tidak semua jenis sebuah limbah anorganik dapat didaur ulang. Dan beberapa Contoh suatu Limbah Anorganik yang tidak dapat didaur ulang adalah Limbah dari Pabrik.

Yang antara lain suatu Limbah Pabrik dalam bentuk Cair. Serta Limbah Pabrik dalam bentuk Padat, Limbah Pabrik dalam bentu Gas, dan juga Limbah Pabrik dalam bentuk yang Partikel.

Dan perlu kalian ketahui pula bahwa Limbah Anorganik dari Pabrik yang sampai saat ini sangat mencemari lingkungan. Adalah sebuah limbah cair karena komponen limbah cair ini terdiri dari campuran limbah padat.

Baik itu limbah organik ataupun anorganik sehingga sangat berbahaya sekali bagi Lingkungan. Selain limbah cair ini, limbah pabrik lainnya juga yang sangat mencemari lingkungan adalah limbah gas.

Karakteristik Fisik Dari Limbah

Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik

1. Zat Yang Padat

Karakteristik dari limbah yang paling mudah untuk dideteksi ini adalah zat padat. Total dari suatu zat padat biasa disebut zat solid, yang artinya seluruh zat padat yang sudah tetap ada sebagai suatu residu.

Setelah suatu proses pemanasan mencapai suhu 103-105 derajat celcius di dalam sebuah laboratorium. Sehingga zat tersebut tidak akan cepat hancur walaupun dengan suhu panas yang rendah.

2. Timbul Bau

Hal yang paling khas dari suatu limbah atau sampah adalah bau. Bau adalah suatu efek yang ditimbulkan dari limbah. Karena merupakan suatu sisa-sisa maka sampah atau limbah akan menimbulkan bau tak sedap.

Bau itu dihasilkan oleh suatu gas hasil dari dekomposisi atau penguraian dari zat organik, yang terdapat di dalam suatu air limbah. Serta cara penanganan limbah padat anorganik.

Jenis gas yang dapat menimbulkan suatu bau di dalam air limbah yaitu antara lain zat amonia dan senyawa organik sulfida. Sulfida ini biasanya ditemukan di daerah perairan yang sangat kotor sebagai dekomposisi.

Senyawa organik dan juga suatu sampah industri. Sehingga biasanya anda akan mencium bau yang tak sedap.  Jika melewati suatu sungai yang penuh dengan limbah. Itu cara penanganan limbah padat anorganik.

3. Sebuah Suhu

Suhu pada suatu air limbah biasanya akan lebih tinggi dibandingkan suhu yang ada di sekitarnya. Suhu yang tinggi tersebut akan menurunkan suatu kadar DO dan dapat dideteksi dengan mudah.

4. Efek Warna

Warna juga merupakan suatu karakteristik dari limbah yang paling mudah dikenali. Karena air limbah biasanya juga memiliki warna tertentu tetapi tergantung pada kandungan air di limbah tersebut.

Biasanya warna dari limbah ini  yang baru dibuang adalah abu-abu atau bisa berubah menjadi kehitaman. Itu sebuah penanganan limbah padat anorganik.

Warna yang ditimbulkan itu berasal dari adanya suatu proses dekomposisi dari bahan organik. Serta menurunnya jumlah suatu oksigen menjadi nol sehingga akan memudarkan warnanya.

Tetapi air limbah yang tidak menimbulkan suatu warna tertentu bukan berarti tidak berbahaya. Itulah sebuah cara penanganan limbah padat anorganik.

5. Bersifat Kekeruhan

Air limbah akan terlihat sangat keruh jika disebabkan oleh zat organik, lumpur, tanah liat,serta organisme  yang mengapung di atasnya. Sehingga akan membutuhkan waktu yang sangat cukup lama untuk mengendap.

Semakin keruh air di suatu limbah maka akan semakin besar juga kandungan suatu limbah. Walaupun diidentifikasi dengan sebuah sekilas saja. Serta cara penanganan limbah padat anorganik.

Itulah Ulasan mengenai sebuah cara penanganan limbah padat anorganik. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuannya. Serta menjadi pembelajaran untuk anda. Sekian Dan Terima Kasih.

The post Cara Penanganan Limbah Padat Anorganik appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2390
Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup http://usaharumahan.id/tujuan-pengelolaan-lingkungan-hidup/ Tue, 12 Feb 2019 06:41:50 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2385 Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tujuan Pengelolaan lingkungan hidup adalah mutlak dilakukan karena lingkungan sangat mempengaruhi kehidupan Manusia. Kehidupan manusia di muka bumi ini tidak terlepas dari sebuah peran serta lingkungan. Sebagaimana manusia merupakan bagian dari suatu lingkungan. Bersama-sama dengan sebuah tumbuhan, hewan,serta mikroorganisme yang telah menjadi satu musim rantai makanan yang tidak akan terpisah. Untuk itulah demikian, manusia … Continue reading "Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup"

The post Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Tujuan Pengelolaan lingkungan hidup adalah mutlak dilakukan karena lingkungan sangat mempengaruhi kehidupan Manusia. Kehidupan manusia di muka bumi ini tidak terlepas dari sebuah peran serta lingkungan.

Sebagaimana manusia merupakan bagian dari suatu lingkungan. Bersama-sama dengan sebuah tumbuhan, hewan,serta mikroorganisme yang telah menjadi satu musim rantai makanan yang tidak akan terpisah.

Untuk itulah demikian, manusia harus memanfaatkan suatu sumber daya alam secara tepat, agar lingkungan tetap lestari dan sehat. Maka ada tujuan pengelolaan lingkungan hidup yang diterapkan.

A. Pengertian Dari Lingkungan

Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar manusia. Serta yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.

Lingkungan bisa dibedakan menjadi sebuah lingkungan biotik (benda yang hidup). Misalnya sebuah manusia, hewan,serta tumbuhan dan lingkungan  abiotik (benda mati).

Seringkali lingkungan ini yang terdiri dari sesama manusia disebut juga sebagai lingkungan sosial. Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang sangat besar peranannya.

B.Lingkungan Yang Hidup

Secara lebih khusus, kita sering menggunakan suatu istilah lingkungan hidup. Untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap suatu kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi.

Adapun berdasarkan  dalam sebuah UU No. 23 Tahun 1997. Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan dari ruang dengan semua benda. Serta dan kesatuan dari makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia.

Kerusakan Terhadap Lingkungan Hidup

Berdasarkan suatu faktor penyebabnya, bentuk suatu kerusakan lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

1.Kerusakan Dalam Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam.

Berbagai bentuk jenis bencana alam yang akhir-akhir ini banyak melanda Indonesia. Yang telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup. Dahsyatnya suatu gelombang tsunami yang memporandakan bumi.

Serambi Mekah serta Nias, serta gempa kekuatan 5 skala Ritcher yang meratakan kawasan DIY dan sekitarnya. Merupakan contoh suatu fenomena alam yang dalam sekejap mampu merubah bentuk muka bumi.

2.Kerusakan Lingkungan Hidup Karena Faktor Manusia.

Manusia sebagai suatu penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai suatu makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi.

Mampu merubah sebuah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Namun sayang sekali seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi pemikiran.

Serta akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak sebuah kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup.

Dampak Dari Pembangunan Terhadap Struktur Tanah

Aspek lingkungan adalah suatu dimensi khusus yang sebenarnya berfungsi sebagai alat penjaga dan penyelaras pola pembangunan. Terutama dari peran suatu lingkungan yang mensejahterakan.

Serta dan melindungi kehidupan manusia. Setidaknya dalam pembangunan yang berkelanjutan mensyaratkan sebuah 3 aspek pembangunan. Yaitu, aspek ekonomi, sosial budaya,serta lingkungan.

Tanah ini secara umum merupakan suatu benda alami heterogen. Yang terdiri atas sebuah komponen-komponen padat, cair, gas, serta mempunyai sifat serta perilaku yang dinamik.

Tanah merupakan suatu akumulasi tubuh alam yang bebas yang menduduki sebagian besar permukaan bumi. Serta dan mempunyai sifat-sifat sebagai akibat dari pengaruh iklim dan organisme.

Yang bekerja pada suatu batuan induk pada relief tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Dari berbagai unsur yang terkandung didalamnya, tanah merupakan suatu unsur yang penting dalam Geografi.

Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Tujuan dari pengelolaan lingkungan hidup adalah untuk menjaga kelestarian tempat tinggal dan lingkungan sekitar. Gerakan lingkungan hidup di negara Indonesia telah dimulai pada tahun 1960-an.

Sebuah tonggak sejarah dalam gerakan ini ialah diselenggerakannya Seminar Pengelolaan Lingkungan Hidup. Serta dan dari Pembangunan Nasional oleh Universitas Padjadjaran dalam bulan Mei 1972.

Sebulan sebelum diadakan Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup di Stokholm. Tonggak sejarah lain adalah diangkatnya suatu seorang Menteri Negara Lingkungan Hidup pada tahun 1987.

Dengan pengangkatan ini Lingkungan Hidup merupakan bagian resmi dari kebijakan pemerintah. Dengan masuknya suatu lingkungan hidup sebagai bagian kebijakan pemerintah pembangunan ekonomi.

Diisyaratkan untuk berwawasan dalam lingkungan. Serta dengan tujuan untuk menghasilkan pembangunan berkelanjutan, yaitu pembangunan yang berkesinambungan. Serta tujuan pengelolaan lingkungan hidup.

Yang tidak mengalami suatu keambrukan karena rusaknya lingkungan hidup. Pembangunan yang telah menyebabkan kerusakan suatu lingkungan yang parah dan luas yang mengancam berlanjutnya pembangunan.

Kerusakan suatu lingkungan hidup dan dampaknya yang parah. Menunjukkan bahwa sistem dalam pengelolaan lingkungan hidup kita telah gagal membuat pembangunan kita berwawasan lingkungan.

Lingkungan adalah suatu berasal dari sebuah kata lingkung yaitu sekeliling sekitar. Lingkungan adalah suatu bulatan yang sudah melingkupi atau melingkari, sekalian yang terlingkung dalam sebuah daerah sekitarnya.

Menurut dalam ensiklopedia Umum (1977) lingkungan adalah alam sekitar termasuk orang-orangnya dalam hidup pergaulan. Yang mempengaruhi sebuah  manusia sebagai anggota masyarakat dalam kehidupan.

Itulah ulasan mengenai sebuah Tujuan pengelolaan lingkungan hidup. Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Serta menjadi pembelajaran bagi anda. Sekian dan Terima Kasih.

The post Tujuan Pengelolaan Lingkungan Hidup appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2385
Cara Mengatasi Sampah Plastik http://usaharumahan.id/cara-mengatasi-sampah-plastik/ Tue, 12 Feb 2019 04:50:15 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2381 Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia Cara Mengatasi Sampah plastik di indonesia adalah wujud barang atau sisa sebuah makanan yang sudah tidak terpakai. Menurut sebuah UU Dasar Negara Republik Indonesia No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Menyebutkan bahwa sampah ini adalah sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi … Continue reading "Cara Mengatasi Sampah Plastik"

The post Cara Mengatasi Sampah Plastik appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia

Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia

Cara Mengatasi Sampah plastik di indonesia adalah wujud barang atau sisa sebuah makanan yang sudah tidak terpakai. Menurut sebuah UU Dasar Negara Republik Indonesia No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Menyebutkan bahwa sampah ini adalah sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat. Serta berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai.

Jenis Sampah

Jika kita sedang berada di tempat yang umum tentunya kita menemukan pembagian wujud sampah. Sampah yang terbagi tersebut digolongkan menurut asal mula suatu sampah itu muncul.

Menurut jenisnya sampah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut.

Sampah Bersifat Organik

Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia

Sampah organik adalah jenis suatu sampah yang berasal dari unsur keanekaragaman hayati. Komponen biotik ini merupakan penyebab sampah organik trsebut berasal. Serta dapat di  daur ulang kembali.

Karakteristik dari sampah organik adalah dapat terurai secara alami tanpa proses pembakaran. Dekomposisi yang terjadi di sampah jenis organik ini sangat baik sehingga tidak mengancam kelestarian lingkungan.

Sampah organik paling determinan disebabkan melalui suatu sampah buangan rumah tangga. Jenis sampah tersebut antara lain sebagai sisa-sisa makanan dan sisa bahan masakan.

Adapun juga jenis sampah organik dari tumbuhan berupa buah yang jatuh kemudian membusuk serta daun-daun yang telah mengering. Sampah organik yang berasal dari hewan ini adalah jasad-jasad renik.

Cara Mengatasi Sampah

1. Pilih untuk menggunakan kembali saat membeli suatu tas belanja dan botol air kemasan. Tas kain dan botol logam ini yang dapat digunakan kembali tersedia secara lokal dengan harga terjangkau.

2. Menolak suatu kemasan satu porsi, kelebihan kemasan, sedotan, dan Serta kantong plastik ‘sekali pakai’ lainnya. Bawa peralatan yang dapat digunakan kembali di tas, ransel, atau suatu mobil.

3. Kurangi suatu plastik sehari-hari seperti kemasan kresek, kotak styrofoam, dan gelas plastik. Ganti dengan sebuah kotak makan siang yang dapat digunakan ulang yang berisi termos.

4. Bawa tumbler Anda ke sebuah kedai kopi, toko smoothie, atau restoran yang memungkinkan menggunakannya. Ini merupakan cara yang terbaik untuk mengurangi tutup, gelas plastik, serta atau gelas berlapis plastik.

5. Beralihlah ke musik digital yang tak memerlukan sebuah kemasan plastik untuk CD atau DVD. Belilah musik dan video secara lebih online.

Sampah Berjenis Anorganik

Sampah anorganik adalah jenis suatu sampah yang bukan berasal dari makhluk hidup. Jenis Sampah anorganik ini berasal dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Limbah anorganik ini sebagian besar berasal dari plastik. Sampah plastik  ini tidak dapat terurai dengan baik. Memerlukan waktu hingga sekitar 200 tahun untuk menguraikan sampah plastik secara alami.

Sampah plastik ini dapat dipercepat dekomposisinya dengan cara dibakar atau didaur ulangkan. Serta cara mengatasi sampah di indonesia yng sangat begitu banyak sekali.

Dampak  Dari Sampah Plastik

Sampah plastik menyebabkan suatu dampak yang merugikan bagi kehidupan manusia. Serta bagi seorang makhluk hidup yang lain. Dampak yang dihasilkan sampah plastik sangat beragam.

Menganggu Kesehatan Pada Manusia

Pada dasarnya pengelolaan suatu sampah yang tidak baik dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Tidak terkecuali lagi sampah plastik yang mampu mengganggu kesehatan manusia.

Dampak suatu kesehatan yang terganggu karena pengolahan sampah plastik. Bagi kesehatan pada manusia adalah mudah terserang penyakit seperti diare, tifus, demam berdarah, jamur,serta cacing pita.

Penyakit Yang Di Timbulkan

Penyakit Diare

Sampah plastik ini dapat menyebabkan diare bagi manusia. Sampah plastik yang telah terkumpul hingga jumlahnya tidak dapat terbendung lagi mengakibatkan menjadi sarang bagi tumbuh kembang lalat.

Lalat ini merupakan hewan jenis serangga yang suka bergerumul di tempat-tempat yang kotor. Apabila lalat ini sudah menyentuh makanan yang hendak kita makan maka kita berpotensi besar terkena diare.

Terserang Tifus

Tifus adalah jenis sebuah penyakit yang menyerang pencernaan manusia. Tifus juga ditandai dengan gejala demam yang tinggi. Seperti layaknya sebuah penyakit diare, tifus berasal dari lalat yang sangat kotor.

Terjangkit Demam Berdarah

Penyakit ini selanjutnya yang berasal dari sampah plastik adalah penyakit demam berdarah. Demam berdarah berasal dari gigitan sebuah nyamuk Aides Aygepti. Penyebab cara mengatasi sampah plastik di indonesia.

Hubungan dari nyamuk tersebut dengan sampah plastik adalah. Nyamuk jenis tersebut suka melakukan suatu perkembang biakan di genangan air. Sifat plastik adalah ini tidak dapat ditembus air.

Jamur Atau Panu

Penyakit Jamur disini yang dimaksud adalah suatu jamur yang menyerang pada sebuah kulit manusia. Jamur dapat berkembang biak melalui suatu sampah plastik. Apabila sampah plastik tersebut itu tersentuh.

Virus Cacing Pita

Sebuah Cacing  dapat disebabkan karena tumpukan suatu sampah plastik. Hewan ini  berkembang biak di dalam sampah plastik yang kemudian dimakan oleh hewan ternak. Serta cara mengatasi sampah plastik.

Cacing pita tidak dapat dicerna dan tetap hidup di dalam semua hewan ternak. Bahkan ketika sebuah hewan ternak tersebut dimasak dan dikonsumsi oleh manusia. Dan cara mengatasi sampah plastik.

Itulah ulasan mengenai sebuah cara mengatasi sampah plastik di indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan berguna sebagai wawasan bagi anda. Serta bisa menjadi pembelajaran. Sekian Dan Terima Kasih.

The post Cara Mengatasi Sampah Plastik appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2381
Daur Ulang Botol Plastik Dan Pembuatannya http://usaharumahan.id/daur-ulang-botol-plastik-dan-pembuatannya/ Tue, 12 Feb 2019 03:22:31 +0000 http://usaharumahan.id/?p=2373 Daur Ulang Botol Plastik Dan Cara Pembuatannya Daur ulang botol plastik  adalah salah satu cara untuk menggunakan suatu barang bekas untuk dipakai kembali. Serta menjadi barang yang serba bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi barang kembali. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya suatu pencemaran lingkungan akibat dari sampah plastik yang dibuang sembarangan. … Continue reading "Daur Ulang Botol Plastik Dan Pembuatannya"

The post Daur Ulang Botol Plastik Dan Pembuatannya appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
Daur Ulang Botol Plastik Dan Cara Pembuatannya

daur ulang botol plastik dan cara pembuatannya

Daur ulang botol plastik  adalah salah satu cara untuk menggunakan suatu barang bekas untuk dipakai kembali. Serta menjadi barang yang serba bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi barang kembali.

Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya suatu pencemaran lingkungan akibat dari sampah plastik yang dibuang sembarangan. Serta daur ulang botol plastik dan cara pembuatannya.

sampah yang dibuang secara sembarangan dapat menjadikan lingkungan yang di sekitar kita kotor dan dapat menyumbat saluran air. Selain itu pula, penumpukan suatu sampah juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

Hal ini dikarenakan sampah anorganik ini tidak dapat diuraikan, contohnya adalah sebuah plastik. Berbeda dengan sampah organik yang dapat diuraikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai suatu pupuk alami.

Oleh karena itu juga, salah satu alternatif yang terbaik adalah dengan melakukan daur ulang barang – barang bekas. Serta yang termasuk kelompok barang anorganik sehingga dapat dikelola dengan baik.

Salah satu caranya adalah dengan memisahkan suatu tong sampah yang organik, anorganik, sisa makanan dan plastik. Dan juga membedakan antara jenis dan bentuk dari sampah tersebut.

Dengan adanya suatu daur ulang ini diharapkan dapat mengatasi pencemaran lingkungan. Serta dan membuka peluang baru bagi masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

Selain mengatasi suatumasalah lingkungan anda juga turut memajukan bangsa secara ekonomi. Sehingga mengurangi jumlah suatu pengangguran di negeri ini. Serta daur ulang botol plastik dan cara pembuatannya.

Sampah juga merupakan salah satu jenis penyebab timbulnya berbagai masalah di lingkungan kita. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan penumpukan suatu sampah dapat membusuk.

Salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan. Seperti tidak membuang sampah sembarangan dan mengkotori lingkungan sekitar.

Serta mengumpulkan botol atau plastik bekas untuk diolah kembali atau dibuat kerajinan. Dengan demikian ini dapat mengatasi penumpukan sampah yang dapat mencemari lingkungan di sekitar kita.

Manfaat Dari Daur Ulang Barang Bekas

1. Membuka Lapangan Kerja Yang Baru

Seiring dengan berkembangnya sebuah zaman, kini kemajuan suatu teknologi sangat pesat. Kini peluang untuk mendapatkan suatu pekerjaan pun sangatlah tidak mudah.

Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan semakin banyaknya suatu persaingan antar para pencari kerja. Jumlah pencari kerja ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.

Kini anda harus lebih berani untuk menampilkan suatu ketrampilan anda untuk menjadi seorang pengusaha. Anda pasti juga akan bangga jika anda bisa menjadi bos dan membantu mereka para pencari kerja.

Sehingga dapat juga mengurangi jumlah pengangguran. Serta dan anda membantu mencegah adanya pencemaran lingkungan dengan melakukan daur ulang barang bekas.

2. Meningkatkan Sebuah Pendapatan Masyarakat

Dengan dibukanya suatu peluang usaha maka dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya. Hal ini dikarenakan daur ulang barang bekas ini dapat bernilai ekonomi dan dapat diperjualbelikan.

3. Mencegah Serta Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Daur ulang ini menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Mengapa begitu? Dengan adanya suatu daur ulang kita bisa memanfaatkan botol plastik.

4. Mencegah Timbulnya  Berbagai Penyakit

Tumpukan sampah ini dapat menyebabkan sumber penyakit. Oleh karena itu juga, anda harus pandai memilah suatu sampah. Alangkah baiknya jika dibuat suatu tong yang berbeda untuk memisahkan sampah.

Pemanfaatan Sampah

daur ulang botol plastik dan cara pembuatannya

1.Penahan Charger Sebuah Handphone

Dengan begini kamu tidak perlu melihat sebuah handphonemu bergeletakan lagi di lantai. Karna kamu bisa membuat kerajinan dari sampah botol plastik.

2. Segel Dari Plastik

Salah satu manfaat dari sebuah botol bekas yang cukup praktis adalah membuatnya sebagai penutup plastik. Yang kamu perlukan hanyalah memotong pada bagian atas botol dan menaruhnya pada plastik yang terisi.

Cara Daur Ulang Sampah Barang Bekas

Banyak sekali sering kita jumpai barang – barang bekas yang dibuang begitu saja di sungai. Namun kini anda dapat menggunakan suatu daya kreativitas anda untuk memanfaatkan barang – barang bekas.

Salah satu contohnya adalah sjuatu plastik bekas detergen, sabun, minyak, molto, pewangi, susu serta lain – lain anda olah menjadi beberapa jenis macam tas, dompet dengan ukuran yang bervariasi.

Selain itu juga, anda juga dapat menggunakannya untuk membuat suatu tempat pensil, taplak meja serta lain – lain. Serta daur ulang botol plastik dan cara pembuatannya.

Beragam barang bekas ini selain plastik adalah kardus, botol minuman dan lain – lain. Kardus juga dapat anda olah menjadi sebuah tas dengan dilapisi kertas kado sehingga akan tampak lebih menarik.

Bahan kardus bekas ini juga dapat anda manfaatkan untuk tempat buku, mainan pazzel, dan topi. Selain itu juga, anda juga dapat membuat miniatur rumah, mainan mobil – mobilan, robot, kapal,serta topeng.

Itulah ulasan mengenai sebuah Daur ulang botol plastik dan cara pembuatannya. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuannya. Sekian dan Terima Kasih.

The post Daur Ulang Botol Plastik Dan Pembuatannya appeared first on Usaha Rumahan.

]]>
2373