Udang Asam Manis Praktis dan Enak Hanya Disini !

Udang merupakan salah satu kekayaan laut yang banyak terdapat di Indonesia. Membuat udang asam manis praktis pun sangat mudah.

Selain dikonsumsi sebagai lauk pauk, udang juga dikonsumsi sebagai bahan makanan lain, contohnya terasi dan kerupuk.

Nah kali ini saya akan kasih tau cara masak udang asam manis yang bisa kamu buat dirumah. Sebelum saya kasih tau cara membuat udang asam manis praktis,kita harus tau dulu manfaat memakan udang.

Resep Udang Asam Manis Praktis

Resep udang asam manis yang pertama nih klian pada penasaran kan. Silahkan simak di bawah ini aja deh, de cermati ya guys jika kalian bingung kalian pelajari lagi deh pasti bisa kok.

Bahan Untuk Membuat Udang Asam Manis Praktis

  • 2sdm margarin
  • 500g udang pacet, belah punggung
  • 2sdm Bango Kecap Manis
  • air jeruk nipis 2sdm
  • 1sdm air asam jawa
  • 1sdt gula merah
  • Royco Kaldu Ayam 1sdt 

Bumbu halus

  • 8butir bawang merah
  • 6buah cabai merah
  • 4siung bawang putih
  • 1buah bawang bombay
  • 1buah tomat, buang biji

Cara Membuat Udang Asam Manis

  1. Bumbu halus: Masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses hingga halus.
  2. Panaskan margarin, tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Masukkan udang dan masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan Kecap bango Manis, air jeruk nipis, air asam jawa, gula merah, dan Royco Kaldu Ayam. lalu Aduk rata.
  5. Masak hingga udang matang. Angkat dan sajikan.

Resep Udang Asam Manis

Gimana udah paham resep yang diatas, masih dengan tema sama yang ini mungkin referensi dari resep yang di atas dah. caranya tetap sama kok yang bedain cuma bahanya ada bahan yang di atas nggak ada.

Bahan Untuk Membuat Udang Asam Manis

  • 300 gr udang, kupas kepala dan kulitnya
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu Halus

  • Siapkan 1 buah wortel, potong korek api1 buah paprika, potong korek api (optional)
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah cabai merah, potong-potong
  • 1 buah cabai hijau, potong-potong
  • 5 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • Gula, garam dan merica secukupnya.

Cara Membuat Udang Asam Manis

  1.  Lumuri udang dengan air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10 menit, bilas sampai bersih.Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu.
  2. Masukkan cabai merah dan hijau serta sayuran lain. Tumis sebentar, lalu tuang sedikit air.
  3. Masak sampai mendidih dan air habis.
  4. Masukkan udang kemudian masak hingga matang atau berubah warna.
  5. Tuang semua bahan saus dan tuang sedikit air. Masak sampai mendidih dan tercampur rata.
  6. Tambahkan gula, garam dan merica bubuk secukupnya. Masak hingga bumbu meresap dan sedap.

Resep Udang Asam Manis Saus Tiram

Udah tau kan resep udang asam manis di atas nah sekarang nih, bisa menjadi referensi berikutnya yaitu resep udang asam manis saus tiram. Penasaran kan langsung baca aja deh.

Bahan Untuk Membuat Udang Asam Manis Saus Tiram

  • 1/2 kg udang basah yang bagus
  • 3 siung bawang merah, diiris iris dulu
  • 2 siung bawang putih, diiris iris dulu
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 siung bawang bombay, diiris iris tipis dulu
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan mentega
  • 3 sendok makan kecap manis merek apa saja
  • bumbu penyedap secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Udang Asam Manis Saus Tiram  Pedas

  1. Pertama-tama Udang dibersihkan dulu dengan cara dipotong potong sedikit pada ujung kepalanya, jangan dikupas kulitnya.kemudian Cuci bersih dan sisihkan.
  2. kemudian Bawang merah dan bawang putih dicuci terlebih dahulu sampai bawang menjadi benar benar bersih kemudian digiling dan dihalus menggunakan sebuah blender.
  3. Setelah itu siapkan wajan, kemudian masukan minyak goreng kedalam wajan , lalu tambahkan juga mentega, tumis bawang bombay dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan blender, hingga  tercium bau harum pada bumbu.
  4. Masukkan juga udang, Kemudian Berikan juga kecap manis, saus tiram, garam dan bumbu penyedap, lalu aduk hingga semuanya tercampur dengan merata. Kemudian Goreng hingga semuanya matang.

Resep Udang Asam Manis Saus Tiram Ala Ala Restoran

Udah baca kan resep di atas tentang resep udang asam manis praktis, resep udang asam manis yang sama sih seperti resep udang asam manis praktis yang membedakan adalah bahannya aja.

ada bahan yang ada di resep udang asam manis yang pertama. rasany tentu berbeda lah ya. Serta resep udang asam manis saus tiram dan udang asam manis saus tiram ala ala restoran.

Dilihat dari judulnya aja udah beda tentu rasanya juga sangat berbeda silahkan aja sih mau buat yang mana. Kalo soal rasa pasti enak deh ya walaupun beda tangan beda rasa.

tetapi kalian juga harus belajar, utuk resep udang asam manis saus tiram ala ala restoran silahkan kalian simak resep di bawah ini ya temen temen pahami dengan seksama.

Bahan Udang Asam Manis Saus Tiram Ala Restoran

  • 200 gr Udang segar
  • 1 genggam Kacang Kapri muda
  • 1/4 siung Bawang Bombay, iris tipis
  • 80 ml Air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Udang Saus Tiram

  • 1 ruas Jahe, memarkan
  • 1 sdm Saus Tomat
  • 2 sdm Saus Sambal
  • 3 sdm Saus Tiram
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Udang Asam Manis Saus Tiram

  1. Goreng Bawang bombay hingga layu.
  2. Tambahkan jahe, kemudian tumis sampai harum.
  3. kemudian Masukkan kacang kapri dan 2 sdm air, masak sampai matang.
  4. Tambahkan udang segar, masak sampai berubah warna.
  5. lalu Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, merica, garam dan sisa air.
  6. Masak hingga bumbu merasuk dan agak kental.
  7. Angkat dan sajikan hangat.

Tips Cara Memasak Udang dengan benar

  1. Jika menumis atau menggoreng udang, masaklah udang dengan cara cepat menggunakan api besar untuk mempertahankan rasa asli manis dan gurih pada udang.
  2. Jika memasak udang dengan kulitnya sekaligus, masaklah udang agak lebih lama dibanding memasak udang yang sudah dikupas kulitnya.
  3. Untuk memasak udang rebus, masukkan udang ke dalam panci yang berisi air mendidih, tambahkan sedikit garam, dan tutup panci.kemudian Masak hingga mendidih sebentar sampai warna udang berubah menjadi kemerahan.
  4. Jika udang yang sudah direbus sudah matang, jangan diamkan terlalu lama didalam panci yang berisi air mendidih tadi. Langsung celupkan udang ke dalam air dingin atau air dengan suhu yang sedang agar proses masaknya terhenti. Jika didiamkan terlalu lama pada panci, udang akan mengeras dan menjadi matang.
  5. Jika udang sudah digoreng atau ditumis, setelah udang matang langsung letakkan di piring untuk mencegah proses masak yang berlanjut.
  6. Pilihlah bumbu masak yang tepat untuk membuat udang supaya menjadi semakin lezat.

Gimana udah paham kan cara membuat udang asam manis praktis. Bila belum paham kalian bisa mampir ke ulasan saya yang lain tentang masak udang asam manis.

Dan jika temen temen berkenan mampir juga ke ulasan saya yang lain usaha makanan ringan serba 1000. Jadi silahkan kalian mampir ya.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Wajah Agar Terlihat Lebih Bersih

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Wajah – Kalian mungkin sudah sering mendengar tentang minyak kemiri. Biasanya, minyak kemiri berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Pada Zaman dulu, banyak orang tua yang mengoleskan minyak kemiri ke rambut anaknya agar rambut anak menjadi hitam dan tebal.

Pada saat ini, sudah banyak produk kecantikan rambut maupun kulit yang mengandung minyak kemiri. Tak jarang, minyak kemiri juga dimanfaatkan sebagai minyak urut.

Cara membuat minyak kemiri untuk wajah sangat mudah, kalian bisa membuatnya sendiri dirumah seperti halnya kalian membuat agar – agar di rumah.

Jika kalian belum mengetahui cara membuat minyak kemiri untuk wajah, simaklah artikel cara membuat minyak kemiri untuk wajah berikut.

3 Cara Membuat Minyak Kemiri  Untuk Wajah Yang Perlu Anda Ketahui

1. Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Wajah Dengan Cara Bakar Sendiri

Cara membuat kemiri yang pertama adalah dengan cara dibakar. Proses dibakar merupakan proses yang bisa dibilang mudah. Tetapi karena prosesnya dibakar maka ketika pemakaian saat perawatan hindari mengenai pakaian karena akan berbau kemiri yang dibakar.

Berikut ini proses cara membuat minyak kemiri dengan di bakar.

  1. Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Bakarlah biji kemiri sampai benar-benar gosong seperti membuat arang.
  3. Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri sampai keluar cairan minyaknya.
  4. Kemudian masukkanlah minyak kemiri dalam wadah tertutup.
  5. Minyak kemiri yang anda buat sudah siap di gunakan.

2. Cara Membuat Biji Kemiri Dengan Diperas

Cara membuat minyak kemiri yang kedua yaitu dengan cara diperas. Proses ini memakan waktu sedikit lama karena perlu didiamkan selama 24 jam. Ikutilah langkah – langkah di bawah ini.

  1. Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Kalian bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan memblendernya.
  3. Setelah diparut atau diblender, peras biji kemiri sembil menambahkan air sedikit demi sedikit.
  4. Taruhlah air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh.
  5. Setelah disimpan 24 jam maka masaklah air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.
  6. Minyak kemiri yang kalian buat sudah jadi.

Kekurangan dari proses peras ini adalah minyak kemiri yang dihasilkan hanya sedikit serta membutuhkan waktu yang lama. Tapi minyak yang dihasilkan akan bening sehingga tidak akan mengotori apapun.

3. Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Disangrai

Metode ini merupakan proses yang paling singkat dibandingkan dengan yang lainnya. Ikutilah langkah – langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan biji kemiri yang sudah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Sangrai biji kemiri kedalam wajan tanpa minyak hingga matang.
  3. Biji kemiri yang tsudah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus atau diblender.
  4. Lalu setelah biji kemiri dihaluskan, peras dengan menggunakan air.
  5. Minyak kemiri siap digunakan.

Apa Itu Minyak Kemiri?

Apakah kalian pernah mendengar tentang minyak kemiri? Minyak kemiri adalah minyak yang didapatkan dari proses ekstraksi biji kemiri. Biji kemiri sendiri sangat mudah ditemui di negara dengan iklim tropis salah satunya Indonesia.

Minyak kemiri yang dihasilkan di Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus dan gtidak kalah dari minyak kemiri yang dihasilkan oleh negara lain. Pohon kemiri juga bisa kalian temukan diberbagai negara tropis lainnya seperti Malaysia, Singapore, Thailand , dan semua negara di bagian Asia Tenggara .

Pohon kemiri diperkirakan awalnya berasal dari kepualau Hawai.Biji kemiri bisa diolah menjadi berbagai produk yang berguna bagi kehidupan manusia.

Salah satu produk olahan dari biji kemiri yang terkenal yaitu minyak kemiri untuk rambut. Minyak kemiri sudah terkenal dan dimanfaatkan sejak zaman dahulu sebagai herbal alami untuk merawat dan menebalkan rambut.

Minyak kemiri memliki berbagai manfaat yang berguna untuk tubuh. Untuk lebih mengetahuinya simak artikel berikut.

Berbagai Macam Manfaat Minyak Kemiri Yang Perlu Anda Ketahui

Minyak kemiri berasal dari tumbuhan yang disebut jugsa dengan Aleurites moluccana. Tumbuhan ini berasal dari Hawaii dan  diambil bijinya untuk dimanfaatkan menjadi minyak dan jadilah minyak kemiri. Minyak kemiri sendiri sudah sejak lama dimanfaatkan untuk kesehatan rambut dan juga kulit. Berikut ini adalah manfaat minyak kemiri.

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Kemiri mengandung asam lemak yang kemudian diekstrak menjadi minyak kemiri. Karena kandungannya ini, minyak kemiri berguna untuk melembabkan kulit yang kering.

Minyak kemiri bisa masuk dan meresap ke dalam pori-pori kulit dengan mudah, sehingga dapat menutrisi kulit. Kulit yang di olesi minyak kemiri akan menjadi lebih halus dan kenyal. Kalian juga tidak perlu khawatir, karena minyak kemiri tidak akan meninggalkan bekas minyak pada kulit.

2. Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Selain menngandung asam lemak, minyak kemiri juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Ketiga vitamin ini bisa berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat diterima kulit dari berbagai sumber di lingkungan, seperti dari sinar matahari, angin, debu, dan partikel dari lingkungan lainnya.

3. Membantu Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Minyak kemiri juga berfungsi dalam menyembuhkan masalah kulit tertentu. Seperti, kulit pecah-pecah, kulit kering, iritasi ringan pada kulit, luka, luka bakar, eksim, bekas luka, lesi, jerawat, dan lain sebagainya. Kandungan asam lemak dan antioksidan dalam minyak kemiri mungkin dapat membantu dalam mengatasi masalah kulit tersebut.

4. Mengurangi Rambut Rontok

Apakah rambut kalian sering rontok dalam jumlah banyak? Jika rambut rontok dalam jumlah sedikit mungkin umum terjadi pada setiap orang. Tetapi, jika rambut sering rontok dalam jumlah banyak, mungkin ini merupakan masalah untuk kalian.

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi rambut rontok dalam jumlah banyak adalah dengan menggunakan minyak kemiri.

Oleskan minyak kemiri pada rambut kalian setiap hari. Minyak kemiri dipercaya bisa mengurangi bahkan mencegah rambut rontok dari akarnya.

Kandungan protein dan mineral dalam minyak kemiri juga dapat membantu menguatkan akar rambut kalian. Selain itu, menggunakan minyak kemiri juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut baru.

5. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Salah satu kelebihan minyak kemiri ialah dapat mencukupi kebutuhan nutrisi rambut. Minyak kemiri merupakan salah satu minyak nabati yang dapat mencukupi kebutuhan asam lemak tak jenuh tubuh manusia.

Rambut membutuhkan nutrisi dan asam jenis ini agar bisa tumbuh lebih baik dan sehat. Jika keberadaan asam ini kurang, maka kondisi rambut lebih tipis dan terlihat tidak sehat juga terawat.

6. Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala

Minyak kemiri sendiri juga mengandung asam amino dan juga asam lemak yang bisa menembus batang rambut dan kulit kepala kalian.

Hal ini menjadikan rambut dan kulit kepala kalian menjadi lebih sehat. Minyak kemiri dapat membuat rambut kalian tampak berkilau, mempertahankan warna asli rambut, dan ditambah lagi membuat rambut lebih tebal dan halus. Selain itu, minyak kemiri juga dapat mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe.

Yahh, itulah artikel tentang cara membuat minyak kemiri untuk wajah yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat untuk kalian, sekian dan selamat mencoba.

 

Cara Membuat Cilok Sederhana dan Praktis untuk Makanan Camilan

Cara Membuat Cilok Sederhana – Siapa yang tidak kenal cilok ? Makanan ringan murah yang disukai semua kalangan memang makanan ringan wajib. Sungguh aneh jika di depan sekolah atau kampus bahkan kantor tidak terlihat seperti tenaga penjualan cilok. Padahal Cara Membuat Cilok Sederhana ini mudah dibuat,sebenarnya.

Cilok sendiri sama dengan jajanan pinggir jalan lainnya, tidak jelas dari mana asalnya. Tetapi banyak yang mengatakan bahwa cilok berasal dari Bandung.  Penamaan cilok, dilaporkan dari Wikipedia, berasal dari kata aci dicolok. Dikatakan karena bahan utamanya adalah tepung tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci dan disajikan dengan pencabutan.

Cilok adalah camilan bundar dengan tekstur kenyal. Hampir sama dengan bakso, tetapi bahan dasarnya berbeda. Jika komposisi bakso banyak daging dengan sedikit tepung, maka balikkan saja. Banyak tepung memiliki sedikit daging, beberapa bahkan tidak memiliki daging sama sekali. Sebab itu tekstur cilok lebih kenyal dibandingkan bakso.

Pada artikel Cara Membuat Cilok Sederhana ini Akan saya bagikan Cara Membuat Cilok Sederhana yang bisa anda buat di Rumah. Penasaran bagaimana Cara Membuat Cilok Sederhana ? Simak Cara Membuat Cilok Sederhana berikut ini

Cara Membuat Cilok Sederhana

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

Cilok memang beragam jenis dan variasinya. Meskipun beragam, tetapi Cara Membuat Cilok Sederhana tidak jauh berbeda dengan cara membuat bumbu sampai cara membuat fillet yang enak. Berikut ini Cara Membuat Cilok Sederhana, simak dan amati langkah – langkahnya.

Bahan untuk Cara Membuat Cilok Sederhana

  • Tepung terigu 100 g.
  • Tepung tapioka 100 g.
  • Bawang putih 1 siung (haluskan).
  • Daun bawang perai 1 tangkai (diiris halus).
  • Lada bubuk sdt.
  • Gula Pasir, sdt.
  • Penyedap sapi 1 sdt.
  • Garam 1 sdt.
  • 200 ml air panas.

Langkah dan Cara Membuat Cilok untuk Cara Membuat Cilok Sederhana

  1. Campur tepung dengan bawang putih, daun bawang, bubuk lada, gula pasir, perasa dan garam. Lalu tuangkan air panas perlahan sampai terasa campurannya cukup basah dan mengental.
  2. Lalu tambahkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan perlahan sampai merata. Lalu bentuk bulat kecil.
  3. didihkan air. Lalu masukkan cilok yang sudah dibentuk ke dalam air. Jika cilok sudah melayang maka tanda sudah matang.

Resep cilok, kami juga akan bersama-sama menjadikan bumbu sebagai pelengkap presentasi cilok. Ya, bumbu kacang.

Langkah dan Cara Membuat Bumbu Kacang untuk Cara Membuat Cilok Sederhana

Bahan untuk Bumbu Kacang, Cara Membuat Cilok Sederhana

  • Kacang 100 g. Goreng.
  • cabai rawit merah 7 buah.
  • Gula merah 4 sdm.
  • Bawang putih 2 siung.
  • Jus asam jawa 1 sdm.
  • Garam 1 sdt.
  • Minyak.
  • 200 ml air.

Langkah dan Cara Membuat Bumbu Kacang, Cara Membuat Cilok Sederhana

  1. Hancurkan kacang sampai halus, lalu tambahkan cabai, gula merah, bawang putih, jus asam dan garam.
  2. Setelah itu, tumis dengan sedikit minyak goreng. Tumis sampai baunya harum.

Cilok

cilok

Cilok adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan bahan pelengkap tambahan seperti bumbu kacang, kecap, dan saus. Cilok berbentuk bulat seperti bakso, hanya saja bahan dasarnya berbeda. Ada telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari basis tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Cilok untuk Bisnis ?

Tidak hanya sebagai camilan lezat, cilok juga bisa menjadi peluang bisnis. Pedagang cilok rata-rata adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.

Bahan Cilok

Bahan baku termasuk pati, bawang bumbu, dan beberapa bahan lainnya. Kemudian campur dengan ayam atau sapi menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat kecil seperti bola bakso.

Kenapa Dinamakan Cilok ?

Cilok adalah langkah dari kata aci dan dicolokkan. Dinamakan demikian karena bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya disajikan dengan pencabutan.

Perbedaan Cilok, Cimol dan Cireng

Cilok, cireng, dan cimol pasti tidak asing bagi kita. Makanan ringan dari Bandung, kini telah menyebar ke banyak kota. Cilok singkatan aci dicolokkan. Cireng singkatan aci goreng. Sedangkan cimol adalah singkatan dari aci yang digemol.

Aci adalah nama Sunda untuk pati. Aci adalah bahan utama untuk membuat cilok, cireng, dan cimol. Bumbu hampir sama. Karena terbuat dari aci, makanan ini saat digigit, rasanya agak kenyal. Jadi, yang terbaik adalah makan hangat.

Lalu, apa perbedaan antara ketiga camilan itu? Simak berikut ini

Cilok

Cilok dibuat dari tepung aci dicampur dengan air dan diaduk sampai menjadi adonan yang fleksibel dan liat. Adonan tersebut kemudian berbentuk bulat seperti bakso. Kemudian direbus atau dikukus.

Cilok matang ditusuk seperti sate, lalu dituang dengan bumbu kacang atau kecap. Ada juga cilok yang tidak ditusuk. Tetapi jika Anda ingin dimakan, cilok diambil dengan tusukan dari kayu atau bambu.

Dalam bahasa Sunda, ditusuk disebut dicolokkan. Nah, dari kata dicolok itu dibuat nama cilok atau aci dicolokkan.

Cimol

Cimol dibuat dari campuran tepung aci berbentuk bulat. Dalam bahasa Sunda, bentuk bundar disebut populer. Setelah dibentuk bulat, cimol digoreng. Sebelum dimakan, cimol ditaburi bubuk rasa.

Ada rasa gurih. Ada juga rasa pedas. Cimol biasanya dimakan menggunakan tusukan kayu seperti makan cilok. Jadi cimol adalah kombinasi cilok dan cireng. Ya, itu cilok, cireng, dan cimol.

Sekarang Anda tahu, apa bedanya? Cilok, cireng, dan cimol yang dijelaskan di atas adalah asli. Cilok, cireng, dan cimol sekarang lebih beragam, baik saus dan isinya. Jika aslinya tanpa isi, apa yang sekarang diisi dengan keju, daging, sosis atau daging kornet. Taburan untuk cimol juga memiliki rasa daging sapi lada hitam, balado, atau keju.

Mungkin sekian dahulu artikel Cara Membuat Cilok Sederhana dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Resep Cilok Bumbu Kacang yang Lezatnya Mantul, Mudah dan Praktis ! yang tentunya uenak banget. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.

Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Udah Dapat Untung ?

Usaha makanan ringan serba 1000 seperti siomay, batagor, sampai  seperti gorengan telah banyak menjamur. Dari perkotaan sampai perkampungan, jajanan kecil kecilan ini telah menjadi jajanan favorit semua kalangan.

Biasanya usaha makanan kecil kecilan ini dijajakan oleh pedagang kecil. Seperti pedagang kaki lima atau ibu-ibu rumah tangga yang tengah mencari pekerjaan sampingan.

Apakah Anda bisa juga membuka usaha ini? Tentu saja bisa. Cukup dengan modal kecil, Anda bisa memperjualbelikan makanan Anda dengan harga seribu rupiah saja.

Penasaran usaha makanan ringan serba 1000 apa bisa mendapat ke untungan so simak ulasan dibawah ini tentang usaha makanan ringan serba 1000.

Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Beneran dapet untung nggak ya kalo dijual dengan harga 1000. Penasaran simak aja ulasan di bawah ini tentang usha makanan ringan serba 1000.

1. Klepon

Klepon adalah salah satu makanan khas yang berasal dari indonesia, rasa kepon yang kenyal dan manis karena di dalamnya terdapat gula merah. Makanan klepon juga di sebut jajanan pasar

Karena klepon banyak sekali dijupai di pasar pasar tradisional yang ada di indonesia. Makanan klepon cukup terkenal karena rasanya yang enak dan manis.

Kepon juga disukai dari kalangan anak anak kecil hingga dewasa. dan ini bisa untuk buat anda buka usaha makanan ringan serba 1000. Karena untuk mendapatkan bahan klepon sangat mudah.

Ingin tau juga resep klepon dan cara membuatnya, so silahkan kalian simak dibawah ini ya temen temen, jika kurang jelas pelajari lagi ya temen temen.

Bahan Untuk Membuat Klepon

  • Tepung beras ketan 250 g
  • Tepung beras 50 g
  • Air mineral 1350 ml
  • Daun pandan secukupnya
  • Garam 1 sdt
  • Kelapa buah, parut kemudian kukus
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Gula pasir 3 sdm

Cara Membuat Klepon

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian di blender dengan air sekitar 200 ml untuk dijadikan pewarna alami. Sisihkan.
  3. Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Aduk hingga tercampur sempurna.
  4. Setelah itu tuangkan sedikit demi sedikit air pewarna, tuang sambil terus diaduk.Kemudian tuang sedikit demi sedikit air mineral 150 ml, tuang sambil terus diaduk.
  5. Jika adonan dirasa sudah cukup kental maka tidak perlu ditambahi air.
  6. Aduk hingga adonan hingga mencapai kekentalan yang pas untuk kemudian dibentuk seperti bola bola kecil dan diisi dengan bahan gula merah.
  7. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika adonan direbus tidak meluber keluar dari wadah.
  8. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  9. Ulangi poin 6 dan 7 hingga adonan habis.
  10. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  11. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  12. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa.
  13. Kemudian campur juga parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  14. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  15. Jajanan klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.

2. Onde Ondhe

Onde onde juga termasuk salah satu makanan khas dari indonesia, rasanya yang enak dan isian onde onde yang bermacam macam membuat siapa saja yang memakannya pada ketagihan ingin nambah lagi.

Sama seperti klepon onde onde juga termasuk dalam jajanan tradisional atau jajanan pasar karena banyak sekali di jumpai di pasar pasar yang ada di indonesia.

ingin menjadikan onde onde sebagai usaha makanan ringan serba 1000 silahkan simak nih resep di bawah ini. Tenang pasti dapat untung kok kalo anda pintar dalam menghitung.

Bahan Untuk Membuat Onde Onde

  • 225 gr Tepung ketan
  • 75 gr Kentang kukus, haluskan
  • 75 gr Gula pasir
  • 1/4 sdt Garam
  • 175 cc Air hangat
  • 100 gr Wijen
  • Secukupnya Air matang untuk celupan

Bahan Isi

  • 100 gr Kacang ijo kupas, rendam selama 1 jam dan kukus 25 menit
  • 100 cc Santan
  • 1/8 sdt Garam
  • 50 gr Gula pasir
  • 1/8 sdt Vanili bubuk

Cara Membuat Onde Onde

  1. Kulit : Pertama tama campur tepung ketan, kentang, gula dan juga garam.
  2. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan kalis dan dapat dibentuk bulat bulat atau seperti bola bola kecil.
  3. Timbang adonan 20 gr
  4. Isi : Blender kacang ijo dan santan.
  5. Kemudian masukkan ke dalam sebuah panci yang sudah disiapkan tadi, tambahkan juga gula, garam dan vanili. Masak hingga adonan kalis . Timbang adonan isi 10 gr
  6. Ambil adonan kulit, pipihkan tambahkan isi, bulatkan kembali. Celup ke air lalu gulingkan ke wijen.
  7. Goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan

3. Lemper

Lemper juga termasuk makanan khas nih dari indonesia rasanya yang enak dan didalamnya terdapat isian yang enak juga, seperti ayam, abon dan ikan. Makanan ini juga bisa disebut jajanan pasar.

Karena harganya yang murah dan rasanya yang enak terbuat dari beras ketan dan didalamnya terdapat isian yang menggugah selesa siapa saja yang memakannya.

So, tertarik untuk menjadikan lemper sebagai usaha makanan ringan serba 1000. Penasaran cara buatnya silahkan kalian simak resep lemper di bawah ini ya temen temen.

Bahan Utama Lemper Ayam

  • 200 gram beras ketan yang telah direndam selama 1 jam
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun salam
  • 125 ml santan  kelapa
  • 3/4 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Bahan Isi Lemper Ayam

  • 2 buah paha ayam atas bawah
  • 1 batang serai 500 ml air
  • 3/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun salam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 100 ml santan  kelapa

Bumbu Halus Lemper Ayam

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 6 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri yang sudah disangrai

Cara Membuat Isi Lemper Ayam

  1. Pertama, siapkan panci yang akan digunakan untuk merebus ayam.
  2. Lalu masukan air secukupnya ke dalam panci tersebut.
  3. Simpan panci tersebut di atas kompor menyala.
  4. Rebus air sampai mendidih.
  5. Jika air sudah mendidih, masukan ayam yang sudah anda siapkan.
  6. Rebus ayam sampai benar-benar matang.
  7. Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Lalu suwir-suwir daging ayam tersebut dan ukur kaldunya 250 ml.
  9. Setelah itu, haluskan semua bumbu halus seperti yang sudah ditentukan di atas.
  10. Lalu campurkan ayam yang sudah disuwir-suwir dengan bumbu halus, serai yang sudah dimemarkan bagian putihnya, daun dalam, merica bubuk, gula pasir dan garam.
  11. Kemudian, aduk sampai bumbu merata dengan ayam.
  12. Selanjutnya, tuangkan air kaldu.
  13. Lalu masak sampai mendidih.
  14. Tuangkan santan. Lalu masak sampai meresap.
  15. Setelah itu, dinginkan.

Cara Membuat Kulit Lemper Ayam

  1. Kukus ketan yang sudah anda siapkan kurang lebih 20 menit sampai ketan dirasa cukup matang.
  2. Jika sudah matang, angkat. Selanjutnya, rebus santan, daun salam, serai dan garam hingga mendidih.
  3. Jika sudah, anda bisa langsung mematikan api kompor. Kemudian, tambahkan beras ketan yang sudah dikukus.
  4. Lalu masak sampai meresap.
  5. Setelah itu, angkat dan kukus selama kurang lebih sekitar 30 menit sampai benar-benar matang.

Cara Membuat Lemper Ayam

  1. Ambil sedikit ketan atau adonan kulit.
  2. Lalu pipihkan. Beri isi ketan tersebut.
  3. Lalu bentuk lonjong atau sesuai dengan selera anda.
  4. Setelah itu, bungkus dengan menggunakan daun pisang.
  5. Lakukan langkah yang sama sampai semua bahan-bahan habis.
  6. Selanjutnya, anda bisa langsung menyajikan atau menghidangkan lemper buatan sendiri tersebut pada piring atau tempat saji yang disiapkan.

Itulah tadi ulasan saya tentang usaha makanan ringan serba 1000, Semoga bermanfat untuk anda. Jangan lupa mampir ke ulasan saya yang lain tentang usaha makanan dengan modal kecil.

Kalo kalian berkenan mampir juga ke ulasan saya yang lain tentang Usaha Makanan Ringan Kriuk. So, silahkan kalian mampir ya guys.

Resep Kacang Tojin Pedas Manis dan Cara Membuatnya

Kacang tanah selain diolah menjadi sebuah makanan yang bernama kacang telur madu manis, kamu juga bisa mencoba cara membuat resep kacang tojin goreng pedas manis yang lebih nikmat dan lezat serta menantang.

Tapi tenang saja, bahan dan resep kacang tojin pedas dan cara membuatnya sangat praktis banget kok! silahkan kalian Simak resep selengkapnya dibawah berikut ini.

Resep Kacang Tojin Pedas Manis

Bahan Untuk Membuat Kacang Tojin Pedas Manis

  • 250 kacang tanah kupas
  • 1/2 sdt minyak goreng, untuk menumis
  • 80 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 60 ml air

Bahan Untuk Direndaman:

  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt garam

Bumbu Yang Harus Dihalus:

  • 4 btr bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 5 btr cabai merah keriting, tumbuk kasar

Bahan Bahan Pelengkap Lainnya

  • 50 gram bawang putih, iris, goreng kering
  • 10 gram daun jeruk, buang tulangnya, iris halus

Cara Membuat Kacang Tojin Pedas Manis

  1. Pertama tama rendamlah sebuah kacang tanah ke dalam 1 liter air yang sudah mendidih, kemudian diamkan kacang selama kurang lebih sekitar 1 menit.
  2. Lalu tiriskan kacang tanah yang sudah direndam dalam air mendidih tadi.
  3. Setelah itu aduk bumbu bumbu yang sudah disiapkan tadi  hingga semuanya tercampur dengan benar benar merata dan tercampur sempurna.
  4. Kemudian tambahkan  kurang lebih 5 sdm air bekas rendaman kacang tanah tadi.
  5. Setelah itu panaskan minyak, lalu goreng kacang dengan api yang sedang sampai semuanya benar benar matang dan kering.
  6. Setelah itu sisihkan kacang hingga suhu menjadi menurun atau (dingin)
  7. Sambil menunggu kacang menjadi dingin tumis bumbu bumbu halus kacang yang sudah disiapkan tadi goreng sampai tercium bau harum.
  8. Lalu tambahkan juga campuran gula pasir, garam, dan air, lalu aduk hingga sedikit mendidih.
  9. Kemudian tambahkan juga kacang tanah yang sudah digoreng tadi, aduk sampai semuanya tercampur dengan merata dan sempurna.
  10. Setelah itu masukkan juga sebuah bawang putih goreng dan daun jeruk, aduk terus sampai air menjadi mengering.
  11. kemudian angkat dan sajikan kacang tojin pedas sudah siap untuk di sajikan.

Cara Membuat Kacang Tojin Supaya Tidak Berminyak

Bahan Untuk Kacang Tojin Supaya Tidak Berminyak

  • 1 kgkacang tanah kupas (pilih yg kualitas baik)
  • 100 ml santan
  • 2 gelas air putih
  • 5 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 bonggol bawang putih (untuk irisan)
  • 1/2 sdm garam
  • 1 bungkus royco ayam
  • Secukupnya daun jeruk (boleh satuan boleh diiris kasar)

Cara Membuat Kacang Tojin Supaya Tidak Berminyak

  1. Cuci bersih kacang tanah kupas hingga 5 x pencucian sampai air terlihat bening lalu tiriskan.
  2. Rebus air bersama santan, tambahkan bawang putih yg sudah dihaluskan, garam dan royco hingga mendidih.
  3. Siram air rebusan ke dalam wadah kacang tanah kupas yg sudah ditiriskan tadi kemudian aduk rata.
  4. Diamkan selama 2jam hingga bumbu meresap dan dingin tidak beruap kemudian tiriskan kembali.
  5. Goreng bawang putih untuk taburan hingga menguning.

Langkah Selanjutnya

  1. Goreng kacang ke dalam minyak panas bekas menggoreng bawang putih tadi dengan api yg sedang (tujuannya biar wangi bawang). Setelah agak kuning segera angkat dan tiriskan (Hati2 gosong ya…dalam penggorengan kacang jangan terlalu kuning di dalam wajan karena setelah diangkat akan terlihat gosong nantinya)
  2. Kacang yg sudah digoreng ketika masih panas kemudian disimpan di atas kertas minyak atau koran dan segera taburkan daun jeruk hingga kacang tsb dingin dan tidak berminyak. Taburkan kembali irisan bawah putih yg sudah digoreng tadi. Aduk rata, setelah dingin masukan ke dalam toples.
  3. Hasilnya akan terlihat seperti dipanggang di dalam oven karena minyaknya bener2 surut.
  4. Tips jika gagal dalam menggoreng kacang karena hasilnya masih blm renyah atau blm garing, kacang tsb bisa diproses selanjutnya dengan cara dipanggang di dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Hasilnya akan lebih garing dengan sempurna.

Resep Kacang Tojin Mentega dan Cara Membuatnya

Bahan Untuk Membuat Kacang Tojin Mentega

  • 5 porsi
  • 1/2 kg Kacang Tanah kupas
  • 500 ml Santan ( dari 1/2 butir kelapa ) @Rp 3000
  • Secukupnya Minyak untuk menggoreng
  • 3 sdm Mentega Blue Band
  • Secukupnya Bawang putih goreng
  • 5 siung Bawang putih ( dihaluskan )
  • 2 sdm Garam
  • 1 sdm Merica bubuk

Cara Membuat Kacang Tojin Mentega

  1. Pertama tama siapkan semua bahan yang akan dibutuhkan dalam proses pembuatan sebuah kacang tojin mentega
  2. Ikuti arahan arahan yang ada disini supaya rasa kacang tojin mentega menjadi gurih dan renyah
  3. Kemudian cuci sebuah kacang sampai benar benar bersih dan airnya menjadi bening sebentar saja kemudian tiriskan kacang tanah.
  4. Setelah itu kupas bawang putih, kemudian cuci bawahng putih sampai semuanya benar benar bersih kemudian dihaluskan dengan garam dan sebuah merica bubuk. Lalu Sisihkan bawang putih yang telah di bersihkan tadi.
  5. Kemudian peras sebuah kelapa dan taruh santannya Ke dalam sebuah panci sebanyak kurang lebih 500 ml.

Langkah Selanjutnya Dalam Proses Pembuatan Kacang Tojin.

  1. Langkah selanjutnya adalah didihkan santan di atas kompor dengan api yang kecil atau sedang.
  2. Kemudian santan menjadi mendidih kemudian matikan api pada kompor, kemudian masukkan juga sebuah bumbu yang sudah dihaluskan tadi sambil diaduk2 sampai semuanya tercampur hingga benar benar merata dan  sangat sempurna.
  3. Setelah itu tambahkan juga kacang tanah ke dalam sebuah panci tersebut sambil diaduk2 sampai semuanya benar benar tercampur dengan merata dan sempurna, lalu biarkan bumbu bumbu sampai semuanya meresap  ke dalam sebuah kacang tanah dan diamkan sampai air santan menjadi dingin.
  4. Lalu santan menjadi dingin kemudian tiriskan kacang tanah  dengan menggunakan sebuah tirisan santan.
  5. Kemudian panaskan sebuah minyak goreng yang sudah diberi suatu tambahan mentega kedalam kacang tanah, kemudian masukkan sebuah kacang tanah dan goreng hingga kacang berwarna menjadi kuning kecoklatan dan menjadi matang.
  6. Setelah itu angkat kacang tanah dan tiriskan dengan dilapisi sebuah tissu.
  7. Kemudian tambahkan juga sebuah bawang putih yang sudah di goreng tadi, lalu aduk aduk sampai semuanya tercampur hingga benar benar merata dan sangat sempurna.
  8. Kacang tojin mentega yang rasanya gurih dan renyah sudah  siap untuk disantap atau di komsumsi untuk anda dan keluarga.

Itulah tadi ulasan tentang resep kacang tojin pedas dan cara membuatnya yang bisa Anda coba dirumah. Simple kan, kalian bakal bisa kalo kalian belajar resep kajang tojin pedas jadi belajarlah.

Anda bisa mengembangkan ide lain yang bisa Anda buat sendiri. Dapatkan usaha makanan Anda punya ide yang unik dan menarik. Serta bisa berinovasi dengan resep kacang tojin pedas.

Gimana guys,udah tau kan cara membuat kacang tojin.so,selamat mencoba cara membuat kacang tojin dirumah. Silahkan mampir ke situ ya caranya pincet tombol biru guys.

Setelah kalian sudah membaca ulasan saya tentang resep kacang tojin pedas. Jika kalian berkenan silahkan mampir ke ulasan saya yang lain tentang Usaha Makanan Ringan Kriuk.

Cara Membuat Agar – Agar Santan Dan Berbagai Agar – Agar Lainnya

Cara Membuat Agar – Agar Santan– Agar atau agar – agar adalah zat yang biasanya berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga.
Negara Jepang menyebut agar – agar dengan nama kanten dan oleh orang Sunda disebut lengkong. Jenis rumput laut yang biasa diolah untuk keperluan ini ialah Eucheuma spinosum.
Agar – agar adalah makanan yang sangat cocok di santap di saat musim panas atau kemarau. Pada saat musim itu semua orang sangat ingin menikmati makanan yang benar – benar membuat tubuh menjadi segar. Nah, salah satunya adalah agar – agar karena memiliki cita rasa yang enak dan dapat menyegarkan tubuh.
Cara membuat agar – agar santan mungkin jadi hal sepele untuk sebagian orang. Tapi, bagi pemula, membuat agar – agar bisa jadi tantangan sendiri. Walaupun itu sudah menggunakan agar – agar instan yang tinggal dimasak, tetap saja masih ada kegagalan yang mungkin terjadi.
Salah satu yang paling lazim ialah agar – agar jadi menggumpal sehingga tidak sempurna hasilnya. Kasihan sekali, ya? Padahal, sudah terbayang, menyajikan agar – agar dingin untuk penutup makan bersama keluargamu tercinta.
Eits, kalian jangan sedih dulu. Jika ingin membuat agar – agar buah instan yang sempurna hasilnya sangat mudah, kok. Tidak butuh banyak teknik, simak artikel tentang cara membuat agar agar santan dan berbagai agasr – agar lasinnyaberikut.

Cara Membuat Agar – Agar Santan Dan Berbagai Agar – Agar Lainnya

Resep Agar – Agar Santan

Bahan – Bahan Untuk Membuat Agar – Agar Santan

  • 1 bungkus agar-agar swallow warna hijau
  • 3 gelas air
  • 10 sdm gula pasir
  • 65 ml santan kara

Cara Membuat Agar – Agar Santan

  1. Tuangkan air ke dalam panci, masukkan agar-agar swallow dan gula pasir ke dalam air, kemudian diaduk.
  2. Taruh panci diatas kompor lalu masalalu matikan api.
  3. Tuang ke dalam cetakan, tunggu sampai dingin kemudian sajikan.

Resep Agar – Agar Jagung

Bahan-bahan Untuk Membuat Agar – Agar Jagung

  • 1 bungkus agar-agar swallow
  • 3 gelas santan dari 1 buah kelapa
  • 7 sdm gula pasir
  • 1 buah jagung manis
  • Susu kental manis untuk toping

Cara Membuat Agar – Agar Jagung

  1. 1. Campurkan santan tambahkan gula aduk. Lalu masukkan agar- agar lalu jagung manis.
  2. Masak di atas api sedang sampai mendidih sambil terus diaduk.
  3. Tuang adonan ke dalam cetakan . Setelah dingin potong-potong kemudian tambahkan topping dan siap dihidangkan.

Resep Agar – Agar Kacang Hijau

Bahan – Bahan Untuk Membuat Agar – Agar Kacang Hijau

  • 1 bungkus agar-agar swallow plain
  •  gula pasir 1 gelas
  • 1 sachet SKM
  • Semangkuk bubur kacang hijau
  • 3 gelas air

Cara Membuat Agar – Agar Kacang Hijau

  1. Pertama buat agar-agar untuk kacang hijaunya. Setengah bungkus agar-agar dicampur dengan gula pasir dan 1 setengah gelas air masak sampai mendidih.
  2. Lalu tuang ke dalam cetakan biarkan hingga agar-agarnya mengeras, bisa disimpan dikulkas.
  3. Kemudian buat agar-agar susunya dengan mencampur sisa agar-agar dengan susu kental manis masak hingga mendidih.
  4. Jika agar-agar kacangnya sudah mengeras tuangkan agar-agar susu diatasnya. Tunggu sampai uap panasnya hilang masukkan kembali ke dalam kulkas.

Resep Agar – Agar Waluh

Bahan – Bahan Untuk Membuat Agar – Agar Waluh

  • 1 bungkus agar-agar swallow plain
  • 1 buah labu kuning
  • vanili 1 bungkus
  • 1 gelas gula air
  • 2 gelas air

Cara Membuat Agar – Agar Waluh

  1. Kupas waluh, kukus sampai matang, lalu blender.
  2. Campur agar-agar, gula, vanili dan air.
  3. Didihkan, jika sudah mendidih, sambil tetap diaduk, campurkan waluh yang telah dihaluskan.
  4. Tuang ke dalam loyang, simpan dalam lemari es. Siap dihidangkan.

Resep Agar – Agar Kelapa Muda

Bahan – Bahan Untuk Membuat Agar – Agar Kelapa Muda

  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
  • 50 gram gula pasir
  • 100 ml santan kelapa
  • 80 ml air kelapa muda
  • 100 gram daging kelapa muda
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 15 Resep Agar-Agar Rumahan Mudah dan Enak

Cara Membuat Agar – Agar Kelapa Muda

  1. Campur agar-agar, gula dan garam, aduk rata. Tuangkan santan dan air kelapa, masukkan daun pandan, diaduk kembali.
  2. Masak dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Matikan kompor, biarkan sebentar sampai uap panasnya hilang.
  3. Tata daging buah kelapa pada cetakan lalu tuang adonan agar diatasnya. Biarkan sampai mengeras dan simpan dalam kulkas. Agar-agar kelapa muda siap disangtap.

Manfaat Agar – Agar

Penggunaan agar – agar sudah dilakukan oleh masyarakat di beberapa negara di Asia Timur sebagai bahan pembuat kue dan yang lain. Pada abad ke 19, agar – agar mulai menyebar ke Eropa dan Amerika Serikat dan disebarkan oleh orang China.

Penggunaan agar – agar untuk dimanfaatkan dalam berbagai bidang tentunya memiliki alasan. Berikut merupakan manfaat agar- agar dan kandungan didalamnya.

1. Penutup Luka

Agar agar dapat digunakan untuk bahan pembuat perban penutup luka. Sifat agar – agar yang menyerap cairan berfungsi untuk mempercepat pembekuan darah pada luka, supaya menjadi lebih cepat kering.

2. Pembungkus Kapsul

Agar – agar juga dimanfaatkan untuk bahan dasar selaput pembungkus kapsul obat pengganti gelatin. Pada awal mula pembuatan kasul, gelatin hewani berfungsi dalam selaput pelapis kapsul.

Tetapi, sekarang telah mulai digantikan dengan bahan agar – agar karena lebih mudah larut dalam tubuh sehingga tidak menggganggu sistem penyerapan obat yang ada di dalam kapsul agar – agar.

3. Mengurangi Stres

Asam amino esensial yang berada didalam agar – agar dipercaya bisa membantu menurunkan tingkat stres pada orang yang mengkonsumsinya. Mengkonsumsi agar – agar secara rutin dapat membantu kalian mengurangi tingkat depresi.

4. Mencegah Radang Sendi

Agar – agar ternyata dapat membantu mengurangi sakit pada radang sendi ataupun mencegah radang sendi dengan mengkonsumsnya secara rutin. Kandungan kolagen dalam agar – agar dipercaya dapat menambah pelumas pada sendi sehingga radang sendi bisa dicegah.

5. Mencegah Osteoporosis

Selain itu, kandungan kalsium dalam agar – agar ternyata 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan kalsium pada segelas susu lohh. Karena kandungan kalsium dalam agar – agar juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

6. Menu Diet

Agar – agar adalah salah satu jenis makanan yang sangat ampuh untuk diet dan menjaga kesegaran tubuh agar tetap prima. Mengandung banyak serat dan vitamin, membuat agar agar sangat penting sebagai asupan diet kalian teman – teman.

Perbedaan Agar – Agar, Puding, Dan Jelly

Meskipun secara bentuk agar-agar, puding dan jelly terlihat sama tetapi padahal mereka adalah makanan yang berbeda ya guys.Apa sajakah perbedaannya yaa? Simak penjelasannya berikut guys.

Agar – Agar

Agar – agar merupakan makanan ringan yang terbuat dari ganggang laut. Makanan ini mempunyai tekstur yang kenyal, padat dan agak keras.

Puding

Puding adalah camilan yang bisa dibuat dari agar-agar, jelly ataupun campuran dari keduanya. Membuat puding perlu menambah dengan susu atau santan. Dalam membuat puding, kalian bisa menambahkan toping sesuai selera seperti contohnya buah-buahan, yoghurt, sari kelapa dan lain sebagainya.

Jelly

Bahan dasar untuk membuat jelly juga sama dengan membuat agar – agar, yaitu rumput laut. Karena sebab itu, tekstur jelly sangat kenyal dan mudah untuk dihancurkan.

Jadi itulah perbedaan antara puding, agar-agar dan jelly ya guys. Kalau puding mempunyai tekstur dan cita rasa yang bervariasi. Agar – agar teksturnya kenyal dan padat, sedangkan jelly memiliki tekstur yang kenyal dan lembek.

Bagaimana teman – teman, cukup mudahkan cara membuat agar – agar santan. Bahkan kalian bisa membuat berbagai resep agar – agar yang kalian sukai dan kalian juga langsung mengetahui manfaat apasajakah yang ada dalam agar – agar yang kalian konsumsi.

Yahh, jadi itulah tadi artikel cara membuat agar – agar santan dan agar- agar lainnya dilengkapi dengan resep dan manfaat agar – agar semoga bisa menjadi manfaat untuk kalian yaaa. Sekian dan selamat mencobanya sendiri.

Cara Menggemburkan Lahan Dengan DiCangkul Dengan Mudah

Cara Menggemburkan Lahan Dengan DiCangkul Dengan Mudah

Cara Menggemburkan Lahan Dengan DiCangkul
Cara menggemburkan lahan dengan dicangkul ini sendiri susah-susah gampang.
Cangkul merupakan satu jenis alat pertanian tradisional yang biasa digunakan petani di dalam proses pengolahan tanah pada lahan pertanian.
Cangkul ini pada umumnya digunakan untuk menggali ataupun untuk meratakan tanah.
Hingga kini cangkul ini masih sering digunakan oleh para petani.
Didalam upaya penerapan Cara menggemburkan lahan dengan dilcangkul, alat ini merupakan salah satu elemen terpenting di dalam bidang pertanian terutama pada bidang pertanian ladang kering.
Cangkul pada umumnya terbuat dari bahan baja sehingga alat ini sangatlah kuat dan tahan lama.
Cangkul atau yang sering disebut pacul ini merupakan gabungan dari bawak dan pacul itu sendiri.
Bawak merupakan salah satu bagian pada kepala atau bagian atas dari cangkul.
Sedangkan pada bagian landepan atau bagian bawahnya sering disebut dengan pacul juga.
Pada cara menggemburkan lahan yang keras dengan dicangkul bagian kepala terdapat satu lubang yang berfungsi untuk dipasangi garan pacul atau sering disebut dengan doran.
Dengan dipasangnya doran tersebut, maka akan mempermudah penggunanya didalam menggunakan alat cangkul ini.
Awalnya pekerjaan cara menggemburkan lahan dengan dicangkul mencangkul ini terbilang sangat berat, namun setelah Anda mengetahui teknik mencangkul yang tepat, maka pada akhirnya mencangkul dan mengolah tanah menjadi pekerjaan yang menyenangkan.
Mencangkul didalam cara menggemburkan lahan dengan dicangkul merupakan teknik dasar di dalam upaya mempersiapkan media tanah yang optimal bagi pertumbuhan tanaman.
Dengan mencangkul secara manual Anda bisa belajar melihat lebih dekat  tentang bagaimana struktur dan tekstur dari tanah.
Memilih teknik pengolahan yang tepat, cukup dengan menggunakan cangkul manual ataukah perlu pengolahan teknis semacam traktor.

Tips Mencangkul Yang Bisa Meringankan Pekerjaan 

  • Mencangkul dengan cara jalan ke depan, bukan jalan mundur. Hal tersebut akan sangat memudahkan Anda di dalam mengambil tanah pada bagian paling pinggir, sehingga mata dari cangkul akan mengenai tanah yang paling ringan.
  • Sering-seringlah membersihkan tanah yang barang kali menempel pada bagian mata cangkul. Semakin tebal tanah yang menempel pada bagian mata cangkul, maka akan semakin berat pula untuk mengayunkan cangkul, selain itu tanah yang menempel juga akan membuat mata cangkul menjadi tidak tajam.
  • Gunakanlah baju yang berlengan panjang, dan penutup kepala untuk melindungi tubuh dari sengatan panas matahari.

Janis Jenis Tanah yang Baik Untuk Tanaman

1. Tanah Regosol

Jenis tanah yang baik untuk kelangsungan hidup tanaman yang pertama adalah tanah regosol.

Tanah regosol ini sendiri berasal dari pelapukan material yang di keluarkan oleh letusan gunung dari berapi atau aktivitas dari gunung berapi, seperti lapili, pasir, debu serta lahar.

Secara garis pertumbuhan, sebenarnya jenis tanah ini belum mengalami perkembangan yang terbilang sempurna.

Ciri fisik dari tanah regosol ini yaitu memiliki tekstur yang kasar, dengan Ph 6 hingga 7.

Meski di katakan tanah yang subur, namun jenis tanah ini tidak dapat untuk di tanami dengan sembarang tanaman.

Karena tanah regosol ini memiliki sifat yang sulit untuk menampung air.

Jenis tanaman yang tidak terlalu banyak memerlukan air, sangat cocok apabila di tanam disini.

Itulah mengapa sebagian besar dari penduduk yang bermukim atau bertempat tinggal di daerah pegunungan yang pernah meletus, mereka lebih sering menanam tanaman jenis palawija.

Karena tanaman jenis palawija tidak terlalu membutuhkan banyak air.

2. Tanah Orgonosol

Sama halnya dengan tanah regosol, tanah orgnosol ini juga dapat untuk Anda temukan di negara Indonesia.

Terbentuknya tanah orgonosol ini sendiri berasal dari pelapukan dan pembusukan dari bahan bahan organik.

Biasanya, tanah ini akan lebih mudah untuk Anda temukan pada daerah dekat rawa-rawa atau daerah yang banyak mengandung air.

Jadi apabila ciri dari tanah ini mengandung banyak air, maka bisa disimpulkan bahwa secara fisik tanah ini memang lebih lembek daripada tanah regosol tadi.

Salah satu tanah yang berjenis argonosol ini seperti tanah humus.

Dari aspek kesuburannya, tanah humus ini merupakan salah satu tanah yang paling subur diantara jenis tanah orgonosol yang lainnya.

Secara fisik, tanah humus ini memiliki warna gelap yang kehitaman.

Sebagai identitas bahwa ia memang memiliki kandungan unsur hara yang sangat tinggi.

Di dalam dunia pertanian, biasanya tanah jenis ini banyak digunakan sebagai media tanam pada budidaya tanaman padi.

Manfaat Bertani Dalam Kesehatan

Anda dapat menjalani gaya hidup yang aktif secara fisik pada saat Anda memiliki hobi bertani.

Karena pada saat Anda melakukan banyak gerakan, maka tingkat kebugaran Anda akan cenderung meningkat.

Selain itu, dengan Anda membawa dan menggunakan alat-alat yang Anda gunakan untuk bertani seperti cangkul dan pemotong rumput maka akan memberikan beberapa latihan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Meningkatkan Kreatifitas

Apabila Anda sedang berkebun maka pikiran Anda akan jauh lebih bersemangat.
Berkebun juga dapat meningkatkan kreativitas Anda.

Pada saat Anda banyak melihat tanaman yang hijau, maka pikiran Anda akan lebih positif dan jauh lebih produktif lagi.

Menjadikan Pikiran Rileks

Menghirup udara yang segar atau menyentuh tanah juga akan dapat memberikan pengalaman yang baru.

Pikiran Anda akan jauh lebih santai dan rileks.

Bahkan tanpa Anda sadari sebelumnya aktivitas bertani ini akan membuat pikiran Anda rileks dan Anda akan semakin sehat.

Stimulasi Otak

Aktivitas bertani ini juga dapat meningkatkan zat kimia tertentu yang sangat baik bagi otak Anda.

Dan hal ini juga bisa memberikan stimulasi pada otak Anda sehingga Anda akan merasa jauh lebih damai dari sebelumnya.

Mengurangi Stres

Anda dapat meminimalkan tingkat ancaman stres Anda dengan cara bertani di lahan yang Anda miliki.

Sebuah studi kasus mengungkapkan bahwa orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk bertani cenderung memiliki tingkat stres yang terbilang lebih rendah.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ada banyak sekali gerakan yang dapat Anda lakukan pada saat Anda sedang bertani seperti pada aktivitas mencangkul tanah, mengisi polibag dan
memotong rumput.

Hal ini tentu saja akan dapat membantu di dalam meningkatkan sirkulasi darah Anda.

Sehingga peredaran darah Anda akan menjadi lancar.

Jadi, aktivitas bertani juga sangat baik sebagai alternatif latihan.

Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Sebuah studi kasus pada ahli telah menyatakan bahwa orang-orang yang senang bekerja dan bersentuhan langsung dengan tanah selama beberapa jam di setiap hari, maka akandapat mengurangi risiko vaskular cardio mereka.

Itulah sebabnya nenek moyang kita yang rata-rata berprofesi sebagai petani memiliki umur yang terbilang panjang dan jauh lebih sehat.

Terapi Kesehatan Mata

Aktivitas bertani ini juga akan membuat kita selalu menikmati pemandangan hijau.

Dan menurut para ahli hal ini akan dapat berfungsi juga sebagai senam mata.

Pada saat mata kita sering menikmati pemandangan hijau, maka hasilnya mata kita akan jauh lebih sehat dan tidak mudah lelah pada saat beraktivitas.

Itu tadi artikel berjudul Cara menggemburkan lahan dengan di cangkul yang dapat kami bagikan.

Semoga dengan adanya artikel Cara menggemburkan lahan dengan dicangkul ini dapat membantu didalam usaha pertanian Anda.

Cara Membuat Bibit Padi Yang Bagus Dan Berkualitas Unggul

Cara Membuat Bibit Padi Yang Bagus Dan Berkualitas Unggul

Cara Membuat Bibit Padi Yang Bagus

Pada Artikel kali ini kita akan membahas mengenai Cara Membuat Bibit Padi Yang Bagus dan berkualitas unggul.
Yang telah kami persiapkan artikel іnі dеngаn baik untuk Andа baca dan untuk Anda ambil informasi di dalamnya.
Mudah-mudahan pada isi postingan Artikel yang berjudul cara membuat bibit padi yang bagus dan berkualitas unggul, Artikel Pertanian, уаng kаmі tulis іnі dараt untuk Andа pahami. baiklah, selamat membaca.
Bibit аdаlаh salah satu hal terpenting di dalam kegiatan bertani.
Karena bibit padi уаng berkualitas ini аkаn menghasilkan produk уаng cenderung berlimpah.
Untuk mendapatkan bibit padi уаng unggul dan berkualitas, maka Andа harus melakukan berbagai cara.
Diantaranya уаіtu dеngаn cara mempersiapkan bibit dengan kualitas yang unggul.
Sеtеlаh membahas persiapan lahan untuk pertanian, kali іnі kami аkаn membagikan mengenai cara membuat bibit padi unggul уаng cocok untuk dі tanam dі segala musim.

Teknik Membuat Bibit Padi Unggul

Bеbеrара persiapan іnі dapat untuk Anda gunakan dalam rangka menyambut musim panen уаng аkаn datang selanjutnya.
Dеngаn persiapan уаng sangat matang maka di harapkan juga аkаn mendapatkan hasil уаng maksimal.
Yаng perlu ѕауа bahas pada kesempatan kali ini аdаlаh persiapan di artikel kali ini adalah cara mendapatkan bibit padi уаng unggul.
Yаіtu dengan cara perlakuan pasca  panen.
Perlakuan perendaman dan perlakuan saat menanam benih padi.
Perlakuan Pasca Panen
Pemanenan padi уаng hendak dibuat benih unggul аdаlаh pada saat padi ѕudаh mulai menguning hingga 85-92%.
Hal іnі supaya benih padi tersebut bіѕа maksimal apabila di tanam kembali.
Dan tentunya јіkа tеrlаlu tua јugа dikhawatirkan terkena hama wereng.
Pemanenan padi dilakukan khusus dеngаn sortir khusus untuk membuat benih padi уаng unggul.
Lakukan penjemuran padi pada alas уаng mempunyai tekstur lembut dan tіdаk keras seperti halnya lantai atau tegel berbahan beton.
Tарі Jemurlah bibit padi yang hendak Anda tenam tersebut pada tenda atau terpal untuk menghindari terkelupasnya calon benih dari padi unggul.

Saat Perendaman

Pada saat Perendaman berlangsung perlu untuk Anda perhatikan hal hal bеrіkut іnі.
Supaya tercapai hasil уаng dapat sesuai dеngаn keingan serta sesuai dеngаn lahan pertanian yang sedang di gunakan.
Pastikan јugа sesuai dеngаn metode tanam уаng hendak Anda gunakan untuk menanam padi.
Apabilа Anda menggunakan metode menanam dengan sistem SRI maka Andа hanya cukup merendam 1 sampai 2 kg untuk 100 bata atau ubin atau 5 hingga 6 kg untuk satu ha.
Tentu ѕаngаt berbeda apabilа metode уаng Andа pilih аdаlаh metode penanaman dengan sistem haston atau metode penanaman уаng lain.
Siapkan air уаng telah mengandung garam, atau abu.
Dеngаn kondisi apabilа telur ayam Anda masukkan ke dalam air tersebut maka аkаn telur ayam tersebut akan melayang dі tengah tengah air.
Sеtеlаh Anda selesai melakukan perendaman, maka yang аkаn terjadi adalah perpisahan benih padi.
Benih padi tersebut аkаn terbagi аtаѕ 3 kelompok.
Kelompok tersebut yaitu bagian уаng paling dasar atau tenggelam maka аkаn memiliki daya tumbuh hingga mencapai 90 sampai 95 %.
Sеdаngkаn pada bagian kedua уаng melayang, maka benih padi аkаn dapat memiliki daya tumbuh hingga mencapai 85 sampai 90 %.
Sеdаngkаn pada bagian уаng melayang dі bagian аtаѕ maka akan memiliki daya tumbuh sekitar 0 sampai 85 %.
Sеtеlаh benih terpilih menjadi 3 bagian maka Anda dapat mengambil pada bagian уаng terapung.
Lalu kеmudіаn benih padi tersebut di bersihkan dan dimasak saja.
Karena daya tumbuh dari padi уаng rendah. Sеdаngkаn bagian satu dan dua ini dapat Anda persiapkan untuk penyemaian.

Persiapan Persemaian padi

Sеtеlаh Anda mententukan persemaian padi menggunakan 2 jenis dari bibit padi, maka yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah persemaian secukupnya.
Dan Anda juga harus menentukan umur padi уаng аkаn Anda tanam pada lahan pertanian Anda.
Semakin muda umur padi yang Anda tanam, maka untuk bibit tersebut di tanam maka akan semakin baik pula kualitas padi yang di hasilkan.
Kami merekomenasikan kepada Anda untuk menanam benih padi ini saat masih ber umur sekitar kurang lebih 7 hari.
Karena dеngаn umur padi уаng berumur sekitar 7 hari maka tanaman padi yang akan Anda tanam juga akan memiliki akar уаng terbilang sangat kokoh.
Dan pastikan pada saat Anda hendak mencabut padi dаrі persemaian, Anda juga harus melakukannya dеngаn pelan pelan dan hati hati.
Karena benih tanaman padi ini akan rawan dan mudah rusak.
Inilah sampel kenapa Anda harus memilih benih уаng unggul dаrі memilih benih padi yang bіаѕа.
Sеtеlаh proses penjemuran selesai Anda lakukan, selanjutnya diamkan selama bеbеrара hari.
Supaya benih tanaman padi yang Anda tanam akan menjadi lebih dingin ѕеbеlum di lakukan perendaman.

Metode Penyimpanan Benih Padi

Pada salah satu mata rantai, yang paling terpenting di dalam proses menghasilkan benih padi yang berkualitas dan perlu mendapat perhatian adalah penanganan pasca panen padi.

Penanganan pasca panen ini salah satu diantaranya adalah proses pengeringan, penyosohan serta proses penyimpanan.

Banyak petani atau pembudidaya kita yang kurang memperhatikan di dalam proses penyimpanan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa proses penyimpanan padi ini terbilang sangat mempengaruhi kualitas dari benih padi.

Kesalahan di dalam penyimpanan benih padi ini juga akan dapat mengakibatkan respirasi, tumbuhnya tanaman jamur ancaman serangan serangga, binatang mengerat bahkan bisa terkena serangan kutu beras.

Proses respirasi yang terjadi ini akan dapat menghasilkan panas dan air.

Kadar air yang tinggi ini di dukung oleh adanya kelembaban udara yang tinggi juga dapat mempercepat proses respirasi ini.

Sehingga proses ini akan dapat menyebabkan perkecambahan.

Selain itu kelembaban yang tinggi ini juga merupakan salah satu kondisi yang paling cocok bagi organisme perusak seperti jamur dan kutu untuk berkembang.

Penyimpanan benih yang tidak baik ini akan dapat menyebabkan seluruh rangkaian dari proses budidaya padi sampai pada proses menghasilkan benih yang berkualitas akan terbuang sia-sia.

Pengertian Penyimpanan Benih Padi

Adapun pengertian dari penyimpanan benih tanaman padi ini yaitu suatu proses di dalam menyimpan benih pada tanaman padi agar mendapatkan benih yang unggul serta benih padi yang berkualitas.

Penyimpanan ini pada umumnya bertujuan untuk mempertahankan agar benih pada tanaman padi masih dalam kondisi yang sangat baik dalam jangka waktu yang tertentu.

Cara Membuat Bibit Padi Yang Bagus ini juga dapat untuk Anda capai pada saat benih telah mulai mencapai masak fisiologis.

Pada saat benih telah mencapai masa tersebut maka dapat di cirikan dengan berat kering, vigor benih tanaman padi yang maksimum serta kadar air benih padi yang minimum.

Itu tadi artikel berjudul Cara Membuat Bibit Padi Yang Bagus Dan Berkualitas Unggul yang dapat kami bagikan.

semoga dengan adanya artikel Cara Membuat Bibit Padi Yang Bagus Dan Berkualitas Unggul ini dapat membantu di dalam usaha pertanian Anda

Pupuk Yang Baik Untuk Kacang Hijau dan Terbukti Hasilnya

Pupuk Yang Baik Untuk Kacang Hijau dan Terbukti Hasilnya

Pupuk Yang Baik Untuk Kacang Hijau

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit ulasan yang berjudul Pupuk Yang Baik Untuk Kacang Hijau yang telah kami persiapkan dengan sebaik-baiknya.

Kacang hijau atau yang dalam bahasa latinnya adalah Vigna radiate merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam keluarga polong-polongan.

Kacang hijau ini pada umumnya tumbuh dan di kenal di berbagai daerah tropis seperti di negara Indonesia.

Di dalam pemanfaatannya tumbuhan kacang hijau ini banyak yang menggunakannya sebagai bahan pangan tambahan.

Karena kandungan protein nabati pada kacang hijau ini terbilang cukup tinggi.

Didalam cara menanam kacang hijau Pupuk Yang Baik Untuk Kacang Hijau ini di lakukan di Indonesia.

Karena permintaan untuk komoditi yang satu ini terbilang cukup tinggi dan harganya pun juga tidak berfluktuasi seperti tanaman kedelai.

Untuk membudidayakan tanaman kacang hijau sendiri tidaklah begitu sulit.

Semua orang dapat untuk membudidayakannya asalkan mereka memiliki referensi yang baik mengenai budidaya kacang hijau ini.

Nah, pada artikel yang berjudul tentang Pupuk Yang Baik Untuk Kacang Hijau di bawah ini mungkin akan dapat menjadi referensi yang baik untuk Anda yang barangkali berminat untuk membudidayakan kacang hijau.

Persiapan Lahan Budidaya Kacang Hijau

Langkah awal di dalam upaya budidaya kacang hijau ini adalah mempersiapkan media tanamnya.

Tanaman kacang hijau ini sendiri termasuk salah satu tanaman yang budidayanya memiliki kriteria tanah tersendiri.

Jenis tanah sangat terbaik untuk budidaya tanaman kacang hijau ini adalah jenis tanah lempung berliat yang memiliki banyak kandungan unsur organik di dalamnya serta memiliki sistem drainase yang sangat baik.

Tingkat keasaman pada tanah atau pH harus berkisar 6,5 sampai 7,0.

Budidaya kacang hijau ini dapat langsung Anda lakukan pada bekas lahan yang telah Anda tanami padi namun dengan persyaratan kacang hijau sudah harus Anda tanam setelah 5 hari setelah tanaman padi dipanen.

Namun untuk Anda yang tidak memiliki lahan bekas penanaman padi atau jagung, maka pengolahan tanah ini wajib untuk Anda lakukan.

Pengolahan tanah untuk budidaya kacang hijau ini dapat untuk Anda lakukukan dengan cara membajak lahan atau Anda bisa juga dengan cara mencangkulnya secara manual.

Berikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar di dalam budidaya kacang hijau ini.

Biarkan lahan yang hendak Anda gunakan untuk media tanpa perlakuan apapun selama 7 hari atau seminggu agar tanah dapat tercampur dengan sempurna dengan pupuk kandang.

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa membuat bedengan dengan lebar sekitar 1 m tinggi 0,5 m.

Untuk jarak antar bedengan yang Anda adalah sekitar 150cm sedangkan untuk panjang dari bedengan ini Anda dapat menyesuaikan luas lahan yanag Anda gunakan.

Selanjutnya buatlah lubang tanam yang berukuran sekitar 20 x 20 cm.

Kacang hijau ini dapat Anda tanam dengan cara tugal.

maka buatlah 3 buah lubang untuk tanam, satu lubang untuk benih dan dua lubang lainnya untuk pupuk.

Persemaian Benih Kacang Hijau

Persemaian benih kacang hijau ini dapat dilakukan dengan cara membasahi pada bagian benih kacang hijau dengan air.

Setelah itu Anda mengeringkan lalu di diamkan hingga paling lama satu hari hingga benih kacang hijau yang Anda semai ini timbul kecambah.

Penanaman Bibit Kacang Hijau

Setelah benih kacang hijau yang Anda semai telah mulai berkecambah maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menanam bibit tersebut pada lubang tanam yang telah Anda persiapkan.

Masukkan 2 sampai 3 bibit kedalam 1 lubang tanam lalu tutup kembali bibit kacang hijau tersebut dengan tanah tipis.

Selanjutnya Anda bisa memasukkan pupuk pada dua lubang lainnya dan lalu menutupnya kembali dengan tanah.

Selanjutnya siram pada bagian lubang tanam dengan air secukupnya agar tanah menjadi lembab.

Perawatan Budidaya Kacang Hijau

Pada pupuk yang baik untuk kacang hijau ini perawatan dapat Anda lakukan dengan melihat kondisi cuaca.

Apabila cuaca sedang panas ketika musim kemarau maka kacang hijau ini harus Anda siram paling tidak hingga 2 kali sehari yaitu pada saat pagi dan sore.

Sedangkan apabila terjadi hujan maka penyiraman ini dapat Anda lakukan dengan melihat kondisi lahan terlebih dahulu.

Apabila hujan terjadi cukup lama dan membuat tanaman kacang hijau menjadi basah sekali.

Maka penyiraman ini tidak perlu Anda lakukan pada hari tersebut.

Penyulaman Kacang Hijau

Padapupuk yang baik untuk kacang hijau, penyulaman ini bertujuan untuk mengganti bibit yang telah mati atau gagal tumbuh.

Penyulaman ini dapat Anda lakukan pada saat tanaman telah berumur sekitar 2 minggu.

Perhatikan dengan jeli kondisi dari tanaman kacang hijau yang gagal tumbuh atau perkecambahannya telah layu.

Setelah itu cabut tanaman kacang hijau tersebut lalu diganti dengan bibit tanaman yang baru.

Penyiangan Gulma

Penyiangan gulma ini dapat dilakukan satu hingga 2 minggu sekali.

Aktivitas penyiangan pertama ini dapat Anda lakukan bersamaan dengan proses penyulaman agar dapat lebih efektif.

Jaga lahan terhadap gulma serta tumbuhan liar agar tidak tumbuh disekitar area pertanaman.

Apabila gulma ini tumbuh secara berlebihan maka yang akan terjadi adalah tanaman kacang hijau ini tidak mendapat pasokan unsur hara yang cukup karena terjadi kompetisi Antara gulma dan tanaman kacang hijau ini.

Maka dari itu penyiangan ini harus rutin dilakukan dengan baik dan tepat waktu.

Pemupukan Tanaman Kacang Hijau

pupuk yang baik untuk kacang hijau

Pemupukan susulan ini dilakukan pada saat tanaman kacang hijau telah mulai berumur 30 hari atau ketika tanaman sudah mulai berbunga.

Pupuk yang dapat gunakan Anda adalah pupuk Urea sekitar 60 kg/ha, TSP 100 kg/ha dan KCL 50 kg/ha.

Pemupukan ini sendiri dilakukan dengan cara memasukkan pupuk pada lubang pupuk yang telah Anda siapkan ketika proses persiapan lahan sebelumnya.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam tersebut dan tutup kebali dengan tanah.

Pada pupuk yang baik untuk kacang hijau ini, pupuk yang tepat untuk peningkatan produktifitas dari suatu komoditas pertanian dalam rangka menghasilkan produk lebih baik.

Dan dengan nilai produksi tinggi yakni pada tanaman Kacang Hijau.

Penjelasan mengenai salah satu komoditas ini didalam wikipedia adalah sejenis palawija yang terkenal luas di daerah tropika.

Tumbuhan yang termasuk ke dalam suku polong-polongan (Fabaceae).

Kacang hijau ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati yang tinggi.

Kacang hijau ini sendiri di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum.

Setelah tanaman kedelai dan kacang tanah.

Bagian yang paling bernilai ekonomi dari tanaman kacang hijau ini adalah pada bagian bijinya.

Pemberian pupuk yang benar dan tepat juga akan dapat membuat kondisi tanah sebagai media tembuh sekaligus media Suplier nutrisi juga akan menjadi sesuai untuk pertumbuhan pada suatu tanaman.

Itu tadi sedikit artikel berjudul pupuk yang baik untuk kacang hijau.

Semoga dengan adanya artikel pupuk yang baik untuk kacang hijau ini dapat membantu Anda di dalam usaha pertanian Anda, sekian.

Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

Di sini saya akan membahas Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah.Di sini saya akan berbagi  Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah.

Kue adalah makanan ringan yang bukanlah makanan utama.  biasanya bercita rasa manis ataupun ada pula yang gurih dan asin.

sering juga diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, Baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.

1. Cookies Coklat

Cookies Coklat

Bahan-Bahan

  1. 1/4 cup gula pasir
  2. 3/4 cup palm sugar
  3. 1/2 cup melted margarin
  4. 1 sdt garam
  5. 1 btr telur
  6. 2 sdm coklat bubuk
  7. 1/4 cup terigu
  8. 1 sdt baking powder
  9. Chocohip / tumbukan coklat batangan
  10. Meses utuk taburan

Langkah-Langkah

  1. Campur gula pasir, palm sugar yg dihaluskan, margarin cair, dan garam. Aduk.
  2. Tambahkan 1 btr Telur, aduk lagi hingga tercampur.
  3. Tambahkan bubuk coklat dan tepung terigu dan juga baking powder. Aduk lagi hingga rata.
  4. Siapkan loyang yg sdh diolesi mentega dan tepung atau dialasi kertas roti. Ambil adonan kira2 1 sdm atau sdt. Sesuai selera ukuran nya. Kalo mau Jadi kecil2, ambil adonan sedikit aja. Tata di atas loyang, kasih jarak. Taburkan Meses.
  5. Masukkan adonan ke dalam oven yg sdh dipanaskan. Panggang dengan Suhu 170°C selama 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, angkat. Biarkan kue dingin, baru ditaro dlm mangkuk atau toples.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

2. Es Kue / Es Gabus

Es Kue / Es Gabus

Bahan-Bahan

  1. 120 gr tepung hunkwe
  2. 100 ml santan kental
  3. 1000 ml air
  4. 1/4 sdt vanila
  5. 1/4 sdt garam
  6. 6 sdm Gula
  7. Pewarna makanan

Langkah-Langkah

  1. Masukkan semua bahan kecuali pewarna dan aduk sampai tercampur rata
  2. Didihkan bahan hingga kental dan meletup-letup (aduk dengan api kecil) Bagi dua adonan tersebut
  3. Masukkan pewarna untuk masing2 adonan dan aduk hingga warna rata
  4. Susun adonan di dalam loyang, tunggu hingga mengeras (jangan menaruhnya di freezer)
  5. Potong sesuai selera dan bungkus dengan plastik, lalu masukkan kedalam freezer.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat
  6. Tunggu hingga es kue membeku dan setelah itu siap untuk disantap

3. Kue Pancong

Kue Pancong

Bahan-Bahan

  1. 200 gr tepung beras
  2. 1/2 butir kelapa parut (yg agak muda)
  3. 550 ml santen anget
  4. secukupnya Garam
  5. Gula untuk taburan

Langkah-Langkah

  1. Aduk tepung dengan kelapa parut dan garam hingga rata
  2. Tuang santan kental sdikit demi sedikit aduk terus hingga rata
  3. Panaskan cetakan kue olesi mentega agar tidak lengket
  4. Masukkan secentong2 adonan, tutup dan biarkan hingga kue setengah matang (hingga timbul bolong dipermukaan kue) lalu taburi dengan gula pasir.
  5. Tutup kembali dan masak hingga matang, angkat dan sajikan dengan ditaburi gula pasir

Dan disini saya juga memiliki Resep Kue Sagu Semprit Khas Jajanan Pasar Bisa Anda Buat Di Rumah mungkin anda bisa membuatnya

4. Es kue Gabus Rainbow

Es kue Gabus Rainbow

Bahan-Bahan

  1. 150 gr tepung hun kwee
  2. 750 ml santan/susu
  3. 200 gr gula pasir
  4. Sedikit garam
  5. sesuai selera Pewarna makanan
  6. Pink
  7. Kuning muda
  8. Hijau muda
  9. Biru muda
  10. Ungu

Langkah-Langkah

  1. Campurkan tepung hun kwee, gula pasir, garam dan santan/susu. Aduk rata.
  2. Bagi menjadi 5 bagian, lalu beri warna.
  3. Masak 1 bagian dengan api kecil, sambil diaduk2 hingga meletup-letup. Matikan api ketika adonan sudah mengental.
  4. Lalu tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi plastik tebal. Ratakan dan sisihkan. Sementara menunggu lapisan dingin, masak adonan berikutnya. Kemudian tuang adonan di atas adonan yang sebelumnya. Ulangi terus sampai sampai selesai.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat
  5. Biarkan adonan padat di suhu ruang selama kurang lebih 30 menit. Lalu simpan di dalam kulkas selama 15 menit (bukan freezer), supaya mudah dipotong.
  6. Potong adonan
  7. Bungkus dengan plastik, lalu masukan ke dalam freezer hingga beku

5. Kue Leker

Kue Leker

Bahan-bahan

1,5 gelas tepung terigu
1 butir telur
4 sdm gula pasir
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
2 sdmi minyak sayur
2 gelas air
1 butir telur

Toping sesuai selera:

mesess
SKM coklat
keju
gula pasir

Langkah-Langkah

  1. Kocok telur & gula pasir hingga gula hancur.
  2. Tambahkan garam, baking powder, tepung, air.
  3. Adukk hingga tercampur rata, tambahkan minyak sayur.
  4. Panggang di teflon, tunggu hingga bagian bawahnya kecoklatan, tambahkan toping, lipat menjadi 2. Siap dihidangkan.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

6. Roti goreng

Roti goreng

Bahan-bahan

  1. Roti tawar potong berbentuk segitiga
  2. 2 batang daun bawang (daun diiris)
  3. 1 butir Telor ayam
  4. 250 gr Tepung terigu
  5. secukupnya Air putih
  6. 1 sdt Garam
  7. 1/4 sdt Merica
  8. 1/2 sdt penyedap rasa ayam

Langkah-Langkah

  1. Buat adonan tepung terigu dengan mencampurkan bahan bahan diatas
  2. Celupkan roti lalu goreng diatas minyak panas tapi api kecil
  3. Sajikan dengan saus sambal.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

7. Martabak Mini

Martabak Mini

Bahan-bahan

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 5 sdm gula pasir (sesuai selera)
  3. 1 butir telur
  4. 500 ml air
  5. Sejumput garam halus
  6. 3/4 sdt soda kue

    Toping:

    Secukupnya selai coklat
    keju parut

Langkah-Langkah

  1. Campur semua bahan kecuali bahan toping. Aduk hingga tercampur rata dan tidak bergerindil.
  2. Panaskan teflon anti lengket, beri sedikit minyak kemudian lap dgn tisu. Ambil 1 sendok sayur, tuang di teflon. masak hingga berpori dan bagian atasnya tidak lengket.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat
  3. Angkat, beri toping selagi masih hangat kemur lipat dan siap disajikan.
  4. Selamat mencoba

8. Donat kentang

 Donat kentang

Bahan-bahan

  1. 500 gr tepung protein tinggi
  2. 11 gr fermipan
  3. 90 gr gula pasir
  4. 250 gr kentang kukus dihaluskan
  5. 2 btr kuning telor
  6. 1 sc susu dancow(27gr)
  7. Air dingin secukupny
  8. Mentega
  9. 1/2 sdt garam

Langkah-Langkah

  1. Campur tepung, gula, fermipan, susu hingga tercampur rata, masukkan kentang, campur lagi dan msukkan kuning telur, setelah itu air dingin.
  2. Campur adonan hingga tercampur rata atau setengah kalis..adonan hanya tercampur,setelah itu mskkan mentega dan garam ulenni hingga kalis untuk penggunaan mixer agar kalis kurleb 1/2jam kecepatan kecil.
  3. Setelah kalis tutup adonan dengan serbet bersih tunggu hingga kurleb 30menit,setelah 30menit bentuk adonan seperti donat lali tunggu lg hingga mengembang kurleb 30menit.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat
  4. Setelah mengembang 2x goreng adonan 1x balik agar muncul white ring. Angkat tunggu dingin dan beri toping suka2
  5. Biasanya 500gr tepung bs untuk jd 30 donat dengan bert 30gr, untuk ukuran donat kotak bert adonan 80gr dan utk adonan kecil mika bert 25gr

9. Donat Tape

 Donat Tape

Bahan-bahan

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 50 gr tepung terigu protein sedang
  3. 2 sendok makan susu bubuk
  4. 100 gr tape singkong (buang sumbunya,haluskan dengan sendok)
  5. 1 butir telur ayam
  6. 45 gr gula pasir
  7. 40 gr margarine/mentega
  8. 1/4 sendok teh garam
  9. 60 ml susu cair

    Bahan biang:

    60 ml air hangat
    6 gr ragi instant
    1 sendok teh gula pasir

Langkah-Langkah

  1. Buat biangnya dulu ya? Ambil gelas/mangkuk. Masukkan bahan biang. Biarkan 10-15 menit sampai berbuih tandanya ragi aktif.
  2. Kemudian dalam wadah besar (misalnya baskom), campur duo tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, telur ayam, tape yang sudah dihaluskan. Aduk rata, kemudian masukkan bahan biang.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat
  3. Uleni hingga kalis. Walau sudah menggunakan mixer, aku masih perlu mengecek adonan dengan sesekali menguleni dengan tangan. Aku tambahkan sekitar 40-50 ml susu cair dingin supaya adonan lembab dan mudah diuleni. Stop menuang susu bila ternyata adonan sudah kalis dan ringan
  4. Terus diuleni hingga kalis elastis. Bila dibentangkan seperti ini, tidak mudah sobek (window pane stage). Kalau sudah melewati tahap ini, roti/donat akan empuk
  5. Bulatkan adonan. Beri sedikit minyak goreng. Tutup dan diamkan adonan supaya mengembang 2x lipat sekitar 45-60 menit sesuai kondisi cuaca.
  6. Setelah mengembang 2x lipat, tinju adonan dan uleni lembut sebentar saja supaya gasnya terbuang. Pindahkan ke meja kerja, taburi tepung sedikit
  7. Bagi2 bulatan sesuai selera. Aku bikin jadi 12 pcs @50 gram, plus satu buah hasil dari sisa2 bulatan di tengahnya Supaya bentuknya tetap cantik bulat pada saat digoreng nanti, setelah dibulatkan, letakkan adonan pada kertas baking yg dipotong kecil kecil ya.
  8. Istirahat kan lagi kurang lebih 20 menit. Kemudian lubangi adonan. Aku pakai pangkal spuit.
  9. Panaskan minyak dengan api kecil supaya donat matang dalamnya dan luarnya tidak gosong. Ambil 1 adonan, balik lalu ceburkan dalam panci / wajan sambil mencabut kertas bakingnya. Goreng donat dengan satu kali balik agar tidak menyerap minyak.
  10. Tiriskan di atas cooling rack. Kalau sudah dingin, baru diberi topping.
  11. Anak anak suka meses coklat ini. Ditaburi gula donat juga sudah

Tips Agar Laris Manis Usaha Jualan Makanan di Kantin Sekolah

1. Buatlah makanan yang mengenyangkan

Terkadang untuk anak sekolah yang dikasih uang jajan pas-pasan namun belum sarapan biasanya lebih memilih makanan yang mengenyangkan dibandingkan enak rasanya. Karena terkadang makanan yang enak tak mengenyangkan karena ukurannya yang tidak besar.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

2. Harga Terjangkau

Karena berjualannya di kantin sekolah, ada baiknya harga jangan terlalu mahal karena uang jajan anak sekolah biasanya terbatas. Untuk jajanan seperti gorengan ada baiknya Anda menjual dengan harga Rp 500-Rp1.000 per buahnya.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

Begitu juga untuk roti atau snack-snack lainnya. Tapi jika Anda menjual makanan berat seperti bakso, mie ayam, nasi uduk atau siomay disarankan harganya tidak melebihi Rp 5000 per porsinya. Karena batasan harga 500 rupiah adalah harga maksimal untuk kemampuan beli anak sekolah.

3. Perhatikan Kebersihan

Jangan menjualnya di tempat terbuka, pilihlah tempat yang tertutup kemudiah wadahkan makanan dengan wadah yang tertutup sehingga terhindar dari serangga seperti lalat yang bisa menyebabkan penyakit. Bersihkan secara berkala juga kantin Anda, misalnya pagi-pagi sebelum kantin Anda buka, setelah istirahat dan ketika mau pulang sekolah. Jangan lupa sedikan juga tempat sampah namun letaknya jangan dekat makanan melainkan beberapa meter dari kantin.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

4. Perhatikan Kebersihan

Jangan menjualnya di tempat terbuka, pilihlah tempat yang tertutup kemudiah wadahkan makanan dengan wadah yang tertutup sehingga terhindar dari serangga seperti lalat yang bisa menyebabkan penyakit. Bersihkan secara berkala juga kantin Anda, misalnya pagi-pagi sebelum kantin Anda buka, setelah istirahat dan ketika mau pulang sekolah. Jangan lupa sedikan juga tempat sampah namun letaknya jangan dekat makanan melainkan beberapa meter dari kantin.Resep Kue Untuk Jualan Di Sekolah Yang Enak Dan Mudah Di Buat

Berikut makanan yang paling laris dijual di kantin sekolah

Gorengan

Salah satu makanann yang paling diminati di kantin sekolah adalah gorenga, karena murah ,eriah dan enak sekaligus mengenyangkan. Anda bisa menjual aneka goorengan mulai dari tahu, tempe , tahu, pisangg, bakwan, molen, risol hingga pisang coklat. Makanan ini akan cepat laku walaupun dijual dalam cuaca panas maupun dingin

Nasi goreng/ mie goreng

Makanan ini biasanya sangat dicari merekan yang tak sempat sarapan. Namun harganya memang lebih  mahal dibandingkan jika membeli makanan lainnya apalagi jika ditambahkan dengan lauk seperti tempe, telor dan ayam.

Meski begitu makanan ini sayang jika tak dijual di kantin anda karena salah satu makanan yang dicari saat istirahat maupun sebelum masuk kelas. Jika ingin menjual ini tak perlu repot-repot membawa penggorengan dan kompor ke kantin sekolahan cukup dibungkus dengan kertas plastik yang sudah anda siapkan dari rumah. Namun jika kantin sekolah mumpuni untuk menampung penggorengan dan kompor tak ada salahnya jika anda membawa kedua peralatan tersebut ke sekolahan. Karena nasi atau mie goreng anda jadi lebih enak karena disajikan hangat.

Nasi uduk

Meski sama-sama nasi, namun nasi uduk memiliki cita rasa sendiri sehingga ada penikmatnya sendiri. Namun nasi ini harganya lebih murah dibandingkan  dengan nasi goreng ataupun mie goreng. Tapi nasi ini lebih tidak enak jika disantap saat istirahat karena lebih enak disantap sebelum masuk kelas atau pagi hari untuk sarapan

Siomay

Bagi yang lapar namum tak ingin makan nasi biasanya anak sekolah memilih untuk makan siomay. Karena selain mengenyangkan makanan  ini  juga enak rasanya dan harganya tidak terlalu mahal, cukup untuk anak sekolah yang berkantung sedang

Seblak

Makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan di beri bumbu pedas ini memang sedang trend apalagi di kantin sekolahan. Harganya pun tidak terlalu mahal. Biasanya sebalak bisa dijual dengan aneka rasa, mulai dari original, seblak bakso, seblak cekeer, seblak ayam hingga seblak campuran

Sosis bakar

Makanan yang terbuat dari daging giling ini cukup banyak yang mencarinya. Seperti makan siomay makan sosis bakar cukup membuat perut kenyang. Anda bisa menjual sosis bakar dengan beraneka rasa bisa original, keju, pedas, balado dsb. Biasnaya untuk menjual ini anda membuatuhkan teflon untuk memanggang sehinggaa asap sisa pemanggangan tidka terlalu mengganggu kantin sekolahan

Cimol, cilok, cilor

Ketiga makanan yang terbuat dari aci ini sangat laris jika dijual di kantin sekolahan. Karena terbilang murah, enak dan bisa mendapatkan dalam jumlah banyak. Makanan ini sangat menguntungkan jika dijual di kantin karena bahnnya yang simple yakni tapioka bisa  mengembangkan ketika dimasak

Bolu kukus

Bolu kukus juga merupakan makanan yang banyka dicari karena mengenyangkan. Bisa menjadi makanan pengganti nasi bagi yang belum sarapan

Jika anda tidak biisa membuatnya anda bisa  membelinya di pasar atau memesannya ke toko kue

Pizza mini

Makanan enak, kenyang dan murah meriah ini banyak juga yang mencarinya. Karena makanan ini mengenyangkan sekaligus enak jika dibuat cemilan. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan menggunakan teflon  yang kemudian diberi topping sosis atau bakso, saos, dan juga sayur-sayuran

Agar atau pudding

Anak-anak pastinya suka agar-agar makanya pelega tenggorokan ini juga banyak yang mencarinya. And ajuga bis amembuat sendiri di rumah . selain itu makanan ini paling mudah dibuat jika ingin variasi anda bisa menambahkan susu. Biasanya anak-nakak menyukaii puding rasa coklat, strawberry, dan rasa buah lainnya

Crackers

Makanan ini enak buat cemilan, karena kriuk-kriuk namun untuk membuatnya dibutuhkan keterampilan karena harus membuat secara tipis hingga cepat lebih crispy. Karena jika tak tipis maka seperti martabak bukanlah crackers