Resep Daging Sapi Lada Hitam Yang Praktis Dan Bisa Dicoba Rumah

Resep Daging Sapi Lada Hitam

Resep Daging Sapi Lada Hitam-Pada ulasan kali ini, saya akan membahas resep masakan daging lada hitam yang bisa anda coba di rumah.

Bagi anda yang hobi memasak atau suka memasak, resep daging sapi lada hitam juga bisa anda coba sebagai menu sarapan di pagi hari, atau bisa menjadi usaha rumahan yang menguntungkan.

Daging adalah bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan baku makanan.

Daging tersusun sebagian besar dari jaringan otot, ditambah dengan bagian lemak yang melekat padanya, urat, serta tulang rawan.

Sebagai komoditas dagang, daging biasanya disematkan untuk bagian yang berasal dari hewan besar (mamalia dan reptil) saja.

Jenis daging ini disebut juga daging merah, dan diperdagangkan dalam bentuk potongan-potongan.

Sementara itu ikan, amfibi, hewan laut serta unggas tidak termasuk komoditas daging, karena bisa diperdagangkan secara utuh. Daging non-komoditas disebut juga daging putih.

Daging sapi adalah daging yang berasal dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan.

Pada setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung bagaimana cara pengolahannya.

Sebagai contoh khas luar, daging iga dan T-Bone sangat sering digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat untuk bahan baku pembuatan steak sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan.

Daging sapi yang sudah ditrimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Serta merupakan sumber protein yang sangat baik (mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%), sumber kandungan omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA), lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi Yang terserap dengan cepat dan baik dibanding zat besi dari pangan nabati), seng, fosforus, selenium, mengandung kadar lemak yang relatif rendah, serta memiliki kadar komposisi kolesterol yang sesuai untuk tubuh.

Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh

Daging sapi merupakan salah satu pilihan bahan baku makanan yang cukup digemari di Indonesia. Selain lezat, daging sapi sendiri juga kaya akan manfaat yang sangat penting untuk tubuh manusia.

Daging sapi memang bermacam-macam jenisnya, akan tetapi kandungan gizi dan manfaat daging sapi dari segala macam dan jenis kurang lebih adalah sama.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika hanya mengkonsumsi daging sapi yang bukan merupakan jenis daging yang mahal.

Daging Sapi Lada Hitam

Manfaat Daging Sapi Berdasarkan Kandungan Gizinya

Manfaat daging sapi bagi tubuh tidak hanya kita dapatkan kalau kita mengkonsumsi daging sapi yang berkualitas dan mahal. Semua daging sapi mempunyai manfaat yang sama.

Hanya saja mungkin untuk sebagian orang mengkonsumsi daging sapi yang mahal terasa lebih enak dagingnya. Daging sapi sendiri umumnya diolah menjadi berbagai macam olahan lezat yang menggoyang lidah.

Supaya menambah kenikmatan kita dalam menyantap hidangan daging sapi, tentunya akan lebih lezat jika kita juga mengetahui manfaat daging sapi yang penting bagi tubuh kita.

1. Kandungan Protein yang Tinggi

Salah satu kandungan gizi pada daging sapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia adalah protein. Protein memang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi telur, bahkan juga tahu dan tempe.

Akan tetapi, sumber protein hewani yang sangat besar adalah protein yang berasal dari daging sapi.

Lalu kenapa protein ini sangat penting bagi tubuh? Karena protein membantu tubuh manusia untuk membentuk otot sehingga menambah masa otot dan pada akhirnya bisa menambah berat badan kita.

Selain itu, protein ini juga sangat penting untuk masa pertumbuhan anak-anak.

2. Mengandung Banyak Zat besi

Dalam daging sapi mengandung kandungan zat besi yang sangat tinggi. Kandungan zat besi ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena bisa menghindarkan kita dari anemia.

Selain itu, kalau seseorang terkena penyakit anemia, daging sapi juga dapat menjadi salah satu alternative obatnya.

Lezat bukan? Anemia dapat menyebabkan seseorang merasa tubuhnya lemas dan lesu sehingga mengganggu produktivitas dan aktivitasnya sehari-hari, oleh karenanya, anemia ini perlu sangat dihindari.

Zat besi bagi tubuh manusia juga dapat menjadi tameng pertahanan melawan penyakit karena dapat meningkatkan serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Dengan kondisi tubuh yang kebal melawan penyakit dan terhindar dari anemia sehingga dapat tetap aktif, zat besi memberikan nutrisi bagi anak untuk dapat tumbuh dan mempunyai semangat belajar yang tinggi.

3. Mengandung Selenium dan Zinc

Selenium merupakan suatu zat yang membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, hampir mirip dengan fungsi dari zat besi yang juga bisa meningkatkan sistem imun manusia.

Zat lain yang juga dapat membantu tubuh manusia meningkatkan kekebalannya adalah zinc.

Dengan zinc, tubuh manusia selain mempertahankan sistem kekebalan tubuh, juga membantu pria untuk memproduksi sperma dengan baik serta mencegah kerusakan pada organ reproduksinya.

4. Tinggi Vitamin B kompleks

Bagi Anda yang diharuskan bekerja dengan mengandalkan konsentrasi dan daya ingat, kita pasti akan membutuhkan daging sapi karena daging sapi mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi mempertajam daya ingat kita dan membuat kita dapat berkonsentrasi dengan lebih baik.

Vitamin B kompleks ini tentu saja akan sangat berguna bagi anak-anak kita yang masih duduk di bangku sekolah demi meningkatkan prestasinya.

5. Mengandung Omega 3

Selain terkandung pada ikan, omega 3 juga terkandung dan banyak terdapat dalam daging sapi.

Manfaat daging sapi yang kita dapatkan akan membantu kita untuk membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat yaitu biasa kita sebut dengan otak, membantu fungsi jantung serta hati.

6. Mengandung Lemak

Daging sapi tidak terlepas dari lemak yang dikandungnya, fungsi lemak sendiri yaitu untuk meningkatkan energi dan sumber tenaga bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Apabila anda ingin mengetahui cara membuat kue metega yang gurih dan renyah anda bisa kunjungi link berikut

Manfaat Daging Sapi Berdasarkan Perannya Untuk Kesehatan

Selain manfaat berdasarkan kandungan gizinya, kita juga dapat melihat dari aspek kesehatan langsung, berikut adalah daftar manfaatnya berdasarkan fungsi untuk kesehatan tubuh.

  1. Membangun otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat
  2. Sumber energi yang besar
  3. Menjaga hidup sehat untuk segala umur
  4. Mencegah diabetes dan Obesitas
  5. Mengatur berat badan
  6. Kesehatan kognitif (otak)
  7. Menyembuhkan luka
  8. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  9. Mencegah anemia
  10. Meningkatkan sel darah merah
  11. Meningkatkan kesehatan kulit
  12. Mencegah stroke dan serangan jantung.

Khasiat daging sapi memang luar biasa bagi tubuh atau pun berdasarkan kandungan gizinya, tetapi tentu daging sapi memiliki kandungan lemak yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan merugikan kesehatan.

Konsumsilah secara cukup untuk menjaga kesehatan anda sekeluarga. Adapun penjelasan tentang lada hitam.

Lada Hitam

Dari lada yang tak terlalu tua. Lada ini dipetik kemudian dikeringkan bersamaan dengan kulit. Sehingga membuat permukaan lada ini bekeriput.

Biasanya ditemukan dalam bentuk butiran maupun halus. Ada beberapa Khasiat dan Efek samping kita mengonsumsi lada hitam.

Khasiat Lada Hitam

1. Lada hitam dapat mencegah kanker

Lada dapat membantu mencegah kanker, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan Pusat Kanker, lada hitam juga dapat mencegah perkembangan tumor kanker payudara.

Mereka semua menemukan bahwa kandungan piperine dalam lada hitam memberikan peran penting dalam mencegah kanker.

Kemudian apa bila dikombinasikan dengan kunyit yang memiliki sifat antikanker maka akan menhasilkan efek yang semakin tinggi.

Top Untuk Kanker

2. Lada hitam kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh

Lada hitam juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, flavonoid, karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit lainnya.

Studi-studi lain juga menyarankan khasiat lada ini dapat mengulur perkembangan kanker kulit, kanker usus dan kanker usus besar.

Cara mengkonsumsinya adalah cara dengan menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari sekali.

Akan lebih baik jika dalam mengkonsumsi lada adalah lada yang baru digiling atau fress.

3. Lada hitam membantu pencernaan

Lada hitam membantu dalam pencernaan karena isi piperine dari silada hitam ini merangsang selera untuk sinyal dari perut agar dapat memproduksi asam klorida lebih.

Asam ini adalah asam yang sangat penting untuk mencerna protein dan makanan lainnya yang telah berada di dalam perut.

Ketika ada makaan yang tidak tercerna dengan baik kita maka akan menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan keasaman pada tubuh kita.

Asam klorida yang mengalami kelebihan akan disekresikan dalam membantu mencegah kondisi tubuh tesebut.

Dalam membantu pencernaan, tambahkan satu sendok makan (tergantung pada jumlah porsi makanan yang sedang kita persiapkan) segar merica bubuk tanah untuk makan, saat memasak.

Ini akan menambah cita rasa pada hidangan dan menjaga perut agar tetap sehat dan kuat.

4. Lada hitam menurunkan berat badan

Lada hitam dapat membantu menurunkan berat badan karena lada hitam dapat membantu asimilasi yang tepat (dalam mengekstraksi semua nutrisi) pada makanan.

Selain itu, lapisan luarnya yang mengandung fitonutrien yang kuat dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak pada tubuh kita.

Hal ini juga menyebabkan keringat dan buang air kecil, hal sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh.

Semua kegiatan ini secara kolektif akan membantu dalam penurunan berat badan. Untuk penurunan berat badan yang efektif,cukup dengan hanya taburi merica diatas makanan. Namun jangan makan terlalu banyak.

5. Lada hitam juga dapat meredakan gas karena perut kembung

Hal ini karena lada hitam dikenal dengan sifat karminatif nya yaitu zat yang dapat mencegah pembentukan gas.

Lada hitam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena perut kembung dan nyeri atau juga dikenal dengan kolik.

Menambahkan merica pada makanan, bukan bubuk cabai akan membantu meredakan perut yang kembung.

Manfaat lada hitam di atas memang sudah sangat populer di semua masyarakat seluruh dunia, namun tentu efek samping lada hitam juga menjadi perhatian. Berikut adalah rincian efek sampingnya.

Efek Samping Lada Hitam

1. Dapat membuat sensasi terbakar didalam perut juga di kulit luar dan mata

Karena lada bersifat panas, maka harus membatasi penggunaannya. Dalam beberapa kasus yang terlalu sering menggunakan lada hitam dapat menyebabkan terbakar parah di perut.

Namun sensasi terbakar bersifat sementara. Selain pada perut lada juga menciptakan sensasi terbakar yang terjadi dikulit dan mata.

Hindari menggunakan lada secara langsung pada kulit jika masuk ke mata hal itu dapat menyebabkan panas dan kemerahan, baik pada kulit dan mata.

2. Dapat menyebabkan kematian

Namun kasus ini adalah salah satu yang paling langka dari kasus yang jarang terjadi.

Tetapi jika lada dikonsumsi secara langsung, bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak. Sehingga disarankan untuk makan lada hitam dengan mencampurnya dengan makanan lain.

3. Lada kontraindikasi dengan obat tertentu

Pasien yang memakai siklosporin A, kolinergik, digoxin, dan sitokrom P450 harus menghindari dalam mengkonsumsi lada hitam ini.

4. Dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal pada orang yang mederita sakit pencernaan

Lada hitam dapat mengganggu perut atau menyebabkan masalah pada pencernaan. Jadi, pasien yang menderita gangguan pada pencernaan harus menghindari lada hitam.

5. Lada dapat menyebabkan iritasi

Dalam beberapa kasus asupan pada lada hitam dapat menyebabkan iritasi kulit dengan gejala seperti gatal-gatal, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

Manfaat lada hitam bagi kesehatan sangat besar sekali namun harap dikonsumsi dengan batas wajar, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Resep Masakan Daging Sapi Lada Hitam

Dibawah ini adalah beberapa resep daging sapi lada hitam yang bisa anda buat di rumah.

Bahan Untuk Membuat Resep Daging Sapi Lada Hitam Tumis

Resep Daging Sapi Lada Hitam

  • 300 gram daging has dalam, diiris tipis melawan serat.
  • 3/4k teh kecap manis.
  • 1 sendok  saus tiram.
  • 1/2ndok makan merica hitam bubuk.
  • 1/2 buah bawang bombay, dipotong panjang besar.
  • 2 sendok teh kecap manis.
  • 1/4 sendok teh garam.
  • 1/2 sendok makan merica hitam butiran, ditumbuk kasar.
  • 1/4 sendok teh gula pasir.
  • 3 buah paprika hijau dan merah (potong ukuran dadu besar).
  • 1 batang daun bawang, dipotong miring.
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Cara Untuk Membuat Resep Daging Sapi Lada Hitam

  1. Lumuri daging has dalam dengan kecap manis serta saus tiram. Remas-remas dan diamkan 1 jam dalam lemari es.
  2. Panaskan 2 sendok minyak goreng dari 3 sendok makan minyak goreng.
  3. Masukkan daging satu demi satu. Tumis daging sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  4. Panaskan sisa minyak goreng. Tumis bawang putih sampai harum.
  5. Masukkan bawang bombay. Tumis sampai harum. Masukkan paprika.
  6. Masukkan daging goreng, saus tiram, kecap manis, garam, merica hitam, serta gula pasir dan diaduk sampai rata.
  7. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  8. Resep daging sapi lada hitam siap di sajikan

Tips Supaya Resep Daging Sapi Lada Hitam Bisa Empuk

Cara memotong daging ternyata dapat mempengaruhi daging empuk atau tidak.

Memotong daging yang benar yaitu melawan alur urat dan seratnya. Memotong daging seperti itu dapat membantu daging jadi empuk setelah dimasak. Selain itu juga menjadi masakan yang lezat rasanya.

Pukul-Pukul Daging

Ada cara lagi supaya gaging sapi lezat dan empuk dengan memukul daging sebelum nantinya dimasak. ini bisa melemaskan otot yang ada pada daging sapi dan seratnya.

Dengan begitu daging akan menjadi lebih lembut dan juga teksturnya empuk setelah daging dimasak. Daging sapi bisa dipukul pukul dengan menggunakan palu atau dengan tangan kosong saja.

Berikan Bumbu Resep Daging Sapi Lada Hitam

Daging sapi yang dibumbui sebelum dimasak juga ternyata juga dapat membuat masakan daging sapi makin empuk. Biasanya bahan yang dipakai dalam bumbu itu sudah mengandung asam seperti cuka.

Bahan seperti ini bisa mengolah daging sapi supaya tidak alot, bahkan kalaupun sebelum dimasak. Dan cara ini akan menghasilkan masakan daging sapi yang sangat empuk.

Atur Temperatur

Kadang proses masakan daging sapi tak dilakukan secara benar sebab cara memasaknya itu sebagian salah. Apakah mungkin terlalu matang sehingga daging terasa alot dan susah untuk dikunyah.

Seperti ini biasanya memasak daging dengan temperatur yang salah. Umumnya temperatur yang tepat dalam masakan daging sapi agar empuk yaitu 145 derajat Fahrenheit.

Masak Perlahan

Daging sapi tebal untuk waktu memasaknya juga cukup lama. Memasak daging sapi perlahan dapat menghancurkan jaringan di dalam dagingnya menjadi akan lebih empuk dan sedap.

Dari ulasan diatas, anda dapat mengetahui tentang cara membuat resep daging sapi lada hitam, manfaat daging,kandungan gizi daging, khasiat lada hitam,efek samping lada hitam dan bagaimana daging sapi bisa empuk .

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari usaha rumahan  dan jika anda ingin mengetahui bagaimana resep es pisang ijo,anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana resep daging sapi lada hitam di atas? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Resep Daging Sapi Lada Hitam tersebut.