Resep Es Pisang Ijo Yang Praktis dan Enak

Resep Es Pisang Ijo

Resep Es Pisang Ijo – Es Pisang Ijo diolah dari buah pisang ambon, raja atau kepok yang sudah tua atau matang. Pisang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dengan air daun pandan yang memberi warna hijau serta aroma pandan.

Diberi tambahan tepung terigu rebus yang kenyal atau bubur sum-sum, disiram dengan sirup warna merah khas Makassar, dan lelehan susu kental.

Setumpuk es serut atau bongkahan-bongkahan kecil es akan melengkapi penyajiannya.

Minuman yang mengenyangkan ini disajikan diatas mangkuk atau piring yang agak kecil atau pendek.

Biasanya ditemani dengan makanan ringan seperti jalangkote ,lumpia dan makanan ringan lainnya

Sajiannya memang sederhana, tetapi terasa nikmat sebagai pelepas dahaga sepulang kerja atau pada siang hari.Es Pisang Hijau lebih banyak dicari pembeli saat bulan Ramadhan.

Rasanya yang segar, manis, dan mengenyangkan sangat cocok sebagai hidangan berbuka puasa atau sebagai takjil . Resep Es Pisang Ijo harganya berkisaran antara Rp 13.000 – Rp 15.000 per porsi

Buah Pisang

Buah Pisang adalah salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di kawasan yang memiliki iklim hujan dan panas seperti Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Papua, Amerika Selatan dan Afrika.

Tanaman Pisang yang berdaun besar dan memanjang ini menghasilkan buah yang terdiri dari tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut dengan sisir.

Kandungan Gizi Pada Buah Pisang

Buah Pisang yang dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Banana ini merupakan sumber makanan yang sangat bergizi tinggi.

Banyak gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia terdapat pada buah pisang yang tidak asing lagi di Indonesia ini.

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi  utama bagi kita. Jika kita kehilangan energi setelah berolahraga, maka kita bisa digantikan dengan pisang.

Selain itu, pisang juga bisa dijadikan makanan untuk mengisi energi cadangan yang biasanya habis sebelum jam makan utama tiba.

  • Vitamin C

Seperti buah-buahan lainnya, pisang juga kaya akan kandungan vitamin C, lo, Teman-teman. Satu buah pisang mengandung 10 mg vitamin C.

Itu setara dengan 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti teman-teman tahu, vitamin C itu bisa menjadi peningkat sistem kekebalan tubuh kita juga lo.

  • Potassium

Buah ini juga terkenal akan kandungan potasiumnya. Satu buah pisang berukuran sedang juga mengandung potassium sebanyak 400 mg.

O iya, potassium adalah zat yang bisanya berguna menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Selain itu, potassium juga dapat mencegah kram otot setelah berolahraga.

  • Serat

Tubuh kita memerlukan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Nah, serat bisa kita dapatkan dari pisang, jadi satu buah pisang bisa mengandung 3 gram serat.

 

O iya, bagi teman-teman yang gampang merasa lapar, sepertinya teman-teman harus juga mengonsumsi pisang, karena serat dalam pisang juga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

  • Vitamin B6

Vitamin B biasanya didapatkan dari produk hewani.

Namun, vitamin B6 yang disebut juga dengan pyridoxine bisa didapatkan dari pisang.

Vitamin ini digunakan tubuh untuk menumbuhkan sel-sel baru.

O iya,ada juga 35 persen kebutuhan harian akan vitamin B6 kita bisa dipenuhi dengan satu buah pisang, lo.

  • Mangan

Ternyata, pisang juga mengandung mangan.

Mangan adalah sebuah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan juga membantu proses metabolisme.

Apabila anda ingin mengetahui bagaimana resep kue kering nastar yang bisa dicoba dirumah anda bisa mengunjunginya di sini.

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Buah Pisang yang juga kaya akan Serat, Vitamin B6, Vitamin C,dan juga Potassium (Kalium) banyak memberikan manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya.

Berikut ini adalah sebaguan besar manfaat buah pisang bagi kesehatan manusia.

  •  Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak menimbulkan kematian.

Pisang yang kaya akan Potassium (Kalium) ini dapat juga dapat menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga tekanan darah stabil.

Menurut beberapa penelitian di dunia ini, asupan kalium sebanyak 1,3g hingga 1,4g per hari dapat menurunkan 26% risiko terkenanya penyakit jantung.

Di samping itu, buah pisang juga mengandung banyak Antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung.

  • Membantu saluran pencernaan

Serat tinggi yang dimiliki oleh buah Pisang dapat membantu memperlancar saluran pencernaan.

Buah Pisang mengandung Pati Resisten (Resistant Starch) dan Pektin merupakan prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik sehingga dapat membantu sistem pencernaan pada saluran usus.

Konsumsi Pisang juga dapat menghindari pengerasan feses yang pada dasarnya merupakan gejala awal dari penyakit sembelit.

  •  Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Vitamin C yang terdapat pada buah Pisang juga dapat menangkal pembentukan radikal bebas. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas juga merupakan penyebab penyakit kanker.

Selain Vitamin C, buah pisang juga mengandung serat yang dapat mencegah penyakit kanker kolorekterum. Kanker Kolorekterum adalah penyakit kanker yang yang berkembang dari sel-sel usus besar.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Seperti buah-buahan lainnya, buah Pisang juga mengandung antioksidan dan juga Karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

Katarak, Rabun senja dan Glaukoma dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi buah pisang yang cukup.

  • Menurunkan Risiko Gangguan Ginjal

Buah Pisang mengandung potassium atau kalium yang bisa membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi Kalium yang cukup, kita bisa menjaga kesehatan ginjal dan mencegah penyakit kegagalan ginjal.

Suatu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengkomsumsi pisang 4 – 6 kali dalam seminggu juga dapat menurunkan 50% risiko terkena penyakit ginjal jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah pisang secara rutin tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan Piridoksin atau Pyridoxine (Vitamin B6) yang tinggi pada buah pisang juga bisa menjaga kesehatan kulit dan menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti ketombe, jerawat dan kulit kering.

Resep Es Pisang Ijo

Bahan-Bahan untuk membuat Resep Es Pisang Ijo

    • 200 g tepung beras
    • 50 g tepung terigu
    • 100 ml santan kental
    • 100 ml air
    • 5 tetes pewarna makanan
    • 8 buah pisang raja
    • Bahan saus
    • 500 ml santan
    • 100 g gula pasir
    • 150 g tepung terigu
    • 50 g tepung maizena
    • Es batu secukupnya

Cara Membuat Resep Es Pisang Ijo

 
  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan santan kental, aduk hingga rata
  2. Masukkan air sambil diaduk sampai menyatu
  3. Teteskan pewarna makanan, aduk hingga merata
  4. Gulung pisang dengan adonan
  5. Kukus hingga matang
  6. Rebus santan, masukkan gula pasir, tepung terigu, tepung maizena,dan aduk hingga mengental
  7. Potong-potong kecil pisang di mangkuk saji, tuangkan es batu, sirup cocopandan atau sirup yang lain, dan bahan saus
  8. Sajikan Sirup cocopandan atau yang lainnya secukupnya
  9. Resep Es Pisang Ijo siap disajikan

Asal Usul Es Pisang Ijo

Pada jaman dahulu ,di pulau Sulawesi hiduplah seorang raja yang sangat berkuasa didaerah itu. Sang raja selain dikenal berkuasa juga terkenal sangat kejam dan sangat sadis.

Dia memimpin kerajaannya itu dengan tangan besi dan darah dingin. Tak ada seseorang pun yang berani melawan perintahnya, bila berani maka hukuman cambuk atau pancung yang menantinya.

Raja ini punya satu kebiasaan, dia rupanya senang sekali memakan pisang. Setiap hari, saat bangun tidur sang raja ini akan mencari buah pisang sebagai makanan yang pertama kali dia santap sebelum makanan inti.

Sebagai seorang raja dia tentu saja punya tukang masak pribadi, diantara tukang masaknya itu ada seseorang lelaki tampan yang bernama Ijo. Lelaki ini adalah tukang masak andalan dikerajaan.

Sebenarnya dia sangat tidak suka melayani sang raja yang kejam dan bengis itu, namun dia tak berani untuk melawannya. Suatu hari si Ijo sedang mempunyai sebuah masalah.

Entah kenapa, dihari itu masakannya tiba-tiba menjadi sangat tidak enak dan memuakkan. Alhasil, raja yang memang terkenal gampang naik pitam akhirnya memutuskan si Ijo diseret ke tempat pemancungan.

Hanya gara-gara hal yang sepele sebenarnya, tapi itulah sikap jelek sang raja. Ijo berusaha menyelamatkan nyawanya, dia memutar otak dan mencari jalan supaya bisa bebas dari hukuman sang raja.

Karena tahu kalau sang raja sangat menggemari pisang, alhasil si Ijo menawarkan kepada raja sebuah resep masakan berbahan dasar pisang yang menurutnya akan mampu membuat sang raja luluh.

Penasaran, sang raja memberi waktu setengah hari bagi si Ijountuk membuat makanan yang dimaksud.

Ijo yang sebenarnya tidak punya ide menjadi sangat bingung, dengan segenap perasaan dan pengharapan dia berhasil membuat sebuah hidangan dari pisang yang dibungkus kulit tipis dari tepung serupa kulit dadar dengan tambahan saus berbentuk fla yang rasanya manis.

Dengan hati berdebar, Ijo menyodorkan makanan yang baru dibuatannya dengan harapan sang raja menyukainya.

Debaran jantung Ijo serentak berganti dengan lonjakan penuh kegembiraan ketika di luar dugaan sang raja itu sangat menyukai makanan hasil kreasinya.

Saking sukanya, sang raja kemudian memutuskan bahwa makanan baru itu dinamakan ES PISANG IJO dan menjadi makanan resmi kerajaan tersebut. Ijo pun selamat dari mautnya.

Hal yang paling menggembirakan bagi si Ijo dan seluruh rakyat kerajaan adalah kenyataan bahwa setelah itu sang raja berubah menjadi raja yang lemah lembut, rupanya RESEP ES PISANG IJO yang dibuat dengan penuh perasaan dan harapan itu mampu memikat hati sang raja tersebut.

Kelembutan saus di RESEP ES PISANG IJO turut melembutkan hati sang raja yang sebelumnya raja itu keras dan membatu.

Semenjak itulah, kerajaan hidup dalam ketenangan dan kemakmuran. ES PISANG IJO pun kemudian menjadi makanan khas kerajaan tersebut dan bertahan hingga saat ini.

(Cerita di atas adalah legenda yang bohong-bohongan tentang RESEP ES PISANG IJO. Asli bohong, karena itu semata-mata adalah rekaan saya saja,yang beberapa menit sebelum saya menuliskan cerita ini. Maaf ya untuk para pembaca sekalian.. )

Sejujurnya, saya tidak pernah tahu asal muasal dari cerita tentang RESEP ES PISANG IJO ini.

Yang saya tahu adalah bahwa ES PISANG IJO ini adalah salah satu makanan khas dari Sulawesi Selatan yang juga identik dengan bulan puasa.

Kalau menilik namanya, saya curiga makanan ini datangnya justru dari Jawa, analisa sederhana saya adalah bahwa tidak mungkin sebuah makanan khas Sulawesi Selatan (Bugis-Makassar)

Diberi nama ES PISANG IJO karena dalam bahasa Makassarmya pisang disebut UNTI dan IJO (hijau) adalah Moncombulo.

Jadi kalau memang makanan ini makanan khas Makassar, harusnya namanya jadi UNTI MONCONGBULO, sama seperti kue Nagasari yang berubah menjadi ROKO’-ROKO’ UNTI

(Bungkus-bungkus pisang-karena bahan dasarnya pisang dan ujung-ujungnya dibungkus daun pisang).

Atau seperti Pallu butung yang sepertinya memang makanan khas dari sini dan terciptanya sudah lama.

Lagian gaul amat orang-orang dulu mengganti nama Hijau dengan Ijo..?. Sampai saat ini saya belum pernah menemukan kapan dan siapa yang Menemukan PISANG IJO ini mulai ditemukan.

Jika anda ingin mengetahui juga bagaimana resep cemilan goreng yang enak dan bisa anda coba dirumah mari simak di ulasan berikut.

Khasiat Pisang Ijo 

Pisang ijo adalah buah banyak digemari di berbagai daerah di Indonesia. Selain rasanya yang manis pisang ijo juga bisa kita dijadikan pelengkap dari berbagai olahan makanan yang lain, seperti kue, es krim dan lain sebagainya.

Namun tahukah kamu bahwa dibalik rasanya yang nikmat, pisang ijo juga mengandung manfaat yang sangat banyak? Apa saja manfaat dari pisang ijo? Berikut penjelasannya.

  • Untuk Mengatasi Diare

Pola makan yang salah dan makanan yang kurang baik dapat menyebabkan diare. Penyakit ini cukup rumit terutama jika diderita oleh anak usia dini atau bahkan balita.

Namun, pisang ijo diketahui mampu mengatasi penyakit tersebut. Ada beberapa penelitian yang meneliti manfaat pisang ijo.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di Bangladesh, penelitian tersebut berkesimpulan bahwa salah satu manfaat dari pisang ijo adalah untuk mengobati diare.

Hal ini dikarenakan, ketika seseorang mengalami diare maka absorbsi air dalam usus terjadi dengan sangat cepat, sehingga kotoran yang keluar masih berupa cairan.

Nah, fungsi dari pisang ijo disini adalah untuk menormalkan kembali kerja absorbsi air pada usus yang pada akhirnya akan menghentikan diare.

 

  • Mengobati Penyakit Maag

Orang yang menderita penyakit maag atau penyakit lambung disarankan untuk sering mengkonsumsi pisang ijo.

Karena kandungan pada pisang ijo mampu menjaga sisrem pencernaan agar selalu dalam kondisi yang baik dan sehat.

Oleh karena itulah pisang ijo juga dikategorikan sebagai makanan penunjang ketika seseorang sedang diet. Selain maag pisang ijo juga bermanfaat untuk bisa terhindar dari munculnya penyakit sariawan diusus.

  • Sumber Energi

Kandungan nutrisi yang lengkap pada pisang membuat pisang ijo cocok untuk dijadikan menu sarapan, terutama pada seseorang yang sedang menjalani program diet.

Dua buah pisang ijo cukup untuk memberikan suntikan energi bagi seseorang. Hal ini karena pada dasarnya pisang ijo memiliki kandungan karbohidrat yang sangat diperlukan tubuh.

  • Menguatkan Tulang

Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan dan cadangan energi, pisang ijo juga sangat baik untuk membentuk tulang yang kuat.

Hal ini terjadi karena kandungan dalam pisang ijo mampu membuat tubuh menyerap kalium dengan lebih baik.

Hal ini akan berdampak kepada tulang yang menerima asupan yang tepat serta terjaga kekuatannya.

  • Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Pada dasarnya pisang jenis apapun mempunyai sangat banyak sekali manfaat termasuk zat anti kanker.

Namun yang membedakan antara pisang ijo dengan pisang-pisang yang lainnya adalah kandungan zat pati di pisang ijo lebih mudah diserap oleh tubuh.

Zat pati ini kemudian akan difermentasikan oleh bakteri yang ada pada usus dan dijadikan sebagai sumber energi di tubuh kita.

Zat pati inilah yang berperan menggantikan fungsi karbohidrat tanpa menaikkan kadar gula darah sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita diabetes.

Dari ulasan diatas, anda dapat mengetahui tentang cara membuat es pisang ijo, manfaat pisang,kandungan gizi pisang dan resep es pisang ijo.

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari usaha rumahan  dan jika anda ingin mengetahui bagaimana resep daging sapi lada hitam,anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana resep-resep diatas? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.