Cara Bikin Keripik Singkong Pedas Manis Yang Disukai Semua Orang!

cara-buat-keripik-singkong

Makanan ringan seperti keripik memang menjadi camilan yang banyak disukai orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak sangat menyukai camilan keripik singkong. Selain keripik pisang, keripik singkong menjadi andalan banyak orang. Tidak sulit untuk menemukan keripik singkong. Begitupun dengan cara buat keripik singkong yang mudah, yang bahkan sama dengan cara bikin keripik pisang.

Hampir di setiap minimarket dan pusat perbelanjaan lainnya menjual keripik singkong. Mulai dari yang dibuat dalam kemasan oleh pabrik besar hingga yang dijual di pinggir jalan. Keripik singkong biasa dijual dalam berbagai rasa. Meski banyak dijual, tak sedikit orang yang penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa mengkreasikan sesuai selera, orang juga bisa lebih menghemat.

Berdasarkan definisi keripik tersebut, keripik singkong bisa disebut sebagai panganan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Irisan singkong kemudian digoreng dengan rasa asli asin dengan beraroma bawang yang gurih. Keripik singkong banyak digemari karena rasanya renyah dan harganya murah.

Singkong atau ketela pohon merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Banyak resep olahan singkong lainnya, ada yang dijadikan sebagai makanan khas seperti getuk, tape, dan keripik menjadi salah satu camilan disukai banyak orang.

Semakin berkembangnya zaman juga kini rasa keripik singkong mulai bermacam-macam, seperti rasa original yang gurih dan renyah, keripik singkong manis, cokelat, keju, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan proses pembuatannya. Simak cara buat keripik singkong pedas manis yang banyak digemari oleh semua orang.

Cara Buat Keripik Singkong Pedas Manis Yang Disukai Banyak Orang!

Bahan-bahan cara buat keripik singkong pedas manis :

  • 2 singkong ukuran sedang
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air bersih
  • 5 sendok makan garam untuk rendaman
  • 5 siung bawah putih, dihaluskan sebagai campuran rendaman
  • 2 sendok makan gula pasir untuk bumbu
  • 4 cabai rawit
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir gula Jawa ukuran kecil
  • Minyak secukupnya

Cara Buat Keripik Singkong Pedas Manis :

  1. Singkong yang telah dipilih dikupas dan kemudian dicuci hingga bersih lalu iris tipis-tipis dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik.
  2. Campur air bersih dengan air kapur sirih, campurkan bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata. Kemudian rendam irisan singkong kedalamnya hingga 30 menit, angkat lalu tiriskan.
  3. Buat sambal gula Jawa (cabai + garam + gula Jawa).
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng singkong irisan hingga matang dan kering, angkat lalu tiriskan keripik singkong hingga dingin dan tidak berminyak. Tuangkan sambal gula Jawa & aduk-aduk.
  5. Masukkan keripik singkong, aduk-aduk sampai bumbu sambal hingga merata.
  6. Keripik singkong pedas manis siap dihidangkan.

Manfaat dan Kandungan Nutrisi pada Singkong

Singkong selain bisa dibuat Resep olahan singkong, ternyata mengandung beragam nutrisi dan manfaat loh. Selain itu, didalam 100 gram singkong rebus, terkandung 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak.

Bahkan, dalam takaran yang sama singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin serta mineral. Maka dari itu, simak lebih jelasnya berikut ini.

1. Karbohidrat

Singkong setiap 100 gram mengandung 38 gram karbohidrat, inilah alasan mengapa singkong menjadi sumber energi yang baik untuk kamu, apalagi bagi kamu yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat. Biasanya, aktivitas fisik akan menguras glikogen yang merupakan bentuk gkukosa dan disimpan dalam otot.

Pada saat anda mengonsumsi singkong, kandungan karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang kemudian diubah lagi menjadi glikogen dan disimpan didalam otot tubuh. Maka dari itu, manfaat singkong untuk menambah energi tidak bisa disepelekan.

2. Serat

Jumlah kandungan serat pangan pada singkong juga cukup tinggi, bahkan mampu mencegah sembelit. Kandungan serat ini juga dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan, karena bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Kandungan serat juga bisa mendatangkan manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan obesitas, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Singkong ini juga bisa bisa dikonsumsi bagi kamu yang memiliki diabetes.

Dengan mengonsumsi singkong, dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena, serat mampu memperlambat penyerapan gula kedalam aliran darah.

3. Mineral

Selain mengandung serat dan karbohidrat, singkong juga mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti, zat besi, mangan, kalsium, fosfor dan kalium. Kandungan mineral ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan, menjalankan fungsi jaringan tubuh dan untuk perkembangan.

Kandungan kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gizi dan zat besi membantu dalam pembentukan protein (myoglobin dan hemoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh kamu.

Selain itu, mangan membantu dalam pembentukan tulang, hormon seks dan jaringan ikat, sedangkan kalium diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.

Sementara itu, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang cukup tinggi. Perlu diketahui, kandungan magnesium  dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko osteoporosis. Sedangkan tembaga menjaga fungsi saraf supaya tetap sehat.

4. Vitamin

Didalam singkong juga mengandung vitamin C, folat dan vitamin E yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan didalam singkong ini juga bisa melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi resiko komplikasi selama kehamilan. Bahkan,vitamin C juga melindungi kamu dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker lainnya.

 

Itulah cara buat keripik singkong pedas manis dan juga beberapa manfaat dan kandungan yang ada pada singkong. Selain bisa dijadikan camilan yang menemani waktu luang kalian, juga dapat dijadikan sebagai camilan yang sehat. Selamat menikmati dan mencobanya dirumah.

Enjoyyy!!