Cara Membuat Keripik Lumpia Jagung Pedas Manis Yang Endul Banget

cara-membuat-keripik-lumpia

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas bagaimana cara buat keripik bawang balado yang bisa dijadikan camilan ataupun pelengkap makanan berat. Nah kali ini, kita akan membahas tentang camilan keripik lagi yaitu cara membuat keripik lumpia yang renyah dan gurih. Tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan camilan yang satu ini. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan bagaimana cara membuat keripik kentang dan keripik-keripik lainnya.

Lumpia merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Tentu, anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan ini biasanya menjadi cemilan saat bersantai dirumah. Jika digoreng warnanya kecoklatan, bentuknya memanjang serta di dalamnya terdapat irisan wortel dan sayuran lainnya. Makanan yang menjadi kegemaran masyarakat Semarang ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang basah dan juga kering. Namun, baik lumpia basah atau pun kering sama-sama mempunyai manfaat bagi kesehatan. Dalam makanan ini mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Olahan makanan lumpia pun mulai berkembang, lumpia yang biasanya berisi sayuran dan beberapa irisan daging ini, olahan lumpia kini sudah berkembang menjadi sebuah keripik yang banyak digemari oleh siapapun. Tidak hanya anak kecil saja, namun seluruh lapisan masyarakat menyukainya.

Nah, daripada kalian semua bingung harus membeli keripik lumpia dimana, mending kita buat kesibukkan kecil dirumah dengan memasak cara membuat keripik lumpia yang enak, renyah, gurih dan yang pastinya kalian bisa menikmatinya dengan beberapa varian rasa yang kalian inginkan.

Cara Membuat Keripik Lumpia Jagung Pedas Manis

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus kulit lumpia (secukupnya)
  • 2 sdm tepung terigu
  • Minyak goreng
  • Bumbu tabur rasa jagung manis (sesuai selera)
  • Bon cabe

Cara Membuat Keripik Lumpia Rasa Jagung Pedas Manis :

  1. Pertama siapkan dulu adonan tepung terigu, jangan terlalu cair karna untuk lem, lalu ambil 1 persatu lalu oleskan lem setengah lingkaran agar tak mudah lepas, lalu gulung.
  2. Setelah selesai diamkan kurang lebih 1 menit, lalu potong-potong serong, setelah di potong biarkan dulu kurang lebih 5 menitan biar perekat agak kering.
  3. Setelah itu goreng dengan api sedang hingga warna kulit lumpia menjadi cokelat keemasan.
  4. Jika sudah matang tiriskan, lalu setelah dingin masukan ke wadah, taburkan bon cabe, dan bumbu rasa jagung manis, lalu tutup dan kocok.
  5. Keripik lumpia siap dinikmati.

Manfaat Lumpia bagi Kesehatan Tubuh :

1. Menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh

Khasiat lumpia yang pertama dapat menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh. Kandungan protein yang ada di dalamnya dapat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh sehingga semua sel bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, konsumsilah makanan ini.

2. Mengurangi resiko stroke

Stroke merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan rusaknya sebagian dari otak. Untuk mengurangi resiko stroke anda bisa mengkonsumsi lumpia ini. Kandungan protein dan vitamin C yang ada dalamnya dapat mencegah resiko stroke.

3. Mengurangi resiko kanker

Kanker menjadi salah satu penyebab kematian terbesar sampai saat ini. Untuk mengurangi resiko kanker anda bisa mengkonsumsi lumpia. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya terbukti mampu melawan sel kanker dalam tubuh sehingga anda bisa terbebas dari resiko kanker.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Jika anda salah satu penderita kolesterol maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ini. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat menurunkan kadar koleterol sehingga makanan ini baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang tidak lancar akan menyebabkan terjadinya penyakit sembelit. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi lumpia. Kandungan karbohidrat yang terdapat pada makanan ini sangat efektif melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa mencegah resiko sembelit.

 

Itulah cara membuat keripik lumpia rasa jagung pedas manis dan juga beberapa manfaat lumpia bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat berguna untuk kalian lakukan dirumah. Enjoyy ya fren!