Cara Bikin Keripik Bawang Balado Nikmatnya Disantap Bersama Keluarga

cara-bikin-keripik-bawang-balado

Siapa sih yang tak suka mengkonsumsi camilan seperti keripik? Apalagi dimasa pandemi seperti ini. Nah, pada artikel sebelumnya kan sudah dibahas mengenai bagaimana cara bikin keripik kentang keju yang enak dan cocok disantap saat santai, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat keripik bawang yang juga nikmat disantap saat masa pandemi seperti ini.

Keripik bawang atau banyak yang menyebutnya kue bawang, biasanya dijumpai disaat masa lebaran. Sembari bersilahturahmi kerumah sanak saudara, mengobrol dan bercengkerama dengan memakan camilan yang sudah disediakan di masing-masing rumah tersebut. Salah satunya yaitu jenis keripik-keripikan yang sering kita jumpai. Selain bisa dijadikan camilan, keripik juga dapat dijadikan sebagai menu pelengkap lauk saat makan dengan nasi.

Dimasa pandemi seperti ini, biasanya banyak orang yang mulai bosan dengan kehidupan karantina mereka. Terlebih adanya larangan keluar rumah demi memenuhi peraturan psbb (pembatasan sekala besar bersama) yang mewajibkan seluruh masyarakat untuk selalu dirumah dan tetap berjaga jarak. Hal ini menyebabkan mereka mulai bosan dan hanya menonton televisi ataupun beberapa serial film yang ada di sosial media.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan kami berikan cara buat keripik bawang balado atau cara membuat kue bawang yang mungkin sedikit menambah pekerjaan rumah. Daripada hanya mengeluarkan uang untuk membeli stok camilan terus menerus, alangkah baiknya membuat camilan sendiri yang enak dan siapa tahu dapat menjadi ladang usaha baru di kala masa pandemi seperti ini.

Cara Bikin Keripik Bawang Balado Yang Nikmat dan Mudah Dibuat

Bahan-bahan :

  • 200 gram tepung terigu protein sedang.
  • 25 gram tepung sagu.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1 sendok teh garam.
  • 5 butir bawang merah, dihaluskan.
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan.
  • 1 butir kuning telur, dikocok lepas.
  • 2 batang daun bawang kecil, diiris tipis.
  • 1 batang daun seledri, dicincang halus.
  • 3 sendok makan air.
  • 1 sendok makan margarin.
  • 500 ml minyak untuk menggoreng.
  • 2 sendok makan bumbu balado siap pakai.

Cara Buat Keripik Bawang Balado :

  1. Campur tepung terigu, tepung sagu, baking powder, dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan bawang merah, bawang putih, kuning telur, daun bawang, daun seledri, air dan margarin. Aduk rata dan gumpalkan.
  3. Giling tipis adonan dengan gilingan mi dengan ukuran paling tebal (nomor 7) 2 – 3 kali giling sampai licin. Turunkan gilingan. Giling lagi dengan mengurangi ketebalan, giling lagi 2 – 3 kali sampai licin. Begitu seterusnya. Hingga ketebalan no 1.
  4. Potong bulat bergerigi, atau selera kalian.
  5. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.
  6. Taburkan bumbu balado bubuk.

Tips Dalam Membuat Keripik Bawang

  1. Untuk mendapatkan keripik bawang yang renyah sebaiknya tidak menggunakan banyak air, gunakan secukupnya air, menyesuaikan dengan komposisi bahan lainnya.
  2. Ketika mengaduk adonan sebaiknya tunggu sampai adonan tidak lembek lagi, karena ini akan menyebabkan adonan susah untuk digiling dan dipotong-potong nantinya. Selain itu saat menggoreng juga akan menggumpal. Sebagai solusi kalian bisa menggunakan mixer adonan agar tidak perlu sulit-sulit mengaduk hingga tidak legnket lagi.
  3. Untuk menggoreng adonan keripik bawang, pastikan minyak benar-benar merendam permukaan adonan. Karena dalam menggorengnya menggunakan teknik deep fry. Jika kalian kesusahan untuk menggoreng dengan wajan biasa yang hanya cukup untuk jumlah sedikit dalam menggoreng keripik bawang, kalian bisa menggunakan penggorengan deep fryer. Ini akan memudahkan kalian dalam menggoreng dengan jumlah yang banyak.
  4. Sebaiknya keripik bawang yang telah digoreng benar-benar ditiriskan minyaknya, ini bertujuan agar rasa keripik bawang tidak dirusak oleh minyak yang masih terkandung pada keripikbawang. Untuk meniriskan minyak secara manual kalian bisa mengalaskan tisue makan pada tempat meniriskan. Namun itu membutuhkan waktu yang lama dan kurang efisien. Kalian bisa menggunakan mesin spinner minyak untuk meniriskan minyak dengan hasil yang lebih maksimal dan efisien.
  5. Sekali lagi pastikan keripik bawang sudah benar-benar dingin saat anda akan mengemasnya. Ini akan menjaga kerenyaahan keripik bawang nantinya. Selain itu simpan di tempat yang benar-benar kedap udara agar kerenyahan keripik bawang tetap terjaga.

Itulah cara bikin keripik bawang balado yang bisa kalian praktikkan dirumah kalian masing-masing. Semoga bermanfaat dan kalian dapat menikmati keripik buatan kalian bersama dengan keluarga tercinta.

Enjoyy ya frenn!!