Aneka Olahan Pisang Praktis Dan Simple

Pada jaman sekarang ini, hampir semua orang mencari yang mudah dan simple, tak terkecuali dalam dunia kuliner. Maka dari itu mimin di sini untuk berbagai aneka olahan pisang praktis dan simple yang bisa kalian jadiin refrensi buat nemenin kegabutan kalian.

Jika kita lihat sekarang ini, udah banyak banget ngga si usaha usaha kuliner yang besar, bahkan homemade yang mulai atau malah udah lama berkecimpung dalam dunia aneka olahan pisang untuk usaha  ini.

Selain karena mudah diolah dan pangsa pasar yang luas, olahan pisang ini sangat diminati masyrakat kita. Tanpa memandang status sosial maupun usia. Belum lagi karena manfaat dan khasiat yang dimiliki buah pisang itu sendiri.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pada artikel kali ini mimin bakal bahas sedikit tentang apa yang kita dapatkan dengan mengonsumsi pisang sebelum masuk ke aneka olahan dan resepnya, jadi ikutin terus yaa!!

1. Menyeimbangkan Gula Darah

Kandungan pati resistan dan pektin yaitu sejenis serat pada daging pada buah pisang dinilai dapat mengontrol gula darah dengan mengurangi nafsu makan sehingga memperlambat pengosongan lambung. Hal ini sangat bagus bagi kalian yang ingin makan tidak terlalu banyak, dengan makan sedikit nasi dan lauk diikuti dengan makan pisang setelahnya maka rasa kenyang akan bertahan cukup lama.

2. Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Masalah kesehatan mental memanglah sedang marak dalam beberapa tahun ke belakang. Hal ini memiliki banyak penyebab baik internal maupun eksternal yang tidak dapat disamaratakan.

Dalam hal ini, buah pisang memiliki zat triptofan yang akan diubah dan diolah tubuh menjadi serotonin yang dapat mempengaruhi suasana hati. Selain merubah suasana hati, zat triptofan ini juga dapat memperbaiki pola tidur bagi kalian yang mengalami susah tidur yang berpengaruh juga dalam memperburuk depresi dengan kurangnya tidur dan istirahat.

3. Membantu Diet

Karena pisang memiliki zat antioksidan yang sangat kuat, hal ini sangat mendukung bagi kalian yang sedang mengalami program diet. Dengan memperlambat pengosongan lambung agar kalian yang sedang melakukan program diet senantiasa merasa kenyang.

Selain dapat merasa kenyang lebih lama, pisang mengandung serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan dengan serat yang dimilikinya.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, buah pisang juga ngga mau kalah. Kandungan vitamin A pada buah pisang ini berfungsi sama seperti wortel yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan saraf mata.

Buah pisang juga membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti degenarasi makula, yaitu kondisi di mana penglihatan mulai kabur seiring bertambahnya usia. Terlebih bagi mereka yang udah lansia, kandungan ini sangat diperlukan untuk tetap mejaga fungsi sel dan saraf pada mata.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada pisang ini membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap kencang dan bersinar. Hal ini juga dapat memicu regenarasi kulit yang cepat tanpa adanya radikal bebas yang mengikuti.

 

Enam poin manfaat di atas adalah manfaat dari mengonsumsi pisang, jadi gimana? masih ragu mengonsumsi buah pisang ini? Selain rasanya yang enak juga menyimpan berbagai manfaat gais. Selain itu juga dapat diolah dengan cara membuat es buah sederhana bagi kalian yang doyan seger seger.

Oke kalo gitu kita masuk ke resep aneka olahan pisangnya ya gaiss

Resep Aneka Olahan Pisang Praktis

1. Resep Aneka Olahan Pisang Kipas Kriuk Praktis

Bahan:

  • 8 buah pisang kapok
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Membuat Aneka olahan Pisang Kipas Kriuk Praktis:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan lalu siap disajikan
  6. Voilaaa resep olahan pisang kipas kriuk praktis siap dinikmati!

2. Resep Olahan Pisang Pandan Roll Praktis

Bahan:

  • 3 butir telur utuh
  • 4 buah pisang raja
  • 1 sendok makan mentega
  • 5 gr tepung maizena
  • 5 gr susu bubuk
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gr tepung salatiga
  • 40 gr gula pasir putih
  • 1 sendok makan buttercream
  • 15 gr meses
  • 15 gr keju parut
  • 1 sendok teh margarin

Cara Membuat Olahan Pisang Pandan Roll Praktis:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih
  2. Panaskan oven sampai 210 derajat celcius dan oleskan loyang dengan margarin hingga merata tak lupa juga alasi loyang dengan kertas bakin
  3. Masukkan semua bahan kecuali mentega lalu aduk merata hingga pucat, lembut, dan mengembang 2 kali lipat
  4. Ambil beberapa adonan dan campurkan dengan mentega dan aduk sampai rata dengan sempurna
  5. Jika sudah, satukan adonan tadi dengan adonan yang awal dan aduk kembali hingga benar benar rata
  6. Tuangkan ke dalam loyang sampai kental dan panggang sampai 15 menitan
  7. Selagi menunggu cake nya dingin, tambahkan buttercream ke dalam plastik
  8. Panaskan minyak goreng dan masukkan satu sendok makan mentega serta pisang raja tadi dan goreng sampai terlihat agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan
  9. Tunggu sampai dinginn dan bagi cake menjadi 4 bagian lalu taruh pisang di atasnya kemudian semprot buttercream di atasnya dan taburi keju parut, meses lalu tutup lagi dengan pisang sisa
  10. Gulung semuanya dengan rapat atau bisa juga dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas lalu tunggu sampai 1 jam
  11. Jika udah satu jam, keluarkan cake dari kulkas dan potong bagian pinggir lalu potong menjadi 2 bagian. Celupkan bagian sisi pinggir dan biarkan dingin lalu taruh di atas cooking track
  12. Voilaaaaa, resep olahan pisang pandan roll siap dinikmati gaiss

3. Resep Olahan Pisang Banjar Praktis

Bahan:

  • 300 gr pisang kapok yang udah matang
  • 200 gr tepung terigu protein
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml santan hangat
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Margaris secukupnya

Cara Membuat Roti Pisang Banjar Praktis:

  1. Cuci bersih semua pisang dan kupas lalu potong kecil kecil dan sisihkan dulu
  2. Campurkan bahan bahan seperti tepung terigu, garam, gula, telur, vanili dan santan lalu aduk hingga rata
  3. Jika dirasa udah merata, masukkan potongan pisang tadi ke dalam adonan
  4. Ambil cetakan kotak lalu oleskan margarin sedikit demi sedikit pada sisi loyang dan panaskan dengan api kecil
  5. Tuangkan seluruh adonan pisang tadi dan tambahkan beberapa potong pisang yang belum masuk di adonan tadi di atasnya dan tutup loyang atau cetakan
  6. Jangan panggang terlalu lama, jika terlihat udah sedikit mengembang segeralah angkat dan resep kali ini siap disajikan
  7. Voilaaa resep roti pisang banjar selesai dan roti banjarnya siap dinikmatiii!!

Mantap ngga tuh ketiga resep di atas? emang buah pisang ni bisa diolah jadi apa aja yaa gais, contohnya dengan resep es buah untuk jualan. Bisa bayangin ngga tuh manisnya pisang bercampur dengan es sirup dan susu wuihh seger banget tuh hihihi. Oke gais kalo gitu selamat mencoba yaa!

Cara Bikin Manisan Pepaya Kering Enak

Manisan pepaya kering? hmmm menarik ya? Setelah sebelumnya mimin ngeshare resep salad buah untuk jualan kali ini mimin bakal ngeshare tentang cara bikin manisan pepaya kering yang enak dan tentunya mudah banget karena bisa kalian lakuin sendiri.

Tapi sebelum cara membuat manisan pepaya kering, tahukah kalian bahwa buah pepaya selain dapat diolah menjadi berbagai macam olahan, juga memiliki banyak kandungan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Penasaran apa aja manfaatnya? simak terus ke bawah yaa!!

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kekuatan Imun Tubuh

Sebagai buah dengan kandungan vitamin C terbanyak, dan dengan kita mengonsumsinya secara cukup dan rutin, maka pepaya akan membantu sistem imunitas denganvitamin C kandungannya. Dengan meningkatkan sistem imunitas ini kita akan terlindungi dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Apalagi dalam masa pandemi seperti ini di mana kita perlu asupan vitamin c yang cukup untuk selalu menjaga kestabilan tubuh kita agar terhindar dari virus covid 19 ini.

2. Mengandung Banyak Nutrisi

Buah pepaya ini memiliki kandungan enzim yang dikenal dengan papain. Enzim ini dapat membantu memecah rantai rantai protein yang mengeras pada oto daging. Makanya pepaya sering banget dipakai buat ngelunakin daging daging sejak dari jaman dulu.

3. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

4. Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini dia yang selama ini kita ketahui. Apalagi pas kalian lagi ada masalah dalam sistem pencernaan, buah pepaya adalah jawabannya. Dengan kandungan serat dan mineral yang tinggi serta enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya dijadikan bahan utama dan bahan dasar sebagai obat sembelit dalam obat-obatan.

5. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

6. Mengandung Antioksidan

Buah pepaya ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, lebih dikenal dengan sebagai karotenoid yang salah satunya likopen. Sehingga dengan mengonsumsi pepaya ini tubuh dapat menyerap antioksidan lebih baik daripada buah dan sayuran lainnya.

Selain itu juga antioksidan ini dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang ada di tubuh kita gaiss. Radikal bebas yang dapat mengakibatkan stress ini dapat dicegah dengan kandungan kandungan yang ada di dalam buah pepaya ini.

 

Wow banyak juga yaa manfaatnya. Sebenarnya masih ada yang lain lagi sih gais cuma kalo mimin tulis semua di sini nanti resepnya keburu lupa hahaha, so sekarang kita menuju ke resepnya okayyy hihihi.

Cara Bikin Manisan Pepaya Kering

Jadi di sini mimin punya 3 resep andalan mimin yang siap kalian pakai sebagai amunisi kalian hihihi, bacanya pelan pelan aja ya sambil dipahami baik baik gais okayy cekidott!!!

1. Resep Manisan Pepaya Kering Sederhana

Baiklah gais kita mulai pada resep pertama kali ini dengan manisan pepaya kering sederhana

Bahan bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara BIKIN Manisan Pepaya Kering Sederhana:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika manisannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

Selesai pada resep pertama kita lanjut ke resep kedua ya gaiss

2. Resep Manisan Pepaya Kering Muda

Bahan bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara bikin Manisan Pepaya Kering Muda:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas

Karena manisan ini terbuat dari bahan bahan yang alami dan sudah dikeringkan cukup lama, maka manisan ini dapat bertahan cukup lama yakni sekitar 2 sampai 3 bulan tanpa perlu bahan pengawet tambahan.

3. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih

Bahan bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara bikin Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

Wah mantul banget kan ketiga resep di atas? Jadi kapan kalian mau mulai nyoba? Oh iya, selain buah pepaya bisa diolah jadi manisan pepaya kering, dia juga bisa diolah dengan resep es buah untuk jualan lho gaiss. Itung itung bisa banget dijadiin menu andalan kalian kalo ikut masterchef hahaha.

Tapi serius, dengan resep yang sederhana ini mimin harap kalian bisa mengaplikasikannya dengan baik. Tinggal bagaimana kita mengolahnya menjadi lebih kreatif lagi. Soalnya mimin yakin pembaca resep mimin orangnya pasti kreatif kreatif semua hihihi. Selamat mencoba gaisss!!

Cara Membuat Es Buah Sederhana Ga Pake Ribet

Hello gais kembali lagi bersama mimin, kali ini mimin bakal bahas tentang cara membuat es buah sederhana yang mudah dan simple. Cocok banget pokoknya buat ngisi waktu luang kalian selama liburan di rumah kayak sekarang ini. Masalah bahan bahan udah pasti aman, soalnya bahan yang dipake gampang nyarinya.

Pada artikel ini mimin bakal bagiin beberapa resep es buah untuk jualan dan cara buat sop buah nya, tapi sebelumnya mimin mau kasi tau ke kalian beberapa manfaat dari buah buahan yang biasa terkandung dalam es buah ini. Cekidotttt!!!

Manfaat Buah Buahan Dalam Es Buah

1. Melon

Menawarkan rasa manis yang unik, buah dengan nama latin Cucumis melo ini merupakan senjata yang ampuh dalam mencegah kanker dan menyamarkan penuaan dini, terutama bagi kalian ciwi ciwi.

Menurut data yang dibeberkan oleh National Nutrient, buah yang memiliki warna hijau imut ini mengandung vitamin A, C, E, K, serta asam folat yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin terlihat lebih muda.

2. Blewah

Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga dipercaya dapat memberikan impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

3. Nanas

Selain sangat mujarab dalam mengatasi masalah dahaga di siang bolong, buah yang kandungan airnya mencapai 87% ini memiliki gula alami seperti sukrosa, fraktosa, dan glukosa yang menyegarkan ketika dilahap.

Inilah mengapa sebenarnya sop buah diciptakan tanpa susu ya karena kandungan buah di dalamnya benar-benar sudah lebih dari cukup dalam membuat lidah kalian merasa manis.

Buah nanas ini memiliki sifat yang dingin(bukan dingin kayak sikapnya ya:p) sehingga sangat berkhasiat dalam mengurangi asam lambung, mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker serta menjaga limpa kita agar tetap prima.

4. Semangka

Semangka memiliki kandungan magnesium serta kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah di tubuh kita. Kulitnya pun juga mengandung zat citrulline yang berfungsi sebagai antioksidan dengan tugas menangkal radikal bebas dan penumpukan plak plak pada saluran darah.

Buah semangka ini juga mengandung arginie yang dapat membantu mengurangi lemak yang berlebih dan mengakibatkan kolestelor serta serangan jantung.

5. Pepaya

Selain dapat digunakan sebagai bahan di es buah ini, pepaya juga dapat juga dibuat dengan cara bikin manisan pepaya kering. Pepaya ini sangat dikenal untuk kalian yang sering mengalami masalah dalam saluran pencernaan, Itu adalah hal yang cukup masuk akal karena pepaya ini meliki zat papain yang senantiasa membantu saluran pencernaan kita dengan memecah protein.

Buah yang sering dijadikan kebanyakan orang sebagai alternatif ketika sembelit ini juga dapat menjaga dan memperbaiki daya tahan tubuh kalian.

Bagaimana tidak? Buah pepaya ini meliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk, yakni sebesar 33%. Hal tersebut membuat pepaya menjadi primadona bagi mereka yang sedang dalam masa recovery ketika sedang sakit.

 

Lumayan menarik yaa kandungan zat dan vitamin dari buah buahan yang biasanya terdapat pada bahan pembuatan es buah. Kalo gitu sekarang kita menuju ke resep dan cara pembuatannya, lesgooo!!!

Cara Membuat Es Buah Sederhana

1. Resep Cara Membuat Es Buah Alpukat Mutiara

Bahan-Bahan:

  • 1 buah alpukat segar
  • 50 gram sagu mutiara
  • 5 sendok makan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan fibercrame
  • 300 ml air hangat
  • Es batu secukupnya

Cara memBuat es Buah Alpukat Mutiara:

  1. Cuci bersih buah alpukat kemudian kupas hngga bersih
  2. Potong-potong alpukat sesuai selera kalian
  3. Sisihkan dulu alpukat yang sudah dirajang tadi, sekarang kita rebus dulu sagu mutiara hingga matang
  4. Larutkan pula fibercrame bersama dengan gula dalam satu wadah berbeda dari rajangan alpukat dan aduk sampai rata
  5. Setelah sagu mutiaranya matang, masukkan ke dalam wadah yang berisi adonan fibercrame dan gula tadi bersamaan dengan rajangan alpukat tadi lalu tambahkan es batu sesuai selera kalian
  6. Voilaa es buah alpukat mutiara siap disajikan guiss

2. Resep Cara Membuat Es Buah Soda

Bahan-Bahan:

  • 500 gram buah mangga
  • 500 gram buah pepaya
  • 600 gram buah nanas
  • 500 gram buah apel
  • 700 gram buah pir
  • 400 gram buah naga
  • 400 gram buah mangga
  • 350 gram kolang kaling
  • 250 gram gula pasir
  • Sirup cocopandan
  • 1 liter soda
  • Es batu secukupnya

Cara MemBuat ES Buah Soda:

  1. Cuci dan bersihkan kolang kaling sampai bersih kemudian rebus kolang kaling sampai empuk
  2. Sambil menunggu kolang kalingnya matang, kita cuci semua buah dan kupas hingga bersih kemudian potong kecil sesuai selera
  3. Siapkan wadah atau mangkuk dan masukkan semua potongan buah tadi bersama dengan soda dan es batu
  4. Setelah kolang-kaling dirasa cukup empuk dan matang, segera angkat dan tiriskan, kemudian tunggu hingga dingin
  5. Jika kolang kaling sudah dingin masukkan ke dalam mangkuk yang udah berisi buah dan soda
  6. Jangan lupa tambahkan sirup cocopandan di atasnya dan voila es buah soda siap disajikan

3. Resep Cara Membuat Es Buah Jelly

Bahan-Bahan:

  • 1 buah mangga
  • 2 potong semangka
  • 2 potong melon
  • 5 buah anggur
  • 1 Nutrijel anggur
  • Santan secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Daun pandan
  • Sirup(opsional)

Cara memBuat es Buah Jelly:

  1. Cuci bersih semua buah yang ada kemudian lakukan pengupasan
  2. Potong-potong buah dan jelly yang sudah jadi dan taruh dalam sebuah wadah
  3. Masak santan hingga setengah mandidih, sambil memasukkan garam gula, garam, dan daun pada secara bersamaan lalu aduk terus hingga merata dan mendidih agar santannya tidak pecah
  4. Setelah dirasa cukup matang, dinginkan adonan tadi dan tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan adonan ini ke wadah yang berisi buah dan potongan jelly tadi
  5. Simpan di dalam kulkas agar mendapat hasil yang maksimal dan es buah jelly siap disajikan

4. Resep Cara Membuat Es Buah Ceria Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara memBuat Es Buah CERIA sederhana:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan es buah ceria sederhana kali ini siap dinikmati

Hayo masih bingung?? hahaha dicoba satu satu aja dulu gaiss, sesusai selera kalian atau kalo kalian mau nyobain semuanya boleh bangett. Bisa banget juga buat refrensi kalian kalo mau terjun atau buka usaha kuliner dengan menjual es buah.

Dengan modal dari resep di atas mimin yakin itu udah lebih dari cukup buat dijadiin resep andalan kalian, atau tinggal bagaimana kalian mau dan bisa menginovasinya lagi. Bisa dengan packingnya atau isian di dalam es buahnya. Mainkan kreatifitas kalian, hihihi selamat mencoba ya gaisss!!

 

 

Cara Membuat Asinan Rambutan Tanpa Jeruk Nipis

Banyak sekali jenis hasil olahan buah yang sangat akrab dan sering kita temui satu ini, apalagi kalo bukan buah rambutan? Kali ini mimin bakal fokus ke salah satu olahannya yaitu asinan. Hmmm ya mimin bakal ngasi tau kalian beberapa resep cara membuat asinan rambutan tanpa jeruk nipis yang super lezat, jadi pantengi terus artikel ini.

Mungkin banyak dari kalian yang udah sering mengonsumsi hasil olahan ini. Ada yang menjadikannya sebagai asinan, ada juga yang manisan seperti resep manisan rambutan , ada juga yang mengolahnya dengan resep salad buah untuk jualan. Tergantung selera masing.

Namun pada olahan asinan rambutan biasanya identik dengan jeruk nipis untuk memberikan kesa asem asem kecut seger pada asinannya. Dan di sini mimin bakal nyoba membuat eksperimen dengan ngga menyertakan jeruk nipis dalam bahan bahan yang akan mimin olah.

ga usah basa basi lagi langsung aja menuju cara pembuatan, lesgoo

Cara Membuat Asinan Rambutan Tanpa Jeruk Nipis Enak

1. Resep Asinan Rambutan Tanpa Jeruk Nipis

Resep asinan rambutan kali ini bener bener simple dan ngga perlu effort lebih seperti resep resep rambutan sebelumnya.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Tanpa Jeruk Nipis:

  • Buah rambutan tentunya, yang manis segar dan fresh agar hasilnya maksimal.
  • cabai rawit sesuai selera kepedasan masing-masing
  • Kiamboy(opsional)
  • Gula pasir secukup nya
  • Garim pasir secukup nya

Cara Membuat Asinan Rambutan tanpa jeruk nipisasin:

  1. Cuci buah rambutan pilihan tadi kemudian kupas kulit nya hingga bersih dan potong belah daging rambutan nya dan sisihkan biji
  2. Taruh bagian yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang digunakan untuk menyajikan
  3. Jangan lupa untuk memasukkan juga gula pasir dan garam secukup nya atau sesuai selera kalian masing-masing
  4. Tak lupa masukkan irisan halus cabe rawit yang sudah dirajang sebelumnya
  5. Setelah irisan cabe rawit nya masuk, sekarang giliran kimboy dan belahan jeruk sambal yang udah diperas tadi di masukkan
  6. Aduk merata semuanya tadi agar rasa nya merata dan terdapat cita rasa nya kemudian masuk kan ke dalam kulkas sampai dirasa udah cukup dingin kemudian sajikan

Mudah bukan step by stepnya? setelah resep di atas selesai dan kalian kuasai, mimin bakal lanjut ke resep kedua. Resep yang ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang gila pedes.

2. Resep Manisan Rambutan Pedas

Perpaduan rasa manis dan pedes ini jelas bakal menggoyang lidah kalian hihihi yok cekidot brouuuu

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 3 sendok teh gula pasir
  • 3 sendok teh kapur sirih
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Pedas:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Jangan lupa juga untuk mencampurkan kampur sirih
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa manisan rambutan pedas siap disajikan

3. Resep Asinan Rambutan Kering Tanpa Jeruk Nipis

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya asinan rambutan.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Kering:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Asinan Rambutan Kering:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur asinan rambutan tadi hingga mengering

Menarik bukan ketiga resep di atas? kalian bisa aplikasikan dan memanfaatkan rambutan yang sedang melimpah pas musim rambutan, bisa juga kalian olah dengan resep es buah untuk jualan atau kalian bisa iseng iseng gabut nyobain resep yang mimin share di atas tadi.

Semua bahannya pun mudah didapatkan jadi tunggu apalagi? selagi bisa produktif, kalian bisa memulai mencoba resep resep baru yang bakal sering mimin share. Selamat mencoba guisss!!!

Resep Salad Buah Untuk Jualan

Hella fellas gimana kabar kalian? semoga selalu baik-baik aja ya! Pernah ngga kalian berpikir buat terjun ke dunia usaha? Ya meskipun kecil-kecilan gitu kayak jualan es buah? Pada artikel kali ini, mimin bakal ngasih kalian resep salad buah untuk jualan bagi kalian yang ingin memulai usaha ini bisa disimak baik-baik ya gais.

Resep Salad Buah Untuk Jualan

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, tentunya banyak sekali orang-rang yang terjun dan banting stir ke dunia usaha. Dari yang hanya bermodalkan kecil dan iseng-isengan, sampai yang mengeluarkan banyak modal karena serius dalam menjalani usahanya. Nah bagi kalian yang ingin memulai bisnis ini namun bingung dengan resep es buah untuk jualan apa yang harus kalian pakai, di bawah ini ada beberapa resep rekomendasi mimin, Cekidottt!!

1. Resep Salad Buah Nata De Coco

Wah apa nih? selain bisa kita temui di cara membuat es buah sederhana , salad buah yang seger dicampur dengan jelly jelly dari nata de coco, hmmm sepertinya sedap. Penasaran? Letss see..

Bahan:

  • Buah buahan segar bisa sesuai selera
  • 250 gr yoghurt
  • 500 gr mayonaise
  • 250 gr susu kental manis
  • Keju sesuai selera kalian aja hihihi

Cara membuat salad buah nata de coco

  1. Cuci bersih buah dan keringkan, kemudian kupas hingga kulitnya hilamg
  2. Potong buah menjadi ukuran-ukuran kecil, bisa dipadukan misalnya dipotong dadu atau segitiga, kotak, dan bentuk-bentuk lucu lainnya.
  3. Jika sudah dipotong kemudian masukkan buah-buah tersebut dalam satu wadah yang digunakan untuk disajikan nanti.
  4. Selanjutnya kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan mayonaise dan susu kental manis, kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah terlihat sudah merata, bisa dimasukkan yoghurt ke dalamnya sambil sembari mengaduk hingga rata kembali.
  3. Jika sudah merata secara keseluruhan, bisa tuk segera dituangkan ke wadah penyajian yang berisi buah-buahan tadi.
  4. Untuk mempercantik tampilannya, bisa ditambahkan parutan keju di atasnya.

2.  Resep Salad Buah Naga

Bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah Naga

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

3. Resep Salad Buah Yakult

Bahan:

  • 2 botol yakult
  • 2 sendok makan kental manis
  • Keju cheddar secukupnya
  • 200 g mayonaise
  • Buah buahan segar apa saja

Cara membuat salad buah yakult

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas lalu potong dengan rapi sesuai selera
  2. Masukkan mayonaise ke dalam wadah dan campurkan 2 botol yakult serta keju cheddar lalu aduk hingga semua merata
  3. Jika udah merata, siramkan saus ini ke dalam wadah yang berisi potongan buah tadi dan voila resep salad buah untuk jualan siap disajikan

Dengan ketiga resep ini, mimin harap bisa kalian pergunakan sebagai langkah untuk memulai usaha salad buah atau sekedar iseng-iseng bereksperimen di rumah. Jika kalian ada resep hasil homemade sendiri, bisa banget tuk berbagi sama mimin hehehe siapa tau nanti resepmu mimin posting di artikel yang lainnya. Kiranya itu aja dari mimin, makasih banget buat kalian yang udang mampir  dan baca sampe abis artikel resep salad buah untuk jualan ini, xoxo fellas!