Cara Bikin Keripik Pisang Pedas Yang Enaknya Bikin Nagih!

cara-bikin-keripik-pisang

Keripik pisang merupakan salah satu olahan pisang yang terkenal karena kenikmatannya. Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang belum tahu bagaimana cara bikin keripik pisang pedas atau rasa balado yang renyah. Beberapa pasti berpikiran bahwa cara pembuatannya itu susah, padahal sebenarnya mudah lho. Salah satu olahan keripik pisang ini terkenal dan banyak disukai orang karena rasa yang nikmat dan banyak variasinya. Cara pembuatannya tentunya berbeda dengan cara membuat nuget pisang.

Cara bikin keripik pisang pedas bisa dikatakan gampang karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim alias selalu ada setiap saat. Kita tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang. Sebenarnya kalau dibandingkan dengan olahan pisang yang lain, cara membuat keripik pisang bisa dikatakan sedikit rumit. Sedikit lho ya. Cuma sedikit kok. Olahan pisang lainnya yang jauh lebih mudah adalah pisang goreng yang tentu saja mudah ditemui terutama di penjual gorengan.

Eits, tapi jangan menyerah dulu. Meskipun cara pembuatannya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pisang goreng, rasanya tentu lebih enak dan lebih endul. Apalagi kriuk-kriuk renyahnya yang bikin mulut jadi termanjakan banget. Dan juga keripik pisang memiliki banyak variasi seperti keripik pisang asin, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, coba deh dipikir. Kalau kalian membuat keripik pisang sendiri di rumah, tentu kalian bisa memutuskan sendiri keripik pisang kalian akan disajikan dengan rasa apa dan bagaimana cara penyajiannya yang tentu saja bisa disesuaikan dengan selera kalian. Nggak perlu dipikir dulu kalau cara membuat keripik pisang itu susah, yang penting kalian bisa membuatnya terlebih dahulu. Dan kalau memang kalian pintar mengambil kesempatan, kalian bisa membuat hal ini menjadi ladang uang lho, sama seperti usaha keripik ubi yang kini semakin merajalela dimana-mana.

Bagaimana? Tertarik mencoba? Yuk, langsung saja simak cara bikin keripik pisang pedas di bawah ini.

Cara Bikin Keripik Pisang Pedas (Balado) :

Bahan-bahan :

  • 10 buah pisang ambon (atau bisa yang lainnya).
  • 1 liter air bersih.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • 1 sdt kapur sirih.
  • 2 sdm bumbu bubuk balado.
  • 1 sdt garam halus.

Cara Bikin Keripik Pisang Pedas (Balado) :

  1. Kupas kulit pisang lalu iris tipis.
  2. Tuang air ke dalam wadah. Beri kapur sirih, aduk rata.
  3. Masukkan pisang dan rendam hingga 1 jam.
  4. Taruh pisang ke dalam wadah kering, beri garam secukupnya. Aduk rata.
  5. Goreng pisang pada api sedang hingga berubah warna kecokelatan.
  6. Masukkan pisang ke dalam wadah, beri bubuk balado dan garam. Tutup dan aduk rata.

Tips Cara Bikin Keripik Pisang Pedas (Balado) :

  • Kamu bisa mengiris pisang berbentuk bulat atau memanjang sesuai selera.
  • Pastikan kamu menggunakan banyak minyak hingga seluruh bagian pisang terendam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerenyahan.
  • Selain itu, goreng pisang secara bertahap alias jangan sampai penggorengan terisi terlalu penuh.
  • Tuang gula dengan cara melingkar dan rata ke semua bagian, jangan berpusat di satu titik saja.
  • Biasanya akan ada bagian gula yang gosong dalam minyak setelah dua atau tiga kali menggoreng. Sebaiknya saring sisa gosong tersebut terlebih dahulu, baru lanjutkan menggoreng.
  • Tambahkan bubuk balado dalam sebuah wadah, kemudian masukkan keripik pisang yang baru saja matang kedalam wadah tersebut, aduk hingga merata.

Itulah bagaimana cara bikin keripik pisang pedas atau balado. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian yang mulai bosan di masa pandemi seperti ini. Tetap semangat dan enjoyy selalu!