Cara Membuat Puding Vla Oreo, Lembut dan Lumer Parah!

cara membuat puding vla oreo

Hola halo sobat sekalian! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat puding vla oreo yang mudah dan lezat. Sajian berupa Vla atau yang biasa disebut dengan custard atau pastry cream ini memiliki rasa yang sangat manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Vla ini seringkali digunakan sebagai sajian pelengkap atau hiasan pada aneka jenis kue dan hidangan penutup lainnya, contohnya mulai dari kue, es krim, donat, gabin, roti, churos dan masih banyak lagi. Oh iya nih sobat, mungkin jika sobat ingin membuat donat dengan proses pembuatan yang cepat dan mudah, sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat karena sangat efektif dan efisien.

Vla ini dapat dibuat di rumah sobat sendiri, tapi sobat juga dapat membeli langsung vla instan di supermarket  dan biasanya terdiri dari varian rasa vanila, mocha, cokelat dan rhum. Kalau sobat ingin membuat vla sendiri di rumah sobat dapat mengikuti resep yang akan aku bagikan ini, yaudah tanpa lama lama langsung saja kita simak resepnya yuk!

Cara Membuat Puding Vla Oreo

Bahan Puding:

  • Nutrijel yang rasa coklat sebanyak 2 bungkus
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Tepung maizena dengan takaran 1 sendok makan
  • Coklat bubuk yang sudah disaring dengan takaran 1 sendok makan
  • Susu cair UHT full cream dengan takaran 1 liter, tambah dengan air 150ml
  • Dark cooking chocolate dengan takaran 100 gram, sobat iris halus terlebih dahulu
  • Garam dengan takaran 1/4 sendok teh

Bahan Vla Oreo:

  • Tepung maizena dengan takaran 2 sendok makan, larutkan dengan 2 sendok makan air
  • Susu kental manis yang putih sebanyak 2 bungkus sachet
  • Biskuit oreo sebanyak 6 keping, pisahkan lapisan creamnya dan hancurkan kasar
  • Margarin dengan takaran 1 sendok makan
  • Air dengan takaran 400ml
  • Garam sejumput

Langkah Cara Membuat Puding Vla Oreo:

  1. Pertama-tama sobat harus menyiapkan semua bahan, jangan sampai ada yang terlewat ya. Siapkan sebuah panci dan masukkan semua bahan kering pada bahan puding ke dalam panci kecuali dark cooking chocolate. Kemudian aduk-aduk sampai tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya, sobat ambil susu cair full cream lalu tambahkan ke dalam panci. Aduk-aduk kembali dengan menggunakan  whisk sampai tercampur dengan rata dan teksturnya tidak ada yang bergerindil.
  3. Nyalakan kompor dan masak adonan puding diatas nyala api yang kecil sambil diaduk aduk secara perlahan. Tunggu adonan puding sampai agak mendidih, jika sudah mendidih tambahkan dark cooking chocolate ke dalamnya dan aduk-aduk kembali secara terus menerus.
  4. Apabila adonan puding sudah mendidih, matikan kompor dan biarkan sebentar saja sampai uap panasnya menghilang.
  5. Setelah itu sobat siapkan sebuah cetakan puding, saat memasukkan puding ke dalam cetakan sobat jangan lupa untuk menyaringnya. Sisihkan dan biarkan sampai agak dingin, jika sudah dingin masukkan ke dalam freezer atau kulkas dan tunggu selama beberapa jam.
  6. Sambil menunggu puding set, kita akan buat vla oreonya dulu ya sobat. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni ambil semua bahan vla dan campur menjadi satu kecuali biskuit oreo yang sudah dihancurkan.
  7. Kemudian masak adonan vla dengan menggunakan panci kecil dan diatas nyala api yang sedang, aduk-aduk secara terus menerus sampai mendidih. Bila vla sudah mendidih, matikan kompor dan tunggu sampai agak dingin. Tambahkan oreo yang sudah dihancurkan ke dalamnya dan aduk-aduk sampai tercampur rata.
  8. Adonan puding yang sudah set, keluarkan dari dalam kulkas. Letakkan pada piring saji dan jangan lupa sirami dengan vla oreo yang super lumer dan lezat. Sobat juga dapat menambahkan topping lainnya, puding vla oreo siap disajikan, hmm yummy.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Nah, jadi begitu sobat cara membuat puding vla oreo yang super lembut dan tentunya dengan vla yang super lumer. Maka dari itu sobat jangan ragu untuk mencoba membuat puding vla oreo sendiri di rumah karena cara pembuatan puding vla oreo ini sangat mudah dan bahan bahan yang diperlukan untuk membuat puding vla oreo ini pun juga mudah.

Oh iya sob, kalau sobat ingin membuat vla dengan varian coklat dan cara pembuatan yang lain sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat vla coklat, selain terdapat resep artikel ini juga membahas beberap topik seputar vla. Oke sobat, mungkin sampai sini saja ya, terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya….bye bye 👋😊