Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Yang Istimewa

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi liwet kan? Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?

Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?  Kalau gak tau tenang aja karena kali ini kita akan bahas resep dan cara membuat nasi goreng sederhana yang istimewa

cara masak nasi goreng kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi goreng sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Yuk langsung saja ke filosofi nasi goreng.

Filosofi Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan sebuah makanan yang berupa nasi lalu digoreng dalam sebuah penggorengan atau wajan yang menghasilkan cita rasa berbeda karena nasi goreng juga dicampur dengan bumbu bumbu penyedap seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah dan merica.

Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap atau topping seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut seperti ikan, atau daging.

Hidangan nasi goreng tersebut sering kali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Nasi goreng merupakan komponen populer dari masakan Asia Timur, Tenggara dan Selatan pada wilayah tertentu.

Nasi goreng sering kita jumpai di pinggir jalan, tetapi nasi goreng juga termasuk hidangan rumahan juga loh, Nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas.

Beberapa jenis populer dari nasi goreng memiliki daftar bahan spesifik berbeda di setiap negara.

Di Tiongkok Raya, jenis nasi goreng yang paling terkenal adalah  nasi goreng Yangzhou dan nasi goreng Hokkien.

Chāhan Jepang atau nasi goreng versi Jepang dianggap sebuah sajian Tionghoa Jepang, yang berasal dari hidangan nasi goreng Tionghoa.

Di Asia Tenggara, nasi goreng Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang memiliki komposisi serupa dan khao phat Thai adalah hidangan populer.

Di negara bagian barat, kebanyakan restoran menyajikan hidangan untuk pelanggan Muslim atau juga vegetarian dengan cara  membuat jenis mereka sendiri dari nasi goreng contohnya termasuk nasi goreng telur.

Ternyata restoran di Amerika juga terdapat menu nasi goreng yang menawarkan masakan dengan tanpa tradisi asli dari hidangan tersebut.

Selain itu, terdapat jenis nasi goreng di negara-negara selatan Amerika Serikat. Salah satu contohnya yaitu arroz chaufa asal Peru, chaulafan asal Ekuador, arroz frito asal Kuba, dan arroz mamposteao asal Puerto Rico.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Tapi Istimewa

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng

  • 1 piring nasi dingin
  • 5 bh cabe rawit, iris
  • 1/2 sdt merica
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 bh bawang merah, iris
  • 1 sdm kecap asin
  • secukupnya Garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Kocok telur beri sedikit garam. Panaskan minyak di wajan. Masukkan telur, bikin orak arik. Sisihkan
  2. Dengan sisa minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga harum. Masukkan nasi dan telur orak arik. Beri kecap2an, garam, gula dan merica. Aduk rata
  3. Masak sambil terus diaduk hingga nasi agak kering. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan nasgor dg telur ceplok dan irisan timun

Tips Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Nasinya kalau bisa harus di kulkas dahulu semalaman
  2. Jumlah kecap bisa ditambah sesuai selera
  3. Jika ingin porsi banyak gunakan rice cooker besar untuk membuat nasi nya

Resep Nasi Goreng

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Sekian resep cara membuat nasi goreng sederhana tapi istimewa. Selamat mencoba ya

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi kebuli ayam yang super gampang kan? Nah kali ini kita akan membahas mengenai resep dan cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan sob.

Oh iya kalian udah tahu belum sih apa itu nasi liwet? Kalau belum tahu tenang aja aku bakal kasih tau sob.

Nasi liwet adalah salah satu makanan khas Jawa tepatnya Jawa Tengah yaitu dari Solo atau Surakarta.

Sejarah dan asal-usul riwayat kuliner yang satu ini kerap dikaitkan dengan tradisi masyarakat Jawa, termasuk untuk menolak bala ketika terjadi bencana.

Nah nasi liwet sendiri ada 2 macam nih, nasi liwet khas sunda dan nasi liwet khas solo. Nah kali ini kita akan membahas yang khas solo nya aja sob biar gak terlalu banyak. Mungkin next artikel lah ya kita akan bahas khas sunda.

Yuk langsung saja ke resep nasi liwet. Tunggu apa lagi siapkan peralatan kalian

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Liwet

  • 450 gram beras
  • lembar daun salam
  • batang serai
  • sdt Royco Kaldu Ayam

Bahan Bahan Untuk Lauk

Ayam Suwir
  • ekor (600 g) ayam, buang kulitnya, potong 8 bagian
  • lembar daun salam
  • cm lengkuas
  • batang serai
  • 200 ml air
  • sdt garam
  • 150 ml santan cair
  • sdt gula merah
  • 150 ml susu cair rendah lemak
Ayam Suwir Bumbu Halus
  • butir bawang merah
  • siung bawang putih
  • sdt ketumbar bubuk
  • butir kemiri
Sayur Labu Siam
  • 500 gram labu siam, potong korek api
  • lembar daun salam
  • butir bawang merah, iris tipis
  • batang serai, memarkan
  • 150 ml susu cair rendah lemak
  • sdt Royco Kaldu Ayam
  • sdm gula merah
  • buah cabai merah
  • 150 ml santan cair
  • siung bawang putih, iris tipis
  • sdt merica putih
  • sdm minyak
  • 400 ml air

Langkah Langkah Memasak Lauknya

Ayam Suwir

  1. Panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, garam, gula merah, dan santan cair serta susu cair rendah lemak.
  5. Masak hingga air menyusut dan ayam matang.
  6. Angkat dan suwir-suwir ayam.
  7. Sajikan dengan kuahnya.

Sayur Labu Siam

  1. Panaskan minyak
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serai dan cabai merah, tumis hingga harum.
  3. Masukkan labu siam dan cabai rawit utuh, lalu aduk.
  4. Tuang santan, susu cair rendah lemak, air, merica putih bubuk, gula merah, dan kaldu penyedap, kemudian aduk.
  5. Masak hingga labu siam matang.
  6. Angkat lalu Sisihkan.

Telur  Areh

  1. Kocok telur bersama garam dan santan.
  2. Masak hingga matang dan menggumpal.
  3. Angkat dan sisihkan.

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Liwet

  1. Masukkan santan, beras, daun salam, serai dan kaldu penyedap ke dalam panci liwet.
  2. Masak di atas api kecil hingga nasi matang sambal sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong.
  3. Angkat dan sisihkan.
  4. Sajikan nasi liwet beserta ayam suwir, sayur labu siam, telur areh dan bisa ditambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Saya yakin kalian pasti sudah tidak sabar untuk nyobain resep cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan diatas hehehe.

Oh iya kalian bisa banget lo mengikuti resep diatas menggunakan rice cooker besar jadi panci liwet nya diganti dengan rice cooker deh. Saya jamin pasti lebih praktis. Selamat mencoba ya sob, salam kuliner

 

 

Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk, Wajib Coba Nih!

Hai hai sobat semuanya! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk yang pasti enak dan mudah. Coklat memanglah digemari banyak orang dari anak-anak maupun orang dewasa. Coklat sendiri yang memiliki rasa manis agak gurih dan lezat menjadi salah satu makanan favorit banyak orang.

Coklat juga seringkali menjadi bahan pelengkap pada dessert lainnya, seperti contohnya pada kue, brownies, es krim, donat dan lain sebagainya. Oh iya nih sobat, kalau sobat juga ingin membuat donat atau mungkin memiliki bisnis donat sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat, karena mesin ini efektif dan efisien.

Kembali lagi ke laptop, eh, resep sob heheh…untuk mendapatkan coklat pun sekarang sudah mudah, sobat dapat membelinya di kedai-kedai terdekat. Sobat juga bisa membuatnya dirumah lho, penasaran kan, yuk simak resepnya!

Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk Sederhana

Bahan-bahan:

  • Mentega dengan takaran 170 gram, dilunakkan terlebih dahulu ya sob
  • Cacao powder atau bubuk kakao dengan takaran 220 gram
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Susu cair dengan takaran 100 ml, sesuai dengan kondisi suhu ruangan
  • Air putih biasa dengan takarang 235 ml
  • Gula halus dengan takaran 30 gram

Proses Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk Sederhana:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni menyiiapkan sebuah panci dan tuangkan air putih biasa ke dalam panci lalu panaskan. Atur nyala besar atau kecil nyala api agar tidak terlalu mendidih.
  2. Setelah itu, masukkan bubuk kakao dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam mangkuk. Jika kedua bahan sudah dimasukkan, aduk secara terus menerus sampai benar-benar tercampur rata dan menjadi pasta dengan tekstur yang lembut. Untuk menghilangkan gumpalan, sobat harus menggunakan garpu atau blender tangan (hand blender).
  3. Kemudian masukkan adonan yang sudah diaduk tadi ke dalam air, panaskan dan aduk kembali. Tunggu sampai suhu naik dan jangan biarkan sampai mendidih.
  4. Siapkan sebuah mangkuk, tuangkan adonan coklat yang sudah selesai di masak tadi ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan gula pasir dan gula halus ke dalam mangkuk. Gumpalan yang ada harus dihilangkan terlebih dahulu, jika sudah hilang masukkan gula yang sudah di campur ke dalam adonan coklat coklat yang masih panas dan aduk aduk sampai merata.
  5. Agar adonan memiliki tekstur yang lembut, sobat tambahkan susu ke dalam adonan.
  6. Setelah itu sobat tuangkan adonan ke dalam cetakan dengan bentuk sesuai selera sobat. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama satu malam.
  7. Jika adonan coklat batangan sudah set maka coklat batangan siap dihidangkan, selamat menikmati.

Tips Memilih Coklat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Pilih Coklat Hitam

Diambil dari beberapa riset kesehatan, coklat hitam memang memiliki manfaat untuk kesehatan lebih banyak daripada coklat putih. Pada coklat hitam terdapat kandungan flavanol yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Semakin gelap warna pada coklat, maka akan semakin baik coklat yang dipilih.

Pilih Coklat yang Memiliki Kandungan Kakao 60% atau Lebih

Sobat disarankan untuk memilih coklat hitam yang memiliki kandungan kalori 60% atau lebih. Meskipun kebanyakan orang beranggapan bahwa coklat  yang memiliki kandungan kakao 80% memiliki rasa yang pahit.

Manfaat yang kita dapatkan dari coklat, sebenarnya berasal dari biji kakao. Kandungan manfaatnya seperti anti-oksidan dan kandungan gizi lainnya yang terdapat pada biji kakao yang merupakan sumbernya coklat terbuat.

Lebih Baik Jangan Pilih Coklat yang Diproses dengan Alkali atau Dutch Chocolate

Dalam metode pengolahan biji kako mentah menjadi coklat sangat berpengaruh pada kandungan flavanol yang terdapat pada produk akhir coklat. Sedangkan coklat yang diolah dengan menggunakan flavanol sendiri memiliki kandungan flavanol yang rendah.

Pengolahan atau proses pembuatan coklat dengan menggunakan alkali ini juga disebut dengan “dutching”. Jadi sobat kalau bisa sebaiknya jangan memilih coklat yang metode pengolahannya menggunakan alkali ya.

Baca Nilai Informasi Gizi Pada Kemasan Coklat

Informasi nilai kandungan gizi pada coklat yang akan sobat beli sangatlah penting. Karena semakin baik nilai kandungan gizi pada coklat maka juga akan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita sob.

Selesai Sudah Resep dan Tips Seputar Coklat Sobat

Wih…..gimana nih sob, mudah dan sederhana kan? Jadi sobat jangan ragu-ragu membuat coklat batangan sendiri di rumah. Jika sobat ingin melihat detail tentang coklat dan pembuatan coklat batangan yang ain. sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat coklat batangan. Sampai disini dulu ya sob, terimakasih dan sampai jumpa🤗

Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah Yang Gurih Dimasa Sekarang

Artikel ini cara membuat mie tek tek kuah yang gurih dimasa sekarang. Dimana mie adalah salah satu makanan yang sangat di sukai semua orang, karena pembuatan yang sangat gampang sekali.

Jangan Khawatir dengan bahan dan pelengkapannya, karena mudah didapat dipasaran. Makanan ini cocok disantap kapanpun dan dimanapun.

Mie bisa disajikan dengan dua jenis, yakni berkuah dan goreng. Tapi bagi yang ingin membuat olahan Mie yang berbeda, bisa membuatnya menjadi resep mie tek tek.

Dibawah ini ada 2 bahan dan cara membuat mie tek tek kuah yang sangat mudah sekali, yaitu :

Mie Tek Tek Kuah Ayam

Bahan-Bahan :

  • 1 Bungkus Mie telor
  • 1 Buah paha ayam, goreng, suwir
  • 2 Buah telur buat orak arik sisihkan
  • 4 Buah baso sapi
  • 1 Gelas air
  • Sawi hijau iris2
  • Kol iris2
  • 3 Siung bwg merah
  • 2 Siung bwg putih
  • 2 Butir kemiri
  • 5 Buah cabe rawit
  • 1 Sdm kecap manis
  • 2 Sdm saos sambal
  • Garam Secukupnya
  • Merica Ssuai takaran

Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah Ayam :

  1. Rebus satu bungkus Mie, telor sebentar saja angkat sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit.
  3. Panaskan minyak masukkan bumbu halus, aduk sampai harum.
  4. Masukkan telur, baso, suwiran daging ayam, aduk rata beri air biarkan sampai airnya sedikit.
  5. Tambahkan kol, sawi, Mie beri penyedap, garam, merica, kecap manis, saos sambal aduk rata.
  6. Siap disajikan, lebih enak dengan tambahan acar dan kerupuk.

Mie Tek Tek Kuah Spesial

Mie Tek Tek Kuah Spesial 

Bumbu Kuah :

  • 150 gram mie kering (bisa mie instan)
  • 300 gram mie basah (sebagai opsi kedua)
  • 500 gram ayam fillet
  • 2 butir telur
  • 3 lembar kol, iris kasar dan buang tulangnya
  • 5 batang sawi, iris sesuai selera
  • 2 batang daun bawang, iris 1 cm
  • 500 ml air panas
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdt penyedap rasa Kaldu Ayam
  • gula secukupnya

Bumbu Halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 1/2 sdt merica butir
  • 2 sdt garam

Persiapan Bahan :

  1. Rebus daging ayam hingga matang, suwir-suwir sesuai selera, lalu sisihkan.
  2. Jika menggunakan mie kering, seduh dahulu menggunakan air panas hingga setengah matang agar mie tidak lonyot ketika dimasak bersama kuah.
  3. Haluskan semua bumbu halus menggunakan ulekan maupun mixer. Jangan terlalu halus, kemudian sisihkan.

Cara Memasak Mie Tek Tek Kuah Spesial :

  1. Siapkan penggorengan, panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus dengan api kecil hingga tercium bau harum.
  2. Setelah bumbu matang, masukkan suwiran ayam kedalam tumisan sambil diaduk dengan cepat dan tercampur merata.
  3. Masukkan air panas yang sudah disiapkan, tunggu hingga mendidih.
  4. Taburi penyedap rasa Kaldu Ayam, garam beserta gula sesuai selera atau takaran yang telah disebutkan. Aduk sebentar, kemudian kecilkan api.
  5. Masukkan sayuran mulai dari kol dan sawi hijau dan orek-orek sebentar hingga sayur tampak layu. Beri 4 sendok makan kecap manis.
  6. Setelah itu, masukkan telur yang sudah dikocok sebelumnya sambil diaduk-aduk hingga merata.
  7. Terakhir, tambahkan mie kering atau mie basah bersama dengan daun bawang dan aduk-aduk dengan cepat hingga seluruh bahan tercampur merata.
  8. Selesai, sajikan mie tek-tek kedalam mangkok saji sebanyak 4 porsi.
  9. Lengkapi dengan taburan bawang merah goreng serta acar mentimun.

Dalam membuat mie agar cepat selesai, anda bisa gunakan mesin pembuat mie, atau bahkan anda bisa membelinya.

Inilah rahasia resep dari mie tek tek kuah, yang dapa kamu lakukan di rumah, apalaagi dimasan pandemi sekarang. Mie Tek tek dapat kamu beli di abang-abang kaki lima, di warung, maupun didekat rumah kamu.

Ada berbagai macam makanan atau resep yang bisa kamu lihat di usaharumahan. Pasti resepnya mantap-mantap sekali.

Selamat mencoba…

 

Cara Membuat Puding Coklat Oreo, Dijamin Anti Gagal!

Hola sahabat semuaa! Pada kesempatan kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat puding coklat oreo enak, mudah, dan anti gagal. Siapa sih dari sobat yang belum tahu puding oreo yang lagi populer ini? Tentunya sobat tau kan, karena puding oreo banyak sekali ditemukan di sosial media.

Puding oreo ini terbuat dari kombinasi puding agar-agar dan biskuit oreo. Hidangan penutup puding oreo ini biasanya disajikan dengan dessert lainya contohnya seperti kue, es krim, coklat, vla, donat, brownies, dan masih banyak lagi. Eh iya nih, kalau sobat ingin membuat donat juga sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat agar lebih mudah proses pembuatannya. Oke langsung aja kita simak resepnya yuk!

Cara Membuat Puding Coklat Oreo Super Lezat

Bahan Lapisan Oreo:

  • Putih telur dengan jumlah 2 butir
  • 80 gram biskuit oreo, yang sudah dibuang krim putihnya dan diremuk kasar
  • Susu cair dengan takaran 400ml
  • Agar-agar yang berwarna putih 1 bungkus
  • Gula pasir dengan takaran 110 gram

Bahan Lapisan Coklat:

  • Agar-agar dengan rasa coklat 1 bungkus
  • Dark Cooking Chocolate dengan takaran 60 gram, sobat iris halus terlebih dahulu ya
  • Susu cair dengan takaran 750ml
  • 1 setengah butir kuning telur, sudah di kocok dan di lepas
  • Coklat bubuk atau kakao powder dengan takaran 30 gram
  • Gula pasir dengan takaran 140 gram

Cara Membuat Puding Coklat Oreo Super Lezat:

Lapisan Oreo:

  1. Untuk membuat lapisan coklat ini,yang pertama semua bahan lapisan coklat yang sudah disiapkan dimasak kecuali kuning telur. Saat memasak, sobat aduk-aduk secara terus menerus dan tunggu sampai mendidih.
  2. Setelah itu sobat ambil adonan coklat dengan takaran 1 sendok sayur, lalu tuangkan ke dalam kuning telur dan aduk-aduk hingga merata.
  3. Adonan kuning telur dituangkan kembali ke dalam panci tersebut. Aduk-aduk kembali dengan cepat dan masak sampai benar-benar mendidih.
  4. Siapkan sebuah cetakan. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, tunggu sampai agak membeku.

Lapisan Coklat:

  1. Agar-agar, gula pasir dan susu cair dimasak dan tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih, sisihkan.
  2. Kocok putih telur dengan menggunakan mixer dan pastikan sampai mengembang. Kemudian, tuangkan juga adonan agar-agar ke dalam wadah yang berisi putih telur yang sedang di mixer secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Mixer dngan kecepatan yang rendah sampai adonan tercampur rata.
  3. Setelah itu masukkan biskuit oreo yang sudah dihancurkan dan dipisah krim putihnya. Aduk-aduk kembali hingga lapisan coklat tercampur rata.
  4. Kemudian, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah berisi dengan lapisan coklat di dalamnya. Biarkan dan tunggu sampai dingin.
  5. Langkah terakhir yakni masukkan ke dalam kulkas atau freezer agar adonan puding mengeras.

Manfaat Puding untuk Kesehatan Tubuh

Usut punya usut nih sobat, dibalik rasa manis dan tekstur lembut puding, puding ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Mungkin beberapa dari sobat belum tahu apa aja sih manfaatnya, yuk kita simak!

Mencegah Penyakit Kanker

Agar-agar instan yang dipakai sebagai bahan utama puding ini memiliki kandungan rumput laut yang tinggi akan anti-oksidan. Selain dapat mencegah peyakit kanker, puding juga dapat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari kanker dan tumor.

Menguatkan Tulang dan Mnecegah Osteoporosis

Puding agar-agar yang seringkali menggunakan lumuran vla yang terbuat dari susu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencegah osteoporosis bahkan anemia.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Hidangan penutup ini ternyata sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme pada tubuh kita lho sob.  Hal ini dikarenakan pada puding memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme.

Itulah beberapa manfaat yang tekandung pada puding sob dan masih banyak manfaat pada puding lainnya. Kalau sobat ingin mengetahui manfaat puding lebih lengkap dan membuat puding oreo dengan varian lainnya, sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat puding oreo. Terimakasih dan selamat mencoba sobat😉👌

Cara Membuat Mie Goreng Jawa Super Lezat Dan Gurih

Pada halaman artikel ini, saya akan membagikan kepada teman semuanya tentang cara membuat mie goreng jawa super lezat dan gurih.

Kita bisa melihat bahwa Mie merupakan salah satu jenis bahan makanan yang banyak digemari oleh banyak orang. Dan bahkan dapat dikatakan jenis makanan yang satu ini merupakan makanan favorit dan banyak ditemui di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, mie dapat diolah berbagai macam masakan, mulai dari mie kuah, mie goreng, hingga dicampur menjadi satu dalam sajian nasi goreng.

Dan kalau kamu ingin sekali untuk membuat mie dengan cepat, gunakanlah alat mesin pembuat mie. Agar mie nya juga dapat lebih menarik lagi.

Dibawah ini terdapat bahan dan cara membuat sebuah makanan yang lezat dan gurih yaitu mie goreng jawa. Yang dapat anda lakukan dirumah :

Mie Goreng Jawa Kampung

Mie Goreng Jawa Kampung

Bahan-Bahan :

  • 1 bungkus mie telur
  • 1 butir telur
  • Secukupnya sawi dan kol
  • 2 buah sosis
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • Secukupnya gula, garam, kaldu jamur dan lada
  • 1 sdm minyak sayur
  • Bawang goreng

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah kemiri berukuran kecil
  • 3 bh cabe rawit (kurangi jika tidak suka pedas)

Cara Membuat Mie Goreng Jawa Kampung :

  1. Terlebih dahulu rebus mie sampai matang dan lunak. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Lalu tumis bumbu yang yang sudah dihaluskan, Kemudian tambahkan garam, gula dan lada sesuai selera. Tambahkan juga daun bawang. Tumis semua bumbu hingga harum.
  3. Kemudian masukkan sosis ke dalam tumisan dan tambahkan sedikit air.
  4. Lalu tambahkan saus, kecap manis, kaldu jamur, lalu masukkan sayur serta mie yang sudah direbus. Setelah itu aduklah sampai rata dan masukkan kocokan telur. Lalu aduk lagi sampai telurnya juga tercampur merata.
  5. Selanjutnya tambahkan minyak sayur, aduk-aduk sampai rata.
  6. Kemudian tes rasa, apabila sudah pas, angkat dan sajikan mie goreng jawa selagi masih hangat, jangan lupa taburkan bawang goreng diatasnya.

Resep Mie Goreng Jawa Ayam

Mie Goreng Jawa Ayam 

Bahan :

  • 500 ml air untuk merebus ayam
  • 200 gram mie telur kering, rebus dan tiriskan
  • 75 gram kol diiris kasar
  • 5 buah bakso sapi, diiris
  • 5 batang caisim atau sawi dipotong 3 cm
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 batang daun bawang perai, diiris miring
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 1 buah paha ayam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk (opsional)
  • 1 buah tomat dipotong-potong
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • bawang goreng secukupnya
  • irisan mentimun secukupnya
  • cabai rawit hijau secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

  • 6 siung bawang putih utuh, digoreng
  • 4 butir kemiri, digoreng
  • 1/2 sendok teh merica

Cara Membuat Mie Goreng Jawa Ayam :

  1. Pertama Rebus paha ayam sampai matang, lalu sisihkan kaldunya.
  2. Selanjutnya goreng ayam, lalu suwir-suwir dagingnya untuk taburan nanti.
  3. Lalu panaskan minyak, masukkan telur dan orak-arik sampai matang. Sisihkan di pinggir wajan terlebih dahulu.
  4. Kemudian tumis bumbu halus di wajan sampai harum, kemudian masukkan ayam dan bakso sapi, lalu aduk rata. Lalu tambahkan kol dan caisim dan aduk sampai layu.
  5. Selanjutnya masukkan air kaldu ayam, kaldu ayam bubuk (opsional), garam, dan merica bubuk. Aduk sampai meresap dan sayur matang.
  6. Lalu masukkan mie, kemudian aduk-aduk hingga bumbu meresap. Sebelum diangkat, masukkan masukkan daun bawang perai dan tomat, kemudian aduk rata.
  7. Kemudian sajikan mie goreng Jawa dengan taburan bawang goreng dan ayam suwir yang tdi disediakan. Lengkapi dengan irisan timun dan cabai rawit utuh.
  8. Kemudian silakan menggunakan sayuran dan isian sesuai selera Anda.

Inilah cara membuat mie goreng jawa super lezat dan gurih. Yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kegabutan selama pandemi ini.

selain resep ini, kamu juga bisa melihat di usaha rumah, yg memilik banyak varian makanan yang lezat.

Resep Mie Goreng Spesial Ala Restoran Sedap Dan Nikmat

Pada artikel ini saya akan memberikan sebuah penjelasan tentang Resep Mie Goreng Spesial Ala Restoran Sedap Dan Nikmat loh…. Di Indonesia banyak sekali yang menjual mie goreng, tetapi rasa dan lezatnya berbeda. Jika anda mau makan mie goreng di luar, pilihlah mie goreng di restauran, karena sudah terjamin kebersihannya juga.

Resep mie goreng spesial ala restoran sedap dan nikmat bisa anda lihat di media sosial maupun dibuku masak. Karena akan lebih memudahkan anda untuk memasak.

Jika anda sedang ngidam atau pun pengen dengan mie goreng, tetapi tidak pengen membeli. Anda bisa juga memasak dirumah loh… Karena jika memasak dirumah lebih higenis dan lebih sehat lagi.

Resep mie goreng ala restoran sangatlah mudah untuk dipelajari dengan panduan lengkapnya. Hidangan mie goreng restoran yang enak, lengkap, serta menarik, dapat disajikan kapanpun ketika sudah bisa menerapkan cara bikin masakan mie goreng ala resto ini.

Jika anda ingin memasak mie goreng lainnya, anda bisa melihat di web resep mie goreng .

Kamu bisa meniru dirumah Resep mie goreng spesial ala restoran sedap dan nikmat dibawah ini :

Resep Mie Goreng Spesial Ala Restoran Sedap

Mie Goreng Ala Restoran

Bahan-Bahan :

  • ½ kg mie basah
  • 2 butir telur yang sudah dikocok
  • 10 bakso sapi yang sudah dibelah
  • 60 gram wortel (iris seukuran korek api)
  • 1 buah paprika (iris memanjang)
  • 3 buah cabai merah besar (iris seukuran korek api)
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 1 buah bawang bombay (iris memanjang)
  • 200 gram udang basah
  • 50 gram udang giling
  • 1 buah tomat merah besar yang diiris
  • 2 batang daun bawang yang diiris
  • 6 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • ½ sdt lada bubuk
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan
  • 3 sdm kecap manis
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt air lemon
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng Secukupnya

Cara Membuat Mie Goreng Spesial Ala Restoran Sedap :

  1. Pertama cuci bersih ayam serta udang, buanglah bagian kepala. Rendam dengan 1 sdt air lemon dalam mangkuk terpisah selama kurang lebih 5 menit.
  2. Setelah itu rebuslah air hingga mendidih. Lalu anda masukkan minyak sayur serta sedikit garam dan masukkan mie basah yang sudah sdi rebus. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Kemudian cucilah semua sayuran, kemudian iris ayam fillet dan bakso sapi.
  4. Lalu langkah selanjutnya, panaskan minyak dan masak telur yang sudah dikocok terlebih dahulu. Tambahkan sedikit lada bubuk dan garam. Masak sampai matang, kemudian sisihkan.
  5. Kemudian tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, udang giling, dan cabai. Lalu masukkan bawang bombay, udang, ayam fillet, paprika, dan bakso sapi. Dan tambahkan sedikit air, lalu masukkan wortel, daun bawang, saus tiram, kecap ikan, kecap manis, kecap asin, kaldu bubuk, lada bubuk, garam, dan gula. Aduklah sampai benar-benar merata.
  6. Lalu masukkan mie basah, telur, dan tomat. Aduk kembali sampai tercampur rata dan matang. Setelah itu angkat dan sajikan mie goreng dengan menarik. Kemudian supaya lebih menarik lagi tambahkan mentimun dan daun petersely untuk hiasan, seperti resep ala masakan Chinese.

Anda jangan khawatir dan takut jika anda tidak tahu memasak. Karena di atrikel yang saya berikan sudah ada bahan dan cara membuatnya. Pada bahan anda tidak susah-susah untuk mencari dimana pun. Cukup di pasar atau swalayan anda sudah mendapatkan bahannya.

Dan jika anda ingin menambahkan toping seperti sosis, ayam, sapi, kerupuk, telur, acar, dan lainnya boleh saya. Bahkan lebih bagus lagi, supaya anda semakin lahap lagi dan semakin terus belajar memasak yang lumayan rumit ini.

Mie goreng bisa anda cari di gerobak abang-abang kaki lima, di rumah makan mie goreng, dan dimana pun. Karena mie goreng sudah tersebar luas dimana pun.  Anda juga bisa loh membuat mie dengan mesin pembuat mie, karena akan lebih cepat lagi membuatnya.

Demikian Resep Mie Goreng Ala Restoran Sedap dan Nikmat ini. Semoga anda semakin terus memasak agar masakan anda lebih mantap lagi. Jangan pernah bosan untuk mencoba apa yang tidak kita ketahui, teruslah belajar dan belajar.

Selamat mencoba…. Terima kasih…

 

 

Cara Bikin Bumbu Mie Ayam Lezat Sampai Ketagihan Dan Nikmat

Disini saya akan memberikan artikel tentang Cara Bikin Bumbu Mie Ayam Lezat Sampai Ketagihan. Cara bikin bumbu mie ayam adalah salah satu hidangan yang digemari banyak orang. Rasa yang lezat dan kemudahan untuk mendapatkannya, jadi banyak alasan orang menyukai olahan mie yang satu ini.

Bagi anda yang pecinta mie, tentunya mie ayam menjadi makanan favorite, mereka bahkan telah mencoba berbagai jenis mie ayam dari berbagai kota di Indonesia. Dan jika kamu ingin menikmati mie ayam yang sehat dan higienis, tentunya membuat sendiri merupakan solusi yang tepat.

Bahkan membuat mie ayam itu tidak terlalu sulit loh, selain bahannya yang mudah didapat, racikannya juga sangat sederhana.

Dibawah ini resep dan cara bikin mie spesial dan mie ayam bakso solo, yaitu :

Cara Bikin Mie Ayam Spesiall

Mie Ayam Spesial

Bahan-Bahan :

  • 1/2 dada ayam fillet (potong dadu)
  • 10 ceker ayam
  • Mie giling
  • Kulit pangsit
  • Bakso
  • Siomay
  • Daun bawang 2 tangkai (iris)
  • Bawang goreng (untuk taburan)
  • Sawi
  • Saus tomat dan saus sambal
  • 150 gr gula merah (sisir)
  • Kecap manis
  • 450 ml air putih
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Kecap ikan/kecap asin secukupnya
  • Cabai rawit untuk sambal.

Bahan Yang Dihaluskan :

  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Segenggam kemiri

Cara Membuat Mie Ayam Spesial :

  1. Dalam panci didihkan 450 ml air putih
  2. Setelah mendidih masukkan ceker ayam sekitar 15 menit
  3. Kemudian masukkan dada ayam fillet yang sudah dipotong dadu
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang
  5. Setelah itu masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam rebusan ceker dan dada fillet
  6. Masukkan gula merah, kecap, garam, kaldu bubuk dan daun bawang
  7. Setelah itu aduk sebentar agar tidak kematangan dan Koreksi rasa, jika dirasa sudah pas, tutup panci dan ungkep sampai bumbu meresap ke dalam Ceker dan dada fillet
  8. Cek sesekali, kalau kuah sudah agak mengental matikan kompor
  9. Kemudian rebus mie, bakso dan siomay
  10. Setelah itu goreng kulit pangsit
  11. Lalu dalam 1 mangkuk beri Kecap ikan/kecap asin kurang lebih 2 sdm.
  12. Lalu masukkan mie yang sudah direbus, aduk rata
  13. Kemudian tambahkan sayur sawi yang sudah direbus, siomay, bakso, ceker dan ayam
  14. Taburi daun bawang dan bawang goreng diatasnya
  15. Lengkapi lagi dengan sambal, saus tomat dan saus sambal.
  16. Kamu ingin membuat mie sendiri, beli saja mesin pembuat mie agar lebih cepat dan kelihatan lebih menarik lagi.

Cara Bikin Mie Ayam Bakso Solo

cara bikin Mie Ayam Bakso Solo

Bahan-Bahan :

  • Mie basah/mie telur 500 gr
  • dada ayam dipotong dadu
  • 3 siung bawang putih
  • 6 bawang merah
  • Cabai rawit (secukupnya)
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • 1 daun serai ukuran sedang
  • 3 sendok teh ketumbar
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kecap manis secukupnya minyak secukupnya (untuk menumis)
  • Bakso

Cara Penyajian Mie Ayam Bakso Solo :

  1. Haluskan bawang merah, ketumbar, kunyit, bawang putih dan juga kemiri
  2. Tumis bumbu halus. Kemudian, masukkan lengkuas, serai dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga tercium aromanya. Setelah itu, masukkan ayam disusul dengan air, garam dan gula secukupnya
  3. Setelah itu tambahkan resep mie ayam dengan kecap manis secukupnya agar warnanya lebih menggoda. Lalu matikan apinya
  4. Untuk membuat sambalnya, rebus cabe rawit lalu dihaluskan. Sambal ini adalah salah satu kunci membuat mie ayam yang disukai orang. Variasikan dengan bawang putih ya
  5. Sementara itu untuk tambahan kuahnya, bisa dengan memanfaatkan air sisa rebusan dada ayam. Tinggal menambahkan garam dan merica
  6. Cara penyajiannya juga perlu diperhatikan. Masukan garam dan merica kedalam mangkuk. Tambahkan minyak bawang 1 sdm. Lalu, masukan mie yang sudah direbus ke dalamnya
  7. Aduk hingga merata. Disusul dengan ayam yang sudah dimasak tadi. Biar lebih mantab, taburi dengan bawang goreng. Selagi hangat, langsung disantap. Pasti nikmatnya lebih berasa
  8. Sajikan mie ayam khas solo ke tengah
  9. Tengah meja makan keluarga. Jangan lupa sambal yang udah dibikin tadi bisa langsung dicampurkan secara merata.

Inilah cara bikin mie ayam lezat yang bikin anda ketagihan, apalagi kalau kita sendiri yang bikin di rumah.

Berbagai macam makanan yang bisa kita lihat di usaharumahan.id. Yang sangat banyak jenis makanan yang bisa kita tiru di rumah. Agara pengalaman memasak kita menjadi lebih baik lagi.

Selamat mencoba……

 

Resep Bumbu Mie Tiaw Goreng Pedas Dan Maknyus

Pada artikel ini saya akan memberikan resep bumbu mie tiaw goreng pedas dan maknyus. Resep bumbu mie tiaw goreng pedas adalah makanan yang dibawa oleh kaum Cina imigrasi dan hingga sampai sekarang populer di Indonesia.

Dalam menghidangkan mie goreng tiaw ini dilengkapi dengan variasi pelengkap seperti daging, ayam, cumi-cumi, bakso dan tambahan pelengkap lainnya. Dibawah ini ada dua resep mie tiaw goreng pedas, yang bisa anda sesuai kan dengan selera anda, sebagai berikut :

Resep Bumbu Mie Tiaw Goreng Pedas Spesial

Mie Tiaw Goreng Spesial

Bahan Utama :

  • Mie tiaw di rebus terlebih dahulu hingga kenyal dan tiriskan
  • 4 butir telur ayam, kocok lepas kemudian buat orang-arik
  • 150 gram sawi hijau 1 lembar daun bawang, iris halus
  • 100 mililiter air kaldu bisa instans atau membuatnya sendiri
  • Mentega atau margarin secukupnya

Bahan Bumbu Tiaw :

  • 2 siung bawang putih, memarkan kemudian cincang halus
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok teh kecap asin
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada putih bubuk secukupnya

Bumbu Pelengkap

  • 4 buah cabai rawit merah, haluskan
  • 1 sendok makan saus

Cara Membuat Mie Tiaw Goreng Spesial :

  1. Pertama panaskan mentega atau margarin di atas wajan dengan menggunakan api sedang.
  2. Kemudian masukan bawang putih lalu tumis sampai harum dan matang. masukan cabai rawit yang sudah anda haluskan kemudian aduk hingga beberapa saat.
  3. Lalu tambahkan sawi hijau dalam masakan anda, tumis hingga terlihat layu dan matang.
  4. Kemudian tuangkan perlahan air kaldu dalam masakan anda, lalu aduk bersama dengan semua bahan sampai tercampur rata.
  5. Setelah itu tambahkan perasa makanan untuk kwetiau yang berupa saus cabai, kecap manis, kecap asih, saus tiram, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya lalu aduk semua bahan perasa tersebut sampai tercampur rata.
  6. Kemudian masukkan tiaw rebus, lalu aduk hingga semua bahan dan bumbu perasa meresap ke dalamnya.
  7. Ambil telur orak-arik dan daun bawang kemudian tambahkan dalam masakan, aduk hingga tercampur dalam masakan anda.
  8. Matikan api dan siapkan piring saji.
  9. Kemudian angkat tiaw goreng spesial yang pedas yang anda buat barusan kemudian tata di atas piring saji anda.
  10. Lalu sajikan selagi masih hangat, dan anda juga boleh menambahkan beberapa pelengkap seperti bawang goreng, kerupuk udang, acar atau potongan mentimun untuk menambah nikmat.

Resep Bumbu Mie Tiaw Goreng Pedas Ayam

Mie Tiaw Goreng Ayam

Bahan :

  • mie tiaw basah atau mie tiaw kering
  • 300 gr daging diiris tipis
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 2 sdm tepung maizena larutkan dengan 3 sdm air dingin
  • 100 gr sayur sawi hijau iris sesuai selera
  • 100 gr taoge besar, bersihkan akarnya
  • 1 sdm kecap manis
  • saus tiram secukupnya
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdt bubuk kaldu daging/ayam

Bumbu Halus :

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica butiran

Cara Membuat Resep Bumbu Mie Tiaw Goreng Ayam :

  1. Pertama iris daging berbentuk tipis. Lalu sisihkan.
  2. Setelah itu kocok telur hingga berbuih, tambahkan larutan maizena dan campur hingga rata.
  3. Kemudian masukkan irisan daging, lalu aduk hingga rata dan sisihkan.
  4. Kemudian siangi taoge dan potong-potong daun bawang dan kol atau caisim. Lalu sisihkan.
  5. Lalu siram kwetiau dengan air panas. Tiriskan.
  6. Dan kalau anda memakai tiaw kering, rebus tiaw kering dalam air mendidih sesuai petunjuk. Dan jika kamu ingin membuat mie sendiri, anda bisa membeli mesin pembuat mie, agar lebih gampang dang cepat. Kemudian ditiriskan.
  7. Setelah itu ulek bawang putih dan merica sampai halus. Tambahkan bawang merah, tumbuk kasar saja.
  8. Kemudian tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai matang dan berbau harum.
  9. Lalu masukkan irisan daging, aduk2 hingga daging berubah warna.
  10. Kemudian tambahkan kecap asin, kecap manis, saus tiram dan bubuk kaldu sesuai takarannya. Aduk2 sampai daging benar2 empuk dan matang.
  11. Setelah itu masukkan taoge dan sawi dan irisan daun bawang. Aduk sebentar asal layu.
  12. Lalu kecilkan api, tambahkan kwetiau, aduk hingga rata.
  13. Kemudian cicipi, jika perlu tambahkan garam atau kecap manis sesuai selera. Lalu angkat dan buat di piring atau mangkok yang menarik.
  14. Setelah itu sajikan panas dengan bawang goreng, acar mentimun atau irisan tomat jika anda suka.

Resep yang begitu menarik dan mudah untuk di tiru. Anda jangan khawatir untuk menggunakan resep ini. Karena resep bumbu ini sangat mudah untuk dicari dimana pun.

Ada juga resep bumbu  yang mungkin dapat anda lakukan di rumah untuk mengisi kegabutan, yaitu resep bumbu mie goreng.  Yang dapat anda lihat di resep tersebut.

Masih Bingung Cara Membuat Ayam Geprek Bensu? Kita Punya Rahasianya Loh

Ayam Geprek Bensu memang menjadi salah satu merek ritel ayam geprek yang ada di indonesia. Gerainya mudah ditemui di mana-mana, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Cara membuat ayam geprek bensu cukup mudah. Ayam Geprek Bensu juga terkenal karena pemiliknya yaitu artis papan atas Indonesia yakni Ruben Onsu yang biasa dikenal juga dengan panggilan akrabnya Bensu.

Cara membuat ayam geprek bensu tidak jauh berbeda dengan ayam geprek pada umumnya yang dijual. Ayam Goreng dengan tepung renyah ditambah dengan potongan cabai rawit yang sangat banyak di atasnya dan digeprek alias dihancurkan dengan ulekan.

Yuk langsung saja kita simak begini resep cara membuat ayam geprek ternyata sangat mudah dan bisa kalian coba buat sendiri dirumah loh.

Ayam Geprek Bensu Ala Rumahan

cara membuat ayam geprek bensu

 

 

Bahan :

  • 2 potong ayam; bagian paha dan dada ayam kemudian potong sesuai keinginan
  • 1 butir telur
  • 5 sendok tepung terigu
  • 3 sendok tepung maizena
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya merica
  • Garam Dapur secukupnya
  • Secukupnya minyak goreng
  • 1 batang daun kemangi

Sambal :

  • 22 buah cabe rawit atau bebas sesuai selera masing-masing
  • 2 siung bawang putih, digoreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Geprek Bensu Ala Rumahan :

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Ayam Geprek Bensu ala Rumahan siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Ayam Geprek Bensu ala Rumahan. Beginilah gaisss cara untuk membuat resep Ayam Geprek Bensu ala Rumahan:

  1. Siapkan ayam yang akan dimasak, kemudian bersihkan bulu halusnya dengan mesin pencabut bulu ayam agar lebih bersih, setelah itu cuci dengan air mengalir agar kotoran yang masih menempel pada ayam hilang
  2. Kedua, tambahkan bawang putih halus, merica, dan garam secukupnya saja.
  3. Ketiga, remas-remas ayam dan campur hingga semua bumbu tercampur rata dan teresap sempurna ke dalam daging ayam. Setelah itu, tinggalkan dulu selama kurang lebih 2 jam agar bumbunya meresap ke dalam daging ayam biar lebih enak.
  4. Jika kalian merasa bumbu telah meresap ke dalam daging ayamnya, maka masukkan 1 butir telur dan kocok ke semua permukaan daging ayam sampai merata.
  5. Kemudian, siapkan tepung terigu dan tepung maizena, lalu campurkan dan aduk-aduk.
  6. Setelah itu, masukkan ayam yang telah dilumuri telur tadi ke dalam campuran tepung terigu dan maizena tadi. Pastikan semua permukaan ayam sudah tertutupi oleh tepungnya gaiss.
  7. Setelah itu, panaskan minyak goreng  hingga panas pada wajan dan masukkan ayamnya tadi. Goreng ayam dengan api kecil agar ayam matang sampai ke bagian dalam dagingnya dan tidak gosong. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan dan kering
  8. Jika kedua bagian ayam sudah dirasa matang, maka angkat dan tiriskan sebentar. Setelah itu sisihkan sejenak untuk menghilangkan minyaknya.
  9. Nah sekarang kita bikin sambal untuk ayamnya. Untuk resep cara membuat ayam geprek bensu cukup mudah. Pertama, masukkan bawang putih yang telah digoreng, cabai, dan garam sedikit. Setelah itu, ulek hingga halus dan merata. Jangan lupa juga untuk menambahkan 2 sendok minyak goreng panas bekas kalian menggoreng ayam tadi.

cara membuat ayam geprek bensu

Cara Membuat Sambal :

  1. Nah sekarang waktunya untuk membuat Ayam Gepreknya. Caranya sangat mudah. Ambil ayam goreng tadi dan letakkan di atas sambal yang ada pada cobek. Lalu, geprek ayam pada sambel menggunakan ulekan. Geprek ayam hingga hancur sesuai selera tapi jangan sampai terlalu hancur.
  2. Nah sekarang Ayam geprek Bensu ala Rumahan siap disajikan dan disantap bersama dengan nasi putih dan lalapan.

Wah ternyata tidak terlalu susah ya cara membuat ayam geprek bensu ala rumahan dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan di rumah, olahan makanan ini bisa kalian jadikan menu makanan andalan keluarga kalian dirumah juga loh agar tidak bosan. Happy Cooking dan Selamat Mencoba bersama keluarga dirumah. Enjoyyy