Cara Membuat Nasi Briyani Sederhana Tapi Komplit

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi goreng sederhana tapi istimewa kan? Nah kali ini adalah tutorial cara membuat nasi briyani sederhana tapi komplit.

Pada resep kali ini akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi briyani sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Sebelum ke resep nasi briyani yuk kita bahas apa itu nasi briyani?

Apa Itu Nasi Briyani?

Oh ya, sebelumnya ternyata nasi briyani juga punya julukan lain seperti nasi briyani, nasi briyani, nasi briani, dan nasi beriani.

Nasi briyani merupakan masakan berupa nasi (biasanya menggunakan nasi basmati) yang dimasak dengan berbagai macam bumbu kemudian ditambah dengan daging (bisa ayam, kambing, udang, sapi) atau aneka sayuran.

Hidangan yang satu ini berasal dari Asia Selatan (Pakistan dan India). Di Indonesia sendiri dan di Malaysia, hidangan ini disebut dengan nasi tambahan (nasi briyani, nasi briyani, nasi briani atau nasii beriani).

Nama hidangan nasi briyani ini berasal dari bahasa persia yaitu beryā (n) (بریان) yang artinya dibakar atau digoreng. Pada zaman dahulu, nasi digoreng dengan air bersama bumbu hingga setengah matang.

Cara Membuat Nasi Briyani Sederhana Tapi Komplit

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Briyani

  • 800 gr beras basmati
  • 8 cengkeh
  • 4 kapulaga
  • 1 kayu manis
  • acar sayur/acar nanas india

Bahan Bumbu Kari Ayam

  • 1 ekor ayam potong
  • 500 ml santan
  • 3 iris lemon
  • 5 kapulaga
  • 15 cengkeh
  • 2 kayu manis
  • 5 lembar salam koja / daun kari
  • 3 sdm bumbu curry baba’s
  • 4 cabai keriting merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 bawang bombay
  • 2 sdm margarine/mentega/wisman
  • secukupnya gula pasir
  • 2 sdm kunyit bubuk
  • secukupnya garam
  • bawang goreng
  • secukupnya kaldu bubuk

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Briyani

  1. Siapkan semua bahannya.
  2. Cuci bersih ayamnya dan peras pakai perasan lemon supaya tidak amis.
  3. Cuci beras basmatinya dan rendam dengan air selama kurang lebih 30 menit.
  4. Blender kasar (jangan pakai air) cabe keriting dan bawang putih.
  5. Potong dadu bawang bombaynya.
  6. Panaskan margarin, masukkan kapulaga, cengkeh dan kayu manisnya. masak sampai agak harum.
  7. Setelah agak harum masukkan bawang bombay, masak sampai bawang bombay setengah matang.
  8. Masukkan ayam, masak ayam sampai agak kecoklatan sampai setengah matang.
  9. Setelah suda setengah mateng, masukkan cabai dan bawang putih yg sudah diblender tadi.
  10. Aduk dan biarkan sampai cabai dan bawang putihnya agak mateng.
  11. Masukkan kunyit bubuk, daun kari, dan bumbu baba’s currynya. aduk lagi sampai merata ke ayamnya.
  12. Setelah itu masukkan santan, aduk aduk lalu tutup.
  13. Siapkan di kompor sebelahnya, air panas dan masukkan cengkeh, kapulaga dan kayu manis, di rebus ya.
  14. Setelah di rebus masukkan beras basmati yg tadi uda di rendem (berasnya aja ya, air saringannya jangan). masak beras basmati sampai setengah matang.
  15. Masak berasnya harus sambil diaduk, dan sambil ditengok juga karinya aduk sesekali.
  16. Masak berasnya jangan lama-lama, sekitar 10 menit.
  17. Setelah berasnya diaron, angkat dan tiriskan. lanjut lagi ke kari ayamnya.
  18. Aduk kari ayam, tambahkan gula, garam, dan kaldu secukupnya,
  19. Diamkan kari sampai ayamnya matang, lalu matikan, beras yg tadi taro di wadah lain yg agak besar.
  20. Nyalakan kompor (api yg paling kecil) sambil di siram dengan kuah kari ayamnya. siram dengan kuah karinya agak banyak ya gais biar nasinya mateng.
  21. Diemin aja sesekali aduk tapi jangan terlalu sering aduk, nanti nasinya patah patah, kalau ga diaduk bawahnya gosong
  22. Masak terus nasinya, emang agak lama apalagi kalau banyak, bisa sampe 30 menitan masak nasinya. gapapa kalau kuah karinya sampai habis, nanti bisa bikin lagi
  23. Setelah matang sajikan di piring ditambah dengan ayam karinya, bawang goreng dan acar nya!

Resep Nasi Briyani

Oh iya sobat bisa mengikuti resep diatas dengan menggunakan rice cooker, tapi ingat harus menggunakan rice cooker besar  karena resep diatas untuk porsi yang banyak.

Gimana mudah bukan resepnya? Pasti kalian sudah bersabar untuk mencoba resepnya hehehehe. Semoga berhasil, teman-teman

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Yang Istimewa

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi liwet kan? Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?

Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?  Kalau gak tau tenang aja karena kali ini kita akan bahas resep dan cara membuat nasi goreng sederhana yang istimewa

cara masak nasi goreng kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi goreng sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Yuk langsung saja ke filosofi nasi goreng.

Filosofi Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan sebuah makanan yang berupa nasi lalu digoreng dalam sebuah penggorengan atau wajan yang menghasilkan cita rasa berbeda karena nasi goreng juga dicampur dengan bumbu bumbu penyedap seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah dan merica.

Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap atau topping seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut seperti ikan, atau daging.

Hidangan nasi goreng tersebut sering kali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Nasi goreng merupakan komponen populer dari masakan Asia Timur, Tenggara dan Selatan pada wilayah tertentu.

Nasi goreng sering kita jumpai di pinggir jalan, tetapi nasi goreng juga termasuk hidangan rumahan juga loh, Nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas.

Beberapa jenis populer dari nasi goreng memiliki daftar bahan spesifik berbeda di setiap negara.

Di Tiongkok Raya, jenis nasi goreng yang paling terkenal adalah  nasi goreng Yangzhou dan nasi goreng Hokkien.

Chāhan Jepang atau nasi goreng versi Jepang dianggap sebuah sajian Tionghoa Jepang, yang berasal dari hidangan nasi goreng Tionghoa.

Di Asia Tenggara, nasi goreng Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang memiliki komposisi serupa dan khao phat Thai adalah hidangan populer.

Di negara bagian barat, kebanyakan restoran menyajikan hidangan untuk pelanggan Muslim atau juga vegetarian dengan cara  membuat jenis mereka sendiri dari nasi goreng contohnya termasuk nasi goreng telur.

Ternyata restoran di Amerika juga terdapat menu nasi goreng yang menawarkan masakan dengan tanpa tradisi asli dari hidangan tersebut.

Selain itu, terdapat jenis nasi goreng di negara-negara selatan Amerika Serikat. Salah satu contohnya yaitu arroz chaufa asal Peru, chaulafan asal Ekuador, arroz frito asal Kuba, dan arroz mamposteao asal Puerto Rico.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Tapi Istimewa

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng

  • 1 piring nasi dingin
  • 5 bh cabe rawit, iris
  • 1/2 sdt merica
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 bh bawang merah, iris
  • 1 sdm kecap asin
  • secukupnya Garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Kocok telur beri sedikit garam. Panaskan minyak di wajan. Masukkan telur, bikin orak arik. Sisihkan
  2. Dengan sisa minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga harum. Masukkan nasi dan telur orak arik. Beri kecap2an, garam, gula dan merica. Aduk rata
  3. Masak sambil terus diaduk hingga nasi agak kering. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan nasgor dg telur ceplok dan irisan timun

Tips Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Nasinya kalau bisa harus di kulkas dahulu semalaman
  2. Jumlah kecap bisa ditambah sesuai selera
  3. Jika ingin porsi banyak gunakan rice cooker besar untuk membuat nasi nya

Resep Nasi Goreng

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Sekian resep cara membuat nasi goreng sederhana tapi istimewa. Selamat mencoba ya

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi kebuli ayam yang super gampang kan? Nah kali ini kita akan membahas mengenai resep dan cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan sob.

Oh iya kalian udah tahu belum sih apa itu nasi liwet? Kalau belum tahu tenang aja aku bakal kasih tau sob.

Nasi liwet adalah salah satu makanan khas Jawa tepatnya Jawa Tengah yaitu dari Solo atau Surakarta.

Sejarah dan asal-usul riwayat kuliner yang satu ini kerap dikaitkan dengan tradisi masyarakat Jawa, termasuk untuk menolak bala ketika terjadi bencana.

Nah nasi liwet sendiri ada 2 macam nih, nasi liwet khas sunda dan nasi liwet khas solo. Nah kali ini kita akan membahas yang khas solo nya aja sob biar gak terlalu banyak. Mungkin next artikel lah ya kita akan bahas khas sunda.

Yuk langsung saja ke resep nasi liwet. Tunggu apa lagi siapkan peralatan kalian

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Liwet

  • 450 gram beras
  • lembar daun salam
  • batang serai
  • sdt Royco Kaldu Ayam

Bahan Bahan Untuk Lauk

Ayam Suwir
  • ekor (600 g) ayam, buang kulitnya, potong 8 bagian
  • lembar daun salam
  • cm lengkuas
  • batang serai
  • 200 ml air
  • sdt garam
  • 150 ml santan cair
  • sdt gula merah
  • 150 ml susu cair rendah lemak
Ayam Suwir Bumbu Halus
  • butir bawang merah
  • siung bawang putih
  • sdt ketumbar bubuk
  • butir kemiri
Sayur Labu Siam
  • 500 gram labu siam, potong korek api
  • lembar daun salam
  • butir bawang merah, iris tipis
  • batang serai, memarkan
  • 150 ml susu cair rendah lemak
  • sdt Royco Kaldu Ayam
  • sdm gula merah
  • buah cabai merah
  • 150 ml santan cair
  • siung bawang putih, iris tipis
  • sdt merica putih
  • sdm minyak
  • 400 ml air

Langkah Langkah Memasak Lauknya

Ayam Suwir

  1. Panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, garam, gula merah, dan santan cair serta susu cair rendah lemak.
  5. Masak hingga air menyusut dan ayam matang.
  6. Angkat dan suwir-suwir ayam.
  7. Sajikan dengan kuahnya.

Sayur Labu Siam

  1. Panaskan minyak
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serai dan cabai merah, tumis hingga harum.
  3. Masukkan labu siam dan cabai rawit utuh, lalu aduk.
  4. Tuang santan, susu cair rendah lemak, air, merica putih bubuk, gula merah, dan kaldu penyedap, kemudian aduk.
  5. Masak hingga labu siam matang.
  6. Angkat lalu Sisihkan.

Telur  Areh

  1. Kocok telur bersama garam dan santan.
  2. Masak hingga matang dan menggumpal.
  3. Angkat dan sisihkan.

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Liwet

  1. Masukkan santan, beras, daun salam, serai dan kaldu penyedap ke dalam panci liwet.
  2. Masak di atas api kecil hingga nasi matang sambal sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong.
  3. Angkat dan sisihkan.
  4. Sajikan nasi liwet beserta ayam suwir, sayur labu siam, telur areh dan bisa ditambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Saya yakin kalian pasti sudah tidak sabar untuk nyobain resep cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan diatas hehehe.

Oh iya kalian bisa banget lo mengikuti resep diatas menggunakan rice cooker besar jadi panci liwet nya diganti dengan rice cooker deh. Saya jamin pasti lebih praktis. Selamat mencoba ya sob, salam kuliner

 

 

Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam Yang Super Gampang

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi uduk kuning kan? Nah kali ini kita akan membahas mengenai resep dan cara membuat nasi kebuli ayam yang super gampang.

Resep nasi kebuli ayam kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi kebuli sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Yuk langsung saja ke filosofi nasi kebuli.

Filosofi Nasi Kebuli

Apa sih nasi kebuli itu? Terasa asing di telinga kita ya kayaknya. Jadi sebenarnya Nasi kebuli merupakan sebuah hidangan nasi berbumbu yang memiliki rasa yang gurih dan ditemukan di Indonesia.

Nasi kebuli ini diolah bersama dengan susu kambing, kuah kaldu daging kambing, dan minyak samin, disajikan dengan potongan potongan daging kambing goreng,bawang goreng dan biasanya juga ditaburi dengan irisan kurma atau bahkan kismis.

Nasi kebuli ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nah tetapi pada resep kebuli ayam kali ini berbeda loh jadi kita akan ganti daging kambingnya dengan kambing ayam loh.

Wah gimana ya rasanya? Penasaran kan resep nasi kebuli ayam nya, yuk langsung saja kita ke resep dan cara membuat nasi kebuli ayam

Resep Dan Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam

  • 1/2 kg ayam
  • 2 cm jahe
  • 1 sachet santan kara
  • 2 cm lengkuas
  • 3 buah cengkeh
  • 2 daun salam
  • 1 sdm lada bubuk
  • 2 daun jeruk
  • 10 biji kapulaga
  • 5 buah bunga lawang
  • 1 sachet bumbu gulai instan indofood
  • Secukupnya penyedap rasa
  • 1 buah jeruk nipis
  • Kurleb 2 liter air
  • 1 buah kayu manis
  • 3 cup beras
Bumbu halus
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdt jinten
  • 8 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt garam

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam

  1. Potong ayam sesuai selera, cuci bersih beri air perasan jeruk nipis. Diamkan 10 menit, cuci bersih lagi.
  2. Didihkan air, lalu masukan sereh,jahe dan lengkuas yg sebelumnya sudah digeprek. Jangan lupa daun salam dan daun jeruknya jg. Masukan ayamnya. Rebus sampai empuk. Aku pake metode 5-30-7.
  3. Sementara menunggu ayam empuk kita haluskan bumbu bumbu halus diatas. Lalu campurkan dg bumbu gulai indofoodnya.
  4. Tumis bumbu halus, setelah wangi tambahkan kayu manis, bunga lawang, kapulaga dan cengkeh. Sebenernya pakai pala jg, berhubung kehabisan yawes skip aja.. Kalau mau pake 1/2 sdt aja.
  5. Masukan bumbu halus yg sudah ditumis tadi di panci ayam yg sudah empuk. Aduk rata, tambahkan santan. Lalu koreksi rasa. Tambahkan penyedap rasa dan lada bubuk sampai pas sesuai selera.
  6. Setelah mendidih lagi matikan apinya. Biarkan dulu diatas kompornya. Kita cuci bersih beras. Masukan beras bersih tadi ke panci rice cooker besar
  7. Setelah itu air kaldu ayam yg sudah dibumbui tadi masukan ke panci rice cooker besar. Sesuaikan kalau kita masak nasi aja. Aku tambahkan lagi kapulaga, bunga lawang dan cengkehnya biar aromanya tambah enak
  8. Tekan tombol cooknya, setelah berubah warm aduk rata nasi. Lalu klik cook lagi. Tunggu sampai warm lagi siap disajikan.
  9. Lalu ayam nya tinggal digoreng aja. Bisa ditambah acar timun dan wortel juga biar makin mantap.

Resep Nasi Kebuli Ayam

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Saya yakin kalian pasti sudah tidak sabar untuk nyobain resep nasi kebuli ayam diatas hehehe. Selamat mencoba yaa, salam kuliner

Cara Membuat Nasi Uduk Kuning Yang Super Mewah

Halo sobat kuliner… sebelumnya kan sudah membahas bumbu opor ayam kuning,  kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat nasi uduk kuning yang super mewah.

Nah pada resep kali ini sangatlah gampang dan simpel loh sob, karena kita akan menggunakan rice cooker untuk alat membuatnya, bahkan anak kospun bisa mengikuti resep kali ini. Soalnya gampang

Rice cooker selain digunakan untuk membuat nasi uduk kuning ternyata juga bisa digunakan untuk membuat mie instan, nasi kebuli dan lain lain

Oh iya buat kalian yang bingung apakah resep nasi uduk kuning sama kayak resep nasi kuning biasa? Yuk kita cari tahu apa sih nasi uduk dan nasi kuning

Apa Sih Nasi Uduk Dan Nasi Kuning Itu?

Nasi Uduk

Nasi Uduk adalah makanan khas Betawi. Nasi uduk sendiri tidak lengket satu sama lain dan terlihat tidak putih berbeda dengan nasi putih pada umumnya.

Cara memasak berasnya pun terlebih dahulu diaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, untuk kemudian dikukus hingga matang.

Hasilnya, rasanya pun menjadi gurih dan beraroma harum. Hidangan ini biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk berupa ayam goreng, tahu dan tempe goreng, sambal kemiri kental berwarna kemerahan yang rasanya pedas, serta daun kemangi.

Kadang-kadang dilengkapi juga dengan sambal bercampur kecap manis.

Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan serta rempah-rempah lainnya.

Dengan ditambahkannya bumbu-santan dan bumbu, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih dan wangi daripada nasi putih.

Nasi Kuning sendiri juga sering disajikan pada acara-acara tertentu, contohnya : syukuran, tumpengan, dan juga peristiwa-peristiwa gembira, seperti : tunangan, pernikahan, kelahiran, 17 agustusan, arisan, dan masih banyak lagi.

Nasi kuning juga biasa disajikan dengan bermacam-macam lauk pauk khas Indonesia.

Cara Membuat Nasi Uduk Kuning Yang Super Mewah

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Uduk Kuning

  • 1/2 kg beras
  • 2 lbr daun jeruk
  • 580 ml air mendidih
  • 2 lbr daun salam
  • 60 gr santan bubuk
  • 1 lbr daun kunyit
  • 1 sdt kaldu jamur (resep asli tidak pakai)

Bumbu Tumis :

  • 4 siung bawang merah, giling
  • 1 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih, giling
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 batang serei, geprek
  • 1/2 sendok teh merica halus
  • 2 ruas jari laos, geprek
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 sendok makan minyak goreng

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Uduk Kuning

  1. Siapkan bumbu, cuci beras. Campur santan dengan air mendidih, aduk rata.
  2. Tumis Bumbu tumis sampai harum, tambahkan dedaunan dan beras, tumis sambil diaduk hingga tercampur rata
  3. Tambahkan santan, masak sampai mendidih, tambahkan kaldu jamur
  4. Pindahkan ke rice cooker besar, tekan tanda cook, seperti biasa memasak nasi. Tunggu beberapa saat setelah tanda berubah menjadi warm, baru rice cooker dimatikan, agar nasi menjadi matang sempurna. Sajikan dengan aneka lauk pelengkapnya

Tips Cara Membuat Nasi Uduk Kuning

  1. Takaran santan di resep tidak mutlak (Sesuaikan takaran santan dengan beras yang biasa digunakan)
  2. Takar beras dengan gelas untuk mengetahui perbandingan santan yang harus digunakan. Karena ada beras yang menggunakan perbandingan 1:1, ada juga yang 1:1½, dst

Cara Membuat Nasi Uduk Kuning Yang Super Mewah

Nah itu dia resepnya. Gimana…. gampang dan praktis bukan? Jangan cuma dibaca saja ya sob jangan lupa dicoba heheh selamat ber kreasi