Cara Membuat Salad Sayur Yang Mudah Dan Enak

Cara Membuat Salad Sayur

Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana Cara Membuat Salad Sayur yang enak.

Salad merupakan makanan lezat yang tentu saja bergizi dikarenakan makanan atau camilan biasa kita sebut, terdiri dari berbagai sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang memiliki gizi tinggi.

Camilan sehat ini bagus untuk dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk .

Atau anda yang memiliki berat badan berlebihan namun tetap ingin makan namun tidak ingin berat badan bertambah.

Bisa juga dikonsumsi oleh anda yang sedang dalam program diet atau juga ingin menjaga berat badan yang ideal namun ingin menikmati camilan yang sangat lezat namun menyehatkan.

Bagi Anda yang sangat suka nyemil, salad merupakan pilihan bagus karena selain mengenyangkan juga sangat lezat dan menyehatkan bagi tubuh tanpa perlu khawatir akan efek samping.

Biasanya kalau berhubungan dengan camilan, anda memilih membeli atau juga membuat makanan atau jajan yang tidak sehat seperti jajan-jajan ber-MSG.

Daripada anda terus menerus mengonsumsi jajan-jajan yang ber-MSG dan menjadi generasi micin, alangkah sehatnya jika anda memilih camilan sehat seperti salad.

Salad buah sudah banyak dijual di berbagai restoran dan bahkan juga di warung-warung kecil.

Daripada harus membeli, kenapa Anda tidak mencoba sendiri untuk membuat salad buahnya sendiri di rumah yang terjamin sehat dan higienis. Yuk, coba buat salah sendiri di rumah.

Manfaat Salad Sayur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Salad Sayur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salad merupakan jenis makanan yang sangat praktis dibuat namun kaya akan manfaat.

Makanan ini dibuat dengan mencampurkan berbagai jenis buah dan sayuran (yang sebagian dalam kondisi mentah) serta menambahkan bumbu atau saus untuk menambah cita rasanya.

Karena dikonsumsi dengan mentah kandungan nutrisi pada sayur-sayuran dan buah-buahan ini masih sangat terjaga sehingga kita mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Kita bebas memasukkan berbagai jenis buah dan juga sayuran ke dalam salad sesuai selera kita.

Ada salad yang khusus buah yang disebut juga salad buah dan juga ada salad yang khusus sayuran yang disebut salad sayuran, atau campuran dari keduanya.

Dibandingkan salad sayur tentu salad buah memiliki cita rasa yang sangat lebih menarik karena buah-buahan dominan memiliki rasa yang lebih manis daripada sayur-sayuran.

Sehingga terkadang tidak banyak segelintir yang orang mencampurkan satu atau beberapa jenis buah ke dalam salad sayur untuk menambah cita rasanya.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita ambil dengan memasukkan salad sayur ke dalam daftar menu harian kita, diantaranya:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh seseorang dianggap sebagai sumber timbulnya berbagai penyakit berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

Dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi berbagai jenis sayuran seperti kubis, wortel, seledri, tomat, dan buncis akan sangat bermanfaat sekali untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah Kanker

Sayur-sayuran dalam salad sayur mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral serta kaya akan antioksidan alami sehingga sangat baik dalam mencegah timbulnya penyakit kanker di tubuh kita.

3. Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Selain kanker berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti alzheimer dan disfungsi kekebalan tubuh juga dapat dicegah dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang mengandung banyak antioksidan tinggi setiap hari.

4. Mencegah Penuaan Dini

Timbulnya gejala-gejala penuaan dini seperti kerutan di wajah merupakan hal yang sangat dihindari terutama oleh banyak kaum wanita.

Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi berbagai macam sayuran yang mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mencegah penuaan dini pada kita.

5. Melancarkan Pencernaan

Berbagai jenis sayuran pada salad sayur terkenal dengan kaya akan serat sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan pada tubuh kita.

6. Mencegah Timbulnya Sembelit

Kandungan serat pada salad sayur juga sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya sembelit atau sulit buang air besar karena feses yang mengeras.

Serat pada sayuran dapat membantu mengikat air sehingga feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan dan anda pun terbebas dari masalah sembelit ditubuh.

7. Mencegah Diare

Kebalikan dari sembelit diare justru suatu kondisi dimana feses menjadi terlalu cair dan frekuensi buang air besar menjadi lebih sering.

Jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi. Diare juga dapat diatasi dengan mengonsumsi salad sayur.

Namun harus diperhatikan jenis sayuran yang dicampurkan dalam salad karena ada beberapa jenis sayuran yang justru harus dihindari saat tubuh kita mengalami penyakit diare.

Beberapa jenis sayur-sayuran seperti wortel dan kentang sangat baik bagi penderita diare.

8. Menyehatkan Usus

Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang berperan sangat  penting dalam penyerapan sari-sari makanan. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan pada usus kita.

Salah satunya dengan rajin mengonsumsi salad yang berisikan dengan berbagai macam sayuran yang baik bagi usus seperti brokoli, kangkung, dan bayam.

9. Aman Bagi Lambung

Selain usus organ pencernaan lain yang juga berperan penting dalam kelancaran proses pencernaan adalah lambung.

Dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi beragam sayuran akan membuat lambung kita akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit seperti penyakit maag.

10. Memelihara Kesehatan Mata

Kubis hijau dan bayam juga memiliki banyak kandungan vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata kita.

Dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi beragam sayuran seperti wortel, kubis hijau, dan bayam akan membuat mata kita lebih sehat.

11. Meningkatkan Metabolisme

Sayur-sayuran pada salad sayur yang kaya akan serat juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh kita sehingga pembakaran kalori dalam tubuh kita menjadi lebih optimal.

Hal ini menjadikan tubuh lebih berenergi dan fit serta terhindar dari penumpukan kalori di dalam tubuh.

12. Membantu Program Diet

Dengan metabolisme yang baik akan sangat berpengaruh pada keberhasilan program diet. Seluruh kalori yang masuk ke tubuh dapat dibakar dan diserap dengan baik.

Selain itu serat pada sayuran juga sangat baik untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari konsumsi makanan yang sangat berlebihan.

13. Menyehatkan Jantung

Beberapa jenis sayur-sayuran seperti selada, bayam, sawi, lobak, swiss chard, brokoli, kale, dan lain sebagainya sangat baik untuk menjaga kesehatan pada jantung kita.

Dengan menambahkan sayur-sayuran ini ke dalam menu salad sayur anda akan membuat jantung anda lebih sehat dan kuat.

14. Memelihara Kesehatan Tulang

Salad sayur juga sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang kita sehingga anda dapat terhindar dari berbagai masalah tulang seperti osteoporosis.

Terutama dengan memasukkan kubis hijau dan bayam ke dalam isi salad sayur anda yang terkenal sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang pada tubuh kita.

15. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Rajin mengonsumsi salad sayur juga sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh kita lebih kuat dan kebal terhadap serangan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.

16. Meningkatkan Stamina Tubuh

Selain baik bagi daya tahan tubuh salad sayur juga baik untuk memelihara dan meningkatkan stamina tubuh kita sehingga tubuh lebih berenergi dan tidak mudah lelah.

17. Mencegah Timbulnya Peradangan

Peradangan merupakan hal yang normal dan alami sebagai bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh kita terhadap bahaya yang menyerang. Seperti timbulnya rasa nyeri atau kulit yang memerah.

Namun jika peradangan terjadi secara berlebihan akan sangat berbahaya dan dapat merusak tubuh. Mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau pada salad sayur dapat membantu mengatasi peradangan pada tubuh kita.

18. Menjadikan Kulit Lebih Sehat

Berbagai jenis sayuran pada salad sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik utnuk kesehatan kulit.

Seperti vitamin E yang dapat mengatasi keriput dan menghilangkan flek-flek hitam pada kulit kita.

19. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Mengonsumsi salad sayur juga sangat baik untuk kesehatan rongga pada mulut kita. Kandungan berbagai vitamin pada sayuran dapat mendukung kesehatan mulut kita.

Contohnya vitamin C yang banyak terdapat pada paprika dan brokoli yang sangat baik untuk kesehatan gusi kita.

20. Meningkatkan Kesuburan

Rajin mengonsumsi salad sayur juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan sehingga mempermudah dan mempercepat terjadinya proses kehamilan.

Macam – Macam Cara Membuat Salad Sayur

1. Cara Membuat Salad Sayur dengan Saus Thousand Island

Cara Membuat Salad Sayur dengan Saus Thousand Island

Salad sayur dan saus thousand island merupakan pasangan yang sangat pas. Salad ini sangat tepat di santap saat sela-sela jam  makan malam kita.

Selain membuat kamu merasa kenyang, salad ini juga sangat menyehatkan tubuh kita, karena sausnya dapat kamu buat sendiri di rumah dan tidak beli dalam kemasan.

Berikut adalah resepnya:

Bahan Untuk Cara Membuat Salad Sayur dengan Saus Thousand Island :

Salad:
  • 2 lembar kol (kol ungu/ kol biasa) – diiris tipis-tipis
  • 1 buah wortel ukuran sedang – diparut kasar
  • 1/2 buah tomat merah – potong dadu kecil
  • 5 sdm jagung pipil – rebus sebentar
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/2 bawang bombay – iris tipis
Saus Thausand Island:
  • 3 sdm mayonais plain
  • 1/4 sdt lada
  • 1/4 sdt gula
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • garam secukupnya

Langkah Untuk Cara Membuat Salad Sayur dengan Saus Thousand Island :

Saus Thousand Island:
  1. Tuangkan mayonais ke dalam mangkuk kecil.
  2. Masukkan lada, gula, dan garam. Aduk rata.
  3. Masukan saus tomat dan cabai. Aduk rata.
Salad:
  1. Campurkan semua bahan-bahan sayur kedalam mangkok dan tambahkan 1/2 buah jeruk nipis lalu peras.
  2. Beri sedikit garam dan lada.
  3. Tuang saus thousand island. Sajikan.

2. Cara Membuat Salad Sayur dengan Ayam dan Keju

Cara Membuat Salad Sayur dengan Ayam dan Keju

Bagi orang yang tak gemar makan sayur yang mungkin sulit jika disuruh makan sayur-sayuran, kamu  sangat harus mencoba salad sayur berikut ini. Modifikasi sayuran adalah kuncinya.

Kombinasikan dengan ayam, ikan serta bahkan irisan daging untuk menambahkan cita rasanya. Berikut adalah resep untuk membuat salad sayur dengan irisan ayam dan juga saus keju.

Bahan Untuk Cara Membuat Salad Sayur dengan Ayam dan Keju:
Salad:

  • 100 gram dada ayam panggang – potong dadu
  • 2 lembar kol (kol ungu/ kol biasa) – diiris tipis-tipis
  • 2 lembar selada
  • 1 buah wortel ukuran sedang – diparut kasar
  • 1/2 buah tomat merah – potong dadu kecil
  • 2 buah kentang – potong melintang dan goreng
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/2 bawang bombay – iris tipis
Saus:
  • 3 sdm keju leleh
  • 1 siung bawang putih – cincang halus
  • 1 siung bawang merah – cincang halus
  • 50 ml minyak zaitun/ minyak kelapa sawit
  • 1/2 sendok merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • gula secukupnya

Langkah Untuk Cara Membuat Salad Sayur dengan Ayam dan Keju :

Saus:
  1. Siapkan botol yang ada tutupnya.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih, garam, gula, merica, dan juga minyak zaitun.
  3. Peras 1/2 jeruk nipis dan masukan.
  4. Kocok semua bahan hingga kental dan creamy.
Salad:
  1. Siapkan mangkuk.
  2. Letakkan selada dan kol di dasar mangkuk.
  3. Masukkan irisan wortel, tomat dan ketang yang sudah digoreng sebelumnya.
  4. Masukkan bawang bombay.
  5. Taburi siwiran ayam diatasnya.
  6. Siram dengan saus dan keju cair. Sajikan.

3. Cara Membuat Salad Sayur dengan Sosis Ayam dan Telur Orak-Arik

Cara Membuat Salad Sayur dengan Sosis Ayam dan Telur Orak-Arik

Resep selanjutnya adalah salad sayur dengan sosis ayam dan di tambah dengan telur orak arik.

Jika kamu bosan memakan salad sayur saja, maka salad ini mungkin dapat menjadi varian yang dapat memberimu nutrisi yang sangat lebih.

Berikut adalah resepnya:

Bahan Untuk Cara Membuat Salad Sayur dengan Sosis Ayam dan Telur Orak-Arik:

Salad:
  • 2 buah sosis ayam ukuran sedang – dipotong-potong balok
  • 1 buah kentang rebus – potong melintang
  • 1 buah jagung pipil – rebus sebentar
  • 1/2 cup kacang polong – kukus sebentar
  • 2 butir telur – goreng urak arik
  • 2 lembar selada
  • 1 buah wortel ukuran sedang – diparut kasar
  • 1/2 buah tomat merah – potong dadu kecil
  • 1/2 bawang bombay – iris tipis
Saus:
  • 3 sdm keju leleh
  • 3 sdm mayonais plain
  • 1/2 sendok merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • gula secukupnya

Langkah Untuk Cara Membuat Salad Sayur dengan Sosis Ayam dan Telur Orak-Arik :

Saus:
  1. Siapkan mangkuk dan masukkan mayonais.
  2. Masukkan garam, gula, dan merica. Aduk rata.
Salad:
  1. Siapkan mangkuk.
  2. Letakkan selada di dasar mangkuk.
  3. Selanjutnya, Masukkan irisan wortel, tomat dan ketang yang sudah digoreng.
  4. Masukkan jagung rebus, kacang polong dan bawang bombay.
  5. Lalu, Masukkan potongan sosis dan telur orak-arik
  6. Siram dengan saus dan keju leleh.

Tips Supaya Cara Membuat Salad Sayur Tetap Segar dan Renyah

Tips Supaya Cara Membuat Salad Sayur Tetap Segar dan Renyah

Salad terasa lebih menarik dan enak ketika disajikan dalam keadaan yang segar. Namun karena keterbatasan waktu seringkali membuatmu menyimpan bahan salad sehingga kesegarannya bisa berkurang.

Namun, kamu tidak perlu khawatir ada beberapa cara untuk menjaga salad sayur agar tetap segar dan sangat renyah.

Oke, berikut ini adalah tips membuat salad sayur tetap segar dan renyah meskipun telah melewati masa penyimpanan yang sedikit lama.

  1. Pilih sayuran daun yang masih segar, dan berwarna cerah dan tangkainya masih kokoh. Untuk sayuran daun yang diikat, teliti sampai ke bagian dalam, apakah masih bagus atau tidak. Tidak ada bagian sayuran yang terasa berlendir saat kita pegang.
  2. Untuk sayuran bunga seperti brokoli, pilih bunganya yang rapat dan tidak layu. Cek apakah sayuran tidak ada ulatnya.
  3. Selalu tiriskan sayur setelah dicuci, pastikan tidak ada air yang tersisa lagi. Hal ini menjaga sayur tidak mudah busuk.
  4. Air perasan jeruk lemon yang asam dapat memperlambat proses oksidasi, sehingga salad sayur tidak cepat layu ataupun berubah warna.
  5. Sayuran untuk salad sebaiknya disimpan dahulu di dalam lemari es hingga waktu hendak disajikan.
  6. Waktu menyimpan sayuran untuk salad simpan dalam wadah yang tertutup. Letakkan di container yang kedap udara atau tutup dengan cling wrap, lalu simpan dalam kulkas.
  7. Saat menyimpan sayuran untuk salad, pastikan kamu menaruhnya terpisah dengan dressingnya. Terlalu lama mencampurkan sayuran dengan saosnya membuat salad menjadi mudah berair.

Dari ulasan diatas, anda dapat mengetahui tentang cara membuat salad sayiur,  manfaat mengonsumsi salad sayur,dan tips supaya salad sayur bisa tetap segar dan renyah.

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari kami dan jika anda ingin mengetahui bagaimana resep es pisang ijo,serta resep daging sapi lada hitam anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana Cara Membuat Salad Sayur di atas? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.