Resep Bubur Sumsum Hijau yang Bisa Anda Coba Dirumah

Pada ulasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana resep bubur sumsum hijau. Siapa yang tidak kenal dengan bubur sumsum? kuliner yang satu ini sering kita jumpai di pinggir jalan, dipasar tradisional, bahkan kadang-kadang kita melihat makanan ini  di mall dan di toko online.

Kadang-kadang kita makan makanan satu ini di acara-acara syukuran atau tasyakuran, atau di saat peringatan 17 Agustus.

Bubur sumsum merupakan makanan tradisional yang memiliki banyak pengemar baik di dalam masyarakat Indonesia maupun di negara tetangga.

Untuk di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, bahkan Hongkong hingga Taiwan, biasanya  bubur sumsum diperkenalkan kepada masyarakat di negara tetangga oleh para Tenaga Kerja Wanita Indonesia yang bekerja di negara-negara tetangga.

Bubur sumsum ini berasal dari  adat istiadat masyarakat yang ada di Pulau Jawa Indonesia.

Pada perkembangannya, hidangan tradisional bubur sumsum ini menjadi bagian dari kehidupan, adat istiadat dan budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tidak hanya penduduk yang berada di Pulau Jawa saja yang sering menyajikan dan mengkonsumsi bubur sumsum ini, tetapi penduduk di daerah lain yang sudah pernah merasakan nikmatnya bubur sumsum juga ikut menjadikan bubur sumsum ini sebagai hidangan favorit mereka.

Nama bubur sumsum ini sebenarnya diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang yang berwarna putih bersih.

Karena rasanya yang manis dan lembut, bubur sumsum ini dipercayai mampu mengembalikan stamina dan energi yang hilang dari berbagai  aktivitas sehari-hari.

Bahkan, ada beberapa orang yang menyukai menu bubur sumsum ini sebagai hidangan di saat sarapan.

Bubur sumsum biasanya disajikan untuk perayaan selamatan rumah atau perayaan selamatan lainnya.

Selain itu, bubur sumsum juga sering dihidangkan untuk penutup setelah ada hajatan besar seperti sesudah ada upacara dan perayaan pernikahan, kelahiran atau upacara-upacara besar lainnya.

Bahkan karena rasanya yang manis, banyak orang yang menyajikan bubur sumsum ini sebagai menu untuk berbuka puasa.

Filosofi Bubur Sumsum

Bubur sumsum atau sering juga disebut dengan jenang sumsum memiliki dua elemen berbeda, yaitu warna putih dan rasa manis. Warna putih dari bubur sumsum mempunyai makna kebersihan hati dan pikiran serta tubuh kembali segar.

Sedangkan rasa manis menunjukkan kesejahterasan dan rasa terima kasih, manisnya hidup serta kebahagiaan. biasanya bubur sumsum disajikan untuk orang-orang yang membantu kelancaran berjalannya acara besar, seperti pernikahan, sunatan dan lainnya atau biasa disebut orang-orang yang rewangan.

Sesuai makna simbolisnya, bubur sumsum dibuat dengan tujuan supaya orang-orang yang sudah membantu tersebut dapat melepas rasa lelah karena sudah bekerja keras.

Rasa manis dapat membantu mengembalikan energi, sedangkan bubur tepung beras yang lembut akan memberikan kenikmatan di mulut dan perut serta lebih mudah dicerna.

Bubur sumsum juga bisa diartikan sebagai makanan yang membawa kekuatan dan kedekatan di masyarakat, karena  rasanya yang manis dapat menguatkan tubuh dan menghilangkan lelah.

Biasanya dimakan secara bersama-sama dengan banyak orang sehingga dapat menjalin silaturahmi antar masyarakat.

Bubur sumsum sampai saat ini, masih sering disajikan di dapur untuk orang-orang  “rewang” atau orang-orang yang ikut membantu kelancaran acara besar.

Sikap gotong royong dan saling membantu tersebut dibalas oleh tuan rumah sebagai bentuk rasa terima kasih dengan semangkuk bubur sumsum manis.

7 Jenis Bubur yang Terkenal Di Jawa

Dalam kebudayaan masyarakat Jawa yang tersebar luas dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur, bubur atau yang sering disebut jenang untuk keperluan ritual budaya terdapat tujuh macam.

Karena bahasa Jawa tujuh itu pitu, bagi orang Jawa singkatan dari pitulungan, minta permohonan kepada Tuhan, minta pertolongan kepada Tuhan supya hajatnya dikabulkan.

Ketujuh bubur beserta tradisinya tersebut terdiri dari dua corak yaitu bubur merah dan bubur putih, yang mengalami percampuran.  Jenang campur Ketujuh bubur ini diantaranya:

1. Bubur Putih

Bubur ini hanya dibumbui garam, santan, dan daun salam. Disajikan kepada masyarakat sesudah berkegiatan bersama. Sensasi wangi utamanya berasal dari daun salam dan rasa gurihnya dari santan.

2. Bubur Merah

Bubur merah di sini merupakan bubur yang diberi gula palma, yaitu gula yang berasal dari tanaman palma seperti kelapa, siwalat, atau yang populer dari aren.

Manis dan wanginya aren tentu akan menggugah selera siapa pun yang menyantapnya.

3. Jenang Slewah dan Pliringan

Keduanya merupakan campuran bubur merah dan putih. Bubur slewah sebagian sisinya puth, sebagian lagi bubur merah. Sedangkan bubur pliringan menuangkan bubur putih di tengah bubur merah.

Filosofi dari keduanya adalah sebagai keseimbangan, ada siang ada malam, kadang senang kadang susah, ada siang ada malam. “Bubur putih itu simbol dari kekuatan atau simbol dari sorang ayah.

Merah berarti simbol ibu atau darah disaat melahirkan. Jadi itu mengingatkan kita akan kelahiran ke dunia, dikehandaki oleh Tuhan, melalui kedua orangtua,”.

4. Jenang Palang

Lalu ada juga bubur yang membentuk palang putih di antara bubur merah, seperti lambang Palang Merah Indonesia (PMI).

“Ini melambangkan bahwa hidup itu penuh dengan masalah, jadi supaya disadari, masalah itu untuk diselesaikan bukan untuk dihindari,”.

5. Jenang Baro-Baro

Jenang atau bubur ini merupakan bubur merah yang di atasnya ditaburi parutan kelapa dan diberi parutan gula palma yang berwarna kemerahan.

6. Jenang Manggul

Bubur ini berwarna putih, ditaburi kacang-kacangan seperti kedelai hitam goreng, kacang tanah goreng, lalu irisan telur, abon, serta sambal goreng tempe.

Bubur ini sering dijumpai setiap menjelang satu Muharam penanggalan hijriyah. Mengandung filosofi yang dalam yaitu dari kata “manggul” yang berarti memikul beban.

Mengingatkan kepada anak dalam satu keluarga supaya selalu memanggul atau menjunjung tinggi derajat orangtua. Pandanus Green Tea dari Savis, teh ini mempunyai rasa dan aroma seperti jenang sumsum.

karena itu membawa panggul/manggul itu membawa tetapi di atas panggul. Jadi setiap tahun itu ada suatu peringatan, anak itu harus mikul nduwur mendem jero. Artinya menjunjung tinggi dan menjaga keamanan serta derajat keluarganya.

7. Bubur Sumsum

Terakhir yang paling terkenal yaitu bubur sumsum yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Ternyata bubur ini bermanfat mengembalikan stamina setelah lelah menyelenggarakan hajat atau perayaan adat, seperti pernikahan.

Bubur yang mengandung karbohidrat dan cairan kinca atau gula palma cair itu dibagikan kepada semua yang membantu terselenggaranya acara. Sebagai rasa syukur, ucapan terima kasih serta pemulihan tenaga.

Bubur ini juga memiliki sebutan lain bubur lemu di Solo, sementara nama bubur sumsum lebih terkenal di Yogyakarta dan daerah lainnya.

Manfaat Tepung Beras

Manfaat Tepung Beras
Manfaat Tepung Beras

Banyak jenis makanan yang berbahan dasar tepung beras. Tidak hanya lezat dan mengenyangkan, mengkonsumsi makanan yang berbahan tepung beras mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya dijadikan sebagai makanan olahan, tepung beras juga banyak dimanfaatkan mentah untuk kecantikan. Adapun secara umum, menfaat tepung beras yakni:

Menjaga Kesehatan Tulang

Bukan hanya susu saja yang memiliki kandungan kalsium. Tepung beras juga mengandung kalsium di dalamnya, yang tentu saja kalsium sangat baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Mengkonsumsi tepung beras dapat dijadikan salah satu cara untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian apabila anda tidak suka atau alergi dengan protein susu.

Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium untuk tulang, tulang bisa terhindar dari penyakit osteoporosis.

Menguatkan Gigi

Tidak hanya tulang dan menjaga tulang supaya tidak terkena osteoporosis, kalsium juga sangat diperlukan oleh gigi.

Mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kalsium seperti tepung beras  bisa membantu menguatkan gigi dan menjaga kepadatan gigi supaya gigi tidak mudah berlubang.

Mencegah Anemia

Tidak cuma bayam yang memiliki kandungan zat besi. Tepung beras juga mempunyai kandungan  zat besi di dalamnya. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung beras bisa membantu sel darah untuk mengikat oksigen.

Dengan sirkulasi oksigen dalam darah yang lancar, tubuh akan terhindar dari penyakit anemia yang sering dialami karena kekurangan kandungan zat besi.

Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang ada pada tepung beras bisa menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh.

Meningkatkan Metabolisme

Energi tubuh yang tercukupi mampu membantu meningkatkan metabolisme didalam tubuh. Karbohidrat dalam tepung beras sebagai sumber energi tubuh, dapat membantu membakar kalori pada lemak pada tubuh. Kalori akan terbakar ketika tubuh sedang melakukan berbagai aktivitasnya.

Mencegah Terjadinya Panas Dalam

Panas dalam tidak cuma bisa diatasi dengan jeruk dan alang-alang saja. namun juga dapat diatasi dengan memanfaatkan tepung beras.

Kandungan  vitamin C di dalam tepung beras bisa membantu mengurangi dan mencegah panas dalam menyerang tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi tepung beras sesuai dengan ukurannya bisa membantu menurunkan berat badan. Apabila jumlah kalori konsumsi tepung beras tidak terlalu banyak, maka kalori tersebut juga bisa dibakar karena aktivitas metabolisme yang dialami oleh tubuh dikarenakan kandungan karbohidrat yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga bisa membantu menjaga berat badan.

Melancarkan Pencernaan

Tepung beras memiliki tekstur yang lebih lembut daripada beras. Tepung beras baik dikonsumsi untuk beberapa orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan yang mengharuskan mengkonsumsi makanan yang lembut supaya dapat dengan mudah diserap oleh usus.

Selain itu, kandungan  serat yang terdapat di dalam tepung beras juga bisa mengurangi rasa sakit ketika sedang terjadi gangguan pencernaan.

Mengatasi Diare

Meskipun memiliki tekstur yang lembek, tepung beras sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan tepung beras mempunyai manfaat sebagai solusi penyakit diare.

Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Tepung beras mempunyai  kandungan protein di dalamnya. Dimana manfaat protein itu sendiri bisa membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Resep-Resep Bubur Sumsum Hijau

Dibaah ini adalah resep-resep bubur sumsum hijau yang bi8sa anda buat dirumah.

Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana

Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana
Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 50 gram tepung beras putih
  • 200 ml air daun pandan dan suji
  • 300 ml santan kental
  • ½ sdt garam

Bahan Kinca/ Sirup Gula Merah :

  • 100 ml air
  • 250 gr gula jawa
  • 1 lbr daun pandan, simpul

Langkah-Langkah Resep Bubur Sumsum Hijau Sederhana:

  1. Campur semua bahan kinca, masak dengan api kecil sambil terus diaduk supaya gula larut dan tidak menggumpal. Setelah mengental, angkat dan saring. Sisihkan.
  2. Campur dan aduk air suji dengan santan sampai merata. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  3. Masak sisa santan dan garam hingga mendidih, tuang cairan tepung beras, aduk hingga rata. Masak hingga mendidih dan bubur meletup-letup sebentar. Angkat dan sajikan bubur sumsum dengan siraman kinca gula jawa.

Resep Bubur Sumsum Hijau Pandan yang enak

Resep Bubur Sumsum Hijau Pandan yang enak
Resep Bubur Sumsum Hijau Pandan yang enak

Bahan Untuk Membuat Juruh :

  • 200 gram gula merah atau gula jawa
  • 100 gula pasir
  • 1 liter santan
  • 1 daun pandan
  • garam secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Juruh :

  1. Langkah pertama panaskan sedikit air untuk merebus gula pasir dan gula merah, sesudah anda rebus kemudian disaring
  2. Masukkan santan, daun pandan serta garam
  3. Rebus kembali sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah dan mendidih

Bahan Untuk Membuat Bubur Sumsum Hijau Pandan

  • 100 gram tepung beras putih
  • 750 ml santan kental
  • 1 daun pandan
  • garm secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Bubur Sumsum Hijau Pandan

  1. Langkah pertama adalah panaskan kompor dengan api sedang lalu campur tepung beras putih dan santan. Aduk hingga rata
  2. masukkan daun pandan dan beri sedikit garam. Aduk kembali hingga matang dan mengental
  3. angkat dan dinginkan
  4. ambil 4 sendok bubur sumsum lalu tuang diatas piring kemudian siram dengan juruh
  5. bubur sumsum diap di nikmati

Tips Untuk Anda

  • supaya bubur sumsum yang anda buat tidak menggumpal sebaiknya jangan menggunakan tepung beras putih terlalu banyak, aduk tepung secara merata supaya semua bahan tercampur sempurna
  • jika anda ingin membuat bubur sumsum hijau tambahkan 200 ml air daun pandan dan suji untuk pewarna
  • jika ingin bubur sumsum hijau pandan gurih,  gunakan santan kelapa yang lebih kental
  • bubur sumsum hangat nikmat jika di nikmati ketika dingin

Resep Bubur Sumsum Hijau Enak

Resep Bubur Sumsum Hijau Enak
Resep Bubur Sumsum Hijau Enak

Bahan Membuat Bubur Sumsum Hijau Enak

  • 100 gram tepung beras yang berkualitas agar enak rasanya
  • Santan kental 650 ml
  • Garam dapur secukupnya
  • Daun pandan 6 lembar supaya aroma lebih wangi, dan di bagi menjadi 3 lembar untuk membuat buburnya, 2 lembar untuk gulanya, 1 lembar untuk santannya
  • Gula merah 250 gram, potong kecil – kecil supaya mudah larut
  • Santan untuk campuran bubur sumsum 200 ml, tambahkan garam secukupnya supaya santan lebih enak
  • Pewarna makanan hijau, atau pandan

Langkah-Langkah Resep Bubur Sumsum Hijau Enak

  1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat adonan buburnya telabih dahulu, tambahkan pewarna hijau pandan agar adonan menjadi hijau.
  2. Selanjutnya, untu santan 650 kita bagi menjadi 2 bagian, untuk pertama kita rebus santan dengan daun pandan, sambil di aduk jangan sampai santan pecah.
  3. Santan sisanya tuangkan pada tepung beras dan jadikan adonan, kemudian tambahkan sedikit garam.
  4. Jika adonan sudah tercampur rata, maka masukan dan tuangkan adonan tersebut kedalam santan yang sedang di rebus.
  5. Biarkan adonan berubah menjadi adonan kental layaknya bubur, jika ada letupan, maka biarkan karena hal ini adalah proses bubur sumsum menjadi matang.
  6. Jika sudah matang, maka angkat dan tiriskan.
  7. Selanjutnya kita membuat saus gula merah, untuk cara membuatnya pertama kita rebus air hingga matang, kemudian masukan gula merah yang sudah di iris, tambahkan kayu manis dan juga garam sedikit.
  8. Apabila sudah meleleh menjadi saus gula, maka angkat dan tiriskan.
  9. Untuk menyajikannya, tuang bubur sumsum pada mangkuk, tambahkan saus gula merah dan santan.
  10. Bubur sumsum siap untuk di nikmati.

Resep Bubur Sumsum Hijau Isi Pisang

Resep Bubur Sumsum Hijau Isi Pisang
Resep Bubur Sumsum Hijau Isi Pisang

Bahan-bahan

  • 200 gram tepung beras
  • 600 ml santan
  • 100 ml air suji pandan
  • 5 buah pisang raja, kupas dan sisihkan
  • ¼ sdt garam

Bahan Kinca

  • 200 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

Saus santan

  • 200 ml santan kental
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan

Langkah-Langkah Resep Bubur Sumsum Hijau Isi Pisang

  1. Rebus santan, garam, tepung beras serta air daun suji sampai mendidih dan agak kental sambil diaduk-aduk
  2. Masukkan pisang, kecilkan api lalu masak kembali sampai matang, angkat
  3. Kinca: masak gula merah, gula pasir, air,serta daun pandan sampai gula larut dan agak mengental. Angkat, saring
  4. Masukkan ke dalam mangkuk saji. Siramkan saus gula dan saus santan di atasnya
  5. Sajikan selagi hangat

dari ulasan diatas anda dapat mengtahui tentang filosofi bubur sumsum, jenis-jenis bubur, resep bubur sumsum hijau dan sebagainya.

Jika anda ingin membaca ulasan tentang cara membuat wajik, anda bisa klik di usaha rumahan. Terima kasih sudah membaca ulasan kali ini, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.