Tips Menggoreng Sukun Agar Renyah Dan Tahan Lama

Tips menggoreng sukun agar renyah

Tips Menggoreng Sukun Agar Renyah – Jika kalian menggoreng sukun tetapi tidak renyah,berarti anda mempunyai kesalahan dalam proses penggorengannya.

Dalam artikel ini kami akan membagikan tips menggoreng sukun agar renyah dan dapat tahan lama. Berikut tips dan resepnya,cekidot!

Tips Menggoreng Sukun Agar Renyah

Cara mengolah sukun muda yang praktis adalah dengan digoreng.

Terdapat beberapa cara menggoreng sukun supaya enak, gurih, garing yang renyah, diantaranya adalah resep sukun goreng tepung agar renyah kriuk namun tetap empuk di dalam.

Sukun muda yang dimaksud adalah buah sukun yang belum terlalu matang atau lembek, sehingga masih dapat diiris-iris.

Banyak terdapat olahan buah sukun yang belum matang, dari dimasak sayur,cara membuat keripik sukun dan lain sebagainya termasuk sukun goreng, baik berbalut tepung maupun tanpa tepung.

Renyah kriuk dan berasa enak dan gurih membuat sukun goreng tepung sangat cocok dihidangkan sebagai menu sajian sarapan di pagi hari selagi santai sebagai cemilan atau teman minum kopi panas maupun dingin.

Cara Membuat Sukun Goreng Renyah

Tips menggoreng sukun agar renyah

Bahan Sukun Goreng

  • 1 buah – sukun ukuran sedang
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 500 ml air untuk rendaman
  • 200 gram – tepung terigu
  • 2 batang – daun bawang, iris kasar
  • 200 ml air untuk adonan pencelup

Bumbu halus :

  • 1/2 sdt – ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt – lada bubuk
  • 4 siung – bawang putih
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sukun Goreng

  1. Kupas kulit luar sukun hingga bersih lalu iris-iris tipis sekitar 0,5 cm atau dengan ketebalan sesuai selera,  jangan terlalu tebal agar mudah matang merata di dalam dan jangan terlalu tipis agar lebih empuk saat dikunyah.
  2. Rendam irisan buah sukun tersebut dalam air kapur sirih, campur air rendaman untuk menghilangkan getahnya, kira kira proses perendaman irisan buah sukun tersebut sekitar  2 atau 3 jam.
  3. Angkat irisan buah sukun kemudian cuci dengan air yang bersih.
  4. Selanjutnya campurkan tepung terigu dan bumbu halus, sambil diaduk-aduk tuangkan air sedikit demi sedikit dan masukkan irisan daun bawang sampai larut dan tercampur rata.
  5. Celupkan satu persatu irisan sukun ke dalam adonan, angkat kemudian goreng ke dalam minyak panas dalam wajan, hingga kekuning dan kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan dari minyak yang masih menempel, sukun goreng tepung renyah siap untuk disajikan.

Apa Itu Sukun?

Sukun adalah buah yang dihasilkan oleh tumbuhan Artocarpus altilis. Bentuknya bulat seperti bola hingga cenderung lonjong. Warnanya hijau terang dan bisa berubah menjadi kuning kecoklatan saat matang. Untuk beberapa varietas saat matang berwarna oranye kemerahan. Orang-orang Eropa menyebut buah sukun sebagai buah roti (breadfruit), karena saat dipanggang teksturnya menjadi empuk seperti roti. Di negara-negara Pasifik Selatan buah sukun dimanfaatkan sebagai makanan pokok sehari hari. Di Indonesia buah sukun ini dimanfaatkan sebagai makanan fungsional atau sekedar panganan. Tanaman sukun bisa tumbuh pada rentang ekologi yang luas, namun habitatnya yang paling cocok adalah di dataran rendah beriklim tropis. Tanaman ini dapat bertahan pada tanah bersalinitas tinggi seperti pesisir pantai. Sukun masih bisa tumbuh di dataran tinggi dan daerah pegunungan, hanya saja sulit untuk berbuah.

Asal Usul Buah Sukun

Tanaman sukun merupakan tanaman asli yang berada di kawasan Oceania,sebuah daerah yang membentang mulai dari bagian timur Indonesia hingga ke bagian barat Amerika. Wilayah Oceania memiliki daerah yang banyak. Mencakup Melanesia (dari kepulauan Maluku, Papua Nugini hingga ke Fiji), Micronesia ( dari Mariana, Palau hingga ke Kiribati) dan Polynesia (mulai dari Hawaii, Selandia Baru hingga ke Easter Island). Di kawasan Oceania buah sukun telah dimanfaatkan untuk sumber makanan sejak 3000 tahun yang lalu. Buah sukun mulai di kenal dan menyebar ke seluruh dunia setelah tahun 1500-an. Ada banyak dokumen sejarah mengenai penyebarannya ke berbagai daerah belahan dunia. Dokumen tersebut sebagian besar berasal dari catatan para penjelajah Bangsa Barat(eropa). Awal abad ke-17 penjelajah Spanyol membawa buah sukun ke daerah Guam dan Filipina. Akhir abad ke-17 penjelajah Inggris menemukan buah sukun dan menyebarkannya ke daerah Hindia Barat meliputi Guyana, Haiti, serta Kepulauan Karibia. Di akhir abad ke-18 diketahui juga ekspedisi Perancis membawa tanaman sukun ke daerah Jawa dan ke Maritius, Afrika. Kini tanaman sukun dapat ditemukan di hampir semua daerah beriklim tropis dan sebagian daerah temperate. Sukun dibudidayakan di lebih dari 145 negara, yang terbentang mulai dari Kepulauan Pasifik, Australia bagian Utara, Asia Tenggara, Asia Selatan, Madagaskar, Afrika, Amerika Tengah, Amerika Selatan ,dll. Di Indonesia produksi sukun terbesar ada di daerah Jawa, disusul Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Kandungan Buah sukun

Buah sukun kaya akan karbohidrat oleh karena itu cocok dijadikan makanan pokok. Sayangnya buah ini tidak dapat disimpan lama dalam keadaan segar. Kandungan buah sukun setara dengan wortel Bila disimpan pada suhu ruang buah ini hanya bisa bertahan sekitar kurang lebih 5 hari. Sukun bisa disimpan lama jika diolah menjadi makanan terlebih dahulu. Buah sukun mempunyai kandungan lemak yang rendah, bebas kolesterol dan tidak mengandung gluten. Indeks glikemik buah sukun lebih baik dibandingkan dengan sumber pangan lain seperti kentang, beras dan gandum. Indeks glikemik merupakan angka yang menerangkan bahwa pengaruh makanan terhadap kadar gula darah.Buah sukun juga mengandung zat karotenoid seperti beta karoten serta lutein. Zat-zat tersebut berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Olahan Sukun

Tips menggoreng sukun agar renyah

Buah sukun dapat dipanen dalam berbagai tingkat kematangan. Baik saat masih muda maupun setelah matang sempurna.

Buah yang sudah matang bisa dimakan langsung atau dimakan dengan pengolahan sederhana. Sedangkan buah yang belom matang biasanya memerlukan pengolahan lebih lanjut.

Sebagai sumber karbohidrat buah sukun bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras atau gandum. Namun hanya sebagian kecil masyarakat yang melakukan hal itu.

Hal ini karena buah sukun tidak tahan jika disimpan dalam jangka yang panjang.

1. Dikonsumsi Langsung

Buah sukun yang telah matang dapat dimakan langsung. Namun kebanyakan orang mengolah buah sukun terlebih dahulu dengan cara dipanggang.

Setelah dipanggang daging buah akan menjadi empuk seperti roti dan bisa dinikmati dengan daging atau lauk pauk lainnya.

Selain itu buah sukun juga bisa dikukus, direbus,dan juga digoreng. Untuk memperpanjang umurnya,buah sukun disimpan dengan cara dijadikan keripik karena akan membuat sukun menjadi tahan lama. Caranya yaitu daging buah diiris tipis-tipis kemudian dijemur agar kering. Setelah itu digoreng dengan minyak panas.

Di daerah Fiji, buah sukun biasanya disimpan setelah difermentasi terlebih dahulu. Hasil fermentasinya berbentuk pasta dan berwarna putih kekuningan. Pasta sukun merupakan bahan dasar untuk membuat roti khas daerah Fiji.

2. Dibuat Tepung

Tips menggoreng sukun agar renyah

Buah sukun dapat diolah menjadi tepung. Tepung sukun bisa dijadikan sebagai pengganti tepung terigu sebagai bahan baku kue dan roti. Hanya saja tepung sukun tidak mengandung gluten sehingga untuk membuat makanan olahan masih perlu dicampur dengan jenis tepung lain seperti tepung terigu.

Perbandingan pencampurannya beragam tergantung jenis makanan yang akan dibuat. Secara umum tepung sukun dapat mensubtitusi tepung terigu hingga 75%. Penggunaan tepung sukun bisa menghemat penggunaan terigu yang harganya lebih mahal dibandingkan tepung sukun.

3. Contoh Olahan Sukun

  1. sukun goreng
  2. donat sukun
  3. sukun goreng crispy
  4. sukun goreng asin
  5. kolak suku dan kacang hijau
  6. gulai sukun telor ceplok
  7. kue bolu sukun
  8. sukun goreng gula merah
  9. perkedel sukun
  10. keripik balado sukun
  11. getuk sukun dengan gula merah
  12. getuk sukun dengan pandan
  13. cake sukun
  14. kue lumpur cokelat sukun
  15. sayur sop sukun
  16. growol sukun
  17. bola bola sukun
  18. nugget sukun
  19. stick sukun keju
  20. brownies sukun
  21. kroket sukun
  22. sawut sukun
  23. bika ambon sukun
  24. sepan sukun
  25. sayur lodeh sukun
  26. kue pukis sukun
  27. kue nastar sukun
  28. cendol sukun
  29. pudding sukun

Itulah tips menggoreng sukun agar renyah dan resep membuatnya,semoga bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dirumah sukses selalu!

Sekian dan terimakasih.