Resep Kue Bantal Isi Coklat Lumer Makyuss Pastinya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue bantal isi coklat lumer yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kue bantal di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue bantal dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah Sahabat. Tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue bantal ialah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Sebelum kita ke pembahasan yuk kitacari tahu dulu sejarah kue

Sejarah Kue

Sejarah kue di Indonesia, sejak negeri ini menjadi jalur lalu lintas utama perdagangan dunia berabad silam. Datangnya para kaum pendatang di bumi Indonesia sejak dahulu tak hanya menghadirkan ragam keelokan pada tradisi dan budaya bangsa ini, tapi juga dalam hal kulinernya. Komoditas gula, yang mana menjadi primadona pada waktu itu diduga menjadi awal mula bagaimana kue dari berbagai belahan dunia kemudian masuk ke Indonesia.

Kue-kue yang hingga kini hadir di Indonesia sejatinya banyak mendapat pengaruh dari luar. Kue tradisional contohnya, konon mendapat banyak pengaruh dari kebudayaan Tionghoa. Ini bisa dilihat dari bahan pembuatnya yang rata-rata menggunakan tepung beras. Bahkan, kata kue sendiri berasal dari kata serapan bahasa Hokkien 粿 (dibaca: koé).

Sementara untuk kue-kue yang berbahan dasar tepung terigu, kebiasaan ini diawali oleh cara memasak gaya Eropa. Gandum sebagai bahan utama pembuat tepung terigu bukanlah tanaman yang dapat tumbuh di Indonesia, begitupun dengan kebiasaan mengolah dan memasaknya yang memang bukan asli Indonesia. Era perdagangan dan kolonialisme Eropa lah yang menjadi cikal bakal masuknya kebiasaan mengolah gandum dan bahan turunannya ini ke Indonesia, termasuk membuat kue.

Ragam Kue di Indonesia

Sejarah kue di Indonesia yang dimulai berabad lalu meninggalkan pengaruh besar dalam keragaman kue yang hadir di Indonesia masa kini. Kue di Indonesia secara umum merujuk pada jenis kudapan atau makanan ringan yang biasanya memiliki cita rasa manis atau terkadang gurih. Adapun mengenai macamnya sangat bervariasi, mulai dari yang tradisional sampai yang trendi kekinian.

Kue Bantal Isi Coklat

Resep Kue Bantal Isi Coklat

  • 500 gr tepung protein tinggi (sy pake cakra)
  • 3 butir kuning telur (ikutin putihnya sedikit saja)
  • 2 sdt ragi instan
  • 120 ml susu uht full cream
  • 90 gr gula pasir
  • 90 gr margarin
  • 120 ml air hangat
  • 1/2 sdt garam
  • Coklat batangan secukupnya (parut dengan parutan keju)

Cara Membuat Kue Bantal Isi Coklat

  1. Campur 1 sdm gula pasir, ragi dan air hangat dalam gelas kemudian tutup. Tunggu hingga berbusa (kurleb 5 menit). Jika tidak berbusa, ganti dengan
  2. ragi lain krn artinya ragi tsb sudah tidak aktif
  3. Dalam wadah lain, campur terigu, sisa gula, kuning telur, susu uht dan ragi yang sudah berbusa. Uleni hingga kalis
  4. Tambahkan margarin dan garam kemudian uleni lagi hingga kalis (adonan mengkilap dan tidak lengket).
  5. Tutup wadah dengan kain basah agar adonan tidak kering. Diamkan selama kurleb 1 jam (sampai adonan mengembang 2x lipat). Tergantung suhu ruang
  6. Setelah adonan mengembang 2x lipat, uleni lagi sebentar lalu bagi2 adonan sesuai selera
  7. Bentuk adonan menjadi bulatan lalu pipihkan dan beri isian (coklat yg sudah diparut) lalu bentuk bulatan lagi
  8. Pindahkan ke nampan oven (beri jarak antar 1 adonan dengan lainnya). Jika
  9. menggunakan nampan biasa, olesi dulu dengan margarin
  10. Panaskan oven 5-10 menit sebelum digunakan
  11. Panggang adonan menggunakan pemanas atas bawah dengan suhu 180℃
  12. selama 10 -15 menit (tergantung masing2 oven)
  13. Sajikan

Kue Nastar Isi Coklat Spesial

Resep Kue Nastar Isi Coklat Spesial

  • 400 gr tepung cakra(q pernh pk segitiga biru ok jg)
  • 100 gr tepung segitiga biru
  • 50 gr susu bubuk
  • 250 cc air/susu hangat
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr margarin
  • 11 gr/1scht ragi instan (yg msh bagus)
  • 1/2 sdt bread improver (q seujung sdt aja)
  • sedikit garam

isian:

  • Coklat masak/mesis/selai/keju

Cara Membuat Kue Nastar Isi Coklat Spesial

  1. Aduk gula, ragi dengan air hangat sampai berbusa, masukkan kedalam tepung, mixer 10 menit dgn mixer spiral, masukkan margarin dan garam
  2. mix sbntar lalu lanjutkan uleni dgn tangan sampai kalis elastis (q sampe kalis doang heeee, secara g kuat kl lama2). Oh ya kl terlalu keras cairannya blh ditambahin sedikit2..
  3. Bulatkan dan tutup dgn kain lap selama 15 menit
  4. Stlh mengembang, kempiskan timbang 50 gr lalu isi dgn isian, rapikan bulatan dan susun diloyang yg sdh dioles margarin (q pke loyang 20cm. Kl loyangnya lbh kecil bulatannya kecilin ajah 🙂
  5. Diamkan lg 20 menit lalu panggang selama 15-20 menit (q 10 menit api bawah 5-10menit api atas bawah ( perhatiin jgn smpe kering bgt, tar rotinya bs buat lempar org loo hahaha)
  6. Seratnya lembuuut… Happy baking

Kue Bantal Isi Coklat Original

Resep Kue Bantal Isi Coklat Original

  • 24 sdm munjung tepung terigu protein tinggi
  • 1/2 sdt garam
  • 250 ml air hangat/susu cair hangat
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt ragi instant
  • 1 sdm margarin/minyak goreng
  • Minyak goreng agak banyak untuk menggoreng

Taburan:

  • Gula halus
  • Wijen

Cara Membuat Kue Bantal Isi Coklat Original

  1. Siapkan wadah, campurkan air hangat dengan ragi instant dan gula pasir. Sisihkan, biarkan ragi berbuih/berbusa.
    Di wadah terpisah, campur tepung terigu dan garam. Kemudian tuangkan larutan ragi dan gula pasir. Aduk dan uleni hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tambahkan margarin, lalu uleni kembali hingga margarin tercampur dengan adonan. Jika adonan dirasa terlalu lembek, taburi dengan sedikit tepung terigu. Uleni hingga kalis. Tutup wadah dengan plastic wrap/lap bersih, biarkan mengembang. (Adonan saya cuma butuh waktu 15-20 menit untuk mengembang).
  3. Setelah adonan mengembang 2 kali lipat, kempeskan adonan. Uleni sebentar. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Gilas masing-masing bagian kurang lebih setebal 0,5 cm. Lalu potong-potong bentuk kotak, taburi dengan wijen sambil ditekan-tekan (saya nggak pakai). Tutup kembali adonan yg sudah dipotong, biarkan mengembang lagi kurang lebih 10-15 menit.
  4. Setelah potongan adonan mengembang kedua kalinya, siapkan minyak goreng agak banyak di penggorengan. Panaskan hingga benar-benar panas. Goreng adonan dengan api sedang cenderung kecil. Goreng hingga kedua sisinya matang dan berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan. Taburi dengan gula halus (jika suka).
  5. Hasilnya empuk, lembut, dan berserat. Cocok dimakan anget-anget buat temen ngeteh atau ngopi

Nah demikianlah beberapa resep kue bantal isi coklat semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar resep kue bantal. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. Semoga dengan atikel kali ini sahabat bisa membuat kue ini dengan lebih mudah dan hasil ang didapatkan nya pun enak seperti yang Sahabat di rumah inginkan. Good Luck

Resep Serabi Oncom yang Praktis Hemat Biaya dan Enak Rasanya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep serabi oncom yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat serabi di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli serabi dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Serabi ialah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia. Karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Sebelum kita ke pembahasan yuk kita cari tahu dulu asal usul serabi

Asal Usul Serabi

Berasal dari kata “Sura”, yang berarti besar. Serabi atau Surabi merupakan makanan ringan atau jajanan pasar yang perkiraan muncul di tahun 1920an. Berbentuk seperti pancake, namun lebih kecil dan tebal. Umumnya, Surabi berwarna hijau muda yang menjadi ciri khas Surabi sejak dahulu.

Surabi ada jenis, yaitu Surabi Solo dan Surabi Bandung. Kedua jenis Surabi tersebut memiliki perbedaan, dari cara penyajiannya maupun bahan dasarnya. Untuk bahan dasar, Surabi Bandung memakai tepung terigu, sementara Surabi Solo menggunakan tepung beras. Sementara di penyajiannya, Surabi Bandung di sajikan dengan kuah dari gula jawa yang biasa di sebut Kinca. Sedangkan Surabi Solo menggunakan Santan.

Dewasa ini, kue Surabi mengikuti perkembangan zaman dengan berbagai model. Mulai dari topping nya, kinca nya, dan rasa sehingga menyesuaikan dengan permintaan pasar untuk masing – masing konsumen.

Serabi Oncom

Resep Serabi Oncom

125 gr tepung beras
125 gr tepung terigu
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok teh baking pawder
1 sachet santan kata diencerkan menjadi 500 cc santan
Bahan sambel oncom:
3 potong oncom digoreng (beli ditukang sayur Rp. 2000 aja)
5 buah cabe rawit
2 siung bawang putih
2 cm kencur
1/2 sendok makan garam atau secukupnya
1/2 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Serabi Oncom

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, garam, baking powder aduk rata
    Masukkan santan sedikit2, aduk pakai whisk agar adonan tercampur rata dan lembut, diamkan adonan selama 1 jam
  2. Sambil menunggu adonan kita buat sambel oncomnya, ulek cabe rawit, bawang putih. Kencur, garam dan gula pasir sampai halus kemudian ulek oncom sampai hancur dan tercampur rata dengan bumbu
  3. Setelah 1 jam, panaskan wajan kecil atau teflon yg ukuran paling kecil
  4. Masukkan 1 sendok sayur yg kecil adonan, masak sampai keluar lubang2 kecil dan pinggiran kering. (Biar ngga lengket saat diangkat) lalu taruh diatasnya sambel oncom, angkat

Serabi Oncom dan Kinca

Resep Serabi Oncom Dan Kinca

  • 200 gr tepung beras (saya pake rose brand)
  • 50 gr tepung terigu
  • secukupnya Garam
  • 300 ml Air matang
  • 1/2 kepala, kelapa parut
  • 200 ml air
  • 2 potong kecil oncom
  • 5 cabe keriting merah
  • Lima cabe rawit merah
  • 2 cm kencur
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Gula merah
  • Garam
  • Minyak untuk menumis dan mengoles

Cara Membuat Serabi Oncom Dan Kinca

  1. Campur tepung beras, terigu, garam, air 300ml (sisihkan)
  2. Siapkan air 200ml dan kelapa parut (godok) tunggu dingin lalu masukan k campuran tepung tadi. Diamkan untuk mendapatkan hasil yang bagus, mekar dan berlubang, sementara itu bikin taburan oncom dan kinca.
  3. Surabi oncom dan surabi kinca langkah memasak 2 fotoHaluskan cabe, bawang, kencur, garam, gula merah, masukan oncom. Haluskan kembali, tumis dengan sedikit minyak hingga agak kering dan bisa d tabur
  4. Kuah kinca, sayah menggunakan gula merah yg sudah d cairkan yang d beri tambahan daun pandan dan garam. Setelah mendidih masukan santan instan ukuran kecil.
  5. Siapkan cetakan serabi d atas kompor dengan api kecil, setelah panas olesi dengan minyak goreng. Masukkan adonan, beri taburan oncom, tutup, tunggu hingga bagian bawah serabi berwarna kecoklatan
    Angkat serabi, sajikan…
  6. Karena cetakan serabi saya tidak seperti yang biasa, jadi bagian bawah nya tidak cembung, tapi rasa tetap josss
    Selamat mencoba.

Serabi Oncom Pedas

Resep Serabi Oncom Pedas

  • 250 grm tepung terigu yg bagus
  • 150 grm tepung beras
  • 150 grm kelapa parut
  • 500 ml santan/stengah liter
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1/4 sendok teh backing powder
  • garam

bumbu oncom:

  • 100 grm cabe tanjung merah
  • 50 grm kencur
  • 2 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 50 grm cabe rawit
  • 1 buah gula merah

Cara Membuat Serabi Oncom Pedas

  1. Air santan satukan dengan kelapa parut lalu masukan terigu dan tepung beras yg sudah disatukan dgn cara diayak/memakai saringan. Lalu aduk rata tambahkan garam,soda kue,backing powder setelah rata dan rasa pas biarkan dahulu sampai adonan keluar lubang2 kecil diatasnya.
  2. Sementara menunggu adonan ulek cabe tanjung. B,putih.kencur,garam,gula merah.cabe rawit setelah rata dan rasa pas lalu masukan oncom dan ulek rata setelah rata siapkan wajan. Beri minyak sedikit dan bumbu diatas diosenk sampai wangi masukan irisan daun bawang sambil diaduk hingga kering setelah kering tiriskan.
  3. Cetakan bisa dr tanah liat,atau bahan lainnya,bara api bisa lewat kayu bakar atau kompor biarkan panas dgn api kecil. Setelah panas tuangkan adonan tutup rapat setelah stengah matang taburkan bumbu oncom yg sudah siap. Tutup kembali setelah matang sajikan dlm keadaan panas.

Serabi Oncom Bandung

Resep Serabi Oncom Bandung

  • 150 gram tepung beras
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 65 ml santan kental kemasan
  • 500 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 1,5 sdt baking soda

Tumis Oncom :

  • 2 kotak kecil Oncom Merah (boleh pakai oncom bandung)
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 8 buah cabe rawit merah, potong bulat”
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • garam
  • minyak goreng
  • sedikit air

Bumbu Halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 4 buah cabe rawit merah
  • 1 ruas kencur
  • pelengkap : telur puyuh

Cara Membuat Serabi Oncom Bandung

  1. Tumis Oncom : panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun bawang, dan cabe rawit hingga harum dan matang..
  2. Setelah itu masukan oncom, air, kaldu bubuk, dan garam, aduk hingga tercampur rata, dan masak hingga oncom kering. Cek rasa, jika sdh pas angkat dan sisihkan
  3. Adonan serabi : didihkan air bersama dengan santan kental, setelah mendidih matikan api, diamkan hingga santan hangat.. sisihkan
    Siapkan wadah, campur tepung terigu, tepung beras, garam, dan telur..
  4. aduk hingga rata.. setelah itu masukan santan sedikit demi sedikit, aduk rata hingga tepung larut.. diamkan adonan selama 20 menit
  5. Setelah 20 menit, masukan baking powder, diamkan kembali adonan selama 10 menit..
  6. Setelah 10 menit, panaskan cetakan (aku pakai cetakan kue carabikang) sebelum adonan di tuang, taambahkan baking soda. Aduk rata.. masukan 1 centong sayur adonan, biarkan hingga bergelembung, setelah itu
  7. tambahkan 1 butir telur puyuh dan oncom, tutup adonan, hingga matang dan kering.. Angkat dan sajikan

  1. Nah demikianlah beberapa cara membuat serabi oncom semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

    Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara membuat serabi. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

     

Cara Membuat Kue Donat yang Empuk Enak Praktis

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue donat yang empuk dan enak rasanya mudah juga dalam membuatnya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kue donat di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue donat dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue donat adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia. Karena lembut dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah.

Sebelum kita ke pembahasan yuk sahabat kita cari tahu dulu asal usul kue donat yang bisa menambah wawasan sahabat. Dan berikut asal usul kue donat.

Asal Usul Kue Donat

Siapa tidak kenal dengan donat? Makanan yang digoreng roti berbentuk bolong yang sangat populer di dunia. Pada kenyataannya, banyak penjual donat berhasil mendominasi peluang bisnis kuliner dengan membangun kueHoley satu ini.

Sampai sekarang, banyak spekulasi yang berkembang di sekitar sejarahdonat. Negara mana adalah orang pertama yang mempopulerkan konsep roti gorengdengan bagian utama Holey, masih tidak dikenal pasti.
Namun, catatan sejarah yang asal-usul tentang cara membuat donat modern yangsekarang sering kita mengkonsumsi dari kreasi masyarakat Belanda yang gemarmembuat kue minyak pada abad ke-19 pertengahan. Minyak khas kue Belanda yangdikenal sebagai “olykoeks.”

Kue berbentuk bulat dan biasanya digoreng denganlemak hewan sampai kuning keemasan. Karena bagian tengah kue keras dimasak,biasanya dalam bentuk isian bahan menambahkan buah atau kacang yang tidakmemerlukan waktu lama memasak.

Kemudian, sebagian besar imigran menetap diBelanda yang hidup Amerika Serikat masih terus membuat komposisi dan kemudianrasa olykoeks dipengaruhi oleh budaya Amerika.

Ada cerita-cerita populer dua aspek yang dipengaruhi sejarah mengapa ada lubang di tengah donat. Versi pertama dari cerita menyatakan bahwa seorang kapten kapalAmerika Serikat bernama Hansen Gregory sengaja berlatih cara membuat donatdengan membuat lubang pada inti.

Hal ini dimaksudkan agar minyak panas yangdigunakan untuk menggoreng dapat mencapai seluruh permukaan donat, permukaandonat sehingga hasilnya lebih kering dan dalam dimasak dengan sempurna.

Nah itu dia sejarah atau asal usul kue donat semoga sahabat dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan sahabat. Nah sekarang kita akan ke pokok pembahasan kita yaitu tentang cara membuat kue donat.

Donat Madu

Bahan-Bahan

  • 280 ml susu cair hangat
  • 3 sdt ragi instan
  • 3 butir kuning telur
  • 550 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 3 sdm madu (45 gr)
  • 3 sdm munjung mentega atau margarin (70 gr)
  • Sejumput garam

Cara Membuat Donat Madu

  1. Siapkan bahan-bahan sesuai takaran. Campur dan aduk susu hangat dan ragi instan juga kuning telur. Tutup dan diamkan hingga berbusa.
  2. Ayak tepung terigu dan BP, masukan kedalam bahan cair, aduk rata, tambahkan madu, uleni hingga setengah kalis. Lalu tambahkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis.
  3. Disini saya pakai 1x proofing. Setelah adonan kalis elastis, bagi adonan menjadi sekitar 25 bulatan. Kemudian ambil bulatan pertama, pipihkan perlahan, lubangi dengan telunjuk yang sudah dibalur tepung.
  4. Istirahatkan adonan selama 15 menit, atau sampai mengembang ringan. Kemudian goreng dalam minyak panas dengan api kecil, 1x balik aja ya.
    Angkat dan tiriskan.
  5. Hias donat sesuai selera. Sajikan dengan minuman favorit

Donat Labu Kuning

Bahan-Bahan

  • 170 gram terigu protein tinggi (17 sdm)
  • 100 gram terigu serba guna (9sdm)
  • 45 gram gula pasir (3 1/2 sdm)
  • 100 gram labu kuning, kukus, haluskan (berat setelah dikukus)
  • 1 butir telur
  • 45 ml air hangat (sekitar 3 sdm)
  • 5 gram ragi instant (1 sdt munjung)
  • 1/4 sdt garam halus
  • 45 gram mentega (4 1/4 sdm)

Cara Membuat Kue Donat Labu Kuning

  1. Masukkan semua bahan dalam wadah kecuali mentega dan garam. Uleni sampai setengah kalis
  2. Masukkan mentega dan garam. Uleni lagi sampai kalis elastis.
  3. Kempeskan adonan. Uleni sebentar. Ratakan lalu potong2 sesuai selera.
  4. Taruh di atas kertas baking. Diamkan sampai mengembang lagi.
    Setelah mengembang, tekan bagian atasnya supaya agak pipih. Lubangi tengahnya. Goreng diminyak panas api sedang sampai matang. Angkat dan tiriskan, beri topping sesuai selera.
  5. Lembut banget donat labu kuning ini. Favorit!

Donat Empuk Spesial

Bahan-Bahan

  • 250 gram terigu protein tinggi/Cakra,(bisa juga segi tiga biru)
  • 1 butir kuning telur
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 5 gram fermipan/ 1/2 sachet
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 1 sachet Susu kental manis dicampur air jadi lebih kurang 100 ml
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • sesuka hati Topping

Cara Membuat Kue Donat Empuk Spesial

  1. Campur semua bahan dalam satu wadah kecuali mentega dan garam.
  2. Masukkan susu cair sambil diaduk (masukkan sebagian susu cair nya dulu) terus aduk dan uleni sampai setengah kalis.,
  3. Setelah setengah kalis baru masukkan mentega dan garam..aduk terus dan uleni sampai rata.
  4. Kalau teksturnya masih keras bisa ditambahkan lagi susu cair nya,, dan
  5. uleni sampai Kalis serta teksturnya benar-benar lembut elastis.
  6. Bulatkan adonan nya., lalu olesi dasar adonan dan permukaannya dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
  7. Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 35 sd 45 menit atau sampai mengembang dua kali lipat.
  8. Setelah mengembang kempiskan adonan nya dan uleni sebentar.
  9. Lalu bagi-bagi adonan dan bentuk menurut selera.
  10. Diamkan lagi sampai mengembang dua kali lipat.
  11. Goreng dengan minyak yang sudah panas dan api kecil.
  12. Kalau bawah donat sudah kuning keemasan maka dibalik.. cukup dengan
  13. sekali balik ya,, biar donat nya tidak mengandung minyak.
  14. Setelah kedua sisi donat matang,, angkat dan tiriskan.
  15. Tunggu dingin baru diberi topping sesuka hati.
  16. Selamat mencoba semoga berhasil dengan baik

Donat Buah Naga

Bahan-Bahan

  • 1/2 buah naga ukuran sedang
  • 7 gr fermipan
  • 175 air hangat
  • 60 gr gula pasir
  • 350 gr terigu protein tinggi
  • 27 gr susu bubuk
  • 40 gr margarin
  • 1 btr telor kocok lepas

Cara Membuat Kue Donat Buah Naga

  1. Kerok buah naga dan blender bersama air.lalu ambil air blenderan 175 ml.campur air,fermipan dan 1 sdt gula pasir aduk rata dan diamkn hingga berbuih.tanda ragi aktif.
  2. Campur terigu,sisa gula pasir dan susu bubuk aduk rata.lalu tambahkn telor dan larutan fermipan aduk rata.
  3. Stelah rata tambahkn margarin aduk rata lalu bulatkn dan tutup serbet lembab hingga mengembang 2x lipat.
  4. Kempiskn adonan,bagi2 sesuai selera dan bentuk/cetak donat sesuai selera.istirahatkn lg hingga mengembang.lalu goreng donat hingga matang.

Nah demikianlah beberapa cara membuat kue donat semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara membuat kue. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

Resep Bikin Donat Kentang Original yang Enak Lumer di Lidah

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep bikin donat kentang Original yang enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat donat kentang di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli donat kentang dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

donat kentang adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat. Sebelum kita ke pembahasan yuk kita cari tahu dulu manfaat kentang bagi tubuh kita.

Manfaat Kentang Bagi Tubuh

1. Mengandung antioksidan

Kentang sangat kaya akan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa itu berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh.

Bahkan, kumpulan radikal bebas diyakini sebagai salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Penelitian dalam Nutrition and Cancer tahun 2011 menunjukan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

2. Membantu kendalikan gula darah

Banyak yang bilang kalau kentang buruk bagi diabetesi, padahal sebaliknya. Manfaat kentang yang lainnya adalah membantu mengendalikan gula dalam darah, jadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi diabetesi.

Kentang banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus. Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormon pengendali gula darah, menjadi lebih optimal.

Selain itu, sebuah penelitian dalam Medicine (Baltimore) 2015 yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua, juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil

3. Baik untuk pencernaan

Masih berkaitan dengan kandungan pati resisten yang dimiliki kentang yang ternyata bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Jadi saat masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Kemudian, bakteri baik tersebut akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Nah, asam lemak rantai pendek ini yang punya segudang manfaat bagi kesehatan, contohnya dapat mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar).

5. Menjaga tekanan darah normal

Manfaat kentang yang penting lainnya adalah  membantu menstabilkan tekanan darah. Dilansir dalam laman Live Science, kentang merupakan sumber kalium yang baik, bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang buah pisang.

Kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya. Selain itu, kentang juga mengandung kalsium dan magnesium, yang juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah normal.

Dilansir dalam laman Live Science, Institute for Food Research telah menemukan bahwa kentang mengandung bahan kimia yang disebut kukoamines, yang berhubungan juga untuk menurunkan tekanan darah.

6. Menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak

Vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak yakni, termasuk serotonin, dopamin, dan noreprinefrin menurut University of Maryland Medical Center.

Ini berarti, makan kentang dapat membantu mengatasi depresi atau stres. Selain itu, kalium dalam kentang yang bisa mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

7. Menjaga kesehatan jantung

Karotenoid dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

Proses ini salah satu fungsinya mengubah homosistein, molekul yang berbahaya menjadi metionin, struktur komponen baru dalam protein. Terlalu banyak homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah dan kadarnya yang semakin tinggi memiliki kaitan terjadinya peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Donat Kentang Original

Resep Donat Kentang Original

  • 500 gram tepung protein tinggi
  • 250 gram kentang kukus
  • 1 sachet fermipan (11 gram)
  • 50 gram susu bubuk
  • 70 ml susu cair dingin / air dingin
  • 4 butir kuning telur
  • 100 gram gula pasir
  • 80 gram mantega
  • 3 gram garam

Cara Membuat Donat Kentang Original

  1. Kupas dan cuci bersih kentang.Potong potong, kukus hingga empuk, haluskan.
  2. Campur semua bahan dengan kentang kecuali mantega dan garam. Aduk hingga kalis. Setelah kalis masukkan mantega dan garam.aduk hingga kalis elastis
  3. Bulatkan adonan. Tutup dengan plastik wrap atau serbet. Diamkan hingga mengembang 2X lipat. Setelah mengembang,.kempeskan bentuk bulatan kecil. Saya sekitar 40 gram setiap bulatan
  4. Setelah semua adonan dibentuk menjadi bulatan, Lubangi bulatan tengahnya dengan ibu jari. Diamkan sejenak kurang lebih 15 menit. Goreng dengan sekali balik agar tercipta ring.

Donat Kentang Original Spesial

Resep Donat Kentang Original Spesial

  • 11 gram ragi, larutkan dgn sedikit air, aduk rata
  • biarkan 20-30 menit sampai ragi aktif
  • terlihat dari volume larutan yg bertambah
  • 400 gram kentang, bersihkan lalu rebus
  • 400 gram terigu (cakra kembar atau segitiga biru)
  • 2 butir telor
  • 1 sachet susu bubuk
  • 80-100 gram margarin
  • 7 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Donat Kentang Original Spesial

  1. Tumbuk kentang yg sudah direbus, boleh sampai halus atau agak sedikit kasar (selera saya yg agak sedikit kasar)
  2. Tambahkan gula pasir, garam, telor, margarin, dan susu bubukMasukkan tepung terigu lalu uleni
  3. Tambahkan larutan ragi yg sudah aktif ke dalam adonan, lanjutkan uleni adonan sampai kalis (bila masih lengket di tangan, bisa menambah terigu sedikit demi sedikit)
  4. Diamkan adonan yg sudah kalis selama 45 menit atau sampai volume adonan menjadi 2 kali lipat sambil ditutup kain basah.
    Setelah 45 menit, adonan sudah mengembang 2x lipat, kita bisa cetak adonan sesuai selera.
  5. Kali ini saya bikin 3 bentuk. Donat bolong, donat bulat dan donat isi pisang (kebetulan ada pisang uli yg sudah matang)
    Ini yg bentuk bulat (tidak sempurna)
  6. Donat bolong
  7. Diamkan kembali adonan yg sudah dicetak selama 30 menit lalu goreng sampai berubah warna menjadi golden brown.
  8. Ini tekstur dalamnya
  9. Topping bisa sesuai selera ya. Mau dikasih gula halus, meses atau apa aja

Nah demikianlah beberapa resep bikin donat kentang original semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara bikin donat kentang. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

Resep Kue Balok Empuk Lumer dan Enak Rasanya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue balok enak dan lezat dan mudah membuatnya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kue di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue balok yang enak dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue balok adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Sebeum kita ke pembahasan yuk kita cari tahu dulu alat apa yang dibutuhkan ketika kita membuat kue.

Kue Balok Bandung

Daerah bagian Jawa Barat mempunyai banyak sekali jajanan khas yang cukup terkenal, seperti colenak, awut, surabi, bandros, pukis, hingga kue balok. Kue balok sesuai dengan namanya berbentuki balok. Kue balok ini mempunyai tekstur yang padat, rasanya manis, membuat siapapun suka untuk menikmati kue balok. Prosedur membuatnya yaitu dengan cara dibakar bagian atas dan bawah. Pada saat ini banyak sekali varian rasa kue balok, mulai dari coklat, keju, selai hingga rasa lainnya. Selanjutnya adalaha langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat kue balok lumer.

Resep Kue Balok Bandung

  • 150 gr Tepung terigu
  • 2 btr telur
  • ½ sdt SP/ pengembang
  • ½ sdt Baking powder
  • 1 gr coklat blok/DCC
  • 3 sdm Gula pasir
  • Sejumput garam
  • 5 sdm Margarine
  • Vanila bubuk, secukupnya – 50 ml Air – Cetakan kue balok

Cara Membuat Kue Balok Bandung

  1. Cairkan atau lelehkan coklat Blok/DCC dan margarin, sisihkan sedikit ,margarin untuk dioleskan ke cetakan kue
  2. Campurkan gula pasir, telur, garam, dan SP. Mixer hingga adonan berwarna putih
  3. Tambahkanlah dengan tepung terigu, baking powder yang sudah diayak lalu aduk hingga hingga merata
  4. Tambahkan vanilli dan coklat bubuk, aduk lagi hingga merata
  5. Tuangkan coklat balok yang dilelehkan tadi, aduk lagi hingga merata
  6. Oles cetakkan tersebut dengan margarine, lalu tuangkan adonan secukupnya
  7. Panaskanlah cetakan, sahabat bisa menggunakan double pan atau happycall oleskan margarin secara merata.
  8. Taruh adonan kue ke cetakkan dan bakar hingga matang selama kurang lebih 3 menit dengan api sedang
  9. Setelah matang kue balok siap di sajikan

Itu lah cara membuat kue balok lumer. Kue balok ini bisa dibuat untuk cemilan saat santai bersama keluarga. Cara membuatnya pun tidak sulit dan bahan-bahan yang digunakan masih dapat di jangkau oleh ibu-ibu. Kue balok lumer juga bisa menjadi peluang usaha, jajan populer ini digemari dari berbagai kalangan mulai dari orang tua, dewasa hingga anak-anak. Anda bisa mencoba peluang usaha ini dengan menambahkan varian rasa seperti keju, pisang, dan lainnya. Agar lebih menarik tambahan topping di atasnya.

Kue Balok Empuk

Resep Kue Balok Empuk

  • 50 g margarin
  • 100 g chocolate compound
  • 100 g air Adonan:
  • 4 butir telur
  • 200 g gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdt ekstrak vanilla Ayak jadi satu:300 g tepung terigu protein sedang
  • 50 g cokelat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • ¼ sdt garam

Cara Membuat Kue Balok Empuk

Resep Kue Balok Vanilla

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 100 gram margarine
  • 27 gram susu bubuk
  • 10 gram baking powder
  • 4 butir telur
  • 1 bungkus vanili
  • Air secukupnya

Cara Membuat Kue Balok Vanilla

  1. Lelehkan margarin, chocolate compound, dan air dengan cara double boiler. Aduk sampai tercampur rata lalu sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, dan ekstrak vanilla hingga mengembang dengan kecepatan tinggi.
  3. Campur sambil diayak tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan garam. Lalu campurkan ke dalam adonan secara perlahan dengan teknik aduk balik menggunakan spatula.
  4. Masukkan cokelat leleh secara bertahap sambil diaduk balik dengan spatula hingga merata.
  5. Siapkan cetakan kue balok. Olesi dengan margarin agar tidak lengket.
    Panaskan cetakan. Masukkan adonan.
  6. Tutup lalu masak hingga setengah matang atau bagian dalam kue masih setengah cair.
    Sajikan.

Cara Membuat Kue Balok Vanilla

  1. Letakkan gula pasir dan telur ke dalam wadah bersih
  2. Aduklah kedua bahan tersebut menggunakan mixer sampai adonan menjadi berbuih
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit
  4. Aduk kembali adonan tersebut hingga tercampur rata
  5. Tambahkanlah vanili, baking powder, susu bubuk, dan larutan margarine ke dalam adonan
  6. Aduk adonan kembali hingga tercampur rata. Jika adonan kental, bisa ditambahin air sedikit
  7. Panaskan cetakan kue balok yang sudah diberi sedikit mentega
  8. Tuang adonan kue balok ke dalam cetakan tersebut
  9. Masak adonan menggunakan api kecil
  10. Tutup adonan dengan menggunakan tutup yang diberi bara arang diatasnya
  11. Tunggu hingga kue balok matang sesuai dengan selera kalian
  12. Beri topping sesuai dengan selera kalian
  13. Kue balok vanilla telah siap untuk dihidangkan

Kue Balok Empuk Lumer

Resep Kue Balok Empuk Lumer

  • 150 gr tepung terigu
  • 3 sdm margarin
  • 2 sdm minyak goreng
  • 100 gr dark cokelat, serut
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt sp
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt vanila bubuk

Cara Membuat Kue Balok Empuk Lumer

  1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan panaskan sebuah wajan dan masukkan margarin ke dalamnya. Lalu aduk dengan merata sampai meleleh. Baru kemudian tuangkan dark chocolate ke dalamnya. Aduk merata sampai keduanya larut dan tercampur secara merata.
  2. Bila sudah selesai kemudian angkat dan sisihkan sementara pada suhu ruangan. Nantinya bahan ini akan kita campurkan dengan merata bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  3. Siapkan sebuah wadah lalu kemudian kocok telur bersama dengan gula dan vanilili. Tambahkan SP lalu taburi dengan sejumput garam untuk memberikan rasa. Aduk semua sajian ini dengan merata dan pastikan tidak ada bahan yang masih belum lembut.
  4. Setelah itu, masukkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu bersama dengan coklat bubuk dan juga susu bubuk lalu masukkan pula baking powder. Aduk merata semua bahan ini sampai tercampur.
  5. Masukkan minyak dan adonan telur ke dalamnya. Llau aduk dengan merata dan masukkan campuran tepung ke dalamnya aduk dengan perlahan.
  6. Untuk kemudian anda akan siap mencetaknya. Olesi cetakan dengan margarin dengan merata dan pastikan cetakan sudah panas. Tuangkan adonan sebanyak 3/4 cetakan lalu tutup dengan menggunakan penutup. Masak selama kurang lebih 5 menit sampai adonan mengembang dengan merata.
  7. Selanjutny angkat dengan menggunakan sendok dengan perlahan. Sebagai topping anda bisa menuangkan serutan keju di atasnya dengan merata atau berikan topping apa saja yang anda sukai.

Nah demikianlah beberapa resep kue empuk dan enak semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar resep kue balok. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

Resep Mayonaise Salad Buah yang Sehat dan Lezat

Pada pertemuan artikel kali ini kita akan membahas tentang resep mayonaise salad buah yang lezat dan sehat tentu mudah dalam membuatnya. Pasti sahabat juga sangat suka kan myonaise ini begitu juga dengan saya.

Tetapi dari pada sahabat membeli mayonaise ini dengan harga yang lumayan mahal dan juga sedikit. Yuk mending kita buat di rumah dengan resep yang enak dan cara membuat yang mudah.

mayonaise adalah saus yang sangat enak dimakan bersama burger maupun sandwich yang membuat rasanya semakin komplit.

Dan saya sudah merangkum beberapa resep mayonaise yang enak rasanya dan mudah dalam pembuatannya. Yuk kita buta Sahabat tentu dengan resep dan cara membuat yang mudah.

Sebelum ke pembahasan yuk kita cari tahu dulu manfaat mayonaise bagi tubuh kita.

Sebelum ke pembahasan yuk kita lihat dulu apa manfaat salad buah bagi tubuh kita.

Manfaat Salad Buah Bagi Tubuh

Mencukupi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Seperti yang dijelaskan di atas, buah-buahan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh. Tubuh kita membutuhkan mineral dan vitamin yang penting untuk pemeliharaan organ sehat seperti mata, jantung, dan jantung. Mineral dan vitamin dapat diperoleh dari semangkuk salad buah. Vitamin yang bisa Anda dapatkan termasuk vitamin A untuk mata, vitamin B6 dan B12 untuk kesehatan kulit dan vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi Kalori dalam Tubuh

Bagi Anda yang sedang diet mengkonsumsi salad buah sangat dianjurkan. Tidak hanya mengandung banyak nutrisi, mereka juga merasa kenyang lebih lama karena mereka tinggi serat. Dipercaya bahwa mengkonsumsi salad secara teratur dalam jumlah yang cukup akan mengurangi kalori dalam tubuh sehingga berat badan akan perlahan-lahan berkurang.

Mencegah Kanker

Manfaat lainnya yang Sahabat dapat dari makan salad buah secara teratur adalah Anda dapat menghindari risiko kanker. Kandungan antioksidan di dalam buah-buahan dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Buah-buahan yang tinggi antioksidan adalah berry, apel, dan pir.

Kaya Serat

Salad buah sangat baik dalam hal memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Baik salad buah maupun salad sayuran, yang dikonsumsi mentah, menyediakan banyak serat dan dapat menurunkan kolesterol dalam waktu singkat.

Sembelit

Salad buah yang berserat tinggi membantu memperlancar sistem pencernaan, sementara usus dibersihkan dari racun dan residu yang menyebabkan penyakit. Mengkonsumsi salad buah setiap hari meningkatkan pergerakan usus dan meningkatkan metabolisme.

Sumber Antioksidan

Tentunya Anda mendapat banyak asupan antioksidan dari buah-buahan dan sayuran yang masih segar. Antioksidan berperan penting dalam mencegah efek negatif radikal bebas dan memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas. Yang paling penting adalah Anda tetap awet muda.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi salad buah setiap hari secara alami mengurangi asupan karbohidrat dan membuatnya lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menurunkan berat badan. Kalori membakar lebih baik dan Anda menjadi lebih kurus.

Membantu Sukseskan Diet

Jika Anda memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, salad buah harus menjadi salah satu makanan yang Anda sertakan dalam diet sehat. Anda bisa mulai dengan salad yang mengandung banyak buah. Buah tidak hanya mengandung banyak nutrisi, tetapi juga kaya serat sehingga Anda kenyang lebih lama. Serat ini juga membantu membuat Anda lapar.

Menurunkan risiko kanker usus

Penelitian menyimpulkan bahwa orang yang banyak makan sayuran dapat mengalami penurunan risiko terkena kanker usus. Hal ini bukan tanpa alasan, sayuran dan buah merupakan makanan yang kaya akan antioksidan dan kaya vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, asam folat, lycopene, alpha- dan beta-carotene. Berbagai hal ini dapat membantu menangkal pertumbuhan sel kanker akibat radikal bebas.

Mayonaise Salad Buah Sehat

Mayonaise ini sangat enak di padukan bersama salad buah.

Resep Mayonaise Salad Buah Sehat

  • 1 buah timun
  • Satu buah
  • 1 buah tomat
  • 3 lembar selada
  • 3 lembar kol
  • 1/2 buah apel
  • 3 potong nanas
  • Mayonaise

Dressing

  • 2 buah cabe rawit
  • 4 sdm virgin coconut oil
  • 2 buah lemon jeruk nipis
  • 3 potong nanas

Cara Membuat Mayonaise Salad Buah

  1. Cuci semua sayur dan harus kering ya teman teman biar hasil salad kita ga terlalu basah
  2. Potong Salada sesuai keinginan teman teman semua.
  3. Potong Wortel seperti korek api. Aku sih pake alat pemotong sayuran yg banyak di jual ya teman teman.
  4. Potong Timun seprti korek api. Aku potong pake pisau y teman teman
  5. karena mudah hancur kl di potong pakai alat (ini menurut aku sih)
  6. Potong Kol benar benar tipis y teman teman agar rasa dr kol ini tidak teralalu strong.
  7.  dijamin suka no Mayones
  8. Potong dadu 1 buah Tomat.
  9. Nanas dan Apel sesuai keinginan dan selera sahabat
  10. Jika semua sdh di potong. Kita siapkan Dressingnya ya Sahabat
    Bisa di tambahkan mayonaise
  11. 4 sdm Olive oil + 2 buah jeruk nipis(diperas) + 2 buah cabai rawit+ {Nanas+160air(dijus)Setelah jadi bisa kita nikmati dengan rasa syukur y
  12. teman teman. Jgn lupa selalu hidup sehat

Salad Buah Saus Mayonaise

Salad bercampur lezatnya mayonaise waw enak banget ya.

Resep Mayonaise Salad Buah

  • 2 buah apel, kupas dan potong dadu, rendam dalam air garam sebentar
  • 100 gram anggur merah, potong jadi 4 dan buang isinya.
  • 300 gram melon, kupas dan potong dadu
  • 300 gram pepaya, pilih yang tak terlalu matang agar tak lembek, potong dadu
  • 100 gram jelly
  • 100 gram nata de coco

Bahan Saus:

  • 4 sdm mayonnaise
  • Empat sdm yogurt plain (jika tak ada ganti dengan perasan air jeruk lemon)
  • 4 sdm susu kental manis putih
  • Empat sdm keju parut untuk taburan

Cara Membuat Salad Buah Saus Mayonaise

  1. Campur semua buah dan aduk sampai rata.
  2. Dinginkan buah selama 1 jam.
  3. Campurkan bahan saus kecuali keju dan aduk rata.
  4. Sajikan buah pada piring saji dan siram dengan saus mayo.
  5. Taburi dengan keju parut.

Mayonaise Salad Buah Spesial

Salad Buah berpadu sedapnya mayonaise membuat rasanya sangat sempurna dan sangat enak untuk dimakan di siang hari atau kapan saja.

Resep Mayonaise Salad Buah Spesial

  • 1 Apel
  • Anggur
  • 4 sdm mayonaise
  • 6 sdm Nata de coco
  • 2 sdm susu kental manis
  • secukupnya Keju parut

Cara Membuat Mayonaise Salad Buah Spesial

  1. Potong dadu apel, belah dua anggur (buang biji nya)
  2. Gabungkan apel, anggur, dan nata de coco (tdk usah pakai air nya)
  3. Dressing: campur mayonaise, keju parut, dan susu kental manis. Aduk merata
  4. Campurkan dressing ke buah-buah an.
  5. Siap di hidangkan

Nah demikianlah beberapa resep mebuat mayonaise tanpa mustard semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara membuat mayonaise. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

 

Resep Bikin Kue Kacang Hijau yang Enak dan Mudah

Pada pertemuan artikel kali ini kita akan membahas tentang resep bikin kue kacang hijau yang enak dan mudah membuatnya. Pasti sahabat sudah sangat sering melihat kue ini di pasaran atau di toko kue bukan.

Tetapi dari pada sahabat membeli kue ini dengan harga yang lumayan mahal dan juga sedikit. Yuk mending kita buat di rumah dengan resep yang enak dan cara membuat yang mudah.

kue kacang hijau adalah salah satu kue yang wajib ada ketika Hari Raya tiba. Ketika tidak ada kue ini pun banyak orang-orang yang berkunjung kerumah. Pasti menanyakan kue ini karena rasa gurih pada kue ini.

Dan saya sudah merangkum beberapa resep kue nastar nanas keju dengan tekstur yang lembut dan cara pembuatannya pun mudah.

Sebelum kita ke pembahasan yuk kita cari tahu dulu apa manfaat mengkonsumsi kacang hijau.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sebelumnya telah diketahui bahwa di dalam kacang hijau terdapat kandungan serat. Kandungan serat tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan sehingga sistem pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar.

2.Menambah Energi

Kandungan serat dan karbohidrat di dalam kacang hijau dapat digunakan untuk menambah energi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kacang hijau dapat diolah menjadi menu sarapan yang menyehatkan.

3.Menurunkan Berat Badan

Kacang hijau mempunyai kandungan kalori rendah, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu komponen menu diet sehat. Selain itu, kacang hijau juga mempunyai sifat yang mengenyangkan dan menunda rasa lapar.

4.Baik untuk Ibu dan Janin

Di dalam kacang hijau terdapat kandungan asam folat dan kalsium tinggi. Kedua kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk menyehatkan ibu dan janinnya.

5. Sumber Protein Tinggi

Sudah dapat dipastikan bahwa kacang hijau mempunyai kandungan protein tinggi. Apabila dikonsumsi secara teratur kacang hijau dapat memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

6.Mengobati dan Mencegah Anemia
Di dalam kacang hijau terdapat kandungan zat besi yang cukup banyak. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah sehingga dapat mengobati dan mencegah anemia.

7.Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam kacang hijau juga terdapat kandungan vitamin E. Berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Agar semua kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau tidak hilang ketika dikonsumsi. Penting untuk mengolah atau memasaknya dengan cara yang baik dan benar.

Disarankan untuk tidak melakukan proses perebusan kacang hijau terlalu lama karena dapat merusak semua kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Melakukan perebusan kacang hijau dengan waktu yang cukup lama juga dapat mengurangi kesegaran rasanya.

Kue Kacang Hijau

Kue ini sangat enak di jadikan sebagai camilan dengan khas dari kacang hijau yang bisa menyehatkan badan.

Resep Bikin Kue Kacang Hijau

  • 650 gr kacang hijau yg telah direbus-tiriskan-blender
  • 4 telur, kocok lepas
  • 200 gr gula pasir, di-blender
  • 200 ml minyak (saya: Barco, kelapa)
  • 220 gr tepung terigu protein sedang (saya: Segitiga Biru)
  • 2 sdt baking powder
  • 2 sdt bumbu spekoek
  • 1 sdt garam
  • 100 gr choco chips

Taburan:

  1. Gula bubuk (opsional)
  2. Pengoles loyang (Carlo KW)
  3. 1 sdm terigu
  4. Satu sdm minyak
  5. 1 sdm margarin

Cara Membuat Kue Kacang Hijau

  1. Siapkan bahan2nya terlebih dahulu. Olesi loyang dgn bahan pengoles (Carlo KW) yg telah diaduk rata.
  2. Siapkan mangkuk besar. Masukkan bubur kacang hijau, telur, gula, dan minyak. Aduk rata dgn spatula.
  3. Masukkan terigu, baking powder, bumbu spekoek, dan garam sambil diayak dlm 2 tahapan. Aduk perlahan hingga rata. Jangan sampe overmix.
  4. Masukkan choco chips, aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dlm loyang. Ratakan & hentakkan utk mengeluarkan udara yg terperangkap.
  6. Panggang dlm oven dgn suhu 180° C selama 45 menit. Lakukan tes tusuk.
  7. Angkat & dinginkan. Potong2 lalu simpan dlm wadah tertutup. Enak juga jika dimakan dgn taburan gula halus.

Kue Kacang Hijau Buah-Buahan

Kue yang ini bercita rasa buah buahan karena terdapad beberapa buah di dalamnya yang membua kue ini menjadi lebih menarik dan juga rasanya sangat enak.

Resep Bikin Kue Kacang Hijau Buah-Buahan

  • 250 gr kacang hijau kupas
  • 200 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 bks santan kara
  • 1 bks agar agar swalow plain
  • Pewarna makan (merah,hijau,kuning)
  • Stereofoam
  • Tusuk sate

Cara Membuat Kue Kacang Hijau Buah-Buahan

  1. Kukus kacang hijau yang udah d kupas, kurang lebih 15mnt
  2. Setelah agak dingin, blender kacang hijau yg sudah d kukus sambil d kasih santen dan gula
  3. Masukan hasil blenderan tadi ke dalam panci anti lengket,tambah
  4. vanili,lalu di aduk aduk sampe adona. Kalis,jangan lupa pake pake yg kecil aja yach,biar ga gosong
  5. Kalo adonan udah kalis, berarti udah siap d bentuk tunggu sampe dingin
    Bentuk adonan sesuai yang kita inginkan, setelah terbentuk tusuk dg tusukan sate, lalu tancapkan d atas stereofoam
  6. Setelah selesai ngebentuk,sekarang kita celupkan buah buahan tadi d dalam pewarna yg udah d campur dg air
  7. Sambil nunggu warnanya kering,sekarang kita masak ager ager,campur air,ager,gula
  8. Setelah mendidih,masukan buah buahan yg d warnai tadi ke dalam ager,n tunggu sampe agernya kering
  9. Setelah selesai ngebentuk,sekarang kita celupkan buah buahan tadi d dalam pewarna yg udah d campur dg air
  10. Sambil nunggu pada kering,kita buat agernya
  11. Caranya masukan air,agar swallow,gula,masak sampe mendidih
  12. Setelah mendidih,masukan buah buahan yg sudah d warnai tadi ke dalam ager,inget satu satu aja yach
  13. Tunggu sampe agarnya kering, dan kuenya siap di nikmati

Kue Kacang Hijau Spesial

Kue kacang hijau yang ini secara resep dan pembuatannya sebenarnya sama saja hanya saja kue yang satu ini bisa sahabat kreasikan saja.

Resep Bikin Kue Kacang Hijau Spesial

  • 250 gr kacang hijau yang sudah di rebus hingga empuk dan di ulek kasar
  • 2 sdm tepung beras
  • 6-7 sdm gula pasir
  • 70 ml santan
  • 1/4 sdt vanili
  • Sejumput garam
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Bahan pencelup:

  • 7 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm gula pasir
  • 120-140 ml air
  • 2 tetes pewarna kuning muda
  • Seujung sdt baking powder/soda kue (bs skip)
  • Sedikit garam

Cara Memebuat Kue Kacang Hijau Spesial

  1. Sediakan semua bahan, kacang ijo yang sudah di ulek kasar, santan dll. Yg lain lupa fotonya.
  2. Masak kacang hijau bersama santan, gula, garam dan Vanili, Aduk rata baru
  3. tambahkan tepung beras, aduk kembali hingga adonan kering dan bisa di bentuk.
  4. Bentuk adonan kacang hijau ketika masih hangat berbentuk bulat gepeng
  5. dengan ketebalan kurleb 1 cm, hingga habis.
  6. Campur semua bahan pencelup, beri air sedikit demi sedikit dan aduk
  7. hingga adonan licin dengan kekentalan sedang, beri pewarna.
  8. Celupkan kacang hijau pada adonan pencelup, kemudian goreng dalam
  9. minyak panas hingga matang, angkat tiriskan dan sajikan.
  10. Sajikan selagi hangat, jangan lupa sediakan juga teh tawar atau kopinya

Nah demikianlah beberapa cara bikin kue kacang hijau semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara bikin kue kacang. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

Resep Nastar Nanas Keju yang Lembut dan Enak Praktis

Pada pertemuan artikel kali ini kita akan membahas tentang resep nastar nanas keju yang lembut dan enak. Pasti sahabat sudah sangat sering melihat kue ini di pasaran atau di toko kue bukan.

Tetapi dari pada sahabat membuat kue ini dengan harga yang lumayan mahal dan juga sedikit yuk mending kita buat di rumah dengan resep yang enak dan cara membuat yang mudah.

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada ketika Hari Raya tiba. Ketika tidak ada kue ini pun banyak orang-orang yang berkunjung kerumah pasti menanyakan kue ini.

Dan saya sudah merangkum beberapa resep kue nastar nanas keju dengan tekstur yang lembut dan cara pembuatannya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Sebelum ke pembahasan, yuk Sahabat kita cari tahu dulu sejarah singkat tentang kue nastar.

Sejarah Singkat Kue Nastar

Terbuat dari campuran adonan terigu, mentega, gula, dan telur, kue nastar biasanya berbentuk bulat dengan tambahan cengkeh atau kismis diatasnya.

Awalnya resep kue nastar terinspirasi dari kue pie khas Eropa. Biasanya dibuat dalam satu loyang besar berisi selai strawberry, blueberri, atau apel.

Namun karena buah-buah tersebut susah didapatkan di Indonesia, isian pie diganti dengan buah nanas yang memiliki rasa asam manis yang serupa.

Selain itu, bentuk kue pun dimodifikasi menjadi bulat-bulat kecil ukuran sekali makan sehingga jadi camilan yang lebih praktis.

Kue bercitarasa legit dan renyah ini dulunya juga hanya dibuat saat perayaan hari-hari besar dan hanya disajikan untuk para bangsawan atau kaum priyayi dan orang-orang kaya.

Lambat laun, resep kue ini menyebar juga sehingga jadi kue yang merakyat dan tetap identik dengan perayaan hari besar.

Sebenarnya nastar tak hanya lekat dengan lebaran. Natal atau perayaan tahun baru saja, kue kering ini pun akrab sebagai sajian yang melambangkan keberuntungan saat perayaan Imlek bagi warga Tionghoa.

Dalam Bahasa Hokian, nastar disebut  ong lai atau buah pir emas. Warna kuning keemasan serta rasanya yang manis dan lembut isi nanasnya, melambangkan rezeki yang manis dan melimpah. Tak heran kue ini juga jadi kudapan khas saat perayaan tahun baru China.

Meski isian selai dalam kue nastar dan bentuknya saat ini semakin bervariasi, namun tetap saja kue nastar original dengan isian selai nanas selalu jadi andalan dan jadi favorit banyak orang. Yuk kita cari tahu resep dan cara membuatya.

Nastar Nanas Keju

Kue nastar ini bercita rasa nanas bercampur keju yang enak dan lezat bisa Sahabat praktikan di rumah.

Resep Nastar Nanas Keju

  • 125 gr Butter(aku pake wijsman)
  • 125 gr Margarin(aku pake palmia royal)
  • 50 gr Gula halus
  • 1 butir Kuning Telor
  • 250 gr Tepung Kunci
  • 50 gr Maizena
  • lima puluh gr Susu Bubuk
  • 50 gr Keju Edam parut
Bahan Selai:
  • 400 gr Nanas parut
  • 100 gr Gula Pasir
  • 1/8 sdt Garam
  • 2 butir Cengkeh
  • 3 cm Kayumanis
  • Topping : Keju cheddar parut bole skip yaa
  • Polesan: kuning telor

Cara Membuat Kue Nastar Nanas Keju

  1. Kulit :Kocok butter,margarin,gula halus smpe pucet skitar 2
  2. mnt,tambahkan kuning telor,kocok rata,tambahkan keju edam parut.aduk rata..
  3. Masukkan tepung terigu,maizena,susu bubuk sambil diayak+diaduk rata..simpan dlm lemari es 1 jam.
  4. Pipihkan adonan isi dengan selai nanas yg uda dibulatkan.letakkan di loyang yg uda dioles margarin/kertas anti lengket 😉
  5. Beri polesan kuning telur,oven dengan suhu 150 derajat skitar 35 menit..ato sesuai suhu oven masing2 yah..
  6. Jika sudah dingin segera masukkan toples,biar ttp renyah:)
  7. Keju bisa ditabur di atasnya atau di lewati, sesuai selera saja.

Nastar Nanas Keju Isi Selai Nanas

Nastar yang ini bercita rasa selai nanas dan keju yang membuat kue ini terlihat menarik dan rasanya pun enak.

Resep Nastar Nanas Keju Selai Nanas

  • 250 gr margarin
  • 50 gr butter
  • 2 sdm gula halus
  • 3 sdm susu bubuk
  • 3 butir kuning telur
  • 30 gr keju cheddar parut
  • Sepucuk sdt sp
  • 3 sdm maizena
  • 450-500 gr terigu protein rendah
  • Isian selai secukupnya
Bahan olesan :
  • 1 butir kuning telur
  • satu sdm susu cair
  • 1 sdm minyak goreng
Topping :
  • Secukupnya keju cheddar parut

Cara Membuat Nastar Nanas Keju Selai Nanas

  1. Campur dlm wadah : margarin, butter, gula halus, susu bubuk dan sp…mixer speed rendah
  2. Tambahkan keju parut…mixer lg slm 5 mnt. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dimixer rata sebentar sj. Matikan mixer
  3. Ayak maizena dan terigu (terigu pake 450 gr dulu krn tidak semua terigu terpakai…tergantung kelembabannya) masukkan ke dlm adonan margarin, aduk smp tercampur semua dgn spatula
  4. Ambil sedikit adonan (aku pake takaran 1/2 sdm) isi dgn selai nanas lalu bulatkan. Tata di loyang…loyang tdk perlu dioles margarin agar kue tdk melebar
  5. Kerjakan smp semua adonan habis. Panaskan oven kurleb 10 mnt dgn apu kecil…panggang kue slm 20 mnt
  6. Campur semua bahan olesan. Keluarkan kue dari oven…olesi kue dan beri taburan keju parut. Panggang lg slm 10-15 mnt. Kalo pake otang seperti aku harus rajin geser2 loyang biar kue matang merata. Angkat kue, pindah ke tak pendingin dan masukkan dlm wadah kedap udara kalo sdh benar2 dingin.

Nastar Keju Isi Nanas

Nastar yang satu ini rasanya sangat enak yuk coba sahabat kita buat.

Resep Nastar Nanas Isi Tabur Keju

  • 250 gr tepung almond
  • 150 gr butter dingin
  • Me : 100gr unsalted butter anchor, 50gr butter wisjman
  • 1 btr telur kocok lepas
  • 100 gr keju kraft cheddar parut
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt essence keju
Bahan isian :
  • 1 buah nanas besar parut
  • 6 bungkus diabetasol sweetener sachet
  • Secukupnya cinnamon powder
  • Secukupnya garam
Bahan olesan :
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdt vco

Cara  Membuat Nastar Keju Isi Nanas

  1. Campurkan semua bahan crust, aduk dengan sendok kayu sampai rata dan terakhir dengan tangan, bikin bulatan dan masukan freezer selama 1 jam
  2. Sambil menunggu, parut nanas kemudian masak di wajan anti lengket sesekali di taburi cinnamon powder secukupnya, ketika parutan nanas sdh mengental baru masukkan gula sweetener dan garam pastikan tdk ada air nanas lagi dan masak dgn api kecil. Kemudian dinginkan
  3. Ambil adonan dan bentuk bulat2 sampai habis kemudian satu2 pipihkan dan isi dengan selai nanas sampai selesai dan letakkan di panggangan yg sdh di oleskan butter. Bila adonan sdh lembek masukkan frezer kembali kurleb 15mnt
  4. Oleskan nastar dengan campuran vco dan kuning telur secukupnya taruh parutan keju diatasnya bila suka. Masukkan ke dlm panggangan yg sdh dipanaskan sebelumnya. Panggang dengan suhu 130dc
  5. Nastar keju isi nanas #keto langkah memasak 4 foto
    Tunggu 20 mnt ambil dan oleskan kembali dgn campuran kuning telur dan vco
  6. Sesuaikan dengan panggangan masing2 dan oleskan kembali sekali lg dgn campuran kuning telur dan vco
  7. Noted : nastar matang bila sdh tidak lengket dr panggangan. Panas oven di sesuaikan dgn oven masing2.
  8. Dan taraaaa… Nastar crust keju isi nanas siap dinikmati

Nah, itu dia beberapa resep nastar nanas keju semoga sahabat di rumah bisa membuatnya tanpa ada kendala apapun.

Saya kira cukup artikel kali ini. Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami tentang seputar cara membuat kue nastar. Terimakasih 🙂

Resep Kacang Coklat Spesial yang Mudah Dibuat Praktis deh

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kacang coklat spesial yang mudah dibuat. Tentu Sahabat sudah sering melihat brownies pasaran bukan?

Dari pada Sahabat kacang coklat dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

kacang coklat adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur empuk dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Sebelum ke pembahasan yuk kita cari tahu dulu manfaat kacang bagi tubuh kita

Manfaat Kacang Bagi Tubuh

1. Sumber Energi

Kalau Sahabat merasa lelah atau lemah, cobalah makan kacang tanah karena dapat memberikan energi langsung pada tubuh. Kacang tanah kaya akan antioksidan dan mineral. Tidak hanya itu, kacang juga bisa menurunkan berat badan karena kaya akan karbohidrat dan lemak dibandingkan jenis kacang lainnya.

2. Mencegah Berbagai Kanker

Kacang tanah juga merupakan sumber dari asam p-coumaric, yang menurunkan risiko kanker lambung. Kacang dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 40%.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut

Asam lemak omega-3 dalam kacang tanah berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang sehat. Kandungan vitamin E juga bisa mengurangi penipisan rambut dan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala.

4. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Baik kacang tanah dalam bentuk alami maupun yang berbentuk selai sangat baik membantu mengurangi risiko batu empedu dalam tubuh, mencegah hingga 50% dari infeksi kandung empedu dan hati.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Diyakini bahwa kacang tanah dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini disebabkan oleh adanya niacin dan resveratrol, yang dapat mempercepat sirkulasi otak dan memperkuat daya ingat.

Selain itu, manfaat kacang dapat meningkatkan konsentrasi dan memberi Anda tidur yang lebih nyenyak jika Anda sering menderita gangguan tidur.

6. Pencegahan Penyakit Jantung

Manfaat kacang tanah dapat dicapai melalui konsumsi rutin dan dalam jumlah yang direkomendasikan. Ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Dalam kacang, ada asam oleat, yang baik untuk jantung dan mengurangi risiko kardiovaskular yang mengarah pada penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacang, menyajikannya dengan direbus atau mengukus.

7. Mencegah Kanker Perut

Poli fenolik dan antioksidan dalam kacang tanah dapat mengurangi risiko kanker perut dalam tubuh. Nutrisi dalam kacang tanah diyakini mengurangi produksi karsinogenik aminitrole, penyebab utama pertumbuhan sel kanker di perut.

8. Menghindari Resiko Stroke

Antioksidan dan resveratrol yang terkandung dalam kacang tanah harus dapat meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga risiko stroke dapat dihindari. Tidak hanya itu, kandungan potasium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, besi, selenium dan zinc serta beberapa mineral, penelitian mengatakan bahwa manfaat kacang tanah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, itu dia manfaat kacang bagi tubuh kit semoga sahabat bisa mendapatkan manfaatnya. Dan sekarang kita ke pokok pembahasan tentang resep kacang coklat.

Saya sudah merangkum beberapa resep kue c0klat yang enak dan muda berikut resepnya dan cara membuatnya.

Kacang Coklat

Kacang coklat yang ini bercita rasa coklat yang enak yang menjadikan rasanya lebih mantap dan banyak sekali orang yang menyukai kue yang satu ini.

Resep Kacang Cokat

  • 500 gram kacang tanah kupas
  • 500 gram dark chocolate
  • 2 sdm margarin (lelehkan)
  • Gula halus (secukupnya)

Cara Membuat Kacang Cokat

  1. Oven kacang tanah hingga matang dengan suhu kecil. Jika sudah, sisihkan sebentar. Kacang juga bisa disangrai.
  2. Ambil dark chocolate, potong kecil-kecil lalu tim hingga mencair. Tambahkan margarin ke dalam cokelat yang sudah mencair, aduk hingga rata.
  3. Tambahkan gula halus ke dalam cokelat dan aduk rata sambil terus ditim hingga gula larut.
  4. Masukkan kacang ke dalam cokelat, aduk rata hingga semua bahan tercampur.
  5. Siapkan loyang atau nampan yang sudah didinginkan di lemari es, lap agar tidak ada airnya.
  6. Tuang cokelat kacang sedikit demi sedikit ke dalam loyang/nampan.
  7. Tunggu selama beberapa menit hingga cokelat mengeras. Masukkan cokelat kacang ke toples dan siap disajikan sebagai kue lebaran.

Kacang Coklat Spesial

Kue kacang ini cocok sekali untuk dijadikan jamuan lebaran. Sekalinya tidak ada kue ini pasti ada saja yang menanyakannya.

Resep Kacang Cokat Spesial

  • 500 gram kacang tanah, sangrai dan tumbuk kasar
  • 750 gram tepung terigu
  • 2 sacht vanilli kristal
  • 500 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur untuk olesan
  • Coklat blok untuk hiasan
  • Kacang mede untuk hiasan

Cara Membuat Kacang Cokat Spesial

  1. Panaskan oven -+150°c atau api sedang jika menggunakan otang
  2. Campur semua bahan kecuali kuning telur
  3. Olesi loyang dengan mentega/minyak
  4. Cetak dan tata di loyang, olesi kuning telur dan taburi dengan kacang mede lalu panggang 15-20 menit.Angkat dan biarkan dingin dahulu,
  5. Tim coklat blok sampai meleleh, celupkan kue kacang dan tata di loyang atau meja yg sudah di alasi plastik bersih agar mudah
  6. mengangkatnya,biarkan coklat dingin
  7. Jika sudah set tinggal tata di dalam keler atau toples kedap udara

Kue Kacang Isi Coklat

Resep Kacang Coklat Isi

  • 125 gram kacang tanah kupas, sangrai dan haluskan dgn blender
  • 200 gram blue band cake n cookie
  • 120 gram gula halus
  • 2 kuning telur
  • 1 sachet susu bubuk
  • 30 gram maizena
  • 300 gram terigu kunci biru yg sdh disangrai
  • 1/2 sdt BP
  • cokelat isi kacang untuk isiannya
  • secukupnya almond utk topping

Cara Membuat Kue Kacang Isi Coklat

  1. Mixer blue band dan gula halus ±2 menit masukan kuning telur satu per satu kocok hingga tercampur rata dan creamy ±3 menit. Matikan mixer. Masukan setengah bagian kacang tanah yg sdh dihaluskan aduk rata dgn spatula.
  2. Masukan susu bubuk, BP dan maizena aduk rata dgn spatula. Terakhir masukan sedikit demi sedikit terigu, bila sdh cukup kalis terigu jgn ditambahkan lg (saya msh sisa ±2 sdm).
  3. Ambil sedikit adonan bulatkan lalu pipihkan beri isi cokelat kacang bulatkan lg lalu gulingkan pd sisa kacang yg sdh dihaluskan td dan beri topping kacang almond
  4. Kue Kacang Isi Cokelat Kacang langkah memasak 3 foto
  5. Panaskan oven 10 menit lalu panggang dgn suhu 170 derajat 35 menit api
  6. bawah dan 10 menit terakhir panggang dgn api atas (oven sesuaikan).
  7. Angkat dan masukan dalam toples

Nah itu dia resep kacang coklat sederhana dan rasanya pun enak. Semoga Sahabat pada saat membuat nya bisa mendapatkan rasa yang enak dan ketika membuatnya pun tanpa ada kendala apapun.

Saya kira cukup artikel kali ini Sahabat juga bisa mengunjungi web kami tentang seputar cara membuat kacang coklat. Saya kira cukup artikel kali ini terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya tentu dengan resep dan cara membuatnya yang berbeda.

Resep Brownies Legit yang Enak dan Lumer Pastinya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep brownies legit  yang simple lumer dan enak rasanya. Tentu Sahabat sudah sering melihat brownies pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli brownies yang legit dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Brownies cholatos adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur empuk dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Brownies Strawbbery

Kue yang satu ini bercita rasa strawbbery yang enak dan banyak sekali masyarakat Indonesia yang sangat menyukai brownies yang ini. Yuk buat sahabat.

Resep Brownies Legit Strabbery

  • 125 gram terigu segi tiga biru
  • 125 choklat dark lelehkan
  • 170 ml minyak sayuran usahakan minyak bimoli atau yang lainnya( jangan minyak curah karena nanti hasilnya kurang bagus)
  • 6 butir telur ayam
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt SP
  • 50 gram strawbbery

Cara Membuat Brownies Legit Strabbery

  • Kocok gula pasir, SP dengan telur sampai mengembang.
  • Lelehkan coklat dengan cara di steam.
  • Terigu, baking powder, coklat bubuk dan susu bubuk campur rata.
  • Kemudian ayak dan sisihkan.
  • Campurkan terigu sedikit demi sedikit aduk rata.
  • Masukkan coklat leleh.
  • Masukkan minyak sayur aduk rata.
  • Siapkan loyang brownies yang dialasi dengan kertas roti atasnya
  • Siapkan pengukus dan beri air secukupnya.
  • Masukkan loyang yang berisi adonan.
  • Tutup panci dengan menngunakan serbet agar air tidak menetes.
  • Kukus selama 30- 40 menit.
  • Keluarkan dari loyang dan taburi dengan keju parut dengan rata.

Brownies Ubi Ungu

Kue brownies yang satu ini bercita rasa umbi yang membuat rasanya lebih enak dan tektur kue brownies ini sangat lembut dan lumer saat Sahabat membuatnya. Yuk buat Sahabat.

Resep Brownies Legit Ubi Ungu

  • 125 gram terigu segi tiga biru.
  • 125 gram ketela kukus dan haluskan.
  • 170 ml minyak sayuran usahakan minyak bimoli atau yang lainnya( jangan minyak curah karena nanti hasilnya kurang bagus)
  • 6 butir telur ayam
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt SP

Cara Membuat Brownies Legit Ubi Ungu

  • Kocok gula pasir, SP dengan telur sampai mengembang.
  • Terigu, baking powder, dan susu bubuk campur rata.
  • Kemudian ayak dan sisihkan.
  • Campurkan terigu sedikit demi sedikit aduk rata.
  • Masukkan ketela ungu yang dihaluskan.
  • Masukkan minyak sayur aduk rata.
  • Siapkan loyang brownies yang dialasi dengan kertas roti atasnya
  • Siapkan pengukus dan beri air secukupnya.
  • Masukkan loyang yang berisi adonan.
  • Tutup panci dengan menngunakan serbet agar air tidak menetes.
  • Kukus selama 30- 40 menit.
  • Keluarkan dari loyang dan taburi dengan keju parut dengan rata.

Brownies Ketan Hitam

Kue brownies yang satu ini bercita rasa ketan hitam dan rasanya pun sangat enak bagi Sahabat yang sangat menyukai ketan hitam sangat rekomen untuk membuat kue ini.

Resep Brownies Legit Ketan Hitan

  • 150 gram tepung ketan hitam
  • 170 ml minyak sayuran usahakan minyak bimoli atau yang lainnya( jangan minyak curah karena nanti hasilnya kurang bagus)
  • 6 butir telur ayam
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt SP

Cara MembuatBrownies Legit Ketan Hitan

  • Kocok gula pasir, SP dengan telur sampai mengembang.
  • Tepung ketan hitam, baking powder, coklat bubuk dan susu bubuk campur rata.
  • Kemudian ayak dan sisihkan.
  • Campurkan ketam hitam sedikit demi sedikit aduk rata.
  • Masukkan minyak sayur aduk rata.
  • Siapkan loyang brownies yang dialasi dengan kertas roti atasnya
  • Siapkan pengukus dan beri air secukupnya.
  • Masukkan loyang yang berisi adonan.
  • Tutup panci dengan menngunakan serbet agar air tidak menetes.
  • Kukus selama 30- 40 menit.
  • Keluarkan dari loyang dan taburi dengan keju parut dengan rata atau menurut selera.

Brownies Lapis Selai Nanas

Kue Brownies yang satu ini di dalamnya berisi selai nanas yng membuat kue brownies ini yang membuat rasa dari brownies ini sangat enak. Yuk buat Sahabat.

Resep Brownies Legit Lapis Selai Nanas

  • 125 gram terigu segi tiga biru
  • 125 choklat dark lelehkan
  • 170 ml minyak sayuran usahakan minyak bimoli atau yang lainnya( jangan minyak curah karena nanti hasilnya kurang bagus)
  • 6 butir telur ayam
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt SP
  • 50 gram selai nanas

Cara Membuat Brownies Legit Lapis Selai Nanas

  • Kocok gula pasir, SP dengan telur sampai mengembang.
  • Lelehkan coklat dengan cara di steam.
  • Terigu, baking powder, coklat bubuk dan susu bubuk campur rata.
  • Kemudian ayak dan sisihkan.
  • Campurkan terigu sedikit demi sedikit aduk rata.
  • Masukkan coklat leleh.
  • Masukkan minyak sayur aduk rata.
  • Siapkan loyang brownies yang dialasi dengan kertas roti atasnya
  • Siapkan pengukus dan beri air secukupnya.
  • Masukkan loyang yang berisi adonan.
  • Tutup panci dengan menngunakan serbet agar air tidak menetes.
  • Kukus selama 30- 40 menit.
  • Adonan pertama kukus terlebih dahulu selama 20 menit kemudian beri selai nanas sampai rata.
  • Lapisi dengan adonan kedua kukus 20 menit lagi sampai matang.
  • Keluarkan dari loyang dan taburi dengan keju parut dengan rata.

Brownies Rumahan Istimewa

Kue brownies sang satu ini bisa Sahabat buat sendiri di rumah tentu dengan resep dan cara pembuatannya yang mudah. Yuk buat Sahabat.

Resep Brownies Legit Rumahan Istimewa

  • 125 gram terigu segi tiga biru
  • 125 choklat dark lelehkan
  • 170 ml minyak sayuran usahakan minyak bimoli atau yang lainnya( jangan minyak curah karena nanti hasilnya kurang bagus)
  • 6 butir telur ayam
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdt SP
  • Gula halus untuk taburan secukupnya

Cara Membuat Brownies Legit Rumahan Istimewa

  • Kocok gula pasir, SP dengan telur sampai mengembang.
  • Lelehkan coklat dengan cara di steam.
  • Terigu, baking powder, coklat bubuk dan susu bubuk campur rata.
  • Kemudian ayak dan sisihkan.
  • Campurkan terigu sedikit demi sedikit aduk rata.
  • Masukkan coklat leleh.
  • Masukkan minyak sayur aduk rata.
  • Siapkan loyang brownies yang dialasi dengan kertas roti atasnya
  • Siapkan pengukus dan beri air secukupnya.
  • Masukkan loyang yang berisi adonan.
  • Tutup panci dengan menngunakan serbet agar air tidak menetes.
  • Kukus selama 30- 40 menit.
  • Keluarkan dari loyang dan taburi dengan taburi dengan keju parut dan cream

Nah itu dia resep brownies kukus sederhana dan rasanya pun enak. Semoga Sahabat pada saat membuat nya bisa mendapatkan rasa yang enak dan ketika membuatnya pun tanpa ada kendala apapun.

Saya kira cukup artikel kali ini Sahabat juga bisa mengunjungi web kami tentang seputar resep brownies kukus. Saya kira cukup artikel kali ini terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya tentu dengan resep dan cara membuatnya yang berbeda.