Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk, Wajib Coba Nih!

membat coklat batangan dari coklat bubuk

Hai hai sobat semuanya! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk yang pasti enak dan mudah. Coklat memanglah digemari banyak orang dari anak-anak maupun orang dewasa. Coklat sendiri yang memiliki rasa manis agak gurih dan lezat menjadi salah satu makanan favorit banyak orang.

Coklat juga seringkali menjadi bahan pelengkap pada dessert lainnya, seperti contohnya pada kue, brownies, es krim, donat dan lain sebagainya. Oh iya nih sobat, kalau sobat juga ingin membuat donat atau mungkin memiliki bisnis donat sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat, karena mesin ini efektif dan efisien.

Kembali lagi ke laptop, eh, resep sob heheh…untuk mendapatkan coklat pun sekarang sudah mudah, sobat dapat membelinya di kedai-kedai terdekat. Sobat juga bisa membuatnya dirumah lho, penasaran kan, yuk simak resepnya!

Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk Sederhana

Bahan-bahan:

  • Mentega dengan takaran 170 gram, dilunakkan terlebih dahulu ya sob
  • Cacao powder atau bubuk kakao dengan takaran 220 gram
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Susu cair dengan takaran 100 ml, sesuai dengan kondisi suhu ruangan
  • Air putih biasa dengan takarang 235 ml
  • Gula halus dengan takaran 30 gram

Proses Membuat Coklat Batangan dari Coklat Bubuk Sederhana:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni menyiiapkan sebuah panci dan tuangkan air putih biasa ke dalam panci lalu panaskan. Atur nyala besar atau kecil nyala api agar tidak terlalu mendidih.
  2. Setelah itu, masukkan bubuk kakao dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam mangkuk. Jika kedua bahan sudah dimasukkan, aduk secara terus menerus sampai benar-benar tercampur rata dan menjadi pasta dengan tekstur yang lembut. Untuk menghilangkan gumpalan, sobat harus menggunakan garpu atau blender tangan (hand blender).
  3. Kemudian masukkan adonan yang sudah diaduk tadi ke dalam air, panaskan dan aduk kembali. Tunggu sampai suhu naik dan jangan biarkan sampai mendidih.
  4. Siapkan sebuah mangkuk, tuangkan adonan coklat yang sudah selesai di masak tadi ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan gula pasir dan gula halus ke dalam mangkuk. Gumpalan yang ada harus dihilangkan terlebih dahulu, jika sudah hilang masukkan gula yang sudah di campur ke dalam adonan coklat coklat yang masih panas dan aduk aduk sampai merata.
  5. Agar adonan memiliki tekstur yang lembut, sobat tambahkan susu ke dalam adonan.
  6. Setelah itu sobat tuangkan adonan ke dalam cetakan dengan bentuk sesuai selera sobat. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama satu malam.
  7. Jika adonan coklat batangan sudah set maka coklat batangan siap dihidangkan, selamat menikmati.

Tips Memilih Coklat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Pilih Coklat Hitam

Diambil dari beberapa riset kesehatan, coklat hitam memang memiliki manfaat untuk kesehatan lebih banyak daripada coklat putih. Pada coklat hitam terdapat kandungan flavanol yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Semakin gelap warna pada coklat, maka akan semakin baik coklat yang dipilih.

Pilih Coklat yang Memiliki Kandungan Kakao 60% atau Lebih

Sobat disarankan untuk memilih coklat hitam yang memiliki kandungan kalori 60% atau lebih. Meskipun kebanyakan orang beranggapan bahwa coklatĀ  yang memiliki kandungan kakao 80% memiliki rasa yang pahit.

Manfaat yang kita dapatkan dari coklat, sebenarnya berasal dari biji kakao. Kandungan manfaatnya seperti anti-oksidan dan kandungan gizi lainnya yang terdapat pada biji kakao yang merupakan sumbernya coklat terbuat.

Lebih Baik Jangan Pilih Coklat yang Diproses dengan Alkali atau Dutch Chocolate

Dalam metode pengolahan biji kako mentah menjadi coklat sangat berpengaruh pada kandungan flavanol yang terdapat pada produk akhir coklat. Sedangkan coklat yang diolah dengan menggunakan flavanol sendiri memiliki kandungan flavanol yang rendah.

Pengolahan atau proses pembuatan coklat dengan menggunakan alkali ini juga disebut dengan “dutching”. Jadi sobat kalau bisa sebaiknya jangan memilih coklat yang metode pengolahannya menggunakan alkali ya.

Baca Nilai Informasi Gizi Pada Kemasan Coklat

Informasi nilai kandungan gizi pada coklat yang akan sobat beli sangatlah penting. Karena semakin baik nilai kandungan gizi pada coklat maka juga akan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita sob.

Selesai Sudah Resep dan Tips Seputar Coklat Sobat

Wih…..gimana nih sob, mudah dan sederhana kan? Jadi sobat jangan ragu-ragu membuat coklat batangan sendiri di rumah. Jika sobat ingin melihat detail tentang coklat dan pembuatan coklat batangan yang ain. sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat coklat batangan. Sampai disini dulu ya sob, terimakasih dan sampai jumpašŸ¤—