Resep Olahan Daging Sapi Praktis Dan Enak

Resep olahan daging sapi praktis-Pada ulasan kali ini, saya akan membahas resep masakan daging sapi praktis yang bisa anda coba di rumah.

Bagi anda yang hobi memasak atau suka memasak, resep-resep olahan daging sapi dibawah ini bisa anda coba sebagai menu untuk sarapan di pagi hari, atau bisa menjadi usaha rumahan yang menguntungkan

Daging adalah bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang besar yang menjadi bahan baku makanan.

Daging tersusun sebagian besar dari jaringan otot-otot, ditambah dengan bagian lemak yang melekat , urat, serta tulang rawan.

Sebagai komoditas dagang, daging biasanya disematkan untuk bagian yang berasal dari hewan besar (mamalia) saja.

Jenis daging ini disebut juga daging merah(beef), dan diperdagangkan dalam bentuk potongan-potongan, Sementara itu ikan, amfibi, hewan laut serta unggas tidak termasuk komoditas daging.

karena bisa diperdagangkan secara utuh atau tidak dipotong potong. Daging non-komoditas disebut juga daging putih.

Daging sapi adalah daging yang berasal dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan pada  masyarakat umumnya.

Pada setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung bagaimana cara pengolahannya atau khas daerahnya sendiri-sendiri.

Sebagai contoh khas luar, daging iga dan T-Bone sangat sering digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat untuk bahan baku pembuatan steak.

sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan oleh masyarakat luar negeri.

Daging sapi yang sudah ditrimming atau dihilangkan lemaknya mengandung banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Serta merupakan sumber protein yang sangat baik (mempunyai nilai biologis tinggi, high digestible 94%), sumber kandungan omega-3 rantai panjang (DHA, EPA and DPA).

lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi Yang terserap dengan cepat dan baik dibanding zat besi dari pangan nabati), seng, fosforus, selenium, mengandung kadar lemak yang relatif rendah, serta memiliki kadar komposisi kolesterol yang sesuai untuk tubuh.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Dalam Daging Sapi

Daging sapi memang memiliki kandungan gizi  sangat tinggi dan lengkap oleh karena itu daging sapi sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan tubuh dan kesehatan manusia.

seperti yang kita semua tau bahwa daging sapi tergolong dalam daging merah yang banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia pada umumnya daging sapi bisa dibilang lebih special dari pada daging kambing.

dan pastinya daging sapi paling banyak digunakan dalam pengolahan  daging halus diantaranya pembuatan bakso, lemper isi daging, roti isi daging, dll.

Daging sapi juga tidak memiliki bau yang menyengat atau prengusjadi cocok bila di buat menjadi berbagai olahan masakan yang lezat dan khas.seperti resep olahan daging sapi yang akan kita bahas nanti

Daging sapi memang biasanya diolah menjadi berbagai macam olahan masakan namun akan lebih nikmat lagi bila daging sapi tersebut dihaluskan terlebih dahulu menggunakan mesin giling daging agar lebih halus dan lezat.

dan bisa di olah menjadi sajian masakan apa saja yang lebih nikmat seperti bakso, kornet sapi, lemper isi daging, lontong isi daging, roti isi daging.

namun ada juga olahan daging sapi lainnya seperti dendeng, rendang, steak, bistik, sate,beef burger dan masih banyak lagi.

Untuk bisa membuat olahan kuliner tersebut, tidak semua bagian daging sapi bisa Anda gunakan dan bisa dimakan. Sebab ada beberapa bagian yang kurang pas apabila diolah menjadi sebuah sajian kuliner atau makanan.

Bagian Daging Yang Digunakan Dalam Olahan Daging Sapi 

Memang tidak semua bagian daging sapi bisa diolah menjadi sebuah sajian makanan. berikut bagian daging yang digunakan dalam olahan daging sapi.

  • Iga Sapi

Sebut saja iga sapi, dia tidak cocok diolah menjadi sajian kuliner steak, tetapi lebih cocok manakala kita olah menjadi sup berkuah.

Tujuan mengetahui bagian daging sapi berdasarkan kegunaannya             yaitu agar kita dapat menyajikan kuliner yang lezat dari daging sapi untuk keluarga tercinta dan bisa diterapkan dirumah.

atau anda bisa gunakan pengetahuan tersebut untuk anda terapkan dalam  bisnis dalam membuat sajian kuliner/makanan yang khas atau    yang di sukai oleh masyarakat dari resep olahan daging sapi.

  • Sampil (Chuck)

Sampil merupakan daging sapi yang kurang lunak namun penuh rasa khas karena terdapat kandungan kolagen (protein) yang cukup tingi.Sampil terdapat pada bagian daging paha atas, bahu dan punuk yang ada di sapi.

Untuk mengatasi sifat bagian sampil yang kurang lunak, sampil sebaiknya dimasak dengan cairan yang agak lama dengan tutup panci yang tertutup rata dan biarkan sampai lunak.

Karena harga sampil lebih murah dibandingkan dengan bagian-bagian  lainnya seperti has dalam, maka bagian sampil cocok diolah untuk masakan sehari-hari, seperti bakso, abon, dan semur.

  • Sengkel (shank)

Sengkel terdapat di bagian atas betis sapi yang terlapis oleh daging. Bagian sengkel agak keras dan besar. Sengkel dapat diolah untuk menu kari dan sop tulang.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Daging Sapi Bagi Kesehatan 

Ada banyak sekali khasiat daging sapi yang bisa kita dapatkan, mulai dari mencegah penyakit sampai mengobati. Berikut beberapa manfaat daging sapi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika konsumsi daging sapi.

  • Kandungan Gizi

Daging sapi tak hanya lezat diolah menjadi berbagai macam sajian kuliner saja, namun jenis daging  satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Manfaat-manfaat daging sapi ini bisa kita dapatkan dari kandungan gizi di dalamnya.

Apa saja kandungan gizi daging sapi yang sebenarnya? berikut beberapa gizi yang akan kamu dapatkan dari konsumsi daging sapi yang ada di dalamnya simak dibawah ini:

  • Kalori
  • Protein
  • Zat besi
  • Selenium
  •  Seng dan zinc
  • Vitamin B kompleks
  • Omega 3
  • Zat besi

Zat besi termasuk kedalam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita sendiri. Tanpa zat besi, tubuh tidak akan mampu memproduksi sel-sel darah secara optimal dan lancar.

Sehingga akan menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah). Maka dari itu, cegahlah anemia dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin tapi jangan terus terusan hehe.

Selain dapat mencegah dan mengatasi anemia atau kekurangan darah, konsumsi zat besi juga bermanfaat untuk:

– Mencegah bayi dalam kandungan lahir cacat
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
– Meningkatkan semangat belajar
– Mengoptimalkan proses metabolisme
– Mengatasi lemas, lesu,nyeri saat haid

  • Protein

Seperti kita ketahui bersama, daging sapi yang terkenal dengan kandungan protein di dalamnya yang bagus untuk kesehatan.

Kandungan protein di dalam daging itu sendiri termasuk kedalam jenis protein yang bagus yaitu hewani.

Ada banyak sekali manfaat-mamfaat daging sapi berkat adanya protein ini, mulai dari meningkatkan kecerdasan anak sampai dengan membentuk masa otot kita.

  • Selenium

    Selenium termasuk kedalam antioksidan yang cukup baik untuk meningkatkan sistem  kekebalan tubuh kita terhadap serangan penyakit.

Sebenarnya kandungan selenium yang tinggi tidak hanya terdapat pada daging sapi itu, tetapi juga terdapat daging kambing dan telur.

  • Seng dan zinc

Apakah kamu memiliki masalah seputar reproduksi? Jika benar, maka konsumsilah daging sapi secara rutin agak dapat mengatasi masalahmu seputar reproduksi.

Menurut penelitian yang dilakuka oleh WHO, daging sapi mengandung senyawa seng dan zinc yang cukup tinggi dan bagus untuk kesehatan.

Kedua kandungan gizi seng dan zinc daging sapi inilah yang menjadikannya sangat bermanfaat untuk menjaga sistem reproduksi pria  dan wanita.

Untuk pria, kandungan seng dan zinc dapat membuat kualitas sperma menjadi meningkatdan bagus. Sedangkan untuk wanita sangat berperan dalam menjaga sel telur dan menormalkan siklus mentruasi pada wanita.

  • Vitamin B Kompleks

Manfaat daging sapi selanjutnya yaitu berasal dari kandungan nutrisi vitamin B kompleks.

Menurut para ahli-ahli  gizi, kandungan vitamin B kompleks sangatlah baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak) agar dapat bekerja secara maksimal.

Dengan kata lain, khasiat daging sapi untuk kecerdasan sangatlah besar sekali.

  • Omega 3

Kandungan gizi asam lemak omega 3 yang ada di sapi. Manfaat omega 3 ada banyak sekali, mulai dari menjaga kinerja jantung, hati, dan bagian otak sangat bagus mengksumsi daging sapi.

Dalam 150 gram daging mengandung sekitar 30 gram asam lemak omega 3. Oleh sebab itu, jika ingin tubuh dan otak kita tetap bekerja secara optimal, konsumsilah daging sapi secara rutin setiap hari.

Dampak Negatif Makan Daging

1.Sembelit

Saat makan daging sapi terlalu banyak, pria akan cenderung makan nasi atau sayur yang mengandung banyak serat. Hanya dengan daging sapi saja mereka sudah merasa kenyang.

Bahkan sangking kenyangnya mereka jadi mengubah diet jadi tinggi protein dan juga lemak.

Pria yang mengonsumsi terlalu banyak daging bisa mengalami sembelit atau konstipasi. Tidak adanya serat di dalam tubuh menyulitkan pria buang air besar sehingga perut sakit dan terasa membesar/kembung.

2.Dehidrasi

Setiap harinya kebutuhan protein pria berbeda-beda. Kalau mereka sedang membentuk otot atau menurunkan berat badan, kebutuhannya bisa tinggi/banyak. Namun, tetap pada batas normalnya.

Kalau sampai konsumsi daging merahnya berlebihan, dehidrasi bisa dialami oleh pria itu sendiri. Itulah kenapa mereka yang diet ketogenic disarankan minum banyak air.

Saat tubuh menerima banyak protein, ginjal akan memproduksi urine yang keluar sedikit lebih kental.

Hal ini dilakukan karena air dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak. Perbanyak air putih setiap hari minimal 9 gelas perhari.

3.Bau tubuh tidak sedap

Bau tubuh dari pria memang dipengaruhi terhadap apa yang mereka makan . Kalau pria mengonsumsi banyak buah dan sayur, tubuhnya akan jarang bau khususnya saat berkeringat pun.

Kalau mereka banyak mengonsumsi daging sapi merah setiap harinya. Peluang badan bau tidak sedap akan tinggi sehingga pria disarankan untuk memakai parfum/wangi-wangian.

4.Sakit kepala

Mengonsumsi daging sapi terlalu banyak juga menyebabkan pusing kepala pada pria.

Rasa pusing ini bisa terjadi karena dehidrasi yang berlebihan. Kalau pria tidak menyuplai tubuh dengan air, rasa pusing akan terus naik dan terasa semakin pusing.

Selanjutnya, rasa pusing juga bisa disebabkan oleh naiknya tekanan darah/darah tinggi  akibat terlalu banyak makan daging yang mengandung lemak.

Rasa pusing jenis ini harus segera diatasi agar tidak menyebar ke mana-mana segera ke dokter/tempat pengobatan.

5.Capai berlebihan

Pria yang mengalami dehidrasi berlebih dan rasa pusing akibat tubuh dehidrasi juga akan mengalami cape yang berlebihan.

Rasa cape ini bisa menyebabkan pria susah berkonsentrasi dengan pekerjaannya. Selain itu, ada kemungkinan pria jadi susah melakukan seks karena energi yang terus anjlok/menurun.

1.Resep Cincang Daging

Cincang daging merupakan masakan umum yang banyak disajikan di rumah makan padang karna makanan ini khas minang. ini adalah resep olahan daging sapi yang praktis.

Resep cincang daging ini atau bisa juga disebut dengan daging cincang, merupakan masakan daging dengan kuah santan kental yang hampir menyerupai gulai bukan gula yah.

namun daging yang dipakai biasanya daging sapi yang memiliki banyak lemak.

Masakan ini memiliki aroma wangi dan khas, juga memiliki rasa yang gurih dan lezat sedikit berlemak. Selamat mencoba resep olahan daging sapi praktis.

Bahan-Bahan Dalam Resep Cincang

Bahan Utama :

  • 800 gram daging sapi (campur dengan yang berlemak atau bisa juga tetelan daging)
  • 1 liter air, untuk merebus
  • 2 ruas ibu jari lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 sdm kecap manis
  • 4 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah
  • 8 butir kemiri, sangria
  • 1 sdt adas manis, sangria
  • ¼ butir pala
  • ½ sdt merica bulat
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Cuci bersih daging sapi, kemudian potong kecil-kecil , sisihkan.
  2. Didihkan air, masukan daging dan biarkan men didih.
  3. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk tua dan daun salam hingga harum. Angkat, masukan tumisan bumbu ini ke dalam rebusan daging yang sedang mendidih. Tambahkan kecap manis, aduk.
  4. Kecilkan apinya, teruskan memasaknya sambil sesekali diaduk, hingg kuah menyusut dan daging empuk serta meresap dengan bumbunya.
  5. Angkat dan sajikan hangat.

Makanan yang mengandung lemak memang lezat tapi disarankan untuk tidak memakan makanan berlemak terlalu sering/tiap hari karna bisa berefek samping.

jangan lupa juga setelah makan makanan yang berlemak, makan juga sayur dan buah yang banyak, dibarengi dengan olah raga yang teratur agar tubuh tetap sehat an bugar.

selamat mencoba dan simak resep olahan daging sapi selanjutnya.

2. Resep Rendang

resep olahan daging sapi praktis

Sajian asli dari Sumatera Barat ini pernah disebut sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. ini adalah resep olahan daging sapi praktis yang bisa anda coba dirumah loh.

Karena kelezatannya, tak heran jika salah satu negara tetangga mengklaim rendang sebagai masakan tradisional mereka waw bukan.

Rendang padang memiliki berbagai macam jenis berdasarkan bahan baku utamanya jadi tergantung kita.

Ada resep olahan daging sapi rendang daging, telur, belut, itik/bebek, bahkan jengkol atau yang biasa disebut jariang oleh masyarakat Minang/padang.

Kebanyakan orang malas memasak rendang padang karena membayangkan prosesnya yang rumit untuk memasaknya jadi orang memilih untuk beli.

Padahal proses rumit tersebut sangat sepadan dengan hasilnya. Jika diolah hingga benar-benar kering, lalu dikemas dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam freezer/kulkas.

rendang padang bisa bertahan hingga berbulan-bulan loh jadi tidak ush takut basi. Anda bisa mengolahnya dalam jumlah agak banyak, dan menghangatkan sedikit-sedikit saat ingin makan berlauk rendang.

Berikut ini kami sajikan resep rendang daging asli padang yang bisa anda coba hebat kan minang .

Bahan – Bahan Dalam Resep Rendang :

Bahan Utama :

  • 600 gram daging sapi, potong menjadi 10
  • 700 ml santan kental, dari 1.5 butir kelapa
  • 400 gram baby potato
  • 6 sdm minyak goreng
  • 400 ml air

Bumbu Halus :

  • 11 buah cabai merah iris
  • 7 butir bawah merah
  • 4 siung bawah putih
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 4 cm lengkuas
  • 1 sdm garam

Bumbu lainnya:

  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 batang serai
  • 2 butir asam kandis

Langkah – Langkah Dalam Cara Membuat Rendang :

  1. Tumis bumbu hingga harum, masukkan daging, aduk hingga berubah warna dan kental. Masukkan daun kunyit, serai, dan asam kandis. Aduk perlahan.
  2. Tuangkan air dan masukkan potato. Masak hingga air mendidih. Aduk perlahan sesekali.
  3. Masukkan santan, masak dengan api sedang. Biarkan hingga daging empuk, kuah kering, dan berminyak. Angkat dan sajikan.

Mudah bukan membuat resep rendang daging hehe? Jika ingin resep olahan daging sapi untuk rendang, anda bisa menggunakan bumbu giling segar yang dijual di pasar pasar untuk memasak rendang daging ini.

Dan jika imgin mencoba resep olahan daging sapi lainya coba lihat artikel lainya yaitu resep resep daging sapi lada hitam.

Bumbu giling segar akan menghasilkan masakan yang lebih lezat jika dibandingkan bumbu instan yang dijual dipasar atau toko.

jangan lupa bercerita tentang pengalaman anda selamat mencoba resep olahan daging sapi praktis.terimakasih dan selamat membaca cek artikel lainya di usaha rumahan.