Cara Membuat Bolu Ketan Hitam yang Bisa Anda Coba Dirumah

Cara membuat bolu ketan hitam

Cara membuat bolu ketan hitam- Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana Cara membuat Bolu ketan hitam yang enak.

Bolu atau biasa disebut kue bolu (dari bahasa Portugis: bolo; bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur.

Kue bolu dan cake biasanya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake yang dihias menggunakan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pada pesta ulang tahun.

Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu bagian acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan fungsi cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan nasi tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau lingkaran yang dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau berisi selai disebut bolu gulung. Berbagai jenis  puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan pada dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

Manfaat Kue Bolu bagi Kesehatan

Manfaat Kue Bolu bagi Kesehatan

Berbicara tentang makanan ini dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang mantap, sehingga membuat anda menjadi ketagihan untuk mencobanya.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual dimana-mana, namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat roti bolu ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Bagus untuk kesehatan mata

Khasiat roti bolu yang pertama yaitu bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata. Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda.

Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknya anda mengonsumsi makanan ini yang bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata supaya lebih baik.

2. Membantu program diet

Jika anda mempunyai berat badan berlebihan, tentu anda ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun  caranya. Dalam hal ini diet merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasikan sehingga tidak berdampak buruk bagi kesehtan.

Di dalam menurunkan kesehatan badan, ternyata dengan mengonsumsi roti bolu merupakan salah satu solusi bagi penurunan berat badan anda.

3. Bagus bagi kesehatan tulang

Roti bolu di dalamnya memiliki kandungan vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk mebantu penyerapan kandungan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika maknanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Kekebalan tubuh

kandungan selenium yang ada di dalam roti bolu sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Perlu anda ketahui banyaknya beragam jenis penyakit, sebaiknya diantisipasi dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti makanan ini serta melakukan olahraga secara rutin.

5.Pembentukan otot

Roti bolu memiliki senyawa protein cukup tinggi yang dapat digunakan di dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot. Karena di dalam pengelolahan makananan ini banyak di fermentasikan dengan berbagai macam makanan yang bermanfaat, salah satunya telur yang ada di dalam makanan ini. sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi anda yang sedang proses pembentukan otot.

6. Untuk pemeliharaan sel tubuh

Roti bolu juga berguna untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa protein. Sedangakan protein memiliki peranan yang sangat baik untuk memproduksi dan mengantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

7. Pemeliharan sel tubuh

Kandungan yang ada di dalam makanan ini dapat membantu anda di dalam proses metabolisme tubuh. Metabolisme akan membentuk tubuh yang sehat karena semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi serta pengolahan berbagai zat yang masuk ke organ tubuh bisa di lakukan dengan baik.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Roti bulu juga dapat menjadi zat yang penting untuk meningkatakan kekebalan tubuh anda. Sistem imunitas mendapat dukungan dan berbagai jenis organ tubuh yang sehat, tubuh mampu melindungi dari serangan parasit, kuman serta bakteri. Selain itu, makanan ini juga bisa meningkatkan kemampuan sistem syaraf anda.

9. Menghasilkan tenaga

Kandungan yang ada pada  roti bolu ini juga bisa menjadi zat yang sangat baik untuk membantu pembentukan tenaga.

10. Meningkatkan kesehatan jantung

Senyawa yang ada pada roti bolu ini mempunyai manfaat untuk membentuk perlindungan khusus untuk tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol di dalam tubuh.

Kemudian senyawa tersebut bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, kandungan yang ada di dalam makanan ini penting untuk membuat kesehatan jantung anda sehat.

Beras Ketan Hitam merupakan bahan  makanan yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Beras Ketan Hitam juga mengandung energi sebesar 356 kilo kalori, protein 7 gram, karbohidrat 78 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 10 miligram, fosfor 148 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Selain itu di dalam Beras Ketan Hitam juga mengandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,2 miligram serta vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut diperoleh dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Beras Ketan Hitam, dengan jumlah yang bisa  dimakan sebanyak 100 %.

Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan

 

Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan

  • Menunjang daya tahan tubuh

Salah satu manfaat ketan hitam bagi kesehatan yaitu efeknya dalam membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Bahkan, menurut riset sebuah universitas, ketan hitam mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan beras merah untuk hal ini.

Kemampuan ketan hitam tersebut mungkin saja terkait dengan tingginya kandungan vitamin E di dalamnya. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin E juga melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangan  radikal bebas.

Hal ini juga mungkin terkait dengan tingginya kandungan antosianin di dalam beras ketan hitam. Bahkan, kandungan antosianin yang merupakan antioksidan ini, lebih tinggi pada ketan hitam daripada dalam bluberi.

  • Melawan kanker dan penyakit jantung

Ternyata manfaat beras ketan hitam juga dianggap bisa digunakan untuk membantu melawan penyakit kanker dan penyakit jantung. Terkait manfaat tersebut, seorang ahli mengatakan bahwa, kandungan antosianin pada beras ketan hitam yang berperan penting.

Antioksidan diprediksi berperan penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL, sehingga turut berkontribusi dalam upaya melawan penyakit jantung.

Selain itu, antioksidan juga memiliki fungsi sebagai  antiradang dan antikanker. Antosianin sebagai antioksidan diketahui bisa menurunkan risiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung. Namun penemuan mengenai sifat antikanker dari zat ini, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Ketan hitam termasuk ke dalam gandum utuh, sehingga kandungan seratnya yang cukup tinggi. Serat sangat penting dalam menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan dalam tubuh.

Selain itu, serat juga bisa membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, serta kolest Menurut penelitian, beras ketan hitam juga mempunyai efek probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

  • Mencegah anemia

Ketan hitam juga mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan penyakit anemia atau kekurangan darah.

Karena itu, mengonsumsi ketan hitam dipercaya bisa mengurangi risiko terkena anemia akibat kekurangan zat besi. Tetapi, hal ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

  • Membentuk sel dan jaringan

Ketan hitam juga kaya akan kandungan protein, sehingga bisa menjadi alternatif sumber protein nabati. Protein penting dalam membentuk sel dan membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit serta tulang.

  • Pewarna alami makanan

Ternyata, pigmen warna di dalam beras ketan hitam dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam pengolahan makanan, mulai dari merah muda sampai hitam. Memakai pewarna makanan yng berasal dari ketan hitam akan lebih baik bagi kesehatan karena merupakan bahan pewarna alami, daripada  memakai pewarna buatan.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman dengan bahan pewarna buatan berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko kanker, hiperaktif pada anak-anak, serta alergi.

Resep Cara Membuat Bolu Ketan Hitam

Dibawah ini adalah resep cara membuat bolu ketan hitam. Bagaimana Cara membuat bolu ketan hitam yang enak dan lezat?

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet susu bubuk
  • 6 butir telur ayam
  • 1 Sdt emulsifier
  • 200 ml minyak goreng

 

Langkah-langkah Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang

  1. Panaskan Oven
  2. Campur tepung ketan hitam dan susu bubuk.
  3. Diwadah yang lain, mixer telur, gula pasir dan emulsifier dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, berjejak dan putih pucat.
  4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan susu bubuk secara bertahap, mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.
  5. Lalu masukkan minyak goreng, mixer sebentar saja.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di olesin dengan margarin.
  7. Panggang selama 35 menit dengan suhu 160 derajat. (Jangan lupa lakukan tes tusuk).
  8. Setelah matang keluarkan dari oven dan tunggu sampai dingin baru di keluarkan dari loyang.
  9. Sajikan bolu ketan hitam panggang.

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang Empuk dan Lembut

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang Empuk dan Lembut

Bahan-bahan

  • 8 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier (tbm/ovallet/sp)
  • 250 gr tepung ketan hitam
  • 175 ml minyak goreng

     

Langkah-langkah Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Panggang Empuk dan Lembut

  1. Siapkan semua bahan sesuai takaran diatas, panaskan oven dgn api besar..siapkan loyang yg sudah di oles carlo (minyak, margarin, terigu = 1:1:1)atau bisa jg olesan margrin yg ditaburi terigu tipis2.
  2. Kocok dengan kecepatan tinggi dengan mixer telur, gula, dan ovallet..sampai mengembang skitar 3x lipat,kental, berjejak (bagian ini penting dan harus digaris bawahi) artinya hasil kocokan kalo kita angkat mixer membentuk jejak2 yg jejaknya aga lama menghilang dr permukaan adonan.
  3. Kemudian matikan mixer.
  4. Masukkan tepung ketan hitam bertahap, aduk dengan spatula hingga rata.
  5. Kemudian masukkan minyak goreng pakai metode aduk lipat, jangan sampai ada minyak yg mengendap di bagian bawah, nanti bantat, jadi harus bener-bener homogen.
  6. Tuang ke loyang yg sudah dioles carlo sebelumnya, hentakan loyang agar gelembung hilang.
  7. Kecilkan ke api sedang, sesuaikan dgn kompor dan oven masing-masing panggang sekitar 40 menit.
  8. Tes tusuk, jika sudah tidak ada kelakat siap dikeluarkan, angin hingga sedikit hangat..baru keluarkan dari loyang.

3. Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus

Bahan-bahan

  • 10 sdm tepung ketan item
  • 1 sdm maizena
  • 4 butir telur
  • 8 sdm gula pasir
  • 1 sdt SP
  • 1/2 sct SKM putih
  • 3 SDM margarin (cairkan)
  • 1/2 sct santan kara yg 65 ml,kalo pgn lebih gurih semuanya jg boleh

 

Langkah-langkah Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus

  1. Dalam wadah mixer telur, gula,sp sampe putih mengembang.
  2. Lalu tambahkan tepung ketan item,maizena,susu,santan,mix lagi sebentar sampai tercampur dg kecepatan rendah.
  3. Setelah tercampur masukkan margarin yg sudah dicairkan dan di dinginkan ya,lalu aduk sampai rata dan jangan sampai mengendap dibawah margarin nya ya.
  4. Tuang adonan kedalam loyang yg sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung,lalu kukus selama 30 menit dg api sedang.
  5. Untuk tes kematangan tusuk pake garpu ato pisau jg boleh,kalo udah ga nempel berarti udh matang,angkat dan tiriskan.
  6. Siap disajikan ya lembut dan ga kasar.

4. Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Pandan Kukus

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Pandan Kukus

Bahan-bahan

  • 6 butir telur utuh
  • 200 gr terigu protein sedang
  • 200 gr tepung ketan hitam
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdt SP
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1 sachet skm putih
  • secukupnya Pasta pandan
  • 100 ml minyak goreng untuk lapisan ketan hitam
  • 100 ml minyak goreng untuk lapisan pandan
  • 150 ml santan instant untuk lapisan ketan hitam
  • 150 ml santan instant untuk lapisan pandan

 

Langkah-langkah

  1. Mixer telur, gula, sp, garam sampai putih kental dan berjejak.
  2. Beri skm putih aduk balik dengan spatula hingga rata kemudian bagi menjadi dua bagian.
  3. Wadah pertama beri tepung ketan hitam yang sudah di ayak aduk balik dengan spatula masukan secara bertahap minyak sayur dan santan aduk balik perlahan lahan.
  4. Pada wadah kedua beri tepung yang sudah diayak aduk balik dengan spatula beri pasta pandan masukan santan dan minyak sayur secara bertahap sambil di aduk balik perlahan lahan.
  5. Tuang adonan ketan hitam setengah cetakan yang sudah di olesi dengan minyak goreng tipis saja kukus selama 5 menit.
  6. Kukusan sebelumnya di panaskan dulu ya.Tuang adonan pandan di atas lapisan ketan hitam kukus lagi selama 15 menit.
  7. Lakukan sampai adonan habis.

5. Cara Membuat Bolu Ketan Hitam kukus Toping Keju

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam kukus Toping Keju

Bahan-bahan

  • 1 gls tepung ketan
  • gula pasir 1 gls
  • 1 gls tepung terigu
  • 3 btr telur
  • 1 gls air santan
  • minyak sayur 1 gls
  • 1 sdt tbm
  • Keju untuk toping

 

Langkah-langkah Cara Membuat Bolu Ketan Hitam kukus Toping Keju

  1. Kocok dgn kecepatan tinggi telur,gula,tbm sampai putih berjejak.
  2. Kemudian matikan mixer masukan tepung ketan dan terigu aduk menggunakan sepatula.
  3. Masukan air santan sedikit sedikit aduk perlahan.
  4. Masukan minyak sayur aduk sampai benar tercampur semua adonan.
  5. Lalu tuang ke dlm loyang yg sudah di olesi minyak sayur dan di taburi tepung terigu biar nanti bolu gk lengket di loyang.
  6. Masukan ke dalam panci yg air nya sudah mendidih tutup jangan lupa tutup panci nya pakai serbet biar gk ada air yg menetes ke adonan.
  7. Kemudian kukus dengan api sedang tes kematangan aku tusuk pakai tusuk sate klau dah gk ada adonan yg menempel berarti dah matang angkat.
  8. Lalu taburi dengan parutan keju selagi panas enak klo di nikmati bersama teh anget.
  9. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Nah bagaimana resep-resep yang ada diatas? semoga resp-resep tersebut bemanfaat bagi para pembaca semua.

Jika anda ingin membaca ulasan-ulasan tentang usaha yang bisa anda buat dirumah, silahkan klik di usaha rumahan.