Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Teman-teman mau tau peluang usaha dengan modal kecil yang menjanjikan kebetulan saya memiliki contoh peluang usaha dengan modal kecil yang menjanjikan.

Usaha kecil merupakan usaha yang memiliki jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995 kategori usaha kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 belum termasuk tanah dan bangunan, penjualan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 milik warga indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain yang berdiri sendiri, dan di bentuk usaha perorangan, badan usaha, atau koprasi.

1.Membuka Cucian Motor

Coba lihatlah di sekeliling daerah Anda, hampir semua orang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian. Karena berbagai kesibukan yang sangat jarang orang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri.

Jika kita jeli, hal tersebut merupakanpeluang usaha yang tidak pernah kehilangan konsumen. Anda bisa memulai bisnis dengan membuka cucian motor.

Anda juga bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau mencari tempat yang strategis untuk mendirikan usaha anda tersebut.  Dan anda pun tidak begitu membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya. Manfaatkan relasi anda di kantor, atau teman-teman Anda untuk menjadi pelanggan sekaligus membantu anda  untuk mepromosikan bisnis tersebut.

Selagi masih banyak orang yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian, maka bisnis dengan modal yang kecil ini akan selalu memiliki pelanggan potensial.

Simulasi Modal Awal Membuka Cucian Motor

  • Pembuatan tempat  Rp 2.000.000
  • Peralatan steam        Rp 4.000.000
  • Biaya operasional     Rp 700.000
  • Total                               Rp 6.700.000

Dalam satu hari dikira kira bisa mencuci 10 unti sepeda motor dengan harga percuci Rp 10.000  untik per unit. Rincian keuntungan yang dapat diperoleh dalam satu bulan yaitu :

  • 10 sepeda motor  Rp 10.000    = Rp 100.000
  • Rp 100.000  1 bulan (30 hari)   = Rp 3.000.000

Keuntungan bersih yang diperoleh dalam satu bulan yaitu:

  • Rp 3.000.000 – Rp 700.000        = Rp 2.300.000

2.Usaha Pangkas Rambut di rumah

Peluang usaha dengan modal kecil

Membuka jasa pangkas rambut bisa menjadi peluang menarik untuk Anda yang punya ketrampilan tersebut dan ingin membuka usaha. Jika tidak, Anda bisa mempekerjakan satu atau lebih karyawan terampil untuk mengelola bisnis Anda ini.

Pangkas rambut juga bisa menjadi usaha rumahan yang mendatangkan omset yang lumayan jika dikelola secara serius. Apalagi jika Anda mampu memberikan Pelayanan yang menarik  bagi pelanggan yang setiap bulannya akan menyetorkan pundi-pundi rupiah ke dompet Anda.

Anda pun tak perlu modal yang mahal untuk memulai usaha ini , cukup dengan merenofasi ruangan rumah atau dengan membuatnya di halaman rumah Anda sudah bisa memiliki tempat pangkas rambut yang siap beroprasi.

Tips Usaha Pangkas Rambut di rumah

  1. Melihat kompetitor
  2. Tempat strategis
  3. Ruangan yang nyaman
  4. Pelayanan cepat dan ramah
  5. Menentukan tarif jasa cukur rambut
  6. Sabar, ulet, kerja keras dan pantang menyerah

3. Membuka Usaha Warung Nasi

Selain minuman, usaha yang tak akan pernah sepi peminatnya adalah membuka warung nasi di rumah. Dengan ketrampilan memasak dan tata ruangnya yang nyaman, usaha warung nasi ini  pasti akan selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan.

Meskipun usaha ini banyak saingannya, namun tetap saja Anda tidak akan kehilangan pelanggan karena segmentasinya yang menyasar semua orang.

Anda cukup mudah melihat segmen pasar mana yang akan Anda ambil, mereka kelas menengah ke atas, atau yang menengah ke bawah.

Usahakan segmentasi pasar yang anda ambil yang berbeda dengan pesaing terdekat anda . Tentu agar dapat meminimalisir kerasnya persaingan di awal – awal mwmbuka usaha .

Membuka Usaha Warung Nasi

  • Lebih mengorbankan banyak waktu
  • Resiko rugi dan gagal yang cukup tinggi
  • Pemasukkan yang tidak menentu

Nah gaes, kalo boleh saya sarankan kalian juga harus membaca cara membuat kue yang mudah dan sangat simpel

4. Membuka Jasa Jahit Di Rumah

Jika anda memiliki keahlian dlam menjahit,  maka Anda tak perlu ragu untuk membuka usaha jasa jahit pakaian. Ini juga salah satu usaha yang abadi, maksudnya usaha yang tidak akan pernah kehilangan konsumennya.

Bagaimana tidak, model pakaian yang terus berkembang, pakaian kesayangan yang rusak, serta mengubah ukuran hingga bentuk pakian yang baru saja dibeli adalah kegiatan yang sering dilakukan banyak orang.

Untuk meningkatkan omset, Anda bisa menjajakan jasa ini secara keliling dari daerah ke daerah. Anda juga bisa mencari beberapa tenaga terampil untuk membantu memperluas jejaring pelayanan.

Beberapa tahap yang harus di lakukan Membuka Jasa Jahit Di Rumah

  • Mengasah skill menjahit
  • Menyiapkan alat jahit
  • Membuat papan nama / merek

5.Membuka Usaha Laundry

Saat ini banyak orang yang bekerja dari pagi hingga malam. Sehingga banyak tugas rumah tangga yang terbengkalai. Termasuk urusan cuci mencuci. Ini lah yang menjadikan laundry sebagai ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi apabila Anda tinggal di kawasan yang ramai dengan kosan mahasiswa atau pegawai, mengingat mereka tidak memiliki waktu, tenaga, atau niat untuk mencuci pakaian hariannya sendiri.

Untuk menyasar pasar mahasiswa mungkin Anda bisa memasang tarif per kilogram yang cocok bajet mahasiswa. Namun apabila Anda terkendala oleh modal untuk membeli mesin cuci dengan segala kebutuhan lainnya, Anda bisa memulainya dari  menjadi agen laundry lain terlebih dahulu.

kelebihan Membuka Usaha Laundry

  • Memulai bisnis laundry dengan modal kecil
  • Tidak pusing mengenai lokasi usaha
  • Bisa dikerjakan di rumah
  • Bisa dikerjakam sendiri
  • Punya Penghasilan Tetap

6. Membuka Usaha Catering

Bagi kalian yang memiliki kegemaran atau antusiasme di bidang kuliner, bisnis katering bisa menjadi pilihan yang cukup menjanjikan. Akhir- akhir ini banyak penjual katering besar yang berawal dari usaha rumahan. Dalam memulai bisnis katering bukan berarti kita wajib memiliki ahli dalam memasak.

Banyak dari pengusaha kuliner yang sejatinya tidak mahir memasak, namun memiliki selera yang tepat. Jadi, Anda hanya perlu menemukan juru masak yang tepat, yakni juru masak yang memiliki kesamaan visi, selera, dan etos kerja dengan Anda. Memulai bisnis katering dimulai dari jumlah yang kecil, seperti misalnya bekal untuk anak sekolah dan karyawan, acara pengajian, ataupun menu sehat untuk diet.

Kelebihan Peluang Usaha Catering

  • Menghemat waktu
  •  Harga bisa lebih pasti
  • Jumlah makanan sudah pasti.

7. Membuka Usaha Konter Pulsa Dan Paket Internet

Seiring tingginya kebutuhan akan akses informasi, saat ini hampir semua orang memiliki gedget untuk kehidupan sehari – harinya. Dan itu berarti mereka banyak yang membutuhkan pulsa atau paket internet untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi mereka. Sehingga keputusan Anda untuk menjatuhkan pilihan pada bisnis ini tidaklah salah.

Mulailah dengan menjadi downline pulsa, sambil mencoba menawarkan paket perdana internet pada orang-orang di sekitar Anda agar mereka tetarik. Jika ini berjalan lancar, Anda bisa segera membuka warung pulsa dan paket internet ini.

kelebihan Peluang Usaha Konter Pulsa Dan Paket Internet

  1. Modal usaha yang ringan
  2. Tidak memerlukan tempat khusus
  3. Minim akan resiko
  4.  Pangsa pasar yang luas dan sangat dibutuhkan
  5. Dapat dipromosikan dengan cara yang mudah

8. Membuka Usaha Rental Motor

Apabila Anda tinggal di dalam kota yang merupakan destinasi wisata, maka rental motor merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang sangat bagus. Kebanyakan turis, terlebih lagi turis luar negeri, lebih memilih motor sebagai moda transportasi. Selain mudah digunakan, mereka tidak harus membiasakan diri dengan mobil setir yang berada di kanan khas Asia. Selain itu, rental motor pun lebih murah. Jadi para wisatawan dapat menekan biaya seminimal mungkin, atau mengalihkannya untuk kepentingan yang lain.

Cara Meminimalisir Resiko Usaha Rental Motor

  1. Memperketat Persyaratan Peminjam Motor
  2. Menambah Alat Pelacak di Motor
  3. Menilai Calon Peminjam
  4. Bekerjasama dengan sesama Pengusaha Rental

9. Membuka Usaha Rental Mobil

Saat ini, sudah banyak orang yang menjalankan bisnis rental mobil di rumahnya masing – masing. Tidak memiliki parkiran yang luas pun bukan menjadi halangan karena banyak pula pengusaha rental mobil yang hanya memiliki satu atau dua mobil. Mobil lainnya mereka dapatkan dari orang lain yang menitipkan mobil untuk disewakan untuknya. Apabila rumah Anda memiliki lahan parkir yang luas, itu akan menjadi nilai tambah karena semua mobil yang Anda sewakan berkumpul di satu lokasi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam hal menyewakan mobil ke klien kalian.

Cara meminimalisir Usaha Rental Mobil

  1. Memperketat Persyaratan Peminjam Mobil
  2. Menambah Alat Pelacak di Mobil
  3. Menilai Calon Peminjam
  4. Bekerjasama dengan sesama Pengusaha Rental
  5. Gunakanlah Supir

10.Membuka Usaha Toko Roti

Toko Roti adalah salah satu ide bisnis rumahan yang pada akhi-akhir ini. Dalam memulai suatu bisnis toko roti buat rumahan, tidak terlalu banyak peralatan yang dibutuhkannya. Memulainya dengan cara menjual atau menitipkan roti, macam-macam kue, maupun cookies di warung-warung sekitar terlebih dahulu. Setelah itu, perlahan naik dengan menyasar peluang yang lebih tinggi seperti penyedia snack kantor, lalu menjadi supplier cafe. Banyak pula toko roti besar yang berawal dari industri rumahan sebelum memiliki toko sendiri.

Manfaat Bagi Kesehatan Roti

Roti mengandung zat yang bermanfaat contohnya seperti vitamin B1, vitamin B2, dan niasin serta sejumlah mineral berupa zat besi, yodium, kalsium, dan kandungan mineral lainnya. Tingginya kandungan serat dalam roti gandum juga sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh.

 11.Membuka Usaha Air Isi Ulang

Mendirikan usaha air isi ulang adalah usaha dengan peluang menjanjikan, hal ini karena kebutuhan akan minum menjadi kebutuhan wajib setiap orang.

Umumnya masyarakat sekarang menggunakan air galon untuk keperluan minum sehari-hari, sehingga membuka usaha bagi air isi ulang adalah pilihan yang bagus.

keuntungan Membuka Usaha Air Isi Ulang

  1. Modal kecil
  2. Untung besar
  3. Simple dan praktis
  4. Tidak membutuh tempat yang luas
  5. Mudah mendapatkan pasokan

12. Membuka Usaha Mie Ayam Yang Berbeda Dan Inovatif

Mie ayam dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang rasanya lezat, apalagi dikonsumsi saat cuaca sedang hujan. Berjualan mie ayam juga mempunyai  daya tarik yang tinggi karena disukai oleh berbagai kalangan .

Anda bisa menambah kreasi anda agar mie ayam Anda berbeda dengan produk pesaing.

Misalnya mengubahnya menjadi mie ayam kriyik dengan menambahkan usus dan kulit ayam goreng pada mie yang siap saji atau memposisikan mie hingga membentuk “love” untuk kemudian dinamakan mie ayam cinta bisa dicoba.

Biaya Operasional yang Dibutuhkan Membuka Usaha Mie Ayam Yang Berbeda Dan Inovatif

  1. Gas untuk kompor
  2. Upah tenaga kerja
  3.  Rekening listrik (bila ada)
  4.  Kemasan plastik
  5. Transportasi
  6. Pulsa telepon khusus usaha
  7. Biaya bahan penunjang seperti saos sambel, kecap asin, dan sebagainya
  8. Risiko kerusakan/mi ayam pangsit tersisa

13. Membuka Usaha Toko Kelontong

 jangan memandang sebelah mata usaha yang satu ini. Meskipun sekilas hanya memberikan keuntungan yang kecil, namun ini adalah usaha rumahan yang tidak akan pernah sepi pembeli.

Setiap hari semua keluarga menggunakan sejumlah uangnya untuk berbelanja di Warung kelontong semacam ini.

Jadi ini adalah usaha rumahan dengan strategis dan cukup mudah

Kelebihan Membuka Usaha Toko Kelontong

  • Tidak Mengeluarkan Biaya Kios/Toko
  • Memudahkan Pemenuhan Kebutuhan Sehari – Hari
  • Jadi Lebih Memasyarakat

14. Membuka Usaha Jus Buah

Jus buah menjadi minuman primadona bagi mereka yang sadar  kesehatan, karena cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu rasanya yang segar juga membuat para pembeli tertarik dan menyukainya

Membuka usaha jus buah ini juga tidak perlu mengeluarkan modal berjuta-juta. Praktis hanya perlu membeli alat berupa cup sealler, blender untuk memulai bisnis ini dan grobak agar menarik minat pembeli.

Kelebihan Membuka Usaha Jus Buah

  1. alternatif nutrisi bagi tubuh
  2. cocok untuk semua umur dan semua kalangan
  3.  cuaca panas bertambah ramai

15. Membuka Usaha Warung Makan Khusus Take Away Dan Delivery

Membuka warung makan mungkin memerlukan dan pengeluaran yang cukup besar, sebab Anda harus memperhitungkan biaya kebersihan dan pelayanan. Tapi jika Anda memulai bisnis warung makan take away dan delivery, biaya tersebut dapat diminimalisir. Saat ini pun banyak tempat makanan yang mengkhususkan diri untuk take away dan delivery. Anda juga harus memperhatikan jarak maksimum dari delivery. Apabila terlalu jauh, maka tentu saja perlu tambahan biaya.

Kelebihan Membuka Usaha Warung Makan Khusus Take Away Dan Delivery

  1. Anda tidak harus meninggalkan rumah
  2. Tidak perlu usaha
  3. Begitu banyak pilihan
  4. Anda dapat sebuah menu yang berbeda saat hari semakin larut malam
  5. Makanan ini adalah langkah awal solusi untuk mencegah Anda bepergian
  6. Bisa sebagai penawar lapar
  7. Jadi solusi terbaik saat sendiri

16.Membuka Usaha Penyewaan Kostum

Penyewaaan kostum adalah salah satu bisnis yang bisa dijalankan di rumah sendiri. Anda dapat menyewakan kostum untuk berbagai kebutuhan acara. Mulai dari pakaian adat, baju pengantin, baju pesta ulang tahun anak, hingga baju-baju khusus untuk pesta yang glamor. Tentu  Anda harus sesuaikan dengan jumlah modal yang bisa Anda keluarkan.

Untuk mengembangkan bisnis ini memang diperlukan teknik pemasaran yang cukup hebat. Apabila target Anda adalah para pasangan yang akan menikah, maka sebaiknya Anda berkolaborasi dengan katering, penyewa gedung, ataupun penyedia dekorasi. Namun biasanya semua kebutuhan acara resepsi pernikahan dikendalikan oleh pihak katering, jadi sebaiknya Anda mulai bangun hubungan yang baik dengan katering-katering di kota Anda.

kelebihan Membuka usaha Penyewaan Kostum

  1. Anda dapat berhemat beberapa rupiah yang tentu bermanfaat untuk mengisi pos-pos pendanaan yang lain. Menyewa kebaya memang jauh lebih murah dibadingkan harus membuatnya sendiri.
  2. Menyewa kebaya juga lebih praktis karena kebaya yang akan disewa dapat langsung dicoba sehingga Anda tak perlu menunggu lama sampai kebaya jadi. Jika ada kekurangan dapat lagsung ditukar atau dibenahi terlebih dahulu.