Cara Membuat Wajik yang Bisa Menjadi Peluang Usaha

Cara Membuat Wajik Nanas

Pada ulasan kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat wajik yang enak dan bisa anda coba dirumah. Siapa yang tidak kenal dengan wajik? Jajanan yang satu ini sering kita temukan di pinggir-pinggir jalan maupun di pasar-pasar tradisional.

semakin berkembangnya jaman, wajik tidak cuma dijual di pasar-pasar saja, namun wajik juga dijual di Mall-Mall dan mulai dijual secara online. Wajik sering menjadi camilan disaat santai bersama keluarga, teman, maupun orang-orang tersayang.

Wajik merupakan  salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Sebutan wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah.

Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis. Wajik yang terbuat dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga mempunyai bermacam-macam jenis wajik.

Wajik yang paling terkenal yaitu wajik ketan yaitu wajik yang berasal dari beras ketan. Meskipun Kue ini terkenal luas di Indonesia, kue ini juga terkenal di negara tetangga, karena itu kue ini kadang juga diakui sebagai kue khas negara tetangga Indonesia.

Macam-Macam Wajik

Wajik Ketan

Jenis wajik yang biasa di kenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula sampai berminyak dan terasa lembut.

Gula yang digunakan untuk wajik jenis ini biasanya memakai gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda sampai coklat tua. sesudah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris sesuai dengan keinginan pembuatnya.

Bentuk yang sering dibuat adalah bentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa sering disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik. Kue wajik biasanya juga beraroma harum karena dalam pengolahannya memakai daun pandan.

Jenis wajik ketan selain berwarna coklat ada juga yang memiliki warna lain seperti warna hijau dan warna merah muda. Warna hijau pada kue wajik berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji, sedangkan warna merah muda bisa diperoleh dari pewarna makanan.Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula merah namum menggunakan gula pasir.

Wajik Kletik

Camilan ini adalah kue yang diakui khas dari Blitar. Camilan yang satu ini juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan.

Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan yaitu wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot. Kulit jagung akan disetrika agar terbebas dari bakteri dan kuman sehingga wajik menjadi lebih tahan lama.

Wajik Bandung

Nama wajik bandung diambil dari asal daerahnya yaitu kota Bandung. Wajik bandung juga terbuat dari beras ketan, tetapi juga dicampur dengan kelapa parut dan gula. Wajik bandung dibungkus kecil-kecil memakai kertas minyak yang berwarna-warni.

Kertas tersebut yang membuat penampilan wajik bandung menjadi lebih menarik. Perbedaan wajik ketan dan wajik bandung terletak pada teksturnya, pada wajik ketan teksturnya terlihat dominan beras tetapi pada wajik bandung lebih dominan parutan kelapa.

Sejarah Kue Wajik

Wajik merupakan kue yang terbuat dari beras ketan putih yang dimasak menggunakan santan dan gula merah. Tekstur wajik kenyal dan lembut, serta aroma harum dari daun pandan. Wajik merupakan jenis kue Cina peranakan Indonesia.

Negeri Jiran Malaysia mengenal wajik dan menyajikannya setiap perayaan hari besar seperti Lebaran. Wajik Malaysia kaya tekstur dan rasa. Ada yang basah, dan ada yang kering.

Wajik basah seperti layaknya kue wajik Indonesia, teksturnya kenyal dan lembut. Sedangkan wajik kering, teksturnya sedikit keras dan berdetus. Dibuat dalam ukuran kecil, dibungkus dengan kertas minyak warna-warni seperti wajik kletik.

Wajik Malaysia juga kaya rasa, karena wajik mudah divariasikan dengan aneka bahan sehingga tercipta rasa yang  baru, seperti wajik rasa durian. Bagaimana dengan di Indonesia?

Wajik yang selama ini dikenal teskturnya lembut dan kenyal dengan aroma harum. Ada yang menambahkan campuran buah nangka supaya aroma dan rasanya makin lezat.

Akulturasi budaya memungkinkan kue yang senantiasa tersaji setiap perayaan Imlek ini, disuguhkan pula oleh masyarakat dari berbagai daerah, pada hari besar keagamaan atau acara ritual.

Di Indonesia, wajik terkenal berwarna cokelat. Walaupun ada warna merah, hijau  atau cokelat kehitaman, di antaranya dikenal dalam masyarakat Betawi, Jawa dan Bali.

Filosofi Wajik

Adanya wajik dalam hidangan pada pernikahan adat jawa kerap kali dilengkapi dengan adanya jadah.

Wajik yang menggunakan gula merah diidentikkan dengan warna merah pada darah, sedangkan jadah yang tidak menggunakan gula merah diidentikkan dengan warna putih pada sumsum tulang.

Dimana darah dan sumsum merupakan kesatuan kehidupan dalam tubuh. Dengan ini diharapkan sepasang pengantin dapat saling menyatu.

Wajik menggunakan beras ketan yang memiliki sifat yang lengket. Hal ini juga mengharapkan agar kedua pengantin tersebut semakin tidak terpisahkan.

Manfaat Beras Ketan

Manfaat Beras Ketan
Manfaat Beras Ketan

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Konsumsi beras ketan dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Berdasarkan dari sebuah penelitian, mangaan yang terkandung dalam beras ketan dapat menciptakan proteoglikan.

Proteoglikan yaitu protein yang dibutuhkan  tubuh untuk menjaga jaringan tulang serta tulang rawan yang sehat. Dalam satu porsi beras ketan dapat memberikan 28% asupan harian mangaan yang direkomendasikan untuk perempuan.

2. Menjaga Sistem Imun

Kandungan nutrisi dalam beras ketan seperti zinc dan zat besi bisa membantu menjaga sistem imun dalam tubuh. Menurut Linus Pauling Institute, zinc dibutuhkan  oleh hampir 100 enzim yang berbeda dalam tubuh.

Zinc juga membantu sistem imun dengan menstimulasi perkembangan sel darah putih. Sel darah putih tersebut akan bertugas dalam memerangi bakteri. Kekurangan zinc dapat memberikan masalah pada sistem imun.

3. Sebagai Sumber Energi

Dalam 100 gram beras ketan mengandung 362 kkal. Sementara rekomendasi asupan kalori perharinya adalah 2.000 kalori.

Ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi beras ketan memberikan asupan kalori yang cukup tinggi untuk tubuh.

Kalori inilah yang akan diubah menjadi energi yang anda  butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tentu harus memiliki cukup energi agar semua kegiatan anda bisa dilakukan dengan lancar.

4. Mencegah Anemia

Anemia dapat menyebabkan tubuh merasa lemah, letih dan lesu. Anemia ternyata dapat dicegah dengan konsumsi beras ketan. Beras ketan mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan supaya tubuh sehat.

Salah satu nutrisi dalam beras ketan adalah vitamin B6. Vitamin ini dkenal mampu mencegah anemia. Ia membantu membuat sel darah merah sehingga jumlahnya akan tetap seimbang dalam tubuh.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Beras ketan dapat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Terdapat sejumlah fiber dalam beras ketan. Seperti yang kita ketahui, fiber atau serat berperan sangat penting dalam menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Kita membutuhan 25 gram serat dalam sehari. Satu porsi beras ketan dapat memberikan 1,7 gram serat dan ini memberikan 7 persen asupan yang direkomendasikan.

6. Mencegah PMS

Premenstrual syndrome atau PMS sering menjadi masalah bagi wanita setiap bulan. Beras ketan memiliki fungsi dalam mencegah masalah ini. Vitamin B6 yang terkandung dalam beras ketan bisa memberikan dampak pada PMS.

Dalam dosis yang cukup tinggi, vitamin B6 akan meringankan gejala premenstrual syndrome dan morning sickness. Ladies tentu perlu berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengkonsumsi vitamin B6 dalam jumlah tinggi.

7. Menjaga Sistem Metabolisme

Beras ketan menjadi salah satu makanan yang dapat menjaga sistem metabolisme tubuh . Satu porsi beras ketan mengandung sekitar 4% vitamin B kompleks yang ssudah termasuk tiamin dan niacin.

Beras ketan juga mengandung sejumlah mangaan yang bermanfaat membantu menjaga sistem metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik dapat memproses protein, karbohidrat serta kolesterol dalam tubuh.

8. Mengatur Aktivitas Hormon Tiroid

Bahwa beras ketan mengandung selenium. Selenium merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk mengatur aktivitas hormon tiroid dan bermanfaat untuk kelenjar tiroid.

Disamping itu, selenium juga membantu pembuluh darah dapat berfungsi dengan baik. Satu porsi beras ketan mampu memberikan 9,7 mg selenium atau 18% kebutuhan harian yang direkomendasikan.

9. Mencegah Penuaan Dini

Konsumsi beras ketan secara teratur bisa membantu mencegah penuaan dini. Beras ketan mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa yang disebut Gamma Oryzanol ditemukan dalam beras ketan, senyawa ini juga bermanfaat sebagai antioksidan yang kuat.

Senyawa ini mampu menangkal radiasi UV serta mengatur produksi kolagen. Antioksidan sangat penting dalam mengatasi radikal bebas sehingga mampu mencegah penuaan dini.

10. Menghaluskan Kulit

Beras ketan sudah digunakan oleh wanita sejak dahulu untuk kecantikan kulit. Menggunakan beras ketan dalam perawatan secara teratur bisa membantu menghaluskan kulit.

Anda dapat mencoba masker dari beras ketan seperti yang dilakukan wanita dari Indonesia dan Jepang. Kandungan Squalane Oil, vitamin C serta vitamin E dalam beras ketan dapat digunakan untuk menghaluskan kulit.

Resep Cara Membuat Wajik

Cara Membuat Wajik Gula Merah

Cara Membuat Wajik Gula Merah
Cara Membuat Wajik Gula Merah

Bahan-Bahan:

  • ½ kg beras ketan putih.
  • 350 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 1½ gelas Santan kental
  • 1/4 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 200 ml air

Langkah-Langkah Cara Membuat Wajik Gula Merah:

1. Cuci bersih beras ketan, rendam beras sampai terendam selama 2-3 jam. tiriskan.

2. Panaskan kukusan dan kukus beras ketan selama 40 menit hingga 3/4 matang.

3. Ambil panci tersendiri, lalu masak air 200 ml sampai mendidih. Kemudian masukkan beras ketan yang sudah 3/4 matang ke dalam 200 ml air mendidih tersebut. aduk rata hingga air meresap ke beras ketan.

4. Di wajan masak santan, gula merah, gula pasir, garam, daun pandan hingga mendidih. Lalu masukkan adonan ketan, masak dan aduk-aduk terus hingga kering dan berwarna coklat mengkilap.

5. Lalu angkat, panas-panas tuang ke dalam loyang ratakan sambil di tekan-tekan. dinginkan lalu potong-potong sesuai selera, hias dengan potongan daun pandan dan siap disajikan.

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah Khas Jawa Tengah

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah Khas Jawa Tengah
Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah Khas Jawa Tengah

Bahan-Bahan

  • 1 kg beras ketan
  • 700 gram gula, bisa gula merah kalau ingin menggunakan pewarna alami
  • 250 gram gula pasir
  • 2 butir kelapa, ambil santannya
  • 1 sdt garam
  • 5 lbr daun pandan
  • 5 lbr daun jeruk
  • Air secukupnya

Langkah-langkah cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah Khas Jawa Tengah

  1. Rendam beras ketan sekitar 4 jam kemudian tiriskan. Pastikan cuci dulu sebelum direndam
  2. Kukus beras selama kurang lebih 1 jam, jangan terlalu matang cukup ¾ saja
  3. Masak air sekitar 300ml dalam panic
  4. Masukkan beras jika sudah mendidih
  5. Masukkan juga santan, gula merah, daun pandan serta daun jeruk
  6. Aduk, sampai santan dan yang lain terserap serta beras berubah warna menjadi coklat.
  7. Kalau sudah matang, tuangkan ke dalam baki cetak
  8. Dinginkan kemudian potong-potong
  9. Sajikan

Cara Membuat Wajik Kletik

Cara Membuat Wajik Kletik
Cara Membuat Wajik Kletik

Bahan-Bahan:

  • Ketan putih sebanyak 250 gram
  • Gula putih sebanyak 1 kg
  • Agar-agar sebanyak 2 bgks
  • Kelapa sebanyak 2 buah
  • Vanili sebanyak 1 sendok teh
  • Kertas minyak ukuran 10×10 cm bentuk segi empat

Langkah-langkah Cara Membuat Wajik Kletik :

  1. untuk membuat wajik hal pertama yang harus di lakukan adalah mengkukus ketan sampai matang dan teksturnya lunak dan lembek. Parut nanas dan kelapa lalu dicampur menjadi satu, masukan vanili, gula putih, aduk dengan menggunakan tangan sambil di remas-remas hingga tercampur menjadi satu bahan.
  2. Masak parutan kelapa dan nanas, aduk-aduk supaya tidak gosong sampai setengah matang, masukan ketan aduk sampai merata. tambahkan agar-agar bubuk, aduk sampai adonan menggumpal, apabila di pinggiran wajan ada warna putih-putih itu tandanya sudah matang.
  3. Ambil adonan sebanyak 1 sdm kemudian tuang di atas kertas minyak yang telah di sediakan, bungkus hingga menyatu pada setiap ujungnya.
  4. Wajik kletik siap untuk disajikan

Cara Membuat Wajik Kletik Enak Sederhana

Cara Membuat Wajik Kletik Enak Sederhana
Cara Membuat Wajik Kletik Enak Sederhana

Bahan-bahan

  • 1 kg gula pasir

  • 2 btr kelapa diparut
  • 100 gr ketan
  • 1 sdt Vanili
  • Pewarna
  • 1 bungkus Kertas minyak warna Warni

Langkah-Langkah Cara Membuat Wajik Kletik Enak Sederhana

  1. Rebus ketan sampai empuk. Dinginkan.
  2. Campur semua bahan, remas-remas sampai lembut dan kalis.
  3. Masak di wajan dengan api sedang cenderung kecil sambil diaduk terus. Jika dipinggir wajan sudah ada putih – putihnya berarti sudah matang. Angkat.
  4. Potong kertas minyak bentuk segi empat, ukuran sesuai selera. Selagi hangat, ambil 1 sendok adonan wajik, taruh di tengah kertas, kumpulkan keempat sudutnya ke atas. Lakukan sampai habis

Cara Membuat Wajik Bandung

Cara Membuat Wajik Bandung
Cara Membuat Wajik Bandung

Bahan-Bahan

  1. 10 butir kelapa tua yang telah diparut
  2. 2 ons beras ketan
  3. 3 ons gula pasir
  4. Garam secukupnya
  5. Pewarna makanan sesuai selera
  6. Essens secukupnya

Langkah-Langkah Cara membuat Wajik Bandung

  1. Beras ketan direndam, lalu kukus setengah matang tanpa diayak dahulu
  2. Kemudian kalau sudah, setengah ketan tersebut diberi air sampai rata supaya ketan tidak keras
  3. Setelah itu, ketan dikukus lagi sampai matang
  4. Siapkan wadah. Masukkan kelapa parut, gula pasir, serta garam dicampur dan diuleni hingga keluar santannya
  5. Siapkan wajan, masukkan kelapa yang sudah diuleni dengan bahan – bahan tadi, lalu jerangkan
  6. Kalau sudah, masukkan beberapa tetes pewarna dan essens sesuai selera
  7. Setelah matang, bungkus dan bentuk dengan kertas minyak, sesuai selera

Cara Membuat Wajik Nanas

Cara Membuat Wajik Nanas
Cara Membuat Wajik Nanas

Bahan – bahan untuk membuat wajik nanas :

  • Ketan putih 250 gram
  • Kelapa 2 buah
  • Gula putih 1 kg
  • agar-agar 2 bungkus
  • nanas 1 buah
  • vanili 1 sendok teh
  • Kertas minyak  siapkan secukupnya  kemudian potong segi empat dengan ukuran 10×10 cm

Langkah-langkah Cara Membuat wajik nanas :

  1. Pertama masak ketan sampai menjadi lembek. Kemudian sisihkan
  2. Parut daging kelapa serta nanas kemudian tambahkan vanili dan gula sambil di aduk sampai merata. Kemudian remas hingga benar merata.
  3. Masak campuran tersebut hingga setengah matang. Jangan lupa juga unutk mengaduknya agar matang merata.
  4. Setelah itu tambahkan ketan dan aduk terus hingga rata.
  5. Lalu masukkan bubuk agar-agar sambil di aduk sampai menggumpal dan matang.
  6. Kalau sudah matang, gunakan sendok makan lalu ambil wajik setiap satu sedok makan dan letakkan di kertas minyak. Lipat rapih sesuai selera anda.
  7. Selesai, wajik nanas siap di nikmati.

Nah begitulah ulasan tentang resep-resep cara membuat wajik. Jika anda tertarik dengan resep bubur kacang hijau , anda bisa klik di usaha rumahan. Terima kasih telah membaca, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sekian ulasan kali ini, tunggu ulasan-ulasan berikutnya.