Cara Membuat Kue Cucur Yang Praktis dan Bisa Dicoba Dirumah

Cara Membuat Kue Cucur

Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana Cara Membuat Kue Cucur yang enak.

Kue cucur adalah panganan tradisional yang sempat sangat populer di era 90-an. Dahulu, kue ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman saat ini, kue yang satu ini menjadi sulit untuk ditemukan terutama di wilayah perkotaan.

Kue ini sangat lezat, dengan bentuk yang tebal dibagian tengah dan tipis di pinggiran nya, membuat kue ini sangat nikmat untuk dinikmati di waktu santai kita.

Selain rasanya yang enak ternyata kue cucur ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh seperti bisa menambahkan nafsu makan, meningkatkan kecerdasan dan masih banyak lagi lainnya.

Penasaran dengan rasanya yang lezat dan juga bermanfaat? Disini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk membuat kue cucur sendiri dirumah dan sejarah kue cucur.

Sejarah Kue Cucur

Sejarah Kue Cucur


Kue Cucur atau Cucur (dalam bahasa Indonesia) atau kuih cucur (dalam bahasa Melayu), dan disebut khanom fak bua atau khanom jujun dalam bahasa Thailand, adalah makanan tradisional di kawasan Asia Tenggara.

Termasuknya adalalah di kita Indonesia,dan negara lainnya seperti Malaysia dan Thailand Selatan .

Di Indonesia, kue cucur dapat ditemukan di seluruh pasar khususnya tradisional; akan tetapi, versi popularnya, adalah versi Betawi dari Jakarta.

Di Thailand Selatan, kue cucur sering kali dihidangkan di festival dan upacara pernikahan.

Sementara, di Malaysia, istilah cucur lebih dikenalkan untuk jenis kudapan goreng-gorengan. Di Brunei dan Borneo Malaysia (Sabah dan Sarawak), kue cucur disebut sebagai makanan Pinjaram.

Makanan pencuci mulut ini terbuat dari tepung beras dan gula aren yang digoreng secara bersamaan. Kue cucur bersifat tebal menggembung seperti gunung di bagian tengahnya dan sangat tipis di pinggirannya.

Masyarakat Thailand percya bahwa kue ini mirip dengan bunga lotus yang dapat tumbuh di kondisi yang sangat sulit sekalipun.

Melambangkan cinta dari pasangan yang baru menikah yang akan semakin bertambah dan sukses dalam kehidupan setelah pernikahannya.

Masyarakat Thailand suka menampilkan kue ini di upacara pernikahan atau menguntungkan, ataupun juga di festival apa pun. Terkadang, kue ini juga diberikan sebagai hadiah.

Dalam konsumsinya, masyarakat Thailand biasanya memakan kue ini langsung setelah digoreng karena kue ini masih lembut dan berwarna-warni, serta juga wangi.

Jika dibiarkan selama satu jam, kue ini bisa lengket, membantet, dan jug sangat berminyak.

Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat  pada upacara-upacara diadat budaya Betawi, cucur sangat  wajib menjadi hidangan.

Resep Cara Membuat Kue Cucur

1. Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Berserat

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Berserat

Kue tradisional khas nusantara ini punya rasa yang sangat manis dan juga pas di lidah. Ada 2 jenis Kue Cucur,  yaitu menggunakan gula merah dan juga gula pasir.

Kue cucur gula merah adalah jenis yang paling terkenal diindonesia. Inilah rahasia resep kue cucur gula merah yang sangat wajib untuk dicoba.

Bahan-Bahan :

  • 250 gram tepung beras
  • 200 gram gula merah
  • 250 gram tepung terigu/gandum
  • 200 gram gula putih
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kesumba kuning
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Berserat:

  1. Panaskan gula merah dengan sedikit air agar bisa cepat mencair. Apabila gula merahnya kurang merah, berilah tambahan waktu untuk merebus gula merah agar warnanya bisa tampak lebih hitam. Apabila sudah membentuk karamel, tambahkan air, kemudian dinginkan.
  2. Campurkan tepung gandum serta tepung beras. Saring gula merah yang sudah didinginkan tadi (untuk menghilangkan kotoran-kotoran dari gula merah tersebut), kemudian tambahkan ke dalam campuran antara tepung beras dan tepung terigu.
  3. Selanjutnya, tambahkan air ke dalam adonan tepung dan juga gula merah tadi. Aduk rata. Tambahkan gula putih, kesumba secukupnya, serta garam. Diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam ataupun bisa lebih, sampai tingkat kekentalan adonan seperti susu kental manis (agar menghasilkan kue cucur berserat)
  4. Panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Menurut resep, minyaknya tidak boleh terlalu banyak ataupun juga terlalu sedikit agar kematangan kue pas. Volume api juga harus pas. Jika api terlalu besar, kue akan menjadi sangat mengembang atau (buntal), sedangkan apabila api terlalu besar, kue akan menjadi sangat tipis.
  5. Setelah minyak cukup panas dan volume apinya sudah cukup pas, gorenglah adonan kue cucur tersebut. Tunggu hingga benar-benar matang dan tiriskan. Sajikan dengan cara yang menarik.

2. Cara Membuat Kue Cucur Gula Pasir

Cara Membuat Kue Cucur Gula Pasir

Kue cucur gula pasir bisa punya beragam warna. Anda sangat bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonannya sesuai dengan selera untuk memberikan warna pada kue cucur.

Berikut ini adalah resep kue cucur yang dibuat dari gula pasir.

Bahan-Bahan :

  • 150 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 300 ml air kelapa
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan ikat simpul
  • Pewarna makanan secukupnya (warna sesuai selera)

Cara Membuat Kue Cucur Gula Pasir:

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam
  2. Masaklah air beserta dengan gula pasir dan daun pandan hingga mendidih. Biarkan agak dingin.
  3. Tuangkan larutan gula yang sudah agak dingin tadi ke dalam campuran tepung dan juga garam. Aduk sampai rata.
  4. Berilah pewarna makanan secukupnya dan aduk rata.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Ingat, ukuran minyak harus pas. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tunggu sampai panasnya pas.
  6. Selanjutnya, gorenglah adonan. Perhatikan cara menggoreng yang benar agar terbentuk kue cucur yang banyak berserat. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuangkan di tengah wajan (adonan harus terendam minyak semuannya). Nantinya, serat akan muncul dari tepi ke tengah. siram-siram bagian tengahnya dengan minyak, kemudian baliklah. Angkat, lalu tiriskan.

3. Cara Membuat Kue Cucur Manado

Cara Membuat Kue Cucur Manado

Pernahkah Anda mencicipi kue cucur Manado? Apa bedanya dengan kue cucur pada umumnya? Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok. Perbedaannya terletak pada penambahan kayu manis dalam bahan-bahannya. Berikut ini resep kue cucur versi lengkap.

Bahan-Bahan :

  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram gula pasir
  • 100 gram tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 100 gram gula merah
  • 1 sdm kayu manis
  • 100 ml air

Cara Membuat Kue Cucur Manado:

  1. Pertama, campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam.
  2. Rebuslah gula pasir dan gula jawa dengan 100 ml air. Tunggu sampai mendidih.
  3. Setelah gula jawa dan gula pasir larut ke dalam air rebusannya tadi, lalu diamkan sampai agak dingin.
  4. Tambahkan kayu manis ke dalam campuran tepung dan juga garam.
  5. Setelah larutan gula agak dingin,lalu tuanglah pada campuran tepung tadi dan aduk samapi rata semuannya, kurang lebih selama 10 menit.
  6. Diamkan adonan selama minimal 1 jam. Ini adalah tips agar adonan mempunyai tingkat kekentalan yang sangat pas, sehingga tekstur kue cucur tidak keras ataupun tidak lembek.
  7. Gorenglah dengan minyak yang sudah panas. perhatikan volume apinya agar tetap dalam volume sedang. Teknik menggorengnya, ambil adonan dengan sendok sayur dan lalu tuangkan ke bagian tengah wajan. Tunggu sampai seratnya muncul dari tepi ke tengah, sambil siram-siram bagian tengahnya dengan minyak agar bagian tengahnya bisa menggelembung. Setelah beberapa lama, baliklah kuenya agar matangnya merata.
  8. Setelah matang seluruh bagiannya, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan cara menarik. Anda bisa menggunakan daun pandan.

4. Cara membuat Kue Cucur Berserat Pandan Wangi

Cara membuat Kue Cucur Berserat Pandan Wangi

Kue cucur berserat adalah salah satu ciri kue cucur yang sangat baik. Anda dapat membuat kue cucur berserat pandan wangi yang manisnya pas dan aromanya sangat harum.

Berikut ini adalah resep cara membuat kue cucur pandan wangi yang berkualitas tersebut.

Bahan-Bahan :

  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • ¼ sdt garam
  • 1 gelas air matang

Cara Membuat Kue Cucur Berserat Pandan Wangi:

  1. Langkah pertama, campurkan gula, air, dan daun pandan. Masaklah sampai mendidih dan gula larut ke dalam airnya tersebut.
  2. Setelah matang, saringlah dan lalu diamkan larutan gula sampai agak dingin.
  3. Campurkan tepung terigu dan tepung beras. Berilah garam secukupnya.
  4. Tambahkan larutan gula pada campuran tepung. Campurkan sampai rata dan mengental. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Panaskan minyak goreng di wajan sampai panasnya pas. Usahakan volume minyak bisa pas, sehingga adonannya bisa tercelup ke dalam genangan minyaknya. Pastikan apinya dalam kapasitas volume sedang.
  6. Setelah itu, gorenglah kue cucur dengan teknik yang sangat benar. Ambil adonan dengan sendok sayur dan lalu tuangkan ke dalam minyak. Tunggu sampai muncul serat dari tepi ke tengah. Siram-siram bagian tengahnya dengan minyak agar menggelembung. Setelah itu, baliklah kuenya agar matangnya merata. Setelah seluruhnya matang, angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan kue cucur dengan cara yang semenarik mungkin dan menggugah selera orang banyak.

Jangan lupa simak juga bagaimana cara membuat lontong sayur

5. Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Tabur Meses

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Tabur Meses

Bahan-Bahan

  • 500 gr tepung beras
  • 400 gr tepung terigu
  • 500 gr gula merah
  • 180 gr gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • 1 sdt garam
  • 150 cc air
  • Minyak goreng utk menggoreng
  • secukupnya Meses

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Tabur Meses

  1. Rebus gula merah dgn air 300cc lalu dinginkan
  2. Campur tepung beras, terigu, vanili, garam. Masukkan Gula merah yg dilarutkan td. Aduk rata dgn whisk. Tambahkan air lg. Cek kekentalan yaa.. Jgn keenceran jgn kekentalan. Diamkan 1/2 jam
  3. Panaskan minyak dlm wajan jgn sampai mengebul yaa. Masukkan adonan satu centong atau menurut ukuran masing2
  4. Selama digoreng bila dtengah adonan spt ada larvanya berarti adonan sukses dibuat yaa dear… Selagi msh panas tabur meses ditengahnya yess..

6. Cara Membuat Kue Cucur Pisang

Cara Membuat Kue Cucur Pisang

Bahan-bahan :

  • 300 gr buah pisang ambon (4 buah pisang)
  • 50 gr tepung beras
  • 150 gr tepung terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 250 ml air
  • 50 gr gula donat, untuk taburan
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng, secukupnya

Cara membuat kue cucur :

  1. Kupas kulit pisang, ambil dagingnya kemudian haluskan sampai berbutir kasar.
  2. Campurkan tepung beras, tepung terigu, baking powder, garam, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Sambil di aduk, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi licin dan sedikit kental.
  4. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan, aduk kembali hingga tercampur rata.
  5. Pansakan minyak goreng, lalu goreng adonan tadi ukuran 1 sdm. Masak hingga berwarna kuning kecoklatan. Lakukan cara seperti ini sampai adonan habis. Tiriskan.
  6. Siapkan wadah, taruh kue cucur di wadah kemudian taburi dengan gula donat. Sajikan selagi hangat.

Manfaat Kue Cucur

Manfaat Kue Cucur

Selain rasanya yang sangat enak, ternyata kue cucur ini juga memiliki manfaat yang bagus buat kesehatan loh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kue cucur:

  1. Kue cucur mengandung banyak karbohidrat sekitar 31,36 gram dan mengandung energi sekitar 145 kkal. Kandungan ini mampu menghasilkan tenaga yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitas sehari hari.
  2. Mengandung protein sekitar 2,39 gram yang berkhasiat meningkatkan kecerdasan kita.
  3. Mengandung kalsium sebanyak 10 mg yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang kita.
  4. Menurut kepercayaan yang secara temurun temurun, ternyata kue cucur juga dapat menyembuhkan penyakit seperti sariawan.

Tips Cara Membuat Kue Cucur Mengembang Cantik dan Berserat

Tips Cara Membuat Kue Cucur Mengembang Cantik dan Berserat

1. Pastikan Adonan Tidak Bergerindil

Adonan kue cucur terdiri dari bahan-bahan yang sederhana, yakni tepung beras, tepung protein sedang, air atau santan, gula merah, dan daun pandan.

Campurkan semua bahan hingga teksturnya benar-benar halus tidak bergerindil lagi. Kalau pakai mikser cukup kocok selama 5 menit saja, sedangkan dengan spatula atau whisker perlu kurang lebih 10 menit.

Adonan yang halus tentu membuat tampilan kue cucur jauh lebih bagus dan tidak mudah hancur ketika akan digoreng.

2. Diamkan Adonan Selama Kurang Lebih 1Jam

Setelah dipastikan halus, diamkanlah terlebih dahulu adonan kue cucur selama kurang lebih satu jam. Hal ini dilakukan supaya kue cucur dapat bersarang sangat cantik nantinya.

Selain itu, tepung beras juga dapat menyerap cairan dengan sempurna yang ditandai dengan tekstur yang lebih berat dan juga kental saat anda coba mengaduknya nanti.

Alhasil ketika digoreng, adonan kue cucur akan turun dan membentuk seperti ‘topi’ nantinya.

3. Pakai Wajan Cekung Yang Agak Tebal

Untuk menggoreng kue cucur, wajanny harus berbentuk cekung dan agak tebal seperti wajan serabi merupakan pilihan tepat.

Wajan jenis ini lebih meminimalisir gosong dan bisa membuat kue cucur berbentuk sangat bagus, yakni bertopi di bagian tengahnya dan tekstur agak kering di bagian pinggirnya.

Merupakan wajan yang tepat untuk membuat kue cucur. Bentuknya cekun dan ukurannya tidak terlalu lebar. Kue cucur yang dihasilkan akan bulat sangat sempurna dan bertopi di bagian tengahnya.

4. Perhatikan Takaran Minyak Untuk Menggoreng

Kue cucur harus digoreng dengan takaran minyak yang sangat spas. Selain itu, kue ini juga wajib digoreng satu per satu agar hasilnya lebih sempurna.

Nah takaran minyaknya tak boleh terlalu sedikit atau juga terlalu banyak seperti untuk deep-fry, ya. Kira-kira untuk wajan serabi, pakai 3-4 sendok makan minyak goreng saja untuk satu buah kue cucur.

Intinya, jangan sampai adonan terendam di dalam minyak.

5. Pastikan Minyak Sudah Benar-Benar Panas Saat Akan Memasukan Adonan

Selain takarannya harus pas, minyak untuk menggorengnya juga harus benar-benar cukup panas. Minyak panas inilah yang membuat si kue cucur berserat dan juga mempunyai topi di bagian tengahnya.

Nah, minyaknys bisa dipastikan panas apabila pinggiran adonan langsung membentuk serabut sementara bagian tengahnya turun.

Anda juga bisa tes minyak panas dengan mencelupkan sedikit adonan dan perhatikan bila adonan tersebut langsung mekar dan bergelembung berarti minyakny sudah panas.

6. Tusuk Dan Ciprati Bagian Tengah Kue Saat Sedang Digoreng

Selama proses menggoreng, ciprati bagian tengah kue cucur dengan minyak supaya kue cucur semakin bersarang.

Anda juga bisa sedikit menggoyang-goyangkan kue cucur, tapi jangan terlalu sering dibolak-balik ya kawan.

Selain menciprati dengan minyak, tusuk bagian tengahnya juga untuk membuat ‘udel’ kue cucur. Menusuk pada bagian tengah ini juga bisa mengalirkan minyak panas supaya tekstur dalamnya matang merata, lho.

Dari ulasan diatas, anda dapat mengetahui tentang cara membuat kue cucur, sejarah kue cucur,dan tips cara membuat kue cucur mengembang cantik dan berserat.

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari kami dan jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat salad sayur anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana Cara Membuat Kue Cucur? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.