Cara Menanam Kelapa Yang Baik, Benar, Dan Tepat

Cara Menanam Kelapa

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi di website ini. Nah, Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana sih Cara Menanam Kelapa yang benar dan baik. Yukk simak penjelasannya dengan seksama.

Definisi Kelapa

Definisi Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera L.) termasuk dalam genus Cocos dan mudah ditanam di daerah tropis. Tanaman kelapa banyak ditemukan di daerah pesisir karena membutuhkan kelembaban yang tinggi.

Buah kelapa berbentuk bulat panjang dan seukuran kepala manusia. Komposisi buah kelapa terdiri dari 33 persen sabut kelapa, 12 persen kulit buah atau tempurung, 28 persen daging buah, dan 25 persen air.

Kelapa (Cocos nucifera) merupakan tanaman palem dengan buah yang cukup besar. Batang kelapa umumnya tegak daripada bercabang dan bisa mencapai 10 hingga 14 meter lebih. Daunnya pelepah dan panjangnya bisa mencapai 3 sampai 4 meter dengan sirip menopang setiap helai.

Buahnya dibalut ijuk dan dikupas cukup kuat untuk dijadikan kelapa, perlu dikupas dulu. Kelapa yang besar dan subur bisa menghasilkan 2 sampai 10 butir kelapa per batang.

Diperkirakan kelapa ditemukan di lebih dari 80 negara. Indonesia merupakan negara agraris yang menempati urutan ketiga setelah Filipina dan India sebagai penghasil kelapa terbesar di dunia.

Sabut Kelapa juga dapat dibuat menjadi sebuah tali yaitu tali sabut kelapa. Karena kita tahu macam macam tali itu banyak contoh yang ada disekitar kita saja, misal tali rafia, tali sabut kelapa, tali tambang dan masih banyak lagi.

Komponen Gizi Kelapa

Buah kelapa berbentuk bulat dan terdiri dari 35% kelapa (exocarp dan mesocarp), 12% kulit (endocarp), 28% pulp (endosperm) dan 25% air.

Buah kelapa tua mengandung kalori yang tinggi, yaitu sebanyak 359 kalori per 100 gramnya. Daging kelapa setengah baya mengandung 180 kalori per 100 gram.

Manfaat Kelapa

Kelapa merupakan tanaman serba guna dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Seluruh bagian pohon kelapa dapat memberikan manfaat bagi manusia mulai dari akar hingga daunnya hingga buahnya. Berikut beberapa manfaat buah kelapa bagi manusia, diantaranya:

  • Pada bagian akarnya, dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan bir dan zat pewarna.
  • Di batangnya, yang digunakan sebagai bahan baku untuk perabot, furnitur, kayu atau kayu bakar.
  • Bagian daun yaitu daun kelapa dapat digunakan sebagai bahan pembungkus atau anyaman untuk membuat atap rumah, sedangkan bagian penutupnya biasa digunakan untuk membuat sapu.
  • Pada bagian bunganya yang menghasilkan cairan yang disebut air sari buah berasa manis bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula sari buah atau sebagai minuman.
  • Bagian buah yaitu untuk bagian ini terdiri dari kulit (kelapa), tempurung, daging buah kelapa dan air kelapa. Kulit buah (coconut coconut) banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan tikar, batok kelapa dapat digunakan sebagai arang, buah kelapa untuk konsumsi atau untuk pengolahan minyak kelapa dan air kelapa sebagai pelepas dahaga, dan juga bermanfaat sebagai obat. ramuan untuk meningkatkan kesehatan. di tubuh.

Cara Menanam Kelapa

Cara Menanam Kelapa

1. Pemiihan Penih

Benih yang digunakan berasal dari pohon induk yang berumur 20-40 tahun. Produksi buah 80-120 buah / pohon / tahun atau menurut perkiraan lain sekitar 25 kg / pohon / tahun, batang lurus dan kuat dengan daun bersih dan tanaman bebas hama dan penyakit.

Untuk memilih bibit dapat dipilih tanaman yang berumur + – 12 bulan. Carilah buah kelapa dengan 4/5 sisi batok kelapa yang berwarna coklat bulat agak lonjong, licin dan licin, memiliki panjang buah sekitar 22-25 cm dan lebar buah sekitar 17-22 cm.

2. Siapkan Benih

Setelah benih dilakukan seleksi, bibit sebaiknya diistirahatkan selama kurang lebih 1 bulan di tempat yang udaranya segar, tidak bocor, kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu udara yang benar untuk tempat ini adalah 25 hingga 27 ° C.

3. Penaburan Dengan Polybag

Buat luka pada biji kelapa sepanjang kurang lebih 5 cm, dimana batang kelapa dengan pisau di sisi batang mengarah ke sisi yang paling lebar. Pemberian luka sebaiknya tidak dilakukan dua kali.

  • Tanam benih sekitar 2/3 bagian dalam luka menghadap ke atas dan mikrotil menghadap ke timur.
  • Posisi penanaman berbentuk segitiga bersingnggung. Dalam per meter persegi itu diisi sekitar 30-35 biji.
  • Penaburan dalam polybag membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan dan mulai tumbuh sekitar 6 helai daun dengan tinggi batang sekitar 90-100 cm

4. Pemindahan Bibit

Perhatikan cara menanam kelapa berikut saat memindahkan bibit:
Bibit sebaiknya dipindahkan pada awal musim hujan.

  • Bibit polybag perlu dipindahkan saat tanaman mencapai umur 9-12 bulan. Akar yang muncul di luar polybag harus dipangkas dua hingga tiga hari sebelumnya.

5. Media Tanam

Karena tanaman kelapa dapat tumbuh di berbagai media tanam seperti laterit, pasir, tanah berbatu dan tanah aluvial. Agar kelapa yang ditanam memiliki produktivitas terbaik, sebaiknya ditanam menggunakan lahan aluvial.

Untuk pertumbuhannya, dibutuhkan lahan dengan air tanah yang tersedia untuk menanam kelapa. Selain itu, airtanah yang diperoleh harus memiliki ketersediaan yang sama dengan air yang terdapat pada hujan pada bulan pertama.

Tanah tempat tumbuh tanaman kelapa ini adalah tanah datar. Jika memiliki kemiringan (sekitar 3-50%), sebaiknya dibuat teras agar tidak terjadi erosi tanah, dan juga untuk menjaga kesuburan tanah.

6. Pengolahan Media Tanam

  • Lakukan pengapuran bila pH tanah tinggi. Lakukan ini hingga pH tanah mencapai 6-8.
  • Pemupukan dengan TSP 300 gram pupuk untuk setiap lubang yang akan ditanam.

7. Teknologi Atau Teknik Penanaman

  • Lakukan cara tanam dengan metode tanam segitiga dari lahan yang digunakan, sedapat mungkin menjemur tanaman. Tanam tanaman dengan jarak 9 x 9 x 9 meter.
  • Sebelum memasuki 1 – 2 bulan sebelum tanam, buat lubang tanam untuk menghilangkan keasaman tanah. Ukuran yang digunakan mulai dari 60 x 60 x 60 cm sampai dengan 100 x 100 x 100 cm. Kemudian waktu tanam pada bulan berikutnya, saat curah hujan sebelumnya mencapai 200 mm.

8. Metode Penanaman

Bagian atas tanah dicampur dengan pupuk fosfat dengan dosis 300 gram per lubang, kemudian benih dimasukkan ke dalam lubang tanam. Letakkan di polybag bagian bawah lubang tanam dan potong sampai ujung.

9. Penyiangan

Lakukan penyiangan tanaman kelapa dengan lebar 1 meter pada tahun pertama, 1,5 meter pada tahun kedua dan 2 meter pada tahun ketiga.

Yang perlu dilakukan adalah menggunakan parang yang menghadap ke dalam untuk memotong parasit dan hama tanaman hingga batas permukaan tanah. Penyiangan dilakukan selama 4 minggu pada musim hujan dan 6 minggu – 2 bulan pada musim kemarau.

10. Penjarangan Dan Penyulaman

Penjarangan dan penyulaman adalah penggantian tanaman yang tumbuh cacat. Jika tanaman menunjukkan pertumbuhan yang tidak normal, sebaiknya gantilah tanaman dengan biji lain.

11. Perampalan

Perampalan adalah membuang daun yang sudah menjadi coklat karena sudah kering. Panjatlah tanaman kelapa, lalu buang daun-daunnya yang mati.

12. Pemupukan

Pemupukan terjadi ketika tanah yang ditanam kekurangan unsur hara bagi tanaman. Biasanya 100 g pupuk urea digunakan untuk bulan pertama, dioleskan 15 cm dari pangkal batang tanaman kelapa.

Pemupukan berikutnya dilakukan setahun dua kali yaitu saat musim hujan berakhir sekitar bulan April atau Mei dan saat musim hujan dimulai yaitu bulan Oktober atau November.

13. Teknik Perawatan

Siram saat Anda memasuki bulan kemarau dan jarang turun hujan. Untuk mencegah hal ini terjadi, penyiraman terkontrol harus dilakukan setiap tiga hari. Sebaiknya penyiraman ini dilakukan pada sore hari.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Menanam Kelapa. Selain itu, sabut kelapa juga dapat dibuat menjadi cocomesh, manfaat cocomesh sabut kelapa itu sangat besar lho guys bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, sekian dan terima kasih.