Berbagai Manfaat Cocomesh Sabut Kelapa Yang Wajib Diketahui

Cocomesh

Penggunaan cocomesh sabut kelapa saat ini masih belum banyak diketahui.Padahal cocomesh memiliki banyak manfaat.Mari simak dibawah ini!

Cocomesh Sabut Kelapa

Sabut Kelapa Cocomesh

Cocomesh adalah jaring sabut kelapa yang dibuat secara alami tanpa proses kimiawi. Saat ini cocomesh  jaring sabut kelapa sudah banyakyang memanfaatkan dan menjadi primadona dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai, atau hutan.

Kelebihan Cocomesh Sabut Kelapa

Kelebihan dari material cocomesh ini adalah tahan lama. Cocomesh diperkirakan bisa bertahan sekitar 4 tahun atau lebih, jadi material dapat tumbuh selama masa pertumbuhan vegetasi baru. Sifat dari cocomesh yaitu biodegradable dan kuat, membantu mempermudah tumbuhnya tanaman baru pada bidang

Sabut kelapa mempunyai nilai lebih yaitu sifat material cocomesh mampu menyimpan air dalam waktu cukup lama, dan bisa menyebabkan permukaan tanah yang ditutup oleh material ini terjaga kelembababannya. Hal tersebut juga mampu memberikan pengaruh struktur tanah agar mudah ditanami dengan bibit tananam atau biji. Disamping itu pula cocomesh bisa sebagai pengganti tanah pada saat penanaman biji atau bibit tanaman tersebut.

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

Bahan :

    • Sabut kelapa

Peralatan :

    • Mesin Pengurai sabut kelapa
    • Mesin pemintal sabut

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

    1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua.
    2. Kemudian giling kulit kelapa/cabik menjadi sabut dengan mesin Pengurai sabut.
    3. Jemur sabut kelapa sampai kering.
    4. Pintal sabut menjadi tambang dengan mesin pemintal sabut.
    5. Anyam/merajut tambang menjadi jaring/cocomesh.
    6. Jaring sabut kelapa/cocomesh siap di gunakan.

Manfaat Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh mempunyai beberapa manfaat yaitu :

    1. Media penghijauan pada lahan bekas tambang
    2. Sangat cocok untuk reklamasi bekas tambang dan pantai
    3. Material penguatan pada tebing
    4. Material pencegah dari erosi
    5. Penguatan pada tanah
    6. Digunakan pada jalur rel kereta api untuk penguatan
    7. Penguatan pada tebing jalan atau jembatan

Penggunaan Cocomesh Untuk Reklame Lahan Bekas Tambang

Penggunaan Cocomesh

Kerusakan pada alam yang terjadi akibat dari proses galian tambang sangat berpotensi menyebabkan tanah longsor, erosi, pengikisan air tanah, bahkan banjir. Untuk proses reklamasi lahan bekas galian tambang membutuhkan penanganan serius, hal yang dilakukan seperti menanam kembali lahan, atau merubah areal lahan tersebut untuk usaha produktif seperti perikanan.

Langkah-langkah terbaik untuk mengurangi kerusakan pada lahan bekas tambang tersebut dengan melakukan reboisasasi atau menanaminya kembali. Untuk langkah yang dilakukan sebelum proses reboisasi, ialah dengan menanam lahan menggunakan Cocomesh.

Penggunaan cocomesh sudah terbukti efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir, hal ini sudah dibuktikan oleh perusahaan Berau Cool di Kaltim. Untuk kelebihan lain dari cocomesh ialah pada saat sudah dihamparkan, maka media tersebut sangat mudah untuk menggemburkan tanah bekas galian tambang, sehingga dapat disebut pula sebagai media tanam yang bagus.

Menurut riset cocomesh 100 % bahan alami dan ramah lingkungan. Cocomesh sering disebut Coir Geo textile dan digunakan sebagai media taman dan media penguatan struktur tanah pada lahan miring atau lereng. Banyak yang menyebut cocomesh lebih murah dan efisien dibandingkan penggunaan permukaan batuan atau beton yang umumnya digunakan dalam penguatan struktur pada lahan miring.

Begitulah penggunaan cocomesh sabut kelapa. Sebenarnya bisa juga untuk kebutuhan lain. Semoga bermanfaat.