Cara Membuat Pisang Goreng Sederhana Yang Lezat

Pisang Goreng Sederhana

Pisang goreng merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi saat bersama, Cara membuat pisang goreng sederhana juga mudah di cari.

Pisang Goreng

Pisang Goreng Sederhana

Pisang Goreng adalah salah satu jenis makanan ringan yang sering di temukan di berbagai daerah. Makanan ini di buat dari buah pisang. Pisang Goreng sering ditemukan dijual di warung Tegal (WARTEG) atau warung kopi (WARKOP) sebagai makanan pendamping teh dan kopi.

Tidak heran masyarakat di Indonesia yang memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam pohon pisang. Tidak memerlukan lahan yang sangat luas, Lalu bisa menggunakan sedikit ruang yang tersisa di halaman rumah untuk ditanami satu pohon pisang.

Dengan menanam pohon pisang di sekitar halaman rumah, Setelah itu bisa menjadi cadangan makanan untuk mengonsumsi sehari-hari.  Sebab pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Cara Membuat Pisang Goreng Sederhana

Pisang Goreng Sederhana

1. Cara Membuat Pisang Goreng Sederhana

Bahan-bahan:

  • 5 buah Pisang
  • 8 sdm Tepung terigu
  • 2 sdm Gula
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Air
  • Minyak goreng

Cara Membuat Pisang Goreng Sederhana:

  1. Siapkan tepung terigu kira-kira 8 sendok makan
  2. Tambahkan gula putih, garam, dan air
  3. Aduk hingga menemukan kekentalan yang pas
  4. Masukkan pisang hingga seluruhnya tertutup tepung
  5. Masukkan pisang kedalam minyak goreng panas, dengan menggunakan api kecil
  6. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan
  7. Pisang goreng siap disantap

Kandungan Gizi Pisang Goreng

Meskipun kalori dari pisang goreng mungkin sama dengan sepiring nasi, bukan berarti pisang tersebut tidak kaya nutrisi. Jenis pisang yang berbeda dan pengolahannya memiliki kadar nutrisi yang berbeda pula.

Kandungan Gizi Pisang Goreng:

  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 23,1 gram
  • Kalsium: 7,2 mg
  • Zat besi: 0,03 mg

Karena kalori dari pisang goreng tidak rendah, wajar jika anda bisa menambah berat badan. Terlebih lagi, bila seseorang tidak mengurangi konsumsi pisang goreng dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Apalagi pisang goreng yang banyak dijual di pinggir jalan kebanyakan digoreng dengan minyak gembur. Alhasil, pisang goreng ini menambah tumpukan lemak jenuhnya di tubuh.

Membuat pisang goreng di rumah tidak hanya lebih higienis, tetapi juga lebih berkualitas karena kita mengetahui bahan baku dan cara pengolahannya dengan sangat baik.

Jenis Pisang di Indonesia

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang selalu ada di setiap musim di Indonesia. Ada sekitar 246 jenis pisang yang bisa anda konsumsi baik secara langsung maupun mengolahnya menjadi beragam cemilan.

Selain rasanya yang enak dan lezat. Pisang juga kaya akan mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti potassium, karbohidrat, mineral, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium. Pisang juga mempunyai banyak khasiat , misalnya menurunkan tekanan darah tinggi sampai menangkal radikal bebas.

Bahkan seluruh bagian pisang, mulai dari buah, kulit, daun, dan batang pohon sampai dengan bunganya bisa dikonsumsi. Sampai beragamnya jenis pisang tak jarang membuat orang kebingungan bagaimana cara memilih dan mengolah pisang secara tepat.

Jenis Pisang Goreng Yang Dapat di Olah

1. Pisang Kepok

Merupakan salah satu kultivar pisang. Jenis ini termasuk kelompok pisang olah karena tinggi kandungan patinya. Tapi ingat, ketika memilih pisang kepok untuk pisang goreng,setelah itu pastikan memilih pisang yang benar-benar matang sempurna.

2. Pisang Tanduk

Pisang Tanduk adalah jenis pisang yang menyeupai tanduk. Ukurannya besar dan panjang. Rasa buah pisang manis dengan sedikit rasa asam. Semakin matang, dia akan memanjang dan melengkung. Tidak main-main, lalu panjang pisang tanduk maksimal bisa mencapai 35 senti meter.

3. Pisang Uli

Jenis pisang ketiga yang cocok sebagai pisang goreng adalah pisang uli. Rasa pisang uli sangat manis. Sementara tekstur pada daging buahnya empuk, lembut, dan terkadang cukup lembek. Ukuran pisang uli tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil.

Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat cara membuat pisang goreng sederhana yang saya berikan, Saya rekomendasikan menggunakan manfaat minyak cengkeh agar kerja lebih mudah. Selamat mencoba!