Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Menggoyang Lidah

cara membuat bawang gorengMembuat bawang goreng sebetulnya memang cukup mudah, tetapi bagaimana cara membuat bawang goreng renyah?. Pada kesempatan kali ini Usaha Rumahan akan sedikit berbagi cara membuat bawang goreng yang renyah.

Makanan berkuah seperti soto dan sup, mie goreng, bahkan nasi putih hangat sekalipun bisa ditaburi bawang goreng, wangi harumnya mengundang nafsu makan. Aroma bawang goreng yang wangi dan renyah ini sangat cocok sekali dipadu padan dengan menu sehari-hari.

Pernahkah anda membayangkan menyantap makanan itu tanpa bawang goreng? Serasa ada yang kurang kan pastinya. Sesuai namanya, pelengkap yang menyempurnakan.

Terkadang sering sekali kita menemukan bawang goreng yang kurang menggoda selera karena lembek dan tidak renyah. Untuk menghindarinya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Manfaat Bawang Goreng

cara membuat bawang gorengSebelum masuk ke dalam cara membuat bawang goreng renyah, mari kita simak dulu beberapa manfaat yang terkandung dalam bawang goreng. Selain menambah aroma dan kelezatan makanan, Ternyata bawang goreng memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Nah inilah beberapa manfaat dari bawang goreng yang perlu anda ketahui.

  1. Penyedap Alami

Manfaat bawang merah yang diolah dengan cara digoreng bisa dijadikan MSG atau penyedap alami dalam berbagai jenis masakan. Segala jenis masakan yang ditambahkan dengan bawang goreng ini akan jauh lebih gurih namun tetap aman untuk di konsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet. Bahkan, menyantap nasi yang dicampur bawang goreng saja sudah cukup nikmat sebagai pengganti lauk pauk.

  1. Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung dalam bawang merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pembuangan racun serta partikel makanan yang bertekstur keras dan menumpuk dalam usus. Hal ini tentunya akan sangat membantu apabila anda memiliki masalah sembelit.

  1. Mengatasi Masalah Pendarahan

Bawang merah juga menjadi obat alami yang sangat ampuh untuk menyembuhkan hemoroid atau lebih dikenal dengan nama wasir. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah goreng ini secara teratur dan bisa juga menghirup aroma dari irisan bawang merah mentah secara perlahan agar khasiatnya lebih terasa.

  1. Melindungi Organ Jantung

Manfaat bawang merah mentah, mengkonsumsi bawang merah goreng, ataupun berbagai olahan bawang merah lainnya secara teratur juga sangat baik untuk melindungi organ jantung dari berbagai penyakit berbahaya. Bawang merah juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat menuju atau dari jantung ke seluruh tubuh.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi ternyata juga bisa diatasi dengan mudah dengan mengkonsumsi bawang merah goreng dengan teratur karena mengandung sulfida methylallyl dan asam amino sulfur. Kedua kandungan dalam bawang merah ini ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

  1. Mencegah Kanker

Tidak hanya bawang putih yang sangat baik di konsumsi sebagai solusi kanker, namun bawang merah yang diolah menjadi bawang goreng atau dalam keadaan mentah juga sangat baik untuk mencegah penyakit mematikan tersebut. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi bawang merah ini diantaranya adalah kanker usus, kanker paru paru, kanker lambung, kanker payudara dan juga kanker prostat.

  1. Mengatasi Sakit Saat Buang Air Kecil

Mengkonsumsi bawang merah goreng secara langsung atau dicampur dengan masakan juga sangat baik dalam mengatasi sakit saat buang air kecil. Hal ini dikarenakan sifat bawang merah yang menjadi detoksifikasi alami tubuh dalam mengeluarkan berbagai racun dan juga antibiotik alami untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan saat buang air kecil.

  1. Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi bawang merah goreng atau mentah juga baik untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang dibutuhkan penderita diabetes. Insulin sendiri merupakan hormon alami yang diproduksi pankreas.

Saat mengkonsumsi bawang merah goreng yang juga mengandung insulin, maka akan mengubah glukosa menjadi energi yang nantinya akan dialirkan secara merata ke seluruh tubuh sekaligus membantu tubuh untuk menyimpan energi.

Manfaat bawang merah goreng ternyata tidak hanya sangat nikmat di campur dalam masakan, namun juga terbukti sangat baik untuk mengatasi beberapa macam penyakit dari yang ringan sampai yang kronis.

Hal yang harus diperhatikan saat menggoreng bawang merah adalah jangan sampai terlalu gosong karena bisa menghilangkan berbagai nutrisi yang ada dalam bawang merah tersebut.

Bawang juga menyimpan banyak khasiat apalagi jika kita padukan dengan kepedasan sambal. Nah bagi anda yang ingin tahu apa saja khasiat dari sambal bawang silahkan kunjungi artikel berikut ini : Resep Sambal Bawang yang Berkhasiat

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah

cara membuat bawang gorengSetelah tahu beberapa manfaat dari bawang goreng, sekarang mari kita buat bawang goreng yang renyah. cara pembuatan bawang goreng ini cukuplah sederhana dan hanya membutuhkan beberapa bahan saja.

apa saja bahan bahannya, berikut adalah bahan membuat bawang goreng

Bahan :
  1. Bawang Merah
  2. Minyak secukupnya
  3. Garam
  4. Tepung terigu dan maizena secukupnya
Cara Membuat :
  1. Kupas bawang, cuci sampai bersih lalu iris tipis. Atau anda bisa gunakan mesin pemotong bawang sehingga didapat ketebalan bawang yang rata.
  2. Rendam irisan bawang dengan larutan garam selama 30 menit lalu tiriskan.
  3. Taburi irisan bawang tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung kanji, lalu jemur sampai kering selama kurang lebih 1-2 jam
  4. Panaskan minyak lalu goreng bawang menggunakan api kecil sampai berwarna kekuningan dan tercium bau harum.
  5. Angkat lalu tiriskan sampai minyak benar- benar turun
  6. Simpanlah bawang di suhu ruang dan tidak lembab
  7. Apabila bawang goreng ini ingin lebih awet, bisa disimpan di dalam kulkas.
  8. Selamat menikmati.

Video Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Usaharumahan.id

Tips Membuat Bawang Goreng Renyah

cara membuat bawang gorengBerikut ini adalah sedikit tips yang bisa kami bagikan dalam membuat bawang goreng yang renyah

  • Pilih Bawang Merah Yang Berkualitas

Pilih bawang merah yang masih segar dan berkualitas, serta dengan ukuran bawang yang besar atau sedang. Jang sekali-kali pakai bawang yang kecil dan yang sudah layu. Pilihlah jenis bawang sumenep atau bawang merah dari brebes

  • Gunakan api kecil ketika menggoreng

Bawang merah yang di iris tipis apabila di goreng akan mudah gosong apabila di goreng dengan minyak yang terlalu panas. Maka dari itu pastikan pada saat anda menggoreng menggunakan api paling kecil.

Dan ketika mulai menggoreng, aduk-aduk dengan cepat secara perlahan, hingga bawang mulai menguning segera angkat, dan jangan sampai telat dalam mengangkat sebab bawang akan bertambah menguning sesaat sudah di angkat dari atas wajan.

  • Simpan bawang goreng di dalam wadah yang tertutup dan kedap udara 

Ketika sudah matang segera tiriskan minyaknya lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara agar tidak mudah melempem, dan pastikan sebelum di masukan kedalam toples sisa minyak penggorengan pada bawang sudah benar-benar habis.

Supaya mudah cara meniriskannya, simpan di atas kertas koran atau tisu makan. Karena apabila minyak goreng yang menempel berlebih pada bawang goreng akan mudah cepat tengik.

Semoga artikel cara membuat bawang goreng kali ini dapat membantu anda membuat bawang goreng yang renyah.