Mengintip 3 Resep Stik Bawang yang Enak dan Renyah

resep stik bawangMasih seputar resep dengan bahan baku utama bawang, Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi 3 Resep Stik Bawang yang Enak dan Renyah. Sebenarnya resep stik bawang tidak berbeda jauh dengan resep kue bawang yang telah kita bagikan pada artikel sebelumnya.

Kue bawang sederhana ini bisa dibuat sendiri dengan cara yang mudah untuk melengkapi aneka menu cemilan sederhana di rumah sehingga tidak perlu menunggu hari lebaran tiba sebagai pelengkap kue kering.

Cita rasa gurih dan renyah merupakan ciri khas dari kue yang diolah dengan digoreng ini dan bisa dikreasikan dengan beragam bentuk seperti halnya keripik bawang walau dengan resep yang sama, sedangkan pada kali ini adalah berupa stik.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat kue bawang, silahkan lihat resepnya di Resep Kue Bawang Pedas dan Gurih. Di artikel tersebut telah kita bagikan 2 resep sekaligus yaitu resep kue bawang gurih dan resep kue bawang pedas, silahkan mencobanya.

Kembali lagi ke resep stik bawang, pada kesempata kali ini kita akan berbagi beberapa resepstik bawang, yaitu : Resep Stik Bawang Gurih, Resep Stik Bawang Keju, dan Resep Stik Bawang Pedas.

Stik bawang merupakan makanan wajib yang biasanya identik dengan lebaran. Memang stik bawang kerap disandingkan dengan cemilan lebaran yang populer misalnya nastar, kacang goreng, kacang telur, kembang goyang, dll.

Tidak hanya identik dengan cemilan lebaran, stik bawang juga sering kita jumpai sebagai cemilan untuk menemani saat santai. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cemilan ini terbilang ekonomis dan mudah didapat.

Rekomendasi Camilan Untuk Lebaran

Berbicara tentang camilan, pasti pada saat lebaran tentu bagi anda para ibu dirumah pasti akan sedikit membutuhkan waktu untuk memikirkan camilan apa yang pas untuk mengisi toples lebaran.

Sebelum kita membahas resep stik bawang lebih lanjut, kita akan merekomendasikan bebrapa camilan yang sangat cocok dijadikan penghias toples di meja ruang tamu anda.

  • Kacang Bawang

Kacang bawang, siapa yang tak kenal dengan cemilan yang satu ini. Camilan yang satu ini sudah wajib ada bagi masyarakat indonesia, khususnya pada acara acara hajatan bahkan pada saat lebaran pun kacang bawang merupakan salah satu cemilan yang wajib disuguhkan bagi para tamu.

Kacang bawang identik dengan suguhan atau makanan kecil saat lebaran yang banyak dicari oleh anak anak maupun orang tua. Rasanya sebenarnya enak, empuk serta renyah, tapi masih banyak yang gagal dalam membuat kacang bawang ini karena keras dan tidak empuk.

Tidak hanya cocok untuk acara hajatan saja, Kacang bawang juga cocok sebagai cemilan saat bersantai dengan keluarga dirumah. Dengan perpaduan rasa antara kacang dan bawang gurih sangat pas sebagai cemilan saat bersantai dirumah.

Mungkin banyak dari kita akan sedikit menghindari cemilan yang satu ini, karena banyak mitos yang timbul karena kita makan kacang kacangan. Asalkan kita mengkonsumsi tidak berlebihan maka dampak yang ditimbulkan akan semakin sedikit.

  • Kacang Telur

Masih belum beranjak dari camilan dengan bahan baku kacang, ya mungkin anda sudah akan tahu bila camilan yang satu ini merupakan camilan yang wajib disuguhkan bagi para tamu lebaran.

Selain kacang bawang, kacang telur juga mempunyai rasa khas yang akan menarik bagi siapapun yang melihatnya. Perpaduan rasa kacang yang dibalut dengan gurihnya telur membuat kacang telur semakin renyah dan gurih.

Dengan perpaduan kelezatan rasa dan kerenyahannya, maka tidak heran jika camilan yang satu ini yaitu kacang telur menjadi salah satu camilan yang wajib diisikan di toples pada saat lebaran tiba.

  • Kembang Goyang

Kembang goyang merupakan salah satu camilan yang mempunyai bentuk yang unik dan cantik. Selain memiliki bentuk yang unik, rasa dari kembang goyang pun cukup manis sehingga banyak orang menggemari salah satu camilan tradisional ini.

Kembang goyang merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras, gula pasir, telur, santan, dan minyak goreng. Dinamakan kembang goyang karena bentuknya seperti bunga dan dibuat dengan cara digoyangkan di dalam minyak panas dengan menggunakan cetakan khusus. Kembang goyang gurih manis banyak ditemukan di Jakarta, sementara kembang goyang bercita rasa gurih pedas bisa kamu jumpai di daerah Sumatera Barat.

Saat ini kembang goyang dapat kita temukan di toko toko makanan ringan. Bahkan saat ini juga tersedia banyak variasi cita rasa dari makanan ringan yang satu ini, sehingga kita akan dibuat cukup bingung dengan banyaknya varian rasa kembang goyang.

Cemilan manis-gurih ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, telur, dan santan. Adonan tersebut nantinya digoreng dengan cetakan bunga khusus dari alumunium. Nah, si cetakan bunga ini nantinya harus digoyang agar adonan bisa lepas dan masuk ke minyak panas. Cukup unik bukan camilan kembang goyang ini.

  • Kue Nastar

Pada zaman yang semakin modern ini tentunya banyak juga variasi camilan atau makanan ringan yang dihasilkan. Contoh makanan ringan yang cukup modern pada saat ini adalah kue nastar. .

Kue yang dibuat dari adonan tepung terigu, butter, margarin, gula halus, dan kuning telur ini memang semakin istimewa karena di dalamnya terdapat bola-bola nanas yang rasanya manis.

Kue nastar mempunyai tekstur yang cukup empuk sehingga bila dimakan akan sangat menggoyang lidah anda. Biasanya isian dari kue nastar adalah selai nanas yang manis, namun pada saat ini telah banyak juga variasi isian pada kue nastar.

Nah bagi anda ibu ibu yang bingung memilih kue apa yang akan dijadikan sajian pada saat lebaran, makan anda harus wajib memilih kue nastar sebagai pilihan utama. Kue nastar merupakan salah satu hal yang wajib disajikan di dalam toples pada saat lebaran tiba.

  • Stik Bawang

Jangan lupakan makanan ringan yang satu ini, camilan yang akan kita bahas resepnya pada kesempatan kali ini. Stik bawang juga merupakan camilan wajib bila lebaran telah tiba.

Keunikan rasa dari stik bawang membuat orang akan tertarik untuk mencicipinya, apalagi dengan bentuknya yaitu stik memanjang tentunya akan sangat mudah untuk memakannya.

Cara membuat camilan stik bawang juga relatif mudah, sehingga akan sangat banyak ibu ibu dirumah yang akan membuat stik bawang. Saat ini stik bawang ada banyak variasi rasanya, bahkan campuran dari stik bawng pun semakin banyak, misalnya stik bawang ubi ungu, stik bawang rumput laut, stik bawang kentang, dan stik bawang unik yang lainnya

Sedikit tips untuk membuat stik bawang yaitu adalah untuk memotong-motong adonan stik, anda bisa menggunakan gilingan atau mesin pencetak mie. Jika tidak ada, anda juga dapat memotongnya manual dengan pisau. Setelah dipotong membentuk stick, adonan dapat langsung digoreng.

Penasaran bagaimana membuat stik bawang? langsung saja kita mulai dengan resep stik bawang gurih. Berikut ini adalah resepnya.

Resep Stik Bawang Gurih

resep stik bawangPertama kita mulai dengan membuat stik bawang yang gurih, lezat, dan enak. Bahan bahan yang dibutuhkan cukuplah mudah didapatkan. Mari kita lihat resepnya.

Bahan bahan
  • 300 gr tepung terigu
  • 150 gr tepung sagu
  • 1 buah telur ayam
  • 200 ml air
  • 4 buah bawang putih
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 batang seledri
  • 4 sendok makan margarin
  • 4 buah bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh penyedap rasa (tambahan)
  • Minyak goreng seperlunya
Cara membuat stik bawang gurih
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa.
  2. Cincang halus bawang seledri secara tipis-tipis dan kecil.
  3. Kocok telur hingga rata. Masukkan bumbu halus, daun seledri halus, dan baking powder. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan tepung terigu dan tepung sagu. Ratakan adonannya.
  5. Tuangkan air sedikit demi sedikit. Aduk adonan sehingga menjadi kalis dan nantinya mudah dibentuk.
  6. Anda dapat menggiling adonan dengan cetakan gilingan atau langsung membentuk menjadi stik-stik sesuai keinginan Anda.
  7. Siapkan minyak dalam wajan dan panaskan.
  8. Goreng stik bawang dalam minyak panas. Biarkan hingga warna berubah kecoklatan.
  9. Angkat, tiriskan.
  10. Stik bawang gurih siap disajikan.

Resep Stik Bawang Keju

resep stik bawangSetelah tahu bagaimana membuat stik bawang yang gurih, rasanya kurang kalau stik yang kita jadikan cemilan utama saat santai hanya mempunyai cita rasa gurih. Nah selanjutnya kita akan belajar membat stik bawang dengan variasi rasa keju.

Campuran aroma dan rasa bawang berpadu dengan lezatnya keju tentunya akan semakin memanjakan lidah anda diwaktu santai bersama keluarga, nonton tv, ataupun saat dikantor.

Penasaran dengan lezatnya stik bawang rasa keju? mari kita intip resepnya berikut ini.

Bahan-bahan

  • Tepung terigu – 150 gram
  • Tepung sagu – 100 gram
  • Garam – 1/2 sendok teh
  • Kaldu bubuk – 1/2 sendok teh
  • Telur – 2 butir
  • Margarin – 15 gram
  • Keju cheddar, parut – 125 gram
  • Air, sesuaikan kebutuhan- 15 ml
Cara membuat stik bawang keju
  1. Dalam satu wadah, campur tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu bubuk, dan keju. Aduk hingga merata. Buat cekungan di tengah campuran lalu masukkan telur, aduk rata.
  2. Tambahkan margarin lalu aduk dan uleni adonan hingga kalis.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit jika adonan terlalu kering dan sulit diuleni.
  4. Gilas adonan hingga tipis atau sesuai dengan ketebalan yang diharapkan. Taburi dengan tepung sagu. Lalu potong-potong dengan pisau menjadi bentuk stik.
  5. Panaskan minyak banyak dalam wajan.
  6. Goreng cheese stick dalam minyak yang benar-benar telah panas, gunakan api kecil. Goreng hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Setelah dingin, masukkan dan simpan dalam wadah kedap udara.
  8. Siap disajikan.
Tips membuat stik bawang keju
  1. Penggunaan keju cheddar bisa diganti dengan keju parmesan, edam, atau campuran dari ketiganya, sesuai selera.
  2. Jika suka, bisa mengganti margarin biasa dengan  margarin bawang putih siap pakai, untuk kreasi cheese stick bawang.
  3. Bisa menggunakan alat pembuat mie/ pasta untuk menggilas dan memotong adonan hingga menjadi bentuk stik.

Demikianlah resep stik bawang dengan variasi cita rasa keju. Bagaimana, cukup mudah bukan membuat cemilan stik bawang rasa keju.

Resep Stik Bawang Pedas

resep stik bawangSaat ini cemilan yang hanya mengandalkan rasa gurih tidak cukup disukai kebanyakan. Tetapi cemilan yang pedas malah diburu banyak orang. mereka berlomba lomba menaklukan beberapa tingkat kepedasan yang membuat badan berkeringat.

Kali ini kita akan membuat stik bawangnya pedas, biar semakin menggoda. Gunakan daun bawang juga makin sedap. Sedikit tips untuk ukuran airnya cukup sedikit saja jangan sampai kebanyakan agar adonan tidak terlalu lembek.Berikut bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat stik bawang pedas.

Bahan-bahan

  • 500 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sendok makan mentega
  • 30 butir cabe rawit
  • 1 bungkus kecil masako (Rp.500)
  • seujung sendok teh garam
  • 1 bungkus ladaku
  • air secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuat stik bawang pedas
  1. Blender semua bahan kecuali tepung terigu.
  2. Kemudian adon tepung terigu dengan bahan yang sudah diblender.
  3. Adon sampai kalis dan tidak lengket di tangan.
  4. Adonan jangan terlalu lembek ya bun.
  5. Kemudian giling dengan cetakan ampia berurutan dari
  6. ketebalan 1 sampai sesuai selera bunda saya pakai no 6.
  7. Kemudian potong-potong dan goreng sampai kekuningan.
  8. Ngadonnya harus benar-benar kalis ya bun agar ngembang dan renyah.

Namanya juga stik bawang pedas, saat ini sedang booming camilan pedas. Tapi tambahkan cabe sesuai selera saja, nggak pakai cabai juga tetap mantap kok rasanya. Kira kira disini  ada yang suka nggak ya ngemil stik bawang pedas? pasti banyak yang suka dengan stik bawang rasa pedas kali ini.

Untuk penyimpanannya, masukanlah stik kedalam toples yang kedap udara agar kerenyahan stik bawang tetap terjaga.

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat stik bawang, dengan mencoba membuat stik bawang pastinya akan menambah variaso isian toples dimeja ruang tamu anda semakin menarik para tamu untuk mencobanya.

Selain 3 resep yang telah kita bagikan diatas tadi, sebenarnya masih banyak variasi cita rasa stik bawang lainnya. Semoga artikel 3 resep stik bawang kali ini dapat membatu anda dalam membuat variasi cemilan anda.

Jika anda tertarik membuat camilan lain untuk mengisi toples di meja tamu, anda bisa mencoba membuat camilan kacang bawang yang spesial, simak resepnya pada artikel berikut ini Resep Kacang Bawang Spesial.

Peluang Usaha Kue Bawang

Peluang bisnis usaha rumahan dengan membuat stik bawang pada saat ini masih sangat terbuka lebar. Biaya yang dikeluarkan untuk usaha produksi kue bawang relatif cukup murah. Apalagi proses pembuatannya pun sangat mudah dan singkat.

Namun proses usaha produksi stik bawang haruslah didukung dengan tenaga ahli dalam mengolah kue. Tidak hanya itu, untuk usaha berskala rumahan juga dibutuhkan mesin yang bisa mendukung proses produksi.

Perlu kita ketahui, dalam pembuatan stik bawang untuk usaha rumahan sangatlah dibutuhkan mesin mesin yang dapat menunjang proses produksi. Salah satu mesin yang dibutuhkan adalah mesin perajang bawang, dengan mesin perajang bawang kita dapat menghemat waktu untuk merajang bawang dengan kebutuhan yang sangat besar.

Tidak hanya mesin perajang bawang, untuk kebutuhan bawang yang sangat tinggi pada usaha rumahan tentunya kita juga perlu waktu untuk proses pengupasan bawang. Jika kita hanya mengandalkan tenaga manusia dalam proses pengupasan bawang, tentu kita akan banyak mengeluarkan biaya hanya untuk membayar tenaga pengupas bawang.

Untuk itu kita juga sangat memerlukan mesin pengupas bawang. Dengan mesin pengupas bawang kita akan menghemat waktu dan biaya untuk mengupas bawang. Jika anda bingung mencari mesin mesin tersebut silahkan kunjungi Rumah Mesin. Disana anda akan menemukan mesin mesin yang dibutuhkan untuk memulai bisnis stik bawang.

Jika Anda ingin mencoba menjalankan bisnis stik bawang maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini. Sekian, pembahasan untuk peluang bisnis stik bawang. Semoga dengan info ini bisa membantu menambah wawasan tentang bisnis camilan dan peluangnya.