Cara Mengolah Ubi Menjadi Usaha Keripik Ubi yang Menghasilkan

Usaha Keripik Ubi – Ubi adalah istilah untuk tanaman yang memiliki umbi atau bagian akar yang membesar dan bisa dijadikan makanan karena menumpuknya nutrisi di bagian ini. Walaupun orang Indonesia biasanya merujuk istilah ubi kepada ketela pohon, namun ada beberapa jenis ubi, yaitu ubi jalar, rambat, dan ubi kayu.

Aneka jenis makanan dapat dibuat dari bahan baku ubi, contohnya saja aneka kue, manisan, sampai ada juga mie yang terbuat dari ubi juga. Makanan lainnya yang juga menarik untuk dinikmati adalah keripik yang terbuat dari ubi.

Keripik yang terbuat dari singkong memang banyak kita jumpai di toko-toko, namun keripik ubi ini memiliki rasa yang cukup enak dan tak kalah dengan keripik jenis lainnya.

Hal ini membuat peluang usaha keripik ubi semakin terbuka lebar bagi siapa saja untuk menjalankannya. Aneka jenis varian rasa keripik ubi serta kemasan yang menarik membuat ubi mampu menembus pasar luas. Peluang dari usaha keripik ubi dapat dijadikan salah satu alternatif usaha untuk yang berminat. Usaha keripik ubi dapat dimulai dari proses pembuatan, proses pengemasan serta pemasaran.

usaha keripik ubi

Mengetahui proses membuat keripik ubi menjadi usaha

Dalam membuat usaha keripik ubi sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Namun bagi anda yang belum mengetahui cara dalam membuat keripik ubi pasti akan merasa kesulitan, oleh karena itu untuk memudahkan anda dalam membuat keripik ubi , anda bisa mencoba contoh resep yang kami sajikan untuk anda berikut ini.

Bahan – bahan :

  • ubi sebanyak 1 kg ( yang masih segar )
  • gula pasir sebanyak 200 gram
  • air kapur sirih sebanyak 2 sendok makan
  • air bersih secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat keripik ubi :

  1. Kupas kulit ubi dan cuci hingga bersih. Tiriskan
  2. Iris ubi tipis-tipis dengan menggunakan alat pemotong agar potongannya bisa sama
  3. Siapkan tempat lain untuk ubi yang sudah dipotong, masukkan air kapur sirih dan air bersih
  4. lalu rendam ubi yang sudah diris kedalam campuan air kapur sirih tersebut
  5. Rendam kurang lebih selama 2 jam. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu
  6. Kemudian letakkan diatas wadah dan jemur diatas terik matahari hingga kering sempurna
  7. Siapkan tempat lain masukan gula pasir dan air bersih aduk hingga rata hingga gula pasir larut. Dan masukkan ubi yang sudah di jemur tadi
  8. Goreng ubi dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan
  9. Beri rasa-rasa yang diinginkan
  10. Masukan kedalam wadah kedap udara.
  11. Keripik ubi ungu siap untuk disajikan.

Bahan dasar keripik ubi

Jika ingin memproduksi keripik ubi maka sediakan bahan baku terlebih dahulu. Berbagai bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat keripik ubi bisa didapatkan di pasar tradisional, supermarket dan di toko terdekat. Keripik ubi bisa menghasilkan rasa yang nikmat jika memilih bahan baku yang tepat.

Memproduksi keripik ubi membutuhkan bahan baku seperti ubi, gula pasir, air bersih, air kapur dan minyak goreng. Jika ingin mendapatkan kualitas dan rasa keripik yang tepat maka cobalah memilih ubi yang berkualitas baik. Bahan baku yang digunakan inilah yang nantinya berpengaruh pada kualitas akhir produksi keripik yang diperoleh.

Peralatan bisnis keripik ubi

Menjalankan peluang usaha  keripik ubi ungu juga memerlukan peralatan yang memadai untuk memaksimalkan proses pengolahannya. Berbagai peralatan usaha yang dibutuhkan untuk memaksimalkan usaha keripik ubi ungu ialah wajan, gerobak, mesin perajang ubi, kompor dan tabung gas, peralatan penggoreng, toples dan berbagai peralatan yang mendukung lainnya. Penggunaan peralatan usaha yang memadai juga sangat penting disediakan berguna penting untuk membuat produksi keripik bisa dilakukan makin cepat dan mudah.

Konsumen bisnis keripik ubi

Keripik ubi termasuk sebuah camilan ringan yang begitu populer dimana-mana. Bahkan banyak lapisan masyarakat yang sangat menyukai produksi keripik ubi ini. Jika ingin menentukan konsumen usaha keripik ubi pun memang terbilang cukup mudah. Karena konsumen keripik ubi pun tidak terbatas, bahkan mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Rasa keripik ubi yang nikmat memang bisa memikat konsumen yang lebih besar.

Harga jual keripik ubi

Keripik ubi termasuk jajanan yang sering dijumpai dan memiliki harga yang terjangkau dipasaran. Rata-rata produksi keripik ubi dalam satu bungkus ditentukan Rp. 10.000. Dengan menentukan harga yang terjangkau maka lebih mudah menarik minat konsumen dan membuatnya makin berjalan dengan maksimal.

Strategi pemasaran bisnis keripik ubi

Usaha  keripik ubi dapat berjalan dengan lancar maka perlu dilakukan strategi pemasaran. Dimana strategi pemasaran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menitipkan camilan keripik ubi pada toko, warung bahkan juga bisa di titipkan di supermarket. Sehingga nantinya bisa lebih mudah dalam pemasarannya.

Selain itu, anda juga bisa mempromosikan bisnis  keripik ubi melalui media sosial seperti line, facebook, twitter, instagram, whatsapp dan jejaring sosial lainnya. Selain itu, anda juga bisa membuat kemasan keripik ubi dengan menarik mungkin agar membuat konsumen makin tergoda saat melihat produk camilan yang anda tawarkan.

Penentuan tempat bisnis keripik ubi

Supaya keripik ubi yang dijalankan bisa mudah diketahui masyarakat luas maka perlu memilih lokasi yang tepat. Penentuan lokasi yang tepat juga akan membuat bisnis makin berjalan dengan baik. Lokasi yang tepat yang bisa dipakai untuk menjalankan usaha  keripik ubi memang sangat banyak sekali diantaranya lokasi yang berada dikawasan dekat kos-kosan, pusat kota, dekat sekolahan, dekat kampus, di pinggir jalan dan berbagai tempat-tempat strategis yang lain.

Itulah sebagian ilmu yang nantinya bisa digunakan dalam menjalankan usaha keripik ubi. Yang terpenting dalam memulai usaha baru adalah selalu bereksperimen dan tidak takut akan kegagalan. Terimakasih sudah mencoba membaca artikel ini.

Baca juga : 5 Peluang Bisnis Rumahan Omset Besar dengan Modal yang Kecil