Resep Keripik Pepaya Sederhana Yang Mudah Dibuat

Resep Keripik Pepaya Sederhana Yang Mudah Dibuat – Keripik pepaya adalah komoditas camilan yang populer pada saat ini,camilan ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Dalam artikel ini kami akan membagikan resep keripik pepaya sederhana yang mudah dibuat bagi kalian yang ingin belajar cara membuat keripik pepaya ini.

Berikut ini adalah resep keripik pepaya sederhana yang mudah dibuat,simak dan pelajarilah!

Resep Keripik Pepaya Sederhana

Cara Membuat Keripik Pepaya Tradisional

Berikut ini adalah cara membuat keripik pepaya sederhana yang dapat anda lakukan dirumah:

Cara Membuat Keripik Pepaya Sederhana

Bahan resep Keripik Pepaya sederhana:

  • Pilihlah bahan baku berupa buah pepaya yang masih segar. Pilih buah pepaya yang dagingnya merah baik pepaya bangkok atau california. Jangan menggunakan pepaya yang sudah terlalu matang karena hasilnya akan menjadi jelek dan susah kering.
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah Langkah resep Keripik Pepaya sederhana:

  1. Kupas buah pepaya yang sudah anda pilih tadi.
  2. Buang biji-biji pepaya sampai bersih.
  3. Cuci buah pepaya dengan menggunakkan air bersih.
  4. Lanjut ke perajangan buah pepaya, bentuk sesuai selera anda saja dengan ketebalan kurang lebih sekitar 5 mm.
  5. Irisan buah pepaya tadi selanjutnya disimpan di dalam freezer selama 24 jam.
  6. Siapkan mesin vacuum frying, isi dengan minyak goreng secukupnya sesuai kapasitas mesin.
  7. Masukkan irisan buah pepaya dingin dan goreng menggunakkan mesin tadi dengan suhu rendah sekitar 85 derajat celcius agar tidak gosong dan didapatkan keripik pepaya yang bagus.
  8. Cek kembali keripik pepaya dalam mesin vacuum frying, jika sudah kering angkat dan tiriskan keripiknya.
  9. Siapkan mesin spinner untuk memisahkan keripik dan minyak yang menempel.
  10. Keripik pepaya siap untuk dikemas dan disajikan.

Itulah cara membuat keripik pepaya sederhana yang mudah dibuat,selamat mencoba!

Kegunaan Pepaya

Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika masih muda maupun yang sudah matang. Daging buah muda dimasak sebagai tambahan sayuran. Daging buah pepaya yang sudah matang dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan juga daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging.

Daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan sebagai pembungkus buntil. Oleh orang daerah Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan.

Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang bisa melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas utama dagang.

Untuk memproduksi papain, bahan baku yang utama dan perlu dipersiapkan adalah getah pepaya. Sementara itu bahan penolongnya berupa air dan sulfit. Air digunakan untuk pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit digunakan untuk pelarut bahan kimia.

Pengambilan Getah Buah Pengambilan getah buah dilakukan pada buah yang sudah berumur kurang lebih 2,5 sampai 3 bulan. Buah yang sedang dalam masa penyadapan getahnya harus tetap tergantung pada batang pokoknya.

Penyadapan dilakukan sampai sekitar tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka dari itu  waktu yang diperlukan untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yang paling tepat untuk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam.

Daun pepaya juga berkhasiat sebagai obat dan perasannya dapat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan

Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

Cara Membuat Keripik Pepaya Tradisional

1. Menguatkan Sistem Imun

Vitamin C dan juga vitamin A yang diproduksi di dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat di dalam buah pepaya, sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam.

Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat dan tepat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

2. Mencegah Degenerasi Macula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan di dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, dapat berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.

3. Mencegah Asma

Risiko untuk meningkatkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi itu adalah beta karoten, yang banyak terkandung di dalam pepaya.

4. Program Diet

Enzim pada buah pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik

5. Mencegah Timbulnya Jerawat

Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan pada kulit. Hal ini bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.

6. Merangsang Pertumbuhan Payudara

Pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara wanita. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberikan rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan.

Sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang dan payudara akan menjadi lebih bagus.

Itulah resep keripik pepaya sederhana yang mudah dibuat dirumah,semoga bermanfaat selamat mencoba dirumah sukses selalu

Sekian dan terimakasih.