Resep Keripik Mangga Goreng Yang Renyah Kriuk Kriuk

Resep Keripik Mangga Goreng Yang Renyah Kriuk Kriuk

Resep Keripik Mangga Goreng Yang Renyah Kriuk Kriuk – Keripik mangga goreng adalah sebuah camilan yang berbahan dasar dari mangga yang digoreng,camilan ini termasuk dalam macam macam keripik buah.

Dalam artikel ini kami akan membagikan resep keripik mangga goreng yang renyah dan kriuk kriuk yang dapat anda jadikan sebagai panduan untuk membuat keripik mangga dirumah.

Berikut ini adalah cara membuat resep keripik mangga goreng yang renyah kriuk kriuk.

Resep Keripik Mangga Goreng Yang Renyah Kriuk Kriuk

Resep Keripik Mangga Goreng Yang Renyah Kriuk Kriuk

Cara Membuat Keripik Mangga Goreng Yang Renyah Kriuk Kriuk

Bahan Cara Membuat Keripik Mangga:

  • buah mangga yang sudah setengah matang sebanyak sekitar 10 kg
  • minyak untuk menggoreng 3 kg
  • 350 gr gula pasir
  • 100 gr garam halus
  • 200 gr kapur sirih
  • air secukupnya

Cara Membuat Keripik Mangga :

  1. Kupas kulit buah mangga sampai benar benar bersih kemudian diiris tipis-tipis
  2. Campurkan air bersih secukupnya dengan kapur sirih, aduk sampai merata semuanya
  3. Rendamlah buah mangga yang sudah diiris tipis tadi kedalam air kapur sirih selama sekitar 3 jam
  4. Setelah itu, buah mangga dicuci dengan air hingga benar-benar bersih, lalu tiriskan hingga kering tanpa dijemur
  5. Masukkan buah mangga ke dalam wajan yang sudah diisi dengan minyak dengan api besar
  6. Goreng keripik mangga tadi,tunggu sampai minyak tidak berbuih lagi itu menandakan buah mangga sudah matang, angkat tiriskan
  7. Rebus gula pasir dengan garam ke dalam air mendidih secukupnya sambil diaduk hingga merata dan larut semua
  8. Masukkan buah mangga yang sudah matang kedalam rebusan gula dan aduk sampai rata
  9. Keripik mangga siap dikemas dan disajikan

Simpan keripik buah mangga ini ke dalam plastik atau dalam wadah yang tertutup rapat agar makanan ringan yang satu ini tidak melempem dan kualitasnya tetap terjaga dengan baik serta bisa tahan lama.

Itulah cara membuat keripik mangga yang mudah dan sederhana,semoga bermanfaat dan  selamat mencoba dirumah!

Apa Itu Mangga?

Mangga adalah salah satu jenis buah-buahan yang bentuknya lonjong namun menggembung di tengahnya. Buah Mangga memiliki ukuran buah yang berbeda-beda karena mangga sendiri memiliki berbagai jenis dan macam tergantung tempat tumbuhnya.

Secara umum mangga berukuran sedang sebesar sepatu bayi atau sabun batangan sampai sebesar sepatu anak berusia 7 tahunan. Mangga yang sudah masak akan berbau harum khas dan warnanya akan menguning kemerahan.

Jika dipijat, buah mangga yang sudah matang ini akan lebih empuk dibandingkan buah mangga yang masih mentah. Rasa daging buah mangga sangat enak manis dan segar.

Sejarah Buah Mangga

Buah mangga diperkirakan berasal dari Negara India sekitar abad ke-4 atau ke-5 SM. Sejarah mencatat, mangga pertama kali ditemukan oleh Alexander Agung di daerah Lembah Indus India.

Seiring dengan perkembangan zaman, buah ini menyebar hampir ke seluruh belahan dunia, melalui para pedagang India yang berkelana ke timur hingga ke Semenanjung Malaysia.

Pada tahun 1400 sampai 1450, buah ini mulai ditanam di Kepulauan Sulu dan Mindanau, Filipina, di Pulau Lizon sekitar 1600, dan di Kepulauan Maluku pada 1665. Penyebaran mangga di negara barat terjadi pada abad pertengahan, yaitu pada pertengahan abad ke-18 di daerah Lisabon dan Brasil oleh bangsa Portugis.

Lalu, sekitar abad ke-19 diperkirakan bangsa Portugis membawa tanaman mangga itu dari  Negara India ke Afrika Timur sampai akhirnya menyebar hingga Somali (Afrika Barat) dan daerah Kepulauan Canari. Selanjutnya penyebaran buah ini tercatat di beberapa negara barat, yakni negara Mexico tahun 1779.

Bibit mangga ditanam untuk pertama kali oleh orang Spayol yang membawa bibit mangga dari Negara Filipina. Sementara itu, di Italia bagian selatan untuk pertama kalinya mangga baru masuk pada tahun 1870 diikuti oleh Negara Inggris pada 1890 yang pertama kali menanamnya di rumah kaca.

Di Amerika Serikat, buah ini pertama kali ditanam di wilayah Florida, yaitu pada tahun1833. Bibit mangga yang ditanam berasal dari Negara Mexico. Selanjutnya pada tahun 1885, AS mendatangkan bibit mangga okulasi dari India, akan tetapi semuanya mati.

Sebanyak 35 bibit pohon mangga sambung lengkung kembali didatangkan dari daerah itu, dan akhirnya semua tanaman itu berhasil ditanam. Sampai saat ini, Florida dikenal sebagai salah satu produsen mangga dengan daerah pemasaran yaitu Florida dan California.

Sementara itu, ahli botani, Rumphius mengatakan jika penyebaran mangga di Asia baru terjadi beberapa abad. Di Indonesia sendiri mangga mempunyai banyak nama lain yang berbeda di setiap daerah, yaitu mamplam (Aceh), pao (Makasar), amplem (Bali), ampelam (Banjarmasin), dan masih banyak yang lain.

Jenis Jenis Mangga

1. Mangga Arumanis

Sesuai dengan namanya, jenis buah mangga yang satu ini memang mempunyai aroma yang harum dan juga rasa yang manis. Makanya, tak heran kalau banyak orang yang mengincar mangga arumanis ini.

Ciri-ciri dari mangga ini mempunyai bentuk lonjong dan ujungnya berbentuk runcing.

Lalu, tekstur dagingnya sangat lembut dan juga empuk. Tidak terlalu mahal, biasanya mangga ini dijual dengan kisaran harga 25 ribuan perkilogramnya.

Oh iya, selain disebut dengan mangga arumanis, jenis dan macam mangga yang satu ini biasa disebut sebagai mangga gadung. Apakah Pernah coba makan mangga gadung atau mangga arumanis?

2. Mangga Apel

Mangga tetapi apel? Sedikit bingung dengan jenis dan macam buah mangga yang satu ini? Tidak usah bingung, memang namanya “Mangga Apel” karena mempunyai bentuk mangganya bulat seperti buah apel.

Biasanya, mangga apel ini mempunyai warna hijau yang agak kemerahan. Ciri ciri mangga apel yang sudah matang dan siap untuk santap, biasanya sedikit empuk dan aromanya cukup harum.

Namun, mangga apel yang satu ini tidak semanis Mangga Arumanis, ya. Nah, mangga apel yang berwarna kehijauan ini sangat cocok untuk bahan ngerujak karena punya rasa yang sedikit masam dan segar.

Tapi, jika mau mangga apel yang manis, maka carilah mangga apel dengan warna yang lebih kemerahan, ya.

3. Mangga Golek India

Jika Anda suka banget dengan yang namanya buah mangga, pasti familiar dengan jenis Mangga Golek India.

Tentu saja, karena mangga ini mempunyai keunggulan rasa yang manis dan bahkan tekstur dagingnya tidak berserat alias lembut, lho. Bentuk Mangga Golek India juga lonjong seperti jenis Mangga Arumanis.

Meskipun punya bentuk yang agak mirip, namun nyatanya Mangga Golek India ini mempunyai bobot yang lebih besar dibandingkan dua jenis buah mangga sebelumnya.

Bahkan, 1 buah mangga jenis ini pernah ada yang mencapai bobot 1.5 Kg lho! Meskipun bukan mangga yang terbesar, tapi jika makan mangga 1.5 Kg.

4. Mangga Madu

Sesuai dengan nama buahnya, jenis mangga yang satu ini memang mempunyai rasa yang manis seperti madu. Ini juga menjadi varian jenis mangga manis lainnya selain mangga arumanis.

Namun, pada mangga madu ini mempunyai ciri warna kuning cerah pada bagian luarnya ketika buah sudah sangat matang.

Sedangkan untuk dagingnya kebanyakan berwarna putih ada juga yang berwarna agak kekuningan. Mangga ini juga punya bobot yang mirip dengan mangga manalagi.

Perlu diketahui, selain di Negara Indonesia, mangga madu ini juga kerap kali ditemukan di negara lain, seperti India, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan.

5. Mangga Manalagi

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa mangga manalagi ini mempunyai ukuran yang mirip dengan mangga madu.

Namun untuk rasanya, mangga ini punya rasa yang unik yaitu perpaduan rasa antara mangga golek dan mangga arumanis.

Warna kulit dari mangga ini yaitu hijau muda, dan untuk mangga yang sudah matang pun tetap berwarna hijau muda hanya saja ada warna keabuannya sedikit.

Tapi, yang menjadi pembeda antara mangga manalagi dengan mangga lainnya adalah dagingnya yang lebih tebal, padat, dan juga berserat.

Selain itu juga, mangga manalagi ini  lebih tahan lama dan tidak mudah untuk membusuk sesaat setelah dipetik dari pohonnya.

6. Mangga Alpukat

Sama seperti halnya mangga apel, bukan berarti mangga yang satu ini mempunyai rasa sepertibuah  alpukat, ya. Disebut mangga alpukat karena memang jenis mangga yang satu ini mempunyai bentuk seperti alpukat.

Untuk rasa dari mangga alpukat pun boleh dibandingkan, kok, dengan mangga lainnya. Pasalnya, buah mangga yang satu ini juga mempunyai rasa yang nikmat dan lezat.

Sedikit informasi, mangga alpukat sempat viral di daerah Pasuruan dan mangga ini merupakan hasil perkawinan silang antara mangga gadung dengan mangga madu.

Itulah ulasan tentang cara membuat resep keripik mangga goreng yang renyah kriuk kriuk dan jenis buah mangga. Semoga bermanfaat selamat mencoba dirumah sukses selalu.

Sekian dan Terimakasih