Cara Membuat Agar Agar Santan Yang Praktis Dan Enak

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat agar agar santan dengan resep yang sederhana namun praktis bun namun sebelum kita masuk ke resep kita simak dlu agar agar itu apa.

Selain rasanya yang enak dan manis, agar agar santan yang biasa disebut juga agarosa ini juga banyak mengandung kandungan serat atau fiber yang sangat berguna sekali buat sistem pencernaan tubuh kita.

Dan makanan yang berasal dari rumput laut ini juga mengandung kalori dan lemak yang sangat rendah sehingga cocok sekali sebagai makanan pengganti buat teman teman yang lagi menjalani proses pengurusan badan.

Proses melewati saluran pencernaan tubuh, Resep cara membuat agar agar santan juga bisa mengangkut dan menyerap sisa sisa lemak jenuh yang ada di dalam tubuh kita untuk dibuang bersama sisa makanan yang lain.

Untuk menambah pengetahuan memasak mungkin akan mencari banyak resep-resep makanan bagi para ibu-ibu mungkin solusinya ada di usaha rumahan.

Karena resep-resep makanan yang enak ada artikelnya disini jika ingin membuat pancake durian maka ibu ibu bisa liat artikelnya disini juga loh bun.

Resep Cara Membuat Agar Agar Santan

cara membuat agar agar santan

Kalau memang teman teman ingin membuat sesuatu yang spesial buat Keluarga, yuk kita bikin agar agar santan yang manis dan gurih dan lezat.

Bahan Bahan Resep Agar Agar Santan Sederhana

  • Satu bungkus agar agar powder atau bubuk.
  • Santan yang kental 200 ml saja.
  • Gula pasir  150 gram.
  • Air  matang kurang lebih sebanyak 800 ml.
  • Garam dapur
  • Daun Pandan ukuran besar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2-3 lembar.

Alat Untuk Membuat Agar Agar Santan

  • Sendok sup
  • Panci
  • Cetakan agar agar
  • Pisau
  • Kompor

Cara Membuat Agar Agar Santan Sederhana

  1. Seperti bahan bahan yang diperlukan, cara membuat agar agar sangat sederhana dan mudah sekali.
  2. Langkah pertama ambil satu wadah atau panci ukuran sedang, masukkan agar agar powder yang sudah dipersiapkan diatas, gula pasir dan air bersih matang yang sudah dipersiapkan dahulu.
  3. Aduk aduk semua bahan sampai tercampur rata dan kental.
  4. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil . Masukkan daun pandan yang sudah diikat ke dalam panci yang sudah terisi santan.
  5. Aduk aduk kembali sampai adonan agar agarnya mendidih dan mulai kental.
  6. Masukkan garam dapurnya. Aduk aduk kembali supaya garam tercampur rata dengan bahan yang lain-lain.
  7. Masukkan santan kental yang sudah dipersiapkan lalu Aduk aduk lagi sampai mendidih usahakan Jangan sampai berhenti mengaduk supaya santan tidak pecah.
  8. Masukkan adonan agar agar santan ke dalam cetakan yang sudah dipersiapkan dan Dinginkan di suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas atau di buat campuran minuman es.

Selain disantap langsung, agar agar santan ini juga bisa digunakan untuk campuran es krim, es buah atau minuman lain yang menyegarkan tenggorokan.

Selain itu, resep agar agar santan juga bisa dicampur dengan bahan lain supaya hasilnya lebih menarik dan mengundang selera yang khas.

Sebagian penduduk indonesia mungkin sudah kenal dengan yang namanya agar agar jika ingin lebih jelas nya kita simak penjelasan agar agar berikut ini.

Tips Cara Membuat Agar Agar Santan

Pasti hampir semua teman teman sudah membayangkan dan mempunyai gambaran bahwa cara membuat agar agar santan ini sangat sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan.

Ya, sama seperti resep makanan yang menggunakan bahan baku bubuk agar agar yang lain, cara pembuatan agar agar santan memang sangat mudah sekali dan praktis.

Tidak perlu seorang koki atau orang yang hobi masak untuk bisa membuat resep sederhana ini karna siapapun bisa membuatnya.

Bahkan buat remaja putri yang masih sekolah pun dengan mudah bisa membuat agar agar sendiri di rumah tanpa dibantu oleh orang lain/orang tua.

Tentu saja, ada beberapa macam tips membuat agar agar yang harus diperhatikan, seperti

  1. Komposisi air dan serbuk agar agarnya harus benar benar pas supaya didapat tekstur yang kenyal dan nikmat dan enak.
  2. Setelah agar selesai direbus dan dicampur dengan bahan-bahan lain, resep makanan ini sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan agar tingkat kekenyalannya tepat dan  teksturnya lembut saat dikunyah.
  3. Apabila teman teman berniat menambahkan bahan yang lain, seperti buah buahan sebaiknya di dimasukkan saat agar agar masih panas supaya bisa menyatu sempurna dengan adonan agar agarnya.
  4. Lebih baik menggunakan santan dari perasan buah kelapa supaya hasilnya lebih gurih dan enak lezat. Kalau tidak ada, bisa menggunakan santan instan yang banyak di jual di toko atau pasar.

Oke, itu tadi sedikit penjelasan tentang tips cara membuat agar agar santan sederhana.

Agar-Agar

agar agar santan

Agar-agar dapat dibentuk sebagai bubuk dan dijual di pasaran luas. Apabila dilarutkan dalam air panas dan didinginkan agar-agar akan menjadi padatan lunak dan bertekstur kenyal yang banyak disukai anak-anak.

Banyak olahan makanan yang menggunakan agar-agar seperti campuran-campuran seperti es krim dan puding (jelly).

Hampir semua penduduk Indonesia mengenal yang namanya agar-agar. Ada tiga jenis agar-agar di pasaran yaitu yang berbentuk batang, bubuk, dan kertas dan yang sering dijumpai adalah bubuk.

Yang paling banyak dijumpai adalah agar-agar berbentuk bubuk seperti bubuk susu. Agar-agar seringkali menjadi hidangan pencuci mulut yang kenyal dan enak.

Bentuknya dapat direka-reka dan dipadu dengan aneka warna, aroma, dan rasa yang berbeda.

Selain untuk pembuatan puding, campuran kue,agar-agar juga dapat dimasak bersama nasi untuk menghasilkan nasi yang lebih pulen atau nasi lebih lembut.

Agar-agar pertama kali diproduksi di Cina sebelum abad ke-17 sangat lama sekali. Kemudian dalam skala industri agar-agar dibuat di California pada tahun 1919, kemudian disusul dengan Jepang sampai saat ini.

Hingga kini negara  Jepang dikenal sebagai produsen agar-agar utama di dunia .

Kaya Serat

Senyawa hidrokoloid yang terdapat dalam rumput laut memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sifat hydropilic dansynerisis-nya.

Apa artinya? Agar-agar adalah makanan kaya serat, dan orang yang mengonsumsi agar-agar asal rumput laut ini tidak harus minum banyak air pascamengonsumsi karna kandungan air nya sudah banyak dalam agar.

Sementara serat makanan dari tanaman darat umumnya mengandung sifat hydropilic lebih kuat, sehingga mengonsumsinya harus dibarengi dengan meminum air sesuai aturan yang ada di kesehatan.

Setelah agar-agar mencapai perut, makanan tersebut tidak menyerap air lagi karena sudah tercapai keseimbangan yang ada.

Ketika dalam suhu kamar (dalam pembuatannya agar-agar dilarutkan dalam air panas kemudian didinginkan dalam suhu dingin).

Dalam perjalanannya di perut, agar-agar dapat menyerap lemak (jenuh) yang kemudian terbuang bersama ampas makanan yang sebelum memakan agar.

Agar-agar yang terbuat dari rumput laut memiliki khasiat kesehatan terutama karena kandungan seratnya yang sangat melimpah.

Serat dalam agar-agar berguna untuk memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit di dalam tubuh.

Dalam literatur pengobatan tradisional Cina, agar-agar dipakai untuk mengurangi peradangan pada organ tubuh.

Bebas Kalori

Agar-agar adalah makanan bebas kalori, oleh karena itu bisa leluasa dikonsumsi oleh siapapun yang menderita kegemukan atau obesitas.

Dan agar-agar memiliki kadar kalsium dan fosfor dalam jumlah yang cukup sangat besar, dan ini bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang.

Karena Agar-agar juga merupakan salah satu sumber yang terbaik yodium karena setiap 100 g agar-agar terkandung 160 mg yodium.

Jadi sebelum kita masuk resep cara membuat agar agar santan mari kita simak mamfaat nya dulu.

Manfaat Agar Bagi Kesehatan

mamfaat agar agar santan

Agar agar mempunyai banyak mamfaat yang terkandung di dalamnya bagi kesehatan sebelum kita memulai untuk cara membuat agar agar santan kita liat mamfaat nya dulu.

1. Mencegah Osteoporosis 

Khasiat agar-agar yang pertama dapat membantu mencegah osteoporosis. Penyakit ini merupakan terjadinya kerapuhan pada tulang.

Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan ini.

Kandungan kalsium yang berada di dalamnya membantu mencegah osteoporosis.

2. Mengurangi Stres

Stres merupakan kondisi yang umumnya ditandai dengan rasa cemas dan rasa lemas. Untuk mengurangi stres dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi agar-agar yang cukup.

Kandungan asam amino esensial yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres pada seseorang.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lainnya dari agar-agar dapat mencegah penuaan dini,Jika anda ingin terlihat muda maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang satu ini ini.

Karena kandungan kolagen serta asam amino esensial yang ada di dalamnya sangat berguna untuk mencegah timbulnya penuaan dini, sehingga kulit anda akan terlihat awet muda dan cerah.

4. Melangsingkan Tubuh

Jika anda ingin melangsingkan tubuh dengan cara yang alami maka anda bisa memanfaatkan agar-agar sebgai caranya dan obatnya.

Kandungan serat yang ada dalam makanan ini dapat membuat tubuh menjadi lebih ramping, sehingga makanan ini sangat cocok sekali untuk dikonsumsi.

5. Sebagai Menu Diet

Agar-agar merupakan salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi sebagai menu diet khusunya yang ingin langsing.

Jika saat ini anda melakukan program diet maka bisa mengkonsumsi makanan ini dengan teratur.

Kandungan serat dan vitamin yang ada di dalamnya terbukti sangat baik sebagai asupan menu diet anda dan sangat membantu.

6. Mencegah Radang Sendi

Makanan ini juga berkhasiat untuk mencegah radang sendi. Jika anda sering mengalami radang sendi bisa mengkonsumsi agar-agar dengan rutin.

Kandungan kolagen yang ada di dalam akan bermanfaat untuk menambah pelumas pada sendi sehingga mencegah radang sendi.

7. Penutup Luka

Selain itu, agar-agar juga bisa dimanfaatkan seagai penutup luka luar. Jika anda mengalami luka maka anda bisa menggunakan makanan agar agar ini sebagai bahan penutup luka.

Karena sifatnya agar agar ini adalah yang mudah menyerap cairan berguna untuk mempercepat pembekuan darah.

8. Meningkatkan Metabolisme Dan Sistem Pencernaan

Metabolisme pencernaan sangatlah diperlukan oleh tubuh karena hal ini akan membantu melancarkan pencernaan pada tubuh seseorang.

Untuk meningkatkan metabolisme pencernaan maka anda sendiri dapat mengkonsumsi agar-agar.

Hal ini dikarenakan makanan ini mampu menyerap air sehingga dapat membantu mempercepat pembuangan zat metaboslisme atau sampah-sampah dalam tubuh manusia.

9. Menyehatkan Kulit

Mempunyai kulit yang sehat merupakan keinginan setiap orang terutama pada wanita yang ingin tampil beda.

Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi agar-agar untuk membuat kulit anda tetap terlihat sehat dan memperlambat terjadinya efek penuaan pada kulit anda.

10. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan penumpukan lemak yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan stroke pada tubuh secara tiba tiba.

Untuk mencegahnya dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi agar-agar karena kandungan yang ada di dalamnya sangat berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

11. Pembungkus Kapsul

Agar agar ini juga digunakan untuk bahan dasar untuk pembuatan selaput pembungkus kapsul obat pengganti gelatin.

Pada awal mula pembuatan kasul, gelatin hewani digunakan dalam selaput pelapis kapsul,dan sekarang telah mulai digantikan dengan bahan agar agar karena lebih mudah larut didalam tubuh.

Sehingga tidak menggganggu sistem didalam penyerapan obat yang ada di dalam kapsul agar agar.

Bidang Kuliner

Dalam bidang kuliner, agar agar telah banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis olahan makanan maupun minuman yang sehat dan segar :

1. Makanan Pencuci Mulut

Bahan dasar agar agar sering digunakan untuk dibuat menjadi puding, jelly, makanan pencuci mulut, pengental dalam sup, saus, hingga digunakan untuk pengental es krim.

2. Serat Untuk Nasi

Selain itu, agar agar juga dapat dicampur kedalam nasi ketika dimasak dengan tujuan agar nasi yang dimakan mengandung lebih banyak serat dan lebih pulen.

3. Cemilan Sehat

Penggunaan agar agar juga dapat untuk camilan tanpa kalori karena tidak mengandung kalori sama sekali.

Bidang Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Kadar kolagen serta asam amino esensial dalam agar agar ternyata dapat membantu mencegah timbulnya tanda tanda penuaan dini pada kulit kita, sehingga kulit terlihat lebih cerah,halus dan terlihat lebih muda.

2. Melangsingkan Tubuh

Kandungan serat larut dan tidak larut dalam agar agar juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat digunakan dalam menu diet untuk membuat tubuh menjadi lebih ramping dan sexy.

Demikian adalah manfaat agar agar yang dapat digunakan dalam bidang-bidang medis, kuliner, menjaga kesehatan serta kecantikan.

Isi Kandungan Gizi Agar-Agar

Agar-Agar adalah bahan makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia umunya.

Agar mengandung energi yaitu s 0 kilo kalori, protein 0 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 400 miligram, fosfor 125 miligram, dan zat besi 5 miligram.

Selain itu di dalam Agar ini juga mengandung vitamin A  0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Hasil tersebut didapat dengan melakukan penelitian terhadap 100 gram Agar-Agar, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Agar-Agar

Nama Bahan Makanan : Agar-Agar
Nama Lain / Alternatif : – 
Fod weight = 100 gr
Bdd / Food Edible= 100 %
Energi Agar-Agar = 0 kkal
Protein Agar-Agar = 0 gr
Lemak Agar-Agar = 0,2 gr
Karbohidrat Agar-Agar = 0 gr
Kalsium Agar-Agar = 400 mg
Fosfor Agar-Agar = 125 mg
Zat Besi Agar-Agar = 5 mg
Vitamin A Agar-Agar = 0 IU
Kandungan Vitamin B1 Agar-Agar = 0 mg
Vitamin C Agar-Agar = 0 mgdia)
Khasiat / Manfaat Agar-Agar : – (Belum Terse
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : A
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber-sumber lainnya.

Keterangan 

Riset/penelitian pada Agar-Agar yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi hasilnya.

Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Agar-Agar ini karna saya mendapat dari sumber tertentu.

Anda juga bisa membuat resep cara membuat agar agar santan gula merah dengan menambahkan gula merah ke dalam bahan bahan yang sudah di siapkan di atas.

Selain itu, teman teman bisa juga menambahkan beberapa macam potongan buah buahan seperti strawbery, anggur, melon dan buah buahan yang lain.

Selamat mencoba Untuk ide memasak yang lain, silahkan mencoba sedikit artikel tentang cara membuat agar agar santan semoga artikel ini bermamfaat bagi pembaca.