Resep Bubur Kacang Hijau yang Bisa Menjadi Peluang Usaha

resep bubur kacang hijau

Pada ulasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang resep bubur kacang hijau dan cara pembuatannya. Siapa yang tidak kenal deengan bubur kacang hijau? Makanan yang satu ini sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan.

Bubur kacang hijau yaitu makanan khas Nusantara yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak hingga mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak.

Lalu disajikan dengan tambahan santan. Dalam versi yang lain, beberapa orang menambahkan tepung tapioka atau tepung kanji ke dalam bubur. Makanan yang satu ini bisa dimakan ketika masih hangat maupun dingin dengan cara memasukkan es batu ke dalamnya.

bubur kacang hijau adalah bubur  yang berasal dari daerah Madura dengan kacang hijau sebagai bahan utamanya, di campur dengan santan dan gula merah serta biasanya menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma dari bubur kacang hijau itu sendiri.

Kacang hijau merupakan palawija yang sangat terkenal di daerah tropis. Biji dari kacang hijau merupakan bagian yang sangat bernilai ekonomi, dimana biasanya orang menjadikan biji kacang hijau sebagai bubur yang di sebut dengan bubur kacang hijau, selain itu biji kacang hijau juga biasa digunakan sebagai isi dari jajanan bakpia atau onde onde.

Sedangkan untuk kecambah kacang hijau bisa di jadikan sayur yaitu tauge, tidak cuma itu, kacang hijau juga bisa di olah menjadi tepung untuk kemudian di buat mie atau yang biasa di kenal dengan nama mie soun.

Filosofi Bubur Kacang Hijau

Ibaratnya, Santan itu lautan globalisasi, Kacang hijau itu kita, sementara Ketannya adalah barisan orang-orang yang mendukung kita. Meski Lautan Globalisasi membanjiri kita, citra rasa kita/pendirian kita harus tetap kita pegang teguh, dan orang-orang yang mendukung kita (ketan) selalu menolong kita.

Oleh karena itu, untuk menciptakan bubur kacang hijau yang lezat, walau santannya agak sedikit banyak daripada kacang hijau, citra rasa dari kacang hijau harus sangat kuat.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah

Manfaat kacang hijau yang bisa didapatkan yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, karena kacang hijau mengandung serat yang tinggi, kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilo kalori serta 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur bisa membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis, pascamenopause pada wanita dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

Perlu diketahui,  dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 189 miligram magnesium. Jumlah ini cukup untuk mencegah tubuh kekurangan magnesium. Ketika Anda mengonsumsi magnesium dalam jumlah cukup, maka risiko osteoporosis akan berkurang.

3. Baik untuk penderita diabetes

Selain menurunkan risiko penyakit osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, manfaat bubur kacang hijau selanjutnya yaitu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semua ini berkat kandungan magnesium pada kacang hijau. Tidak hanya itu, khasiat kacang hijau lainnya yaitu bagus untuk kesehatan jantung serta menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

Karena dalam kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena itu manfaat kacang hijau juga sekaligus dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kacang hijau juga memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram per cangkir. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi ini membuat kacang hijau menjadi salah satu makanan alternatif untuk Anda yang tidak suka mengonsumsi daging.

Selain itu, kandungan lemak serta kolesterol jahat pada kacang hijau jauh lebih rendah daripada daging. Protein sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh, kekurangan protein dapat menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor bahkan busung lapar.

5. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kandungan protein dan zat seng dalam kacang hijau bisa membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu, manfaat kacang hijau juga bisa membantu memudakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis, lembut, serta mencegah penuaan dini.

6. Mengatasi sembelit

Kacang hijau yaitu salah satu sumber karbohidrat yang baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang bermanfaat sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai akan diubah menjadi glikogen pada hati dan otot.

Anda dapat mengonsumsi sumber karbohidrat yang mengandung serat, sehingga manfaat karbohidrat akan dilengkapi dengan manfaat serat yang baik dalam menurunkan risiko penyakit sembelit atau konstipasi serta baik untuk kesehatan usus.

7. Menjaga kesehatan janin

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan. Biji-bijian ini juga bermanfaat mencegah kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah sampai mencegah kerusakan saraf pada janin.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya adalah membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta. Karena kandungan zat besi pada kacang hijau inilah dapat mengurangi risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Dalam sehari ibu hamil memerlukan zat besi lebih banyak sekitar 25 mg.

Selain itu, khasiat kacang hijau yang bisa didapatkan karena kandungan thiamin di dalamnya. Thiamin atau dikenal dengan vitamin B1 mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Fungsi thiamin juga berguna untuk membantu perkembangan otak bayi.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 1,15 gram lemak dan 347 kalori energi. Dengan kandungan antioksidan dan serat yang tinggi, serta kandungan lemak yang rendah, mengonsumsi kacang hijau secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol.

9. Membantu menjaga berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, salah satu manfaat kacang hijau yang bisa dirasakan adalah mengontrol nafsu makan. Apabila nafsu makan terkontrol, maka otomatis hal itu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Nafsu makan yang terkendali ini karena kandungan serat dan protein dari kacang hijau membuat kenyang lebih lama dan lebih cepat

10. Menurunkan risiko penyakit jantung

Karena kandungan serat dan pati di dalam kacang hijau, makanan yang berwarna hijau ini baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat kacang hijau mengurangi risiko jantung dan menurunkan tekanan darah. Hal diduga berkaitan dengan sifat antiradang dan antioksidan di dalamnya.

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

1. Bagus Untuk Penderita Diabetes

Kacang hijau tidak memiliki kandungan gula yang tinggi. sebab itulah rasa alami kacang hijau adalah hambar ke gurih, bukan manis. Kacang hijau baik dikonsumsi untuk penderita diabetes untuk pengganti nasi atau hidangan sore hari.

2. Meredakan Kolesterol

Serat diet sehat yang ada dalam kacang hijau mampu menyerap kolesterol berlebihan dalam tubuh dan juga membersihkan usus Anda. Jika kolesterol dan usus Anda sehat maka tekanan darah juga stabil, Kacang hijau baik dikonsumsi setiap hari dan bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

3. Mematikan Sel Kanker

Kanker Payudara menjadi ancaman bagi setiap wanita karena bila terkena kanker payudara maka akan susah disembuhkan dan cara untuk sembuhnya  pun juga susah. Ada berbagai cara agar terhindar dari kanker payudara, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi kacang hijau.

Kacang hijau mengandung zat yang dapat memperlambat replika sel kanker, termasuk sel kanker yang muncul pada payudara. Zat tersebut diketahui mampu mencegah formasi sel tumor.

4. Membuat Kulit Dan Rambut Berkilau

Hal ini dapat dimulai dari mengonsumsi makanan yang sehat. Kacang hijau dapat membantu Anda mendapatkan kulit serta rambut yang sehat dan berkilau. Kacang hijau diketahui mengandung protein serta zat seng yang bagus untuk kesehatan rambut dan kuku.

Phytoestrogen yang terkandung dalam kacang hijau membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit supaya tetap lembut, elastis, serta tidak cepat keriput dan tua. Konsumsi kacang hijau rebus setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Resep-resep Bubur Kacang Hijau

Dibawah ini adalah resep-resep bubur kacang hijau yang bisa anda buat dirumah.

Resep Bubur Kacang Hijau Legit dan Manis

Resep Bubur Kacang Hijau Legit dan Manis
Resep Bubur Kacang Hijau Legit dan Manis

Bahan-bahan

  • 100 gram kacang hijau
  • 5 gelas air
  • 100 gram gula pasir
  • Garam (secukupnya)
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 cm jahe (memarkan)
  • 50 gram gula merah (sisir halus)
  • 100 ml santan kelapa

Langkah-langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Legit dan Manis

  1. Cuci bersih kacang hijau, rendam kurang lebih selama 30 menit.
  2. Rebus kacang hijau menggunakan 5 gelas air hingga mendidih dan empuk atau mekar.
  3. Tambahkan gula pasir, gula merah, daun pandan, jahe dan garam secukupnya.
  4. Rebus semua bahan hingga gula merasuk ke dalam kacang hijau.
  5. Jika bubur kacang hijau dirasa sudah matang dan empuk sempurna, tambahkan santan kelapa.
  6. Koreksi rasa dan tambahkan gula maupun garam untuk dapatkan rasa yang nikmatnya keterlaluan.
  7. Rebus bubur sampai mendidih, angkat dan sajikan ketika masih hangat.

Resep Bubur Kacang Hijau Nangka

Resep Bubur Kacang Hijau Nangka
Resep Bubur Kacang Hijau Nangka

Bahan-bahan

  • 1/4 kg kacang hijau
  • 5 buah Nangka potong dadu
  • 65 ml Santan kental
  • 1000 ml Air
  • 3 lembar Daun Pandan
  • 1 ruas Jahe
  • 4 buah Gula merah
  • 2 sdm Gula putih

Langkah-langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Nangka

  1. Sebelumnya, rendam kacang hijau semalaman sampai pecah-pecah.
  2. Didihkan air dipanci, lalu masukan kacang hijau yg sudah direndam, serta daun pandan.
  3. Jika kacang hijaunya sudah pecah2, masukan gula merah putih, jahe dan santan, aduk perlahan sampai mendidih.
  4. Masukan nangka, koreksi rasa dan matikan kompor.

Resep Bubur Kacang Hijau Durian

Resep Bubur Kacang Hijau Durian
Resep Bubur Kacang Hijau Durian

Bahan-bahan

  • 1/2 kg kacang hijau,direndam
  • 50 gr beras,direndam
  • 1 buah durian,ambil isi buahnya
  • 1/2 kg kelapa parut
  • 300 gr Gula merah,disisir
  • Gula pasir,sesuai selera
  • 40 gr jahe,geprek
  • 3 siung bawang putih,geprek
  • 1 butir telur,kocok lepas aja
  • Daun pandan
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Air

 

Langkah-langkah Cra Membuat Bubur kacang Hijau Durian

  1. Redam kacang hijau dan beras kurang lebih 30 menit, setelah itu cuci bersih dan masak dengan air secukupnya, masukan juga jahe dan bawang putih geprek, masak hingga kacang hijaunya lunak, kupas durian,ambil isi buahnya, lalu sisihkan.
  2. Peras santan sesuai selera, untuk dimasukin kulkas biasanya bubur kacang hijau akan mengental,jika kacang hijau sudah lunak,masukan santan,Gula merah,gula pasir,garam dan durian.
  3. Sebelum mendidih,masukan telur dan aduk,santan jangan sampai pecah,tes rasa sesuai selera,dan matikan api kompornya.
  4. Tempatkan digelas atau mangkok,bubur kacang hijau durian siap dihidang untuk keluarga tercinta disore hari

Resep Bubur kacang Hijau Ketan Hitam

Resep Bubur kacang Hijau Ketan Hitam
Resep Bubur kacang Hijau Ketan Hitam

Bahan-Bahan

  • -150 gram kacang hijau kulit, rendam 1 jam
  • -2.000 ml air
  • -3 lembar daun pandan, ikat
  • -1/2 sendok teh garam
  • -200 gram gula pasir:
  • -150 gram beras ketan hitam, rendam1 malam
  • -1.500 ml air
  • -3 lembar daun pandan, ikat
  • -1/2 sendok teh garam
  • -200 gram gula pasir
  • -500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • -2 lembar daun pandan
  • -1/4 sendok teh garam

Bahan Pelengkap

  • 25 gram sagu mutiara merah, rebus
  • 4 buah nangka, potong kotak kecil

Langkah-langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam:

  1. 1. Kacang hijau, rebus kacang hijau, air, dan daun pandan hingga matang dan mekar.
  2. 2. Masukkan garam dan gula pasir. Masak sampai meresap dan kental lalu sisihkan.
  3. 3. Ketan hitam, rebus beras ketan dengan daun pandan di dalam air. Masak sambil diaduk sampai empuk dan kental. Masukkan garam dan gula pasir. Aduk hingga kental. Sisihkan.
  4. 4. Kuah santan, rebus santan, daun pandan, serta garam sambil diaduk hingga mendidih.
  5. 5. Sajikan kedua bubur berdampingan bersama pelengkap serta kuah santan.

Resep Bubur Kacang Hijau Istimewa

Resep Bubur Kacang Hijau Istimewa
Resep Bubur Kacang Hijau Istimewa

Bahan-bahan

  • 250 gr kacang hijau, cuci, rendam min. 1 jam
  • 2 liter air bersih
  • 6 sdm penuh gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 lembar daun pandan
  • Sejempol jahe, kupas, cuci & geprek
  • 25 gr santan bubuk atau 65 ml santan kental
  • 150 ml air bersih
  • Sejumput garam halus
  • Secukupnya nangka, potong dadu

Langkah-langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Istimewa

  1. Rebus kacang hijau dengan 2 liter air bersih hingga empuk dan air tinggal setengah bagian.
  2. Kemudian masukkan gula pasir + garam halus, aduk rata.
  3. Lalu tambahkan daun pandan dan jahe geprek, aduk rata.
  4. Masak lagi kacang hijaunya hingga mengental dan air menyusut . Tes rasa, jika sudah pas matikan api.
  5. Untuk kuah santan  masukkan semua bahan dlm panci, lalu masak hingga mendidih, matikan api, lalu angkat.
  6. Penyajian siapkan mangkuk, masukkan secukupnya bubur kacang hijau lalu siram dengan kuahnya santan dan taburi dengan potongan nangka dan siap disajikan.

Resep Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

Resep Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan
Resep Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

Bahan-bahan

  • Kacang hijau 250 g
  • Tepung Maizena 1 sdm
  • Daun pandan 2 lembar
  • Jahe 1 cm, memarkan
  • Gula pasir 2 sdm
  • Garam sdt
  • Susu kental manis vanila 5 sdm
  • Air 1 L

Langkah-langkah Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan:

  1. Rendam kacang hijau selama 2 jam.
  2. Rebus kacang hijau dengan 1 L air. Masukkan jahe yang telah dimemarkan, daun pandan, gula pasir, serta garam. Aduk hingga rata.
  3. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air lalu masukkan ke dalam rebusan kacang hijau.
  4. Masukkan susu kental manis ke dalam rebusan kacang hijau lalu aduk hingga rata. Aduk sampai mendidih.
  5. Bubur kacang hijau tanpa santan siap disajikan ketika masih hangat.

Nah ternyata banyak sekali ya resep-resep bubur kacang hijau yang bisa dibuat dirumah. Jika anda tertarik dngan ulasan tentang resep es unik untuk jualan, silahkan klik di usaha rumahan. Selamat mencoba resep-resep dari saya, semoga bermanfaat dan tunggu ulasan-ulasan berikutnya.