Resep Ayam Goreng Tepung Sederhana Tapi Enaknya Juara

Daging ayam menjadi salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Salah satu masakan yang bisa dibuat dari daging ayam adalah ayam goreng tepung yang sederhana namun enaknya juara.

Ayam Goreng

Nyaris tak ada yang bisa menolak gurihnya ayam goreng. Renyah gurih di bagian luar dengan empuk juicy di bagian dalam. Siapa yang memperkenalkan ayam goreng ini?

Dari sekian banyak sajian berbahan dasar ayam, ayam goreng jadi primadona. Tak hanya murah dan mudah ditemui, ayam goreng juga punya kelezatan yang khas. Apalagi kalau dibalut tepung dan digoreng garing.

Ayam goreng berbalut tepung yang kini populer dengan nama ‘Fried Chicken’ ternyata bukanlah berasal dari Amerika. Melainkan dari Afrika. Konon imigran asal Skotlandia yang membawa resep tersebut ke Amerika. Berawal dari warga Eropa yang menetap di Amerika bagian selatan dan sering mengonsumsi olahan ayam ini.

Cara Membuat Resep Ayam Goreng Tepung Sederhana Tapi Enaknya Juara

Bahan A:

  • 1 kg tepung terigu
  • 2 ons tepung maizena
  • 1/2 sdm garam halus
  • 10 gr kaldu bubuk
  • 3/4 sdt merica halus
  • 1/2 sdt bawang putih halus
  • 1 sdt baking powder

Bahan B:

  • Ayam secukupnya, potong-potong kecil

Bahan C:

  • 1-2 butir putih telur kocok lepas, tambahkan air secukupnya buat bahan pencelup ayam.
  • Minyak Goreng banyak, agar ayam terendam menyeluruh

Cara membuat Resep AYam Goreng Tepung :

1. Aduk bahan A sampai rata, simpan di wadah tertutup;

2. Potong ayam sesuai selera tambahkan garam, merica bubuk, susu cair, masukkan di kulkas kira-kira 1 jam;

3. Ambil potongan ayam celupkan ke bahan C;

4. Panaskan minyak banyak;

5. Angkat tiriskan ayam, masukkan ke bahan A (tepung) aduk ringan beberapa kali, celupkan ke bahan C, angkat dan celupkan ke bahan A lagi aduk lagi sampai tepung menempel;

6. Masukkan ayam kedalam minyak yang sudah panas. Goreng sampai matang kekuningan, angkat dan sajikan selagi hangat

Cara Membuat Kremesan

Bahan-bahan:

  • 5 sdm kanji
  • 1 sdm tepung beras
  • 500 ml kuah soto
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/4 sdt baking powder

Cara membuat kremesannya :

1. Campur semua bahan,aduk sampai rata. Panaskan minyak di wajan cekung, panaskan dengan api sedang;

2. Ambil 2 sendok sayur adonan tuang tinggi ke minyak panas. Tuang dengan cara dikucurkan seperti membentuk sarang burung, jangan sekaligus tuang karena akan mempengaruhi hasil akhir;

3. Tunggu hingga pinggirnya mengering lipat terus balik;

4. Goreng sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan di atas tissue sebelum disajikan.

Manfaat Makan Ayam

Tinggi protein
Daging ayam tinggi akan kandungan protein sehingga bisa membangun ototmu supaya jadi lebih kuat. Selain itu, kandungan lemak sehat di dalamnya bisa mengekang nafsu makan, membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, dan baik untuk mendukung penurunan berat badan.

Anti depresan alami
Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan. Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.

Mencegah keroposnya tulang
Tulang bisa memasuki masa keropos ketika kamu usia semakin tua. Konsumsi ayam akan membantumu untuk melawan pengeroposan tulang dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan persendian.

Baik untuk jantung
Makan ayam membantu dalam mengendalikan dan menekan kadar homosistein dan melindungi jantungmu dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Kaya akan fosfor
Kandungan fosfor di dalam ayam sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Termasuk mendukung kesehatan ginjal, lever, dan sistem saraf pusat.

Mengandung selenium
Selenium merupakan salah satu dari zat sehat yang ada di dalam ayam. Selenium adalah mineral penting yang membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh, mendukung kerja kelenjar tiroid, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan kerja sistem metabolisme
Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam daging ayam membantu untuk mencerna makanan tanpa menyimpannya sebagai lemak. Sehingga kamu akan terhindar dari kegemukan.

Kaya niasin
Niasin adalah vitamin penting yang berguna untuk mencegah penyakit kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA.

Mendukung kesehatan mata
Kandungan retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene di dalam ayam berguna untuk menjaga ketajaman mata.

Menjaga kesehatan jaringan tubuh
Banyak dari kamu yang mungkin sering mengalami masalah bibir pecah-pecah atau kulit kering. Zat di dalam ayam yang disebut dengan riboflavin membantumu untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menghindarkanmu dari gangguan kesehatan di atas.

Kandungan Gizi Daging Ayam

Daging ayam ras atau ayam potong merupakan sumber protein hewani yang baik, karena mengandung asam amino esensial yang lengkap dan dalam perbandingan jumlah yang baik. Untuk itulah kenapa ayam potong masih menjadi favorit menu masakan.

Selain itu serat-serat daging ayam potong pendek dan lunak sehingga mudah untuk dicerna. Dalam ulasan kali ini Rumah Ayam Sehat akan mencoba mengulas kandungan atau komposisi gizi daging ayam potong. Yuk, kita mulai!

Selain sebagai sumber protein, daging ayam dan unggas lainnya juga menghasilkan kalori, namun berbeda dengan daging hewan konsumsi lainnya, daging ayam dan unggas memiliki jumlah kalori yang lebih rendah.

Oleh karena itu daging ayam dan unggas lainnya dapat dipakai sebagai bahan makanan yang baik untuk mengendalikan pertambahan berat badan dan cocok bagi yang sedang melakukan program diet, berguna membantu penyembuhan dari penyakit dan sebagai bahan nutrisi para lansia.

Ayam yang merupakan jenis unggas adalah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. 2 jenis ayam yang biasa dikonsumsi yaitu ayam ras (broiler) dan ayam lokal (buras/kampung). Kedua jenis ayam ini menjadi sumber protein hewani.

Untuk itu penting kita mengetahui komposisi gizi dari daging ayam yang sering kita konsumsi ini. Untuk lebih jelasnya berikut tabel komposisi/kandungan gizi daging ayam dan daging hewan konsumsi lainnya.

 

tabel kandungan gizi daging ayam

 

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa daging ayam relatif lebih tinggi kandungan kalorinya dibandingkan daging non unggas. Daging ayam juga dapat diandalkan sebagai sumber protein.

Berdasarkan penelitian daging ayam memiliki protein yang berkualitas tinggi dan mengandung semua asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Disamping protein, daging ayam mengandung gizi seperti lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air. Kadar masing-masing komponen tersebut berbeda-beda besarnya tergantung kepada spesies, umur, dan jenis kelamin ayam yang bersangkutan. Kandungan air pada ayam yang lebih mudah misalnya biasanya lebih tinggi daripada yang lebih tua. Tapi umumnya, kadar protein daging ayam adalah 18% dan kadar airnya berkisar antara 60-70%4.

Kandungan lemak dalam daging ayam sangat bervariasi. Biasanya, semakin bertambah umur, kadar lemaknya semakin tinggi. Selain itu, kadar lemak ayam betina juga lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jantan. Kandungan lemak daging ayam adalah sekitar 25%. Lemak ini terutama terdapat pada kulit daging.

Baiklah Itu Tadi Resep Ayam Goreng Tepung Sederhana Tapi Enaknya Juara Monggo bisa anda coba ya..semoga berhasil..