Cara Bikin Bakso Sapi tanpa Pengawet yang Sehat untuk Keluarga

cara bikin bakso sapi

Kapan terakhir kali Anda makan bakso sapi? Setahun? Sebulan? Atau malah baru saja makan bakso? Jika selama ini hanya jadi penikmat, kenapa tidak mencoba meracik resep bakso sapi sendiri di rumah?

Dengan meracik resep bakso sapi sendiri, maka Anda bisa menjamin kesehatan diri sendiri dan keluarga. Terlebih kalau Anda seorang ibu rumah tangga. Aneka makanan yang diracik sendiri juga akan menambah kedekatan suami dan anak-anak pada Anda.

Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang tebuat dari daging. Kemudian, sebagian besar makanan ini terbuat dari daging sapi yang digiling terlebih dahulu dan dicetak menjadi seperti bola.

Daging ini ternyata memiliki berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagi pertumbuhan tubuh dan otak. Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengonsumsi dua samapai empat kali dalam seminggu.

Berbicara tentang makanan ini sangat banyak sekali memiliki kandungan gizi seperti vitamin, protein, serta zat besi. Untuk itu pengganti daging yang cocok dalam kebutuhan sehari-hari dengan makan bakso.

Selain itu, makanan ini yang diolah secara benar dengan mesin pembuatan makanan ini akan menghasilkan daging yang berkualitas pula. Namun, makanan ini sudah tidak asing dari kuliner negara indonesia. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat makanan ini, berikut inilah manfaatnya.

Manfaat Mengkomsumsi Bakso

1. Pengatur suhu tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Membawa oksigen ke seluruh tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Membantu pembentukan hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu sistem saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan sistem kekebalan tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Mencegah dan menyembuhkan anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

7. Membantu pembentukan enzim

Selain untuk mencegah dan menyembuhkan anemia bakso juga memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya membantu pembentukan enzim. Berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

8. Membantu pembentukan fungsi otak

Otak ini membutuhkan kandungan senyawa yang ada di dalam makanan ini, karena dengan makanan ini sangat baik untuk pertumbuhanya. Suplay oksigen oleh senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu agar fungsi otak berjalan dengan normal.

9. Membantu metabolisme

Setiap makanan yang di konsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim oleh senyawa zat yang ada di dalam bakso sangat berperan penting dalam memenuhi hal tersebut.

10. Membantu untuk diet

Kebanyakan orang yang sedang program diet menghindari makan bakso. Hal ini disebabkan karena membuat berat badan bertambah. Ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah, ternyata makanan ini malah sangat baik di konsumsi selama diet. Hal ini terjadi karena makanan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

Cara Bikin Bakso Sapi

Bahan-Bahan:

  • 1 kilogram daging sapi
  • 1 butir telur
  • 100 gram sagu
  • 8 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 1 sendok teh lada
  • 4 sendok teh garam
  • Air secukupnya
  • Es batu kotak-kotak secukupnya

Cara bikin Bakso Sapi Kenyal Alami:

  1. ertama-tama, haluskan daging sapi dengan penggiling daging untuk membuat prosesnya lebih mudah dan cepat. Bikin daging tersebut betul-betul menyerupai pasta dengan cara digiling adonan bakso setidaknya 4 kali.
  2. Tambahkan bawang merah, bawang putih, telur, lada, dan garam. Cara menggilingnya tetap dengan penggiling daging sapi. Aduk hingga bikin adonan bakso merata secara keseluruhan.
  3. Setelah selesai. Adonan dibanting-banting hingga terkesan memantul-mantul. Baru setelah itu masukkan sagu. Kemudian campur kembali hingga merata.
  4. Cara bikin bakso sapi kali ini tentu saja dengan menaruh adonan ke telapak tangan. Kemudian dipencet-pencet untuk membuat bulatan-bulatannya keluar sendiri. Ukurannya bisa disesuaikan selera Anda.
  5. Rebus air secukupnya dalam panci hingga mendidih. Setelah itu atur apinya hingga mengecil. Kemudian masukkan adonan bakso ke dalamnya. Tunggu hingga mengapung sempurna.
  6. Kalau sudah selesai tiriskan. Kenyalkan bakso sapi Anda dengan cara memasukkan sebentar ke air es. Kuahnya jangan dibuang kalau mau masak lagi dengan tambahan bihun atau bahan lain.