Membuat Pisang Keju Coklat Yang Praktis dan Enak, Cobain Yuk!

membuat pisang coklat keju

Siapa yang bisa menolak enaknya pisang goreng? Rasa pisang yang legit, ditambah taburan panir crispy serta keju dan coklat di dalamnya membuat kelezatan camilan yang satu ini semakin luar biasa. Camilan ini pun bisa dibuat dengan sangat mudah di rumah.

Kamu penasaran ingin coba? Berikut ini kami sajikan resep dan cara pembuatan yang mudah banget dan bisa kamu terapkan sesuai keinginan, tapi rasa juara!

Pisang

Pisang adalah buah yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti pisang goreng, pisang coklat, pisang nugget dan masih banyak lainnya. Di antara beberapa olahan tersebut, pisang goreng merupakan salah satu jenis gorengan yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Bicara soal gorengan terutama pisang goreng nih, saat ini banyak banget jenis olahan pisang yang ada di Indonesia. Seperti pisang goreng pasir, pisang goreng coklat keju, pisang goreng kremes dan pisang goreng lainnya.

Jenis Pisang Yang Cocok Digoreng

Cara Untuk membuat pisang coklat, pastinya kita perlu juga jenis pisang yang cocok digoreng. Dan juga, tidak semua jenis pisang itu enak ketika kita menggorengnya loh. Kita perlu memilih pisang yang setelah digoreng, teksturnya masih pas. Oleh karena itu, pilih pisang yang memiliki tekstur yang padat dan agak keras saat belum digoreng.

1. Pisang Kepok

Pisang kepok adalah pisang yang paling umum diolah menjadi pisang goreng. Ukurannya yang cukup besar dan juga bentuknya yang melebar agak gemuk, menjadikan pisang ini cemilan favorit dijadikan pisang goreng.

Rasa dari pisang kepok pun netral dengan sedikit creamy. Ketika digoreng, tekstur dari pisang kepok juga stabil. Bahkan, setelah digoreng sekalipun, teksturnya masih tetap padat, bentuknya pun masih tetap.

2. Pisang Uli.

Pisang selanjutnya adalah pisang uli, berukuran sedang, nggak kebesaran ataupun kekecilan. Aroma dari pisang ini sedap dan memiliki sedikit bau yang manis. Walaupun pisang ini bisa juga dimakan langsung, pisang uli juga cocok dijadikan pisang goreng karena dagingnya cukup padat.

3. Pisang Nangka.

Pisang nangka juga merupakan pisang yang banyak diolah menjadi pisang goreng. Aromanya cukup manis, mirip seperti bau nangka. Warna pisang ini pun menarik, kuning cerah, sehingga ketika digigit, warnanya terlihat bagus.

4. Pisang Tanduk.

Pisang tanduk ini juga enak dijadikan pisang goreng. Ukurannya besar dan panjang, sehingga, kalau kita mau menggorengnya, sebaiknya dipotong-potong dulu. Pisang tanduk memiliki rasa yang agak asam, tetapi akan manis jika sudah matang.

Manfaat Makan Pisang

1. Sumber energi

Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di dalam pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Baik ibu hamil

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Mengatasi anemia

Sebanyak dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong.

Pisang utuh ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

5. Manfaat bagi penderita lever

Khasiat pisang baik untuk penderita penyakit lever, baiknya mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh.

6. Menyembuhkan luka bakar

Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

7. Manfaat bagi diabetes

Bagi masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau makanan pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda.

8. Mempercantik kulit

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.

9. Mengontrol berat badan

Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti pada seseorang kehilangan berat badan dengan melakukan diet empat buah pisang dan empat gelas susu non-lemak atau susu cair per hari sedikitnya tiga hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.

10. Mengatasi depresi

Mafaat pisang membantu mengatasi depresi karena kadar tryptophan yang tinggi, diubah menjadi serotonin – neurotransmitter otak suasana bahagia.

Tips cara membuat pisang coklat keju

Gunakan pisang yang matangnya cukup, jangan terlalu matang karena akan mempengaruhi hasil akhirnya. Apalagi kalau pisang yang digunakan sudah terlalu lunak, nanti hasilnya kurang enak.

Sebelum dimasukkan ke dalam adonan basah, pisang terlebih dahulu digulingkan ke dalam tepung terigu agar hasil akhirnya lebih merekat. Tapi usahakan tepung terigu yang menempel di pisang jangan banyak-banyak, bisa diketukkan agar tepungnya berjatuhan.

Jangan lewatkan pendiaman di dalam kulkas selama 15 menit, karena tahap ini berfungsi untuk merekatkan adonan dengan pisang goreng.

Saat menggoreng usahakan saat minyaknya sudah benar-benar panas. Usahakan juga pisangnya sampai terendam oleh minyak.Gorenglah sampai warnanya kuning keemasan atau golden brown.

Saat disajikan, kamu bisa tambahkan juga taburan berupa coklat dan keju parut diatas pisang gorengnya.

Bahan cara membuat pisang coklat keju:

  • 1 sisir pisang kepok (iris kecil-kecil sesuai selera)
  • 100 gram tepung terigu
  • 3 sdm margarin
  • Gula (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Keju parut (secukupnya)
  • Cokelat blok parut (secukupnya)
  • Susu kental manis cokelat
  • Air (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Cara membuat pisang coklat keju:

1. Campur tepung terigu, margarin, sedikit gula, sedikit garam dan air jadi satu. Buat adonan yang cukup encer.

2. Masukkan pisang yang telah dipotong-potong, aduk rata ke dalam adonan tepung.

3. Panaskan minyak, goreng pisang hingga berwarna kuning kecokelatan dengan api sedang.

4. Angkat pisang yang telah matang, sajikan di piring saji.

5. Taburkan keju parut dan cokelat parut di atasnya.

6. Untuk dapatkan rasa legit menggigit dan enak juara, beri susu kental manis cokelat secukupnya.

7. Pisang goreng cokelat keju yang super praktis dan enak siap disantap bersama keluarga di rumah.

Baiklah itu tadi cara membuat pisang coklat keju yang praktis bisa anda coba sendiri ya..semoga berhasil..