Apa Saja sih Khasiat Bawang Dayak Kalimantan yang Wajib Kalian Tahu?

Khasiat Bawang Dayak Kalimantan – Apa sih bawang Dayak itu?  Bawang Dayak adalah bawang yang berasal dari hutan Kalimantan Barat memiliki khasiat yang luar biasa dalam pengobatan aneka penyakit. Akan tetapi bawang Dayak ini belum banyak dikenal masyarakat luas sehingga baru sebagian saja yang memanfaatkan keampuhannya.

Padahal banyak khasiat bawang Dayak Kalimantan untuk kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Banyak alasan kenapa bawang Dayak Kalimantan menyehatkan bagi kita.

Pemakaian obat tradisional semakin berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Perkembangan ini didukung oleh kecenderungan masyarakat kita memilih pengobatan secara alami di bandingkan mengonsumsi obat dari dokter.

Pengobatan secara tradisional dianggap lebih praktis karena sudah terbukti secara turun temurun dari nenek moyang kita. Ramuan bawang Dayak sudah lama dimanfaatkan berbagai kalangan masyarakat suku Dayak sebagai obat alternatif.

 

Kandungan Senyawa Kimia Bawang Dayak

Di bawang Dayak memiliki banyak kandungan di dalamnya antara lain yaitu alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofar maka potensial untuk dikembangkan sebagai tanaman obat modern dalam kehidupan manusia. Sedangkan kandungan tanin yang ada dapat digunakan sebagai obat sakit perut.

khasiat bawang dayak kalimantan

Khasiat Bawang Dayak Kalimantan bagi kesehatan

Mengenai berbagai khasiat bawang Dayak bagi kesehatan sudah terbukti dari suku Dayak asli dalam penggunakannya sebagai obat herbal. Ada banyak khasiat yang terkandung pada bawang Dayak, di antaranya :

1. Mengobati sembelit

Masyarakat dayak kalimantan sudah memanfaatkan khasiat bawang Dayak untuk mengatasi berbagai keluhan kondisi perut seperti disentri dan sembelit.

2. Diabetes

Jika dikonsumsi ekstrak dari bawang dayak bisa membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes.

3. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti diet yang tidak sehat dan aktifitas fisik yang buruk. Antioksidan yang tinggi yang terkandung di bawang Dayak ini bisa membantu menurunkan hipertensi ringan, jika di sertai dengan perubahan gaya hidup yang lebih baik seperti diet sehat dan berolahraga teratur.

4. Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang organ hati. Pada hepatitis C, jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kanker hati atau sirosis yang bisa berakhir dengan gagal hati. Karena bawang Dayak mengandung tinggi antioksidan, maka seseorang yang menggunakannya bisa terhindar dari virus hepatitis yang sangat menular. Namun bagi orang yang menderita penyakit kuning akibat hepatitis juga perlu tetap mendapat penanganan secara medis.

5. Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi yang umumnya menyerang paru, dan sangat menular yang disebabkan oleh infeksi berbagai bakteri micobakteria. Karena infeksi kuman maka seseorang perlu memiliki kekebalan tubuh yang kuat, agar TBC bisa pulih secepatnya. Selain itu harus mengonsumsi obat secara rutin, untuk meningkatkan kekebalan tubuh orang bisa dengan mengonsumsi suplemen seperti bawang Dayak.

6. Asam Urat Dan Radang Prostat Dan Ambeien

Bawang Dayak memiliki sifat anti radang, sehingga dapat membantu meredakan sakit akibat radang sendi, atau peradangan lain termasuk radang prostat dan ambeien dan asam urat yang di derita oleh seseorang. Dengan mengkonsumsi bawang Dayak yang memiliki banyak khasiatnya.

7. Peluruh Lemak, Dan Kolesterol Tinggi

Khasiat alami karena zat aktif yang terkandung dalam bawang Dayak termasuk bisa membantu mengurangi timbunan lemak pada tubuh kita. Hal ini juga termasuk dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit arteri dan jantung koroner.

8. Anti Bakteri Dan Mikroba

Bawang Dayak memiliki banyak kandungan zat bioaktif  yang bersifat anti bakteri, antivirus, dan mikroba sehingga kita tidak mudah terkena berbagai infeksi baik itu oleh bakteri, virus, atau jamur yang setiap hari mengintai kita, tidak hanya itu, antioksidan dari bawang dayak juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah dampak radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker

Manfaat bawang Dayak bagi kesehatan sudah di buktikan oleh suku asli Dayak sejak ratusan tahum silam. Jadi jangan ragu untuk menggunakan maupun mengkonsumsi bawang Dayak dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mengonsumsi

Selain mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak yang dikapsulkan, anda juga bisa mengonsumsi dalam bentuk segar dengan cara mengambil  6 siung bawang Dayak yang sudah dicuci dan di potong-potong kemudian direbus dengan air sekitar 2 gelasan, sisakan satu gelas dan diminum setelah dingin.

Berikut adalah khasiat dan manfaat bawang Dayak untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang tanaman herbal di Indonesia.

Baca juga : cara bagaimana mengolah bawang  menjadi stik yang enak dan renyah.