Analisa Usaha Baju Modal 1 Juta, Wow! Banyak Untung Loh!

Usaha Baju Modal 1 Juta – Banyak macam usaha modal 1 juta, tapi jika usaha modal 1 juta mampu hasilkan untung besar maka cenderung sulit dilakukan. Masalahnya tidak semua usaha modal kecil dapat hasil untung besar. Usaha baju modal 1 juta misalnya, mengetahui supplier tepat maka usaha bisa jalan menguntungkan.

Cukup jualan dirumah tanpa memiliki tempat khusus seperti teras atau garasi mobil. Jika dapat supplier tepat, maka usaha baju modal 1 juta dapat dipasarkan dengan sistem obral murah.

Usaha Online sudah sangat ngehits dan tawaran usaha/bisnis yang menggiurkan, salah satunya adalah usaha online shop pakaian atau baju. Disamping sangat mudah untuk dijalankan, juga telah terbukti menghasilkan keuntungan yang tidaklah kecil.

Berapa Modal Awal Untuk Usaha Baju?

Kelebihan usaha online dengan marketing biasa adalah dimana Anda dapat hemat uang modal awal. Tidak perlu memiliki atau menyewa ruangan/toko untuk usaha, disamping itu Anda dapat berjualan pakaian atau baju langsung dengan bermodalkan foto dari produk yang akan dipasarkan.

Jika Anda membeli website dari jasa pembuatan website pun, nilai modal dikeluarkan masih relatif kecil dibanding dengan sewa ruangan/toko untuk bisnis. Apalagi zaman sekarang ini banyak sebuah situs online shop yang menjual website yang sudah berisi beribu produk dan distributor, sehingga mempermudah dalam berbisnis.

Jika Anda mulai jadi dropshipper, modal usaha onlineshop baju hanya membutuhkan modal waktu dan koneksi internet saja (mungkin sekitar Rp 80 ribu – Rp 150 ribu per bulan). Jika Anda mulainya jadi reseller, modal bisnis onlineshop baju sekitar Rp 650 ribu hingga jutaan. Lalu Anda bisa mulai memasarkan stok baju tersebut via e-commerce dan sosmed gratis.

Jika Anda ingin punya toko baju sendiri, anda harus stock produk yang akan Anda pasarkan minimal 2 jutaan untuk membeli stock, belum lagi membayar sewa kios/toko untuk menjual produk baju.

Lebih mahal lagi jika Anda membuat bisnis butik, modal nya bisa saja berkisar Rp 15 jutaan hingga ratusan juta. Karena pasti akan membutuhkan website tersendiri untuk branding dan bangun jaringan distributor. Belum butuh biaya untuk produksi baju foto model, dsb.

Tetapi, bila Anda ingin jadi reseller memiliki onlineshop sendiri, modal bisnis yang perlu anda keluarkan berkisar Rp 1,5 jutaan untuk membuat website yang sudah berisi supplier dan produk baju yang akan dipasarkan.

Dimulai Sebagai Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

Jika Anda memiliki pekerjaan tetap atau masih pelajar, bisnis onlineshop baju terbilang fleksible karena Anda bisa mulai bisnis dengan modal kecil dan pemasaran dapat dilakukan pada waktu luang.

Contoh anak muda yang sukses bisnis onlineshop baju adalah Sinta Permatasari gadis SMA yang hanya modal Rp 500 ribu dan rajin serta kerja keras, ssehingga dia berhasil mengembangkan bisnis onlineshop baju dengan omset jutaan perbulan.

Jika anak SMA saja bisa menjalankannya, menurut saya semua orang juga bisa melakukan dengan sukses.

Dari Hobi Jadi Bisnis, Dari Sampingan Jadi Utama!

Faktor penukung didalam bisnis onlineshop baju, salah satunya “passion”. Menurut Dia, bisnis onlineshop dimulai karena hobi dia berbelanja baju melalui onlineshop. Dari hobi itu ia kembangkan bisnis dengan natural tahu tentang fashion yang sedang tren.

Pada 2010 dia mulai menerima pesanan baju lokal dengan sistem pre-order. Dimana menurut dia, sistem PO sangat menguntungkan karena dia tidak harus menyetok barang yang tidak laku.

Kualitas Menjaga Loyalitas

Faktor pendukung lainnya ialah jaga kualitas produk yang sangat penting supaya kepercayaan pelanggan makin besar. Sayang sekali saat bisnis baju berkembang, pebisnis lebih memilih import produk dari Bangkok, Korea, Hongkong dsb karena kualitas baju lokal sulit diprediksi. Harusnya produsen lokal berani saing kualitas.

Bagaimana Sih, Tips Memulai Bisnis Onlineshop Bagi Pemula?

Tentu sebelum kita benar-benar akan memulai bisnis onlineshop baju, berikut kami jelaskan tips memulai bisnis onlineshop bagi Pemula sebagai berikut :

Luruskan Niat, Miliki Mindset Bisnis Yang Benar.

Ingatlah, Anda akan melakukan sebuah “bisnis”. Jadi hal terpenting, Anda harus memiliki mindset bisnis yang benar, mental positif dan rasa percaya diri.

Anda juga harus membangun aset, dimana aset akan bekerja untuk kita. Jangan sampai ketika kita berhasil berbisnis susah payah, tapi akhirnya hal sia-sia terkorbankan karena kesibukan kita berbisnis.

“Bila Anda bekerja pada bisnis, maka Anda adalah karyawan bisnis Anda sendiri. Tapi, bila yang Anda lakukan adalah bagaimana membangun bisnis agar berkembang maka Anda adalah pebisnis.

Sama seperti bisnis lain, jika Anda memutuskan bangun sebuah bisnis onlineshop pastikan beberapa hal ini harus Anda perhatikan :

  1. Modal.
  2. Produk yang akan dipasarkan.
  3. Pasar yang akan disasar.
  4. Strategi pemasaran.
  5. Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

Makanya, sebelum memikirkan hal itu benahi dulu mindset Anda. Faktor penentu kesuksesan bisnis, 90% kualitas pribadi manusia. Ini hal yang sifatnya nonteknis. Dan sisanya bersifat teknis.

Tujuan utama berbisnis, selain ingin mendapat penghasilan juga ingin melayani banyak orang dan lebih bermanfaat.

Putuskan Apa Yang Mau Anda Jual.

Selanjutnya Anda harus memutuskan produk apa yang mau Anda pasarkan. Pikirkanlah, sekiranya apa yang akan Anda tawarkan kepada orang-orang lewat sosmed. Berikut tips menemukan produk yang akan dipasarkan :

  1. Mencari sesuatu yang sedang dibutuhkan oleh Masyarakat atau orang disekitar Anda.
  2. Problem solver ialah Anda yang mana dapat memberikan solusi dari permasalahan mayarakat.
  3. Tukarlah manfaat jadi transaksi yang menguntungkan.

Biasanya mereka teramat fokus dengan produk, bukan melainkan dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga banyak yang gagal dalam bisnis pertama. Untuk itu, lakukan riset produk dulu dan carilah produk yang cepat laku artinta banyak masyarakat membutuhkannya.

Mulai dari memasarkan produk orang, dengan dropship misalnya, atau reseller. Contoh : pemasaran tiket pesawat dan kereta api, agen rumah properti, pemasaran baju / produk fashion dengan konsep konsinyasi, dsb.

 

Buat Website Jualan Maupun Onlineshop.

Tahap ketiga membuat web online, atau lapak online. Dimana Anda akan gunakan sebagai tempat bisnis onlineshop atau promosi.

Jika Anda sudah tau produk apa yang akan Anda pasarkan, cara bisnis online adalah :

  1. Tahap awal, mencoba memasarkan lewat situs marketplace, media sosial, dan apk social chat lainnya.
  2. Jika Anda ingin serius, Anda bisa memulai membuat website sendiri.

Penjelasan tahap pertama, contoh memasarkan via media sebagai berikut:

  • Situs marketplace – Bukalapak, Tokopedia, OLX, Shopee, Lazada dsb.
  • Situs medsos – Facebook, Twitter, Instagram.
  • Apk social chat – BBM, LINE, WhatsApp, Telegram, Messenger.

Penjelasan tahap kedua, membuat website dengan tujian sebagai lapak online atau workshop resmi di dunia sosial. Keuntungan memiliki website sendiri, kita akan jadikan website sebagai pusat dalam penyebaran promosi sosmed, forum, atau situs pemasaran lain.

“Situs marketplace, sosmed, forum online diibaratkan Mall di dunia online. Sedang website diibaratkan Kantornya.”

Dengan adanya website, kadang sebagai pengukur apa seorang pebisnis serius dalam menjalani bisnis atau tidak. Sehingga jika kita memiliki website sendiri, seseorang pembeli akan lebih yakin dengan produk yang kita pasarkan bahkan merasa tenang jika hendak melakukan transaksi pembelian.

Promosikan Usaha Baju Anda.

Jika sudah memiliki website, Anda bisa isi produk/jasa yang akan dipasarkan dengan konten yang meyakinkan. Tips dalam mengisinya “Jangan hanya asal mengcopy paste konten.”

Pakailah kata yang pantas ditampilkan, karena ini sangat mempengaruhi. Tampilkan materi konten web sederhana dahulu sebisa mungkin muatlah informasi seperti dibawah :

  • Profil bisnis.
  • Galeri produk/jasa serta informasi.
  • Alamat bisnis dan cara mengkontak Anda.
  • Dan cara order pesanan beserta mengisi formulir orderan.

Promosikan..!

Website sudah tersedia, selanjutnya lakukanlah Promosi website bisnis Anda agar dapat kunjungan website kita. Anda bisa mulau memanfaatkan situs sosmed seperti Instagram, Facebook dsb.

Lalu pasanglah produk/jasa di situs bisnis, forum, dan situs marketplace. Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih unggul gunakanlah mesin pencari Google, Bing, Yahoo dengan teknik SEO. Dimana kita hanya harus memahami cara optimasi situs agar bisa meningkatkan rating pertama dalam mesin pencari dengan keyword tertentu.

Ini memang lebih teknis, karena kita harus memahami cara optimasi situs supaya bisa menduduki halaman pertama dalam suatu mesin pencari, dengan kata kunci tertentu. Justru jika paham pola SEO , mindset usaha dan pemasaran semakin tajam.

 

Cari Mentor Dan Lingkungan Yang Positif.

Untuk yang akan belajar usaha baju modal 1 juta lebih serius, carilah mentor yang akan membimbing Anda dalam membangun sebuah bisnis menjadi besar. Anda belajar dari kesuksesan dan jatuh bangun proses yang mereka alami dari mereka yang sukses karena bisnis ini.

ANALISA USAHA BAJU MODAL 1 JUTA

Nama : Biaya
Investasi : Rp. 1.000.000
Website : Rp  1.000.000
Karyawan : kita sendiri
Harga Pasar : Rp. 25.000/2pc atau Rp.45.000/2pc (untuk setelan)
Rata2 penjualan per Hari : 50pc
Margin hasil : Rp. 5.000/pc
Penghasilan per Hari : Rp. 250.000
Penghasilan per Bulan : Rp. 250.000 x 30 = Rp 7.500.000
Website + Karyawan : Rp. 1.000.000 + 0 = Rp. 1.000.000
Pendapatan Untung per Bulan : Rp. 2.550.000

Tidak sampai 3 Bulan Anda sudah balik Modal!

Sekian artikel tentang usaha baju modal 1 juta beserta tips memulai bisnis bagi pemula. Semoga artikel ini sedikit membantu memberi info peluang bisnis dengan modal yang kecil dan bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu disarankan bacalah artikel lain.

Baca : Usaha Baju Modal 1 Juta

Tags : Peluang Bisnis RumahanUsaha Modal KecilUsaha Modal 3 JutaBisnis Modal Tipis, Franchise Indonesia Modal Kecil

Terimakasih, Sukses!