Keripik Unik Untuk Usaha Dirumah Maupun Di Restoran

Keripik Unik Untuk Usaha Dirumah Maupun Di Restoran

Keripik Unik Untuk Usaha Dirumah Maupun Di Restoran – Keripik unik untuk dijual biasanya beragam bentuk dan jenisnya. Dalam artikel ini kami akan membagikan berbagai keripik unik untuk usaha.

Keripik unik ini termasuk dalam resep aneka keripik untuk dijual dipasaran. Berikut ini adalah keripik unik untuk usaha dirumah maupun di restoran.

Keripik Unik Untuk Usaha Dirumah Maupun Di Restoran

1. Resep Membuat Keripik Ubi Ungu

Keripik Unik Untuk Usaha Dirumah Maupun Di Restoran

Resep aneka keripik untuk dijual yang pertama adalah membuat keripik ubi ungu:

Bahan Cara membuat Keripik Ubi Ungu:

– 1 kg ubi ungu yang masih segar
– 200 gr gula pasir
– 2 sendok makan air kapur sirih
– air bersih secukupnya
– minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Keripik Ubi Ungu:

1. Kupas kulit ubi ungu lalu dicuci dengan air hingga benar benar bersih
2. Iris tipis-tipis ubi ungu dengan pisau yang tajam atau juga dapat menggunakan alat pemotong supaya hasilnya sama
3. Campurkan air kapur sirih dengan air bersih yang sudah disiapkan tadi
4. Rendam ubi ungu yang sudah diiris tipis ke dalam air kapur sirih selama kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam, lalu angkat tiriskan
5. Jemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering
6. Larutkan gula pasir dengan air secukupnya kemudian masukkan ubi yang sudah dijemur tadi kedalam larutan gula
7. Panaskan minyak kemudiangoreng ubi sedikit demi sedikit sampai  matang dan kering, angkat tiriskan dan diamkan sampai dingin
8. Masukkan keripik ubi kedalam toples lalu tutup agar tidak menjadi melempem, keripik siap untuk dinikmati.

2. Resep Membuat Keripik Ubi Jalar

Keripik Unik Untuk Usaha Dirumah Maupun Di Restoran

Resep aneka keripik untuk dijual yang kedua adalah membuat keripik Ubi jalar:

Bahan-Bahan Cara Membuat Keripik Ubi Jalar:

1. Ubi jalar secukupnya.
2. Larutan kapur sirih.
3. Larutan natrium bisulfit 500 ppm.
4. Minyak goreng secukupnya.

Alat Yang Diperlukan:

1. Pengiris umbi.
2. Pisau dan telenan
3. Kuali
4. Baskom atau ember.
5. Keranjang peniris.

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar:

  1. Pengupasan dan juga pengirisan, Umbi dicuci kemudian dikupas. Umbi yang sudah kupas, tapi tidak langsung untuk diproses lebih lanjut karena harus direndam di dalam air. Setelah itu umbi diiris tipis-tipis sesuai selera anda.
  2.  Perendaman di dalam larutan natrium bisulfit dan juga air kapur. Irisan umbi direndam di dalam larutan natrium bisulfit 500 ppm selama kurang lebih sekitar 60 menit. Kemudian irisan umbi diangkat dan direndamkan ke larutan kapur sirih 2% selama kurang lebih sekitar 30 menit, setelah itu ditiriskan.
  3.  Pemasakan ringan,air dipanaskan sampai suhunya mencapai 90°C. Ke dalam air dimasukkan garam (10 gram garam buat 1 liter air). Kemudian iris umbi yang telah ditiriskan kemudian dimasukkan ke dalam air tersebut, dan diaduk pelan pelan sampai meresap.
  4. Tidak lama setelah itu (1 sampai 2 menit), irisan umbi tadi segera diangkat dan ditiriskan.
  5.  Proses pengeringan. Irisan umbi dijemur, atau juga lalu dikeringkan dengan alat pengering hingga cukup kering dengan tanda mudahnya umbi patah saat anda remas.

Proses Penggorengan

  1. Penggorengan. Irisan umbi digoreng di dalam minyak panas  yang suhunya mencapai 170°C sampai garing.
  2. Penggulaan. Untuk mendapatkan rasa keripik yang manis, lakukan penggorengan secara diulang. Kedalam minyak yang lumayan panas (suhu 110°C)lalu dimasukkan gula halus ( 50 gram gula untuk setiap 1 liter minyak tadi), dan kemudian diaduk agar gula dapat mencair.
  3. Setelah itu, keripik yang telah garing dimasukkan ke dalam minyak yang panas tadi, lalu diaduk dengan pelan pelan, dan segera diangkat untuk ditiriskan dan juga didinginkan.
  4. Pengemasan. Keripik ubi yang sudah matang harus disimpan pada wadah yang tertutup. Keripik dapat dikemas di dalam kantong plastik, atau juga dengan kotak kaleng. Kemasan harus ditutup rapat agar tidak bisa dimasuki oleh uap air dan udara luar.

3. Resep Membuat Keripik Ubi Merah

Keripik Unik Untuk Usaha Dirumah Maupun Di Restoran

Resep aneka keripik untuk dijual yang ketiga adalah membuat keripik ubi merah:

Bahan Cara Membuat Keripik Ubi Merah :

  • 1 kg ubi merah, kupas, iris melintang tipis
  • 5 sdm minyak untuk menumis
  • 200 gr gula pasir
  • 2 sdm variant bumbu tabur
  • 50 ml air
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Ubi Merah :

  1. Kupas ubi merah hingga benar benar bersih, kemudian serut ubi tipis-tipis, rendam serutan ubi tadi dalam air. Tiriskan ubi sesaat sebelum anda goreng.
  2. Panaskan minyak yang cukup banyak tadi, goreng ubi jalar hingga matang dan kering. Angkat kemudian tiriskan.
  3. Masak gula pasir dan juga air dengan api yang sedang, hingga mengental dan berserabut. Masukkan ubi jalar yang sudah digoreng tadi, kecilkan api sambil diaduk dengan cepat hingga gula melapisi ubi jalar, taburi cabai bubuk aduk kembali sampai merata semua.
  4. Dinginkan keripik dan simpan dalam wadah yang tertutup.
  5. Keripik Ubi Merah siap untuk disajikan.

Manfaat Keripik Kayu(Singkong)

1.Mengendalikan Diabetes

Pertama dapat membantu mengandalikan diabetes. Kandungan serat yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh sehingga bisa mengontrol diabetes anda agar tetap dalam batas normal. Oleh karena itu, anda dapat mulai mengkonsumsi makanan ini.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Jika anda salah satu penderita penyakit jantung maka anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi keripik singkong. Hal ini dikarenakan kandungan sumber serat yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mencegah anda dari resiko penyakit jantung.

3. Menguatkan Tulang

Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda  yang tumpul. Untuk menjaga tulang agar kuat dapat dilakukan dengan rajin mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan vitamin K yang ada di dalamnya berfungsi untuk membangun masa tulang sehingga tulang akan tetap kuat serta juga sehat.

4. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang anda, keripik singkong juga sangat bermanfaat untuk menambah dan  membantu produksi sel darah merah. Kandungan vitamin B kompleks yang ada dalam makanan ini membantu memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah dari penyakit anemia.

5. Mencegah Resiko Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah kanker yang menyerang pada bagian usus besar atau pada bagian terakhir pada sistem pencernaan. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan serat yang ada di dalamnya bermanfaat supaya mencegah resiko kanker usus besar.

6. Membantu Pertumbuhan Tubuh

Mengkonsumsi keripik singkong juga sangat efektif untuk membantu pertumbuhan tubuh. Kandungan yang bernama riboflavin yang terdapat di dalam makanan ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tubuh sehingga anda dapat mengkonsumsinya untuk pertumbuhan tubuh yang baik dan juga sehat.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dapat mengkonsumsi keripik singkong ini. Kandungan kalium yang ada di dalamnya mampu mengantur tekanan darah sehingga kadar kolesterol jahat menurun.

8. Mencegah Penyakit Alzeimer

Untuk mencegah penyakit alzeimer anda dapat mengkonsumsi keripik singkong. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir serta berbicara. Oleh karena itu, anda dapat mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah resiko penyakit alzeimer.

9. Melancarkan Proses Pencernaan

Keripik singkong juga sangat berkhasit untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya membantu proses buang air besar menjadi lancar sehingga dapat mencegah anda dari resiko gangguan pencernaan.

10. Menurunkan Resiko Stroke

Stroke adalah hilangnya fungsi otak dengan cepat, karena gangguan darah menuju ke otak. Untuk menurunkan resiko stroke anda dapat mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan serat yang ada di dalamnya mampu menurunkan resiko stroke sehingga sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita stroke.

Itulah beberapa keripik unik untuk usaha dirumah yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat selamat mencoba sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.