Cara Membuat Roti Maryam Berserat Dan Lembut

cara membuat roti maryam berserat

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat roti maryam berserat atau di sebut roti cane. Tapi tahukah Anda cara membuat roti  maryam? ya, simak resep berikut ini

Roti

cara membuat roti maryam berserat

Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Termasuk makanan pokok di banyak negara Barat. Bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Dalam beberapa budaya, roti dipandang sangat penting sehingga menjadi bagian ritual keagamaan.

Sejarah Roti

konon katanya sudah dimulai sejak 10.000-12.000 tahun yang lalu. Bahan dasar tepung satu ini kali pertama di kembangkan di daerah Mesopotamia dan juga Mesir. Kunjungi juga cara membuat bola ubi kopong ungu.

Pada saat itu masyarakat sekitar hanya mengkonsumsi gandum secara langsung. Akan tetapi setelah ditemukan sebuah cara yang di anggap lebih baik untuk mengolah gandum dengan di lumatkan dan dicampur dengan air hingga menjadi pasta.

Yang sudah dibuat tersebut kemudian di panaskan di atas api, lalu dikeringkan. Itulah kali pertama roti dibuat. Beberapa bukti yang menunjukan tentang sejarah perkembangan roti dapat dilihat dari bekas reruntuhan kota Pompei.

Adapun Cara Membuat Roti Maryam Atau Roti Cane

Selama ini kita tahu jika roti cane merupakan bentuk lain dari roti. Roti cane juga di anggap salah satu pilihan makanan sehat pengganti nasi. Tetapi saat ini muncul berbagai argumen mengenai manfaat roti cane untuk kesehatan.

Kebanyakan jenis roti saat ini terbuat dari berbagai jenis biji-bijian sementara roti cane murni terbuat dari gandum dan juga di produksi dari dapur sehat. jadi apakah roti tetap sehat?

Apakah roti? Roti merupakan jenis makanan yang terbuat dari adonan tepung, air dan sering diberikan bahan-bahan tambahan lainnya. Adonan tersebut kemudian di panggang, tetapi ada juga jenis roti yang di kukus, goreng atau dipanggang dengan wajan tanpa minyak.

Para ahli nutrisi memang tidak terlalu menyukai penggunaan roti sebagai bentuk makanan modern dari roti cane karena pada pembuatan roti banyak mengurangi serat, sementara serat sangat penting untuk proses pencernaan. ada makanan lain yang menyehatkan seperti ubi dengan cara membuat bola ubi dengan benar.

Roti cane adalah salah satu makanan pokok penduduk di Asia Selatan. Roti cane terbuat dari tepung tanpa ragi dan pada proses alami pembuatannya tidak menghilangkan serat didalamnya sehingga para ahli nutrisi sangat menyarankan penggunaannya.

Dalam adonan roti cane tidak ada penambahan ragi, sedangkan pada roti ditambahkan ragi pada adonannya. Pada beberapa orang, ragi dapat mendatangkan masalah pencernaan. Saat ini banyak sekali alasan yang membuat roti tidak sehat untuk konsumsi sehari-hari.

Memang saat ini masih ada roti yang terbuat dari bahan gandum utuh, tetapi biasanya harganya lebih mahal, dan bahkan jauh lebih mahal dari roti cane yang dibuat secara tradisional.

Selain itu roti cane yang dibuat rumahan akan lebih fresh dan segar dibanding roti yang diproduksi secara massal. Tetapi secara keseluruhan kita tidak dapat langsung memisahkan roti cane dan roti begitu saja.

Asal Usul Roti Maryam

Sebenarnya asal muasal roti Maryam ini masih misteri, namun yang pasti roti berbentuk lingkaran mirip konde ini memiliki nama yang beragam di berbagai macam negara dan memiliki sejarah yang panjang.

Ada yang mengatakan roti ini asalnya dari India dan diberi nama roti Cane karena berasal dari Chennai (Madras, India). Di negara lain, seperti Malaysia dan Singapura roti ini disebut Prata, di Myanmar di sebut Palata.

Di Cina dinamai Yin Du Jiang Bing yang berarti biskuit panggang India, sedangkan di Eropa makanan ini dikenal sebagai Flying Bread yang artinya roti Terbang. Yang menjadi karakteristik dari makanan ini adalah lapisan-lapisan tepungnya yang tidak menyatu satu sama lain.

Dan memiliki rasa yang cenderung datar namun gurih karena berbahan dasar tepung dan lemak. Sehingga roti ini cocok dimakan dengan toping yang manis seperti madu, coklat, susu atau pun keju. Dan cocok juga dimakan dengan lauk yang asin seperti kari ayam atau kambing, gule, fushuliyya (sejenis sayur kacang) atau pun telur orak-arik.

Roti Maryam di Indonesia lebih dikenal dibawa oleh para pedagang Arab, awalnya roti maryam hanya dijumpai dikampung-kampung Arab atau dirumah-rumah makan khas Timur Tengah.

Hingga kini pun masih banyak ditemui Hadharim (keturunan Hadramaut) yang mengkonsumsinya sebagai makanan keseharian mereka. Atas dasar inilah salah satunya, Roti Maryam yang kami buat diberi nama “Roti Maryam Hadramaut”.

Ada Beberapa Macam Macam Cara Membuat Roti Maryam Berserat

1. Cara Membuat Roti Maryam Berserat

Salah satu roti khas dari timur tengah. Roti maryam juga biasa disebut dengan kue canai, roti pipih yang tak menggunakan bahan pengembang. Biasanya disantap dengan kari atau dimakan langsung dengan topping manis.

 

Bahan :

  • 250 gram Tepung Terigu
  • 1 butir Telur
  • 3 sdm Margarin (cairkan)
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Gula Pasir
  • 2-3 sdm Susu Bubuk
  • Air Hangat secukupnya

Langkah Cara Membuat Roti Maryam Berserat :

  1. Siapkan bahan dan campurkan semua terigu, telur, gula, garam, susu bubuk dan margarin.
  2. Tambahkan ait sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis.
  3. Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan tutup menggunakan serbet.
  4. Setelah selesai, maka selanjutnya bentuk adonan bulat.
  5. Balurkan atau rendam dengan minyak dan tutup menggunakan plastik wrap atau serbet.
  6. Diamkan kurang lebih 1 hingga 3 jam.
  7. Setelah 3 jam, ambil 1 bulatan adonan dan tipiskan. Olesi minyak dan margarin cair.
  8. Iris memanjang dengan menggunakan pisau, setelah itu digulung.
  9. Putar melingkar gulungan roti maryam. Ujungnya juga bisa dimasukkan ke tengah, agar
  10. tidak lepas sewaktu digoreng.
  11. Tipiskan hingga kira-kira 0,5 cm.
  12. Goreng atau panggang dengan menggunakan api kecil. Bisa menggunakan margarin, bisa juga tidak.
  13. Tambahkan topping gula bubuk.
  14. Jika ingin menambah rasa, bisa dengan isian cokelat, keju ataupun cokelat kacang.

2. Cara Membuat Roti Maryam Sederhana

merupakan salah satu kue khas yang berasal dari timur tengah. Meski begitu roti ini cukup populer di Tanah Air. Apalagi cara membuat roti maryam terbilang cukup mudah.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan pokok. Biasanya, roti maryam disantap bersama dengan kari atau juga dimakan dengan menambahkan saus coklat, madu, keju dan topping lain untuk menambah citarasanya.

Kue atau roti maryam adalah salah satu jenis yang bentuknya bundar dengan tekstur empuk dan renyah. Bahkan banyak juga yang menyebutnya kue canai atau konde karena memang bentuknya seperti konde rambut.

Di beberapa negara, seperti Singapura roti ini lebih dikenal dengan nama resep roti prata atau resep roti canai di Malaysia membuat roti maryam bisa dibilang cukup mudah dan hanya memerlukan sedikit bahan. Proses pembuatannya juga cukup simpel.

Bahan :

  • 500 gr tepung terigu
  • 75 gr margarine atau mentega
  • 2 sdt garam
  • 200 ml air
  • 2 butir telur ayam
  • 150 ml minyak goreng atau secukupnya

Cara membuat roti maryam sederhana :

  1. Masukkan tepung terigu dalam wadah yang cukup besar.
  2. Masukkan telur ayam, garam, dan air kira-kira 50 ml. Aduk hingga campuran merata. Uleni adonan sambil sesekali dibanting sehingga adonan menjadi kalis.
  3. Ambil adonan dan buat bulatan, lalu masukkan ke dalam wadah yang bisa ditutup. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam sehingga adonan mengeras.
  4. Setelah kurang lebih 2 jam, ambil adonan bulat kemudian potong atau iris-iris. Pisahkan setiap 50 gr irisan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Ambil adonan yang diiris kemudian kembali iris dengan menggunakan tangan.
  6. Ambil wadah besar, olesi dengan minyak goreng. irisan adonan lalu bentangkan sehingga keluar guratan tipis. Perciki dengan menggunakan mentega cair. Kemudian satukan guratan adonan tersebut. Gulung hingga berbentuk bulatan padat.
  7. Masukkan dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit.
  8. Keluarkan adonan, tuang minyak dalam wajan anti lengket. Masukkan adonan kemudian pipihkan dengan menekan permukaan adonan di atas wajan.
  9. Tuang minyak dalam penggorengan dan panaskan dengan menggunakan api sedang.
  10. Masukkan adonan dan masak satu per satu hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  11. Sajikan dengan menggunakan berbegai topping sesuai selera.

 

itulah ulasan pembahasan tentang cara membuat roti maryam agar berserat. mudah dan praktis bukan?

Semoga Bermanfaat.