Cara Membuat Martabak Manis yang Enak dan Praktis

Cara Membuat Martabak Manis

Cara membuat Martabak manis- Pada Ulasan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat martabak manis yang enak dan praktis. Bagi anda yang suka memasak atau ingin berbisnis makanan, martabak manis bisa menjadi salah satu pilihan unuk berbisnis.

Siapa yang di sini hobi makan martabak manis? Jajanan yang biasa diidentikkan dengan ‘ oleh-oleh khas’ untuk merayu calon mertua ini ternyata memiliki rasa yang unik.

Martabak manis juga sering ditemui di pinggir jalan, dan hampir di seluruh kota Indonesia banyak ditemui. Di beberapa daerah martabak manis ini biasa disebut dengan nama terang bulan.

Sejarah Martabak Manis

Martabak Manis adalah makanan khas dari Bangka. Martabak manis bernama asli Hok Lo Pan. Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang dari Hakka (Khek) Bangka. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang menggunakan nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal namanya Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak). Arti Harfiah Hok Lo Pan (Martabak) yaitu Kue Orang Hok Lo.

Dikisahkan ada satu keluarga, bernama Keluarga Cen. Keluarga Cen generasi keempat yang berasal dari Bangka ini, merantau dan tinggal bersebelahan dengan sebuah warung mi Bandung di Semarang. Warung mi Bandung milik seorang Hakka yang bernama Moi Yan ini terkenal sangat laris.

Terinspirasi oleh ramainya kedai tetangga yang terletak di Jalan Gajah Mada, keluarga ini akhirnya membuat kue Hok Lo Pan dengan aneka variasi. Berharap menjadi sepopuler mi Bandung jualan Yan, keluarga Cen pun menamainya “kue Bandung”.

Martabak manis dibuat dengan menggunakan tepung yang diolesi mentega, biasanya ditaburi dengan kacang, meses, keju dan wijen. Namun seiring perkembangannya martabak manis memiliki aneka rasa mulai dari green tea, aneka buah sampai nutella.

Uniknya martabak manis ini mempunyai julukan yang berbeda di setiap daerah. Di Jakarta dan Bandung disebut dengan martabak manis dan asin, di Semarang disebut dengan kue Bandung, di Pontianak disebut apam pinang. Sedangkan di Medan, warga menyebutnya martabak Bangka. 

Alasan Kenapa Martabak Menis Sering Menjadi Menu Makan Malam

Makan malam memang bukan urusan yang simpel, jadi kamu harus memikirkan menu apa yang akan dinikmati.

Akan tetapi, anda tidak perlu repot melakukan itu semua jika kamu memilih martabak sebagai menu makan malam. Kenapa martabak?. Berikut adalah  alasan mengapa martabak merupakan pilihan menu makan malam.

1. Martabak bukan camilan

Jika kamu memang serius ingin makan malam dengan menu ini, jangan anggap martabak manis sebagai camilan, tetapi jadikan martabak sebagai menu utamanya. Mengubah pola pikir ini memang agak susah. Tapi kamu harus mencobanya.

2. Kaya nutrisi

Tenang saja, martabak khususnya martabak manis mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya yaitu fosfor, kalsium, serta berbagai vitamin, zat besi, protein, dan  karbohidrat. Selain itu energi pada setiap 75 gram martabak sejumlah 199 kkal. Jadi, jangan anggap martabak adalah makanan remeh atau rendahan.

3. Banyak yang jual

Kamu tidak perlu memasak untuk menyantap menu makanan ini. Kamu bisa mendapatkan di sekitar rumah kamu. Hal ini akan menghemat waktu dan juga energi. Kamu cukup pesan martabak untuk dibungkus dan dimakan di rumah. Simpel kan?.

4. Bisa dimakan untuk banyak orang

Jika ingin mendapatkan waktu yang berkualitas, menu martabak sangat membantu. Kamu bisa membeli beberapa porsi martabak untuk semua anggota keluarga. Meskipun hanya dengan menu martabak, kamu tetap dapat merasakan kehangatan keluarga di tengah makan malam.

5. Hemat konsumsi beras

Dibandingkan dengan negara Malaysia, Jepang, serta Korea, orang Indonesia merupakan negara yang boros dalam mengkonsumsi beras. Jumlah angka konsumsi beras di Indonesia mencapai 139 kg/orang dalam setiap tahunnya. Jika anda makan malam tanpa nasi, anda bisa menekan konsumsi beras dalam negeri ini.

6. Olahan martabak juga semakin modern

Agar makan malam kamu tidak yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba berbagai varian martabak, khususnya martabak manis. Dijamin lidah kamu tidak akan bosan dengan berbagai jenis toping martabak manis yang dijual saat ini.

7. Menyumbang perekonomian negara

Masih ingat slogan “100% Cinta Produk dalam Negeri”? Kamu bisa mempraktikkan semboyan ini dengan membeli martabak dari para pedagang kaki lima yang ada di pinggiran jalan. Jadi, bagaimana apakah kamu akan berkomitmen untuk makan martabak dalam setiap menu makan malammu?.

Fakta Unik Martabak yang Baru Terungkap

1. Topping Klasik Martabak Manis

Sebelum bermunculan topping yang variatif, apa saja taburan martabak klasik pada zaman dulu? Ternyata bubuk kacang tanah dan cokelat menjadi topping klasik yang sangat  digemari. Jika Anda ingin merasakan keaslian martabak manis, anda bisa coba pesan topping ini.

2. Nama asli martabak manis

Hok Lo Pan yaitu nama asli martabak manis yang berasal dari Bangka Belitung. Martabak pertama kali diciptakan oleh orang-orang dari Hakka di Bangka. Maka jangan heran, jika anda sering melihat toko martabak yang menyebutnya dengan nama “Toko Martabak Bangka”.

3. Sebutan martabak manis di berbagai kota

Martabak manis di Bandung biasanya disebut dengan kue terang bulan. Di Semarang justru dikenal dengan nama kue Bandung. Sementara itu, di Pontianak disebut dengan Apam Pinang. Kalau di Medan disebut dengan martabak Bangka, dan di daerah Indonesia Timur biasa dikenal dengan kue bulan.

4. Toko martabak enak buka di malam hari

Pernahkah Anda bertanya mengapa toko martabak lebih banyak dibuka saat malam hari? Banyak yang bilang kalau martabak paling enak dimakan disaat malam hari. Ada juga yang bilang jika hanya di malam hari, lapak-lapak gerobak martabak tersedia untuk mereka. karena di siang hari digunakan untuk toko lain. Nah, menurut Anda yang mana yang benar?

5. Martabak manis cocok dengan segala topping

Inilah mengapa martabak manis berevolusi menjadi makanan kekinian, salah satunya yaitu fleksibilitasnya yang cocok untuk segala bahan makanan manis. Adonan martabak yang tidak terlalu gurih atau manis menjadi “kanvas” terbaik untuk diberi berbagai bahan makanan yang enak. Anda dapat mencampurnya dengan potongan buah-buahan, kacang-kacangan, selai, wafer, dan masih banyak lagi.

6. Faktor yang membuat martabak makin enak

Makan martabak sepertinya tidak cukup hanya sepotong saja, kan? Kira-kira apakah yang membuat martabak manis enaknya membuat ketagihan?

Pertama, tekstur adonan yang berongga membuat semua rasa topping hingga mentega dan susu kental manisnya meresap hingga ke dalam. Kedua, semua bahan makanan berlemak membuatnya makin kaya rasa, seperti olesan mentega didalam dan diluar, susu kental manis, cokelat, keju, serta topping lainnya.

Cara Membuat Martabak manis

Dibawah ini adalah resep-resep cara membuat martabak manis yang bisa anda coba di rumah.

Cara Membuat Martabak Manis Original

Cara Membuat Martabak Manis Original

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 180 ml air matang
  • 4 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan susu bubuk (opsional)
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • susu kental manis secukupnya

 

 

Langkah-langkah Cara membuat martabak manis original:

  1. Campurkan tepung terigu kering, 2 sendok makan gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, serta air. Aduk adonan hingga benar-benar tercampur sempurna dan tidak ada adonan yang menggumpal.
  2. Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), diamkan adonan martbak selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder single-acting, cukup diamkan 5 sampai 10 menit saja.
  3. Selama adonan didiamkan, tuang 3 sendok makan margarin di panci atau loyang teflon. Cairkan di atas api kompor. Kemudian diamkan sampai margarin sedikit mendingin.
  4. Kocok lepas telur ayam sampai tidak ada bagian putih yang menggumpal lagi.
  5. masukkan margarin cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. tuang juga telur yang sudah dikocok lepas tadi.
  6. Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuangkan adonan hingga  setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon supaya adonan menempel pada permukaan loyang hingga membentuk pinggiran.
  7. Tunggu hingga pinggiran martabak kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung. Setelah itu beri taburan  1 sendok makan gula pasir di permukaannya.
  8. Tutup loyang teflon, diamkan teflon selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.
  9. Selagi masih panas, olesi adonan martabak dengan 1 sendok makan margarin. Tuang susu kental manis secukupnya. Potong-potong dan beri topping sesuai selera.

Cara Membuat Martabak Manis Empuk Kekinian

Cara Membuat Martabak Manis Empuk Kekinian

Bahan-bahan

  • 110 gr terigu segitiga
  • 1 sdm tepung kanji / 10 gr
  • 25 gr gula pasir
  • 1 butir telur , kocok dg garpu smpai berbuih
  • sedikit garam halus
  • 1/4 sdt fermipan
  • 1/4 sdt soda kue
  • 2 sdm SKM
  • 1 sdm margarin (lelehkan) sya pakai butter coice
  • 220 ml air hangat suam” kuku (blh gnti susu cair)
  • secukupnya vanili / essens vanila boleh
  • secukupnya margarin buat olesan atas martabak, dan areka toping sesuai selera

Langkah-langkah Cara Membuat Martabak Manis Empuk Kekinian

  1. Campur tepung terigu, tepung kanji, fermipan, garam, gula Aduk rata.
  2. Masukkan air, bergantian dengan telur, aduk rata, masukkan susu kental manis, vanili , aduk rata sampai adonan halus, masukkan margarin cair, aduk” hingga rata dan diamkan 20 menitan.
  3. Masukkan soda kue / baking soda , aduk rata, diamkan lagi 1 jam.
  4. Panaskan teflon, teflon harus panas, olesi margarin, ambil kain lap bersih cocolakn pada tepung trigu kering lalu oleskan pada teflon yang telah dioles margarin, oleskan hingga teflon tdk berminyak agar hasilnya bagus (semacam ngelap bekas olesan margarin tapi pakai lap bertepung).
  5. Tuangkan adonan ke dalam teflon, besarkan api sebentar, lalu kecilkan, biarkan adonan berlubang pada bagian pinggiranya dan tengahnya berlubang dikit”tapi masih basah , taburi gula, tutup teflon dan masak hingga benar-benar matang dan bagian atas berlubang keseluruhan , kalau sudah matang angkat martabak dari teflon, saat martabak masih panas olesi margarin lalu potong 8 bagian dan beri toping sesuka anda . Atau bisa juga ptong 2 bagian , beri toping lalu lipat dan di potong-potong.

Cara Membuat Martabak Manis Hitam

Cara Membuat Martabak Manis Hitam 

Bahan-bahan

  • 250 ml air
  • 5 sendok makan arang bambu
  • 225 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh baking powder 
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan
  • 50 gram margarin untuk olesan
  • 50 gram susu kental manis
  • 75 gram keju cheddar, parut
  • 25 gram cokelat masak putih, diparut

Langkah-langkah Cara Membuat Martabak Manis Hitam 

  1. Untuk membuat kulitnya, aduk rata air dan arang. Saring dan sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu dan baking powder. Masukkan 25 gram gula pasir dan garam, aduk hingga rata. Tuang air campuran arang sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan selama 10 menit.
  3. Tambahkan ragi instan, kocok hingga rata. Diamkan selama 30 menit.
  4. Masukkan telur, soda kue, serta sisa gula pasir, aduk lagi hingga rata. Tambahkan margarin leleh, aduk lagi hingga rata.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan dorayaki yang sudah dipanaskan, biarkan  adonan berlubang. Tutup dan biarkan sampai matang.
  6. Oleskan margarin di atas permukaan kue dan kulitnya. Oleskan susu kental manis, taburkan keju cheddar serta lelehan cokelat putih.
  7. Martabak arang siap untuk disajikan.

Cara Membuat Martabak Manis Aneka Topping

Cara Membuat Martabak Manis Aneka Topping

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 180 ml air matang
  • 4 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan susu bubuk (opsional)
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • susu kental manis secukupnya

 

 

Langkah-langkah Cara Membuat Martabak Manis Aneka Topping

 

  1. Campurkan tepung terigu kering, 2 sendok makan gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, serta air. Lalu aduk adonan sampai benar-benar tercampur sempurna dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), diamkan adonan martabak selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder single-acting, cukup diamkan 5 sampai 10 menit saja.
  3. Selagi adonan didiamkan, tuang 3 sendok makan margarin di panci atau loyang teflon. Cairkan di atas api kompor. Kemudian diamkan sampai sedikit mendingin.
  4. Kocok lepas telur ayam sampai tidak ada bagian putih yang menggumpal lagi.
  5. masukkan margarin cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Masukkan juga telur yang sudah dikocok lepas tadi.
  6. Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuang adonan sampai  setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon agar adonan menempel pada permukaan loyang dan membentuk pinggiran.
  7. Tunggu sampai pinggiran martabak kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung. Setelah itu beri taburan 1 sendok makan gula pasir di permukaannya.
  8. Tutup loyang teflon, diamkan teflon selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.
  9. Selagi masih panas, olesi martabak dengan 1 sendok makan margarin. Tuang susu kental manis secukupnya. Potong-potong dan beri topping sesuai selera anda.

Cara Membuat Martabak manis kekinian dengan adonan warna-warni

Untuk membuat adonan martabak manis kekinian, Anda hanya tinggal menambahkan beberapa bahan campuran ke adonan original dari martabak manis Anda. Berikut deretan variasinya.

  • Tambahkan 1/2 sendok teh vanili bubuk didalam adonan kering untuk Martabak rasa vanilla
  • Martabak cokelat: Tambahkan 2 sendok makan cokelat bubuk didalam adonan kering
  • Martabak taro: Tambahkan 2 sendok makan bubuk taro pada adonan kering
  • Tambahkan 1 sendok makan matcha powder pada adonan kering untuk Martabak green tea
  • Martabak pandan: Tambahkan 2 tetes pasta pandan didalam adonan yang sudah dicampur telur dan margarin
  • Martabak red velvet: Tambahkan 2 tetes pewarna merah pada adonan yang sudah dicampur telur dan margarin atau adonan basah
  • Tambahkan 25 gram tepung ketan hitam dan 1/2 sendok makan kopi bubuk untuk Martabak black sweet:

Ide Topping Martabak Manis Kekinian

Berikut ide topping yang bisa digunakan:

  • Meises
  • Parutan cokelat putih atau cokelat warna-warni
  • Nutella
  • Parutan keju cheddar
  • Parutan keju leleh/mozzarella
  • Kacang yang dicincang kasar
  • Ovomaltine
  • Remah Oreo
  • Permen cokelat
  • Irisan buah pisang
  • Marshmallow
  • Selai topping
  • KitKat
  • Sereal cokelat
  • Jagung manis
  • Es krim
  • Irisan buah kaleng (jeruk, longan, leci)
  • Setup buah segar (stroberi, kiwi, apel dimasak dengan gula pasir serta bubuk kayu manis)
  • Choco balls
  • Cream cheese
  • Daging buah durian yang sudah dilumatkan
  • Abon sapi

Cara Membuat Martabak Manis Mini

Cara Membuat Martabak Manis Mini

Tak punya mixer? Well, jangan jadikan alasan ini sehingga kamu tidak bisa membuat martabak mini. Berikut cara membuat martabak mini manis tanpa menggunakan alat mixer.

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung tapioka
  • 2 sdm gula pasir2 butir telur
  • 2-3 sdm mentega atau margarin (sesuai selera), lalu cairkan
  • 300 ml air
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm baking powder
  • Topping sesuai seleramu

 

Langkah-langkah Cara Membuat Martabak manis Mini

 

  1. Campur telur, gula, garam, dan ragi instan
  2. Kemudian kocok hingga gula larut dan rat
  3. .Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, serta air sambil terus diaduk sampai adonan mencapai tekstur cair yang tepat
  4. Masukkan mentega cair, aduk
  5. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit
  6. Setelah itu, tambahkan baking powder, aduk rata
  7. Di cetakan martabak mini, tuang adonan hingga cetakan atau teflon yang kamu gunakan terisi setengah.
  8. Tunggu hingga di permukaan muncul pori-pori kecil
  9. Kemudian tutup
  10. Buka tutup cetakan, angkat martabak jika kamu merasa bahwa adonan sudah matang berwarna kecoklatan
  11. Terakhir, kamu bisa tambahkan topping sesuai selera kamu seperti gula pasir, susu kental manis, meises, sampai selai

Nah dari ulasan diatas, anda dapat mengetahui sejarah martabak manis, resep-resep martabak manis, dan sebagainya. Jika anda ingin membaca ulasan tentang bisnis-bisnis rumahan, anda bisa klik  di usaha rumahan. Sekian ulasan kali ini, selamat mencoba dn semoga bermanfaat.