Cara Membuat Keripik Nanas Renyah Yang Tahan Lama

Cara Membuat Keripik Nanas Renyah Yang Tahan Lama

Cara Membuat Keripik Nanas Renyah Yang Tahan Lama – Keripik nanas adalah sebuah produk olahan  yang berbahan dasar dari buah nanas. Keripik nanas biasanya memiliki rasa yang manis.

Dalam artikel ini kami akan membagikan cara membuat keripik nanas renyah yang tahan lama yang dapat anda jadikan pedoman untuk membuatnya dirumah.

Berikut ini adalah cara membuat keripik nanas renyah yang tahan lama

Cara Membuat Keripik Nanas Renyah Yang Tahan Lama

Cara Membuat Keripik Nanas Renyah Yang Tahan Lama

Berikut ini adalah cara membuat keripik nanas renyah yang tahan lama,simak dan pelajarilah!

Cara Membuat Keripik Nanas Renyah

Bahan Cara Membuat Keripik Nanas:

  1. 3 buah nanas yang matang
  2. Asam askorbat
  3. Gula halus secukupnya

Cara Membuat Keripik Nanas:

Sedikit tips tentang Cara membuat keripik nanas supaya bagus hasilnya adalah pertama pemilihan buah nanas yang harus tepat. Nanas diambil yang sudah cukup matang, jangan yang sudah terlalu matang karena nantinya daging buahnya akan terlalu lembek.

Nanas yang sudah matang akan menghasilkan rasa legit dari buah pada hasil keripik nanas yang maksimal, tak perlu lagi ditambah-tambah pemanis, apalagi pemanis buatan.

Berikut Cara Membuat Keripik Nanas;
  1. Pertama yang perlu dilakukan adalah masalah pengupasan.
  2. Kupaslah buah nanas hingga benar-benar bersih dari kulitnya.
  3. Kemudian, rendamlah buah nanas dengan menggunakan air garam .
  4. Selanjutnya iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran tipis tipis sesuai selera. Ingin dibentuk menjadi apa hasil keripik nanasnya nanti, mungkin berbentuk bulat seperti buahnya atau memanjang.
  5. Irislah buah dengan tebal setiap irisannya kira-kira kurang lebihsekitar 5 mm.
  6. Setelah itu, dinginkan buah nanas yang sudah diiris-iris tadi dengan cara dimasukkan ke dalam Freezer. Hal ini dilakukan supaya dapat hasil keripik yang baik.
  7. Gorenglah buah nanas tadi apabila sudah dingin menggunakan alat khusus yang bernama Vacuum Friying. Meskipun alat atau mesin ini yang merupakan penggoreng khusus buah dan memang harganya cukup  mahal.
  8. Jika menggunakan menggoreng secara tradisional atau menggunakan penggorengan biasa, hasilnya nanti akan hitam bahkan akan meleleh serupa jelly. Hal ini dikarenakan oleh kandungan glukosanya tinggi
  9. Selain itu, menggorengnya pun tidak boleh sembarangan atau dengan suhu temperatur yang terlalu tinggi.
  10. Kelemahan penggorengan biasa adalah tidak dapat mengatur suhu sehingga rata-rata suhunya cenderung tinggi bahkan sampai 100 derajat celcius ataupun bisa lebih.
  11. Meskipun suhunya cenderung selalu tinggi, tetapi itu tidak akan cukup untuk menghilangkan kadar air dari dalam buah sehingga jika proses penggorengan terus dilakukan akan jadi gosong
  12. Jika menggunakan alat Vacuum Friying dapat diatur suhunya supaya selalu stabil pada saat proses penggorengan. Suhunya tidak lebih dari 85 derajat celcius pada saat memanaskan irisan buah nanas tadi agar tidak gosong.
  13. Angkat setelah dirasa cukup hilang kadar airnya dan benar benar kering.
  14. Keripik Nanas siap disajikan.

Itu dia cara membuat keripik nanas, Mudah bukan? setelah mengetahui cara membuat keripik nanas sendiri, boleh dicoba dilakukan di rumah dengan tangan Anda sendiri di dapur kesayangan Anda.

Apa Itu Nanas?

Cara Membuat Keripik Nanas Renyah Yang Tahan Lama

Nanas adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin. Buah yang satu ini memiliki bentuk luar yang unik. Kulit dari nanas terdiri dari semacam bintik bintik hitam yang menonjol ke arah luar.

Bagian dari atas nanas merupakan daun kaku yang terkadang bentuknya menyerupai mahkota kerajaan.

Dikarenakan hal ini, nanas seringkali digunakan pada saat acara khusus seperti sembayangan misalnya.

Kehadiran nanas sebagai pajangan di kala upacara besar seperti acara nikahan juga sangat dinanti saat ini. Seperti buah-buah yang lainnya, tentu saja buah nanas memiliki rasa yang khas.

Rasa yang paling utama dari buah yang satu ini adalah sedikit asam manis. Nanas memiliki rasa yang sangat kuat dan menyengat sehingga bagi beberapa orang, nanas sering dikatakan sebagai buah yang tajam.

Mereka yang mempunyai sensitifitas tinggi akan mengatakan buah ini tajam ketika dimakan karena mereka bisa sangat merasakan pada tenggorokan mereka.

Bahkan sebagian orang dapat menderita sakit tenggorakan setelah memakan nanas ini. Namun, umumnya hal itu berlaku jika kalian mengkonsumsi nanas muda.

Fungsi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, nanas mempunyai banyak manfaat dan fungsi.

Beberapa diantara fungsinya adalah untuk membersihkan rambut dari ketombe, sebagai obat cacingan dan beri-beri pada anak, mengatasi masalah tenggorokan serta sembelit.

Nanas juga mempunyai khasiat yang tidak banyak orang ketahui. Nanas memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi menandingi buah lainnya.

Namun, dikarenakan rasanya yang agak asam buah nanas muda ini dilarang dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil.

Hal ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi janin yang masih sangat kecil dan lemah sehingga dapat membahayakan janinnya bahkan dapat menggugurkan.

Manfaat Buah Nanas

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Baik, sistem kekebalan tubuh yang bagus akan dapat mencegah penyakit yang akan menyerang tubuh kita seperti batuk, pilek, sakit tenggorokkan bahkan penyakit parah seperti bronchitis sekalipun.

Kandungan bromelain yang terdapat di dalam buah nanas juga dikenal sebagai zat anti kanker. Mengkonsumsi buah nanas akan baik mencegah terserangnya penyakit yang berbahaya seperti kanker.

2. Kaya Akan Kandungan Vitamin C

Buah nanas memiliki kandungan bromealin dan juga vitamin C yang sangat tinggi serta kaya akan antioksidan dimana kandungan tersebut bisa melawan adanya radikal bebas yang akan menyerang tubuh kita.

Buah nanas yang memiliki kandungan vitamin C tersebut bermanfaat untuk pencegahan penumpukan plak pada arteri atheroscldrosis yang bisa menimbulkan penyakit jantung.

3. Memperkuat Tulang

Buah nanas mengandung magnesium dan juga kalium yang dapat bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang serta jaringan ikat dalam tubuh.

4. Kaya Dengan Kandungan Serat

Kandungan serat yang terdapat di dalam buah nanas dapat menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus kita, dan juga dapat mengobati cacingan serta menghilangkan penumpukan racun yang ada pada organ ginjal dan hati.

5. Dapat Mengatasi Rasa Nyeri

Hal tersebut tidak banyak yang mengetahui bahwa sebuah jus nanas merupakan minuman yang sehat bagi para binaragawan dikarenakan memiliki kandungan bromelain yang bisa mengatasi sakit pada otot tubuh seperti nyeri pada persendian tulang.

Kandungan yang ada pada buah nanas juga dapat meminimalisirdan mencegah terjadiya pembekuan darah.

6. Kesehatan Pencernaan

Buah nanas yang dijadikan jus dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit sembelit dan mengatasi rasa mual dalam tubuh. Manfaat jus nanas lainnya yaitu mengatasi masalah pencernaan. Sekalian itu buah nanas yang mana mengandung banyak serat dan nutrisi tersebut akan bermanfaat menjaga keteraturan usus.

Enzim yang terkandung di dalam buah nanas yang dijadikan jus akan berperan dalam meningkatkan fungsi usus kita. Vitamin C juga akan membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit karena buah nanas yang dijadikan jus akan bertindak sebagai pencegah alami.

7. Meredahkan Terjadinya Peradangan

Kandungam mromelain yang terdapat di dalam buah nanas bermanfaat untuk zat anti peradangan, anti pengentalan darah dan juga anti penyakit kanker. Sebuah penelitian menjelaskan bahwasanya hasil saat mengkonsumsi buah nanas dengan teratur akan membantu melawan arthritis dan juga masalah pencernaan.

Kandungan broelain pada buah nanas sering dimanfaatkan sebagai khasiat untuk mengatasi masalah peradangan pada kulit seperti bisa mengobati memar, keseleo, mengurangi bengkak dan juga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

8. Penyembuhan Sangat Cepat

Kandungan yang terdapat di dalam buah nanas tersebut bersifat sebagai anti inflamasi yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka pada tubuh dengan sangat cepat. Agar luka bisa sembuh, cara mengobati dengan nanas cukup dengan mengoleskan jus nanas di area yang terasa sakit.

Buah nanas yang dijadikan jus juga bisa membantu membersihkan luka sehingga prosesnya akan menjadi lebih cepat.

9. Kesehatan Pada jantung

Dalam memperlancar kinerja jantung dan juga mengurangi masalah pembekuan dalam darah maka hasil dari sebuah penelitian di Firlandia menunjukan bahwa hasil asupan vitamin C yang mencukupi tubuh bermanfaat untuk menurunkan resiko terserangnya penyakit jantung koroner.

9. Dapat Menyegarkan Tubuh

Buah nanas juga sangat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa kelelahan sehingga disarankan untuk rutin mengkonsumsi jus nanas dipagi hari.

10. Dapat Menjaga Kesehatan Gusi Gigi

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nanas dapat berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi dan juga sebagai alat untuk mencegah penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi gigi.

11. Mencegah Penyakit Katarak

Vitamin C yang ada di dalam buah nanas berperan penting dalam mengatasi kesehatan pada  mata kita. Dari sebuah penelitian telah menunjukan bahwa asupan tinggi dari vitamin C akan sangat membantu dalam mengurangi resiko penyakit katarak pada mata.

Vitamin C secara umum memang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit degenerasi manusia.

Itulah cara membuat keripik nanas renyah yang tahan lama,selamat mencoba semoga bermanfaat sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.