Cara Membuat Black Forest Yang Enak Dan Sehat

cara membuat black forest

Kue black forest memang sangat identik dengan perayaan ulang tahun.Saya akan membahas tentang cara membuat black forest yang mudah dan enak dan tergolong mudah.

Black forest sendiri menjadi kue yang sangat digemari banyak orang.Karena dari rasa coklatnya yang bikin menarik perhatian semua orang.

Bisa juga dihadiahkan untuk teman atau kerabat yang sedang menyambut hari istimewanya. Black forest bikinan sendiri pasti lebih memuaskan.

 

Apalagi jika sudah mencicipi, pasti akan merasa ketagihan dengan sensasi lezat dari black forest tersebut.

Bahan-bahan dari kue black forest ini sendiri terbuat dari bahan-bahan sederhana.

Seperti tepung terigu, telur, coklat bubuk dan masih banyak lainnya.Pembuatannya pun tergolong mudah.

Nah buat kamu yang mau belajar cara membuat black forest ini, simak penjelasan berikut.

Sejarah Black Forest

 

hari ini kita akan membahas salah satu kue yang Berbahan dasar coklat dan dihiasi topping irisan coklat yang melingkari kue, krim, dan buah ceri sebagai ciri khas dan pelengkap.

yaps black forest menjadi salah satu kue favorit di kalangan masyarakat khusunya indonesia..

Namun tak banyak yang tau jika kue lezat ini ternyata berasal dari Hutan Schwarzwald yang ada di Provinsi Baden-Württemberg, Jerman.

Nama kue ini terinspirasi dari tempat lahirnya, Schwarzwald yang dalam Bahasa Inggris berarti Black Forest atau Hutan Hitam.

Namun, meski populer dengan nama black forest, warga Jerman menyebut kue ini dengan sebutan Schwarzwälder Kirschtorte yang artinya kue ceri hutan hitam.

Pasalnya, awalnya black forest bukan berupa kue tart,melainkan merupakan dessert atau hidangan pencuci mulut yang terdiri dari krim, ceri, dan kirschwasser (air buah ceri).

Kirschwasser dapat mengandung alkohol maupun tidak jadi tergantung bahan yang digunakan.

Karena Schwarzwald (Black Forest) dikenal berlimpah ceri yang berkualitas, maka kirschwasser biasanya diproduksi di daerah hutan tersebut dan jika ingin yang berkualitas maka anda harus ke jerman.

Oleh karena itu, penduduk di sekitar Schwarzwald merasa wajib menggunakan kirschwasser untuk melengkapi kue mereka karna itu khas mereaka.

Selain itu, topi tradisional masyarakat sekitar Schwarzwald dengan nama Bollenhut disebut menjadi inspirasi bentuk kue black forest tersebut.

Oleh karena bagian atas topi tersebut berhias bola-bola berwarna merah yang menyerupai buah ceri tetapi ada juga yang dihiasi ceri.

Belum Diketahui Penemunya

Josef Keller (1887-1981), seorang pembuat kue dan pemilik toko kue di kota Bad Godesberg, mengklaim dirinya sebagai orang pertama kali yang memiliki resep black forest.

Walaupun tidak ada kepastian bahwa ia merupakan penemu kue tersebut, tetapi sampai sekarang salah satu resep black forest yang ditulis tangan olehnya masih beredar di internet.

Tak berbeda jauh, pemilik Café Walz di daerah Tübingen, Erwin Hilderbrand, juga ia mengaku bahwa dirinya penemu black forest di awal tahun 1930.

Tübingen sendiri dulu merupakan yang kota kecil yang masuk dalam wilayah Schwarzwald.sebelum membahas cara membuat black forest kita ulaas sejarah black forest dulu.

Awal Perjalanan Popularitas Black Forest

Kue klasik ini mulai berkelana ke luar daerah Schwarzwald pada 1930an dan ketenarannya mulai dikenal di seluruh Jerman, Austria, dan kota-kota besar  lainya di negara Swiss.

Banyak toko kue dan bakery yang mulai menjual black forest sebagai koleksi wajib akibat banyak dicari pelanggan dan disaat itu black fores lagi tenar banyak diminati oleh masyarakat di sana.

Kemudian pada 1949, black forest mendapat posisi ke-13 sebagai kue tart paling terkenal di seluruh Jerman.

Sebagai bentuk apresiasi akan kue ini, sejak tahun 2006 pemerintah daerah Schwarzwald mengadakan festival black forest yang digelar setiap dua tahun sekali oleh pemerintahan schwarzwald.

Festival ini mengundang para baker amatir dan profesional untuk berlomba membuat black forestyang paling enak dan paling indah.

Hingga kini pun black forest berhasil menjaga eksistensinya dan masih merupakan kue yang populer di kalangan masyarakat khususya di jerman.

 

Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue yang satu ini. Pertama serutan coklat di atas kue tart ini mungkin melambangkan Black Forest.

Yang Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest tersebut.

Dan Yang Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih dan bola-bola merah yang melambangkan buah ceri.

 

Rekor Dunia

Rekor untuk kue Black Forest otentik terbesar di dunia dibuat oleh K&U Bakery di Europa Park, Jerman pada 16 Juli 2006.

Kuenya berukuran hampir 80 m² dan mempunyai berat 3.000 kg. Kue berdiameter 10 m itu menggunakan 700 liter krim, 5.600 telur, 800 kg ceri, 40 kg serutan cokelat, dan 120 liter kirsch.

Tak mau kalah, pada 9 Desember 2012, tim yang dipimpin oleh koki Jörg Mink dan Julien Bompard membuat kue Black Forest terbesar di Asia.

Mengambil tempat di S-One Expo, Singapura, tim tersebut berhasil membuat kue dengan berat 500 kg itu dibuat dari 165 liter krim, 1.500 telur, 68 kg ceri, 60 kg serutan cokelat, dan 10 liter kirsch.

Nah, begitu lah sejarah kue Black Forest dari Jerman. Zaman dulu kue ini hanya tersedia untuk orang-orang kalangan atas di kota-kota besar di Jerman, Austria, dan Swiss.

Tapi zaman sudah berubah. Kue coklat penuh krim ini bisa dinikmati siapa saja di mana pun.

Kalian yang baru belajar buat kue pun bisa membuatnya. Gunakan Pondan cake mix Blackforest yang hadir dalam dua pilihan, panggang atau kukus.

Jangan lupa coba cake mix Pondan lainnya, seperti Kastangle, Pancake, dan Brownies. Cara membuatnya mudah dan rasanya pasti enak!

Tips Cara Membuat Kue Black Forest :

Untuk membuat black forest yang lebih ekonomis dan simple dark cherry ini bisa dihilangkan, dan untuk membasahi tiap lapisan cake bisa menggunakan simple sirup yang dibuat dari air+gula pasir yang direbus bersamaan dengan perbandingan 1:1 dengan takaran yang pas.

Cara mudah untuk membuat hiasan pinggir black forest adalah dengan membuat potongan coklat tipis dengan menggunakan pisau yang bergerigi seperti gergaji.

Namun kalau kita punya cetakan coklat pagar atau arabesques juga bisa digunakan untuk menghiasi pinggir black forest.

1. Meskipun banyak yang menggunakan manisan cherry, rasa tajam dari Maraschino Cherries menjadikannya wajib untuk digunakan ketika membuat kue ini.

2. Sejatinya Black Forest menggunakan campuran Kirschwasserliquor yang dibuat dengan campuran ceri masam. Namun jika sulit ditemukan bisa digantikan dengan rum.

3. Gunakan adonan cokelat sponge cake yang ringan dan lembut ketika membuat cake ini agar hasilnya sempurna.

4. Berinovasilah! Meski ini adalah resep klasik bukan berarti Anda tidak bisa memberi twist dalam resep ini lhoo! Contohnya, Century Black Forest yang menjadi signature cake dari Hotel Century Park Jakarta ini.

Kue ini tidak menggunakan sponge cake,  namun diganti dengan beberapa layer, seperti chocolate mousse dan dacquoise.

Cara menikmatinya pun unik karena kue ini dihidangkan bersama saus cherry yang harus dituang sebelum dinikmati. Meskipun tampilan berbeda namun citarasa Black Forest masih terasa!

5. Ingin aroma rum  yang lebih kuat? Tambahkan rum dalam campuran layering cream!

6. Jika ingin rasa cokelat yang lebih pekat, gunakan chocolate mousse sebagai layering cream.

7. Shaved Chocolate yang menjadi taburan harus menutupi permukaan kue. Selain memberikan tekstur dan cita rasa, taburan inilah yang memberikan nama black forest karena terlihat seperti hutan gelap sesuai dengan namanya yang gelap namun indah dan enak rasanya.

8.Gunakan parutan berlubang kasar untuk membuat taburan, parut cokelat dalam suhu ruang (tidak dingin) dan tidak juga terlalu panas.

 

Resep Resep Black Forest

 

tips black forest

Resep dan Cara Membuat Kue Black Forest Spesial

Hidangan yang enak dan lezat, seperti hidangan resep cara membuat kue black forest spesial,tentu saja akan patut anda coba dirumah bisa untuk cemilan atau hidangan pemanis setelah makan.

Black Forest (Bahasa Jerman: Schwarzwälder Kirschtorte) adalah jenis kue khas Jerman yang paling dikenal di seluruh dunia.

Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar lalu diberi serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwälder (“Black Forest”).

Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, namun seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, dekat Bonn, mengklaim juga menemukan resepnya pada tahun 1915.

kemungkinan dia berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, jadi ia menamakan resep ciptaannya dari nama daerah itu.

Salah satu jenis kue yang identik pada perayaan ulang tahun ini, terkenal dengan hiasan serutan cokelat di sekililingnya dan campuran buah cery di atasnya.

Black forest sendiri mempunyai rasa dan aroma yang khas jika dibandingkan dengan jenis kue-kue yang lainnya karna aroma yang khas ini yang membuat kue black forest ini menjadi spesial.

Tambahan buah ceri di atasnya akan membuat kue ini jadi lebih menarik dan berkesan lebih indah.

dan hiasan-hiasan lainya membuat black forest semakin menarik.

Mengapa tidak, sajian ini tentu saja akan bisa dibuat dengan mudah dan sederhana.

Black forest kukus dapat kita jadikan sebagai sajian di hari istimewa untuk keluarga tercinta di rumah apalagi di santp dengan teh hangat atau secangkir kopi untuk menemani santai anda.

Kue ini memiliki berbagai variasi olahan coklat dan memiliki penampilan dan rasa yang khas.Selain itu, kue black forest ini memiliki cita rasa yang enak dan lembut.

Selain itu, dengan membuat sendiri dirumah, maka koleksi resep anda dirumah akan semakin kaya dan anda akan semakin tahu .

Yuk, simak seperti apa resep cara membuat black forest special dibawah ini.

Bahan-Bahan  Untuk Membuat Kue Black Forest

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kue:

  • 3 butir telur 100 gram
  • gula pasir 10 gram
  • cokelat bubuk 15 gram
  • margarin Pamia, dilelehkan 5 gram
  • emulsifier 7 gram
  • vanilla essence 1/2 gram
  • garam 60 gram
  • terigu kunci biru 20 gram
  • susu cair Indomilk 8 gram
  • baking soda

Bahan Isi:

  • 1 gram bubuk kayu manis
  • 120 gram dark cherries
  •  1 gram maizena
  • 45 gram gula

Bahan Sirup:

  •  50 gram Rum (opsional)
  • 75 gram gula dan air dengan perbandingan 3: 1
  •  Bahan Olesan Kue:
  •  22,5 gram cokelat cair
  • 55 gram Whipped cream

Bahan Topping Kue:

  •  6 buah red cherry
  • 150 gram cokelat serut

Cara Membuat Kue Black Forest Spesial

cara membuat black forest

Cara Mempersiapkan Bahan-Bahan Kue:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat sajian kue yang enak.
  2. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah loyang, oven, mixer dan beberapa baskom yang akan digunakan untuk membuat adonan kue.
  3. Untuk selanjutya, setelah semua peralatan dipersiapkan. Lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat adonan kue black forest kali ini.
  4. Pertama, yang harus anda siapkan adalah dengan melelehkan margarin dalam wajan dengan menggunakan api yang sedang.
  5. Aduk-aduk sampai bahan ini mencair secara merata. Setelah itu, angkat wajan mentega dari kompor dan sisihkan sementara sampai bahan ini menjadi lebih hangat.
  6. Kemudian, ayak bahan-bahan yang kering seperti halnya tepung terigu, baking soda, coklat bubuk dan juga garam dengan menggunakan saringan.
  7. Ayak bahan ini untuk sampai merata hingga partikel kasar pada bahan-bahan ini bisa dipisahkan secara merata.
  8.  Setelah semua bahan diayak, lanjutkan dengan menyiapkan loyang dekat dengan jangkauan anda dan olesi loyang dengan menggunakan margarin secara merata ke seluruh loyang agar tidak menempel jika matang.
  9. Hal ini difungsikan untuk membuat loyang tidak lengket sehingga kue yang telah matang tidak sulit untuk dikeluarkan.
  10. Jangan lupa berikan dengan taburan tepung secara merata.
  11. Untuk sisa bahan-bahan lainnya, anda hanya perlu menyisihkan bahan-bahan ini.
  12. Sebab bahan-bahan tersebut bisa langsung dimasukkan dan dicampur menjadi adonan kue.

Cara Membuat Kue:

  1. Untuk membuat adonan kue, bisa dilakukan dengan cara siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda baskom yang sedang tidak perlu yang besar.
  2. Dan masukkan kedalamnya telur bersama dengan emulsifier dan juga gula pasir.
  3. Aduk-aduk bahan ini secara merata selama kurang lebih 15 menit sampai mengembang dan warnanya berubah menjadi lebih pucat dan mengental.
  4. Gunakan kecepatan paling tinggi pada mixer agar cepat tercampur bahan nya dan aduk-aduk secara merata.
  5. Setelah itu, masukkan bahan-bahan yang telah disaring kedalam adonan yang sedang dikocok atau di mixer.
  6. Aduk kembali dengan menggunakan mixer, namun gunakan kecepatan yang rendah, agar bahan-bahan ini tidak berantakan atau berhamburan keluar.
  7. Kemudian, masukkan susu cair kedalamnya bersama dengan vanilla essense dan aduk-aduk secara bertahap sampai semuanya benar benar tercampur.
  8. Gunakan spatula, untuk mencampur bahan-bahan ini secara merata. Masukkan margarin yang telah dilelehkan dan aduk-aduk secara merata.
  9. Namun pastikan jika margarin sudah agak hangat agar nantinya tidak merusak adonan.
  10. Bila semua bahan sudah dicampur secara merata, silahkan masukkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi dengan menggunakan margarin secara merata.
  11. Lalu ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula. Bagi adonan menjadi 3 loyang dengan ukuran yang sama.
  12.  Panggang kue dalam oven selama kurang lebih 30 menit sampai kue matang secara merata. Setelah matang, angkat sajian ini dan dinginkan sementara.

Cara Menghiasi Kue:

  1. Untuk membuat hiasan kue, silahkan panaskan dark cherries dan bubuk kayu manis dalam wajan atau panci sampai mendidih secara merata.
  2. Setelah itu, kentalkan dengan menggunakan larutan tepung mazeina. Aduk-aduk bahan ini sampai mengental secara merata. Lalu dinginkan dalam lemari es.
  3. Kemudian, siapkan kue dekat dengan jangkauan anda. Tambahkan whipped cream kedalam coklat ciar dan aduk-aduk semua bahan ini sampai merata dan tercampur.
  4. Basahi permukaan kue dengan mengguankan sirup. Oleskan dan sebarkan secara merata sampai sirup diserap oleh kue.
  5. Lalu berikan cream yang telah diberikan coklat dan oleskan secara merata. Tutup bagian atasnya dengan menggunakan kue yang lain dan lakukan hal yang sama pada sisa kue.
  6. Terakhir, lapisi semua bagian permukaan kue dengan icing atau cream coklat dan berikan serutan coklat secara merata.

 

begitulah cara membuat black forest yang mudah dan enak yang pasti praktis cek resep selanjutnya yaitu cara membuat bolu kukus yang enak dan sederhana yang wajib ibu-ibu coba drumah.

selain dengan cara membuat black forest ibu-ibu juga bisa melihat resep lainya di usaha rumahan.sekian terima kasih sudah membaca artikel ini assalamualaikum wr.wb