Cara Membuat Bolu Kukus Yang Sederhana Dan Enak

Cara Membuat Bolu Kukus-Membuat bolu kukus itu gampang-gampang susah.

Selain harus memperhatikan takaran bahan dan tahap cara pembuatannya dengan benar, untuk memperoleh hasil yang sempurna (bolu kukus merekah setelah dikukus).

Anda perlu memperhatikan dua hal penting lainnya, seperti pemilihan bahan dan teknik pembuatan bolu kukus yang baik benar.

Lantas, apa resep bolu kukus yang sangat mudah, praktis, namun enak dan mengenyangkan. berikut Cara Membuat Bolu Kukus

Bolu kukus merupakan camilan yang wajib ada pada setiap momen atau acara-acara spesial.

Selain banyak variasi, bolu pun rasanya bermacam-macam. Apapun variasinya, bolu kukus lezat, lembut, dan manis di mulut deh jika pembuatanya baik dan benar.

Seberapa sering Anda menemui/memakan bolu kukus? Atau seberapa sering Anda membeli bolu kukus dan dimana membelinya? Tahukah Anda? Cara membuat bolu kukus khas mudah lho ternyata.

Daripada Anda membeli, lebih baik Anda mencoba membuat sendiri bolu kukus di rumah yang dijamin rasanya gak kalah sama bolu kukus yang dijual di toko-toko kue terkenal.

Langsung saja simak di bawah ini cara membuat bolu kukus sederhana dan enak.

Maanfaat Kue Bolu Bagi Kesehatan

Berbicara tentang makanan ini dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang mantap, sehingga membuat anda menjadi ketagihan untuk mencobanya lagi.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual hampir semua toko kue.

Namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri yang lebih lezat dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat roti bolu ini, berikut inilah manfaatnya silahkan di simak.

1. Bagus untuk kesehatan mata

manfaat kue bolu yang pertama bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata.

Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata. Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknay anda mengonsumsi makanan ini yang bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik dan benar.

2. Membantu program diet

Jika anda memiliki berat badan berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranya itu.

Dalam hal ini diet merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasikan sehingga tidak berdampak bagi kesehatan tubuh.

Di dalam menurunkan kesehatan badan, ternyata dengan mengonsumsi roti bolu merupakan salah satu solusi bagi penurunan berat badan bisa dicoba sendiri.

3. Bagus bagi kesehatan tulang

Roti bolu di dalamnya memiliki kandungan vitamin d yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang.

Tidak heran jika maknanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang manusia.

4. Kekebalan tubuh

kandungan selenium yang ada di dalam roti bolu sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Perlu anda ketahui banyaknya beragam jenis penyakit, sebaiknya diantisipasi dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti makanan ini serta melakukan olahraga secara rutin setiap hari.

5.Pembentukan otot

Roti bolu memiliki senyawa protein cukup tinggi yang dapat digunakan di dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot-otot di tubuh kita.

Karena di dalam pengelolahan makananan ini banyak di fermentasikan dengan berbagai makanan yang bermanfaat salah satunya telur dan susu misalnya yang ada di dalam makanan ini.

sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi anda yang sedang proses pembentukan otot tubuh.

6. Untuk pemeliharaan sel tubuh

Roti bolu juga bisa untuk memelihara sel tubuh yang bagus. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa protein yang cukup banyak.

Sedangakan protein memiliki peranan yang sangat baik untuk memproduksi dan mengantikan sel-sel tubuh kita yang sudah mati.

7. Pemeliharan sel tubuh

Kandungan yang ada di dalam makanan bolu ini bisa membantu anda di dalam proses metabolisme tubuh.

Metabolisme akan membentuk tubuh kita yang sehat karena semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi serta pengolahan berbagai zat yang masuk ke organ tubuh bisa di lakukan dengan baik.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Roti bulu juga bisa menjadi zat yang penting untuk meningkatakan kekebalan tubuh kita.

Sistem imunitas mendapat dukungan dan berbagai jenis organ tubuh yang sehat, tubuh mampu melindungi dari serangan parasit, kuman serta bakteri dalam tubuh kita.

Selain itu, makanan ini juga bisa meningkatkan kemampuan sistem syaraf kita.

9. Menghasilkan tenaga

Kandungan yang ada di dalam roti bolu ini juga bisa menjadi zat yang sangat baik untuk membantu pembentukan tenaga bagi tubuh kita.

10. Meningkatkan kesehatan jantung

Senyawa yang ada di dalam roti bolu ini memiliki manfaat untuk membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol di dalam tubuh jadi kesehatan jantung terjaga.

Kemudian senyawa tersebut bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung itu sendiri.

Jadi, kandungan yang ada di dalam makanan ini penting untuk membuat kesehatan jantung anda sehat jadi anda bisa terhindar dari kolestrol buruk.

Hindari Kegagalan Ini Saat Membuat Bolu Kukus

Kendati aneka penganan modern terus bermunculan dan digemari, variasi bolu kukus tetap menjadi hidangan klasik yang selalu disukai banyak kalangan masyarakat.

Banyak yang menganggap bahwa Cara membuat bolu kukus itu sulit dan ribet. Padahal tidak lho, Bun.

Membuat kue bolu ini justru mudah dan bisa dipraktikkan oleh para ibu yang baru belajar membuat kue bolu kukus.

Cara Membuat bolu kukus memang mudah, tetapi sedikit kekeliruan akan Cara membuat bolu kukus Ibu jadi kurang sedap jadi harus sangat teliti ya,bun. Apa saja kegagalan yang kerap terjadi saat membuat bolu kukus simak bawah  ini?

  • Tekstur Bolu Kukus Kasar

Ketika terlihar baik-baik saja dari luar, tidak jarang tekstur bolu kukus justru terasa kasar dan seperti berpasir.

Penyebabnya tidak lain adalah proses pencampuran adonan yang kurang merata dalam mengaduknya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu mengayak tepung terigu dan bahan-bahan kering lainnya sebelum adonan bolu kukus diadon untuk dibuat.

Tujuannya tentu saja agar butiran-butiran tepung yang kasar tidak tercampur ke dalam adonan bolu itu sendiri.

 

  • Bolu Kukus Teksturnya Sangat Keras

Kurangnya komposisi margarin dalam adonan bolu kukus bisa membuat bolu kukus jadi keras tidak lembut.

Oleh sebab itu, jangan lupa menggunakan margarin Blue Band Cake and Cookie untuk melembutkan tekstur bolu kukus buatan Ibu ibu sekalian.

Selain membuat tekstur bolu kukus jadi lembut, rasa dan aroma Blue Band Cake and Cookie membuat bolu kukus jadi lebih sedap dan lebih enak.

Untuk menambah cita rasa, Ibu juga dapat menambahkan susu cair atau santan kelapa pada kreasi bolu kukus buatan Ibu sekalian.

  • Bagian Atas Bolu Kukus Terasa Lembap

Tekstur cara membuat  bolu kukus yang basah di bagian permukaan bisa terjadi karena air yang menetes pada tutup panci kukusan tersebut.

Akibatnya, tekstur bolu kukus jadi kurang sempurna dan bolu kukus pun tidak tahan lama ketika disimpan karna basah bagian atas.

Untuk menyiasatinya, lapisi penutup kukusan tersebut dengan kain bersih.

Usahakan untuk tidak terlalu sering membuka penutup kukusan ketika proses mengukus sedang berlangsung karna jika sering dibuka maka semakin banyak air yang menetes.

 

  • Bagian Dasar Bolu Kukus Menjadi Keras

Proses pengadukan margarin yang kurang rata bisa menyebabkan margarin jadi mengendap di bagian dasar bolu kukus, sehingga bolu kukus yang sudah matang pun terasa keras pada bagian bawahnya karna margarin mengendap.

Cara menghindari kegagalan yang satu ini sangat mudah sekali. Ibu hanya perlu lebih teliti mencampur adonan agar semua bahan tercampur rata jadi kuncinya teliti ya bun.

Bolu kukus lezat buatan Ibu bisa menjadi bekal anak sekolah atau berekreasi sendiri.

Oleh sebab itu, jangan bosan mencoba kreasi bolu kukus yang unik sebagai sajian camilan istimewa untuk keluarga.

Bahaya Sering Makan Bolu/Roti untuk Kesehatan

Selain itu penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan roti putih dan biji-bijian olahan umumnya tidak mengandung banyak gizi bagi tubuh kita.

Rasanya yang enak ternyata menyimpan bahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh, berikut beberapa poin-poin yang menjadikan roti putih kurang baik bagi tubuh seperti dikutip dari laman Blodsky, Selasa 9 September 2014.

  • Nutrisi

Roti putih diketahui memiliki kandungan nutrisi yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.

Mengingat selembar roti putih tidak dapat memenuhi asupan protein dan vitamin yang banyak sekali.

  • Kadar Sodium Tinggi

Selain itu roti putih juga mengandung kadar sodium dan natrium yang sangat tinggi lho gengs.

Secara tidak langsung kandungan garam yang tinggi dalam tubuh berpotensi besar memicu timbulnya penyakit jantung.

  • Menambah Berat Badan

Sementara bagi anda yang sedang menjalani program diet dan berpikir menggantinya dengan roti, nampaknya keputusan tersebut salah sekali.

Mengingat roti memiliki jumlah asupan kalori yang lebih besar jika dikonsumsi setiap harinya lho.

  • Lebih Cepat Lapar

Bahkan rasa kenyang akibat mengkonsumsi roti tidak bertahan lama dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lainnya seperti nasi dll.

Mengkonsumsi roti putih saat sedang lapar justru akan membuat anda semakin cepat lapar.

Berbeda dengan roti coklat yang lebih padat dan mampu ‘mengganjal’ perut.

  • Masalah Protein Gluten

Roti putih juga diketahui mengandung kadar protein gluten yang cukup tinggi.

Protein ini dapat memicu penyakit seliaka atau penyakit di mana orang mengalami sakit perut setelah mengkonsumsi roti bolu.

  • Karbohidrat Tinggi

Para ahli menyebut roti putih memiliki kadar karbohidrat yang dominan lumayan tinggi, sehingga alasan inilah yang menjadikannya tidak baik untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Kelebihan kadar karbohidrat dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan fungsi kognitif hingga kabut otak jadi jangan terlalu sering.

  • Meningkatkan Kadar Gula Darah

Sistem pencernaan memang mudah mencerna roti itu sendiri dan memasuki aliran darah sebagai glukosa.

Namun ini  menyebabkan lonjakan yang cukup cepat dalam gula darah dan insulin.

  • Kandungan Zat Berbahaya Lain

Sebagian besar roti produksi perusahaan besar diketahui mengandung sejumlah gula atau sirup jagung fluktosa luamayan tinggi.

Kedua jenis pemanis ini memiliki efek buruk bagi kesehatan anda.

Pemilihan bahan bolu kukus

cara membuat bolu kukus

Untuk cara membuat bolu kukus, ada lima bahan dasar yang dipakai. Anda tidak boleh asal memilih bahan, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

  • Telur. Pilihlah telur dengan kualitas baik dan tidak busuk
  • Gula warna dan gula pasir mempengaruhi tekstur bolu kukus itu sendiri. Pilih gula pasir berbutir kecil agar mendapat tekstur bolu kukus yang sangat bagus.
  • Cake emulsifier. Mungkin Anda lebih mengenalnya dengan sebutan SP/ovalet/TBM. Fungsinya untuk mengembangkan volume pada bolu.
  • Tepung. Pilih tepung terigu dengan kandungan protein sedang atau rendah, takaran penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam resep  yang ibu ikuti.
  • Lemak. Berfungsi untuk membuat bolu lebih empuk. Anda bisa menggunakan margarin, minyak, susu atau santan.

 

Resep Bolu Kukus Coklat (Brokus)

 cara membuat bolu kukus

Bolu kukus coklat (brownies kukus atau brokus), salah satu primadona kue asal kota Bandung yang tak pernah kehilangan penggemarnya sampai sekarang.

Karna keklasikan rasa coklat yang tak tergantikan, bolu kukus coklat dikreasikan dengan berbagai macam bahan dan banyak dijual di pasaran lokal.

Meskipun Anda bisa mendapatkan bolu kukus coklat lezat ini dengan mudah di pasaran namun tak ada salahnya mencoba membuat sendiri di rumah supaya lebih kreatif lagi bunda sekalian.

Langkah-langkahnya cukup sederhana kok, coba lihat cara membuat bolu kukus di bawah ini yuk!

Bahan-bahan

  • Coklat masak pekat 125 gram, lelehkan
  • Minyak salad/goreng 50 ml
  • Margarin 50 gram, lelehkan
  • Susu kental manis 50 ml
  • Telur ayam 4 butir
  • Gula pasir 180 gram
  • Cake emulsifier/SP 1 sdt
  • Tepung terigu protein sedang 100 gram
  • Coklat bubuk 1 sdm
  • Coklat pasta 1sdm

Cara membuat

  1. Campur coklat, minyak, margarin, dan susu kental manis. Aduk rata, sisihkan.
  2. Kocok telur, gula, dan SP hingga putih dan kental dan mengembang
  3. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sambil diaduk hingga merata
  4. Tuang campuran coklat masak pekat perlahan sambil diaduk hingga merata ke semua.
  5. Tuang adonan dalam loyang 20×20 cm beralas kertas roti dan di oleskan margarin.
  6. Kukus adonan hingga matang selama 30-40 menit. Angkat dan dinginkan.

Sajikan bolu kukus coklat setelah matang. Simpan di lemari es dalam wadah tertutup jika anda ingin bolu lebih awet atau ingin disimpan lebih lama.

Taburi keju, coklat leleh, buah atau topping sesuka anda. Selamat mencoba dan mempraktekanya!

Resep Bolu Kukus Gula Merah

cara membuat bolu kukus

Gula merah adalah istilah yang digunakan untuk semua jenis gula yang dihasilkan dari pohon kelapa, aren, atau siwalan warnanya coklat jika sudah jadi.

Anda umumya menggunakan gula merah untuk campuran-campuran minuman, bubur, kolak, hingga campuran sambal, dll.

Gula merah dibuat dari air legend yang dididihkan hingga mengental, kemudian mengeras dan dicetak dengan berbagai jenis dan ukuran cetakan seperti bulat,kotak dll.

Umumnya bentuk gula merah yang sering kita temui adalah berbentuk tabung pendek atau mangkung seperti serabi yang dijual di pasaran.

Kali ini kami akan menyajikan resep sederhana membuat Bolu Kukus Gula Merah.

Penampilannya yang sederhana namun menggiurkan, dengan citarasa gurih dan manis dari gula merah dan santan, dan lapisan keju dijamin membuat anda tidak sabar untuk mencoba cara membuat bolu kukus di dapur.

ada juga resep lainya masih di seputar bolu kukus yaitu cara membuat bolu ketan hitam lho bun! Yuk dicoba!

 

Bahan-bahan

  • Kuning telur 4 butir
  • Putih telur 2 butir
  • Gula merah 100 gram, sisir
  • Gula pasir 50 gram
  • Cake emulsifier/SP 1 sdt
  • Tepung terigu 100 gram
  • Santan kental 100 ml
  • Santan kental 100 ml
  • Keju lembaran 3 lembar

Cara membuat

  1. Kocok semua telur, dan gula merah, gula pasir, dan SP hingga putih, sampai mengembang adonanya
  2. Masukkan terigu perlahan-lahan sambil diaduk dengan spatula
  3. Tuang santan, aduk kembali hingga rata.
  4. Bagilah adonan menjadi 2 bagian, tuang 1 bagian adonan dalam loyang lapis 22x10x8cm beroles margarin dan kertas roti.
  5. Kukus adonan selama 5 menit, angkat.
  6. Tata keju di atas bolu hingga tertutup semua bagian
  7. Tuang kembali sisa adonan. Kukus kembali selama 10 menit. Angkat, potong-potong dan sajikan.

Anda bisa menggunakan waktu membuat bolu ini untuk mengisi waktu luang bersama keluarga tercinta di rumah. Yuk segera dicoba!