Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik – Dalam proses membuat keripik pastinya membutuhkan alat untuk membuatnya.

Dalam artikel ini kami akan membagikan alat membuat keripik nangka dan cara membuat keripik nangka yang dapat anda jadikan sebagai panduan dirumah.

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Cara Membuat Keripik Nangka

Bahan-Bahan Cara Membuat Keripik Nangka :

  • buah nangka yang segar dan tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter

Cara Membuat Keripik Nangka Yang Enak Dan Manis:

  1. Pertama,kupas buah nangka dan bersihkan kulitnya beserta  jeraminya, belah daging buah,kemudian buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih sampai sekitar 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka lalu tiriskan sampai benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah nangka yang telah dicuci dijemur dulu selama kurang lebih 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan dalam suhu yang rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng samapi matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat lalu tiriskan. Atau dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik dan basi.
  7. Simpan keripik buah nangka ke dalam tempat atau wadah plastik yang kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Tambahan : Penambahan rasa pada keripik nangka bisa dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita dapat menambahkan gula pasir, garam atau madu.

Nah keripik nangka sudah siap untuk disajikan dengan keluarga tercinta. Jika kalian sudah membaca cara membuat keripik nangka dan gagal.

Silahkan Anda mencobanya terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani untuk gagal dulu.

Selamat mencoba dirumah dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali Anda dalam berusaha dan ketika Anda mencobanya dirumah sebaiknya saat musim-musim panas.

Apa Itu Nangka?

Nangka merupakan buah-buahan yang mempunyai kulit yang kasar berwarna hijau dan bertekstur seperti durian namun tidak mempunyai duri setajam durian. Di dalamnya terdapat daging nangka yang berwarna kuning dan memiliki wangi yang sangat khas dan sangat tajam.

Buah nangka ini mempunyai biji yang berwarna coklat dan berukuran cukup besar. Nangka mempunyai rasa yang manis dan aroma khas nangkanya yang sudah tercium dari luar kulitnya. Nangka mempunyai getah yang lengket.

Saat dibelah maka akan terlihat tumpukan nangka di dalamnya dan Anda cukup mengambilnya kemudian disantap. Nangka bisa dijadikan berbagai macam olahan masakan. Biasanya nangka yang berwarna kuning digunakan sebagai campuran es teler, es cendol, atau dijadikan keripik.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bisa dimakan tetapi biji nangka ini juga dapat dijadikan camilan dengan cara menggorengnya atau direbus sampai empuk.

Fungsi Nangka

Nangka mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh karena di dalamnya terkandung vitamin C, vitamin A, kalsium, kalium, magnesium, dan juga zat besi. Mengkonsumsi buah nangka setiap hari baik untuk tubuh.

Karena nangka bisa mencegah anemia, memperkuat tulang, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol tekanan darah tinggi, sebagai penangkal kanker yang sangat baik, memperbaiki sistem pencernaan tubuh, menutrisi mata, dan juga baik untuk Anda yang sedang menjalani diet.

Rasa manis dan harum yang dikeluarkan oleh buah nangka membuat orang semakin banyak mengolah nangka untuk dijadikan sebagai makanan, minuman, atau camilan. Buah nangka yang sudah matang dan berwarna kuning cocok sekali jika dijadikan sebagai hidangan camilan ataupun minuman.

Sedangkan untuk nangka yang masih muda biasanya mempunyai warna yang pucat dan dijadikan sayuran karena tidak mempunyai aroma yang wangi dan tidak memiliki rasa. Biasanya nangka muda diolah menjadi makanan khas yogyakarta yaitu gudeg.

Manfaat Nangka

1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kalium adalah salah satu zat yang terkandung di dalam buah nangka. Zat  Kalium juga dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

Kalium sangat berperan dalam membantu mengirim impuls sayaf yang berhubungan dengan detak jantung.

Tentu mengkonsumsi kalium sangatlah penting untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung atau masalah pada detak jantung.

2. Membantu Mencegah Anemia

Anemia sering kali disebut juga dengan penyakit kurang darah. Anemia memang bisa didefinisikan kurangnya jumlah sel dalam merah yang kaya akan hemoglobin.

Buah nangka mengandung zat besi yang sangat erat hubungannya dengan ketersediaan darah yang ada di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah nangka ini, secara otomatis anda akan mendapatkan manfaat zat besi pada dalam membantu mencegah timbulnya penyakit anemia dengan cara meningkatkan sirkulasi dalam darah.

3. Mengatasi Masalah Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi dimana seseorang akan mengalami kesulitan untuk buang air besar.

Buah nangka sendiri merupakan buah yang kaya akan serat dan sehingga dengan mengkonsumsi buah nangka, anda akan mendapatkan obat konstipasi secara alami.

Serat pada buah nangka juga dapat membantu melindungi selaput lender yang ada di dalam usus dan mengikat bahan kimia penyebab kangker usus besar.

4. Sebagai Sumber Energi

Fruktosa dan sukrosa adalah varian dari gula alami yang bisa kita temukan di dalam buah nangka. Fruktosa dan sukrosa ini bisa langsung menjadi sumber energi setelah kita mengkonsumsi buah nangka.

Poin lebihnya yaitu nangka tidak mengandung lemak jenuh atau kolestrol. Perlu diwaspadai adalah jangan memakan buah nangka terlalu banyak karena anda akan dapat menimbulkan gas dalam perut.

Jika tidak tawar, maka dapat saja orang yang memakannya terlalu banyak akan menderita penyakit diare.

5. Sebagai Sumber Antioksidan

Kandungan zat lain yang terkandung di dalam buah nangka yang merupakan sumber antioksidan yaitu vitamin C dan phyto-nutrisi.

Mengkonsumsi buah nangka yang kaya akan vitamin C akan dapat membantu daya tahan tubuh terhadap radikal bebas berbahaya.

Vitamin C sebagai anti oksidan dengan ampuh melawan sel degenaritif yang dapat memicu timbulnya gejala kangker dan  memiliki sifat anti penuaan dini.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah nangka yang masih segar mengandung vitamin A yang sangat jelas membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah resiko kemungkinan gangguan mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Senyawa lainnya seperti pigmen flavonoid bersama-sama vitamin A juga bisa menjadi antioksidan dan meningkatkan daya penglihatan mata, Vitamin A juga diperlukan tubuh untuk menjaga membrane lender dan juga kulit.

7. Membantu Menjaga Tulang

Buah nangka mengandung banyak magnesium yang bisa memberikan manfaat memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis/ pengeroposan tulang. Faktanya, lebih banyak wanita yang menderita penyakit osteoporosis dibandingkan pria.

Karena itu, ajaklah saudara perempuan dan ibu untuk lebih sering sering untuk mengkonsumsi buah nangka supaya resiko kemungkinan menderita osteoporosis semakin minim.

8. Melawan Keriput

Untuk perlawanan terhadap keriput, kamu bisa memanfaatkan biji buah nangka. Kamu bisa membuat adonan dengan cara merendam biji nangka ke dalam susu dingin selama beberapa waktu. Selanjutnya lembutkan biji nangka sampai halus lalu usapkan pada daerah keriput. Lakukan secara teratur selama empat sampai lima minggu dan kamu akan mendapatkan kulit yang halus.

9. Menghaluskan Kulit Wajah

Kamu juga bisa membuat kulitmu lebih halus dengan cara merendam biji buah nangka kering dengan kombinasi madu dan susu. Lalu giling sampai menjadi adonan, Selanjutnya oleskan adonan sampai merata pada wajah dan biarkan mengering kemudian bilas sampai bersih.

Dengan pemakaian rutin maka kulit wajahmu akan menjadi semakin halus dan mulus.

10. Merawat Rambut

Biji nangka juga mempunyai manfaat merawat dan menyehatkan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Dengan sirkulasi darah yang lancar maka pertumbuhan rambut semakin bagus dan optimal. Cukup haluskan biji nangka dan gunakan untuk bahan creambath.

Kandungan vitamin A yang ada di dalam biji nangka juga sangat berperan penting untuk mencegah kerusakan rambut dan mencegah rambut semakin kering dan mudah patah.

Cukup banyak manfaat yang dapat kita dapatkan dari buah nangka. Jika anda memang menyukai buah ini, maka sering-sering makan buah ini. Tetapi ingat, makannya tidak boleh berlebihan ya dan harus diatur.

Itulah alat untuk membuat keripik nangka dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat selamat mencoba sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.