Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik – Dalam proses membuat keripik pastinya membutuhkan alat untuk membuatnya.

Dalam artikel ini kami akan membagikan alat membuat keripik nangka dan cara membuat keripik nangka yang dapat anda jadikan sebagai panduan dirumah.

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Alat Membuat Keripik Nangka Dan Cara Pembuatan Keripik

Cara Membuat Keripik Nangka

Bahan-Bahan Cara Membuat Keripik Nangka :

  • buah nangka yang segar dan tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter

Cara Membuat Keripik Nangka Yang Enak Dan Manis:

  1. Pertama,kupas buah nangka dan bersihkan kulitnya beserta  jeraminya, belah daging buah,kemudian buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih sampai sekitar 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka lalu tiriskan sampai benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah nangka yang telah dicuci dijemur dulu selama kurang lebih 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan dalam suhu yang rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng samapi matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat lalu tiriskan. Atau dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik dan basi.
  7. Simpan keripik buah nangka ke dalam tempat atau wadah plastik yang kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Tambahan : Penambahan rasa pada keripik nangka bisa dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita dapat menambahkan gula pasir, garam atau madu.

Nah keripik nangka sudah siap untuk disajikan dengan keluarga tercinta. Jika kalian sudah membaca cara membuat keripik nangka dan gagal.

Silahkan Anda mencobanya terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani untuk gagal dulu.

Selamat mencoba dirumah dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali Anda dalam berusaha dan ketika Anda mencobanya dirumah sebaiknya saat musim-musim panas.

Manfaat Nangka

1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kalium adalah salah satu zat yang terkandung di dalam buah nangka. Zat  Kalium juga dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

Kalium sangat berperan dalam membantu mengirim impuls sayaf yang berhubungan dengan detak jantung.

Tentu mengkonsumsi kalium sangatlah penting untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung atau masalah pada detak jantung.

2. Membantu Mencegah Anemia

Anemia sering kali disebut juga dengan penyakit kurang darah. Anemia memang bisa didefinisikan kurangnya jumlah sel dalam merah yang kaya akan hemoglobin.

Buah nangka mengandung zat besi yang sangat erat hubungannya dengan ketersediaan darah yang ada di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah nangka ini, secara otomatis anda akan mendapatkan manfaat zat besi pada dalam membantu mencegah timbulnya penyakit anemia dengan cara meningkatkan sirkulasi dalam darah.

3. Mengatasi Masalah Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi dimana seseorang akan mengalami kesulitan untuk buang air besar.

Buah nangka sendiri merupakan buah yang kaya akan serat dan sehingga dengan mengkonsumsi buah nangka, anda akan mendapatkan obat konstipasi secara alami.

Serat pada buah nangka juga dapat membantu melindungi selaput lender yang ada di dalam usus dan mengikat bahan kimia penyebab kangker usus besar.

4. Sebagai Sumber Energi

Fruktosa dan sukrosa adalah varian dari gula alami yang bisa kita temukan di dalam buah nangka. Fruktosa dan sukrosa ini bisa langsung menjadi sumber energi setelah kita mengkonsumsi buah nangka.

Poin lebihnya yaitu nangka tidak mengandung lemak jenuh atau kolestrol. Perlu diwaspadai adalah jangan memakan buah nangka terlalu banyak karena anda akan dapat menimbulkan gas dalam perut.

Jika tidak tawar, maka dapat saja orang yang memakannya terlalu banyak akan menderita penyakit diare.

5. Sebagai Sumber Antioksidan

Kandungan zat lain yang terkandung di dalam buah nangka yang merupakan sumber antioksidan yaitu vitamin C dan phyto-nutrisi.

Mengkonsumsi buah nangka yang kaya akan vitamin C akan dapat membantu daya tahan tubuh terhadap radikal bebas berbahaya.

Vitamin C sebagai anti oksidan dengan ampuh melawan sel degenaritif yang dapat memicu timbulnya gejala kangker dan  memiliki sifat anti penuaan dini.

Itulah alat untuk membuat keripik nangka dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat selamat mencoba sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.