Usaha Pertanian Dan Peternakan Yang Sangat Menguntungkan

Usaha Pertanian Dan Peternakan

Usaha Peranian Dan Peternakan – Pertanian di Indonesia di bagi menjadi dua jenis yaitu basah dan kering, dan peternakan di Indonesia pun memiliki kualitas sangat bagus.

Yang dimaksud dengan pertanian yaitu suatu kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya hayati untuk dapat menghasilkan bahan pangan, sumber energi, bahan baku industri dan untuk mengelola lingkungannya.

Seperti itulah arti dari pertanian secara umum. Arti pertanian secara luas adalah pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan oleh manusia dengan cara menanam tanaman produktif yang dapat menghasilkan dan dipergunakan untuk kehidupan.

Seluruh kegiatan yang mencakup pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan yang hasilnya dapat digunakan untuk kehidupan manusia.

Sedangkan arti pertanian secara sempit yaitu proses budidaya tanaman pada suatu lahan yang hasilnya bisa mencukupi kebutuhan manusia.

Disebut juga proses bercocok tanam yang dilakukan di lahan yang telah di siapkan sebelumnya dan dikelola menggunakan cara manual tanpa terlalu banayk menggunakan manajemen.

Hasil pertanian indonesia beraneka ragam jenisnya dan dapat di manfaatkan menjadi olahan yang menarik. Prospek kerja teknologi hsdil pertanian Indonesia kebanyakan berupa sawah dan perkebunan.

Berikut Usaha pertanian dan perkebunan yang perlu anda ketahui agar bisa menjadi pedoman bisnis anda.

Usaha Pertanian Dan Peternakan

Peternakan Kambing

Usaha pertanian dan peternakan yang saya bahas pertama adalah peternakan kambing. Kambing adalah salah satu jenis hewan ternak ruminansia (memamah biak) besar yang sejak dahulu sudah di budidayakan manusia di seluruh belahan dunia.

Di Indonesia kambing ternak pada umumnya masih banyak yang dibudidayakan dengan cara tradisional.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memelihara kambing hanya sebagai usaha sampingan saja.Peternakan kambing secara intensif belum banyak diusahakan di Indonesia.

Kambing ternak diusahakan untuk dimanfaatkan dagingnya dan untuk diambil susu.

Cara ternak kambing sangat beda dengan cara ternak hewan lainnya seperti cara ternak ayam petelur

Jenis-jenis kambing penghasil susu  yang dibudidayakan di Indonesia antara lain kambing etawa, kambinng jawarandu, kambing saenen.

Sedangkan jenis kambing yang diusahakan untuk dimanfaatkan dagingnya adalah semua jenis kambing ternak, termasuk domba.

Kambing merupakan hewan ruminansia yang memiliki perut empat bagian yang terdiri dari rumen, retikulum, omasum, dan abomasum.

Seperti mamalia ruminan yang lain, kambing merupakan hewan berjari genap. Kambing betina mempunyai payudara berputing dua, dibandingkan dengan sapi yang berputing empat.

Pertanian Lahan Basah

Usaha Pertanian Dan Peternakan yang kedua adalah pertanian lahan basah. Jenis – jenis pertanian yang pertama ialah jenis pertanian lahan basah.

Okee, dari namannya saja, pertanian lahan basah atau wetlands ini sudah jelas maksudnya.

Pertanian lahan basah adalah jenis kegiatan pertanian yang memanfaatkan lahan basah. Lahan basah yang dimaksud pada pertanian lahan basah ini ialah lahan yang kontur tanahnya merupakan jenis-jenis tanah yang jenuh dengan air.

Pertanian lahan basah yaitu pertanian yang lahannya digenangi air atau dikenal dengan sawah

Pertanian ini banyak dilakukan di dataran rendah, biasanya berlokasi sekitar 300 m diatas permukaan laut.

Karena di wilayah itu umumnya banyak sungai dan adanya irigrasi untuk pengairannya.

Contoh pertanian lahan basah misalnya seperti pertanian pesawahan, rawa-rawa dan hutan bakau.

Itu artinya, tanah pada lahan pertanian basah ini mempunyai kandungan air yang tinggi

Bahkkan tidak jarang lahan pertanian basah ini tergenang oleh air sepanjang waktu.

Atau bisa juga lahan pertanian basah ini tidak pernah mengalami kekeringan yang berarti karena mempunyai kandungan air yang berlimpah secara alami.

Pertanian Lahan Kering

Usaha Pertanian Dan Peternakan kedua adalah lahan kering. Sesuai dengan namanya, pertanian lahan kering adalah kebalikan dari sebuah pertanian lahan basah.

Pertanian lahan kering adalah jenis pertanian yang dilakukan pada sebuah lahan yang kering, yaitu lahan yang memilki kandungan air yang rendah,

Bahkan ekstrimnya merupakan lahan kering ini merupakan jenis lahan yang cenderung gersang, dan tidak mempunyai sumber air yang pasti, seprti sungai, danau ataupun saluran irigasi.

Biasanya berlokasi diatas 500 m di atas permukaan laut tapi banyak jugayang melakukan pada dataran rendah. Contoh pertanian lahan kering seperti pertanian terong, cabai, kacang-kacangan.

Lahan kering adalah pertanian yang lahannya tidak digenangi oleh air tentu saja tanaman yang ditanam tidak memerlukan genangan air pada lahannya untuk tumbuh.

Pertanian lahan kering adalah jenis pertanian yang lahannya banyak terdapat di Negara Indonesia. Iklim di Indonesia juga kebanyakan beriklim tropis, hal ini disebabkan karena cuaca yang panas. Sehingga membuat banyak  air yang hilang dan juga sedikit.

Tetapi demikian, biasanya sebuah pertanian lahan kering ini memanfaatkan crah hujan untuk membantu meningkatkan hasil pertanian yang dimilikinya.

Hal ini sangat mungkin terjadi, pasalnya lokasi dimana pertanian lahan kering ini berada, memiliki curah hujan yang cenderung lebih tinggi dan juga banyak terjadi.

Prospek Kerja Hasil Pertanian

1. Perusahaan Teknologi Agro Industri

Yap, yang pertama dalam prospek kerja teknologi hasil pertanian adalah berprospek untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Agro Industri.

Perusahaan – perusahaan Agroindustri di Indonesia sendiri banyak yang berskala besar dan ada beberapa perusahaan Multinasional di bidang teknologi industri pertanian.

2. Perusahaan Bahan Pangan

Prospek kerja teknologi hasil pertanian juga bisa bekerja di perusahaan produksi pangan, bisanya perusahaan ini menggunakan teknologi-teknologi terbaru untuk mengolah bahan mentah menjadi produksi pangan.

3. Perusahaan Manufaktur

Selain di industri pertanian dan pangan, prospek kerja teknologi hasil pertanian juga bisa menempati beberapa posisi di perusahaan manufaktur.

Pasalnya sama-sama berbasis perusahan teknologi pengolahan, sehingga tidak akan jauh berbeda dan mampu dikuasai oleh lulusan TIP.

4. Perusahaan Perkebunan

Banyak sekali perusahaan perkebunan di negara kita ini, terutama yang BUMN, dan tentu memiliki pabrik pengolahan hasil perkebunan tersebut. Maka, prospek lulusan TIP juga bisa bekerja di perusahaan – perusahaan perkebunan.

Apa Itu Perkebunan?

Perkebunan Berasal dari campuran bahasa latin hortus yang berarti taman dan cultura yang berarti budidaya, Perkebunan mengacu pada industri dan ilmu budidaya tanaman.

Perkebunan dilakukan dengan cara metodis dalam skala tertutup petak kecil menggunakan teknik khusus seperti budidaya tanaman, pemuliaan tanaman, produksi tanaman, fisiologi tanaman serta biokimia dan rekayasa genetika.

Penelitian dan pekerjaan dilakukan mengenai daerah-daerah dan juga dalam mengobati penyakit pada tanaman, hama dan juga, metode meningkatkan kualitas tanaman, dan lain – lain.

Perkebunan terutama berhubungan dengan buah-buahan, berry, kacang-kacangan, sayuran, bunga, pohon, semak, dan rumput dan mempromosikan suksesi ekologi dan keanekaragaman hayati juga.

5. Pegawai Negeri

Prospek kerja teknologi hasil pertanian yang terakhir adalah menjadi pegawai negeri. Setiap orang tentu mempunyai hak untuk mendaftar menjadi seorang pegawai negeri sipil, apalagi lulusan Teknologi Industri Pertanian yang memiliki kapabilitas untuk bekerja.

Jika ingin melamar menjadi PNS ke beberapa instansi pemerintah seperti Kementrian Pertanian, Dinas Pertanian Daerah,Balai Penelitian Pertanian, dan lainnya.

Sekian artikel tentang usaha pertanian dan peternakan yang bisa saya berikan, semoga menjadi manfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih