Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Enak Dan Praktis

resep nasi liwet sunda tanpa santan

Hallo teman – teman kali ini saya akan mengulas sebuah hal tentang Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Enak Dan Praktis.

Jadi Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Enak Dan Praktis ini saya jamin akan membuat kamu semakin jadi nagih berat kaya rindu.

Oke sebelumnya tidak hanya kaya akan hasil alam, akan tetapi Indonesia pun kaya akan tradisi dan budaya. Bahkan saking kayanya hampir setiap daerah memiliki bahasa dan makanan khas masing-masing.
Meskipun terkadang makanan khas Indonesia terbuat dari bahan yang sama, namun masing-masing daerah tentu memiliki cara mengolah yang berbeda sehingga bisa menyajikan makanan yang begitu khas dan nikmat.

Apakah temen – temen sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Enak Dan Praktis ini???

kalau begitu kita mulai pembahasannya, tapi sebelum itu saya akan mengulas sedikit Nasi Liwet.

Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Enak Dan Praktis

Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Resep nasi liwet sunda ini sama halnya dengan membuat nasi liwet dengan menggunakan magic com, kalau kita membuat dengan panci kastrol, takaran airnya juga disesuaikan dengan kondisi beras yang kita pakai.

Jadi sebenarnya tidak ada patokan khusus, ya sama seperti saat kita memasak nasi biasa saja. Biasanya saya memakai patokan air yang diukur dengan 2 ruas jari telunjuk dari permukaan beras.

Dan untuk bahan pelengkap nasi liwet sunda ini yang paling enak menurut saya adalah ikan asin, tahu dan tempe goreng, sambal dan tentu saja lalapan.

Tapi untuk lauk pelengkap nasi liwet kali ini saya memakai ikan peda yang dibakar sebentar.

Kalau mau digoreng juga boleeeh. Atau mau memakai ikan asin jenis lainnya yang sesuai dengan selera masing-masing juga bisa kok.

Bahan – Bahan Untuk Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan :

  • 500 gram Beras Putih.
  • Air secukupnya menyesuaikan kondisi beras (saya ukur 2 ruas jari telunjuk dari permukaan beras).
  • 10 butir Bawang Merah, di iris tipis.
  • 4 siung Bawang Putih, di iris tipis.
  • 2 batang Serai, di memarkan.
  • 3 helai Daun Salam.
  • 3 ekor Ikan Peda, dicuci bersih (saya bakar sebentar dengan dibungkus daun pisang, boleh juga digoreng ya).
  • 1 sendok teh Garam atau menyesuaikan asinnya ikan ya.
  • 1 genggam Daun Kemangi.
  • 10 buah Cabai Rawit atau sesuai selera.
  • 2 sendok makan Minyak untuk menumis.

Langkah – Langkah Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan :

  1. Cuci bersih beras, lalu letakkan beras didalam panci, lalu tuang airnya.
  2. Siapkan wajan diatas kompor dan panaskan minyak goreng. Lalu tumis bawang merah, bawang putih hingga beraroma harum. Lalu angkat dan kemudian masukkan bumbu tumis kedalam panci.
  3. Sesudah itu, tambahkan daun salam, serai dan garam kedalam panci. Lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.
  4. Lalu, tutup panci dan masak nasi hingga air menyusut atau hampir kering atau nasi liwet matang setengah matang.
  5. Setelah itu, kecilkan api. Lalu masukkan ikan, daun kemangi dan cabai rawit kedalam panci. Kemudian tutup kembali panci, dan masak kembali hingga nasi liwet menjadi benar-benar matang dan tanak.
  6. Lalu angkat dan sajikan nasi liwet sunda sederhana selagi hangat.
Dan akhirnya kesampaian juga kan merealisasikan resep nasi liwet sunda tanpa santan dengan memakai panci kastrol.
Alhamdulillah nikmat sekali rasa nasi liwet sunda sederhananya, dan bikin nambah lagi dan nambah lagi. Sssttt…ini sih memang karena lagi lapeer ya..hehehe.
Selamat mencoba resep nasi liwet sunda tanpa santan dan selamat menikmati hasil dari resep nasi liwet sunda tanpa santan yang sederhana hasil buatan Anda.
Semoga resep nasi liwet sunda tanpa santan sederhana yang saya bagikan ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang akan mencoba resep Nasi Liwet Sunda tanpa santan ini.

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan

Jadi teman – teman jika tadi saya sudah mengulas mengenai resep nasi liwet sunda tanpa santan. Pada kali ini gantian saya akan mengulas mengenai manfaat mengkonsumsi nasi liwet suda tanpa santan.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Khasiat dari nasi liwet yang pertama yaitu dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak.

Itu disebabkan karena di dalam suwiran ayam pada nasi ini memiliki kandungan protein hewani yang sangatlah baik untuk kinerja otak.

Terutama hal ini disarankan pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan untuk sering mengkonsumsinya, karena protein hewani ini dapat membantu meningkatkan kerja otak agar lebih optimal.

  • Menjaga Kadar kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang cukup serius yang dapat menyebabkan aliran darah di jantung, otak dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat.

Selain itu, yang lebih bahaya kolesterol ini dapat memicu resiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Maka dari itu, temen – temen dapat memanfaatkan nasi liwet ini untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Karena di dalam nasi ini terdapat bahan campuran yaitu labu siam yang memiliki kandungan kalium yang berfungsi unutuk meurunkan dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Mencegah Darah Tinggi

Selain dapat berfungsi untuk menjaga tinggi rendahnya kadar kolesterol, nasi liwet ini juga memiliki berbagai kandungan lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satunya serat dan kalium didalamnya yang di dapatkan dari labu siam dapat berperan untuk mencegah darah tinggi.

Karena kandungan tersebut mengatasi banyaknya lemak dan minyak yang masuk ke dalam tubuh yang akan mengakibatkan darah tinggi.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Campuran suwiran ayam yang terdapat pada nasi liwet ini memang memiliki banyak kandungan yang berfungsi untuk menyehatkan tubuh.

Salah satunya terdapat kandungan vitamin B yang terdapat di dalamnya yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena vitamin ini sangat berperan untuk melawan berbagai macam virus dan bakteri yang akan menyerang tubuh.

  • Mencegah Serangan Jantung

Mungkin sudah anda ketahui bahwa serangan jantung merupakan penyakit yang sangat mematikan, bahkan penyakit ini dianggap penyakit penyebab kematian no.1 di dunia.

  • Menstabilkan Tekanan Gula Pada Darah

Selain daripada dapat mencegah serangan jantung, kandungan dalam nasi liwet juga memiliki peran untuk menstabilkan tekanan gula dalam darah.

Kandungan tersebut yaitu serat, serat ini berperan untuk menjaga kestabilan tekanan gula dalam darah agar tidak terjadi penyakit lainnya.

Maka dari itu kita harus sering menjaga kesehatan organ tubuh kita agar terhindar dari serangan jantung ini.

Temen – temen dapat mengkonsumsi nasi liwet ini sebagai alternatif untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung ini.

Karena di dalamnya memiliki kandungan vitamin B yang dipercaya tapa mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Oke sekian sampai disitu dulu pembahasan kita mengenai resep nasi liwet sunda tanpa santan. Semoga resep nasi liwet sunda tanpa santan ini sangat bermanfaat bagi kalian.

Dan jangan lupa ya selalu nantikan lah ulasan saya kedepannya yang akan jauh lebih baik lagi. Sekian dan terima kasih.