Cara Membuat Keripik Jagung

Jagung ini seringnya dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu olahan makanan ringan yang banyak disediakan adalah keripik jagung.

Cemilan keripik jagung ini sangat cocok untuk menemani waktu santai, harganya yang sangat terjangkau ini membuat makanan ringan yang gurih ini laris dipasaran. Saat ini sudah ada banyak pabrik dan pengusaha makanan ringan yang memproduksi jagung karena banyaknya minat dari kalangan masyarakat.

Sebetulnya jenis olahan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku jagung ini memang tak terbatas. Untuk olahan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat dan bahkan sudah tidak asing lagi adalah olahan makanan ringan seperti ini.

Kandungan Gizi Dalam Jagung

Gizi dalam jagung juga tidak bisa dianggap sepele. Jagung mengandung serat, folat, tiamin, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Sayuran yang seringnya ditemukan dengan warna kuning ini masuk sebagai sumber karbohidrat.

Dalam 100 gram jagung kuning rebus kamu akan mendapatkan 96 kalori. Jagung juga mengandung cukup banyak air, namun rendah lemak dan protein. Bahkan jagung mengandung omega 3 dan 6 meski hanya sedikit.

Seperti halnya sayuran lain, jagung juga mengandung serat. Pada setiap 20.32 cm jagung kamu bisa mendapatkan 3 gram serat. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuhmu.

Vitamin A di dalam biji-bijian jagung 10 kali lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lain. Biji jagung bebas gluten sehingga banyak dimasukkan dalam diet rendah gluten.

Cara Membuat Keripik Jagung

keripik jagung

Sekarang dalam memisahkan jagung dari bonggolnya sudah tidak repot lagi karena sudah ada mesin pemipil jagung yang memudahkan anda dalam memisahkannya dengan cepat.

Bahan:

  1. 2 buah jagung manis ( diparut halus )
  2. 250 gr tepung terigu
  3. margarine 30 gr
  4. telur ayam 1 butir ( kocok lepas )
  5. tepung sagu 35 gr
  6. garam 3/4 sendok makan
  7. minyak goreng secukupnya
  8. 1 sendok teh baking powder

Cara Membuat Keripik Jagung:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu dalam satu wadah ukuran sedang
  2. Aduk atau uleni dengan tangan sampai adonan menggumpal
  3. Giling adonan dengan gilingan dari mulai ukuran besar sampai menjadi adonan yang kalis
  4. Pipihkan adonan lalu bentuk menjadi bentuk segitiga atau jajar genjang
  5. Panaskan minyak lalu goreng adonan diatas api sedang sampai matang, angkat tiriskan
  6. Taburi dengan bubuk balado kemudian siap disajikan

Cara Penyajian

Kamu dapat  menyimpan ke dalam wadah yang tertutup dengan rapat, supaya keripik tidak mudah melempem. Nah, tinggal disajikan dalam stoples cantik untuk camilan keluarga, deh. Sekarang sudah ada mesin pemipil jagung berkualitas yang memudahkan anda dalam memproduksi jagung dan tersedia produk mesin lainnya di grosir mesin.

Manfaat Jagung

Jagung manis merupakan tanaman dari Amerika Tengah. Oleh penjajah Spanyol, jagung manis kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia hingga sampailah ke negera kita, Indonesia.

Jagung manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho, di antaranya adalah mengandung kalori tinggi. Jagung mengandung 86 kalori pada setiap 100 gram-nya. Selain itu, jagung juga mengandung serat tinggi. Setiap 100 gramnya, tersedia sekitar 5 % dari kebutuhan serat makanan harian.

Manfaat lain dari jagung manis adalah mengandung vitamin B kompleks. Vitamin tersebut berfungsi sebagai kofaktor enzim selama metabolism substrat. Jagung juga berfungsi sebagai antioksidan yang bak dan kaya akan mineral yang penting.

Begitulah cara membuat keripik jagung yang enak dan renyah. Selain keripik jagung, jagung manis dapat dibuat berbagai olahan makanan lainnya juga.

Analisa Usaha Keripik Jagung

etelah mengetahui kemudahan dalam membuat keripik jagung diatas, pastinya Anda ingin mulai mencoba memanfaatkannya sebagai kegiatan usaha. Karena keripik jagung ini memang memiliki potensi bisnis yang masih cemerlang untuk dikembangkan dan peluang usaha keripik jagung juga masih terbuka lebar bagi pelaku usahanya.

Kalau Anda tertarik dan ingin memanfaatkan kegiatan usaha ini, Anda pun juga bisa memulai mengawali bisnis ini mulai saat ini juga. Tapi sebelum Anda menerjuni bisnis keripik jagung ini, ada baiknya Anda juga harus mempersiapkan berbagai keperluan peralatan yang akan digunakan dalam bisnis ini.