Jarak Tanam Jagung Manis dan Pengaplikasiannya

jarak-tanam-jagung-manis

Seperti yang kita tahu, jagung merupakan salah satu dari 10 makanan pokok yang dikonsumsi seluruh masyarakat di dunia, selain beras, singkong dan gandum tentunya.  Berbeda dengan tanaman gandum yang membutuhkan iklim dingin, tanaman jagung lebih cocok berada pada iklim tropis seperti Indonesia. Cara menanam jagung sendiri juga sudah tidak asing di telinga orang Indonesia. Sejak dulu, budidaya tanaman jagung kerap dilakukan oleh masyarakat untuk menopang ekonomi rakyat. Namun, ada beberapa metode yang bisa dipakai dalam menanam jagung, salah satunya adalah cara menanam jagung manis. Sebelum kita membahas cara menanam jagung manis, kita harus tahu dulu jarak tanam jagung manis yang ideal. Yuk, disimak pembahasannya!

Jarak Tanam Jagung Manis Ideal

Untuk jarak tanam jagung manis yang baik sekitar 60-75 cm, jarak tersebut adalah jarak ideal untuk mengatur jumlah populasi jagung di lahan. Jagung manis akan berkembang dengan baik bila dalam satu hektar lahan hanya ditumbuhi sekitar 34.000-37.000 tanaman jagung.

Cara Menanam Jagung Manis

Persiapan Biji Jagung dan Lokasi Penanaman

1. Cari Tahu dan Teliti Tentang Tempat yang Akan Anda Tanami Jagung

Sangat penting untuk mengetahui tentang iklim dan jenis tanah yang akan Anda tanami jagung, sehingga Anda dapat membuat persiapan untuk setiap jenis jagung yang berbeda. Beberapa jenis jagung lebih menyukai tanah yang lebih hangat / dingin dan tingkat pH tanah yang berbeda. 

2. Pelajari Cara Menanam Jagung Manis

Jangan  menggunakan benih hasil panen Karena itu lebih beresiko, para petani terdahulu sering menggunakan benih hasil panen itu Karena jagung terdahulu berbeda dengan jagung pada sekarang ini, jagung sekarang ini sudah mengalami berbagai metode yang berkaitan dengan bahan-bahan kimia sehingga hasil regenerasi benih jagung jika ditanam lagi tidak akan sama atau bisa menghasilkan hasil panen yang berkualitas terkadang tinggi tanaman tidak akan membuat hasil panen tidak bisa maksimal.

Sebaiknya bila kita ingin menanam jagung gunakan benih hibrida yang bisa di beli di toko pertanian terdekat dengan kemasan yang baik, sekarang ini susah banyak pabrik-pabrik yang membuat benih jagung berkualitas yang bisa kita dapatkan, dengan menggunakan benih tersebut minimal  kita sudah meminimalisir 1 kegagalan dalam penanaman jagung tersebut.

3. Anda harus Tahu Kapan Anda Akan Menanam

Tergantung pada wilayah Anda, Anda perlu menanam benih pada waktu yang berbeda. Biasanya, waktu terbaik untuk menanam adalah antara Mei dan Juni. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam menanam jagung terlalu dini, karena benih akan membusuk jika tanah terlalu dingin. Jika Anda memiliki termometer tanah, periksa suhunya secara teratur dan tunggu untuk menanam sampai tanah mencapai 65ºF (18ºC).

4. Pilih Lokasi Penanaman

Jagung suka tumbuh di daerah yang terkena sinar matahari penuh, jadi pilihlah sebidang kebun yang terbuka. Cobalah memilih area yang relatif bebas dari gulma, karena jagung mengalami kesulitan dalam mengatasi gulma yang tumbuh di sekitarnya.

5. Siapkan Tanahnya

Jagung lebih menyukai tanah yang kaya nitrogen dan terawat dengan baik.

  • Jika memungkinkan, tanam di tanah yang telah Anda tanam kacang atau kacang polong, karena mereka membantu memperkaya tanah dengan lebih banyak nitrogen.
  • Basmi semua gulma dari area tersebut.
  • Jika tanah memiliki suhu dibawah 60ºF, naikkan suhunya dengan menutup tanah dengan plastik hitam dan membuat lubang untuk menanam jagung.
  • Tambahkan kompos atau pupuk kandang ke tanah selama dua atau empat minggu sebelum tanam sehingga pupuk memiliki waktu untuk menyatu dengan tanah.

Menanam dan Menumbuhkan Jagung Manis

1.Tanam Jagung Anda

Jika jagung yang ingin Anda tanam bertujuan sebagai bahan pangan, tanamlah sepuluh hingga lima belas tanaman. Jika setiap tanaman 100% berhasil, tanaman-tanaman jagung tersebut bisa menghasilkan dua tongkol pada masing-masing batang jagung.

  • Jagung melakukan penyerbukan dengan Anemogami atau diserbuki oleh angin, jadi sangat baik jika menanamnya dalam blok daripada baris satu per satu, sehingga serbuk sari memiliki peluang yang lebih baik untuk berkecambah.
  • Tanam benih sesuai jarak tanam jagung manis di atas dengan kedalaman 1–2 inch (2,5–5,1 cm) di bawah permukaan tanah di setiap tanaman.
  • Untuk meningkatkan kemungkinan perkecambahan biji, tanamlah 2-3 biji bersamaan di setiap penempatan.
  • Jika Anda menanam banyak varietas jagung, pastikan Anda menanamnya di petak terpisah untuk mengurangi risiko penyerbukan silang. Jika penyerbukan silang terjadi, maka akan menghasilkan kernel yang keras dan bertepung.

2. Siram Jagung

Jagung membutuhkan sekitar satu inci air per minggu, dan penyiraman yang kurang dari itu dapat menghasilkan tongkol dengan banyak biji yang berkurang. Siramkan air ke pangkal tanaman untuk mencegah membasuhnya serbuk sari di bagian atas tanaman.

3. Pemeliharaan Jagung

Dalam proses pemeliharaan jagung hal yang sering dilakukan adalah dengan melakukan pemupukan ulang, pemupukan bisa dilakukan pada saat jagung sudah mulai tumbuh agak besar, sekitar tinggi 30 cm, pemupukan pertama bisa dilakukan.

Pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur NPK bisa pupuk jadi atau pupuk pupuk campuran, namun biasanya petani lebih sering menggunakan pupuk campuran artinya pupuk masih terpisah antara N , P dan K untuk melakukan pemupukan tersebut harus disatukan terlebih dahulu baru di taburkan ke tanaman jagung.

Setiap jagung beri sekitar setengah genggam dengan menaburkan pada bagian bawah tanaman jagung secara keseluruhan setiap tanaman.

Proses pemeliharaan yang lain yang harus dilakukan kita bisa melakukan penyiangan yaitu proses pembersihan rumput pada sekitar jagung, proses penyiangan dilakukan sebaiknya 2-3 minggu setelah proses pemupukan atau 2 minggu sebelum pemupukan agar pupuk yang ditabur tidak ikut terbuang percuma.

Penyiangan dilakukan dengan cara mengoret dalam kata lain membersihkan dengan menggunakan cangkul pada bagian –bagian bawah tanaman sampai rumput benar-benar bersih.

Pemupukan ulang bisa dilakukan 1 kali lagi atau bisa juga tidak lagi dilakukan namun penyiangan sebaiknya dilakukan lagi ketika rumput sudah mulai tumbuh lagi karena rumput adalah sumber penyakit yang bisa menular ke tanaman jagung bila tidak segera dibersihkan.

 

Demikian pembahasan kita tentang jarak tanam jagung manis ideal dan pengaplikasiannya dalam cara menanam jagung manis. Semoga, artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan mudah untuk diaplikasikan.